1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Jika dahulu mendesain rumah hanya bisa dilakukan di PC ataupun laptop, kini Anda bisa melakukannya melalui smartphone. Anda bisa menemukan banyak aplikasi desain rumah yang bagus, yakni Houzz, Magicplan, Homestyler, dan Planner 5D dengan tampilan 3D. Semuanya bisa Anda download untuk Android ataupun iOS, bahkan bisa terkoneksi dengan PC.


Beragam fitur menarik yang ditawarkan dalam sebuah aplikasi desain rumah, seperti floor plan dan interior design, bisa didapatkan gratis. Sebelum memilih, ada poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Yuk, langsung simak artikel ini agar Anda bisa menemukan aplikasi yang bagus!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Sekilas tentang aplikasi desain rumah

Sekilas tentang aplikasi desain rumah

Pekerjaan mendesain rumah memang menjadi pekerjaan arsitek. Mendesain rumah juga awalnya menggunakan kertas ataupun software di PC. Kini pekerjaan tersebut dapat dengan mudah dilakukan hanya menggunakan smartphone. Aplikasi desain rumah di Android dan iOS pun lebih user-friendly.


Anda bisa membuat blueprint sebuah hunian dengan aplikasi desain rumah. Lalu, ada juga aplikasi desain rumah yang bisa digunakan untuk melihat kecocokan desain interior sebuah ruangan. Jenis aplikasi ini tidak hanya cocok digunakan oleh desainer interior, tetapi juga untuk orang awam.


Aplikasi desain rumah juga memudahkan Anda untuk berbagi file hasil desain dengan fitur sinkronisasi. Fitur ini pastinya memudahkan Anda saat ingin membahas desain bersama rekan kerja dan klien, ya.

Cara memilih aplikasi desain rumah

Aplikasi desain rumah seperti apa yang bagus untuk digunakan? Nah, kami akan berbagi tips untuk Anda memilih aplikasi desain rumah. Poin-poin di bawah ini akan membantu Anda menemukan aplikasi yang sesuai. 

① Perhatikan fitur utama aplikasi desain rumah

Ada setidaknya tiga fitur utama dari aplikasi desain rumah yang tersedia, yaitu floor plan, interior design (decoration), atau keduanya sekaligus. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan desain Anda.

Floor plan, cocok untuk para arsitek

Aplikasi dengan fitur floor plan mungkin kurang cocok untuk orang awam. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk merancang peletakan ruangan di dalam sebuah hunian. Anda bisa membuat blueprint rumah dengan fitur floor plan.

Para expert dapat menggambar floor plan sendiri dengan menentukan ukurannya. Namun, beberapa aplikasi juga menyediakan template untuk floor plan yang bisa langsung Anda pakai. Template untuk floor plan tentu sangat memudahkan bagi Anda yang pemula dalam merancang floor plan. Anda bisa menemukannya di dalam aplikasi Palette Home, Floor Plan Creator, dan Room Planner.

Interior design, pas untuk orang awam sampai desainer interior

Aplikasi desain interior dengan fitur dekorasi ruangan yang menawarkan beragam furniture pasti sangat memanjakan mata. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk inspirasi desain interior rumah Anda. Jadi, aplikasi ini tak hanya direkomendasikan untuk desainer interior, tetapi juga bisa untuk orang awam.


Kebanyakan aplikasi desain rumah menawarkan tampilan desain interior saja. Namun, ada juga aplikasi yang menawarkan fitur desain eksterior rumah, contohnya Home Design 3D Gold. Anda bisa memperkirakan desain yang cocok untuk bagian luar rumah Anda dengan aplikasi tersebut.

Floor plan & interior design, untuk desain rumah yang komplet

Ada pula aplikasi desain rumah yang memiliki fitur floor plan sekaligus desain interior di dalamnya. Aplikasi dengan fitur komplet ini bisa digunakan untuk membuat desain rumah yang profesional. Anda akan mendapatkan desain terbaik untuk sebuah hunian.

② Pertimbangkan aplikasi desain rumah dengan tampilan 3D

Mengerjakan desain di aplikasi smartphone mungkin akan berbeda dengan tampilan aslinya. Tampilan datar atau 2D di dalam aplikasi akan membuat Anda kesulitan melihat tampilan desain rumah secara keseluruhan.


Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih aplikasi desain rumah dengan tampilan 3D. Setelah selesai mendesain, Anda bisa melihat keseluruhan desain Anda dengan sempurna. Ada juga aplikasi yang menyediakan tampilan desain lengkap dengan pencahayaan matahari. Anda bisa menyimulasikan pencahayaan di dalam rumah tersebut.

③ Pilih paket premium untuk mendapatkan fitur-fitur lainnya

Siapa saja bisa menggunakan aplikasi desain rumah, mulai dari orang awam sampai para arsitek. Bagi orang awam, aplikasi yang tidak berbayar tentu saja sudah cukup untuk digunakan. Namun, para desainer ataupun arsitek mungkin membutuhkan aplikasi profesional dengan fitur premium.


Aplikasi gratis tentu memiliki keterbatasan akses. Beberapa aplikasi gratis juga hanya bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu. Kekurangan lainnya adalah Anda tidak dapat menyimpan data hasil desain Anda atau penyimpanan yang terbatas.


Pertimbangkan untuk membeli paket premium atau berbayar yang ditawarkan di dalam aplikasi. Anda bisa menggunakan berbagai fitur-fitur premium agar desain rumah Anda makin sempurna. Hal ini tentu sangat dibutuhkan jika Anda menggunakan aplikasi desain untuk bekerja, ya. Anda tentu ingin memberikan desain terbaik untuk klien Anda, bukan?

④ Periksa fitur sinkronisasi agar mudah diakses di mana saja

Penting sekali memilih aplikasi yang datanya bisa disinkronisasi. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah membuka desain melalui device apa saja. Anda bisa mendesain gambar menggunakan PC dan melihatnya di smartphone ataupun sebaliknya. Sinkronisasi data juga memudahkan Anda berbagi file hasil desain kepada klien.


Saat melakukan sinkronisasi data, pastikan Anda terhubung dengan koneksi internet, ya. Sinkronisasi data biasanya menggunakan cloud storage ataupun penyimpanan data online lainnya.

10 Rekomendasi aplikasi desain rumah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi desain rumah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Houzz Inc.

Houzz

Houzz Inc. Houzz 1枚目

Dapatkan ratusan inspirasi desain interior yang menawan

2

Sensopia

Magicplan

Sensopia Magicplan 1枚目

Ukur ruangan tak perlu pakai meteran lagi

3

iCanDesign LLC

Room Planner

iCanDesign LLC Room Planner 1枚目

Temukan banyak template untuk beragam ruangan

4

Marcin Lewandowski

Floor Plan Creator

Marcin Lewandowski Floor Plan Creator  1枚目

Ukuran aplikasinya kecil dan isinya sudah komplet

5

Planner 5D

Planner 5D

Planner 5D Planner 5D 1枚目

Rasakan pengalaman desain yang real dengan fitur VR

6

Topping Homestyler

Homestyler

Topping Homestyler Homestyler 1枚目

Ikuti kompetisi gratis tiap minggu jadi lebih seru

7

Anuman

Home Design 3D Gold

Anuman Home Design 3D Gold 1枚目

Lengkap dengan tampilan dalam dan luar rumah

8

Autodesk

AutoCAD

Autodesk AutoCAD 1枚目

Desain bersama dari tempat yang berbeda? Bisa saja!

9

Palette CAD

Palette Home

Palette CAD Palette Home 1枚目

Lebih hemat daya dengan boost runtime

10

Anadreline

Madrees

Anadreline Madrees 1枚目

Tampilannya sederhana dan sangat mudah digunakan

Perincian produk
Close
No.1

Dapatkan ratusan inspirasi desain interior yang menawan

Houzz adalah aplikasi desain rumah yang menyajikan banyak furniture menarik. Jika Anda tertarik dengan desain interior, Houzz adalah aplikasi yang tepat. Anda bisa menggunakan Houzz sebagai inspirasi desain ruangan di rumah Anda.


Ingin langsung melihat dekorasi ruangan tersebut di ruangan Anda? Langsung saja gunakan fitur View in My Room dan bidik dengan kamera smartphone Anda. Dengan demikian, Anda akan mengetahui kecocokan furniture tersebut dengan ruangan Anda.

No.2

Ukur ruangan tak perlu pakai meteran lagi

Agar ukuran floor plan Anda lebih akurat, Anda dapat menggunakan aplikasi ini. Dengan Magicplan, Anda dapat mengukur sebuah ruangan hanya menggunakan aplikasi. Aplikasi ini pas sekali untuk Anda yang ingin membuat ukuran floor plan dengan akurat. Menariknya lagi, Magicplan juga bisa membantu Anda menghitung budget pembangunan rumah, lho!

No.3

Temukan banyak template untuk beragam ruangan

Dengan Room Planner dari iCanDesign Anda bisa mendesain floor plan sendiri ataupun menggunakan desain yang sudah tersedia. Anda bisa menemukan beragam floor plan untuk ruangan-ruangan di rumah. Sesuaikan saja ukuran ruangannya dengan desain yang sudah ada. Banyaknya template ruangan yang ditawarkan membuat aplikasi ini cocok untuk pemula.

No.4

Marcin LewandowskiFloor Plan Creator

Ukuran aplikasinya kecil dan isinya sudah komplet

Apakah Anda mencari aplikasi desain rumah dengan size yang kecil? Pilihlah Floor Plan Creator. Meski size-nya tergolong kecil, isinya sudah cukup untuk mengerjakan floor plan. Aplikasi ini pun menyediakan fitur 3D tour mode. Seluruh data Anda akan disinkronisasi dengan cloud storage. Jadi, Anda bisa mengakses desain Anda dari laptop ataupun PC.

No.5

Rasakan pengalaman desain yang real dengan fitur VR

Planner 5D tak hanya memberikan model tampilan 2D dan 3D saja. Aplikasi desain rumah ini memungkinkan Anda untuk bisa menggunakan VR atau virtual reality. Fitur ini sangat memudahkan Anda dan klien untuk melihat hasil desain secara nyata. Jika Anda menginginkan pengalaman melihat hasil desain yang real, cobalah Planner 5D.


Anda juga bisa mengatur sendiri ukuran, warna, serta tekstur furniture yang tersedia. Terakhir, Anda bisa menyimpan gambar final-nya dengan shadow dan pencahayaan. Hasilnya bisa Anda lihat pada beberapa device karena terdapat fitur sinkronisasi.

No.6

Ikuti kompetisi gratis tiap minggu jadi lebih seru

Homestyler juga merupakan aplikasi terbaik untuk mengasah kreativitas bagi para desainer interior atau Anda yang sudah profesional. Anda bisa mengikuti kompetisi desain tiap minggu. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi desain dari para ahlinya.


Ukuran interior yang disajikan dapat Anda atur agar sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Hal yang unik dari Homestyler adalah tampilan photo-realistic 720 panorama. Menjelajahi ruangan hasil desain jadi tampak lebih real.

No.7

Lengkap dengan tampilan dalam dan luar rumah

Aplikasi desain rumah yang disertai fitur desain interior biasanya hanya menyediakan furniture untuk di dalam rumah saja. Nah, dengan aplikasi dari Anuman ini, Anda bisa melakukan dekorasi bagian depan rumah, misalnya taman ataupun carport. Kami merekomendasikan aplikasi ini untuk Anda yang ingin melihat rumah di bagian luar dan dalam.

No.8

Desain bersama dari tempat yang berbeda? Bisa saja!

AutoCAD dari Autodesk pasti sudah tidak asing lagi bagi para arsitek. Aplikasi ini memang menjadi andalan untuk membuat blueprint bagi para arsitek. Anda bisa langsung melakukan desain bersama partner Anda secara live.


AutoCAD dapat Anda akses secara gratis hanya dalam waktu satu minggu saja. Berikutnya, langsung saja berlangganan paketnya untuk bisa mengakses fitur-fitur AutoCAD. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki partner kerja.

No.9

Lebih hemat daya dengan boost runtime

Aplikasi desain rumah biasanya akan lebih banyak mengonsumsi baterai smartphone. Berbeda dengan Palette Home yang tidak terlalu banyak mengonsumsi baterai serta memiliki boost runtime. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang membutuhkan aplikasi desain rumah hemat daya. Selain itu, Anda juga bisa mengerjakan proyek Anda langsung di situs Palette Home, lho.

No.10

Tampilannya sederhana dan sangat mudah digunakan

Jika Anda mencari aplikasi desain rumah dengan tampilan simpel, Madrees adalah aplikasi yang pas. Aplikasinya tergolong sederhana dan mudah digunakan. Anda juga bisa memakai background sendiri saat menggunakan aplikasi ini. Madrees cocok bagi pemula yang sedang belajar membuat floor plan ataupun para mahasiswa baru jurusan arsitektur.

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Kesimpulan

Merancang rumah idaman bukan lagi hal yang sulit. Semuanya bisa Anda kerjakan melalui genggaman tangan. Aplikasi smartphone bisa Anda download untuk mewujudkan rumah impian ataupun mendukung pekerjaan Anda.


Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan dalam aplikasi desain pilihan Anda. Jangan lupa upgrade menjadi aplikasi premium agar Anda bisa mengakses seluruh fiturnya. Semoga Anda sudah menemukan aplikasi desain rumah yang bagus, ya. Selamat berkarya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer