• 10 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kegiatan mengASIhi bisa menjadi momen berharga antara ibu dan bayinya. Namun, tidak semua ibu memiliki kesempatan untuk menyusui bayinya secara langsung. Terkadang, karena suatu hal, seorang ibu tidak bisa selalu bersama bayinya. Untuk menghindari pembengkakan payudara karena ASI yang menumpuk, diperlukan pompa ASI.


Pompa ASI elektrik kini lebih diminati dibandingkan pompa ASI manual. Mengapa? Simaklah jawabannya di serba-serbi pompa ASI elektrik. Kami juga akan menjelaskan cara memilih dan cara menggunakan pompa ASI elektrik. Tak ketinggalan, tersedia juga ulasan beberapa produk yang bagus, seperti merek Medela, Philips, dan Spectra. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 08 September 2021
  • 288 Views
Daftar isi

Serba-serbi pompa ASI elektrik

Pompa ASI elektrik tengah banyak diminati beberapa tahun belakangan ini. Banyak produsen berlomba-lomba menghadirkan produk pompa ASI elektrik yang bagus. Namun, apa sebenarnya manfaat pompa ASI elektrik? Apakah ada efek samping dari penggunaan pompa ASI elektrik? Silakan simak pembahasannya berikut ini. 

Peruntukan pompa ASI elektrik

Peruntukan pompa ASI elektrik

Setiap benda tentu diciptakan dengan peruntukan tertentu, termasuk pompa ASI elektrik. Terdapat beberapa kondisi atau keadaan yang membuat seorang ibu membutuhkan pompa ASI, antara lain:


  • Ibu bekerja atau memiliki aktivitas padat

Seperti disinggung sebelumnya, ibu yang bekerja tidak bisa terus-menerus bersama bayinya. Untuk itu, ibu perlu memompa ASI guna menghindari pembengkakan pada payudaranya. Memompa ASI juga dibutuhkan untuk memenuhi persediaan ASI yang akan dikonsumsi bayi selama ibunya bekerja.


  • Ibu dengan bayi prematur

Bayi yang lahir prematur mungkin terlalu lemah untuk menyusu langsung dari payudara. Untuk itu, diperlukan pompa ASI agar bayi bisa meminum ASI lewat botol susu. 


  • Ibu dengan bayi kembar

Kegiatan menyusui bayi kembar bisa menjadi hal yang melelahkan bagi ibu. Dalam kondisi ini, pompa ASI elektrik dapat digunakan untuk membantu meringankan beban ibu. Dengan memakai pompa ASI elektrik, ibu dapat memperoleh ASI lebih banyak dalam waktu yang singkat. 

Kelebihan dan kekurangan pompa ASI elektrik

Kelebihan dan kekurangan pompa ASI elektrik

Sebelum memutuskan membeli pompa ASI elektrik, ada baiknya Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.


Kelebihan

  • Waktu memompa lebih cepat dibandingkan jika memakai pompa ASI manual
  • Pompa ASI elektrik memungkinkan Anda memompa dari dua payudara sekaligus
  • Anda tidak perlu memompanya secara manual sehingga terbebas dari rasa pegal

Kekurangan

  • Harga pompa ASI elektrik relatif lebih mahal dibandingkan pompa ASI manual
  • Beberapa produk pompa ASI elektrik sulit untuk dibawa bepergian (sulit dirakit, bulky, membutuhkan stopkontak)
  • Beberapa produk pompa ASI elektrik memiliki suara yang cukup bising

Efek samping penggunaan pompa ASI elektrik

Efek samping penggunaan pompa ASI elektrik

Penggunaan pompa ASI elektrik memang dikenal efisien dan memudahkan para ibu. Namun, tetap ada efek samping yang perlu Anda perhatikan. Di bawah ini terdapat beberapa dampak yang mungkin muncul akibat pemakaian pompa ASI elektrik.


  • Risiko kerusakan jaringan payudara

Hal ini bisa terjadi akibat gerakan memompa yang salah, serta tekanan yang terlalu besar pada payudara. 


  • Bingung puting

Ini adalah salah satu efek samping tidak langsung. Bayi yang biasa disusui dengan menggunakan botol susu mungkin menjadi bingung saat akan disusui langsung. Hal tersebut dikarenakan tekstur puting payudara dan dot botol susu berbeda. 


  • Ada potensi ASI terkontaminasi

Dengan pumping menggunakan pompa ASI elektrik, ada beberapa hal yang berpotensi membuat ASI terkontaminasi. Beberapa di antaranya adalah tempat pumping yang kurang bersih, serta alat pompa dan botol penampung yang tidak steril.


  • Menurunnya kadar gizi dalam ASI

ASI yang terbaik tetaplah ASI yang diberikan secara langsung. ASI yang disimpan dan dibekukan, kemudian dipanaskan kembali saat akan diberikan, bisa berkurang kandungan nutrisinya. 

Cara memilih pompa ASI elektrik

Kami telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan pompa ASI elektrik. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda bisa mendapatkan produk terbaik. Silakan disimak!

Tentukan fitur pompa ASI elektrik yang Anda butuhkan

Di pasaran terdapat beragam produk pompa ASI elektrik yang bisa Anda temukan. Setiap produk memiliki fitur yang berbeda-beda. Jadi, pilihlah fitur produk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perakitan sederhana, mudah dirakit dan dibersihkan

Agar pompa ASI elektrik benar-benar memudahkan aktivitas Anda, carilah produk yang mudah dirakit. Produk yang mudah dirakit tentu lebih praktis sehingga Anda bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja. 


Selain itu, pastikan juga pompa ASI elektrik pilihan Anda memiliki bagian-bagian yang mudah untuk dibersihkan. Jadi, Anda tidak akan kerepotan untuk menjaganya tetap steril.

Double pump, memungkinkan Anda memompa dari kedua payudara sekaligus

Pompa ASI elektrik dengan fitur double pump memiliki dua corong pompa. Jadi, Anda bisa memakainya untuk kedua payudara sekaligus. Fitur ini tentu sangat dibutuhkan oleh Anda yang aktivitas hariannya terbilang padat. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk memompa payudara kanan dan kiri secara bergantian. Efisien, bukan?

Mode pijatan, membantu menstimulasi keluarnya ASI

Tidak semua pompa ASI elektrik dilengkapi fitur mode pijatan. Karena itu, Anda harus memeriksa spesifikasi produk dengan lebih saksama. Seperti namanya, mode pijatan bekerja dengan cara memijat payudara sebelum memompanya. Pijatan tersebut bermanfaat untuk menstimulasi payudara agar bisa memproduksi lebih banyak ASI.


Selain mode pijatan, beberapa produk juga memiliki fitur pilihan kecepatan dan kekuatan isap. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur sendiri kekuatan dan kecepatan isap yang Anda butuhkan. 


Daya isap yang lebih kuat dapat membuat ASI keluar lebih banyak. Namun, perlu diketahui bahwa hal tersebut juga berisiko menimbulkan iritasi pada payudara. Jadi, ingatlah untuk tetap mempertimbangkan kondisi payudara Anda saat menentukan daya isap dan kecepatannya. 

Portable, mudah untuk dibawa bepergian

Banyak orang menginginkan pompa ASI elektrik yang mudah dibawa bepergian. Mudah dibawa bepergian di sini berarti produk tersebut ringan, berukuran compact, dan bisa dioperasikan dengan baterai. Jadi, saat berada di dalam mobil pun Anda tetap bisa melakukan pumping. Fitur ini tentu makin berguna untuk Anda yang berencana menempuh perjalanan yang lama dan jauh.

Pilih berdasarkan spesifikasi corong pompa

Corong pompa adalah bagian penting pada pompa ASI elektrik. Karena itu, penting untuk memeriksa corong pompa yang tersedia. Dalam memeriksanya, silakan perhatikan dua hal berikut ini.


  • Ukuran

Corong pompa adalah bagian yang langsung menempel pada payudara Anda. Jadi, penting untuk memilih produk yang ukuran corongnya pas dan nyaman pada payudara Anda. Corong dengan ukuran yang sesuai juga dapat menghindarkan Anda dari risiko iritasi.


  • Penutup corong

Penutup corong adalah salah satu bagian yang penting, tetapi sering terluput. Perlengkapan ini dapat membantu menjaga corong pompa tetap higienis saat tidak digunakan. Karena itu, sebisa mungkin pilihlah pompa ASI elektrik yang dilengkapi penutup corong.

Cek ukuran botol yang tersedia

Pompa ASI elektrik yang dijual biasanya sudah dilengkapi botol untuk menampung ASI. Untuk itu, periksalah spesifikasi botolnya. Cek daya tampung setiap botol, serta berapa banyak botol yang tersedia. Aktivitas memompa ASI tentu terasa lebih nyaman bila kapasitas botolnya sesuai dengan produksi ASI Anda. Jadi, Anda tidak perlu berhenti memompa hanya karena botolnya sudah penuh.

10 Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik

Setelah membahas banyak hal tentang pompa ASI elektrik, kini saatnya kami mengulas rekomendasi produk terbaik. Ada sepuluh rekomendasi pompa ASI elektrik yang kami susun berdasarkan popularitasnya. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

10

Mama's ChoiceSingle & Handy Electric Breast Pump

Mulai dari Rp 459.000,00

Perakitan sederhana
Double pumpx
Mode pijatanSatu mode
Kekuatan pemompaanSembilan level
Portable
Corong pompaTersedia ukuran 24 mm lengkap dengan penutup corong
Botol yang tersedia1 botol x 150 ml
9
Perakitan sederhana
Double pump
Mode pijatanTidak ada keterangan
Kekuatan pemompaanTidak ada keterangan
Portable
Corong pompaAda breast shield
Botol yang tersedia2 botol x 150ml
8

LigientLittle Giant Nano Electrical Breastpump

LG.6936

Mulai dari Rp 500.000,00

Perakitan sederhana
Double pump
Mode pijatanDua mode
Kekuatan pemompaanTidak ada keterangan
Portable
Corong pompaAda bantalan silicone dan penutup corong
Botol yang tersedia2 x 150 ml
7
Perakitan sederhana
Double pump
Mode pijatanLima mode
Kekuatan pemompaanTidak ada keterangan
Portable
Corong pompaFull silicone breast shield
Botol yang tersedia2 x 150 ml
6

HaenimPortable Breast Pump 7A Lite

Mulai dari Rp 1.950.000,00

Perakitan sederhana
Double pump
Mode pijatanSatu mode
Kekuatan pemompaanSembilan level
Portable
Corong pompaDengan silicone pads dan Nexus Fit Breast Shield
Botol yang tersediaTidak ada keterangan
5
Perakitan sederhana
Double pumpx
Mode pijatanSatu mode
Kekuatan pemompaanEmpat level
Portablex
Corong pompaAda bantalan untuk payudara, tersedia dua macam ukuran 23 mm dan 27 mm
Botol yang tersedia1 x 160 ml
4

PhilipsAvent Double Electric Breast Pump

SCF334/31

Mulai dari Rp 3.499.000,00

Perakitan sederhana
Double pump
Mode pijatanSatu mode
Kekuatan pemompaanTiga level
Portable
Corong pompaUkuran corong standar 19,5 mm lengkap dengan bantalan
Botol yang tersedia2 x 120 ml
3

MooimomHands-Free Electric Breast Pump

Mulai dari Rp 1.390.000,00

Perakitan sederhana
Double pumpx
Mode pijatanSepuluh mode pijatan
Kekuatan pemompaanTidak ada keterangan
Portable
Corong pompaDengan bahan silikon yang nyaman, tersedia pilihan ukuran 24—27 mm
Botol yang tersedia1 x 200 ml
2

ChabalalaSpectra 9 Plus Portable Double Electric Breast Pump

Mulai dari Rp 1.995.000,00

Perakitan sederhana
Double pump
Mode pijatanSatu mode
Kekuatan pemompaanTidak ada keterangan
Portable
Corong pompaTersedia dua corong pompa dengan ukuran 24 mm
Botol yang tersedia2 x 160 ml
1

MedelaFreestyle Double Electric Breast Pump

Mulai dari Rp 7.490.000,00

Perakitan sederhana
Double pump
Mode pijatanDua mode
Kekuatan pemompaanTidak ada keterangan
Portable
Corong pompaTersedia ukuran 24 mm
Botol yang tersedia4 x 150 ml

Tabel perbandingan produk pompa ASI elektrik terbaik

Gambar produk
1
Medela Freestyle Double Electric Breast Pump 1

Medela

2
Chabalala Spectra 9 Plus Portable Double Electric Breast Pump 1

Chabalala

3
Mooimom Hands-Free Electric Breast Pump 1

Mooimom

4
Philips Avent Double Electric Breast Pump 1

Philips

5
Pigeon Breast Pump Electric Pro 1

Pigeon

6
Haenim Portable Breast Pump 7A Lite 1

Haenim

7
Mutterlife Mutter Krystal  1

Mutterlife

8
Ligient Little Giant Nano Electrical Breastpump 1

Ligient

9
Unimom Forte  1

Unimom

10
Mama's Choice Single & Handy Electric Breast Pump 1

Mama's Choice

Nama produk

Freestyle Double Electric Breast Pump

Spectra 9 Plus Portable Double Electric Breast Pump

Hands-Free Electric Breast Pump

Avent Double Electric Breast Pump

Breast Pump Electric Pro

Portable Breast Pump 7A Lite

Mutter Krystal

Little Giant Nano Electrical Breastpump

Forte

Single & Handy Electric Breast Pump

Keunggulan

Paket lengkap untuk Anda yang menginginkan kepraktisan

Produk dengan standar pompa ASI rumah sakit

Si kecil yang praktis dibawa ke mana-mana

Lebih higienis dengan part-part yang mudah dibersihkan

Payudara yang sensitif pun tetap merasa nyaman

Dilengkapi Haenim Nexus Fit Breast Shield yang nyaman bagi semua ukuran payudara

Membantu para ibu dengan flat nipple

Pompa ASI elektrik dual pump dengan harga ekonomis

Dengan closed system yang memastikan ASI tidak masuk ke dalam mesin motor

Dilengkapi kabel USB untuk penggunaan dengan power bank

Harga mulai dariRp 7.490.000,00Rp 1.995.000,00Rp 1.390.000,00Rp 3.499.000,00Rp 2.365.500,00Rp 1.950.000,00Rp 1.380.000,00Rp 500.000,00Rp 1.700.000,00Rp 459.000,00
Perakitan sederhana
Double pumpxxx
Mode pijatanDua modeSatu modeSepuluh mode pijatanSatu modeSatu modeSatu modeLima modeDua modeTidak ada keteranganSatu mode
Kekuatan pemompaanTidak ada keteranganTidak ada keterangan Tidak ada keteranganTiga levelEmpat levelSembilan levelTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan Sembilan level
Portablex
Corong pompaTersedia ukuran 24 mmTersedia dua corong pompa dengan ukuran 24 mmDengan bahan silikon yang nyaman, tersedia pilihan ukuran 24—27 mmUkuran corong standar 19,5 mm lengkap dengan bantalanAda bantalan untuk payudara, tersedia dua macam ukuran 23 mm dan 27 mmDengan silicone pads dan Nexus Fit Breast ShieldFull silicone breast shieldAda bantalan silicone dan penutup corongAda breast shieldTersedia ukuran 24 mm lengkap dengan penutup corong
Botol yang tersedia4 x 150 ml2 x 160 ml1 x 200 ml2 x 120 ml1 x 160 mlTidak ada keterangan 2 x 150 ml2 x 150 ml2 botol x 150ml1 botol x 150 ml
Tautan produk

Cara menggunakan pompa ASI elektrik

Cara menggunakan pompa ASI elektrik adalah salah satu hal yang sering ditanyakan oleh para new mom. Untuk itu, kami telah menyiapkan panduan singkatnya di bawah ini.

  1. Cucilah tangan Anda dan siapkan pompa ASI elektrik. Setelah itu, rakitlah sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  2. Tempelkan corong pompa dalam posisi yang nyaman pada payudara Anda. Pastikan corong tersebut menempel dengan benar agar tidak terlepas di tengah proses pumping. 
  3. Nyalakan pompa ASI elektrik, lalu aturlah kecepatan atau mode pijatannya sesuai keinginan Anda.
  4. Lakukan pumping sampai Anda merasa payudara Anda telah kosong atau mencapai jumlah ASI yang Anda inginkan.
  5. Jika produk yang Anda beli adalah single pump, silakan ulangi tahapan yang sama pada payudara yang lainnya. 
  6. Terakhir, cuci bersih tangan Anda, lalu bersihkan semua peralatan setelah selesai digunakan.

Baca juga rekomendasi produk kebutuhan ibu menyusui lainnya di sini

Masa-masa mengASIhi adalah masa-masa penting bagi ibu dan bayi. Untuk itu, demi kenyamanan ibu menyusui dan bayinya, silakan lihat artikel produk-produk berikut ini. 

Kesimpulan

Pompa ASI elektrik adalah salah satu alat bantu yang dibutuhkan pada kondisi dan saat-saat tertentu. Sebagai contoh, saat ibu bekerja atau saat bayi terlalu lemah untuk menyusu langsung. Untuk itu, pilihlah pompa ASI elektrik dengan bijak, serta sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.


Dalam artikel ini telah kami sajikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Silakan pilih dengan hati-hati dan selamat mengASIhi!

Artikel terkait

  • 10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sedang mempersiapkan kelahiran sang buah hati? Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai nursing pillow atau bantal menyusui. Sebenarnya, bantal ini tidak hanya dipakai saat menyusui saja. Banyak merk, seperti Garyman, Clevamama, dan Ergobaby yang menawarkan bantal menyusui multifungsi. Bantal menyusui hadir dalam berbagai varian bahan, bentuk, dan jenis bantal.Berbagai pilihan ini terkadang membuat Anda makin bingung untuk membeli produk yang sesuai. Artikel ini akan membantu Anda untuk memilih bantal menyusui yang bagus dan sesuai keperluan Anda. Tidak ketinggalan, bidan Ony Christy juga akan memberikan informasi tambahan untuk Anda. 
    Perlengkapan menyusui
    14.368 Views
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Dengan kondisi nursery room di Indonesia yang belum mudah ditemukan pasti membuat moms enggan memberikan ASI. Kini, moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.Jika Anda masih bingung apron menyusui seperti apa yang terbaik untuk kebutuhan, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaik seperti dari merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
    11.921 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu, tetapi sudah tertidur atau saat harus terpisah dengan bayi karena sibuk bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang, kami akan memberikan tips-tips memilih agar Anda mudah menemukan pompa ASI yang bagus. Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik juga akan kami berikan. Berbagai merk pompa ASI, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent masuk dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak!
    Perlengkapan menyusui
    191.118 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    Busui atau ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI (air susu ibu) tetap memadai. Jadi, tidak mengherankan apabila ibu menyusui selalu disarankan untuk minum banyak air putih. Namun, meminum air putih melulu tentu terasa membosankan. Kali ini, kami akan merekomendasikan minuman untuk ibu menyusui yang berguna sebagai ASI booster dan merelaksasi tubuh.Sekarang ini, banyak variasi minuman lezat dan menyehatkan untuk ibu menyusui. Minuman seperti Mamanduy ASI booster, Sempio Barley Tea, Jukajo Mom, dan lainnya telah banyak beredar di pasaran. Manakah minuman yang paling cocok untuk Anda?
    Perlengkapan menyusui
    18.838 Views
  • 10 Rekomendasi Mobil Mainan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mobil Mainan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Mobil mainan merupakan salah satu mainan kegemaran anak-anak zaman sekarang. Anak Anda bisa asyik memainkannya sendiri atau bersama teman-temannya. Mobil mainan sendiri memiliki spesifikasi, fitur, desain, dan harga yang berbeda satu sama lain. Apakah hal itu jadi membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan?Kali ini, kami akan membantu Anda memilih mobil mainan yang tepat. Anda akan menemukan cara memilih dan rekomendasi mobil mainan terbaik untuk anak dalam artikel ini. Pilih saja yang paling cocok untuk anak Anda!
    Ibu & anak
    7.739 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang pastinya sudah mengerti bahwa sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang. Bayi sangat rentan terhadap infeksi dan penyakit dibandingkan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Karena itu, Anda perlu mensterilkan semua peralatan hingga bayi Anda berusia 12 bulan.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sterilizer botol bayi dari berbagai merk. Anda dapat menemukan sterilizer botol susu dari Baby Safe, Pigeon, hingga Philips Avent. Kami juga akan membahas tips memilih bottle sterilizer yang bagus untuk memudahkan Anda mensterilkan barang-barang milik si buah hati. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
    29.431 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang memiliki bayi, salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah bottle warmer. Alat ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk anak. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya dalam jangka waktu cukup panjang.Ada beberapa merk bottle warmer yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Philips Avent, Baby Safe, dan Pigeon. Anda tidak perlu bingung memilih! Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan produk yang bagus dan tepat. Jadi, bacalah sampai selesai.
    Perlengkapan menyusui
    8.072 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak ibu baru mungkin menganggap baju menyusui tidak terlalu penting. Padahal, mengenakan baju menyusui yang tepat akan membantu Anda lebih mudah dalam memberikan ASI. Di berbagai marketplace seperti Shopee dan Lazada, Anda bisa menemukan dengan mudah baju menyusui yang keren dengan berbagai model.Dengan begitu banyaknya pilihan, kami akan membantu Anda menemukan baju menyusui terbaik dengan menjelaskan cara memilihnya. Berbagai brand seperti Mooimom dan Mamibelle akan Anda temukan di artikel ini. Tenang saja, baju menyusui untuk muslimah pun tersedia, kok. Simak terus artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
    1.019 Views
  • 10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mobilitas yang tinggi tidak bisa menghalangi Anda untuk memberikan ASI kepada buah hati. Supaya si kecil selalu mendapatkan nutrisi terbaiknya, Anda bisa memompa ASI dan membawanya di dalam cooler bag atau tas ASI. Dengan demikian, ASI akan tahan lama dan bisa diminum oleh bayi saat Anda tidak berada di sampingnya.Di artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan cooler bag yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami akan mengulas tas ASI dari berbagai merek, seperti Gabag, Dialogue, dan Natural Moms. Beberapa tips menyiapkan ASI juga akan kami bahas. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
    467 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu privilese dalam menyusui atau mengASIhi adalah memberikannya secara langsung dari payudara ibu ke mulut bayi. Sayangnya, tak semua ibu memiliki privilese ini. Berbagai faktor dapat menyebabkan seorang ibu memerlukan bantuan pompa ASI untuk dapat mengASIhi secara optimal.Pompa ASI dibagi menjadi dua jenis yaitu manual dan elektrik. Secara khusus, artikel ini akan membahas cara memilih pompa ASI manual yang bagus beserta sepuluh rekomendasi produknya. Selain merek Medela, Philips Avent, dan Crown, masih banyak merek lainnya dengan kualitas dan harga yang bersaing.
    Perlengkapan menyusui
    71 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu, tetapi sudah tertidur atau saat harus terpisah dengan bayi karena sibuk bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang, kami akan memberikan tips-tips memilih agar Anda mudah menemukan pompa ASI yang bagus. Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik juga akan kami berikan. Berbagai merk pompa ASI, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent masuk dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak!
    Perlengkapan menyusui
    191.118 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang pastinya sudah mengerti bahwa sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang. Bayi sangat rentan terhadap infeksi dan penyakit dibandingkan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Karena itu, Anda perlu mensterilkan semua peralatan hingga bayi Anda berusia 12 bulan.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sterilizer botol bayi dari berbagai merk. Anda dapat menemukan sterilizer botol susu dari Baby Safe, Pigeon, hingga Philips Avent. Kami juga akan membahas tips memilih bottle sterilizer yang bagus untuk memudahkan Anda mensterilkan barang-barang milik si buah hati. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
    29.431 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang memiliki bayi, salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah bottle warmer. Alat ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk anak. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya dalam jangka waktu cukup panjang.Ada beberapa merk bottle warmer yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Philips Avent, Baby Safe, dan Pigeon. Anda tidak perlu bingung memilih! Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan produk yang bagus dan tepat. Jadi, bacalah sampai selesai.
    Perlengkapan menyusui
    8.072 Views
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Dengan kondisi nursery room di Indonesia yang belum mudah ditemukan pasti membuat moms enggan memberikan ASI. Kini, moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.Jika Anda masih bingung apron menyusui seperti apa yang terbaik untuk kebutuhan, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaik seperti dari merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
    11.921 Views
  • 10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mobilitas yang tinggi tidak bisa menghalangi Anda untuk memberikan ASI kepada buah hati. Supaya si kecil selalu mendapatkan nutrisi terbaiknya, Anda bisa memompa ASI dan membawanya di dalam cooler bag atau tas ASI. Dengan demikian, ASI akan tahan lama dan bisa diminum oleh bayi saat Anda tidak berada di sampingnya.Di artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan cooler bag yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami akan mengulas tas ASI dari berbagai merek, seperti Gabag, Dialogue, dan Natural Moms. Beberapa tips menyiapkan ASI juga akan kami bahas. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
    467 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    Busui atau ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI (air susu ibu) tetap memadai. Jadi, tidak mengherankan apabila ibu menyusui selalu disarankan untuk minum banyak air putih. Namun, meminum air putih melulu tentu terasa membosankan. Kali ini, kami akan merekomendasikan minuman untuk ibu menyusui yang berguna sebagai ASI booster dan merelaksasi tubuh.Sekarang ini, banyak variasi minuman lezat dan menyehatkan untuk ibu menyusui. Minuman seperti Mamanduy ASI booster, Sempio Barley Tea, Jukajo Mom, dan lainnya telah banyak beredar di pasaran. Manakah minuman yang paling cocok untuk Anda?
    Perlengkapan menyusui
    18.838 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu privilese dalam menyusui atau mengASIhi adalah memberikannya secara langsung dari payudara ibu ke mulut bayi. Sayangnya, tak semua ibu memiliki privilese ini. Berbagai faktor dapat menyebabkan seorang ibu memerlukan bantuan pompa ASI untuk dapat mengASIhi secara optimal.Pompa ASI dibagi menjadi dua jenis yaitu manual dan elektrik. Secara khusus, artikel ini akan membahas cara memilih pompa ASI manual yang bagus beserta sepuluh rekomendasi produknya. Selain merek Medela, Philips Avent, dan Crown, masih banyak merek lainnya dengan kualitas dan harga yang bersaing.
    Perlengkapan menyusui
    71 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori