• 10 Rekomendasi Minyak Goreng Non Kolesterol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Non Kolesterol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Non Kolesterol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Non Kolesterol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Non Kolesterol Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Minyak Goreng Non Kolesterol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Minyak adalah bahan baku untuk memasak yang wajib ada di dapur Anda. Namun, menggoreng dengan minyak yang tidak baik atau sudah dipakai berulang-ulang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Karena itu, Anda perlu mengganti minyak di rumah menjadi minyak non kolesterol.

 
Kami akan mengulas rekomendasi minyak nonkolesterol dari berbagai merek, misalnya Bimoli, Tropicana Slim, Golden Bridge, dan sebagainya. Anda juga dapat menemukan jenis-jenis minyak goreng non kolesterol, seperti minyak kelapa, minyak kanola, dan minyak bunga matahari. Semoga dari artikel ini Anda mendapatkan minyak goreng nonkolesterol yang bagus dan baik untuk dikonsumsi. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengapa pakai minyak goreng bebas kolesterol?

Mengapa pakai minyak goreng bebas kolesterol?

Makanan yang diolah dengan banyak minyak atau digoreng dengan teknik deep fry memang nikmat. Namun, makanan-makanan tersebut mengandung kolesterol dan berpotensi menumpuk lemak di dalam tubuh. Karena itu, penting untuk tidak menggunakan minyak yang sama berkali-kali. 


Jenis minyak goreng juga berperan dalam memengaruhi kadar kolesterol pada makanan. Setiap minyak memiliki kadar asam lemak jenuh berbeda-beda, misalnya minyak kelapa sawit sebanyak 50% dan minyak kanola sebanyak 7%. Kandungan ini berpotensi menaikkan kadar semua jenis kolesterol dalam tubuh. Sebab itu, pemilihan minyak yang tepat dapat membantu mengendalikan kolesterol dalam tubuh.


Kami menyarankan untuk memilih minyak goreng yang rendah asam lemak jenuh, tetapi tinggi asam lemak tak jenuh atau omega-3. Tujuannya untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Dengan begitu, kesehatan tubuh bisa terjaga dan penyakit kardiovaskular bisa dicegah.

Cara memilih minyak goreng non kolesterol

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih minyak goreng nonkolesterol? Berikut ini ulasannya.

Tentukan berdasarkan jenis minyaknya

Pada prinsipnya, semua minyak nabati bebas dari kolesterol. Kolesterol didapatkan dari hewan, sedangkan tumbuhan tidak menghasilkan kolesterol. Namun, Anda tetap bisa memperhatikan karakteristik dan kandungan nutrisi dalam setiap jenis minyak.

Minyak kelapa sawit, lebih ekonomis dan mudah didapatkan

Minyak kelapa sawit, lebih ekonomis dan mudah didapatkan

Minyak kelapa sawit adalah minyak goreng yang paling mudah ditemukan di pasaran dan harganya juga paling terjangkau. Anggapan bahwa minyak sawit mengandung kolesterol adalah salah. Justru minyak sawit tidak mengandung lemak trans yang sering berkaitan dengan penyakit kardiovaskular.

 
Menurut penelitian, minyak sawit mengandung vitamin E (tokoferol dan tokotrienol) yang tinggi dan berperan penting sebagai antioksidan. Selain itu, minyak sawit juga kaya akan vitamin A dan berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Minyak jagung, memiliki titik asap yang tinggi

Minyak jagung, memiliki titik asap yang tinggi

Minyak jagung adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak biji jagung. Titik asap minyak jagung adalah 232°C atau lebih tinggi dibandingkan minyak sawit. Karena itu, minyak jagung bagus digunakan untuk menggoreng dengan teknik deep fry.


Minyak jagung mengandung fitosterol yaitu zat yang dapat menghalangi penyerapan kolesterol dalam darah. Selain itu, minyak jagung juga mengandung asam linoleat atau omega-6 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.


Ingin tahu lebih jauh tentang minyak jagung? Simak artikel berikut ini!

Minyak bunga matahari, baik untuk membuat MPASI

Minyak bunga matahari, baik untuk membuat MPASI

Minyak bunga matahari atau sunflower oil adalah minyak yang diekstrak dari bunga matahari. Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh, omega-9, dan vitamin E yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.


Salah satu keistimewaan minyak bunga matahari adalah baik untuk membuat MPASI. Kandungan lemak di dalam minyak ini menunjang tumbuh kembang, imunitas, dan perkembangan otak anak. Anda bisa menumis bahan-bahan MPASI dengan menggunakan minyak ini.


Kami juga sudah mengulas tentang minyak bunga matahari secara khusus di artikel di bawah ini. Yuk, disimak juga.

Minyak kanola, menumis dan memanggang lebih sehat

Minyak kanola, menumis dan memanggang lebih sehat

Minyak kanola terbuat dari ekstrak biji tanaman canola (Brassica napus). Minyak ini mengandung vitamin E, lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6). Namun, kadar lemak jenuhnya tergolong rendah yaitu 7% sehingga aman serta baik untuk kesehatan tubuh.


Manfaat minyak ini antara lain untuk kesehatan jantung dan mencegah strok. Minyak kanola juga baik untuk menjaga gula darah dan mencegah kerusakan sel tubuh. Titik asap minyak kanola tidak setinggi minyak lainnya yaitu sebesar 204°C sehingga kurang baik digunakan untuk deep frying. Sebaliknya, lebih baik gunakan minyak kanola untuk menumis, memanggang, atau salad dressing.

Minyak kedelai, membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, serta tulang

Minyak kedelai, membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, serta tulang

Minyak kedelai adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak biji kedelai. Minyak ini mungkin kurang populer, padahal sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, asam lemak tak jenuh ganda pada minyak kedelai dapat menurunkan 10% risiko terserang penyakit jantung.


Manfaat lain yang tak kalah pentingnya adalah minyak ini memiliki nutrisi asam amino yang dapat memperkuat keratin pada rambut. Kandungan isoflavon pada minyak kedelai cukup tinggi untuk menjaga kepadatan kulit dan tulang. Berkat minyak ini, tidak hanya jantung Anda saja yang sehat, rambut akan indah, tulang kuat, dan kulit awet muda.

Pilihlah minyak goreng yang teksturnya jernih dan tidak mudah beku

Pilihlah minyak goreng yang teksturnya jernih dan tidak mudah beku

Ciri-ciri minyak yang sehat bisa dilihat dari warnanya. Pilihlah minyak yang warnanya bening dan jernih. Jangan pula menggunakan minyak yang sama berkali-kali karena minyak akan berwarna keruh. Warna keruh tersebut menandakan bahwa minyak telah mengalami oksidasi. Oksidasi pada minyak yang digunakan untuk konsumsi bisa meningkatkan radikal bebas dalam tubuh.


Minyak nonkolesterol yang sehat juga bisa dilihat dari perubahan bentuknya yaitu tidak mudah beku. Hal tersebut adalah tanda bahwa minyak hanya memiliki sedikit kandungan lemak jenuh. Minimnya kandungan lemak jenuh membuat minyak berisiko kecil memicu penyakit kardiovaskular.

Carilah minyak yang tinggi kandungan MUFA dan PUFA

Carilah minyak yang tinggi kandungan MUFA dan PUFA

MUFA (monounsaturated fatty acid) adalah jenis lemak yang bersifat menurunkan kolesterol dalam darah. Lemak tersebut adalah golongan lemak baik yang dapat menurunkan risiko penyumbatan darah dan penyakit jantung. Sementara itu, PUFA (polyunsaturated fatty acid) adalah sejenis omega-3 yang berfungsi sama dengan MUFA.

 
Minyak sawit memiliki 15% MUFA dan 2% PUFA, minyak kedelai memiliki 23% MUFA dan 16% PUFA. Lalu, minyak kanola memiliki 61% MUFA dan 32% PUFA, minyak bunga matahari memiliki 16% MUFA dan 72% PUFA. Sementara itu, minyak jagung memiliki 29% MUFA dan 58% PUFA. Makin tinggi kandungan MUFA dan PUFA dalam sebuah produk minyak, makin baik pula minyak tersebut untuk tubuh.

10 Rekomendasi minyak goreng non kolesterol terbaik

Anda mungkin sudah tidak sabar mengetahui sepuluh rekomendasi produk pilihan kami. Produk-produk di bawah ini telah kami urutkan berdasarkan popularitasnya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

10
JenisMinyak jagung
Isi1 liter, 2 liter
KandunganBeta karoten, omega-9
9
JenisMinyak biji bunga matahari
Isi5 liter
KandunganVitamin E, omega-3, omega-6
8

Karunia Sukses GemilangLily Flower Canola Oil

2 liter

Mulai dari Rp 99.500,00

JenisMinyak kanola
Isi2 liter, 5 liter
KandunganOmega-3, omega-6
7
JenisMinyak kedelai
Isi1 liter, 2 liter, 3 liter, 5 liter
KandunganVitamin E, antioksidan, omega-3, 6
6
JenisMinyak jagung
Isi450 ml, 900 ml, 3,3 liter
KandunganOmega-6, vitamin E
5

Bina Karya PrimaTropical Minyak Goreng Premium

500 ml

Mulai dari Rp 8.500,00

JenisMinyak kelapa
Isi500 ml, 1 liter, 2 liter
KandunganVitamin E, pro-vitamin A, omega-9
4
JenisMinyak kedelai
Isi1 liter
KandunganVitamin E, omega-3, omega-6, omega-9
3

Salim Ivomas PratamaBimoli Spesial

2 liter

Mulai dari Rp 45.500,00

JenisMinyak kelapa
Isi1 liter, 2 liter, 5 liter
KandunganPro-vitamin A, vitamin E, omega-9
2

Karunia Sukses GemilangGolden Bridge Canola Oil

1 liter

Mulai dari Rp 47.400,00

JenisMinyak kanola
Isi1 liter, 2 liter
KandunganOmega-3, omega-6
1
JenisMinyak biji bunga matahari
Isi946 ml
KandunganVitamin E, omega-3, omega-6

Tabel perbandingan produk minyak goreng non kolesterol terbaik

Gambar produk
1
Nutrifood  Tropicana Slim Minyak Sunflower 1

Nutrifood

2
Karunia Sukses Gemilang Golden Bridge Canola Oil 1

Karunia Sukses Gemilang

3
Salim Ivomas Pratama Bimoli Spesial 1

Salim Ivomas Pratama

4
Wilmar Sania Royale Soya Oil  1

Wilmar

5
Bina Karya Prima Tropical Minyak Goreng Premium 1

Bina Karya Prima

6
Ach Food Mazola Corn Oil 1

Ach Food

7
Indofood Happy Soya Oil 1

Indofood

8
Karunia Sukses Gemilang Lily Flower Canola Oil 1

Karunia Sukses Gemilang

9
Bunge FarmOrigin Sunflower Oil 1

Bunge

10
Surya Agung CCO Corn Oil 1

Surya Agung

Nama produk

Tropicana Slim Minyak Sunflower

Golden Bridge Canola Oil

Bimoli Spesial

Sania Royale Soya Oil

Tropical Minyak Goreng Premium

Mazola Corn Oil

Happy Soya Oil

Lily Flower Canola Oil

FarmOrigin Sunflower Oil

CCO Corn Oil

Keunggulan

Membuat masakan lebih harum dan menggoda untuk disantap

Siapkan MPASI sehat untuk buah hati Anda!

Diproses dengan teknologi Golden Refinery untuk menjaga nutrisi makanan

Terbuat dari 100% kedelai alami pilihan

Dengan 2x penyaringan hasilkan minyak yang lebih sehat untuk jantung

Sterol lebih banyak untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh

Gunakan juga sebagai pengganti mentega atau margarin

Tidak hanya untuk memasak, bisa juga untuk salad dressing

Tekstur minyak yang ringan, mudah dicerna oleh tubuh

Dari jagung pilihan, hasilkan minyak berkualitas agar masakan bercita rasa tinggi

Harga mulai dariRp 74.400,00Rp 47.400,00Rp 45.500,00Rp 32.000,00Rp 8.500,00Rp 42.000,00Rp 42.000,00Rp 99.500,00Rp 192.000,00Rp 43.000,00
JenisMinyak biji bunga matahariMinyak kanolaMinyak kelapaMinyak kedelaiMinyak kelapaMinyak jagungMinyak kedelaiMinyak kanolaMinyak biji bunga matahariMinyak jagung
Isi946 ml1 liter, 2 liter1 liter, 2 liter, 5 liter1 liter500 ml, 1 liter, 2 liter450 ml, 900 ml, 3,3 liter1 liter, 2 liter, 3 liter, 5 liter2 liter, 5 liter5 liter1 liter, 2 liter
KandunganVitamin E, omega-3, omega-6Omega-3, omega-6Pro-vitamin A, vitamin E, omega-9Vitamin E, omega-3, omega-6, omega-9Vitamin E, pro-vitamin A, omega-9Omega-6, vitamin EVitamin E, antioksidan, omega-3, 6Omega-3, omega-6Vitamin E, omega-3, omega-6Beta karoten, omega-9
Tautan produk

Baca juga rekomendasi minyak untuk memasak lainnya di sini

Dalam memasak, Anda mungkin membutuhkan minyak jenis lainnya, misalnya sunflower oil, minyak wijen, atau minyak alpukat. Bila kebingungan dalam memilihnya, tenang saja karena kami sudah mengulasnya pada artikel di bawah ini. Yuk, temukan produk minyak terbaik untuk masakan Anda.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan minyak goreng nonkolesterol yang sesuai dengan kebutuhan keluarga? Sebelum dikonsumsi, jangan lupa selalu memperhatikan aroma dan warna minyaknya. Hindari minyak yang aromanya tengik, warnanya keruh, dan sudah menggumpal karena minyak tersebut sudah rusak.


Semoga dengan membaca artikel ini Anda bisa mendapatkan minyak nonkolesterol yang baik untuk menyajikan masakan sehat, ya. Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Filma, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.Guna mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kesehatan datang dari apa yang dikonsumsi sehari-hari. Beras tentu masuk ke dalam daftar teratas karena merupakan makanan pokok bagi kita yang hidup di Indonesia. Karena tren kesehatan, kehadiran beras organik yang kaya manfaat dan bebas pestisida kini menjadi primadona di masyarakat.Sekarang kami akan menjelaskan mengenai beras organik dan perbedaannya dengan beras biasa. Kami juga akan menerangkan cara memilihnya agar sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi beras organik dari merek-merek yang bagus, seperti Kokoku dan HOTEL. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori