• 10 Rekomendasi Speedometer Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Speedometer Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Speedometer Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Speedometer Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Speedometer Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Speedometer Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ada banyak aksesori yang dapat dipasang pada sepeda, salah satunya speedometer. Alat yang punya nama lain cycle computer atau cyclocomputers ini menampilkan kecepatan laju sepeda ketika digunakan. Beberapa merek speedometer sepeda bahkan dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti LED backlight dan waterproof.


Anda tertarik membeli speedometer sepeda? Bacalah artikel ini sampai tuntas! Kami akan membagikan tips memilih speedometer sepeda yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk terbaik dari merek CATEYEGarminLixadaSunding, hingga Magene. Mari kita mulai pembahasannya!

  • Pembaharuan terakhir: 07 Januari 2022
Daftar isi

Cara memilih speedometer sepeda

Beragam merek speedometer dengan keunggulan yang berbeda tersedia di pasaran. Supaya Anda tak merasa kebingungan ketika memilih speedometer sepeda, poin-poin berikut ini bisa dijadikan acuan. Jadi, speedometer sepeda yang Anda pilih merupakan produk paling recommended.

Cari tahu jenis sensornya

Speedometer membutuhkan sensor supaya bisa mengukur kecepatan laju sepeda. Ada dua jenis sensor yang sering digunakan, yaitu wired dan wireless. Selain itu, ada juga speedometer sepeda yang mengandalkan GPS untuk mengukur kecepatan laju sepeda. Kami akan menjelaskan keunggulan dari ketiga hal tersebut.

Wired, mampu mengirimkan data dengan lebih stabil

Wired, mampu mengirimkan data dengan lebih stabil

Sensor ini masih menggunakan kabel untuk mengirim data ke layar speedometer. Hal tersebut membuat proses pemasangannya jadi kurang simple. Di samping itu, kabel penghubungnya juga bisa saja mengalami kusut setelah dipasangkan. 


Meski begitu, sensor jenis wired masih banyak digunakan karena bisa mengirimkan data dengan stabil. Speedometer dengan sensor wired biasanya menggunakan baterai tunggal. Artinya, Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli baterai tambahan. Mayoritas speedometer dengan sensor wired juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Wireless, pemasangannya lebih praktis

Wireless, pemasangannya lebih praktis

Anda yang menggunakan sepeda MTB sepertinya akan menyukai speedometer dengan sensor wireless. Sensor ini tidak menggunakan kabel sehingga risiko tersangkut ranting dapat dihindari. Di samping itu, tidak adanya kabel membuat sensor serta speedometer lebih mudah dipasang dan dilepaskan.


Namun, sensor wireless masih berisiko mengalami gangguan pengiriman data, apalagi jika baterai mulai melemah. Sensor wireless membutuhkan sumber daya sendiri sehingga Anda harus menyediakan anggaran tambahan untuk membeli baterai.Namun, apabila hal tersebut tidak menjadi masalah, Anda bisa memilih speedometer dengan sensor wireless.

GPS, informasi diberikan langsung dari satelit

Global positioning system (GPS) dapat melacak dan memberitahukan keberadaan Anda saat bersepeda. GPS juga dapat memberikan informasi mengenai kecepatan dan jarak tempuh yang sudah Anda lewati. Di pihak lain, Anda dapat memanfaatkan GPS untuk memudahkan perjalanan saat menelusuri jalan yang belum pernah dilalui sebelumnya


GPS harus terhubung dengan satelit agar dapat digunakan. Hal inilah yang membuat penggunaan baterai jadi lebih boros. Selain itu, harga speedometer yang dilengkapi GPS juga cenderung lebih mahal karena biasanya terdapat fitur tambahan lainnya.


Satu GPS bisa menerima sinyal dari beberapa satelit sekaligus. Makin banyak satelit yang terhubung dengan GPS, koordinat yang Anda terima akan lebih akurat. Menerima sinyal dari banyak satelit juga memungkinkan GPS untuk menampilkan informasi dalam bentuk 3D.

Ketahui fitur yang dimilikinya

Tiap-tiap speedometer sepeda pasti dilengkapi dengan fitur yang berbeda-beda. Dari sekian banyak fitur yang diterapkan, ada dua fitur yang sebaiknya Anda perhatikan keberadaannya. Kedua fitur tersebut akan membantu Anda saat bersepeda.

Anti air, tak khawatir ketika hujan atau melewati trek basah

Anda pasti sudah mengetahui fungsi utama dari fitur antiair. Fitur ini memungkinkan speedometer supaya tetap bisa digunakan saat hujan atau melalui trek basah. Fitur ini biasanya ditulis dengan istilah waterproof, water-resistant, atau water-repellent. Nah, penamaan tersebut ternyata ada maksudnya.


  • Waterproof: Speedometer bertanda waterproof memiliki perlindungan paling tinggi sehingga air tidak bisa masuk. Alhasil, bagian dalam speedometer akan terjaga saat hujan deras tiba-tiba turun. 

  • Water-repellent: Tanda ini sering disebut berada satu tingkat di bawah waterproof. Walaupun demikian, speedometer berlabel water-repellent tetap dapat menahan air secara maksimal karena ada lapisan pelindung khusus.

  • Water-resistant: Produk yang diberi label ini pun mampu menahan air dengan baik. Akan tetapi, ada batasan tertentu yang tidak bisa dilewati oleh produk dengan label water-resistant. Karena itu, kemampuannya dalam menangkal air tidak semaksimal produk berlabel waterproof.

LED Backlight, layar lebih mudah dilihat saat keadaan gelap

Speedometer sepeda dilengkapi LCD. Akan tetapi, cuaca berkabut atau hari yang gelap bisa menyulitkan Anda melihat layar speedometer. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda sebaiknya memilih speedometer yang dilengkapi LED backlight


LED backlight akan memberikan pencahayaan dari arah samping atau belakang LCD. Dengan demikian, Anda lebih mudah melihat informasi pada layar speedometer meski hari sudah malam.

Perhatikan baterai yang digunakan

Perhatikan baterai yang digunakan

CR2032 dan lithium battery merupakan dua jenis baterai yang sering digunakan oleh produsen speedometer. Kira-kira apa keunggulan dari kedua jenis baterai tersebut?


  • CR2032 adalah jenis baterai yang berbentuk bulat dan pipih. Baterai berukuran mini ini bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, jika Anda sering menggunakan fitur GPS, daya baterai mungkin akan lebih cepat habis. 

  • Lithium battery merupakan baterai yang bisa diisi ulang. Baterai jenis ini banyak digunakan karena proses pengisian ulangnya termasuk cepat. Selain itu, masa pakainya juga lebih panjang (bisa sampai sepuluh kali lebih lama daripada lead-acid battery).

10 Rekomendasi speedometer sepeda terbaik

Poin-poin yang sebaiknya diperhatikan sebelum memilih speedometer sepeda telah kami jabarkan. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh speedometer sepeda terbaik. Daftar rekomendasi produk di bawah ini kami susun berdasarkan popularitasnya. Silakan Anda lihat satu per satu dan jangan lupa bandingkan fitur serta harganya, ya!

10
Jenis sensorGPS
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiLithium-ion (isi ulang)
9

CATEYEPADRONE SMART+

CC-SC100B

Mulai dari Rp 2.100.000,00

Jenis sensorGPS
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiSekali pakai
8

LixadaUSB Rechargeable Wireless Bike Cycling Computer

Mulai dari Rp 164.900,00

Jenis sensorWireless
Fitur antiairTidak disebutkan
Fitur backlightAda
BateraiLithium (isi ulang)
7

Round 996 Wireless Floating Speedometer

Mulai dari Rp 159.500,00

Jenis sensorWireless
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiSekali pakai
6
Jenis sensorWired
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiCR2032
5
Jenis sensorGPS
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiIsi ulang
4
Jenis sensorWired
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiCR2032
3
Jenis sensorWireless
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiCR2032
2

LankeleisiSpeedometer LCD Screen Sepeda Listrik

MDSE03BK

Mulai dari Rp 412.100,00

Jenis sensorWireless
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiSekali pakai
1
Jenis sensorGPS
Fitur antiairAda
Fitur backlightAda
BateraiLithium (isi ulang)

Tabel perbandingan produk speedometer sepeda terbaik

Gambar produk
1
XOSS G+ 1

XOSS

2
Lankeleisi Speedometer LCD Screen Sepeda Listrik 1

Lankeleisi

3
Rockbros Bike Computer 1

Rockbros

4
Sunding Wired Bike Computer 1

Sunding

5
Magene GPS Bike Computer 1

Magene

6
CATEYE VELO 9 1

CATEYE

7
Round 996 Wireless Floating Speedometer 1

8
Lixada USB Rechargeable Wireless Bike Cycling Computer  1

Lixada

9
CATEYE PADRONE SMART+ 1

CATEYE

10
Garmin Edge 130 Plus 1

Garmin

Nama produk

G+

Speedometer LCD Screen Sepeda Listrik

Bike Computer

Wired Bike Computer

GPS Bike Computer

VELO 9

Round 996 Wireless Floating Speedometer

USB Rechargeable Wireless Bike Cycling Computer

PADRONE SMART+

Edge 130 Plus

Keunggulan

Harganya cukup bersahabat untuk speedometer GPS

Cahaya matahari tidak akan membuat layar LCD-nya sulit dilihat

Produk ini tidak hanya tahan air, tetapi juga tahan debu

Lebih hemat baterai dengan adanya sleep mode

Menampilkan 7 data sekaligus dan bisa diubah sesuai kebutuhan

Atur semua pengaturan hanya dengan satu tombol!

Bentuknya beda, warna backlight-nya bisa diubah

Isi ulang 1 jam dan baterai bisa bertahan 12 jam

Terhubung dengan ponsel, bisa cek panggilan serta pesan masuk

Punya fitur keamanan yang sesuai untuk pengendara sepeda MTB

Harga mulai dariRp 330.000,00Rp 412.100,00Rp 150.000,00Rp 60.000,00Rp 624.000,00Rp 240.000,00Rp 159.500,00Rp 164.900,00Rp 2.100.000,00Rp 3.399.000,00
Jenis sensorGPSWirelessWirelessWiredGPSWiredWirelessWirelessGPSGPS
Fitur antiairAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaTidak disebutkanAdaAda
Fitur backlightAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
BateraiLithium (isi ulang)Sekali pakaiCR2032CR2032Isi ulangCR2032Sekali pakaiLithium (isi ulang)Sekali pakaiLithium-ion (isi ulang)
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar speedometer sepeda

Pertanyaan umum seputar speedometer sepeda

Saat kami membuat artikel ini, pertanyaan yang berhubungan dengan speedometer sepeda banyak bermunculan. Untuk itu, kami mengumpulkan beberapa pertanyaan yang banyak diajukan dan akan membantu menjawabnya melalui poin-poin di bawah ini.

Bagaimana cara pasang speedometer sepeda?

Speedometer sepeda terdiri dari magnet, sensor, dan layar (sering disebut computer). Anda hanya perlu memasangkan magnet di antara jeruji ban. Setelah itu, pasang sensor di area garpu sepeda yang terlewati oleh magnet, sedangkan speedometer-nya dipasang di setang. Namun, proses ini hanya berlaku untuk speedometer wired dan wireless. Speedometer GPS hanya tinggal di-setting dan dipasang pada setang.

Apakah speedometer sepeda akurat?

Jawabannya adalah iya! Namun, Anda harus menginput diameter ban sepeda sesuai dengan arahan yang ada di buku panduan. Dalam hal ini, tiap-tiap speedometer biasanya memiliki rumusan tersendiri ketika menggunakan diameter ban sepeda untuk mengukur kecepatan. Apabila hal tersebut sudah dilakukan, data yang ditampilkan oleh speedometer pun akan akurat. 

Apa perbedaan speedometer dengan odometer?

Speedometer adalah alat untuk mengukur kecepatan dan menampilkannya saat sepeda sedang melaju. Sementara itu, odometer adalah alat untuk mengukur sejauh apa jarak yang sudah ditempuh oleh sepeda. Artinya, jarak yang ditempuh pada hari kemarin dan hari ini akan digabungkan dan ditampilkan dalam odometer.

Baca juga rekomendasi aksesori sepeda lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi speedometer dari kami? Semoga pembahasannya dapat membantu Anda menentukan pilihan. Sebelumnya, kami juga pernah membahas rekomendasi aksesori sepeda lainnya, lho! Jika Anda tertarik membacanya, silakan Anda klik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Ada banyak speedometer sepeda yang dapat Anda temukan di pasaran. Sebelum Anda membeli salah satunya, jangan lupa cari tahu apakah sensornya menggunakan sistem wired, wireless, atau GPS. Selain itu, perhatikan juga fitur yang dimilikinya.


Anda yang sering bersepeda pada malam hari mungkin memerlukan fitur backlight. Sementara itu, fitur waterproof cocok untuk pesepeda yang selalu melewati trek basah. Selesai sudah pembahasan mengenai speedometer sepeda. Selamat memilih dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merk-merk ternama, seperti Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengapa Anda harus membeli balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meski tidak terlihat langsung manfaatnya saat bersepeda, ban dalam berperan penting agar Anda bisa bersepeda dengan lancar. Anda akan menemukan ban dalam dengan beragam bahan dan ukuran di pasaran. Hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Agar Anda mudah menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih ban dalam sepeda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek ban dalam sepeda terbaik, seperti Swallow, Kenda, Maxxis, dan sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda roda tiga merupakan mainan yang mendukung perkembangan anak-anak usia balita. Merek-merek seperti IIMO, Jefferys, dan Fisher Price sudah terkenal dalam produk sepeda roda tiga. Namun, mungkin Anda masih bingung dalam memilih produk terbaik untuk anak Anda.Dari sekian banyak pertimbangan yang dilakukan saat memilih produk, ada beberapa yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah keamanan dan kenyamanan. Di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara memilih sepeda roda tiga terbaik dan juga produk rekomendasinya. Selamat membaca!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori