1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Program komputer
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda ingin membuat konten YouTube yang keren, tetapi tidak memiliki PC atau laptop untuk mengedit video? Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan HP. Cukup menginstal aplikasi untuk mengedit video di HP, Anda bisa membuat vlog atau video sinematik keren. 


Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih aplikasi editing video yang bagus untuk HP Android dan iPhone. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh aplikasi edit video terbaik di HP tanpa watermark, seperti YouCut dan Quik. Yuk, temukan aplikasi edit video yang mudah digunakan dan gratis dengan membaca artikel ini sampai tuntas.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keunggulan mengedit video menggunakan HP

Keunggulan mengedit video menggunakan HP

Untuk meningkatkan jumlah follower di media sosial, Anda harus mengunggah konten foto dan video yang bagus secara konsisten. Namun, tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk mengedit video melalui PC atau laptop. Selain membutuhkan waktu lebih lama, harga PC dan laptop untuk keperluan editing video sangatlah mahal. Untuk itu, gunakanlah HP saat ingin mengedit video agar biaya dan waktu yang dibutuhkan berkurang drastis


Cara mengedit video di handphone saat ini pun sangat mudah. Beberapa aplikasi edit video di HP Android dan iPhone sudah menyediakan template video. Cukup memasukkan beberapa video atau foto ke dalam template, video siap diekspor dan diunggah ke media sosial. 


Nah, mungkin Anda juga penasaran, aplikasi apa saja yang bagus digunakan untuk mengedit video YouTube di HP? Aplikasi apa yang digunakan youtuber saat mengedit video di HP sehingga terlihat bagus? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak tips memilih aplikasi edit video HP berikut ini, ya!

Cara memilih aplikasi edit video

Penggunaan aplikasi editing video pada HP tentu berbeda dengan aplikasi yang ada di PC dan laptop. Untuk itu, simak poin-poin cara memilih aplikasi edit video untuk HP berikut ini!

① Pilih berdasarkan sistem operasinya

Pilih berdasarkan sistem operasinya

Saat ini HP yang beredar di pasaran kebanyakan menggunakan sistem operasi Android dan iOS. Sistem operasi Android dibuat langsung oleh Google, sementara iOS dibuat oleh perusahaan Apple. Di samping itu, kedua sistem operasi ini memiliki format aplikasi yang berbeda. Meski demikian, terdapat aplikasi editing video yang dapat digunakan pada Android dan iOS sekaligus, seperti KineMaster dan FilmoraGo. 


Sebelum Anda menginstal aplikasi edit video, pastikan aplikasi tersebut mendukung sistem operasi pada HP Anda. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa ketersediaan RAM dan ROM pada HP mencukupi, ya!

② Kenali fitur yang ditawarkan

Untuk memudahkan Anda berkreasi, terdapat beberapa fitur yang mungkin Anda butuhkan saat membuat video dari HP. Meski tidak semua fitur akan digunakan, kehadiran fitur pada aplikasi editing video akan memudahkan Anda membuat konten yang keren.

Speed: membuat video timelapse atau slow motion

Speed: membuat video timelapse atau slow motion

Meski beberapa merek HP dapat melakukan perekaman mode timelapse dan slow motion, keberadaan fitur speed sangat Anda butuhkan. Sebagai contoh, saat Anda membuat timelapse tanpa bantuan aplikasi, hasil editing video yang dihasilkan belum tentu sesuai harapan. Dengan bantuan fitur speed, Anda dapat menurunkan atau menambah kecepatan video timelapse yang Anda rekam.

Transisi: perpindahan video makin ciamik

Transisi: perpindahan video makin ciamik

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat efek perpindahan antar scene video menjadi tidak terlihat monoton. Biasanya, terdapat beberapa mode transisi yang sering digunakan dalam pembuatan video, seperti blur, wipe, slide, atau lainnya. Anda pun dapat menerapkannya sesuai genre video yang dibuat. Supaya terlihat lebih cantik, sesuaikan transisi video dengan musik yang Anda gunakan.

Filter: mengganti tone warna pada video

Filter: mengganti tone warna pada video

Fitur ini umumnya berisi kumpulan tone warna film, seperti warm, dark, dan sebagainya. Untuk Anda yang tidak menyukai warna natural, fitur filter pada aplikasi edit video di HP tentu sangat dibutuhkan. Fitur ini dapat memberikan perubahan warna, baik pada setiap scene maupun keseluruhan video. Sebagai contoh, saat Anda ingin membuat efek flashback pada video maka gunakanlah efek black and white.

Add text to video: lebih mudah dalam memasukkan judul dan narasi

Add text to video: lebih mudah dalam memasukkan judul dan narasi

Fitur add text to video berfungsi untuk menambahkan teks, baik yang berbentuk standar maupun animasi ke dalam video. Fitur ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat narasi di dalam video. Beberapa aplikasi juga menyediakan template untuk memudahkan Anda menginput teks tanpa harus mengganti style dan jenis font.


Selain empat fitur di atas, terdapat fitur penunjang yang akan Anda butuhkan. Sebagai contoh, fitur effect untuk memberikan efek dalam video, seperti menambahkan cahaya matahari buatan atau salju. Ada juga aplikasi di HP yang dilengkapi fitur untuk menghapus background video, animasi yang berisi stiker, dan videographics.

③ Pertimbangkan membeli akses premium

Pertimbangkan membeli akses premium

Saat mencari aplikasi edit video lewat Google Play atau App Store, Anda akan menemukan aplikasi yang gratis dan berbayar. Lantas, apa yang membedakan aplikasi gratis dengan berbayar atau premium?


Aplikasi gratis biasanya hanya menyediakan fitur editing video standar, seperti transisi dan filter sederhana. Sebaliknya, aplikasi edit video HP premium menyediakan beragam fitur, baik untuk pengguna pemula maupun profesional.


Di samping itu, aplikasi edit video premium lebih nyaman digunakan karena bebas dari iklan dan watermark di dalamnya. Meski tidak memengaruhi hasil akhir video, adanya iklan tentu sangat mengganggu Anda saat mengedit video di HP. Beberapa aplikasi edit video yang gratis biasanya menyediakan akses premium di dalamnya.


Beberapa aplikasi editor video di HP juga mengunci beberapa fitur andalannya. Untuk dapat membukanya, Anda diharuskan membeli fitur tersebut. Sebagai contoh, saat Anda mengedit video melalui aplikasi KineMaster gratis, watermark akan muncul di bagian atasnya. Untuk menghilangkan watermark ini, Anda harus beralih ke akun premium.

10 Rekomendasi aplikasi edit video terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi edit video terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

InstaShot

InShot

InstaShot InShot 1枚目

Digunakan untuk mengedit foto pun bisa!

2

InShot

YouCut

InShot YouCut  1枚目

Aplikasi yang ringan, dijamin HP bebas lag

3

Wondershare Technology

FilmoraGo

Wondershare Technology FilmoraGo 1枚目

Aplikasi sederhana untuk tingkat pemula

4

Cyberlink Corp

PowerDirector

Cyberlink Corp PowerDirector 1枚目

Video jadi lebih smooth dan out of the box

5

Shanghai Enjoy Information Technology

VideoShow

Shanghai Enjoy Information Technology VideoShow 1枚目

Pilihan pas untuk youtuber vlog profesional

6

KineMaster Corporation

KineMaster

KineMaster Corporation KineMaster 1枚目

Dengan Chroma Key, latar green screen bisa hilang

7

GoPro

Quik

GoPro Quik 1枚目

Membuat videographics tanpa ribet

8

QuVideo

VivaVideo PRO

QuVideo VivaVideo PRO 1枚目

Ada banyak filter dan animasi yang menggemaskan

9

Adobe

Adobe Premiere Rush

Adobe Adobe Premiere Rush 1枚目

Fitur komplet untuk mengedit video secara profesional

10

Apple

iMovie

Apple iMovie 1枚目

Aplikasi andalan untuk pengguna iPhone

Perincian produk
Close
No.1

Digunakan untuk mengedit foto pun bisa!

InShot merupakan aplikasi yang bukan hanya digunakan untuk mengedit video saja. Anda yang ingin mengedit foto dengan gaya kolase pun bisa! Video dan foto yang selesai diedit lewat InShot dapat langsung dibagikan ke media sosial tanpa harus keluar dari aplikasi.


Aplikasi video editor di HP ini ideal untuk Anda yang menginginkan aplikasi edit video dan kolase foto sekaligus. Di samping itu, aplikasi ini juga cukup mudah digunakan untuk pemula. Anda juga bisa mempercantik video dengan menambahkan teks, efek, dan sticker yang tersedia secara gratis. 

No.2

Aplikasi yang ringan, dijamin HP bebas lag

YouCut merupakan aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas memori terlalu besar, yaitu 48 MB saja. Penggunaannya pun mudah karena pengaturan menunya yang simpel. Mengedit video berdurasi panjang dan besar pun tidak membuat HP mengalami lag


Jika Anda membutuhkan aplikasi editing video yang ringan dan mudah digunakan, pilihlah YouCut. Anda juga tak perlu repot mencari musik secara online karena sudah tersedia banyak pilihan ambient music gratis. Hebatnya lagi, saat Anda mengekspor video, ukuran file-nya juga tidak membuat memori Anda cepat habis. 

No.3

Aplikasi sederhana untuk tingkat pemula

FilmoraGo merupakan aplikasi edit video di HP tanpa watermark. Namun, pada bagian akhir video yang telah diekspor akan muncul bumper video penutup yang bertuliskan FilmoraGo. Meski video dapat dipotong di HP melalui aplikasi terpisah, akan lebih nyaman jika Anda membeli akun premium. Untuk pengguna pemula, memilih aplikasi ini adalah solusi yang pas.  


Aplikasi ini layak dipertimbangkan karena menawarkan pengoperasian yang mudah. Anda pun tak perlu belajar pengeditan video sebelumnya karena tampilan dari aplikasi FilmoraGo untuk HP ini didesain sangat sederhana. Menariknya lagi, tersedia kumpulan template video dan animasi teks yang dapat Anda gunakan secara gratis. 

No.4

Video jadi lebih smooth dan out of the box

Jika smartphone Anda mendukung mode perekaman video 4K, gunakan aplikasi PowerDirector ini untuk mengeditnya. Bila hasil rekaman Anda goyang, aktifkanlah fitur penstabil gambar agar hasilnya terlihat lebih smooth. Gunakanlah efek double exposure untuk menggabungkan video dalam satu frame sekaligus. Berikan juga efek visual yang menakjubkan agar video Anda makin memukau.

No.5

Shanghai Enjoy Information TechnologyVideoShow

Pilihan pas untuk youtuber vlog profesional

Ingin menjadi vlogger terkenal dengan video yang dapat dimonetisasi? Pastikan semua konten yang Anda unggah di YouTube tidak melanggar hak cipta, ya! Jika Anda kesulitan menemukan aplikasi edit video vlog di HP yang bagus, pilihlah aplikasi VideoShow PRO.


Dari segi harga, aplikasi ini tentu sebanding dengan nilai monetisasi video yang akan Anda dapatkan. Jika Anda membeli akun PRO, Anda akan mendapatkan hak istimewa dari semua materi yang ada di aplikasi VideoShow.

No.6

Dengan Chroma Key, latar green screen bisa hilang

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah kemampuannya menghapus background video dengan fitur Chroma Key. Fitur tersebut juga membantu Anda melakukan penggantian latar green screen. Ini tentunya sangat ideal untuk Anda yang ingin menjadi youtuber gaming. Sayangnya, saat video diekspor, watermark KineMaster akan muncul. Untuk itu, Anda disarankan mulai berlangganan akun KineMaster premium.

No.7

Membuat videographics tanpa ribet

Jika Anda suka membuat konten dengan gaya videographics, aplikasi editing video dari GoPro ini layak dipertimbangkan. Aplikasi ini menyediakan cukup banyak pilihan template videographics yang keren. Cukup masukkan konten yang ingin diedit, aplikasi secara otomatis akan menambahkan transisi dan efek yang keren.


Hebatnya lagi, tersedia fitur yang dapat menyinkronkan transisi video sesuai dengan irama musik secara otomatis. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk merancang video slow-motion atau bahkan freeze frame. Tertarik untuk mencobanya? 

No.8

Ada banyak filter dan animasi yang menggemaskan

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan fungsi yang luar biasa. Jika Anda ingin membuat stories di Instagram agar terlihat lucu dan unik, aplikasi ini tentu dapat diandalkan. Dengan menginstal akun VivaVideo PRO, Anda dapat membuat video tanpa ada batasan durasi dan gangguan iklan. 


Untuk membuat video baru, aktifkan fitur capture dan arahkan kamera HP pada objek yang akan direkam. Jika sudah, aktifkan fitur FX dan tambahkan animasi, stiker, atau emoticon pada video. Dengan fitur FX, Anda akan menemukan lebih dari 200 efek spesial. 

No.9

Fitur komplet untuk mengedit video secara profesional

Mungkin Anda berpikir, APK apa yang bagus untuk mengedit video di YouTube? Adobe Premiere Rush adalah jawabannya. Bagi Anda yang sudah terbiasa mengedit video menggunakan Adobe Premier di PC, mengoperasikan aplikasi ini tidaklah sulit.


Tampilan Adobe Premiere Rush ini juga sudah disederhanakan sehingga cukup user-friendly saat digunakan di HP. Anda juga dapat membuat beberapa layer untuk menggabungkan banyak footage video dan audio sekaligus.

No.10

Aplikasi andalan untuk pengguna iPhone

Untuk Anda pengguna HP iPhone, menginstal aplikasi iMovie barangkali dapat menjadi solusi yang pas. Dibuat langsung oleh perusahaan Apple, kredibilitas aplikasi ini tentu tidak diragukan lagi. Aplikasi ini menyediakan delapan pilihan tema video unik yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik konten di Instagram dan TikTok.


Selain menyediakan template dan tema unik, aplikasi ini juga menawarkan lebih dari 80 soundtrack gratis. Dengan begitu, menemukan soundtrack yang sesuai dengan mood video pun terasa lebih mudah. Hebatnya lagi, Anda bisa mengedit dan mengekspor video dengan resolusi 4K.

Baca juga rekomendasi perlengkapan membuat video lainnya di sini

Kesimpulan

Dengan bantuan aplikasi editor video di HP, Anda dapat membuat video yang bagus dan berkualitas. Setiap aplikasi editing video, baik untuk HP Android maupun iPhone, memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kira-kira, aplikasi apa yang akan Anda gunakan?


Kami telah mengulas sepuluh aplikasi terbaik untuk mengedit video di HP. Kami berharap Anda sudah menemukan aplikasi yang tepat. Supaya proses mengedit tidak terganggu iklan, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi premium.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer