• 10 Rekomendasi Udeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Udeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Udeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Udeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Udeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Udeng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat jalan-jalan ke Bali, Anda akan melihat pria Bali menggunakan ikat kepala, baik untuk beribadah atau berkegiatan sehari-hari. Ikat kepala tradisional tersebut namanya udeng. Bentuk yang unik, motif beragam, dan makna yang mendalam membuat udeng sangat menarik untuk dibahas. Tak hanya dari Bali, ada juga udeng yang berasal dari Banyuwangi (Jawa Timur), udeng Sunda, dan udeng Jawa Tengah.


Anda sedang mencari udeng atau sekadar penasaran ingin mengetahui tentang udeng lebih dalam? Kami akan membahasnya serta merekomendasikan produk-produk yang bagus untuk Anda di artikel ini. Ikuti artikel ini sampai selesai, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 23 Agustus 2021
  • 278 Views
Daftar isi

Apa itu udeng?

Apa itu udeng?

Rasanya ada yang kurang saat pria Bali mengenakan pakaian adat, tetapi tidak mengenakan ikat kepala. Ya! Ikat kepala yang dimaksud adalah udeng. Udeng tidak hanya digunakan saat umat Hindu di Bali beribadah. Saat berkegiatan sehari-hari pun, pemuda Bali lumrah mengenakan udeng. Umat Hindu di Bali terkenal memiliki kebudayaan yang kuat sehingga tak heran jika udeng memiliki makna yang mendalam.


Bentuk udeng cenderung condong lebih tinggi di bagian kanannya. Hal ini menandakan dalam hidup manusia harus lebih banyak berbuat kebaikan (dharma) dibandingkan kejahatan (adharma). Seperti diketahui, kanan identik dengan hal yang baik. Selain itu, ikatan terakhir udeng harus pas di tengah. Dengan memakai udeng, diharapkan Anda lebih fokus menjalankan apa pun kegiatan Anda saat itu.


Arah ikatan udeng juga menandakan kepercayaan trimurti yang dianut oleh umat Hindu. Trimurti adalah tiga kekuatan Brahman (Brahma, Wisnu, dan Siwa) dalam menciptakan, memelihara, dan melindungi alam beserta isinya. 

Cara memilih udeng

Sebelum memilih produk rekomendasi, sebaiknya kenali jenis-jenis udeng lebih mendalam. Warna udeng ternyata tidak sembarangan, lho. Penasaran? Langsung simak penjelasan berikut ini.

Pilih berdasarkan tujuan penggunaannya

Pilih berdasarkan tujuan penggunaannya

Jenis udeng ada bermacam-macam, tergantung momen Anda menggunakannya. Ada yang ditujukan untuk peribadatan, acara kebudayaan, kegiatan sehari-hari, ataupun acara kesenian. Anda bisa menyesuaikan kegiatan yang Anda lakukan berdasarkan warna udengnya.


Berikut ini beberapa warna udeng yang bisa Anda pilih,

  • Putih: Anda bisa menggunakannya untuk beribadah atau saat ada upacara-upacara keagamaan.
  • Hitam: Udeng hitam cocok digunakan untuk momen kedukaan, misalnya ngaben.
  • Batik: Udeng batik bisa dipakai saat acara kebudayaan, baik yang berasal dari Bali ataupun daerah lain.
  • Merah: Udeng warna merah sering kali digunakan dalam pertunjukan seni Bali, baik itu tarian, teater, ataupun musik. Para pemain gamelan biasanya menggunakan udeng. 
  • Bebas: Untuk kegiatan sehari-hari, warna udeng lebih bebas dan variatif.

Menurut masyarakan Bali sendiri, ada tiga kategori udeng Bali yang bisa Anda pilih:

  • Udeng jejatenan: Udeng ini digunakan untuk beribadah. Ciri khasnya adalah memiliki ikatan simpul di bagian dahi atau lebih tepatnya berada di antara kedua mata. Perannya diibaratkan sebagai mata ketiga atau disebut cundamani.
  • Udeng dara kepak: Udeng ini ditujukan untuk para pemimpin atau kepala daerah. Biasanya jika ada pejabat tinggi yang datang ke Bali akan diberikan udeng dara kepak. Ciri khasnya ada semacam penutup kepala yang menandakan pengayoman terhadap warga.
  • Udeng beblatukan: Udeng yang satu ini hanya boleh digunakan oleh para pemangku atau kepala keagamaan. Para pemangku memakainya saat memimpin ibadah. Ciri khasnya adalah pengikat kepalanya di belakang dan mengarah ke bawah. Maknanya agar para pemangku lebih mengutamakan umatnya terlebih dahulu.

Kenali ciri khas udeng dari berbagai daerah

Ternyata udeng tidak hanya dikenal di Bali, lho. Selain dari Bali, udeng juga ada yang berasal dari daerah lain, terutama di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Setiap daerah memiliki ciri khas dan sebutan udeng masing-masing. Berikut ini beberapa perbedaannya.

Totopong, ikat kepala pemersatu semangat pemuda Sunda

Totopong, ikat kepala pemersatu semangat pemuda Sunda

Di Jawa Barat, udeng atau ikat kepala disebut sebagai totopong. Totopong sudah terkenal sejak zaman kerajaan Pajajaran. Anda yang menyukai lakon Kabayan mungkin familier dengan totopong karena ia selalu mengenakannya. Totopong umumnya terbuat dari kain batik atau kain polos. Awalnya totopong digunakan untuk melindungi kepala dari teriknya sinar matahari.


Pada zaman perjuangan kemerdekaan, totopong digunakan oleh para pemuda Sunda sebagai pemersatu dan penyemangat saat perang. Ada berbagai macam cara mengikat totopong berdasarkan siapa pemakainya. Contohnya adalah totopong parengkos nangka yang digunakan oleh orang tua. 

Udeng Banyuwangi, bentuknya ujungnya sejajar

Udeng Banyuwangi berbeda dengan udeng Bali. Udeng Bali ikatan atasnya lebih panjang bagian kanannya, sedangkan udeng Banyuwangi sejajar. Selain itu, kebanyakan udeng Banyuwangi menggunakan bahan batik gajah oling. Ujung yang sejajar melambangkan keseimbangan. Keseimbangan tersebut meliputi hubungan antara Tuhan dengan manusia, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.


Oleh suku Osing (suku asli Banyuwangi), udeng dianggap sebagai pelindung. Sementara itu, udeng di Jawa Timur juga disebut sebagai "mudeng" yang artinya mengerti. Menggunakan udeng berarti mencoba mengerti tentang hidup di dunia ataupun di akhirat nanti.

Blangkon Jawa Tengah, simbol kesederhanaan dan kebijaksanaan

Blangkon Jawa Tengah, simbol kesederhanaan dan kebijaksanaan

Ikat kepala tradisional dari Jawa Tengah disebut juga dengan blangkon. Blangkon menggunakan kain bermotif batik asli Jawa Tengah. Ada dua jenis blangkon, yakni blangkon Mataram dan blangkon Surakarta. Keduanya memiliki perbedaan pada bagian belakangnya yang disebut mondolan. Blangkon Mataram mondolan-nya bulat, sedangkan blangkon Surakarta lebih tipis atau pipih. 


Selain blangkon, ada juga ikat kepala atau udeng yang biasa dipakai saat pementasan kesenian kuda lumping, yakni udeng jaranan. Udeng jaranan berbentuk segitiga dengan motif kain batik. Blangkon lebih praktis karena bisa langsung dipakai, sedangkan udeng jaranan harus diikat terlebih dahulu ke kepala.

Pertimbangkan bahan dan ukurannya

Pertimbangkan bahan dan ukurannya

Setelah memutuskan udeng khas daerah yang Anda pilih, sekarang fokuskan pada ukuran serta bahannya. Ada udeng yang praktis langsung pakai dan ada yang diikat secara manual. Untuk udeng langsung pakai, pastikan diameternya pas untuk kepala Anda. Sementara itu, untuk udeng yang harus diikat manual, ukurannya biasanya 50 cm x 50 cm.


Untuk anak-anak, Anda bisa memilih yang ukurannya lebih pendek dari itu agar mudah dipakai. Bahan pembuat udeng biasanya kain katun atau satin yang adem. Beberapa jenis udeng bagian luarnya lebih glossy dibandingkan bagian dalamnya. 

10 Rekomendasi udeng terbaik

Sekarang saatnya memilih udeng dari berbagai daerah yang sudah kami sortir untuk Anda. Pilih yang motif, bahan, dan bentuknya Anda suka, ya!

10
AsalBali
UkuranTidak ada keterangan
BahanKain beludru dan plat kuningan
9
AsalBanyuwangi
UkuranS–L
BahanTidak ada keterangan
8
AsalSolo
UkuranLingkar kepala 54–58 cm
BahanKain batik
7

JnanacraftsUdeng Bali Warna Biru Polos

Mulai dari Rp 15.000,00

AsalBali
UkuranTinggi: 11 cm, lingkar udeng: 54 cm
BahanSatin
6

Egar BaliUdeng Bali Hitam Pecalang

Mulai dari Rp 87.200,00

AsalBali
UkuranPanjang: 155 cm
BahanKatun TC atau katun endek
5

Risa ShopUdeng Bali Batik Hitam Gold

UDRS7

Mulai dari Rp 15.900,00

AsalBali
UkuranAll size
BahanTidak ada keterangan
4

Seni Bali AsriUdeng Hitam Ajeg Bali

Mulai dari Rp 55.000,00

AsalBali
UkuranTidak ada keterangan
BahanKatun kombinasi songket
3
AsalJawa Tengah
UkuranPanjang: 137 cm, lebar: 69 cm
BahanKain batik
2
AsalSunda
UkuranTidak ada keterangan
BahanTidak ada keterangan
1

Souvenir Bali BudimanUdeng Bali Putih Polos Setengah Jadi

Mulai dari Rp 65.000,00

AsalBali
UkuranPanjang: 55 cm
BahanKatun premium

Tabel perbandingan produk udeng terbaik

Gambar produk
1
Souvenir Bali Budiman Udeng Bali Putih Polos Setengah Jadi 1

Souvenir Bali Budiman

2
Angel Draco Totopong Iket Sunda 1

Angel Draco

3
Kain Udeng Jawa Tengah Hitam 1

4
Seni Bali Asri Udeng Hitam Ajeg Bali 1

Seni Bali Asri

5
Risa Shop Udeng Bali Batik Hitam Gold 1

Risa Shop

6
Egar Bali Udeng Bali Hitam Pecalang 1

Egar Bali

7
Jnanacrafts Udeng Bali Warna Biru Polos 1

Jnanacrafts

8
Blangkon Dewasa  1

9
Udeng Banyuwangi 1

10
Udeng Adat Bali Dewasa 1

Nama produk

Udeng Bali Putih Polos Setengah Jadi

Totopong Iket Sunda

Kain Udeng Jawa Tengah Hitam

Udeng Hitam Ajeg Bali

Udeng Bali Batik Hitam Gold

Udeng Bali Hitam Pecalang

Udeng Bali Warna Biru Polos

Blangkon Dewasa

Udeng Banyuwangi

Udeng Adat Bali Dewasa

Keunggulan

Sembahyang jadi lebih khusyuk dengan udeng putih bersih ini!

Nyaman saat dipakai karena ada lapisan busanya

Udeng Jawa Tengah yang bisa Anda kreasikan sesuka hati

Bordir di tepiannya membuat makin keren!

Motif batik warna emas membuatnya terlihat makin mewah!

Makin gagah dengan udeng motif loreng pecalang

Lebih mengilap berkat kain satin yang digunakan

Tampil bergaya Mataraman yang klasik, tetapi estetik!

Praktis, tinggal pakai saja!

Tampil lebih mencolok berkat pelat kuningannya

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 27.500,00Rp 15.000,00Rp 55.000,00Rp 15.900,00Rp 87.200,00Rp 15.000,00Rp 35.000,00Rp 31.000,00Rp 150.000,00
AsalBaliSundaJawa TengahBaliBaliBaliBaliSoloBanyuwangiBali
UkuranPanjang: 55 cmTidak ada keteranganPanjang: 137 cm, lebar: 69 cmTidak ada keteranganAll sizePanjang: 155 cmTinggi: 11 cm, lingkar udeng: 54 cmLingkar kepala 54–58 cmS–L Tidak ada keterangan
BahanKatun premiumTidak ada keteranganKain batikKatun kombinasi songketTidak ada keteranganKatun TC atau katun endekSatinKain batikTidak ada keteranganKain beludru dan plat kuningan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi fashion tradisional terbaik lainnya di sini

Selain udeng, ada beberapa produk fashion tradisional yang tidak boleh Anda lewatkan. Kebaya dari berbagai daerah, kain songket, hingga batik adalah beberapa contohnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan referensinya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan udeng sesuai kemauan Anda? Setiap daerah memiliki filosofi tersendiri terhadap udeng atau ikat kepala. Rasanya tak perlu diperdebatkan atau dicari mana yang paling benar. Keragaman itulah yang membuat Indonesia kaya.


Jika Anda suka mengenakan udeng, Anda bisa mengoleksi udeng dari berbagai daerah. Pilihlah yang motifnya Anda suka, cara pakainya tidak sulit, dan bahannya nyaman. 

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Apple Watch Band Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Apple Watch Band Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Adanya fitur menarik, seperti GPS dan waterproof membuat Apple Watch diminati oleh banyak orang. Band atau talinya juga kian digandrungi sebagai aksesori. Terdapat berbagai bahan Apple Watch band yang bisa Anda pilih. Misalnya band berbahan nilon dan silikon yang memberikan kesan kasual. Ada juga band berbahan stainless steel dan leather yang cocok digunakan untuk keperluan bisnis.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih serta merekomendasikan sepuluh Apple Watch band terbaik. Selain Apple, kami juga menyajikan band dari berbagai merek, seperti Baseus, Spigen, serta SUPCASE. Temukan band pilihan Anda di sini!
    Aksesori pria
    12.910 Views
  • 10 Jam Tangan Militer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Jam Tangan Militer (Terbaru Tahun 2021)
    Jam tangan militer merupakan fashion item yang populer karena berbagai fiturnya, seperti waterproof dan shockproof. Jam tangan ini hadir dalam berbagai variasi desain, mesin, dan bahan yang dapat dipilih. Selain itu, tersedia juga merek-merek terkenal, seperti Garmin, Casio, dan Luminox sehingga Anda bisa saja kebingungan saat memilih.Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi jam tangan militer terbaik yang dapat dipilih sesuai dengan selera Anda. Namun, sebelum masuk dalam rekomendasi produk, perhatikan dulu cara memilihnya berikut ini. Simak informasinya dan temukanlah produk yang paling tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Aksesori pria
    39.442 Views
  • 10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Clutch bag merupakan tas pegang yang mirip dompet dan ukurannya bervariasi. Anda yang melek fashion tentunya sudah tidak asing dengan clutch bag. Fashion item ini tidak hanya diminati oleh wanita, tetapi juga banyak digunakan oleh kaum pria. Clutch bag biasanya dipakai saat ke pesta atau dijadikan tempat menyimpan barang saat bepergian.Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih clutch bag pria yang bagus dan keren. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek clutch bag. Ada clutch bag dari brand lokal, seperti KEE INDONESIA dan EIGER atau clutch bag branded dari COACH.
    Aksesori pria
    17.484 Views
  • 10 Rekomendasi Topi Rajut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Rajut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Topi rajut atau yang biasa disebut dengan kupluk dapat membuat penampilan semakin stylish. Tidak hanya mempermodis, topi rajut juga dapat menghangatkan ketika cuaca dingin. Namun, kini desain dan model kupluk sudah sangat bervariasi, termasuk kupluk untuk pria. Bagi Anda yang belum familier dengan topi seperti ini mungkin akan kebingungan dalam memilih.Maka dari itu, kali ini kami akan membantu Anda dalam menentukan topi rajut yang terbaik. Kami juga akan membahas cara memilih desain topi rajut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Buat gaya Anda semakin sophisticated dengan topi rajut!
    Aksesori pria
    5.439 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Skagen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Skagen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Skagen merupakan merk jam tangan yang masih tergolong baru. Desainnya sederhana, minimalis, tipis, dan ringan di tangan. Bodi dan strap jam tangan ini tersedia dalam berbagai bahan, seperti titanium, stainless steel, dan leather. Begitu pula dengan model-modelnya yang unik dan elegan.Dengan banyaknya seri yang tersedia di pasaran, Anda tentu bingung dalam memilihnya, bukan? Kali ini, kami akan mengulas produk jam tangan Skagen terbaik untuk pria. Seri Melbye, Grenen, dan Holst juga ada di dalam daftar rekomendasi kami. Segera temukan produk yang sesuai dengan gaya Anda!
    Aksesori pria
    1.700 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan G-Shock Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Tangan G-Shock Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jam tangan bukan lagi sekadar penunjuk waktu, tetapi sudah menjadi bagian dari fashion. Salah satu produsen jam tangan, Casio, memiliki koleksi jam tangan tangguh sekaligus kece dalam seri G-Shock. Jam tangannya tahan banting serta memiliki tampilan sporty. Di samping itu, G-Shock juga menawarkan fitur-fitur lainnya yang cukup menarik.Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang jam tangan G-Shock untuk pria. Simaklah tips kami dalam memilih produk jam tangan G-Shock yang pas untuk pria. Baca juga rekomendasi produk terbaiknya, seperti G-Steel, Gravity Master, G-Squad, sampai G-Lide. Selamat membaca!
    Aksesori pria
    2.383 Views
  • 10 Rekomendasi Topi Snapback Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Snapback Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Sempurnakan gaya trendi dan modis Anda dengan topi snapback! Daya tarik dari topi snapback memang selalu berhasil membuat tampilan terlihat makin fashionable. Sudah banyak artis dalam negeri hingga mancanegara yang menjadikan topi snapback sebagai aksesoris kesayangannya. Anda tidak mau kalah, kan? Nah, di artikel ini kami akan mengupas tuntas tips memilih topi snapback yang bagus dan tepat khusus untuk pria. Tak lupa juga rekomendasi produk dari merk ternama seperti Eiger dan Rip Curl akan kami ulas. Untuk itu, bacalah dengan saksama dari awal hingga akhir, ya!
    Aksesori pria
    499 Views
  • 10 Jam Tangan GUESS Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Jam Tangan GUESS Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jika berbicara soal jam tangan, tentu Anda tidak asing dengan merk GUESS. GUESS pertama kali meluncurkan koleksinya pada tahun 1983 dan konsisten memanjakan konsumen dengan produk-produknya yang menarik hingga kini. Dengan desain yang stylish dan kualitas teruji, tidak heran bila jam tangan GUESS memiliki banyak peminat. Nah, agar Anda mendapatkan produk yang tepat, kami membagikan beberapa tips dalam memilih jam tangan GUESS. Jangan lewatkan juga sepuluh rekomendasi jam tangan GUESS pria yang bagus dan terpopuler di pasaran. Selamat membaca dan temukan jam tangan GUESS yang sesuai dengan gaya Anda!
    Aksesori pria
    427 Views
  • 10 Merk Kaos Kaki Pendek Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaos Kaki Pendek Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Agar sepatu yang dikenakan terasa nyaman, Anda tak boleh melewatkan untuk memakai kaos kaki. Di samping kaos kaki panjang, kaos kaki pendek pria juga ternyata banyak diminati. Jika Anda sedang mencari kaos kaki pendek pria, kami akan membantu Anda memilih produk terbaik.  Ada banyak model yang akan kami rekomendasikan, salah satunya kaos kaki pendek untuk olahraga dan untuk pemakaian formal. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merk yang bagus untuk Anda pilih, seperti Converse, Puma, atau Pierre Cardin. Untuk lebih jelas, baca artikel ini selengkapnya!
    Aksesori pria
    231 Views
  • 10 Rekomendasi Kopiah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopiah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopiah adalah aksesori penutup kepala untuk pria. Berbeda dengan topi, kopiah lebih sering digunakan untuk beribadah atau menghadiri acara tertentu. Meski demikian, kopiah di Indonesia bukanlah identitas dari suatu agama, melainkan identitas bangsa secara menyeluruh. Itulah mengapa kopiah banyak dijual di pasaran, termasuk di marketplace.Ada bermacam-macam merek kopiah yang bagus di Indonesia, mulai dari Atlas, Ramli, hingga HIJARHMEN. Supaya Anda tidak bingung, pada artikel ini akan kami sampaikan cara-cara memilih kopiah beserta sepuluh rekomendasi kopiah terbaik. Setelahnya, akan ada tips merawat kopiah agar lebih tahan lama. Selamat membaca!
    Aksesori pria
    214 Views
  • Artikel populer

  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan smartwatch kini berkembang sebagai kebutuhan masyarakat urban, tak terkecuali bagi kaum pria. Jam tangan pintar ini sangat multifungsi dan berguna untuk mendukung aktivitas harian Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur smartwatch untuk menerima telepon, berolahraga, dan tracking aktivitas harian Anda. Smartwatch membuat aktivitas Anda terasa lebih praktis, mudah, dan efektif. Apakah Anda berminat membeli smartwatch? Kami punya panduan dan ulasan agar Anda menemukan smartwatch terbaik. Beberapa merk smartwatch yang bagus dan terkenal, seperti Xiaomi, Samsung, Fossil, dan Garmin, akan turut kami review di sini. Yuk, ikuti tips-tips kami.
    Aksesori pria
    144.545 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Baca Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kacamata Baca Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kacamata baca hadir dengan berbagai jenis dan desain frame yang keren dari tahun ke tahun. Hal ini tidak aneh mengingat kacamata baca sangat diperlukan, terutama bagi pria berusia 40 tahun ke atas. Namun, banyaknya kacamata baca pria branded, seperti Essilor dan William Palmer, mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih kacamata baca pria yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya. Anda dapat memilih kacamata baca plus atau produk yang modis dan murah. Simak informasinya ya!
    Aksesori pria
    69.536 Views
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kerjaan Anda menuntut untuk berpindah-pindah tempat dari outdoor ke indoor atau sebaliknya? Mungkin inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata photochromic. Kacamata yang lebih familier disebut kacamata transisi ini bisa menangkal silaunya sinar UV. Jadi, Anda tidak perlu repot bergonta-ganti dari kacamata baca ke kacamata hitam. Ada banyak model dan fungsi kacamata photochromic yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membelinya. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih kacamata photochromic yang bagus untuk Anda. Kacamata transisi bermerek, seperti Oakley, Ray-Ban, dan Shimano juga turut kami ulas di sini. Simak ulasannya, yuk!
    Aksesori pria
    3.032 Views
  • 10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Clutch bag merupakan tas pegang yang mirip dompet dan ukurannya bervariasi. Anda yang melek fashion tentunya sudah tidak asing dengan clutch bag. Fashion item ini tidak hanya diminati oleh wanita, tetapi juga banyak digunakan oleh kaum pria. Clutch bag biasanya dipakai saat ke pesta atau dijadikan tempat menyimpan barang saat bepergian.Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih clutch bag pria yang bagus dan keren. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek clutch bag. Ada clutch bag dari brand lokal, seperti KEE INDONESIA dan EIGER atau clutch bag branded dari COACH.
    Aksesori pria
    17.473 Views
  • 10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Dompet kulit menjadi salah satu jenis dompet favorit para pria karena memberi kesan berwibawa, keren, dan stylish. Selain itu, dompet kulit juga terkenal lebih awet dan tahan lama. Apakah Anda juga penggemar dompet jenis ini?Nah, kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dompet kulit yang bagus untuk pria. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi merek dompet kulit terbaik untuk pria, seperti Fossil, Eiger, dan Voyej. Ada juga produk dompet kulit asli yang pastinya menarik untuk Anda miliki. Mari simak artikel berikut dan temukanlah dompet pria terbaik untuk Anda!
    Aksesori pria
    21.442 Views
  • 10 Rekomendasi Gelang Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gelang Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa bilang pria yang menggunakan gelang akan terlihat kurang jantan? Saat memakai gelang dengan model yang diperuntukkan untuk pria, tampilan Anda malah menjadi lebih fashionable. Ada beragam jenis gelang pria yang ditawarkan, ada gelang kesehatan, gelang tali, gelang karet, dan lainnya. Banyak, kan?Lalu, gelang seperti apa yang bagus dan cocok untuk Anda? Di artikel ini kami akan berikan tips memilih dan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Gelang dari merk TuTu&Co, Sorcery, dan Kuzzoi pun akan kami ulas. Agar lebih mantap dan tepat saat memilih, baca penjelasannya hingga tuntas, ya!
    Aksesori pria
    10.037 Views
  • 10 Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Peci Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pria muslim, salah satu item pelengkap ibadah favorit adalah peci hitam. Selain merupakan sunah dari Rasulullah, memakai peci membuat outfit ibadah makin maksimal. Saat ini, model peci hitam sangat beragam, mulai dari peci rajut, songkok, pakol, dan lainnya. Bahkan, ada beberapa produk yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kegiatan selain ibadah.Karena pilihan yang beragam, kami akan memberikan tips memilihnya agar Anda tidak salah pilih. Kami juga akan memberikan rekomendasi peci hitam yang bagus dari beberapa merk, seperti Samase, Wadimor, dan Zayidan. Selamat membaca dan pilih produk kesukaan Anda!
    Aksesori pria
    8.771 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori