• 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda merasa pegal dan lelah ketika bangun tidur? Beralihlah menggunakan kasur yang nyaman, salah satunya kasur busa. Kasur busa bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai spring bed karena alasan berharga mahal dan berukuran besar.


Masalahnya, di pasaran tersedia kasur busa lipat dan matras sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti tips memilih kasur busa yang bagus dari kami di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi kasur busa terbaik, seperti merek Inoac, Royal Foam, Domi Bed, dan Olympic. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih kasur busa

Menentukan kasur busa yang paling tepat tidaklah sulit. Dengan mengacu pada enam poin berikut, Anda bisa segera mengenali produk yang paling sesuai.

Pilih kasur berdasarkan jenisnya

Terdapat dua jenis kasur busa yang ada di pasaran, yaitu matras dan kasur lipat. Yuk, cari tahu kelebihan tiap jenis kasur busa tersebut dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Matras, tidak disertai dipan dan lebih hemat ruangan

Matras, tidak disertai dipan dan lebih hemat ruangan

Matras merupakan alas tidur yang tidak dilengkapi dengan dipan ataupun aksesori layaknya spring bed. Kasur busa jenis ini begitu diminati banyak orang. Selain harganya yang terjangkau, matras dari bahan busa tergolong cukup ringan dan mudah dipindahkan. Karena tidak dilengkapi dipan, ruangan menjadi lebih hemat dan terlihat luas.


Matras sangat cocok untuk Anda yang memiliki balita karena kasur ini bisa langsung diletakkan di atas lantai. Dengan begitu, buah hati Anda dapat terhindar dari risiko jatuh. Kasur lipat jenis ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang tinggal di rumah yang tidak terlalu besar. Namun, Anda harus tetap memperhatikan ukurannya, ya.

Kasur lipat, berbentuk compact dan mudah dibawa bepergian

Kasur lipat, berbentuk compact dan mudah dibawa bepergian

Untuk Anda yang tinggal sendiri atau tidak memiliki ruang untuk menempatkan kasur secara permanen, kasur lipat adalah solusinya. Kasur ini memiliki bentuk compact yang dapat Anda lipat menjadi dua atau tiga lipatan. Selain itu, kasur ini dapat dilipat saat tidak digunakan sehingga lebih menghemat ruang.


Anda juga bisa memanfaatkan kasur ini sebagai kasur tambahan saat ada saudara yang menginap. Bagi Anda yang hobi travelling atau camping, kasur ini pun bisa menemani perjalanan Anda karena mudah dibawa bepergian.

Pilih berdasarkan jenis busanya

Pilih berdasarkan jenis busanya

Mungkin Anda tidak mengetahui bahwa kasur busa tidak hanya menggunakan satu jenis busa. Busa untuk kasur memiliki banyak jenis dengan spesifikasi dan tingkat keempukan berbeda. Meski banyak seller yang tidak menyebutkan jenis busanya, tidak ada salahnya bagi Anda mempelajarinya berikut ini.


  • Busa polyurethane yang umum ditemui dan dibuat dari bahan kimia. Busa ini memiliki tingkat keempukan dan kekerasan yang berbeda-beda.

  • Memory foam dengan busa sangat empuk serta mampu mengikuti lekuk tubuh dengan baik. Busa ini sangat awet dan tahan lama.

  • Gel memory foam berdaya serap tinggi serta terasa adem di kulit.

  • Busa reflex memiliki tingkat density tinggi. Busa ini umum digunakan dalam terapi ortopedi.

  • Busa latex rubber merupakan busa ramah lingkungan dan terbuat dari bahan yang bisa diperbarui. Konsistensi keempukannya baik dengan tingkat density tinggi.

Setelah mengetahui kelebihan masing-masing dari berbagai jenis busa, kami sarankan memilih jenis busa kasur yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, sesuaikan juga dengan budget Anda.

Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan

Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan

Kasur busa di pasaran dijual dalam beragam ukuran. Untuk dipakai tidur dua orang, pilihlah kasur busa berukuran setidaknya 200 cm x 160 cm atau disebut queen size. Ukuran tersebut merupakan ukuran standar yang tidak memenuhi ruangan.


Sementara itu, jika Anda hendak memakainya untuk tidur sendiri, ukuran 200 cm x 90 cm sudah mencukupi. Ukuran kasur busa yang kecil ini lebih mudah disimpan, terlebih jika jenisnya kasur lipat.

Periksa juga ketebalan busa

Periksa juga ketebalan busa

Kasur akan terasa makin empuk seiring dengan pertambahan tebalnya. Namun, berbeda orang, berbeda pula kebutuhan dan seleranya. Untuk Anda dengan berat badan lebih, Anda mungkin akan lebih menyukai kasur yang tebal. Kasur yang terlalu tipis tentu membuat kasur lebih cepat kempis jika ditiduri orang bertubuh besar. Untuk pemilik tubuh mungil, kasur yang tipis pun tidak masalah.


Posisi tidur juga memengaruhi keputusan Anda dalam menentukan ketebalan kasur. Kasur busa dengan ketebalan 15–20 cm cocok untuk Anda yang suka tidur telentang. Sementara itu, kasur dengan ketebalan di atas 20 cm cocok untuk Anda yang suka tidur menyamping. Area ketika posisi tidur menyamping lebih kecil sehingga kasur akan menerima tekanan lebih besar.

Usahakan memilih kasur dengan density tinggi

Usahakan memilih kasur dengan density tinggi

Selanjutnya Anda harus memperhatikan tingkat density kasur busa. Density merupakan satuan massa untuk menghitung kepadatan busa. Pilihlah kasur busa yang memiliki tingkat density tinggi. Makin tinggi density, makin awet dan tidak mudah kempis kasur tersebut. 


Sebaiknya Anda juga memperhatikan tingkat keempukan kasur. Biasanya, tingkat keempukan kasur dibagi menjadi tiga, yaitu soft, medium, dan firm. Tingkat kenyamanan ini sebenarnya berbeda pada setiap orang. Namun, dari ketiga tingkat ini, sebaiknya disesuaikan dengan tipe tubuh dan berat badan Anda. 


Kasur dengan tingkat soft dan medium cocok digunakan untuk orang dengan berat badan ideal. Sementara itu, orang dengan berat badan lebih, sebaiknya memilih kasur dengan tingkat firm karena membutuhkan dukungan kompresi yang lebih banyak.

Cek keunggulan tambahan yang dimiliki

Untuk memberikan kenyamanan lebih, beberapa produk memiliki fitur unggulan tambahan. Cek keberadaan ritsleting dan juga ketersediaan tas jika Anda membeli kasur lipat. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Pilih cover yang lembut dan dilengkapi ritsleting

Pilih cover yang lembut dan dilengkapi ritsleting

Kasur merupakan benda yang bersentuhan langsung dengan kulit. Maka dari itu, jaga kebersihan kasur dengan rutin membersihkannya. Saran kami, pilihlah kasur busa yang dilengkapi ritsleting. Dengan adanya ritsleting akan memudahkan Anda ketika ingin melepas cover saat hendak dicuci


Selain itu, agar tidur Anda makin nyaman, pilihlah cover yang dibuat dari bahan yang lembut. Bahan cover yang kami rekomendasikan salah satunya adalah katun. Selain nyaman, katun terasa adem di kulit. Sebaiknya Anda juga memilih produk yang disertai lapisan antiselip. Hal ini karena kasur busa umumnya diletakkan langsung di atas lantai.

Agar memudahkan saat dibawa travelling, pilih yang dilengkapi tas

 Agar memudahkan saat dibawa travelling, pilih yang dilengkapi tas

Jika Anda membeli jenis kasur busa lipat, sebaiknya pilih produk yang dilengkapi tas. Adanya tas menjadi lebih praktis karena memudahkan Anda membawanya bepergian. Tas juga berfungsi melindungi kasur dari debu ketika sedang tidak digunakan


Untuk Anda yang hobi travelling, sebaiknya cari produk dengan tas yang terbuat dari bahan waterproof. Bahan waterproof ini mampu melindungi kasur di dalam agar tidak basah saat terkena air atau hujan.

10 Rekomendasi kasur busa terbaik

Poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih kasur busa sudah kami jabarkan. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa produk kasur busa terbaik beserta keunggulannya masing-masing. Silakan lihat setiap produk yang kami berikan dan pilihlah yang menurut Anda paling tepat.

10
Jenis kasurMatras
Ukuran120 cm x 200 cm
Tebal10 cm
Tingkat keempukanTidak ada keterangan
DensityTinggi (D23)
Ritsleting✔︎
Tasx
9

Quantum Tosan InternasionalQuantum Mattress Kasur Lantai 160 x 200 Karakter

Mulai dari Rp 876.000,00

Jenis kasurLipat
Ukuran160 cm x 200 cm
Tebal6 cm
Tingkat keempukanSoft
DensityTidak ada keterangan
Ritsletingx
Tas✔︎
8

Duta Mas MandiriINTHEBOX HYBRID 90x200

Mulai dari Rp 1.299.000,00

Jenis kasurMatras
Ukuran90 cm x 200 cm
Tebal20 cm
Tingkat keempukanMedium soft
DensityTinggi (memory foam D28 dan busa D25)
Ritsletingx
Tasx
7

Quantum Tosan InternationalUniland Kasur Lipat 90x200

Mulai dari Rp 1.000.000,00

Jenis kasurLipat
Ukuran90 cm x 200 cm
Tebal5 cm
Tingkat keempukanSoft
DensityTidak ada keterangan
Ritsletingx
Tas✔︎
6

Olympic FurnitureKasur Busa / Travel Bed Olympic Dream Bag

Mulai dari Rp 1.250.000,00

Jenis kasurLipat
Ukuran90 cm x 200 cm
Tebal10 cm
Tingkat keempukanSoft
DensityTinggi
Ritsleting✔︎
Tas✔︎
5

Royal CorporationTote Bed Kasur Lipat Roll n Easy

Mulai dari Rp 1.500.000,00

Jenis kasurLipat
Ukuran90 cm x 190 cm
Tebal12 cm
Tingkat keempukanTidak ada keterangan
DensityTidak ada keterangan
Ritsleting✔︎
Tas✔︎
4

Royal CorporationRoyal Foam Kasur Busa Royal Exclusive Economy Esteem

Mulai dari Rp 1.769.000,00

Jenis kasurMatras
Ukuran120 cm x 200 cm
Tebal21 cm
Tingkat keempukanTidak ada keterangan
DensityTinggi
Ritsletingx
Tasx
3
Jenis kasurMatras
Ukuran100 cm x 200 cm
Tebal12 cm
Tingkat keempukanMedium firm
DensityTinggi
Ritsletingx
Tasx
2

Dinamika Indonusa PrimaAirland Kasur Busa Lipat Wesleep

Mulai dari Rp 3.650.000,00

Jenis kasurLipat
Ukuran90 cm x 200 cm
Tebal15 cm
Tingkat keempukanMedium
DensityTinggi
Ritsletingx
Tas✔︎
1

Domi BedMattress Dual Comfort - Kasur Busa Soft & Firm

Mulai dari Rp 2.427.000,00

Jenis kasurMatras
Ukuran160 cm x 200 cm
Tebal20 cm
Tingkat keempukanSoft dan firm (tergantung sisi)
DensityTidak ada keterangan
Ritsleting✔︎
Tasx

Tabel perbandingan produk kasur busa terbaik

Gambar produk
1
Domi Bed Mattress Dual Comfort - Kasur Busa Soft & Firm 1

Domi Bed

2
Dinamika Indonusa Prima Airland Kasur Busa Lipat Wesleep 1

Dinamika Indonusa Prima

3
Zinus Mattress  1

Zinus

4
Royal Corporation Royal Foam Kasur Busa Royal Exclusive Economy Esteem 1

Royal Corporation

5
Royal Corporation Tote Bed Kasur Lipat Roll n Easy 1

Royal Corporation

6
Olympic Furniture Kasur Busa / Travel Bed Olympic Dream Bag 1

Olympic Furniture

7
Quantum Tosan International Uniland Kasur Lipat 90x200  1

Quantum Tosan International

8
Duta Mas Mandiri INTHEBOX HYBRID 90x200 1

Duta Mas Mandiri

9
Quantum Tosan Internasional Quantum Mattress Kasur Lantai 160 x 200 Karakter 1

Quantum Tosan Internasional

10
Inoac Kasur Busa 1

Inoac

Nama produk

Mattress Dual Comfort - Kasur Busa Soft & Firm

Airland Kasur Busa Lipat Wesleep

Mattress

Royal Foam Kasur Busa Royal Exclusive Economy Esteem

Tote Bed Kasur Lipat Roll n Easy

Kasur Busa / Travel Bed Olympic Dream Bag

Uniland Kasur Lipat 90x200

INTHEBOX HYBRID 90x200

Quantum Mattress Kasur Lantai 160 x 200 Karakter

Kasur Busa

Keunggulan

Unik! Satu kasur ini punya dua tingkat kenyamanan berbeda

Perpaduan bahannya membuat tamu Anda betah

Tidak perlu pakai seprai lagi, cover-nya superlembut!

Yuk, coba sendiri tidur di kasur busa berkualitas nomor satu di Asia Tenggara!

Dengan perlakuan khusus bikin kasur bebas bakteri dan jamur

Corak quilting-nya turut mencegah tungau dan debu

Tidak perlu bawa bantal, sudah ada bantalnya, lho

Menggunakan memory foam yang nyaman dan mengikuti lekuk tubuh

Gambar karakternya yang lucu bikin anak-anak betah di atas kasur

Si ekonomis dengan garansi antikempis sepuluh tahun

Harga mulai dariRp 2.427.000,00Rp 3.650.000,00Rp 2.095.000,00Rp 1.769.000,00Rp 1.500.000,00Rp 1.250.000,00Rp 1.000.000,00Rp 1.299.000,00Rp 876.000,00Rp 330.000,00
Jenis kasurMatrasLipatMatrasMatrasLipatLipatLipatMatrasLipatMatras
Ukuran160 cm x 200 cm90 cm x 200 cm100 cm x 200 cm120 cm x 200 cm90 cm x 190 cm90 cm x 200 cm90 cm x 200 cm90 cm x 200 cm160 cm x 200 cm120 cm x 200 cm
Tebal20 cm15 cm12 cm21 cm12 cm10 cm5 cm20 cm6 cm10 cm
Tingkat keempukanSoft dan firm (tergantung sisi)MediumMedium firmTidak ada keteranganTidak ada keteranganSoftSoftMedium softSoftTidak ada keterangan
DensityTidak ada keteranganTinggiTinggiTinggiTidak ada keteranganTinggiTidak ada keteranganTinggi (memory foam D28 dan busa D25)Tidak ada keteranganTinggi (D23)
Ritsleting✔︎xxx✔︎✔︎xxx✔︎
Tasx✔︎xx✔︎✔︎✔︎x✔︎x
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kasur lainnya di sini

Selain kasur busa, masih banyak jenis kasur lain di pasaran yang dibuat dari berbagai bahan. Kami telah menyiapkan artikel mengenai jenis kasur lain yang bisa And apilih sesuai kebutuhan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui tips memilih serta rekomendasi produk terbaiknya, silakan klik link berikut ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda sudah menemukan kasur busa yang diinginkan? Kasur busa yang dijual di pasaran memiliki dua jenis, yaitu matras dan kasur lipat. Dari keduanya, pilih yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Selain itu, perhatikan ukurannya agar pas dengan ruangan Anda. Cek juga keunggulan produk yang ditawarkan seperti ketersediaan ritsleting dan tas. Terakhir, usahakan untuk memilih produk dengan tingkat density tinggi.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya tidur Anda nyaman serta terhindar dari sakit punggung, Anda bisa menggunakan kasur spring bed. Sesuai namanya, kasur spring bed adalah kasur yang menggunakan lapisan per atau spring. Kini, kasur spring bed di pasaran makin inovatif dengan harga bervariasi, mulai 1 jutaan, 2 jutaan, hingga puluhan juta.Karena itu, agar Anda bisa menemukan produk yang bagus, ikutilah tips-tips memilihnya dalam artikel ini. Daftar rekomendasi berisi kasur spring bed terbaik juga akan Anda temukan. Ada kasur spring bed merek Central, Bigland, In The Box, Airland, dan sebagainya. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bantal tidur yang nyaman akan membuat Anda serasa tidur di hotel berbintang. Dari segi kesehatan, pemilihan jenis bantal yang tepat juga dapat mengurangi ketegangan leher. Sekarang ini, bantal tidur memiliki beragam ukuran dan harga. Berbagai motif bantal, mulai dari yang lucu sampai polos juga banyak tersedia.Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas poin-poin penting saat mencari bantal tidur terbaik. Kemudian, kami juga akan merekomendasikan merk bantal tidur yang bagus, seperti KING KOIL, PillowPeople, IKEA, dan lainnya. Simak terus artikel ini untuk menemukan bantal tidur terbaik!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur yang Anda gunakan sangatlah memengaruhi kualitas tidur. Jika Anda merasa lelah dan pegal ketika bangun tidur, bisa jadi Anda salah memilih kasur. Saat ini tersedia banyak kasur matras dari berbagai merek, seperti Quantum, INTHEBOX, IKEA, dan sebagainya. Tipenya pun banyak, ada kasur orthopedic, kasur latex, atau kasur dengan mattress topper.Kali ini kami akan membantu Anda memilih kasur matras yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga telah menyiapkan review beserta rekomendasi kasurnya. Nah, mari simak informasi di bawah ini dan tentukan pilihan Anda!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kualitas tidur yang baik tak hanya ditentukan oleh empuk atau tidaknya kasur yang digunakan. Namun, hal itu juga dipengaruhi oleh bed cover yang dipakai. Bahan bed cover yang bagus bisa menentukan kualitas tidur sehingga tubuh jadi lebih segar saat Anda bangun. Saat ini kami akan mengulas beberapa merek bed cover yang nyaman beserta harganya. Anda akan menemukan bed cover recommended dari merek Kintakun, My Love, Fata, dan lainnya. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi bahan maupun motif. Jadi, sebelum Anda membeli, ketahui dahulu panduan memilihnya berikut ini.
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Sprei Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sprei Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur dengan sprei yang nyaman bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Bahannya yang lembut serta motif yang indah dan sesuai dengan interior kamar diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur. Jadi, saat bangun keesokan harinya, Anda akan makin semangat untuk beraktivitas.Terdapat beberapa merk sprei yang bagus di pasaran, seperti My Love, Kintakun, California, dan lain-lain. Setiap merk tentunya menawarkan kelebihannya masing-masing. Di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi sprei terbaik, baik yang adem maupun yang waterproof. Namun, sebelumnya, simak dahulu cara memilihnya, ya!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Bantal Dakron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Dakron Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tidur nyenyak memberikan beragam manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan produktivitas, menjaga berat badan, dan kesehatan otak. Maka dari itu, menggunakan bantal tidur yang pas sama dengan investasi kesehatan. Salah satu bahan bantal tidur pilihan adalah bantal dakron.Kali ini, kami akan menyajikan cara memilih bantal dakron yang bagus serta cara merawat bantal tidur. Kami juga mengulas beragam merk bantal tidur berkualitas, seperti Comforta, Kintakun, Quantum, dan Dunlopillo. Untuk Anda yang sedang mencari bantal dakron dan bantal leher terbaik, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Kamar tidur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori