• 10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Thai tea adalah minuman teh susu kekinian dari Thailand yang disukai masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat banyak orang ketagihan. Anda sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bubuk thai tea instan, lho! Namun, bagimana cara memilih bubuk thai tea yang paling enak?


Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubuk thai tea terenak. Tak lupa, ada juga rekomendasi bubuk thai tea terbaik dari merek Thailand dan Indonesia, seperti Cha Tra Mue, Ranong, HiLo, dan Nestea. Tentunya seluruh produk rekomendasi kami dapat dibeli di sejumlah e-commerce. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Perbedaan thai tea, milk tea, dan teh tarik

Perbedaan thai tea, milk tea, dan teh tarik

Thai tea, milk tea, dan teh tarik adalah minuman berbahan dasar teh yang dicampur susu. Ketiganya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, terutama saat diminum dingin. Namun, terdapat sejumlah perbedaan dan karakteristik tersendiri pada tiga minuman tersebut.


Thai tea atau cha yen adalah minuman khas Thailand yang dibuat dari teh hitam dan sejumlah rempah. Kombinasi teh dan rempah itu kemudian disaring untuk dicampur dengan susu, gula, dan krimer. Ciri khas lain dari thai tea adalah warna oranye yang menggugah selera.


Sementara itu, milk tea adalah minuman yang dibuat dari campuran teh dan susu. Minuman ini tergolong paling mudah dibuat karena Anda cukup menyeduh dan mengaduk kedua bahan dasarnya saja. Umumnya, milk tea dijual dengan tambahan topping, seperti boba, puding, atau agar-agar.


Di sisi lain, ada pula teh tarik yang cara pembuatannya cukup unik, yaitu menggunakan gelas yang ditarik. Teh tarik asli dibuat dengan cara dituang dari satu gelas ke gelas lain dengan gerakan seperti tarik-menarik. Cara tersebut memunculkan buih di bagian atasnya. Minuman ini berwarna cokelat muda dengan sedikit rasa pahit khas teh di antara rasa manisnya. Teh tarik banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan India.

Cara memilih bubuk thai tea

Setelah Anda mengetahui perbedaan thai tea, milk tea, dan teh tarik, mari membaca bagian selanjutnya. Bagaimanakah cara memilih bubuk thai tea yang tepat? Simak penjelasannya di bawah ini.

Periksa tekstur dan warna bubuk thai tea

Pertama-tama, Anda perlu melihat tekstur dan warna bubuk thai tea. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menyeleksi produk yang akan dibeli.

Utamakan bubuk thai tea bertekstur halus dan tidak menggumpal

Utamakan bubuk thai tea bertekstur halus dan tidak menggumpal

Dalam memilih bubuk thai tea, sebaiknya Anda memilih produk bertekstur halus. Bubuk thai tea yang teksturnya halus akan lebih mudah larut dalam air. Rasa thai tea tentu akan lebih nikmat bila tidak ada butiran yang mengganggu saat diminum. 


Selain itu, pastikan bubuk thai tea tidak menggumpal. Gumpalan biasanya terjadi karena bubuk thai tea mengalami proses oksidasi akibat kontak dengan air atau udara. Selain itu, penggumpalan juga bisa terjadi karena kemasannya terlalu sering dibuka-tutup, serta terkena sendok bekas.

Pastikan bubuk thai tea tidak terlihat pucat

Pastikan bubuk thai tea tidak terlihat pucat

Salah satu daya tarik minuman thai tea adalah warnanya yang terlihat segar. Namun, perlu diketahui bahwa warna oranye pada thai tea berasal dari bahan pewarna artifisial. Thai tea dengan warna oranye yang lebih pekat biasanya memiliki rasa teh yang juga lebih pekat.


Warna oranye yang lebih lembut umumnya muncul karena tambahan susu dan krimer. Jadi, produk yang menghasilkan warna oranye pucat bisa jadi memiliki rasa susu yang cenderung lebih kuat. 

Pilih produk yang rasa tehnya lebih kuat

Pilih produk yang rasa tehnya lebih kuat

Poin lain yang menambah keunggulan thai tea adalah aroma teh rempah yang memikat. Bahan baku thai tea sendiri antara lain teh hitam, bunga lawang, kapulaga, kayu manis, vanili, bubuk asam, dan ekstrak almond.


Selain itu, thai tea khas Thailand umumnya lebih didominasi oleh rasa tehnya dibandingkan rasa manis susu. Karena itu, ada baiknya Anda memilih bubuk thai tea yang rasa dan aroma tehnya lebih kuat. Namun, ada juga orang yang lebih memilih thai tea dengan rasa manis yang dominan. 


Jika Anda termasuk orang yang lebih menyukai rasa manis, pilihlah produk dengan komposisi gula yang lebih banyak. Bila Anda menyukai thai tea yang cenderung creamy atau milky, perhatikan kadar susu serta krimernya. Anda bisa melihat komposisi produk untuk melihat takaran bahan baku produk yang akan dibeli.

Perhatikan saran penyajiannya

Perhatikan saran penyajiannya

Untuk mendapatkan rasa terbaik dari bubuk thai tea yang dibeli, Anda sebaiknya tidak melewatkan saran penyajiannya. Sejumlah produk memiliki saran penyajian yang berbeda sehingga Anda perlu memperhatikannya. 


Umumnya, Anda perlu melarutkan bubuk thai tea menggunakan air panas. Namun, takaran air yang dibutuhkan pada setiap produk bisa berbeda-beda. Ada yang tiap sasetnya bisa diseduh dengan 100 ml air panas, ada juga yang membutuhkan lebih sedikit air.


Setelah menyeduhnya, Anda bisa langsung meminumnya bila ingin menikmati thai tea hangat. Anda juga bisa menambahkan es batu untuk merasakan thai tea dingin yang menyegarkan. Di samping itu, beberapa produk dapat ditambahkan ke makanan seperti puding, kue, dan pancake. 

Cek asal negara produsennya

Cek asal negara produsennya

Anda juga bisa memilih suatu produk dengan memperhatikan asal negara produsen. Bubuk thai tea buatan produsen lokal biasanya memiliki cita rasa yang telah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Sementara itu, merek Thailand umumnya mempertahankan rasa autentik, serta dibuat dari bahan baku asli Thailand.


Di sisi lain, merek lokal cenderung lebih mudah diperoleh dan harganya lebih terjangkau. Bubuk thai tea asli Thailand masih tergolong terbatas penjualannya. Harganya pun lebih mahal karena harus diimpor. 


Berikutnya, jangan lupa untuk mengecek jumlah saset atau berat kemasan sebelum membelinya. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10 Rekomendasi produk bubuk thai tea terbaik

Di bawah ini terdapat sepuluh merek thai tea terbaik versi rekomendasi kami. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan selera Anda!

10
KomposisiTidak disebutkan
Isi1 kilogram
Saran penyajianSeduh dengan air panas atau dingin
Asal produsenIndonesia
9
KomposisiTidak disebutkan
Isi1 kilogram
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air hangat; Seduh dengan 100 ml air hangat, tambahkan es batu
Asal produsenIndonesia
8
KomposisiGula , krimer nabati, teh bubuk, susu krim bubuk (1%), teh thai
Isi27,5 gram x 5 saset
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air hangat, bisa ditambahkan es batu
Asal produsenIndonesia
7
KomposisiCreamer nabati, bubuk teh
Isi1 kilogram
Saran penyajianDiblender dengan 90 ml air/susu dan satu gelas es batu
Asal produsenIndonesia
6
KomposisiGula, krimer, susu skim bubuk, teh bubuk, perisa alami, pewarna buatan
Isi28 gram x 10 saset
Saran penyajianSeduh satu saset dengan 150 ml air panas; Seduh dua saset dengan 50 ml air panas, tambahkan 150 ml air dingin dan es batu
Asal produsenIndonesia
5
KomposisiSukrosa, krimer nabati, bubuk teh (5%), bubuk whey, mineral kalsium karbonat, susu bubuk skim, garam NaCl, perisa sintetik, pemanis buatan
Isi15 gram x 10 saset
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air hangat; Seduh dengan 100 ml air hangat, tambahkan es batu
Asal produsenIndonesia
4
KomposisiKrimer, gula (sukrosa), maltodekstrin, inulin, susu bubuk skim, bubuk teh (2,71%), garam, penstabil, perisa alami teh thailand, stevia
Isi48 gram x 12 saset
Saran penyajianSeduh dengan 120 ml air panas; Seduh dengan 100 ml air panas, tambahkan es batu
Asal produsenIndonesia
3
Komposisigula 59%, krimer 22%, susu bubuk skim 13%, teh 3%, krimer, pemanis artifisial
Isi35 gram x 13 saset
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air hangat; Seduh dengan 100 ml air hangat, tambahkan es batu
Asal produsenThailand
2
KomposisiKrimer, gula, susu bubuk, teh hitam (5,8%), pemanis buatan, perisa alami, antikempal silikon dioksida, pewarna kuning
Isi20 gram x 10 saset; 20 gram x 5 saset
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air panas; Seduh dengan 100 ml air panas, tambahkan es batu
Asal produsenThailand
1
KomposisiGula (47%), krimer (42%), bubuk teh hitam (5,1%), bubuk susu murni (4,5%), perasa identik alami (0,9%), aspartam (0,4%), pewarna buatan (0,1%)
Isi20 gram x 5 saset
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air panas; Seduh dengan 100 ml air panas, tambahkan es batu
Asal produsenThailand

Tabel perbandingan produk bubuk thai tea terbaik

Gambar produk
1
Cha Tra Mue Instant Thai Tea 1

Cha Tra Mue

2
Ranong Tea 3 in 1 Thai Tea Mix 1

Ranong Tea

3
Nestle Nestea Thai Milk Tea  1

Nestle

4
Heavenly Kitchen Thai Tea Latte 1

Heavenly Kitchen

5
Nutrifood HiLo Thai Tea 1

Nutrifood

6
Zenlatte Thai Tea Pouch 1

Zenlatte

7
Otten Coffee Thai Tea Powder 1 Kg 1

Otten Coffee

8
Mamio Thai Tea Flavored Drink 1

Mamio

9
Haldin Foods Thai Tea Powder 1

Haldin Foods

10
Indo Powder Booster Drink Powder Thai Tea 1

Indo Powder

Nama produk

Instant Thai Tea

3 in 1 Thai Tea Mix

Nestea Thai Milk Tea

Thai Tea Latte

HiLo Thai Tea

Thai Tea Pouch

Thai Tea Powder 1 Kg

Thai Tea Flavored Drink

Thai Tea Powder

Booster Drink Powder Thai Tea

Keunggulan

Merek favorit dan best seller secara global

Selain minuman, bisa dijadikan aneka dessert lainnya

Isi lebih banyak, rasa lebih pekat

Lebih rendah gula dengan pemanis alami stevia

Tinggi kalsium dan mengandung kebaikan daun teh pilihan

Teksturnya yang creamy pasti membuat ketagihan

Rasakan thai tea racikan barista tanpa repot ke kafe

Tidak mengandung pemanis buatan, tetapi rasa dan aromanya tetap nikmat

Lebih unik dengan sentuhan rasa vanila

Harganya ramah di kantong pelaku UMKM

Harga mulai dariRp 47.000,00Rp 45.000,00Rp 105.000,00Rp 96.000,00Rp 13.700,00Rp 22.850,00Rp 135.000,00Rp 32.000,00Rp 110.000,00Rp 65.000,00
KomposisiGula (47%), krimer (42%), bubuk teh hitam (5,1%), bubuk susu murni (4,5%), perasa identik alami (0,9%), aspartam (0,4%), pewarna buatan (0,1%)Krimer, gula, susu bubuk, teh hitam (5,8%), pemanis buatan, perisa alami, antikempal silikon dioksida, pewarna kuninggula 59%, krimer 22%, susu bubuk skim 13%, teh 3%, krimer, pemanis artifisialKrimer, gula (sukrosa), maltodekstrin, inulin, susu bubuk skim, bubuk teh (2,71%), garam, penstabil, perisa alami teh thailand, steviaSukrosa, krimer nabati, bubuk teh (5%), bubuk whey, mineral kalsium karbonat, susu bubuk skim, garam NaCl, perisa sintetik, pemanis buatanGula, krimer, susu skim bubuk, teh bubuk, perisa alami, pewarna buatanCreamer nabati, bubuk tehGula , krimer nabati, teh bubuk, susu krim bubuk (1%), teh thaiTidak disebutkanTidak disebutkan
Isi20 gram x 5 saset20 gram x 10 saset; 20 gram x 5 saset35 gram x 13 saset48 gram x 12 saset15 gram x 10 saset28 gram x 10 saset1 kilogram27,5 gram x 5 saset1 kilogram1 kilogram
Saran penyajianSeduh dengan 150 ml air panas; Seduh dengan 100 ml air panas, tambahkan es batuSeduh dengan 150 ml air panas; Seduh dengan 100 ml air panas, tambahkan es batuSeduh dengan 150 ml air hangat; Seduh dengan 100 ml air hangat, tambahkan es batuSeduh dengan 120 ml air panas; Seduh dengan 100 ml air panas, tambahkan es batuSeduh dengan 150 ml air hangat; Seduh dengan 100 ml air hangat, tambahkan es batuSeduh satu saset dengan 150 ml air panas; Seduh dua saset dengan 50 ml air panas, tambahkan 150 ml air dingin dan es batuDiblender dengan 90 ml air/susu dan satu gelas es batuSeduh dengan 150 ml air hangat, bisa ditambahkan es batuSeduh dengan 150 ml air hangat; Seduh dengan 100 ml air hangat, tambahkan es batuSeduh dengan air panas atau dingin
Asal produsenThailandThailandThailandIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesia
Tautan produk

Baca juga rekomendasi minuman instan lainnya di sini

Selain bubuk thai tea, masih banyak minuman instan lain yang dapat Anda coba untuk melepaskan dahaga. Biar makin lengkap, bagaimana bila Anda baca juga artikel rekomendasi minuman instan yang lain? Silakan baca artikel minuman instan lainnya di bawah ini.

Kesimpulan

Sekian pembahasan kali ini tentang bubuk thai tea. Produk manakah yang paling membuat Anda tertarik untuk segera membelinya?


Dengan bubuk thai tea, Anda bisa menikmati segelas thai tea secara lebih praktis di rumah. Namun, sebelum membeli, pastikan Anda telah mempertimbangkan tekstur, warna, rasa, saran penyajian, dan asal produsennya. Semoga cara memilih dan rekomendasi produk yang kami sampaikan memudahkan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas.Kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merek kopi yang bagus, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Kandungan kafein di dalam kopi sayangnya memberikan efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaffeinated, kopi dengan kadar kafein yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaffeinated, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek kopi decaf yang bagus. Nescafé, Illy, Kopinata, Arutala, dan Starbucks ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai solusi agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam merek yang bagus, seperti Nestle, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyak produk di pasaran, manakah krimer yang paling enak sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman teh dalam kemasan selalu menjadi produk top of mind saat Anda mencari pelepas dahaga. Ada banyak brand minuman teh dalam kemasan yang dijual di pasaran. Rasanya pun terbilang cukup beragam, mulai dari rasa original sampai milk tea yang creamy.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai minuman teh dalam kemasan. Simaklah tips dari kami tentang cara memilih minuman teh dalam kemasan. Kami juga akan memberikan rekomendasi minuman teh dalam kemasan terbaik, seperti Tehbotol Sosro, Teh Pucuk, Fruit Tea, dan banyak lainnya. Simak pembahasan kami dan temukan minuman teh yang menarik!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Teh Dilmah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teh Dilmah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dibandingkan kopi, teh memiliki kandungan kafein yang lebih rendah. Aroma teh sangat harum dan cukup beragam. Salah satu merek teh ternama di dunia adalah Dilmah. Teh asal Sri Lanka ini dibuat dengan menggunakan teh khas negara tersebut yaitu Ceylon.Teh Ceylon yang sudah mendunia ini bisa dengan mudah Anda temukan di marketplace. Kami akan memberikan tips memilih teh Dilmah yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi teh Dilmah terbaik, seperti Pure Camomile Flowers, Traditional Oolong, dan Green Tea with Jasmine. Segera simak pembahasan kami, ya!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori