• 10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)

Tren minuman herbal kembali marak di pasaran, apalagi sejak pandemi COVID-19 merebak. Minuman herbal dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar Anda tetap bugar dan diet. Salah satu minuman herbal yang paling banyak dicari adalah empon-empon. Namun, masih banyak minuman herbal lainnya, lho.


Anda bisa memilih minuman herbal dari berbagai merek ternama, seperti Sidomuncul, Herbilogy, dan Herbadrink. Ada juga Acaraki sebagai pelopor jamu kekinian. Simak tips dari kami untuk memilih minuman herbal yang bagus dan bermanfaat. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nurrahma Asri S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati
Nurrahma Asri S.
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah wirausaha dan juga praktisi herbal selama hampir 8 tahun. Melalui Agradaya dan warung Murakabi Minggir, Asri mengolah pangan lokal dan rempah-rempah khas Indonesia sehingga nilainya lebih tinggi. Asri juga melakukan edukasi tentang penggunaan tanaman rempah untuk keluarga serta kelompok tani.


Award yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X. Saat ini Asri sedang mengikuti kursus pendek mengenai Woman in Business sebagai salah satu Australian Award awardee.

Apa itu minuman herbal?

Minuman herbal atau yang biasa disebut jamu adalah minuman yang terbuat dari tanaman-tanaman atau herbal alami. Anda bisa menemukan minuman herbal yang terbuat dari racikan dedaunan sampai bunga. Membuat ramuan minuman herbal tentunya tidak sembarangan. Racikannya telah diturunkan secara turun-temurun dan khasiatnya telah terbukti sejak lama. 


Minuman herbal memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh Anda, terutama menjaga daya tahan tubuh. Ada juga minuman herbal untuk mengatasi permasalahan asam lambung, radang tenggorokan, dan bagus untuk diet. 


Namun, menurut Badan POM, klaim khasiat minuman herbal harus dapat dibuktikan berdasarkan data empiris atau secara ilmiah. Sebuah merek dapat melakukan klaim minuman herbal bila memiliki sertifikasi BPOM-TR. Jika tidak memiliki sertifikasi BPOM-TR yang mengacu pada obat tradisional, produk tersebut dianggap sebagai minuman biasa atau non-herbal.


Minuman herbal sayangnya kurang diminati karena rasanya yang pahit dan terkesan jadul. Akan tetapi, kini pengolahan minuman herbal sudah lebih modern. Rasanya lebih enak dan kemasannya pun lebih menarik. Hal ini tentu menjadi daya tarik bagi anak muda zaman sekarang. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak menikmati minuman herbal, ya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minuman herbal

Komposisi minuman herbal sudah pasti menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. Namun, masih ada beberapa hal lainnya yang tak boleh Anda lewatkan. Kami akan memaparkannya dalam poin-poin berikut ini.

Pilih berdasarkan manfaat komposisi utama minuman herbal

Setiap bahan herbal memiliki manfaat yang berbeda untuk kesehatan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan komposisinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jahe dan bawang putih, untuk menjaga daya tahan tubuh dan melawan gejala flu

Jahe dan bawang putih, untuk menjaga daya tahan tubuh dan melawan gejala flu

Menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama pada masa pandemi ini. Untuk itu, Anda bisa memilih minuman herbal yang mengandung jahe ataupun bawang putih. Keduanya mengandung zat aktif yang dipercaya membantu meredakan gejala flu dan batuk.


Jahe memang sudah lama digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan gingerol serta keluarga terpenoid di dalam jahe merupakan antioksidan serta anti-inflamasi yang kuat. Lalu, gingerol tersebut yang membuat jahe memiliki rasa pedas dan dapat menghangatkan tubuh. Rasa pedas dari jahe juga dapat membantu meredakan mual dan mengurangi gas di dalam perut.


Jika jahe biasa kurang terasa untuk Anda, ada jahe merah yang bisa Anda pilih. Jahe merah memiliki lebih banyak kandungan minyak asiri di dalamnya. Tak heran rasanya lebih pedas dibandingkan jahe biasa.


Bawang putih juga tak kalah manfaatnya dengan jahe. Bawang putih mengandung allicin yang bersifat antibakteri dan meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan di dalam bawang putih juga dapat membantu menurunkan kolesterol serta darah tinggi.

Kunyit dan temulawak, untuk mengatasi asam lambung dan mag

Kunyit dan temulawak, untuk mengatasi asam lambung dan mag

Selain baik untuk daya tahan tubuh, kunyit dan temulawak juga sering digunakan dalam minuman herbal untuk meredakan mag. Keduanya sama-sama mengandung curcumin dan bermanfaat untuk meredakan asam lambung. Selain itu, mukosa dinding pencernaan Anda juga terjaga berkat curcumin.


Di samping menjaga kesehatan lambung Anda, temulawak banyak dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan. Hal ini tentu sangat disukai oleh para ibu, ya. Lalu, ada juga kandungan xanthorrhizol di dalam temulawak untuk menjaga kesehatan hati atau lever Anda.


Kunyit pun sering dikonsumsi untuk membantu melancarkan haid. Senyawa curcumin yang terkandung di dalam kunyit juga dapat membantu mengurangi sakit akibat PMS (premenstrual syndrome).

Daun jati belanda, untuk diet menurunkan berat badan

Daun jati belanda sering Anda temukan di dalam minuman herbal untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat di dalam daun ini dipercaya dapat menghambat penyerapan lemak. Meski demikian, belum ada uji klinis pasti tentang manfaat daun jati belanda terkait hal tersebut.


Sebenarnya, daun jati belanda memiliki efek laksatif dan diuretik. Efek inilah yang membuat berat badan Anda bisa berkurang. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi daun jati belanda untuk diet. Kami sarankan Anda mengikuti pola diet yang benar untuk menurunkan berat badan.


Selain itu, sifat minuman herbal adalah promotif dan preventif. Mengonsumsi minuman herbal berbahan daun jati belanda saja tentu tidak cukup untuk mengurangi berat badan. Anda tetap harus memperbaiki pola makan dengan gizi seimbang, berolahraga teratur, serta mengatur tingkat stres.

Perhatikan juga bentuk minuman herbal yang Anda pilih

Dahulu minuman herbal dijual dalam bentuk jamu botolan. Namun, teknologi modern membuat minuman herbal hadir dengan berbagai bentuk, seperti serbuk, loose leaf, dan ready-to-drink

Minuman serbuk: Bisa disimpan dalam jangka waktu lama

Minuman serbuk: Bisa disimpan dalam jangka waktu lama

Ada banyak minuman herbal dalam bentuk serbuk. Teknologi yang digunakan untuk membuat minuman serbuk tidak membuat khasiatnya berkurang. Minuman herbal serbuk memiliki waktu simpan yang lebih lama. Jadi, Anda bisa menyimpannya untuk stok minuman kesehatan Anda.


Minuman serbuk perlu Anda seduh terlebih dahulu sebelum diminum. Perlu diketahui bahwa minuman dari bahan baku yang dihaluskan hingga berbentuk bubuk tidak larut dalam air. Di sisi lain, minuman berupa serbuk ekstrak lebih mudah larut dalam air. 

Ready-to-drink: Praktis diminum kapan saja

Ready-to-drink adalah minuman yang siap diminum. Minuman herbal ready-to-drink sangat praktis Anda konsumsi, bahkan saat dalam perjalanan. Jenis minuman ini lebih enak dikonsumsi setelah didinginkan terlebih dahulu.


Selain minuman yang dapat langsung Anda minum, ada juga jenis yang perlu Anda encerkan terlebih dahulu. Minuman ini biasanya merupakan racikan fresh sehingga Anda perlu menyimpannya di dalam kulkas agar tetap awet.

Bahan kering: Rasanya lebih autentik dan alami

Bahan kering: Rasanya lebih autentik dan alami

Sama seperti minuman herbal serbuk, minuman berbahan kering pun perlu Anda seduh terlebih dahulu. Rasanya lebih autentik karena tidak menggunakan tambahan apa pun. Anda bisa merasakan rasa alami dari bahan-bahan herbal tersebut. Namun, jenis ini kurang cocok bagi Anda yang kurang menyukai rasa khas minuman herbal.


Di samping itu, kami sarankan Anda untuk menggunakan saringan saat menyeduh bahan herbal tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah ampas-ampasnya terminum. Sayangnya, minuman herbal berbahan kering yang memiliki sertifikasi BPOM-TR pun masih jarang ditemukan di pasaran.

Pastikan produknya bebas gula untuk dikonsumsi penderita diabetes

Rata-rata minuman herbal yang dijual di pasaran sudah dicampurkan dengan gula agar bisa langsung diminum. Minuman herbal seperti ini tergolong kurang aman bagi penderita diabetes. Saat memilih minuman herbal untuk penderita diabetes, pastikan produknya bebas kandungan gula


Beberapa produsen menyediakan minuman herbal bebas gula. Rasanya memang lebih pahit, tetapi manfaatnya sangat baik untuk kesehatan Anda. Minuman herbal tanpa gula juga sangat cocok untuk Anda yang sedang diet turun berat badan. Tanpa adanya gula, kalori yang masuk ke dalam tubuh tentu tetap terjaga.

10 Rekomendasi minuman herbal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minuman herbal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nurrahma Asri Saraswati.

10
KomposisiDaun kayu manis, daun pala, daun cengkeh, kayu secang, jahe, dan gagang cengkeh
BentukSerbuk
PemanisX
9
KomposisiTemulawak
BentukSerbuk
PemanisX
8
KomposisiKencur, pati beras, kunyit, serai, cengkeh, kayu manis
BentukSerbuk
Pemanis✔︎ (brown sugar dan gula pasir)
7

Orang TuaKiranti Sehat Datang Bulan Orange

Mulai dari Rp 8.300,00

KomposisiKonsentrat jeruk, kunyit, kencur, jahe, kurkumin, pandan, guarana, kayu manis, asam jawa
BentukReady-to-drink
Pemanis✔︎ (gula jawa)
6
KomposisiBangle, alang-alang, cabai jawa, biji jinten hitam, daun sangketan, temulawak
BentukSerbuk
PemanisX
5
KomposisiJahe merah
BentukSerbuk
PemanisX
4
KomposisiKunyit, asam, soda
BentukReady-to-drink
Pemanis✔︎ (simple syrup)
3

HerbilogyPomegranate Peel Extract Powder

Mulai dari Rp 93.500,00

KomposisiEkstrak kulit delima
BentukSerbuk
PemanisX
2
KomposisiEkstrak jamur agaricus blazei murill, propolis, ekstrak manggis, ekstrak kelopak bunga rosella, ekstrak sarang semut
BentukCair
Pemanis✔︎ (madu fermentasi dan gula aren)
1
KomposisiDaun jati belanda, temu ireng, temulawak, kumis kucing, serat, lempuyang wangi, green tea
BentukSerbuk
Pemanis✔︎ (madu)

Tabel perbandingan produk minuman herbal terbaik

Gambar produk
1
Sidomuncul Jamu Pelangsing Perut Instan 1

Sidomuncul

2
PT Nasa Agaric Herbal Drink 1

PT Nasa

3
Herbilogy Pomegranate Peel Extract Powder 1

Herbilogy

4
Acaraki Golden Sparkling Can 1

Acaraki

5
Agradaya Red Ginger Powder 1

Agradaya

6
Air Mancur Serbuk Pegal Linu 1

Air Mancur

7
Orang Tua Kiranti Sehat Datang Bulan Orange 1

Orang Tua

8
Jamu Jago Alamix Beras Kencur 1

Jamu Jago

9
Konimex Herbadrink Sari Temulawak Sugar Free 1

Konimex

10
Dewiti Wedang Uwuh 1

Dewiti

Nama produk

Jamu Pelangsing Perut Instan

Agaric Herbal Drink

Pomegranate Peel Extract Powder

Golden Sparkling Can

Red Ginger Powder

Serbuk Pegal Linu

Kiranti Sehat Datang Bulan Orange

Alamix Beras Kencur

Herbadrink Sari Temulawak Sugar Free

Wedang Uwuh

Keunggulan

Minuman herbal untuk diet dan pencernaan yang lancar

Gabungan bahan herbalnya bantu lindungi kesehatan tubuh

Kulit awet muda dan sehat dengan kulit buah delima

Minuman herbal kekinian yang melegakan dahaga

Pedas jahenya nendang banget!

Bantu redakan pegal linu dengan resep tradisional

Daya tahan tubuh terjaga, haid pun lebih lancar

Pas dijadikan oleh-oleh unik bagi kerabat

Racikannya bebas gula untuk lever dan lambung tetap sehat

Hangatkan tubuh dengan minuman herbal bebas ampas

Harga mulai dariRp 10.200,00Rp 130.000,00Rp 93.500,00Rp 13.200,00Rp 50.000,00Rp 13.000,00Rp 8.300,00Rp 24.000,00Rp 13.200,00Rp 30.000,00
KomposisiDaun jati belanda, temu ireng, temulawak, kumis kucing, serat, lempuyang wangi, green teaEkstrak jamur agaricus blazei murill, propolis, ekstrak manggis, ekstrak kelopak bunga rosella, ekstrak sarang semutEkstrak kulit delimaKunyit, asam, sodaJahe merahBangle, alang-alang, cabai jawa, biji jinten hitam, daun sangketan, temulawakKonsentrat jeruk, kunyit, kencur, jahe, kurkumin, pandan, guarana, kayu manis, asam jawaKencur, pati beras, kunyit, serai, cengkeh, kayu manisTemulawakDaun kayu manis, daun pala, daun cengkeh, kayu secang, jahe, dan gagang cengkeh
BentukSerbukCairSerbukReady-to-drinkSerbukSerbukReady-to-drinkSerbukSerbukSerbuk
Pemanis✔︎ (madu)✔︎ (madu fermentasi dan gula aren)X✔︎ (simple syrup)XX✔︎ (gula jawa)✔︎ (brown sugar dan gula pasir)XX
Tautan produk

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Agar kualitas minuman herbal tetap terjaga, Anda perlu menyimak cara menyimpannya. Simpan minuman herbal di tempat yang kering, tidak lembap, dan jauh dari minyak. Bila sudah keluar jamur, sebaiknya jangan dikonsumsi.


Jika Anda memiliki masalah asam lambung, cobalah konsumsi minuman herbal yang mengandung kunyit. Kunyit dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat asam lambung. Minuman herbal hanya penunjang karena cenderung bersifat promotif dan preventif


Anda sebaiknya tidak seratus persen bergantung pada minuman herbal, misalnya untuk diet. Selain mencoba minuman herbal, ada baiknya dibarengi dengan gaya hidup yang baik. Mulailah untuk mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang, berolah raga, serta mengelola stres.

Baca juga rekomendasi jamu di sini

Jamu juga bisa menjadi minuman yang membantu menjaga kesehatan Anda. Jangan khawatir, kami sudah mengulas berbagai minuman jamu secara khusus. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membaca artikelnya!

Kesimpulan

Meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan berat badan saat diet, dan mengurangi asam lambung merupakan beberapa manfaat minuman herbal. Manfaat tersebut dapat Anda rasakan jika Anda mengonsumsi minuman herbal secara rutin. 


Pastikan komposisi bahan herbalnya sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda, ya. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan minuman herbal yang bagus. Selamat hidup sehat dengan minuman herbal!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Teh Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teh Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teh herbal populer di kalangan wanita dan masyarakat yang mendambakan kesehatan. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat teh herbal serta efek sampingnya? Apakah teh herbal benar-benar bebas kafein, melancarkan program diet, dan boleh diminum oleh wanita hamil?Di artikel ini kami akan memberikan berbagai informasi mengenai teh herbal. Beberapa rekomendasi produk yang bagus, seperti teh Dilmah, Twinings, dan Kepala Djenggot juga akan kami bahas tuntas. Kami juga dibantu oleh seorang konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya, untuk membagikan ilmunya! Mari simak terus artikel ini. 
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Jus Mengkudu Terbaik untuk Kesehatan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jus Mengkudu Terbaik untuk Kesehatan (Terbaru Tahun 2022)
    Jus mengkudu makin banyak diminati, baik sebagai minuman kesehatan maupun untuk tujuan diet sehat. Jus ini terbuat dari sari buah mengkudu yang kaya akan nutrisi. Sayangnya, jus buah mengkudu memiliki aroma serta rasa yang kurang sedap. Namun, kini berbagai merek, seperti Morinda, Solanoni, dan merek lain, mengolahnya menjadi minuman mengkudu yang nikmat untuk dikonsumsi.Agar Anda tidak kebingungan, kami akan memberi rekomendasi sepuluh jus mengkudu terbaik. Kami pun akan menyertakan penjelasan tentang cara memilih jus mengkudu yang bagus dan sesuai kebutuhan. Simak artikelnya dan semoga Anda dapat menemukan produk terbaik.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Casein Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Casein Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Casein seolah menjadi protein yang terlupakan. Padahal, manfaatnya juga tak kalah hebat daripada saudaranya, yakni whey. Daya serap kasein yang lambat membuat protein ini bisa dikonsumsi untuk diet dan workout. Lantas, bagaimana memilih produk casein protein yang tepat?Agar Anda dapat menemukan produk yang bagus, kami akan menjelaskan tips memilih casein protein. Review minuman protein kasein dari berbagai merek, seperti Optimum Nutrition, Dymatize, dan Muscle First juga akan kami berikan. Mari simak ulasannya agar diet dan workout Anda berjalan maksimal!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan kalsium dapat terpenuhi dengan minum susu. Artikel ini akan membahas susu berkalsium tinggi terbaik untuk kesehatan tulang. Mulai dari susu tinggi kalsium untuk anak hingga untuk lansia akan kami bahas secara lengkap. Ada juga pembahasan susu tinggi kalsium untuk ibu hamil. Selanjutnya, kami akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi susu tinggi kalsium yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti Anlene Gold Plus, HiLo Teen, dan Tropicana Slim dapat Anda temukan dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Mochammad Rizal. Simak baik-baik, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Madu Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Madu Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Madu adalah cairan alami yang diproduksi dari nektar bunga yang dibawa oleh lebah. Madu bisa memberi banyak manfaat bagi orang dewasa dan anak-anak. Manfaat madu antara lain adalah menjaga kesehatan anak, mengatasi alergi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.Saat ini, ada berbagai merek madu yang bagus, mulai dari Madu Antariksa, Vitabumin, hingga TJ Joybee. Hal ini mungkin akan membuat Anda bingung memilih madu yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak. Karena itu, sebelum membaca rekomendasi madu anak, mari cari tahu terlebih dahulu cara memilihnya di bawah ini!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Produk Tropicana Slim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tropicana Slim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tropicana Slim adalah brand yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan pemanis pengganti gula. Padahal, produknya tidak hanya pemanis saja, lho. Anda bahkan bisa menemukan produk cookies, susu, sirup, selai, hingga minyak goreng dari Tropicana Slim! Tidak hanya untuk diabetesi, produk Tropicana Slim juga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet.Kami memiliki beberapa rekomendasi produk Tropicana Slim terbaik untuk Anda. Sweetener Classic, Skim Milk Original, dan Susu High Fiber Chocolate adalah beberapa di antaranya. Namun, sebelum membeli produk Tropicana Slim, simak dulu beberapa tips memilih dari kami, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Produk Kalbe Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Kalbe Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalbe adalah perusahaan farmasi yang sudah berdiri sejak 1966. Sebagian dari Anda mungkin mengetahui Kalbe dari produk obat resep, obat bebas, sampai produk nutrisinya. Beberapa produk obat bebas dari Kalbe yang banyak dikenal masyarakat antara lain Promag, Sakatonik, dan Hydro Coco.Tak ketinggalan, pilihan produk nutrisi seperti Fitbar dan Diabetasol juga cukup populer di pasaran. Ya, banyak sekali produk yang ditawarkan oleh Kalbe. Nah, dari banyaknya pilihan tersebut, kira-kira manakah produk yang harus Anda pilih? Sebelum membeli, simak dahulu tips memilih dan rekomendasi produk Kalbe dari kami di bawah ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Madu Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Madu Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Madu memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, rasa madu yang manis membuatnya sering dijadikan pengganti gula. Tahukah Anda, ternyata ada varian madu yang lebih berkhasiat bagi tubuh yakni madu hitam. Namun, bagaimana cara memilih madu hitam terbaik?Kami akan mengulas tentang madu hitam, mulai dari manfaat, tips memilihnya, hingga daerah penghasil madu hitam di Indonesia. Kami juga telah mernyiapkan rekomendasi merk madu hitam terbaik, seperti Ar-Rohmah, AZ-ZIKRA, dan Ayi Madu Asli Sumbawa. Yuk, simak artikel ini dan temukan madu hitam yang bagus untuk Anda.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Catering Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Catering Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kesibukan sering kali membuat Anda kesulitan mengatur pola makan yang sehat. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih catering diet yang terjamin jumlah kalorinya. Kini sudah tersedia berbagai jasa catering diet di berbagai daerah, seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Jogja.Kami akan berbagi tips memilih healthy catering diet yang bagus di e-commerce. Plantful, Gorry Gourmet, dan Dapurfit adalah beberapa merek catering sehat yang enak. Bahkan, Anda dapat menemukan produk frozen meal prep dari catering diet, seperti Fit By Meal dan DafitHeat. Tanpa berlama-lama langsung saja simak artikelnya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Merk Mass Gainer Terbaik untuk Bulking (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Mass Gainer Terbaik untuk Bulking (Terbaru Tahun 2022)
    Mass gainer menjadi penyelamat bagi pria dan wanita yang kurus. Dengan kalori dan proteinnya yang tinggi, mass gainer bermanfaat dalam bulking agar berat badan menjadi ideal. Tak heran, banyak merek berlomba-lomba menawarkan mass gainer yang bagus.Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilh mass gainer untuk bulking. Review mass gainer terbaik untuk bulking juga akan kami sajikan. Anda bisa mempertimbangkan produk Evolene, Muscle First, atau L-Men yang harganya murah. Beberapa produk juga halal sehingga aman untuk umat muslim. Mari simak ulasannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • Artikel populer

  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang dalam program diet? Jika iya, susu diet dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Susu untuk diet umumnya dirancang sebagai meal replacement saat pagi dan malam agar asupan kalori lebih terkontrol. Susu diet biasanya mengandung protein tinggi dan rendah lemak.Kali ini, kami punya cara memilih susu diet yang bagus untuk Anda. Tak cuma itu, kami juga menyediakan rekomendasi merek susu diet terbaik, seperti WRP, Tropicana Slim, dan L-Men. Simak juga tips dari biotechnologist agar Anda menemukan susu diet yang efektif. Penasaran? Langsung saja simak ulasan kami, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman kolagen dikenal sangat baik untuk kulit. Ketika mendengar mengenai minuman kolagen, mungkin tebersit pertanyaan-pertanyaan ini di benak Anda. Adakah merek minuman kolagen yang bagus dan cocok untuk remaja? Adakah produk yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?Menjawab kebimbangan tersebut, kami akan memberikan penjelasan mengenai minuman kolagen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih minuman kolagen hingga mengulas berbagai merek terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Temukan ulasan mengenai Byoote, Ms Glow, Noera, dan lain sebagainya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 6 tahun, pertumbuhan anak, baik dari segi fisik, kognitif, maupun psikologis, berkembang dengan sangat pesat. Agar tumbuh kembangnya optimal, susu pertumbuhan dapat menjadi pilihan untuk melengkapi asupan gizi anak. Dari sekian banyak merek susu yang ada di pasaran, seperti Bebelac, Dancow, PediaSure, dan Friso, manakah yang terbaik?Kali ini kami akan memberikan tips memilih susu pertumbuhan yang bagus untuk anak usia 6 tahun ke atas. Simak juga tips memilihnya dari dokter umum, dr. Aldila Ardine. Mari pilih susu anak yang mendukung kecerdasan dan perkembangannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal adalah makanan yang berasal dari biji-bijian dan dapat dibuat dari jagung, gandum, serta oat. Selain menjadi makanan favorit untuk sarapan, sereal juga banyak dikonsumsi untuk diet. Terdapat beragam pilihan sereal yang tersedia di pasaran. Namun, apakah Anda sudah tahu sereal yang bagus untuk diet?Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk sereal untuk diet. Setelahnya, kami juga akan memberi review sepuluh merek sereal rendah kalori untuk diet, seperti Kellogg's, Quaker, dan Energen. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari ahli gizi, Mochammad Rizal, di bawah ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang sedang workout, mengonsumsi makanan saja tidak cukup memaksimalkan pertumbuhan massa otot. Di sinilah minuman protein berperan sebagai minuman penambah massa otot. Dengan mengonsumsi minuman tinggi protein sesuai timing, pertumbuhan massa otot Anda akan lebih cepat.Di pasaran terdapat banyak jenis minuman berprotein tinggi, misalnya whey casein dan soy. Ada banyak pula merek minuman protein yang bagus, seperti L-Men, Vectorlabs, dan Muscle First yang bisa dipilih. Nah, kami telah menyiapkan tips cara memilih dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Protein merupakan zat gizi yang sangat mengenyangkan. Oleh karena itu, minuman protein sering dijadikan sumber nutrisi saat menjalani program diet. Ada banyak merek minuman protein untuk diet, seperti Puro, Natlab, dan Xpose. Apakah Anda bingung memilih produk yang bagus?Tenang saja. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih minuman protein untuk diet. Selain itu, kami juga akan memberikan review minuman protein yang cocok untuk menurunkan berat badan. Semua produk bisa dikonsumsi oleh pria maupun wanita. Untuk membantu Anda, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Berkalsium Tinggi Terbaik untuk Kesehatan Tulang - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan kalsium dapat terpenuhi dengan minum susu. Artikel ini akan membahas susu berkalsium tinggi terbaik untuk kesehatan tulang. Mulai dari susu tinggi kalsium untuk anak hingga untuk lansia akan kami bahas secara lengkap. Ada juga pembahasan susu tinggi kalsium untuk ibu hamil. Selanjutnya, kami akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi susu tinggi kalsium yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti Anlene Gold Plus, HiLo Teen, dan Tropicana Slim dapat Anda temukan dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Mochammad Rizal. Simak baik-baik, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori