• 10 Conditioner Tanpa Bilas Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Conditioner Tanpa Bilas Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Conditioner Tanpa Bilas Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Conditioner Tanpa Bilas Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Conditioner Tanpa Bilas Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Conditioner Tanpa Bilas Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023)

Rambut terasa sulit ditata? Mungkin Anda perlu conditioner tanpa bilas atau leave-in conditioner. Leave-in conditioner akan membuat rambut Anda terasa lebih lembut dan mudah diatur. Di antara berbagai merek yang bagus, Pantene conditioner tanpa bilas merupakan salah satu yang banyak dicari. Ada juga merek unggulan lainnya, seperti Makarizo, OLAPLEX, dan Grace and Glow.


Untuk memudahkan Anda memilih conditioner tanpa bilas yang dibutuhkan, simaklah tips memilih yang kami bahas di artikel ini. Tersedia juga sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh hairstylist kami, Kiki Talahatu.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Kiki Talahatu
Galih Wisnu Brata
  • Pembaharuan terakhir: 10 Januari 2023
Daftar isi

Profil pakar: Penata rambut (hairstylist), Kiki Talahatu

Profil pakar: Penata rambut (hairstylist), Kiki Talahatu

Kiki adalah seorang hairstylist yang memiliki keahlian di bidang penataan rambut serta sanggul modern dan adat. Ia mengawali kariernya dengan belajar dari guru panggilan dan sanggar kecantikan.


Kiki berpengalaman dalam bidang kerja potong rambut dan menyanggul selama enam tahun. Ia juga menjadi penata rambut dan sanggul untuk ajang kontes kecantikan para makeup artist (MUA). Selain bekerja sebagai penata rambut, ia juga mengajar les privat sanggul dan sudah memiliki 12 murid.

Kiki Talahatu
Penata rambut (hairstylist)
Kiki Talahatu

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Apa itu conditioner tanpa bilas?

Apa itu conditioner tanpa bilas?
Rambut yang kering, rusak, atau mudah kusut merupakan jenis rambut yang paling diuntungkan oleh conditioner tanpa bilas. Seperti kondisioner tradisional, conditioner tanpa bilas memberikan kelembapan ekstra, melindungi rambut dari kerusakan, dan memudahkan penataan rambut.

Bedanya, conditioner tanpa bilas atau leave-in conditioner tidak perlu dicuci kembali setelah diaplikasikan. Karena itu, leave-in conditioner memberikan efek lebih optimal dibandingkan kondisioner biasa berkat kandungan yang meresap ke rambut. Conditioner tanpa bilas bisa hadir dalam bentuk krim, cair, ataupun spray.


Cara penggunaan conditioner tanpa bilas juga tidak terlalu sulit. Setelah keramas, keringkanlah rambut dengan handuk untuk menghilangkan air yang masih menetes. Lalu, aplikasikan conditioner tanpa bilas pada rambut yang masih agak basah tersebut. Selanjutnya, Anda tinggal menyisir atau menata rambut sesuai keinginan. Rambut Anda akan lebih lembap serta mudah diatur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih conditioner tanpa bilas

Sebelum membeli conditioner tanpa bilas, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Apa saja poin-poin tersebut? Mari amati penjelasannya berikut ini! 

Pilih yang cocok dengan masalah rambut Anda

Memilih conditioner tanpa bilas perlu disesuaikan dengan masalah rambut. Pasalnya, setiap masalah rambut memiliki cara penanganan yang berbeda. Agar tidak salah pilih, simaklah penjelasan selengkapnya berikut ini.

Conditioner yang melembapkan, cocok untuk rambut kering dan kusut

Conditioner yang melembapkan, cocok untuk rambut kering dan kusut

Porositas yang tinggi atau rambut sangat berpori akibat kutikula yang terbuka menyebabkan rambut kering dan kusut. Anda bisa mengecek tingkat porositas rambut dengan mencelupkan rambut ke dalam segelas air. Jika rambut tenggelam ke dasar gelas, porositas rambut Anda tergolong tinggi sebab air mudah masuk ke batang rambut.


Anda memerlukan leave-in conditioner untuk menambah protein serta menghidrasi rambut yang kering akibat porositas yang tinggi. Selain itu, carilah conditioner tanpa bilas untuk rambut kering yang memberi kelembapan ekstra.

Conditioner yang membentuk lapisan pelindung, pilihan untuk rambut yang diwarnai

Conditioner yang membentuk lapisan pelindung, pilihan untuk rambut yang diwarnai

Sudah bukan rahasia lagi, rambut yang diwarnai bisa menjadi kering dan kasar. Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan conditioner tanpa bilas dalam rangkaian produk perawatan rambut Anda. Akan tetapi, Anda perlu memastikan kondisioner pilihan memang diformulasikan secara khusus untuk rambut yang diwarnai. 


Umumnya leave-in conditioner khusus colored hair akan membentuk lapisan pelindung guna menjaga kelembapan rambut bertahan di batang rambut. Selain itu, conditioner tanpa bilas juga mampu mencegah warna rambut cepat pudar.

Conditioner yang mampu menghidrasi, pas untuk rambut ikal yang sulit ditata

Conditioner yang mampu menghidrasi, pas untuk rambut ikal yang sulit ditata

Tipe rambut ikal memiliki kecenderungan mudah menjadi kusut. Tidak jarang rambut menggulung dan sulit disisir. Agar rambut lebih mudah ditata, Anda bisa mencoba melembutkan rambut ikal dengan conditioner tanpa bilas. 


Leave-in conditioner biasanya melembutkan rambut ikal dengan menambah hidrasi atau mengurangi gesekan batang rambut. Anda akan banyak menemukan produk kondisioner tanpa bilas untuk rambut mengembang dan ikal yang mengandung natural oil.

Periksa bahan kandungannya

Anda juga perlu memeriksa bahan kandungan dari conditioner tanpa bilas yang akan dipilih. Berhubung berbagai masalah rambut erat sekali kaitannya dengan kelembapan, pastikan kondisioner pilihan mengandung bahan pelembap. 


Humektan adalah jenis pelembap yang lazim ada dalam conditioner tanpa bilas. Contoh pelembap humektan adalah glycerin dan volatile silicone. Glycerin berfungsi menjaga rambut tetap terhidrasi dan lembut. Sementara itu, volatile silicone membuat rambut tampil lebih berkilau serta terasa halus.


Selain memeriksa bahan aktifnya, pastikan conditioner pilihan tidak mengandung bahan pemicu iritasi bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif. Bahan-bahan yang mudah memicu iritasi di antaranya adalah kandungan parfum atau pewarna dalam jumlah berlebih.

Sesuaikan dengan penggunanya

Sesuaikan dengan penggunanya

Di pasaran tersedia conditioner tanpa bilas yang bisa digunakan oleh wanita dan pria. Namun, ada juga produk yang diformulasikan khusus untuk pria atau wanita saja. Anda pun perlu menyesuaikan kemasan kondisioner dengan kebutuhan pemakaian.


Jika Anda banyak melakukan perjalanan, conditioner tanpa bilas sachet bisa dipilih karena lebih praktis. Sayangnya, kemasan sachet masih jarang ditemukan di pasaran. Apabila hendak menyediakan stok di rumah, pilihlah kemasan besar karena lebih ekonomis.

10 Rekomendasi produk conditioner tanpa bilas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk conditioner tanpa bilas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 28 Desember 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Pantene Perfect On memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, OLAPLEX No. 6 Bond Smoother yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Kiki Talahatu.

Gambar produk
1
P&G  Pantene Perfect On  1

P&G

2
Makarizo  Advisor Anti-Frizz & Detangling Care Spray 1

Makarizo

3
OLAPLEX  No. 6 Bond Smoother  1

OLAPLEX

4
Grace and Glow  Moiselle Leave-on Hair Conditioner 1

Grace and Glow

5
Davines  OI All In One Milk  1

Davines

6
Lovana  Hair Lotion Zaitun 1

Lovana

7
Finmix Hair  Leave-in Conditioner 1

Finmix Hair

8
Kriwil  Curl Leave In Conditioner 1

Kriwil

9
Sachajuan Inc  Leave In Conditioner  1

Sachajuan Inc

10
PDC Brands Cantu Men's Collection Leave-In Conditioner 1

PDC Brands

Nama produk

Pantene Perfect On

Advisor Anti-Frizz & Detangling Care Spray

No. 6 Bond Smoother

Moiselle Leave-on Hair Conditioner

OI All In One Milk

Hair Lotion Zaitun

Leave-in Conditioner

Curl Leave In Conditioner

Leave In Conditioner

Cantu Men's Collection Leave-In Conditioner

Keunggulan

Dengan kandungan 20 vitamin, rambut terasa halus seharian

Lindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari

Rambut lebih kuat, lembap, dan tidak kusut sampai 72 jam!

Dalam 30 detik, rambut lembut dan mudah diatur

Bantu menghidrasi rambut sehingga lebih mudah disisir

Kandungan zaitun menjadikan rambut tampak berkilau

Dengan kandungan bahan alami untuk perawatan rambut rontok

Rambut keriting dan ikal sehat serta harum sepanjang hari

Dengan formula khusus untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala

Conditioner khusus untuk merawat rambut pria

Harga mulai dariRp 15.400,00Rp 43.500,00Rp 467.790,00Rp 68.000,00Rp 270.000,00Rp 80.000,00Rp 95.000,00Rp 150.000,00Rp 199.000,00Rp 55.000,00
PenggunaWanitaPria dan wanita Pria dan wanita WanitaPria dan wanita WanitaPria dan wanitaPria dan wanitaPria dan wanita Pria
Jenis kemasan Tube, botol spray Botol sprayBotolTubeSachet, botol spray, botol sprayBotolPotBotol sprayBotol sprayPot
Cocok untuk mengatasiRambut yang mudah kusut Rambut kering, rambut rusak akibat pewarnaan atau bahan kimia, rambut mudah kusut dan rusak karena matahariRambut kering, rambut rusak akibat bahan kimia atau pewarnaan, rambut kusut dan mengembang Rambut keringRambut kasar, rambut kusut, dan rambut rentan rusak akibat panas Rambut kering, rambut rontokRambut kering, rambut rontokRambut keriting dan rambut ikalRambut kering, rambut kusut, menipis, dan kusamRambut pria yang kasar, bergelombang, atau keriting
Bahan kandungan 20 vitamin Provitamin B5, hydrolized keratinGrape seed oil, aloe barbadensis juice extract, panthenol, citric acid, coconut oil, dan lainnyaKeratin, coconut oilRoucou extract, sunflower seed oil, glycerinZaitunBiotin, zinc, caffeine, castor oil, black oat, shea butter, Aloe vera, grape fruit extractTidak ada keteranganGlycerin, eugenol, citronellol, citric acid, dan lainnyaHemp seed oil, shea butter, caffeine
Varian kemasan40 ml dan 90 ml70 ml dan 240 ml100 ml 70 ml50 ml dan 135 ml 120 ml50 ml150 ml50 ml dan 250 ml370 gram
Tautan produk
10

PDC BrandsCantu Men's Collection Leave-In Conditioner

Mulai dari Rp 55.000,00

PenggunaPria
Jenis kemasan Pot
Cocok untuk mengatasiRambut pria yang kasar, bergelombang, atau keriting
Bahan kandungan Hemp seed oil, shea butter, caffeine
Varian kemasan370 gram
9
PenggunaPria dan wanita
Jenis kemasan Botol spray
Cocok untuk mengatasiRambut kering, rambut kusut, menipis, dan kusam
Bahan kandungan Glycerin, eugenol, citronellol, citric acid, dan lainnya
Varian kemasan50 ml dan 250 ml
8

Kriwil Curl Leave In Conditioner

Mulai dari Rp 150.000,00

PenggunaPria dan wanita
Jenis kemasan Botol spray
Cocok untuk mengatasiRambut keriting dan rambut ikal
Bahan kandungan Tidak ada keterangan
Varian kemasan150 ml
7

Finmix Hair Leave-in Conditioner

Mulai dari Rp 95.000,00

PenggunaPria dan wanita
Jenis kemasan Pot
Cocok untuk mengatasiRambut kering, rambut rontok
Bahan kandungan Biotin, zinc, caffeine, castor oil, black oat, shea butter, Aloe vera, grape fruit extract
Varian kemasan50 ml
6
PenggunaWanita
Jenis kemasan Botol
Cocok untuk mengatasiRambut kering, rambut rontok
Bahan kandungan Zaitun
Varian kemasan120 ml
5
PenggunaPria dan wanita
Jenis kemasan Sachet, botol spray, botol spray
Cocok untuk mengatasiRambut kasar, rambut kusut, dan rambut rentan rusak akibat panas
Bahan kandungan Roucou extract, sunflower seed oil, glycerin
Varian kemasan50 ml dan 135 ml
4

Grace and Glow Moiselle Leave-on Hair Conditioner

Mulai dari Rp 68.000,00

PenggunaWanita
Jenis kemasan Tube
Cocok untuk mengatasiRambut kering
Bahan kandungan Keratin, coconut oil
Varian kemasan70 ml
3
PenggunaPria dan wanita
Jenis kemasan Botol
Cocok untuk mengatasiRambut kering, rambut rusak akibat bahan kimia atau pewarnaan, rambut kusut dan mengembang
Bahan kandungan Grape seed oil, aloe barbadensis juice extract, panthenol, citric acid, coconut oil, dan lainnya
Varian kemasan100 ml
2

Makarizo Advisor Anti-Frizz & Detangling Care Spray

Mulai dari Rp 43.500,00

PenggunaPria dan wanita
Jenis kemasan Botol spray
Cocok untuk mengatasiRambut kering, rambut rusak akibat pewarnaan atau bahan kimia, rambut mudah kusut dan rusak karena matahari
Bahan kandungan Provitamin B5, hydrolized keratin
Varian kemasan70 ml dan 240 ml
1
PenggunaWanita
Jenis kemasan Tube, botol spray
Cocok untuk mengatasiRambut yang mudah kusut
Bahan kandungan 20 vitamin
Varian kemasan40 ml dan 90 ml

Pertanyaan umum seputar conditioner tanpa bilas

Pertanyaan umum seputar conditioner tanpa bilas

Kami telah membahas tips memilih dan rekomendasi produk conditioner tanpa bilas. Sekarang kami akan membahas pertanyaan umum seputar conditioner tanpa bilas. Simak pertanyaan tentang conditioner tanpa bilas beserta jawabannya berikut.

Apakah conditioner bisa dipakai tanpa keramas?

Conditioner boleh saja dipakai tanpa didahului keramas. Jika dilakukan demikian, rambut tidak akan mendapatkan manfaat optimal dari pemakaian kondisioner. Selain itu, apabila penggunaan conditioner tanpa didahului keramas akan menyebabkan rambut terlihat lebih lepek.

Apakah memakai conditioner tidak boleh kena kulit kepala?

Pemakaian conditioner tidak boleh sampai kena kulit kepala. Hal ini karena conditioner merupakan produk perawatan rambut yang berfungsi untuk melembapkan rambut. Jika terkena kulit kepala dapat menjadikan kulit kepala berminyak dan memicu munculnya ketombe.

Berapa kali pakai conditioner?

Frekuensi penggunaan conditioner bergantung pada kondisi rambut. Jika rambut dalam kondisi normal, conditioner bisa digunakan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Namun, jika kondisi rambut kering, conditioner dapat digunakan setiap hari.

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut lainnya di sini

Selain menggunakan conditioner tanpa bilas, Anda perlu juga merawat rambut dengan produk lainnya. Kami pun pernah menghimpun produk perawatan rambut dalam beberapa artikel sebelumnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Kesimpulan

Setiap orang mempunyai masalah rambut yang berbeda-beda. Saat rambut terasa kering, sulit diatur, ataupun rusak karena pewarnaan, Anda perlu memakai conditioner tanpa bilas. Berkat durasi kontak yang lama dengan rambut, conditioner tanpa bilas mampu menutrisi rambut secara optimal. 


Pastikan Anda mencermati tips memilih di atas sebelum membeli conditioner tanpa bilas. Selamat memilih dan miliki rambut yang sehat, lembap, serta mudah ditata!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin tampil outstanding dengan warna rambut baru, tetapi takut rambut rusak? Cat rambut tanpa bleaching solusinya! Anda bisa mencari produk cat rambut yang bagus tanpa bleaching di marketplace. Jika sudah membaca review cat rambut, tetapi masih bingung dalam menentukan produknya, Anda bisa menyimak artikel ini!Kami akan memaparkan cara memilih pewarna rambut yang bagus tanpa bleaching sekaligus memberikan rekomendasi produk cat rambut terbaik. Anda bisa menemukan berbagai merek cat rambut populer, seperti L’Oreal, Garnier, Nyu, Miranda, Implora, hingga Revlon. Yuk, temukan warna cat rambut favorit Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hair tonic adalah produk hair care dengan bahan-bahan aktif untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala. Hair tonic biasanya diformulasikan untuk rambut rontok dan berketombe. Namun, ada juga hair tonic untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Anda pun bisa menemukan medicated hair tonic untuk menumbuhkan rambut.Kali ini kami akan berbagi tips memilih hair tonic yang bagus untuk Anda. Berbagai merek hair tonic terbaik ada dalam rekomendasi kami, seperti ERHAIR, Neril, dan Natur. Jadikan artikel ini sebagai panduan untuk menemukan hair tonic yang dapat menjawab kebutuhan Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Shampoo organik kian disukai banyak orang karena menggunakan bahan alami sehingga lebih aman. Produk-produk tersebut menggunakan bahan natural, seperti minyak kelapa, tea tree, Aloe vera, peppermint, dan lainnya. Apakah Anda sedang mencari shampoo natural dan organik? Tak perlu bingung lagi melihat banyaknya produk yang dipasarkan.  Cukup dengan membaca artikel ini, Anda pasti dapat menemukan rekomendasi shampoo organik yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan rambut. Beberapa merek terbaik akan diulas, seperti The Body Shop, Sensatia Botanicals, Petal Fresh, dan lainnya. Jadi, simak artikelnya dan temukan shampoo organik yang tepat bagi Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rontok parah ataupun ringan.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merek L'Oreal Paris, Dove, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak pilihan merek sampo di pasaran, salah satunya adalah Herbal Essences dari P&G. Herbal Essences memiliki berbagai produk perawatan rambut yang bagus dan mengandung bahan-bahan alami. Varian produknya pun cukup banyak sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan rambut dan kulit kepala Anda.Kali ini kami akan mengupas tuntas tentang Herbal Essences shampoo. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah tips cara memilihnya dari kami di artikel ini. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk terbaik, seperti Color Me Happy untuk rambut berwarna dan Hello Hydration untuk rambut rontok. Langsung mulai saja, yuk!
    Perawatan rambut
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat digunakan adalah serum rambut. Serum rambut memiliki beragam manfaat, misalnya untuk merawat rambut kering dan mengembang, mencegah kerontokan, serta merangsang pertumbuhan rambut.Jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut, kami akan berbagi tips memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek serum rambut yang bagus, seperti L'Oréal Paris, Makarizo, Kérastase, dan TRESemmé. Yuk, disimak! Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Castor Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Castor Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Castor oil atau minyak kastor diminati oleh banyak orang karena memiliki segudang manfaat. Meskipun dikenal ampuh mengatasi masalah rambut rontok, castor oil juga bisa digunakan sebagai skincare. Namun, agar mendapatkan manfaat secara maksimal, Anda perlu memilih produk castor oil yang bagus dan paling tepat.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilihnya dalam artikel ini. Kami juga telah menyiapkan review dari beberapa merek castor oil yang bagus, seperti Beorganik, Now Foods, dan Utama Spice. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari simak pembahasannya!
    Perawatan rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori