• 10 Rekomendasi Film Superhero Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film Superhero Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film Superhero Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film Superhero Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film Superhero Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Film Superhero Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tahun 2010 ke atas bisa dibilang adalah era keemasan film superhero. Makin canggihnya teknologi perfilman membuat produksi film superhero jadi lebih sering dan banyak. Dalam setahun, Anda bisa menonton dua hingga tiga film superhero yang bagus dan keren. Zaman dahulu mungkin hanya ada satu film superhero per tahunnya.


Plot cerita utamanya hampir selalu tentang "kebaikan melawan kejahatan". Lalu, apa serunya menonton film superhero? Kami akan membahasnya dan memberikan rekomendasi film superhero terbaik dan terbaru untuk Anda. Film superhero dari Marvel, DC, dan superhero Indonesia juga kami rekomendasikan, lho!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat menonton film superhero

Manfaat menonton film superhero

Film superhero sering kali merupakan adaptasi dari komik atau kartun dan tentu ditambahkan dengan beberapa penyesuaian. Awalnya, komik superhero mungkin dipasarkan untuk anak-anak agar imajinasinya berkembang. Namun, ternyata film superhero juga cocok ditonton oleh orang dewasa. Lalu, apa saja keseruan menonton film superhero?


Selain dari unsur ceritanya yang menarik, film superhero terkadang sudah menjadi bagian perjalanan hidup dari penonton atau penggemarnya. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, kebanyakan punya satu atau dua tokoh superhero favorit.


Film superhero juga menyuguhkan teknik serta teknologi pembuatan film yang canggih, seperti CGI. Tak jarang, kecanggihan yang disuguhkan di dalam film juga diadaptasi ke dunia nyata, misalnya hologram dan AI (artificial intelligence).


Film superhero juga bisa menjadi sarana untuk melepas penat, reuni dengan teman-teman kecil, atau komunitas Anda. Jadi, jangan heran jika saat menonton di bioskop, Anda bertemu dengan penggemar fanatik film superhero!

Cara memilih film superhero

Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda sebelum memilih tontonan film superhero. Antara film superhero DC dan Marvel, mana yang akan Anda tonton? Apakah Anda mengetahui sekuel film superhero kesayangan Anda? Film superhero mana yang aman ditonton anak-anak di bawah umur? Simak penjelasan detailnya di bawah ini!

Pilih berdasarkan production house-nya

Film superhero memang tak bisa lepas dari nama besar Marvel dan DC. Keduanya menjadi seteru abadi sekaligus pionir di bidang film superhero. Namun, belakangan ini mulai berkembang production house di luar Marvel, DC, dan PH ternama lainnya yang mengambil tema superhero. Bahkan, production house Indonesia juga membuat film superhero, lho!

DC: Karakter superhero-nya lebih kuat dan tema lebih dark

DC sangat identik dengan tiga jagoan utamanya, yakni Batman, Superman, dan Wonder Woman. Banyak yang bilang karakter superhero DC lebih imajinatif sehingga sulit direlasikan dengan kehidupan nyata. Namun, bukankah superhero memang bersifat imajinatif? 


Tak hanya tokoh superhero, DC juga berhasil mengangkat karakter antagonisnya, seperti Joker, menjadi idola penonton. Tema film-film DC terkadang lebih dark atau menceritakan kepahitan hidup. Anda harus lebih bijak saat mengajak anak-anak menontonnya. 


Serunya, karakter superhero DC saat dijadikan film bisa dimainkan oleh berbagai aktor yang berbeda. Anda jadi tidak terpaku dengan satu sosok saja. Bahkan, Anda bisa membandingkan kepiawaian setiap aktor dalam memerankan karakter superhero tersebut, misalnya "Batman versi siapa yang lebih oke?"

Marvel: Karakter lebih relate dengan kehidupan nyata

Jika superhero DC kebanyakan sudah memiliki kekuatan super sejak lahir, tidak demikian dengan superhero Marvel. Kebanyakan superhero Marvel adalah manusia biasa yang mendapatkan kekuatannya dari teknologi canggih atau percobaan sains. Contohnya, Iron Man adalah seorang pebisnis, Spider-Man adalah pelajar biasa, dan Captain America yang merupakan tentara. 


Marvel bisa dibilang sangat ahli dalam mengambil empati penonton. Terlebih lagi, karakter superhero-nya diperankan oleh aktor yang sama. Marvel juga sering menambahkan unsur komedi dalam filmnya. Selain itu, perkembangan superhero Marvel lebih diceritakan secara runut dan berkesinambungan. Misalnya, pada film The Avengers ditampilkan berbagai superhero Marvel yang bekerja sama untuk melawan musuh.

Film superhero selain dari DC dan Marvel

Karena sudah identik dengan DC dan Marvel, production house lainnya yang mengangkat tema superhero seakan hanya jadi bayang-bayang. Namun, bukan berarti kualitas production house tersebut tidak bagus. 


Indonesia sendiri baru saja memproduksi seri pertama dari film-film superhero Bumilangit Studio, yakni Gundala. Aktor-aktor ternama Indonesia, seperti Abimana, Pevita Pearce, dan Rio Dewanto turut ambil bagian dalam proyek tersebut. 


Akankah superhero Indonesia bisa menjadi kuda hitam di kalangan film superhero internasional? Mari tunggu kelanjutannya! 

Perhatikan durasi atau sekuel filmnya

Film superhero biasanya terdiri dari beberapa sekuel, misalnya Iron Man 1 hingga 3. Untuk Anda yang baru pertama kali menonton film superhero, usahakan untuk menonton dari film pertamanya. Sekuel awal sering kali lebih bertema memperkenalkan sang superhero kepada penonton. Alur ceritanya kebanyakan tentang latar belakang tokoh atau awal mula mendapat kekuatan super.


Jika Anda langsung menonton sekuel ketiga tanpa mengikuti film-film sebelumnya, dikhawatirkan Anda tidak mengerti ceritanya. Belum lagi akan ada banyak detail-detail yang Anda lewatkan karenanya. Selain itu, durasi penayangan film superhero terbilang cukup lama, kira-kira berkisar antara 1,5 jam hingga 2,5 jam. Sayang sekali jika Anda membuang waktu karena tidak menikmati filmnya.

Pilih berdasarkan rating usia penonton

Pilih berdasarkan rating usia penonton

Kebanyakan superhero disukai oleh anak-anak. Imajinasi yang masih liar sekaligus polos membuat anak-anak sering meniru atau melakukan role play menjadi superhero favoritnya. Mulai dari karakter superhero yang keren hingga sifat tokoh yang mampu menumpas kejahatan, hal tersebut bisa menjadi panutan anak-anak. Namun, bukan berarti semua film superhero aman ditonton anak-anak, lho.


Beberapa film superhero menampilkan adegan atau dialog yang kurang pantas dikonsumsi oleh anak-anak. Oleh karena itu, pilihlah film yang sesuai dengan usianya, ya. Jika Anda ingin mengajaknya menonton film superhero dewasa, sebaiknya Anda mendampinginya. Ingat, film tidak selalu diharuskan untuk memberikan tayangan yang mendidik, lho. Penonton harus lebih bijak memilah-milah isi filmnya.

10 Rekomendasi film superhero terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film superhero terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

Redpeter FilmPsychokinesis (Yeom-lyeok)

SutradaraYeon Sang-ho
Aktor dan aktrisRyu Seung-ryong, Shim Eun-kyung, Park Jeong-min
Durasi1 jam 41 menit
Kategori usiaTidak ada keterangan
Rating di IMDb5,9 dari 10
9

Screenplay Films, Bumilangit, Legacy Pictures, Ideosource EntertainmentGundala

SutradaraJoko Anwar
Aktor dan aktrisAbimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, Muzakki Ramdhan, Rio Dewanto, Lukman Sardi, Ario Bayu, Tanta Ginting, Hannah Al Rashid, Morgan Oey
Durasi1 jam 59 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb6,2 dari 10
8
SutradaraAnna Boden & Ryan Fleck
Aktor dan aktrisBrie Larson, Samuel L. Jackson, Ben Mendelsohn, Djimon Hounsou, Lee Pace, Gemma Chan
Durasi2 jam 4 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb6,8 dari 10
7

DC, Warner Bros, Cruel and Unusual Films, Mad Ghost ProductionsAquaman

SutradaraJames Wan
Aktor dan aktrisJason Momoa, Amber Heard, Willem Dafoe
Durasi2 jam 23 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb6,9 dari 10
6

DC, Warner Bros, Legendary, SyncopyMan of Steel

SutradaraZack Snyder
Aktor dan aktrisHenry Cavill, Amy Adams, Michael Shannon
Durasi2 jam 22 menit
Kategori usia 13+
Rating di IMDb7,0 dari 10
5
SutradaraShane Black
Aktor dan aktrisRobert Downey, Jr., Gwyneth Paltrow, Don Cheadle, Guy Pearce, Rebecca Hall, Stephanie Szostak, James Badge Dale, Jon Favreau, Ben Kingsley
Durasi2 jam 10 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb7,1 dari 10
4
SutradaraTaika Waititi
Aktor dan aktrisChris Hemsworth, Tom Hiddleston, Cate Blanchett, Idris Elba, Jeff Goldblum, Tessa Thompson, Karl Urban, Mark Ruffalo, Anthony Hopkins
Durasi2 jam 10 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb7,9 dari 10
3
SutradaraBrad Bird
Aktor dan aktrisCraig T. Nelson (Mr. Incredible), Holly Hunter (Elastigirl), Sarah Vowell (Violet Parr), Spencer Fox (Dash), Samuel L. Jackson (Frozone)
Durasi1 jam 55 menit
Kategori usiaSemua umur
Rating di IMDb8,0 dari 10
2

20th Century Fox & MarvelDeadpool

SutradaraTim Miller
Aktor dan aktrisRyan Reynolds, Morena Baccarin, Ed Skrein, T. J. Miller, Gina Carano Brianna Hildebrand
Durasi1 jam 42 menit
Kategori usia20+
Rating di IMDb8,0 dari 10
1
SutradaraAnthony & Joe Russo
Aktor dan aktrisRobert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Don Cheadle, Paul Rudd, Brie Larson
Durasi2 jam 54 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb8,4 dari 10

Tabel perbandingan film superhero terbaik

Gambar produk
1
Marvel Avengers: Endgame 1

Marvel

2
20th Century Fox & Marvel Deadpool 1

20th Century Fox & Marvel

3
Disney & Pixar The Incredibles 1

Disney & Pixar

4
Marvel  Thor: Ragnarok 1

Marvel

5
Marvel Iron Man 3 1

Marvel

6
DC, Warner Bros, Legendary, Syncopy Man of Steel 1

DC, Warner Bros, Legendary, Syncopy

7
DC, Warner Bros, Cruel and Unusual Films, Mad Ghost Productions Aquaman 1

DC, Warner Bros, Cruel and Unusual Films, Mad Ghost Productions

8
Marvel  Captain Marvel 1

Marvel

9
Screenplay Films, Bumilangit, Legacy Pictures, Ideosource Entertainment Gundala 1

Screenplay Films, Bumilangit, Legacy Pictures, Ideosource Entertainment

10
Redpeter Film Psychokinesis (Yeom-lyeok) 1

Redpeter Film

Nama produk

Avengers: Endgame

Deadpool

The Incredibles

Thor: Ragnarok

Iron Man 3

Man of Steel

Aquaman

Captain Marvel

Gundala

Psychokinesis (Yeom-lyeok)

Keunggulan

Bisa menjadi 3 jam terbaik dalam hidup Anda!

Superhero rasa film komedi!

Nostalgia bersama film animasi superhero terbaik pada masanya

Serunya kisah Thor menyelamatkan penduduk Asgard dari Ragnarok

Kisah Iron Man mengalahkan Mandari dan dirinya sendiri

Superhero ikonik dengan lambang S di dadanya

Perebutan takhta bawah laut antara Aquaman dan Orm!

Brie Larson sukses jadi idola baru superhero Marvel

Film superhero modern pertama Indonesia!

Salah satu film superhero terbaik dari Korea Selatan!

SutradaraAnthony & Joe RussoTim MillerBrad BirdTaika WaititiShane BlackZack SnyderJames WanAnna Boden & Ryan FleckJoko AnwarYeon Sang-ho
Aktor dan aktrisRobert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Don Cheadle, Paul Rudd, Brie LarsonRyan Reynolds, Morena Baccarin, Ed Skrein, T. J. Miller, Gina Carano Brianna HildebrandCraig T. Nelson (Mr. Incredible), Holly Hunter (Elastigirl), Sarah Vowell (Violet Parr), Spencer Fox (Dash), Samuel L. Jackson (Frozone)Chris Hemsworth, Tom Hiddleston, Cate Blanchett, Idris Elba, Jeff Goldblum, Tessa Thompson, Karl Urban, Mark Ruffalo, Anthony HopkinsRobert Downey, Jr., Gwyneth Paltrow, Don Cheadle, Guy Pearce, Rebecca Hall, Stephanie Szostak, James Badge Dale, Jon Favreau, Ben KingsleyHenry Cavill, Amy Adams, Michael ShannonJason Momoa, Amber Heard, Willem DafoeBrie Larson, Samuel L. Jackson, Ben Mendelsohn, Djimon Hounsou, Lee Pace, Gemma ChanAbimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, Muzakki Ramdhan, Rio Dewanto, Lukman Sardi, Ario Bayu, Tanta Ginting, Hannah Al Rashid, Morgan OeyRyu Seung-ryong, Shim Eun-kyung, Park Jeong-min
Durasi2 jam 54 menit1 jam 42 menit1 jam 55 menit2 jam 10 menit2 jam 10 menit2 jam 22 menit2 jam 23 menit2 jam 4 menit1 jam 59 menit1 jam 41 menit
Kategori usia13+20+Semua umur13+13+13+13+13+13+Tidak ada keterangan
Rating di IMDb8,4 dari 108,0 dari 108,0 dari 107,9 dari 107,1 dari 107,0 dari 106,9 dari 106,8 dari 106,2 dari 105,9 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Tak hanya film superhero, kami sudah pernah merekomendasikan beberapa genre film lainnya. Anda penggemar Ghibli, film komedi, horor, atau action? Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan referensi filmnya.

Kesimpulan

Sudah menemukan film superhero yang akan Anda tonton? Menonton film superhero bersama keluarga, pacar, atau teman akan menjadi aktivitas yang sangat seru! Terlebih lagi jika Anda mengikuti sekuel filmnya dari awal, pasti Anda akan lebih memahami ceritanya. 


Jika mengajak adik atau anak Anda yang masih di bawah umur, jangan lupa pilih film dengan rating usia yang aman untuk mereka, ya. Siapkan popcorn, minuman dingin, dan camilan lainnya sebelum menonton!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China (donghua) mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai genre mudah ditemukan di situs streaming Indonesia.Penasaran dengan anime China? Kami menyajikan tips memilih anime China terbaik untuk Anda. Temukan rekomendasi judul anime China yang seru, seperti Scissor Seven, Heaven Official's Blessing, Legend of Exorcism, dan sebagainya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, baca artikel ini sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ternyata ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Selain film Hollywood, Anda bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Beberapa judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton adalah Shutter Island, Orphan, dan Memoir of A Murderer. Untuk menemukan film psikopat yang bagus, baik film terbaru maupun yang legend, simak tips memilih dan rekomendasinya di sini!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga terbaik lainnya, simak artikel ini sampai habis. 
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang menyukai film animasi Jepang, atau biasa disebut anime, pasti mengenal Studio Ghibli. Ya, studio ini terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Beberapa anime Studio Ghibli bahkan sudah terkenal hingga tingkat internasional.Anime Ghibli terbaru masih terus bermunculan hingga saat ini. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi anime Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill, akan kami bahas pada artikel ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki King of Bollywood, Shahrukh Khan memang layak menjadi ikon industri perfilman India. Kemampuan aktingnya tak diragukan lagi. Sederet judul film dari berbagai genre mencantumkan namanya sebagai pemeran utama. Sebut saja Kabhi Khushi Kabhi Gham, Don, Kal Ho Naa Ho, dan masih banyak lagi.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih film Shahrukh Khan yang bagus. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi film Shahrukh Khan terbaik dari beragam genre. Film-film pilihan tersebut dapat Anda tonton melalui streaming legal Netflix. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Aamir Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Aamir Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sosok Aamir Khan di perfilman India melahirkan karya-karya yang tidak hanya menghibur, tetapi juga inspiratif. Ia dikenal sebagai Mr. Perfectionist karena perhatiannya pada kualitas karya sangatlah tinggi. Pada film Dangal yang bercerita tentang gulat, ia bahkan sengaja menambah berat badan sebesar 27 kg untuk mendalami perannya.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi mengenai film-filmnya yang bagus. Judul-judul film India seperti PK dan Taare Zameen Par juga masuk ke rekomendasi kami, lho! Untuk memudahkan Anda menentukan film Aamir Khan terbaik, kami akan menjelaskan cara memilihnya di bawah ini. Selamat membaca!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik yang Diangkat dari Novel (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Terbaik yang Diangkat dari Novel (Terbaru Tahun 2022)
    Cerita-cerita yang disajikan dalam novel sering diadaptasi menjadi film. Baik di Indonesia maupun luar negeri, adaptasi seperti ini diharapkan dapat menarik minat lebih banyak penonton. Misalnya, film adaptasi dari novel J. K. Rowling atau Agatha Christie. Di Indonesia, Asma Nadia termasuk salah satu di antara banyak penulis yang karyanya diangkat menjadi film.Agar Anda mudah memilih film terbaik yang diangkat dari novel, kami akan memberikan tips memilihnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi film yang bagus, seperti The Shawshank Redemption, The White Tiger, dan masih banyak lagi. Selamat membaca!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori