mybest
Bumbu instan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Merek Bumbu Tomyam Instan yang Enak (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Merek Bumbu Tomyam Instan yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Merek Bumbu Tomyam Instan yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Merek Bumbu Tomyam Instan yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Merek Bumbu Tomyam Instan yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Merek Bumbu Tomyam Instan yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Merek Bumbu Tomyam Instan yang Enak (Terbaru Tahun 2024)

Tom yam adalah sup khas Thailand dengan rasa asam, manis, pedas, dan segar. Biasanya, tom yam berisi seafood, ikan, ayam, dan sayuran. Kelezatan rasa tom yam membuatnya disukai banyak orang. Dengan banyaknya pilihan bumbu tom yam instan, kini Anda bisa membuat tom yam sendiri tanpa harus ke Thailand.

Untuk membantu Anda menemukan bumbu tom yam yang enak, kami akan membahas cara memilih bumbu instan tom yam. Lalu, kami akan memberikan rekomendasi bumbu tom yam instan terbaik dari merek Bamboe, Adabi, dan lainnya. Yuk, simak artikelnya!

Diperbaharui 11/11/2023
Noni Rosliyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Noni Rosliyani

Noni Rosliyani, akrab disapa Noni, adalah lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang sudah aktif menulis sejak masa sekolah. Pengalamannya menjadi editor profesional untuk buku anak dan parenting selama 14 tahun membuatnya tertarik menjadi pegiat Read Aloud Trainer. Sesekali, ia membagikan pengalaman dunia family dan parenting-nya di blog pribadinya. Di waktu senggangnya, Noni menikmati aktivitas bersama keluarganya, seperti memasak, menonton film, atau traveling. Ia percaya bahwa kesehatan jiwa dan raga keluarga serta dirinya adalah yang utama. Jadi, supaya hidupnya lebih bersemangat, Noni pun gemar mencari tahu buku best seller, fashion terkini, skincare terbaru, atau snack terpopuler yang harus dicobanya.

Profil Noni Rosliyani
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih bumbu tomyam instan

Sebelum mulai memilih bumbu tom yam instan, kami akan memaparkan beberapa panduan yang bisa Anda gunakan. Semoga tips di bawah ini bermanfaat! 

1

Sesuaikan dengan selera masakan Anda

Awalnya, sup tom yam berisi udang. Namun, banyak orang mengkreasikan tom yam dengan berbagai macam isian. Ada tom yam dengan isian seafood, seperti udang, cumi, ikan, dan kerang. Ada juga yang menyukai tom yam isi daging ayam, sapi, atau mungkin pork. Supaya tom yam habis tak bersisa, pilih isian sesuai dengan selera Anda dan keluarga, ya!

Tomyam seafood, isiannya lebih komplet dari udang hingga kerang

Tomyam seafood, isiannya lebih komplet dari udang hingga kerang

Tom yam yang orisinal dari Thailand adalah tom yam seafood. Isian di dalamnya adalah udang, ikan, kerang, jamur, cumi-cumi, serta sayuran, seperti wortel dan kol. Bumbu dasar tom yam yang dicampur kuah kaldu udang akan memberikan rasa gurih dan segar.

 
Anda yang ingin menikmati tom yam dengan rasa asli bisa memilih tom yam seafood. Akan tetapi, tom yam ini mungkin kurang cocok bagi Anda yang mempunyai alergi makanan laut.

Tomyam ayam, pilihan pas untuk Anda yang alergi makanan laut

Tomyam ayam, pilihan pas untuk Anda yang alergi makanan laut

Anda memiliki alergi makanan laut? Tenang! Anda tetap bisa menikmati semangkuk tom yam. Caranya dengan membuat tom yam ayam yang rasanya tidak kalah enaknya. Mencampurkan bumbu tom yam dengan kuah kaldu ayam akan menghasilkan rasa gurih, asam, dan segar yang bikin ketagihan.


Supaya tetap lebih terasa kekhasan Thailand-nya, santaplah tom yam ayam dengan sepiring nasi melati khas Thailand. Anda akan merasa sedang makan langsung di negara asal tom yam!

Tomyam pedas, kesegarannya bisa hangatkan tubuh

Tomyam pedas, kesegarannya bisa hangatkan tubuh

Kuah tom yam asli memiliki rasa asam, manis, dan pedas yang segar. Kesegarannya akan sangat menggugah selera dan membuat tubuh terasa lebih hangat! Penggemar rasa pedas pasti akan menyukainya. Jika terasa kurang pedas, Anda bisa menambahkan cabai merah di dalamnya.


Nikmatilah tom yam pedas dengan sepiring nasi putih hangat dan segelas minuman tropical fruit yang dingin dan manis. Sensasi rasanya pasti akan pecah nikmat di mulut. Dijamin Anda bakal ketagihan!

Tomyam ikan, penuh gizi dengan pilihan ikan tawar atau ikan laut

Tomyam ikan, penuh gizi dengan pilihan ikan tawar atau ikan laut

Jika Anda sedang menghindari kolesterol dari seafood, tom yam ikan bisa jadi pilihan yang patut dicoba. Anda bisa menggunakan ikan laut atau ikan tawar sesuai selera. Rasanya tidak kalah enak dengan tom yam seafood dan pastinya penuh gizi. Semangkuk tom yam ikan baik dikonsumsi anak-anak. Supaya makannya lebih lahap, pilihkan saja bumbu tom yam instan yang tidak pedas.

2

Pilih berdasarkan bentuk kemasannya

Sama seperti bumbu instan pada umumnya, kemasan bumbu tom yam terdiri dari dua macam, yaitu saset dan jar. Agar bumbu yang dibeli bisa digunakan dengan maksimal, pilihlah kemasan yang sesuai kebutuhan, ya.

Kemasan sachet, untuk sekali masak dan lebih praktis

Kemasan sachet, untuk sekali masak dan lebih praktis
Sumber: ptbamboe.com

Bumbu tom yam yang banyak dijual di Indonesia tersedia dalam kemasan saset. Tipe ini sangat praktis karena bisa langsung habis untuk satu kali masak. Namun, satu bungkus bumbu saset biasanya hanya untuk membuat 4–5 porsi makan.


Porsi ini cocok untuk keluarga sehingga kurang pas jika Anda ingin membuat tom yam untuk hidangan besar. Jadi, perhatikanlah jumlah porsi tom yam yang dihasilkan supaya pas dengan kebutuhan makan Anda.

Kemasan jar, bisa dijadikan persediaan bumbu masakan

Jika tom yam adalah menu favorit keluarga, tidak ada salahnya memilih bumbu instan kemasan jar atau stoples. Bumbu dalam kemasan seperti ini tidak habis dalam sekali masak dan bisa disimpan di kulkas untuk digunakan lagi setelahnya. Dengan bumbu kemasan jar, Anda bisa mengatur takaran bumbu sesuai kebutuhan dan selera.


Bumbu kemasan jar juga bisa dipakai untuk usaha kuliner atau ketika Anda ingin menyajikan tom yam untuk acara besar. Memakai bumbu tom yam instan kemasan jar bisa membantu mempersingkat waktu memasak dan meringankan beban memasak dalam jumlah besar.

3

Carilah bumbu tomyam instan yang halal untuk keamanan

Carilah bumbu tomyam instan yang halal untuk keamanan

Tom yam adalah masakan khas Thailand. Jadi, demi keamanan, perhatikan sertifikasi produknya. Pilihlah bumbu yang memiliki sertifikasi halal resmi. Untuk produk lokal, sertifikasi halal tersebut bisa didapatkan dari lembaga MUI.


Akan tetapi, bukan berarti produk impor tidak halal, ya. Banyak juga bumbu tom yam instan impor yang telah mengantongi sertifikasi halal dari negara bersangkutan. Untuk kenyamanan Anda, kami nanti akan memilihkan produk-produk bumbu tom yam instan yang telah tersertifikasi halal.

4

Pertimbangkan bumbu tomyam instan asli Thailand untuk rasa yang lebih autentik

Pertimbangkan bumbu tomyam instan asli Thailand untuk rasa yang lebih autentik

Tom yam asli Thailand rasanya memang tidak ada duanya. Rasa tom yam yang asam, gurih, manis, dan pedas bersatu dalam lidah Anda sehingga terasa segar dan nikmat. Agar merasakan sensasi seolah sedang menikmati tom yam di tepi Pantai Pattaya, carilah bumbu instan dengan cita rasa autentik. 


Akan lebih pas jika bumbu tersebut diimpor langsung dari Thailand. Namun, jika Anda kesulitan menemukannya, bumbu instan buatan lokal dapat dipilih. Bumbu tom yam buatan lokal juga bisa memberikan cita rasa khas jika diracik dengan rempah-rempah pilihan dan segar.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Bumbu Tomyam Instan Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Bumbu Tomyam Instan terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 11 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Bamboe

Tom Yum

Bamboe  Tom Yum 1

Rp8.000

Menengah

Aroma wangi segar yang mengundang selera

Bawang merah, bawang putih, garam, minyak nabati, sari jeruk nipis, laos, ketumbar, kunir, sereh, merica, daun tumbar, ekstrak ragi, pengatur keasaman

Saset

60 g

3 porsi

Tom yam

35 kkal

Tidak diketahui

1 g

Pasta

2

Adabi

Perencah Thai Tom Yam Paste

Adabi Perencah Thai Tom Yam Paste 1

Rp3.900

Agak Murah

Hidangkan tom yam pedas rumahan cita rasa restoran

Cabe, bawang merah, daun serai, asam jawa, daun jeruk, penguat rasa, pengatur keasaman, gula, garam

Saset, jar

40 g, 200 g

2 porsi, 10 porsi

Tom yam

35 kkal

Tidak diketahui

2 g

Pasta

3

Koki Jempol

Bumbu Tomyam

Koki Jempol Bumbu Tomyam 1

Rp3.150

Lebih Murah

Diracik dengan bahan alami tanpa pengawet buatan

Bawang putih, cabe, sereh, daun jeruk, asam jawa,minyak nabati, kecap ikan, gula, garam, penguat rasa

Saset

30 g, 75 g

2 porsi, 5 porsi

Tom yam

Tidak disebutkan

Tidak diketahui

Tidak disebutkan

Pasta

4

Globo Foods

Lobo Tom Yum Paste

Globo Foods Lobo Tom Yum Paste 1

Rp12.000

Menengah

Produk asli Thailand yang cita rasanya sesuai dengan lidah Indonesia

Garam, gula, minyak kelapa sawit, serai, penguat rasa, pengatur keasaman, cabe bubuk, pasta awam jawa, bawang erah, bawang putih, lengkuas, sari buah jeruk nipis

Saset

30 g

2 porsi

Tom yam

Tidak disebutkan

Tidak diketahui

Tidak disebutkan

Pasta

5

Thai Boy

Tom Yum Soup Paste

Thai Boy Tom Yum Soup Paste 1

Rp25.000

Agak Mahal

Gluten free, aman untuk Anda yang alergi gluten

Minyak, bawang putih, bawang merah, cabai, gula, garam, serai, lengkuas, pengatur keasaman, penguat rasa

Jar

230 g, 500 g, 825 g

Tidak disebutkan

Tom yam

50 kkal

Tidak diketahui

0,4 g

Pasta

6

Sekar Laut

Finna Bumbu Tom Yum

Sekar Laut Finna Bumbu Tom Yum 1

Rp5.500

Agak Murah

Cukup satu saset! Dapur tidak berantakan dan dapatkan kuah lebih banyak

Bawang bombay, bawang putih, cabai, serai, minyak nabati, bawang merah, laos, garam, gula, daun jeruk purut

Saset

50 g

4 porsi

Tom yam

25 kkal

Tidak diketahui

0 g

Pasta

7

NR Instant Produce

Mamata Thai Tom Yum

NR Instant Produce Mamata Thai Tom Yum 1

Rp36.000

Agak Mahal

Terbuat dari rempah pilihan, hadirkan kesegaran tom yum yang bikin nagih!

Sereh, minyak kedelai, garam, bawang merah, lengkuas, daun jeruk purut, ekstrak jeruk nipis, cabe kering, gula, penguat rasa, pengatur keasaman, air, udang kering

Jar

340 g, 675 g

Tidak disebutkan

Tom yam

40 kkal

Tidak diketahui

<1 g

Pasta

8

Maepranom

Tom Yum Paste

Maepranom Tom Yum Paste 1

Rp14.750

Menengah

Kuah asam, manis, dan segar yang sangat autentik

Serai, bawang, minyak kedelai, cabe kering, gula, daun jeruk purut, saus ikan, asam jawa, pengatur keasaman asam sitrus, lengkuas, dan udang kering

Saset dan jar

50 g, 114 g, 228 g

4 porsi

Tom yam

Tidak disebutkan

Tidak diketahui

Tidak disebutkan

Pasta

9

Unilever

Knorr Tom Yam Paste

Unilever Knorr Tom Yam Paste  1

Rp263.950

Lebih Mahal

Masak tom yam dalam porsi besar jadi lebih praktis!

Minyak nabati, garam, gula, cabe, penguat rasa, bawang putih bubuk, pengatur keasaman asam sitrat, daun jeruk, lemak nabati, daun sereh, bawang bubuk, maltodekstrin, konsentrat lemon, ekstrak ragi, perisa sintetik sereh, ketumbar ekstrak, pewarna beta-apo-8'-karotenalal CI 40820

Ember

1500 g

150 porsi

Tom yam

40 kkal

Tidak diketahui

1 g

Pasta

10

Kanokwan

Tom Yum Paste

Kanokwan Tom Yum Paste 1

Rp19.500

Menengah

Resep klasik Mr. Kanok dan Mrs. Kwan yang sudah bertahan puluhan tahun

Gula, garam, rempah-rempah, minyak nabati, sereh, pengatur keasaman

Saset

30 g

2-3 porsi

Tom yam

Tidak disebutkan

Tidak diketahui

Tidak disebutkan

Pasta

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Bamboe Tom Yum

Tom Yum 1
Sumber: ptbamboe.com
Harga referensi
Rp8.000
Menengah
Harga referensi
Rp8.000
Menengah

Aroma wangi segar yang mengundang selera

Bamboe adalah merek bumbu instan lokal yang memiliki kualitas ekspor. Konsistensi rasanya membuat Bamboe selalu jadi pilihan banyak orang, termasuk untuk bumbu instan tom yam. Bumbu ini terbuat dari rempah-rempah asli pilihan sehingga terasa seperti memasak dengan bumbu asli olahan tangan. 


Anda yang mengutamakan kualitas rempah untuk menjaga rasa masakan sepertinya akan menyukai bumbu tom yam saset ini. Saat bumbu tom yam ini dimasukkan dalam kuah, aromanya langsung semerbak. Siapa pun yang mencium wanginya pasti tidak sabar untuk segera melahapnya!

Komposisi utamaBawang merah, bawang putih, garam, minyak nabati, sari jeruk nipis, laos, ketumbar, kunir, sereh, merica, daun tumbar, ekstrak ragi, pengatur keasaman
KemasanSaset
Berat bersih60 g
Porsi penyajian3 porsi
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori35 kkal
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah protein1 g
Tipe bumbuPasta
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

AdabiPerencah Thai Tom Yam Paste

Harga referensi
Rp3.900
Agak Murah

Hidangkan tom yam pedas rumahan cita rasa restoran

Sekarang Anda tidak perlu repot-repot pergi ke restoran untuk menikmati tom yam. Berbekal bumbu ini, Anda bisa membuat semangkuk tom yam rumahan dengan cita rasa restoran.


Produk buatan Malaysia ini memberi rasa autentik yang enak dan sering dijadikan pilihan oleh pencinta tom yam. Terlebih, warna kuahnya lebih merah dengan rasa lebih pedas sehingga cocok untuk Anda pencinta masakan spicy. Istimewanya lagi, Anda juga bisa membuat nasi goreng rasa tom yam dengan bumbu tom yam pedas instan ini.

Komposisi utamaCabe, bawang merah, daun serai, asam jawa, daun jeruk, penguat rasa, pengatur keasaman, gula, garam
KemasanSaset, jar
Berat bersih40 g, 200 g
Porsi penyajian2 porsi, 10 porsi
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori35 kkal
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah protein2 g
Tipe bumbuPasta
View all
No.3

Koki JempolBumbu Tomyam

Harga referensi
Rp3.150
Lebih Murah

Diracik dengan bahan alami tanpa pengawet buatan

Bumbu instan biasanya mengandung pengawet buatan supaya bisa tahan lama. Namun, produk yang satu ini diracik tanpa bahan pengawet buatan dan hanya menggunakan garam sebagai pengawet alami.


Semua bahan bakunya juga merupakan bahan-bahan alami yang dimasak jadi satu sehingga tetap awet. Daya tahannya bisa mencapai 2 bulan pada suhu ruang dan 8 bulan di lemari pendingin. Bagi Anda yang mengutamakan kesehatan keluarga, bumbu instan yang satu ini patut dipertimbangkan.

Komposisi utamaBawang putih, cabe, sereh, daun jeruk, asam jawa,minyak nabati, kecap ikan, gula, garam, penguat rasa
KemasanSaset
Berat bersih30 g, 75 g
Porsi penyajian2 porsi, 5 porsi
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak disebutkan
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak disebutkan
Tipe bumbuPasta
View all
No.4

Globo FoodsLobo Tom Yum Paste

Harga referensi
Rp12.000
Menengah

Produk asli Thailand yang cita rasanya sesuai dengan lidah Indonesia

Karena merupakan produk asli Thailand, Anda tak perlu meragukan cita rasa bumbu tom yam ini. Sekalipun rasanya autentik Thailand, tetapi taste-nya cocok dengan lidah orang Indonesia.


Jadi, tak heran jika bumbu ini jadi salah satu favorit untuk membuat tom yam sendiri di rumah. Bagaimana dengan keamanannya? Anda tak perlu khawatir karena bumbu jadi tom yam ini sudah tersertifikasi halal oleh The Central Islamic Committee of Thailand (CICOT).

Komposisi utamaGaram, gula, minyak kelapa sawit, serai, penguat rasa, pengatur keasaman, cabe bubuk, pasta awam jawa, bawang erah, bawang putih, lengkuas, sari buah jeruk nipis
KemasanSaset
Berat bersih30 g
Porsi penyajian2 porsi
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak disebutkan
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak disebutkan
Tipe bumbuPasta
View all
No.5

Thai BoyTom Yum Soup Paste

Harga referensi
Rp25.000
Agak Mahal

Gluten free, aman untuk Anda yang alergi gluten

Bagi Anda yang memiliki alergi gluten, Anda harus lebih berhati-hati saat memilih bahan masakan, termasuk bumbu tom yam instan. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada merek Thai Boy yang diklaim bebas gluten. 


Bumbu ini tersedia dalam berbagai jenis ukuran, mulai dari ukuran personal keluarga hingga untuk memasak porsi besar. Berkat bumbu dari Thai Boy, memasak masakan sehat dan enak untuk orang-orang tersayang jadi lebih mudah!

Komposisi utamaMinyak, bawang putih, bawang merah, cabai, gula, garam, serai, lengkuas, pengatur keasaman, penguat rasa
KemasanJar
Berat bersih230 g, 500 g, 825 g
Porsi penyajianTidak disebutkan
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori50 kkal
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah protein0,4 g
Tipe bumbuPasta
View all
No.6

Sekar LautFinna Bumbu Tom Yum

Harga referensi
Rp5.500
Agak Murah

Cukup satu saset! Dapur tidak berantakan dan dapatkan kuah lebih banyak

Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat semangkuk tom yam sangat beragam. Dapur Anda pasti jadi berantakan jika harus mengolah bumbunya sendiri. Nah, bumbu instan ini akan sangat memudahkan Anda! Waktu yang dibutuhkan juga cukup singkat untuk menghasilkan rasa tom yam yang istimewa.


Berkat bumbu ini, tom yam rumahan sederhana pasti jadi menu yang dirindukan keluarga. Setiap sasetnya memang hanya berisi 50 gram, tetapi Anda dapat mengolahnya dengan 1.000 ml air. Jadi, Anda bisa membuat kuah lebih banyak, lalu menikmati setiap suapannya dengan kuah yang nikmat dan hangat. 

Komposisi utamaBawang bombay, bawang putih, cabai, serai, minyak nabati, bawang merah, laos, garam, gula, daun jeruk purut
KemasanSaset
Berat bersih50 g
Porsi penyajian4 porsi
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori25 kkal
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah protein0 g
Tipe bumbuPasta
View all
No.7

NR Instant ProduceMamata Thai Tom Yum

Harga referensi
Rp36.000
Agak Mahal

Terbuat dari rempah pilihan, hadirkan kesegaran tom yum yang bikin nagih!

Ingin makan tom yam dengan cita rasa autentik? Kalau begitu, Anda sebaiknya coba rekomendasi bumbu tom yam instan yang enak ini, deh! Produk asal Thailand ini dapat menghadirkan kesegaran semangkuk tom yam di meja makan Anda.


Terbuat dari rempah-rempah pilihan menjadikan bumbu instan ini memiliki cita rasa tinggi sehingga membuat Anda ketagihan untuk mengolahnya lagi. Dikemas dalam jar berukuran besar, Anda bisa memasak sesuai dengan porsi yang diinginkan. Namun, setelah dibuka, pastikan untuk disimpan dalam kulkas, ya!

Komposisi utamaSereh, minyak kedelai, garam, bawang merah, lengkuas, daun jeruk purut, ekstrak jeruk nipis, cabe kering, gula, penguat rasa, pengatur keasaman, air, udang kering
KemasanJar
Berat bersih340 g, 675 g
Porsi penyajianTidak disebutkan
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori40 kkal
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah protein<1 g
Tipe bumbuPasta
View all
No.8

MaepranomTom Yum Paste

Harga referensi
Rp14.750
Menengah

Kuah asam, manis, dan segar yang sangat autentik

Maepranom adalah merek bumbu masakan terkenal di Thailand dan sudah berdiri sejak 1959. Pengalaman selama puluhan tahun menjadikan bumbu-bumbu merek Maepranom memiliki cita rasa original dan autentik Thailand. Jadi, rasa dan kualitas bumbu tom yam ini tidak perlu diragukan. Rasa asam, manis, dan segar tom yam khas Thailand dapat Anda rasakan. Bumbu ini cocok untuk mengobati kerinduan Anda dengan Thailand!

Komposisi utamaSerai, bawang, minyak kedelai, cabe kering, gula, daun jeruk purut, saus ikan, asam jawa, pengatur keasaman asam sitrus, lengkuas, dan udang kering
KemasanSaset dan jar
Berat bersih 50 g, 114 g, 228 g
Porsi penyajian4 porsi
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak disebutkan
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak disebutkan
Tipe bumbuPasta
View all
No.9

UnileverKnorr Tom Yam Paste

Harga referensi
Rp263.950
Lebih Mahal

Masak tom yam dalam porsi besar jadi lebih praktis!

Menyajikan menu tom yam untuk acara keluarga besar bisa menjadi ide yang menarik. Agar lebih hemat dan praktis, Anda bisa mempertimbangkan bumbu instan kemasan besar seperti Knorr Tom Yam Paste ini.


Dibuat dari bahan-bahan terpilih, rasanya sudah pasti sedap. Hidangan Anda tentu akan menggugah selera siapa saja yang menyantapnya! Sebagai informasi tambahan, saat ini banyak penjual di marketplace yang menjualnya dalam kemasan repack ukuran kecil.

Komposisi utamaMinyak nabati, garam, gula, cabe, penguat rasa, bawang putih bubuk, pengatur keasaman asam sitrat, daun jeruk, lemak nabati, daun sereh, bawang bubuk, maltodekstrin, konsentrat lemon, ekstrak ragi, perisa sintetik sereh, ketumbar ekstrak, pewarna beta-apo-8'-karotenalal CI 40820
KemasanEmber
Berat bersih1500 g
Porsi penyajian150 porsi
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori40 kkal
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah protein1 g
Tipe bumbuPasta
View all
No.10

KanokwanTom Yum Paste

Harga referensi
Rp19.500
Menengah

Resep klasik Mr. Kanok dan Mrs. Kwan yang sudah bertahan puluhan tahun

Satu lagi referensi bumbu tom yam instan asli Thailand yang perlu dicoba, yakni Kanokwan. Bumbu ini merupakan resep legendaris dari Mr. Kanok dan Mrs. Kwan yang sudah teruji puluhan tahun. 


Dibandingkan bumbu instan Thailand lainnya, kuahnya memang tidak terlalu pekat. Namun, justru itulah letak kenikmatannya. Anda akan mendapatkan tom yam yang light, segar, asam, dan kaya rasa. Apabila ingin merasakan salah satu tom yam klasik Thailand, produk ini pilihan yang tepat.

Komposisi utamaGula, garam, rempah-rempah, minyak nabati, sereh, pengatur keasaman
KemasanSaset
Berat bersih30 g
Porsi penyajian2-3 porsi
Jenis masakanTom yam
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
KaloriTidak disebutkan
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak disebutkan
Tipe bumbuPasta
View all

Baca juga rekomendasi bumbu instan lainnya di sini

Supaya menu masakan lebih bervariasi, Anda tentu membutuhkan berbagai bumbu lain. Kami juga telah mengulas beberapa bumbu instan yang bisa Anda coba, seperti bumbu rawon, gulai, dan opor ayam. Buka tautan berikut ini dan temukan masakan favorit Anda.

Kesimpulan

Tom yam memang masakan khas Thailand. Namun, popularitasnya tersebar hingga ke seluruh dunia dan disukai oleh banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Berkat bumbu-bumbu yang kami bahas kali ini, Anda bisa menyajikan tom yam ala Thailand dengan rasa yang enak.


Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa membantu Anda mendapatkan bumbu tom yam instan terenak. Selamat memasak dan menikmati semangkuk tom yam buatan Anda!

5 Rekomendasi Bumbu Tomyam Instan terbaik

No. 1: Bamboe Tom Yum

No. 2: AdabiPerencah Thai Tom Yam Paste

No. 3: Koki JempolBumbu Tomyam

No. 4: Globo FoodsLobo Tom Yum Paste

No. 5: Thai BoyTom Yum Soup Paste

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Merek Bumbu Tomyam Instan yang Enak (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.