1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tempat Alat Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tempat Alat Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Alat Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Alat Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Alat Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Alat Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tempat Alat Tulis Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Menurut penelitian, meja kerja yang rapi dan teratur dapat meningkatkan produktivitas serta meminimalkan stres. Salah satu cara merapikan meja kerja adalah dengan memiliki tempat alat tulis yang bagus. Benda ini berfungsi menyimpan alat tulis Anda agar tidak berantakan. Selain diletakkan di meja kerja, tempat alat tulis pun banyak yang portabel alias bisa dibawa bepergian.


Pada artikel ini kami akan mengupas tuntas cara memilih tempat alat tulis yang bagus beserta rekomendasi produknya. Merek ATK populer, seperti Deli, Joyko, dan IKEA, ada dalam list rekomendasi kami. Simak terus hingga usai, ya!

Diperbaharui 11-18-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih tempat alat tulis

Selain untuk menyimpan alat tulis, tempat alat tulis juga bisa dijadikan penghias meja kerja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berpikir matang-matang sebelum memutuskan membelinya. Beberapa faktor yang patut dipertimbangkan adalah materialnya, tujuan penggunaan, hingga kemudahan pemeliharaan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan poin-poin di bawah ini.

① Pilih berdasarkan tujuan penggunaan

Tujuan penggunaan adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari malfungsi dari suatu barang. Apabila barang yang dipakai sudah sesuai fungsi dan porsinya, Anda sebagai pengguna tentu akan merasa lebih nyaman. Begitu juga saat memilih tempat alat tulis, tujuan penggunaannya harus jelas supaya pekerjaan Anda tidak terhambat.

Daya tampung maksimal, cocok diletakkan di meja

Daya tampung maksimal, cocok diletakkan di meja

Apabila Anda bekerja di satu tempat dan tidak banyak berpindah, tempat alat tulis di meja tentu wajib ada. Selain demi kerapian, hal ini bertujuan agar Anda tak perlu bolak-balik mencari alat tulis karena semuanya sudah terjangkau di meja. Jika Anda bekerja di kantor, tentu sangat melelahkan jika kantor tidak menyediakan tempat alat tulis di meja tiap stafnya. 


Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki tempat alat tulis yang memiliki daya tampung maksimal. Tentunya sesuaikan juga ukurannya dengan ukuran meja kerja atau meja belajar Anda. Jangan sampai ukurannya terlalu besar hingga menyebabkan area kerja Anda terganggu.

Model ringkas, mudah dibawa bepergian

Model ringkas, mudah dibawa bepergian

Apabila Anda sering bepergian, tempat alat tulis yang pas adalah tipe portabel. Hal ini berlaku juga untuk para pelajar. Mereka tentu membutuhkan wadah yang dapat menampung alat tulis dan membawanya dari rumah ke sekolah.


Melihat tujuan penggunaan ini, kami sarankan Anda memilih tempat alat tulis yang bentuknya ringkas dan tidak memakan tempat. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah memasukkan dan mengeluarkan tempat alat tulis tersebut.

② Ketahui jenis bahan pembuatnya

Sepenting apakah mempertimbangkan material tempat alat tulis? Tiap material memiliki karakter, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui betul material tempat alat tulis yang dibutuhkan.

Kayu, kukuh dan lebih ramah lingkungan

Kayu, kukuh dan lebih ramah lingkungan

Dari semua material yang mungkin digunakan untuk membuat tempat alat tulis, boleh dibilang kayu adalah yang paling ramah lingkungan. Seperti yang kita tahu, material kayu adalah material alami yang mudah terurai dan berkelanjutan. Selain untuk keperluan bangunan dan furnitur, kayu banyak dimanfaatkan untuk berbagai perabot kecil lainnya. Salah satunya adalah tempat alat tulis.


Memang betul bahwa semua tergantung jenis kayunya. Namun, tempat alat tulis dari kayu cenderung lebih kukuh dan terkesan klasik. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah perawatannya karena kayu lebih membutuhkan penanganan ekstra. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis kayunya juga, ya!

Besi, terlihat elegan dan estetis

Besi, terlihat elegan dan estetis

Selain kayu, material yang juga kukuh adalah besi. Tak hanya itu, tempat alat tulis bermaterial besi akan terlihat elegan. Hal ini disebabkan oleh finishing-nya yang biasanya memberikan efek berkilau pada produknya. 


Walaupun mayoritas tempat alat tulis berbahan besi menggunakan mesh atau jaring pada kompartemen, bentuknya cukup beragam. Adanya jaring besi tersebut memberikan efek transparan yang unik ketika Anda memandangi isinya.

Plastik, ringan dan pilihannya lebih bervariasi

Plastik, ringan dan pilihannya lebih bervariasi

Inilah material yang paling umum digunakan untuk berbagai benda yang kita gunakan, termasuk tempat alat tulis. Tempat alat tulis dari plastik mudah didapatkan dan harganya cenderung lebih miring


Selain itu, bobotnya pun ringan sehingga masih terasa nyaman untuk dibawa ke mana-mana. Meski tidak sekukuh kayu dan besi, tempat alat tulis plastik cenderung lebih mudah dalam perawatannya. Pilihan bentuk dan warnanya juga sering kali lebih bervariasi.

Kain, lebih fleksibel untuk dibawa ke mana saja

Kain, lebih fleksibel untuk dibawa ke mana saja

Selain plastik, tempat alat tulis bermaterial kain adalah yang paling sering dijumpai. Biasanya material kain lebih banyak digunakan untuk tempat alat tulis portabel. Hal tersebut karena kain dianggap lebih fleksibel dan nyaman untuk digenggam. Selain itu, materialnya yang lentur dapat dengan mudah menyesuaikan ketika harus masuk tas yang penuh.

③ Sesuaikan ukuran produk dengan jumlah alat tulis yang hendak Anda simpan

Sesuaikan ukuran produk dengan jumlah alat tulis yang hendak Anda simpan

Para produsen tentunya mempertimbangkan faktor satu ini. Mereka menyediakan banyak pilihan tempat alat tulis dalam berbagai ukuran. Selanjutnya, adalah hak Anda sebagai konsumen untuk menentukan ukuran tempat alat tulis yang Anda butuhkan.


Jika Anda berkutat dengan paperwork dan peralatan kerja yang banyak, pilih tempat alat tulis yang memiliki banyak kompartemen. Namun, jika Anda bekerja secara daring sepanjang waktu, sepertinya memiliki tempat alat tulis yang besar akan mubazir. Dari semuanya itu, yang terpenting adalah menyesuaikan besarnya tempat alat tulis dengan peralatan yang Anda miliki.

④ Pertimbangkan kemudahan perawatannya

Pertimbangkan kemudahan perawatannya

Inilah faktor pertimbangan yang tak kalah penting. Tempat alat tulis yang bersih dan terawat tentu bisa mendukung mood Anda dalam bekerja. Untuk itu, pastikan Anda memilih tempat alat tulis yang mudah dibersihkan. Salah satu yang dapat Anda coba adalah tempat alat tulis yang bisa dibongkar pasang


Tempat alat tulis tipe ini umumnya memiliki banyak kompartemen, tetapi bentuknya sederhana. Beda halnya jika Anda memilih tempat alat tulis dengan banyak lekukan dan bentuk yang kompleks. Bisa-bisa Anda malas untuk membersihkan debu-debu yang terselip di dalamnya karena susah.

10 Rekomendasi tempat alat tulis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat alat tulis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Miisoo

Kotak Organizer 4 Layer

Miisoo Kotak Organizer 4 Layer 1枚目

Berdesain ramping, hadir dengan banyak pilihan warna!

2

Joyko

Tempat Pensil Kotak

Joyko Tempat Pensil Kotak 1枚目

Kotak pensil klasik dengan warna pastel yang menggemaskan

3

Dejavu

Drawer Storage Box Laci Tempel

Dejavu  Drawer Storage Box Laci Tempel 1枚目

Laci tempel yang hemat tempat dan praktis dipasang!

4

DFR Collection

Tempat Pensil Anti Air Cattaleya

DFR Collection Tempat Pensil Anti Air Cattaleya 1枚目

Terbuat dari bahan antiair dan memiliki pilihan motif lucu

5

Deli

Rak Kayu Multifungsi

Deli  Rak Kayu Multifungsi 1枚目

Rak kayu estetik untuk ruang kerja bernuansa hangat

6

Maspion Plastic

Beta Organiser Case

Maspion Plastic Beta Organiser Case 1枚目

Desain minimalis dengan fungsi maksimal

7

Mismi

Alice Pencil Case

Mismi  Alice Pencil Case 1枚目

Pencil case yang compact dan ringan untuk dibawa ke mana saja

8

Hayylife

Rotating Pen Holder

Hayylife Rotating Pen Holder 1枚目

Tempat alat tulis yang bisa diputar hingga 360°

9

Nusign

Desk Organizer

Nusign Desk Organizer 1枚目

Mudah ditumpuk dan disusun sesuai keinginan

10

IKEA

DRÖNJÖNS Pengatur Meja Kerja

IKEA  DRÖNJÖNS Pengatur Meja Kerja 1枚目

Desk organizer yang kukuh dari merek ternama Swedia

Perincian produk
Close
No.1

MiisooKotak Organizer 4 Layer

Mulai dari Rp30.000,00

Berdesain ramping, hadir dengan banyak pilihan warna!

Kelebihan:

  • Hemat ruang
  • Mudah untuk meletakkan dan menemukan alat tulis yang dicari

Kekurangan:

    • Bahan agak rapuh/tipis, pastikan Anda memesan bubble wrap untuk keamanan pengiriman

    Tempat alat tulis ini hadir dalam empat pilihan warna lembut, ada putih, hitam, biru, dan merah muda. Desainnya tinggi ramping dan mampu memuat banyak alat tulis layaknya display di toko stationery. Menariknya lagi, Anda bisa memilih untuk meletakkan tempat alat tulis ini secara vertikal atau horizontal.


    Bila Anda akan membeli produk ini, kami sarankan untuk membelinya lebih dari satu. Dengan begitu, Anda dapat memasangnya secara berjajar dengan warna yang berbeda-beda. Produk ini bisa Anda letakkan di rumah ataupun di kantor.

    No.2

    JoykoTempat Pensil KotakPC-0719PSTL-35

    Mulai dari Rp6.300,00

    Kotak pensil klasik dengan warna pastel yang menggemaskan

    Kelebihan:

    • Kotak pensil dengan harga terjangkau

    Kekurangan:

    • Hanya dapat memuat sedikit alat tulis

    Memiliki bentuk persegi panjang, tempat alat tulis yang satu ini menjadi andalan anak sekolah sejak dahulu. Desainnya sangat klasik, berupa kotak sederhana dengan laci luas yang dilengkapi kancing sebagai pengunci. Perlengkapan sekolah pun akan tersimpan di dalamnya dengan rapi.


    Bagi orang tua yang memiliki anak usia sekolah, tempat alat tulis ini dapat menjadi pilihan. Putra-putri Anda tentu akan menyukainya karena pilihan warna pastelnya yang menggemaskan. Dengan harga yang sangat ekonomis, Anda tak perlu kecewa saat kotak pensil rusak akibat pemakaian yang ceroboh.

    No.3

    Dejavu Drawer Storage Box Laci Tempel

    Mulai dari Rp99.000,00

    Laci tempel yang hemat tempat dan praktis dipasang!

    Kelebihan:

    • Hemat tempat, bisa ditempel di bawah meja sebagai laci tempel

    Kekurangan:

    • Daya rekat dari lem perekatnya bisa menurun seiring usia pemakaian dan tergantung bobot barang di dalamnya

    Apakah meja kerja Anda cenderung sempit dan sudah cukup penuh dengan pajangan yang ada? Jika demikian, desk organizer berupa laci tempel ini bisa menjadi solusi tepat! Tampil unik, tempat penyimpanan ini dipasang dengan cara ditempel di bawah meja. Dengan begitu, benda ini akan lebih hemat tempat. 


    Dalam tiap pembelian produk, Anda sudah otomatis mendapatkan perekat untuk menempelkan storage ini pada meja Anda. Layaknya sebuah laci dorong, Anda tinggal push-pull drawer buatan ini dengan mudah untuk menggapai alat tulis Anda.

    No.4

    DFR CollectionTempat Pensil Anti Air Cattaleya

    Mulai dari Rp59.000,00

    Terbuat dari bahan antiair dan memiliki pilihan motif lucu

    Kelebihan:

    • Tahan air
    • Muat banyak

    Kekurangan:

    • Bisa jadi sedikit bulky jika semua kompartemen diisi alat tulis hingga penuh

    Inilah salah satu produk dari DFR Collection yang laris manis. Bagaimana tidak, pilihan motifnya sangat bervariasi sekaligus lucu-lucu! Tidak hanya untuk anak-anak, Anda yang dewasa pun pantas memiliki produk ini. Bentuknya kukuh dengan dua ruang penyimpanan yang luas.


    Tempat alat tulis ini menggunakan material longchamp yang antiair. Dengan demikian, peralatan tulis Anda akan aman walau terkena tumpahan minuman atau air hujan. Kotak pensil ini portabel sehingga bisa Anda bawa ke mana-mana.

    No.5

    Deli Rak Kayu Multifungsi79250

    Mulai dari Rp110.000,00

    Rak kayu estetik untuk ruang kerja bernuansa hangat

    Kelebihan:

    • Perakitannya mudah dan disertai instruksi sederhana
    • Bahan kayu dipuji kukuh dan halus

    Kekurangan:

    • Perlu space lebih untuk menaruhnya di meja
    • Beberapa pembeli mengatakan adanya retak/rompal pada produk (tidak memengaruhi keseluruhan fungsi)

    Peralatan berbahan kayu memang memiliki pesona tersendiri. Selain memiliki warna yang natural, rak kayu dapat membuat ruangan menjadi lebih hangat. Rak kayu dari Deli ini bisa Anda pertimbangkan jika ingin mendekor ruang kerja Anda dengan nuansa kayu yang warm. Bentuknya juga estetik sehingga tampak bagus ketika difoto. 


    Saat Anda membelinya, produk akan dikirim dalam bentuk lembaran. Artinya, Anda perlu merangkainya sendiri seperti puzzle. Namun, Anda tak perlu khawatir akan kesulitan merakitnya sebab di dalamnya turut disertakan instruksi perakitannya. 

    No.6

    Maspion PlasticBeta Organiser CaseBKS120

    Mulai dari Rp18.375,00

    Desain minimalis dengan fungsi maksimal

    Kelebihan:

    • Memiliki banyak kompartemen
    • Antikarat dan mudah dibersihkan

    Kekurangan:

    • Tidak bisa pilih warna, warna produk dikirimkan acak sesuai ketersediaan barang

    Perusahaan besar Maspion yang kita kenal ternyata tak hanya memproduksi alat elektronik. Melalui Maspion Plastic, mereka memproduksi aneka perkakas, termasuk tempat alat tulis yang satu ini. Memiliki desain yang minimalis, meja kerja Anda tidak akan terlihat sumpek dan semrawut.


    Produk ini memiliki lima kompartemen yang dapat menyimpan alat tulis Anda dengan rapi. Dengan harga yang bersahabat, produk ini bisa menjadi pilihan untuk sobat ekonomis.

    No.7

    Mismi Alice Pencil CasePC2A

    Mulai dari Rp70.000,00

    Pencil case yang compact dan ringan untuk dibawa ke mana saja

    Kelebihan:

    • Tempat pensil yang ringkas untuk dibawa-bawa di dalam tas
    • Mudah dicuci karena terbuat dari kain

    Kekurangan:

    • Warnanya terang sehingga mudah kotor

    Untuk Anda yang berprofesi sebagai pelajar atau sering membawa tempat pensil di dalam tas, pertimbangkan produk ini. Tempat pensil ini hadir dengan sebuah kompartemen dan bentuk yang tidak neko-neko. Meski tidak ada fitur macam-macam, fungsi utama sebuah tempat alat tulis bisa Anda dapatkan di sini. 


    Anda dapat menaruh alat tulis yang Anda butuhkan dengan aman. Bahannya juga halus dan ringan dengan bentuk ringkas alias tidak bulky atau makan tempat. Produk ini merupakan benda basic yang patut dimiliki seorang pelajar!

    No.8

    HayylifeRotating Pen Holder

    Mulai dari Rp95.000,00

    Tempat alat tulis yang bisa diputar hingga 360°

    Kelebihan:

    • Bisa diputar 360°, memudahkan untuk menemukan alat tulis yang dicari
    • Kompartemen bisa dibongkar pasang sehingga memudahkan untuk dibersihkan

    Kekurangan:

    • Space pada tiap kompartemen cenderung sempit, hanya cocok untuk benda-benda ramping, seperti pulpen dan pensil

    Tempat pensil yang satu ini terbilang unik karena dapat dirotasi sejauh 360°. Hal tersebut tentu akan memudahkan Anda saat sedang mencari pulpen atau pensil yang ingin Anda gunakan. Beberapa pembeli juga memuji kualitas produk ini karena tidak seret saat diputar. 


    Menariknya lagi, di dalam tabung holder ini terdapat partisi yang bisa dibongkar pasang, lho. Adanya partisi ini akan membantu Anda menyusun alat tulis berdasarkan kategorinya. Contohnya, partisi pertama bisa Anda isi dengan aneka pensil, sedangkan partisi kedua bisa diisi dengan pulpen warna. 

    No.9

    NusignDesk OrganizerNS001

    Mulai dari Rp260.000,00

    Mudah ditumpuk dan disusun sesuai keinginan

    Kelebihan:

    • Material ringan dan mudah disusun

    Kekurangan:

    • Butuh space yang cukup banyak untuk ditaruh di meja

    Produk bernuansa minimalis dari Nusign ini hadir untuk Anda yang mencari desk organizer yang mudah dibongkar pasang. Terdiri dari enam buah kompartemen, Anda dapat dengan mudah menyusunnya dengan cara ditumpuk agar ringkas saat ditaruh di meja. 


    Tiap-tiap kompartemen tersebut juga memiliki fungsi yang spesifik. Ada kompartemen khusus untuk paperwork atau berkas-berkas. Ada juga kompartemen khusus benda-benda kecil, seperti paperclip. Kini semua ATK Anda memiliki rumah masing-masing sehingga Anda tak lagi pusing mencarinya!

    No.10

    IKEA DRÖNJÖNS Pengatur Meja Kerja

    Mulai dari Rp179.000,00

    Desk organizer yang kukuh dari merek ternama Swedia

    Kelebihan:

    • Bahan kukuh dan kuat
    • Mudah menemukan barang karena desainnya berupa jaring-jaring

    Kekurangan:

    • Tidak ada alas antiselip sehingga mudah bergeser atau berpotensi berdecit pada permukaan meja tertentu

    IKEA DRÖNJÖNS merupakan desk organizer yang Anda butuhkan untuk merapikan peralatan kantor Anda. Terdiri dari empat buah kompartemen, alat-alat tulis hingga fail-fail Anda akan tampak lebih rapi dan tertata. Terbuat dari bahan logam yang kukuh, produk ini dijamin antimeleyot meski dipakai untuk menaruh banyak benda. Warnanya pun putih polos sehingga tidak akan membuat meja kerja tampak penuh. 

    Pentingnya merawat tempat alat tulis secara berkala

    Tidak hanya furnitur besar dalam rumah Anda saja yang butuh perawatan. Benda seperti tempat alat tulis pun memerlukannya. Meski kelihatannya selalu baik-baik saja, ternyata tempat alat tulis juga bisa menjadi tempat berkumpulnya debu.


    Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat tempat alat tulis yang mudah dan cepat. Berikut adalah tips singkat untuk menjaga kualitas dan keindahan tempat alat tulis Anda.

    Sedot debu tak kasat mata dengan vacuum mini

    Sedot debu tak kasat mata dengan vacuum mini

    Pada zaman sekarang kegiatan bersih-bersih rumah menjadi lebih mudah berkat kemajuan teknologi. Bahkan, benda-benda kecil seperti tempat alat tulis pun dapat dibersihkan secara menyeluruh. Anda dapat menggunakan penyedot debu yang dijual di pasaran. 


    Namun, jangan salah memilih penyedot debu yang besar dan berkabel. Pilihlah penyedot debu mini tanpa kabel yang kini mulai banyak dijual di Indonesia. Dijamin tempat alat tulis dan meja Anda akan selalu berkilau hingga ke sudut tersembunyinya.

    Bersihkan noda membandel dengan lap basah

    Bersihkan noda membandel dengan lap basah

    Selain menggunakan penyedot debu, Anda juga bisa menggunakan kain basah untuk membersihkan tempat alat tulis. Pilihlah kain dengan serat lembut agar tidak merusak permukaan tempat alat tulis. Langkah ini biasanya efektif untuk membersihkan noda membandel yang tidak dapat dihilangkan penyedot debu. Apabila perlu, Anda dapat menambahkan cairan pembersih secukupnya.

    Baca juga rekomendasi produk alat tulis dan perlengkapan kantor lainnya di sini

    Kami telah memberikan rekomendasi produk tempat alat tulis. Jika Anda membutuhkan alat tulis dan perlengkapan kantor lainnya, kami sudah menyiapkan beberapa artikel rekomendasi untuk Anda baca. Silakan klik tautan di bawah ini guna melihat rekomendasi dari kami!

    Kesimpulan

    Supaya alat tulis Anda tidak berceceran, Anda wajib memiliki tempat alat tulis yang diletakkan di meja atau kotak pensil portabel. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan barang-barang atau mencarinya dengan mudah saat membutuhkannya.


    Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih tempat alas tulis. Semuanya sudah kami ulas di atas dan bisa Anda aplikasikan saat hendak membeli. Selamat memilih tempat alat tulis terbaik dan dapatkan meja kerja yang nyaman!

    Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
    Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

    Artikel terkait

    Artikel populer

    Favlist populer