mybest
Kesehatan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Program & aplikasi
  3. Aplikasi
  4. 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik [Ditinjau oleh Dokter OBGYN]
  • 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter OBGYN] 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter OBGYN] 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter OBGYN] 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter OBGYN] 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter OBGYN] 5

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik [Ditinjau oleh Dokter OBGYN]

Kemajuan teknologi memudahkan para ibu hamil untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan. Bahkan, sekarang ini banyak tersedia aplikasi untuk ibu hamil yang bagus, seperti Pregnancy+, Ovia Pregnancy Tracker, dan Hallobumil. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda download melalui Google Play dan App Store.


Pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar aplikasi untuk ibu hamil. Berbagai tips memilih aplikasi hingga review rekomendasi aplikasi untuk ibu hamil akan kami sajikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 25/10/2023
dr. Andri Welly
Pakar
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan. dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Profil dr. Andri Welly
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih aplikasi untuk ibu hamil

Sebelum mengunduh aplikasi untuk ibu hamil, sekiranya ada tiga cara memilih yang bisa Anda perhatikan. Hal ini akan membantu Anda mengerucutkan pilihan dalam memilih aplikasi yang cocok untuk Anda.

1

Carilah fitur aplikasi yang sesuai kebutuhan Anda

Pertama, perhatikan fitur yang tersedia pada aplikasi pilihan saat memilih aplikasi untuk ibu hamil. Berikut ini adalah fitur-fitur yang umumnya terdapat pada aplikasi untuk ibu hamil.

Perkembangan janin, menggambarkan tumbuh kembang janin dari waktu ke waktu

Perkembangan janin, menggambarkan tumbuh kembang janin dari waktu ke waktu

Ini adalah salah satu fitur yang paling digemari pada aplikasi pregnancy, yakni fitur yang menggambarkan perkembangan janin. Fitur ini memiliki beragam tampilan tergantung aplikasinya, antara lain:

  • Perkembangan janin digambarkan dengan perumpamaan ukuran buah
  • Perkembangan janin digambarkan dengan gambar janin 2D atau 3D

Penggambaran yang ditawarkan tiap-tiap aplikasi ini bisa Anda pilih sesuai preferensi visual yang Anda sukai. Poin pentingnya adalah Anda bisa mengetahui tumbuh kembang janin. Apakah terdapat kesesuaian antara perhitungan usia kehamilan, taksiran berat badan janin, hingga detak jantung janin per menitnya.

Kontrol kehamilan, mencatat perkembangan kehamilan dari sisi ibu

Kontrol kehamilan, mencatat perkembangan kehamilan dari sisi ibu

Jika fitur sebelumnya menggambarkan perkembangan janin, fitur yang satu ini menggambarkan perkembangan kehamilan dari sisi ibu. Fitur kontrol kehamilan ini memantau berat badan si ibu pada tiap minggu kehamilan. Fitur ini membantu agar berat badan ibu berada dalam range yang ideal, tidak terlalu kecil atau berlebih.


Fitur-fitur pada aplikasi panduan ibu hamil biasanya dibarengi berbagai tips. Sebagai contoh, tips yang harus dilakukan bila berat badan ibu melebihi range yang seharusnya. Di sisi lain, beberapa aplikasi juga membantu merekam foto kehamilan ibu dari minggu ke minggu.

Rekomendasi artikel, sumber acuan sebagai bahan informasi

Rekomendasi artikel, sumber acuan sebagai bahan informasi

Aplikasi untuk ibu hamil juga biasanya menyajikan banyak rekomendasi artikel seputar kehamilan. Hal itu mencakup do and don't, resep menu sehat, sampai olahraga yang sebaiknya dilakukan bumil.


Artikel-artikel yang disajikan di aplikasi juga tentunya artikel berkualitas yang bisa dipercaya kebenarannya. Lain halnya dengan artikel dari internet yang harus Anda seleksi dahulu karena tidak semua isinya dapat dipertanggungjawabkan. Namun, karena setiap kehamilan dapat berbeda, ada baiknya Anda mengonsultasikannya dengan dokter spesialis kandungan (OBGYN) Anda.

Komunitas, para ibu hamil bisa saling berbagi cerita

Komunitas, para ibu hamil bisa saling berbagi cerita

Komunitas adalah fitur yang disediakan aplikasi agar para ibu hamil bisa saling berbagi cerita dan berdiskusi. Namun, perlu diperhatikan, setiap tips dan informasi yang didapat dari komunitas harus divalidasi lagi kebenarannya.


Jangan semua informasi yang ada di forum komunitas Anda telan begitu saja. Beberapa aplikasi tertentu, contohnya Teman Bumil, menyediakan fitur tanya dokter. Tentunya dokter yang nantinya akan menjawab sudah ahli dalam bidangnya.

Fitur tambahan, hal penting lainnya di luar masa kehamilan

Fitur tambahan, hal penting lainnya di luar masa kehamilan

Aplikasi untuk ibu hamil biasanya tidak hanya terbatas pada tracking selama masa kehamilan saja. Banyak aplikasi yang juga menyajikan fitur-fitur tambahan terkait pasca kehamilan, seperti

  • pencatatan menyusui,
  • MPASI,
  • postpartum depression, dan
  • pencatatan tumbuh kembang anak.

Nah, bagi Anda yang mencari kepraktisan, aplikasi dengan fitur tambahan ini layak dimiliki. Jadi, pencatatan Anda dari masa kehamilan bisa terus dilanjutkan hingga masa menyusui dan seterusnya. Tips-tips merawat bayi sesuai tahapan usianya juga biasanya banyak diberikan. Hal ini akan berguna sekali bagi para ibu baru.

2

Sesuaikan desain aplikasi dengan preferensi Anda

Sesuaikan desain aplikasi dengan preferensi Anda

Setiap aplikasi memiliki desain yang berbeda, mulai dari user interface, penyajian informasi, hingga format pengisian datanya. Hal-hal ini tentunya perlu Anda pertimbangkan mengingat Anda akan menggunakan aplikasi tersebut untuk waktu yang lama.


Carilah desain aplikasi yang user-friendly dan cocok dengan preferensi Anda. Dengan demikian, Anda akan senang menggunakannya. Tracking masa kehamilan Anda bisa dilakukan dengan baik dan benar. Jika suatu saat tracking tersebut diperlukan untuk kondisi tertentu, Anda bisa memberikannya pada dokter dengan data yang lengkap.

3

Perhatikan asal penyedia aplikasi

Perhatikan asal penyedia aplikasi

Asal penyedia aplikasi akan memengaruhi isi konten dari aplikasi tersebut. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan asal penyedia aplikasinya. Antara developer aplikasi lokal atau luar negeri, manakah yang akan Anda pilih? Silakan simak pertimbangannya di bawah ini.


Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda menggunakan aplikasi ibu hamil bahasa Indonesia, antara lain:

  • Rujukan konsultasinya dilakukan oleh dokter-dokter dalam negeri
  • Lebih relevan karena isi artikel dan konten-kontennya dibuat sesuai dengan kondisi serta budaya orang Indonesia

Di sisi lain, tak ada salahnya menggunakan aplikasi dalam bahasa Inggris buatan developer luar negeri. Namun, biasanya pembahasannya lebih mengarah pada budaya dan kondisi kehamilan para bumil di negara-negara Barat.


Selain itu, tolak ukur yang digunakan pada ibu, janin, serta bayi di negara barat tentunya berbeda dengan negara kita. Hal tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan ras dan genetik. Jika Anda tidak masalah dengan itu, silakan menggunakan aplikasi untuk ibu hamil bahasa Inggris.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 25 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
Perincian
Rekomendasi penggunaan
Fitur
Rating di Google Play
Rating di App Store
Pembayaran
Fitur premium (berbayar)
1

Global Urban Esensial

Teman Bumil

Global Urban Esensial Teman Bumil 1

Lebih interaktif, informasi disajikan dalam bentuk video

Tips hadir dalam bentuk video

4,9 dari 5

5,0 dari 5

Free

2

Ovia Health

Ovia Pregnancy Tracker

Ovia Health Ovia Pregnancy Tracker 1

Tidak hanya memantau tumbuh kembang janin, tetapi juga kesehatan ibu

Artikel yang melimpah sebagai bahan referensi

4,7 dari 5

4,9 dari 5

Free

3

Philips Digital UK Limited

Pregnancy+

Philips Digital UK Limited Pregnancy+ 1

Aplikasi USG ibu hamil, temukan gambaran janin dengan lebih nyata setiap hari

Tampilan 2D dan 3D untuk melihat perkembangan janin

4,7 dari 5

4,8 dari 5

Free

4

KlikDokter

HalloBumil

KlikDokter HalloBumil 1

Aplikasi lengkap yang menemani dari masa persiapan kehamilan hingga pascakelahiran yang akurat

Chat dengan dokter, tracker menyusui, tracker tumbuh kembang anak

4,3 dari 5

4,3 dari 5

Free

5

Asa Bestari Citta

Diary Bunda

Asa Bestari Citta Diary Bunda 1

Pantau kesehatan ibu dan anak, mudah serta tepercaya!

Diary, konsultasi online

4,7 dari 5

4,5 dari 5

Free

6

Trans Digital Media

HaiBunda

Trans Digital Media HaiBunda 1

Aplikasi informatif untuk mempersiapkan Anda menjadi orang tua

Tracking kehamilan

4,4 dari 5

5,0 dari 5

Free

7

Fitric

Pregnancy Workouts

Fitric Pregnancy Workouts 1

Dapatkan latihan yang dirancang khusus untuk setiap tahap kehamilan Anda

Latihan Yoga, Pilates, Kegel

Belum ada

Belum ada

Free

8

Flo Health

Flo Period & Pregnancy Tracker

Flo Health Flo Period & Pregnancy Tracker 1

Panduan kehamilan harian yang memberi kepercayaan dan pengetahuan

Prediksi ovulasi, panduan kehamilan, pemantauan kehamilan

4,6 dari 5

4,8 dari 5

Free

9

BabyCenter

Pregnancy Tracker

BabyCenter Pregnancy Tracker 1

Buat video time-lapse baby bump Anda dengan mudah

Membuat video time-lapse baby bump

4,9 dari 5

4,9 dari 5

Free

10

theAsianparent

theAsianparent

theAsianparent theAsianparent 1

Aktif gunakan aplikasi panduan ibu hamil ini dan dapatkan hadiahnya

Resep dan menu untuk bumil dan busui, poin yang bisa ditukar hadiah

4,8 dari 5

4,9 dari 5

Free

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Global Urban EsensialTeman Bumil

Teman Bumil 1
Sumber: temanbumil.com

Lebih interaktif, informasi disajikan dalam bentuk video

Sesuai namanya, aplikasi Teman Bumil hadir untuk menjadi teman bagi para ibu menjalani masa kehamilan. Menariknya, informasi di dalam aplikasi ini tidak hanya disajikan dalam bentuk artikel, tetapi juga video. 


Hal tersebut dapat membantu memberi gambaran yang lebih jelas mengenai informasi seputar tumbuh kembang janin dan buah hati. Anda bahkan bisa mendengarkan suaranya saja sembari mengerjakan hal lain.

Rekomendasi penggunaan
FiturTips hadir dalam bentuk video
Rating di Google Play4,9 dari 5
Rating di App Store5,0 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Ovia HealthOvia Pregnancy Tracker

Tidak hanya memantau tumbuh kembang janin, tetapi juga kesehatan ibu

Aplikasi untuk ibu hamil yang satu ini tidak hanya memastikan tumbuh kembang janin, tetapi juga memantau kesehatan sang ibu. Data kesehatan ibu, seperti berat badan, mood, jam tidur, gejala-gejala, dan vitamin yang dikonsumsi bisa Anda catat.


Bahkan, informasi mengenai kebutuhan nutrisi bumil pada setiap tumbuh kembang janin juga ada dalam aplikasi ini. Semua informasi ini sangat berguna untuk memastikan kesehatan sang ibu selama masa kehamilan. Ibu yang sehat adalah langkah pertama untuk memastikan janin yang sehat.

Rekomendasi penggunaan
FiturArtikel yang melimpah sebagai bahan referensi
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all
No.3

Philips Digital UK LimitedPregnancy+

Aplikasi USG ibu hamil, temukan gambaran janin dengan lebih nyata setiap hari

Apabila Anda mencari aplikasi USG ibu hamil, jangan lewatkan aplikasi yang satu ini. Alasannya karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang berfungsi untuk mengetahui perkembangan janin Anda. Jika tertarik, Anda bisa memilih model USG 2D atau animasi 3D. Tak hanya itu, aplikasi USG ini pun dilengkapi sound effect detak jantung janin.


Dengan demikian, Anda bisa merasakan kehadiran calon buah hati dengan lebih nyata. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur yang membuat perjalanan masa kehamilan Anda menjadi lebih baik. Jika penasaran, langsung pasang aplikasi ini pada smartphone Anda!

Rekomendasi penggunaan
FiturTampilan 2D dan 3D untuk melihat perkembangan janin
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all
No.4

KlikDokterHalloBumil

Aplikasi lengkap yang menemani dari masa persiapan kehamilan hingga pascakelahiran yang akurat

HalloBumil kami rekomendasikan tidak hanya untuk ibu hamil, tetapi juga bagi Anda yang tengah melakukan program hamil. Dalam masa program hamil, Anda bisa memanfaatkan kalender kesuburan pada aplikasi ini. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi yang akurat tentang masa subur.


Selanjutnya, saat hamil, Anda bisa menggunakan fitur lengkapnya terkait masa kehamilan. Fitur tersebut meliputi perkembangan janin, kontrol kehamilan, dan artikel-artikel yang telah disusun oleh tim ahli tepercaya. Bahkan, aplikasi ini akan menemani Anda setelah melahirkan. Fitur-fitur untuk masa setelah melahirkan, seperti tracker menyusui dan tracker tumbuh kembang anak juga ada dalam aplikasi ini.

Rekomendasi penggunaan
FiturChat dengan dokter, tracker menyusui, tracker tumbuh kembang anak
Rating di Google Play4,3 dari 5
Rating di App Store4,3 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all

Pantau kesehatan ibu dan anak, mudah serta tepercaya!

Aplikasi Diary Bunda hadir secara spesifik untuk memantau kesehatan ibu dan anak, khususnya selama kehamilan. Para ibu akan sering merasa cemas selama kehamilan terkait kesehatan bayinya sehingga berusaha sesering mungkin mengunjungi dokter. 


Kini, hal itu dipermudah dengan hadirnya Diary Bunda. Anda bisa melakukan konsultasi secara online dengan dokter kandungan tepercaya. Anda juga bisa terus memantau kehamilan dengan mencatat perkembangan di fitur diary yang sudah disediakan.

Rekomendasi penggunaan
FiturDiary, konsultasi online
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,5 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all

Aplikasi informatif untuk mempersiapkan Anda menjadi orang tua

Aplikasi HaiBunda ini merupakan aplikasi keluaran Trans Digital Media, developer yang juga membuat aplikasi detik.com. HaiBunda sendiri juga awalnya merupakan website yang berisikan tentang informasi parenting. Namun, HaiBunda kini hadir dalam bentuk aplikasi dan sudah dilengkapi beberapa fitur untuk melakukan tracking kehamilan.


Anda bisa mendapatkan berbagai informasi, mulai dari masa kehamilan, menyusui, hingga ilmu parenting sesuai tahapan usia anak. Dengan aplikasi ini, Anda sudah selangkah lebih siap dalam menjadi orang tua.

Rekomendasi penggunaan
FiturTracking kehamilan
Rating di Google Play4,4 dari 5
Rating di App Store5,0 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all

Dapatkan latihan yang dirancang khusus untuk setiap tahap kehamilan Anda

Aplikasi Pregnancy Workouts adalah teman ideal bagi setiap ibu hamil yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Berbagai latihan dalam aplikasi ini dirancang khusus untuk trimester kehamilan yang berbeda. Aplikasi ini dapat membantu ibu hamil menjaga kekuatan tubuh dan persiapan melahirkan. 


Aplikasi ini direkomendasikan untuk ibu hamil di semua tahap kehamilan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya jika baru saja melahirkan dan ingin pulih dan kembali bugar. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan baru, ya.

Rekomendasi penggunaan
FiturLatihan Yoga, Pilates, Kegel
Rating di Google PlayBelum ada
Rating di App StoreBelum ada
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all

Panduan kehamilan harian yang memberi kepercayaan dan pengetahuan

Aplikasi Flo Period & Pregnancy Tracker adalah aplikasi bagi setiap wanita yang ingin mengambil kendali atas kesehatan reproduksinya. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, Flo membantu melacak siklus menstruasi, memberikan prediksi ovulasi, dan bahkan mengawasi gejala PMS. Lebih dari itu, aplikasi ini juga memberikan panduan kehamilan harian yang informatif dan mendetail bagi calon ibu. 


Aplikasi ini direkomendasikan untuk semua wanita, dari remaja hingga ibu hamil,. Flo memberikan pengetahuan dan kenyamanan yang tak ternilai dalam mengelola kesehatan reproduksi. Dengan Flo, Anda dapat merencanakan, memahami, dan merayakan setiap fase kehidupan wanita dengan percaya diri dan penuh kesadaran.

Rekomendasi penggunaan
FiturPrediksi ovulasi, panduan kehamilan, pemantauan kehamilan
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all

Buat video time-lapse baby bump Anda dengan mudah

Banyak aplikasi untuk merekam gambar atau membuat album baby bump dari minggu ke minggu. Namun, berbeda dari yang lain, aplikasi ini bisa membantu Anda membuat video time-lapse baby bump Anda.


Anda bisa mengabadikan momen-momen kehamilan dengan praktis dan unik untuk disimpan sebagai kenangan pribadi. Namun, Anda harus membayar untuk mengakses fitur premium, seperti kick counter, contractions, birth plan, dan hospital bag.

Rekomendasi penggunaan
FiturMembuat video time-lapse baby bump
Rating di Google Play4,9 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all

Aktif gunakan aplikasi panduan ibu hamil ini dan dapatkan hadiahnya

Aplikasi ini berawal dari blog sederhana buatan Roshni Mahtani. Beliau berpikir tentang minimnya ilmu parenting berdasarkan budaya Asia Tenggara. Siapa sangka, blog tersebut berkembang menjadi sebuah website dan aplikasi seperti sekarang ini. Inilah aplikasi yang akhirnya bisa membantu para ibu dan ayah dalam menjalani masa kehamilan.


Selain menyajikan fitur terkait masa kehamilan, aplikasi ini juga menyajikan fitur poin. Poin-poin ini bisa didapatkan dengan aktif di komunitas, mengikuti polling, atau mengundang teman untuk mengunduh aplikasi ini. Poin-poin yang terkumpul bisa ditukar dengan banyak hadiah. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin memperhatikan perkembangan bayi sekaligus seru-seruan mengumpulkan poin berhadiah.
Rekomendasi penggunaan
FiturResep dan menu untuk bumil dan busui, poin yang bisa ditukar hadiah
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
PembayaranFree
Fitur premium (berbayar)
View all

5 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil terbaik

No. 1: Global Urban EsensialTeman Bumil

No. 2: Ovia HealthOvia Pregnancy Tracker

No. 3: Philips Digital UK LimitedPregnancy+

No. 4: KlikDokterHalloBumil

No. 5: Asa Bestari CittaDiary Bunda

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Program & aplikasi
  3. Aplikasi
  4. 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil Terbaik [Ditinjau oleh Dokter OBGYN]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.