mybest
Legging

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita muslim
  4. 10 Merk Legging Wudhu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Legging Wudhu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Legging Wudhu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Legging Wudhu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Legging Wudhu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Legging Wudhu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Legging Wudhu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Legging merupakan celana yang bersifat elastis dan pas mengikuti bentuk kaki. Tidak hanya membuat penampilan menjadi lebih fashionable, bagi seorang muslim, legging bisa dijadikan inner untuk menutupi aurat. Salah satu terobosan fashion hijab yang kini populer pada kalangan hijaber adalah legging wudhu.


Kali ini, kami akan membahas tentang pemilihan legging wudhu untuk para wanita muslim serta memberi rekomendasi produk yang bagus. Berbagai merek legging wudhu ternama ada di dalamnya, seperti Elzatta, Jilbab Arfa, dan Dauky. Supaya tidak ada yang terlewatkan, baca artikel ini dengan saksama, ya!

Diperbaharui 03-31-2023
Halida Fatha
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Halida Fatha

Halida Fatha Arrifa atau sering dipanggil Halida adalah mahasiswi S2 Kajian Pariwisata di Universitas Gadjah Mada. Karena kesukaannya dengan budaya Jepang, pada tahun 2016 hingga 2018 ia pun pernah hijrah ke Jepang untuk belajar bahasa Jepang. Bukan hanya gemar traveling dan belajar bahasa, Halida juga senang mengikuti perkembangan fashion mode di Jepang. Tak heran jika saat ini ia pun menjadi seorang fashion enthusiast dan kreator di mybest yang sering mengulas mengenai busana wanita.

Profil Halida Fatha
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 31 Maret 2023)

Daftar isi

Apa itu legging wudhu?

Apa itu legging wudhu?

Jika dilihat, legging wudu sebenarnya sama seperti legging biasa. Bedanya, legging wudu memiliki panjang sampai ujung kaki hingga menyerupai stoking. Bagian ujung kaki legging ini dilengkapi dengan celah yang bisa dibuka dan ditutup sehingga memudahkan muslimah untuk berwudu.


Karena sudah menutupi mata kaki, wanita muslim tidak perlu mengenakan kaus kaki lagi. Seperti diketahui, mata kaki merupakan aurat yang harus ditutupi. Legging wudu ini berfungsi sebagai inner yang bisa dipadukan dengan dress atau rok. Selain mampu menutupi aurat, banyak wanita muslim yang memadukan style hijab dengan legging wudu.


Selebgram papan atas pun tak mau kalah untuk ber-OOTD legging hijab. Ada yang OOTD legging hitam dengan flare skirt abu-abu dan atasan blus krem untuk menciptakan monochrome look. Kemudian, ada juga yang memadukannya dengan mini dress untuk menghasilkan penampilan feminin. Jadi, Anda sudah siapa untuk mix and match dengan legging wudu pilihan?

Cara memilih legging wudhu

Bahan legging, ukuran, serta warna yang pas akan membuat legging terasa nyaman dan tentu terlihat menarik. Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih legging wudu.

① Katun rib, spandex, atau rayon? Kenali bahan legging yang nyaman

Umumnya, legging dibuat dari beberapa bahan, di antaranya katun rib, spandex, dan rayon. Mari ketahui kelebihan dari setiap bahan ini, kemudian pilih yang paling pas untuk Anda!

Katun rib, mampu menyerap keringat dengan baik

Katun rib, mampu menyerap keringat dengan baik

Katun rib adalah bahan yang proses pembuatannya menggunakan kain katun dengan teknik rajut atau ribbing. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan halus. Tekstur kain yang halus ini dapat mencegah kulit iritasi akibat bergesekan dengan kain yang kasar.


Bahan ini cocok dikenakan pada segala cuaca. Dipakai saat cuaca panas pun tidak masalah karena katun rib dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, bahan ini juga tahan lama dan awet. Dengan begitu, legging dari bahan ini tidak mudah sobek meski sering dicuci atau karena aktivitas Anda sekalipun.

Spandex, sangat elastis dan mampu meregang dengan baik

Spandex, sangat elastis dan mampu meregang dengan baik

Bahan legging wudu lain yang kami rekomendasikan untuk dipilih adalah spandex atau biasa ditulis elastane. Bahan ini memang bahan yang sering digunakan untuk membuat legging. Hal ini karena spandex terkenal akan elastisitasnya yang tinggi serta mampu meregang dengan baik.


Bahan elastis ini membuat Anda lebih nyaman beraktivitas karena ruang gerak tidak akan terasa dibatasi. Terlebih lagi, bahan ini juga bersifat halus dan lembut. Namun, kain spandex memiliki daya serap yang kurang baik sehingga kurang cocok dikenakan saat cuaca panas.

Rayon, lembut dan tidak mudah kusut

Rayon, lembut dan tidak mudah kusut

Rayon memiliki kelebihan yang hampir mirip dengan katun. Legging berbahan rayon juga berdaya serap tinggi serta memiliki tekstur yang halus. Rayon sendiri biasanya dikombinasikan dengan bahan lain, seperti poliester, jersey, spandex, dan lain-lain.


Legging dari rayon juga tidak perlu disetrika karena sifatnya yang tidak mudah kusut. Sayangnya, legging wudu berbahan ini kurang elastis dibandingkan bahan lain. Jika Anda mencari legging wudu dari rayon, kami sarankan memilih produk yang dikombinasikan dengan spandex.

② Pilih ukuran yang pas dan tidak terlalu ketat

Poin selanjutnya adalah Anda harus menyesuaikan ukuran legging dengan bentuk tubuh Anda. Di bawah ini ada dua jenis ukuran legging wudu yang ada di pasaran. Yuk, langsung simak penjelasan kami!

Untuk wanita bertubuh gemuk, legging berukuran jumbo cocok dipilih

Untuk wanita bertubuh gemuk, legging berukuran jumbo cocok dipilih

Kebanyakan wanita bertubuh gemuk mungkin kurang percaya diri menggunakan legging. Agar tetap nyaman, Anda bisa mengenakan legging berukuran jumbo. Legging wudu jumbo ini memiliki ukuran XL hingga XXL. Terlebih lagi, legging jumbo ini bisa digunakan untuk wanita yang memiliki berat badan 90–110 kg. Jangan lupa untuk memilih bahan yang nyaman dan elastis, ya.

Untuk wanita berbadan kecil, lebih proporsional dengan legging berukuran pas

Untuk wanita berbadan kecil, lebih proporsional dengan legging berukuran pas

Jika Anda bertubuh mungil, akan lebih mudah lagi menemukan legging wudu yang pas untuk Anda. Banyak variasi ukuran, model, hingga warna yang bisa dipilih. Legging wudu ini dijual dalam pilihan ukuran mulai XS, S, M, hingga L.


Anda juga dapat memilih legging dengan keterangan all size. Biasanya legging wudu all size bisa meregang hingga ukuran L atau XL. Agar tidak salah memilih ukuran, perhatikan keterangan dalam deskripsi produk jika Anda membeli melalui e-commerce.

③ Agar awet dan tidak mudah melar, cari legging berbahan tebal

Agar awet dan tidak mudah melar, cari legging berbahan tebal

Saat membeli suatu barang tentu Anda ingin bisa memakainya dalam waktu lama, bukan? Oleh karena itu, pastikan memilih legging yang berbahan tebal. Selain awet, legging yang tebal juga tidak akan terlihat menerawang sehingga aurat dapat tertutupi dengan sempurna. Jika mencari legging wudu yang tebal, sebaiknya memilih produk dari bahan katun rib atau spandex. Tidak hanya tebal, kedua bahan ini memang dikenal awet dan tidak mudah melar.

④ Pertimbangkan legging warna gelap agar mudah dipadukan dengan beragam outfit

Pertimbangkan legging warna gelap  agar mudah dipadukan dengan beragam outfit

Karena legging wudu umumnya dikenakan wanita berhijab, kami menyarankan untuk menghindari legging berwarna nude. Legging warna nude seperti krem akan memberikan kesan terbuka pada penampilan Anda. Sebaiknya pilih legging berwarna gelap, seperti hitam, navy, atau abu-abu tua. Warna-warna ini terlihat netral dan mudah dipadukan dengan beragam outfit Anda.

10 Rekomendasi legging wudhu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk legging wudu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mybamus

Legging Wudhu Alica Black

Mybamus Legging Wudhu Alica Black 1枚目

Legging wudhu paling laris disukai banyak wanita

2

Emikoawa

Legging Wudhu Premium

Emikoawa Legging Wudhu Premium 1枚目

Dibuat dari bahan premium yang kualitasnya terjamin dan awet

3

Le Najwa

Latifah Legging Wudhu

Le Najwa Latifah Legging Wudhu 1枚目

Harganya ramah di kantong dan tidak menerawang

4

Jilbab Arfa

Naura Celana Wudhu

Jilbab Arfa Naura Celana Wudhu 1枚目

Hadirkan pilihan-pilihan warna pastel yang kalem

5

Dauky

Celana Inner Bawahan Legging Wudhu

Dauky Celana Inner Bawahan Legging Wudhu 1枚目

Ukurannya jumbo, dikenakan wanita hamil tak masalah

6

MAERA INDONESIA

Legging Wudhu Jempol

MAERA INDONESIA Legging Wudhu Jempol 1枚目

Pakai sandal flip-flop makin nyaman berkat detail jempolnya

7

BATATSA

Legging Wudhu Stripe

BATATSA Legging Wudhu Stripe 1枚目

Yuk, tampil stylish dengan legging motif garis!

8

Queensland

Legging Wudhu Wanita Full Cover

Queensland Legging Wudhu Wanita Full Cover 1枚目

Gabungan bahannya menghasilkan legging elastis dan nyaman!

9

Elzatta

Legging Wudhu

Elzatta Legging Wudhu 1枚目

Lengkapi koleksi legging wudu dari brand ternama

10

Malaika

Legging Wudhu

Malaika Legging Wudhu 1枚目

Karakteristiknya lebih tebal, nyaman dipakai saat cuaca dingin

Perincian produk
Close
No.1

MybamusLegging Wudhu Alica Black

Mulai dari Rp145.000,00

Legging wudhu paling laris disukai banyak wanita

Kelebihan:

  • Banyak pembeli yang puas berkat bahannya adem dan lembut

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna

Jika Anda penasaran membeli produk viral, pilihlah produk ini. Legging dari Mybamus ini disukai banyak wanita, terbukti dari sudah puluhan ribu produk terjual. Bahkan, banyak pembeli yang memberikan review bagus pada produk ini. 


Legging ini memang terasa nyaman dengan bahan yang adem dan tidak membuat kulit gatal. Tenang saja, wanita bertubuh kurus ataupun gemuk bisa memakai produk ini karena tersedia dua ukuran, yaitu all size dan big size.

No.2

EmikoawaLegging Wudhu Premium

Mulai dari Rp120.000,00

Dibuat dari bahan premium yang kualitasnya terjamin dan awet

Kelebihan:

  • Produknya diklaim tidak mudah robek sehingga awet

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu pilihan ukuran


Legging wudu dari Emikoawa yang sudah terjual ribuan produk ini menggunakan bahan katun rib dengan kualitas premium. Jadi, kualitas produk ini sudah pasti terjamin. Legging ini juga adem di kulit dan tebal, sangat cocok dikenakan saat cuaca panas ataupun dingin.


Apabila Anda mencari legging berkualitas yang bisa dipakai dalam segala cuaca, jangan sampai melewatkan produk ini. Sembilan pilihan warnanya bisa Anda jadikan koleksi karena punya satu tidak akan cukup!

No.3

Le NajwaLatifah Legging Wudhu

Mulai dari Rp65.000,00

Harganya ramah di kantong dan tidak menerawang

Kelebihan:

  • Mempunyai sepuluh pilihan warna yang dapat dipilih sesuai selera Anda
  • Bahannya diklaim adem dan lembut

Kekurangan:

  • Hanya memiliki ukuran all size yang diklaim muat hingga XL

Jika Anda mencari legging wudu ekonomis, tetapi kualitasnya tidak murahan, jangan lewatkan produk dari Le Najwa ini. Legging ini dapat menutupi kaki Anda dengan sempurna serta terbuat dari bahan yang tebal dan tidak menerawang.


Selain itu, karet di bagian pinggang produk ini juga fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran pinggang Anda. Legging ini juga tidak mudah melar meskipun dikenakan berkali-kali.

No.4

Jilbab ArfaNaura Celana Wudhu

Mulai dari Rp80.000,00

Hadirkan pilihan-pilihan warna pastel yang kalem

Kelebihan:

  • Mempunyai dua pilihan ukuran, yakni M dan L
  • Ada lebih dari 15 pilihan warna yang dapat dipilih, mulai dari pastel, monokrom, hingga yang mencolok

Kekurangan:

  • Informasi pada panduan ukuran memiliki selisih sekitar 2–3 cm menurut reviewer

Jatuhkan pilihan Anda pada produk keluaran Jilbab Arfa ini jika ingin memiliki legging wudu dengan pilihan-pilihan warna pastel. Naura Celana Wudhu menghadirkan beragam pilihan warna yang cantik-cantik. Beberapa di antaranya adalah warna pastel, seperti lilac, baby blue, dusty peach, dusty pink, plum, dan grey. Pilihan warna pastelnya cukup beragam, bukan? Yuk, langsung segera diborong legging wudhu bahan kaus ini!

No.5

DaukyCelana Inner Bawahan Legging Wudhu

Mulai dari Rp99.000,00

Ukurannya jumbo, dikenakan wanita hamil tak masalah

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan yang tidak mudah kusut
  • Tawarkan tiga pilihan warna netral yang dapat Anda gunakan dalam berbagai acara

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mendapatkan produk dengan jahitan yang mudah robek


Legging wudu keluaran Dauky ini kami rekomendasikan untuk Anda yang bertubuh besar. Produk ini dijual dalam ukuran kecil hingga besar, yaitu ukuran S–4XL. Jika badan Anda termasuk besar, gunakan ukuran 2XL, 3XL, atau 4XL. Ukuran ini bisa digunakan untuk rentang ukuran 36–40. Dibuat dari bahan rayon yang nyaman, produk berukuran jumbo ini juga bisa dikenakan oleh wanita hamil, lho.

No.6

MAERA INDONESIALegging Wudhu Jempol

Mulai dari Rp95.000,00

Pakai sandal flip-flop makin nyaman berkat detail jempolnya

Kelebihan: 

  • Dibuat dari bahan yang diklaim tidak mudah berbulu, antigatal, dan mudah menyerap keringat

Kekurangan:

  • Untuk ukuran standar, kemungkinan Anda yang memiliki bobot 40 kg ke bawah akan merasa produknya kebesaran

Anda yang sering memakai alas kaki model flip-flop wajib menjadikan legging wudu satu ini sebagai pilihan. MAERA INDONESIA menghadirkan legging wudu yang didesain dengan jempol. Legging ini memungkinkan jempol kaki Anda untuk mengapit bagian sandal. 


Jadi, Anda pun dapat melangkah lebih nyaman, deh! Produk ini berbeda dari legging pada umumnya yang ketat. Legging wudu ini dibuat agak longgar sehingga Anda yang kurang percaya diri memakai legging ketat dapat memilihnya.

No.7

BATATSALegging Wudhu Stripe

Mulai dari Rp95.000,00

Yuk, tampil stylish dengan legging motif garis!

Kelebihan:

  • Pilihan ukurannya cukup beragam, mulai dari ukuran S hingga XXL
  • Bahannya diklaim tebal, adem, dan fleksibel

Kekurangan:

  • Motifnya kurang cocok dipakai oleh Anda yang suka bergaya simpel

Tidak seperti produk lain yang bermotif polos, legging wudu produksi dari BATATSA ini bermotif stripe dan menarik. Bagi Anda yang percaya diri untuk memakai outfit bermotif, rasa-rasanya produk ini harus Anda miliki. Legging wudu yang satu ini sangat pas dipadukan dengan atasan polos untuk penampilan yang lebih stylish

No.8

QueenslandLegging Wudhu Wanita Full Cover

Mulai dari Rp155.000,00

Gabungan bahannya menghasilkan legging elastis dan nyaman!

Kelebihan:
  • Mempunyai ukuran yang beragam, yakni S–XL sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran Anda

Kekurangan:
  • Legging ini tidak cukup tebal sehingga kurang cocok dikenakan saat cuaca dingin

Legging wudu dari Queensland ini menggunakan gabungan dua bahan, yaitu rayon dan spandex. Bahan rayon viscose menghasilkan legging yang sejuk dan nyaman. Sementara itu, bahan spandex membuat legging menjadi elastis, termasuk di bagian pinggangnya. Bahan-bahan yang digunakan ini juga menjadikan legging tidak mudah kusut. Anda pun tidak perlu menyetrika legging setelah dicuci.

No.9

Lengkapi koleksi legging wudu dari brand ternama

Kelebihan:

  • Tawarkan tiga pilihan ukuran yang dapat disesuaikan dengan Anda, yakni S/M, L/XL, dan XXL
  • Banyak pembeli yang mengatakan bahwa bahannya adem

Kekurangan:

  • Pembeli yang memiliki berat badan sekitar 40 kg merasa bahwa produk dengan ukuran S/M masih kebesaran

Siapa yang tidak kenal brand Elzatta? Salah satu produsen perlengkapan fashion hijab ternama di Indonesia ini juga memiliki koleksi legging wudu, lho. Jadi, jika Anda mengoleksi produk dari Elzatta, legging wudunya juga wajib Anda miliki. Legging ini dibuat dari bahan spandex yang adem, lembut, dan bertekstur licin. Meskipun dari merek terkenal, legging wudu ini harganya masih terjangkau, kok!

No.10

Karakteristiknya lebih tebal, nyaman dipakai saat cuaca dingin

Kelebihan:

  • Hadirkan 20 pilihan warna mulai dari warna cerah, kalem, terang, hingga gelap
  • Pembeli mengatakan bahwa produknya nyaman digunakan

Kekurangan:

  • Anda perlu mencucinya manual menggunakan tangan agar bahannya tidak mudah rusak

Apakah Anda ingin memiliki legging wudu yang cocok dipakai saat pergi ke pegunungan atau dataran tinggi? Jika iya, produk dari Malaika ini bisa Anda pertimbangkan. Legging wudu ini dibuat dari bahan rib yang cukup tebal.


Alhasil, kaki Anda pun akan terasa lebih hangat saat mengenakannya. Nah, karena ukuran yang tersedia hanya XS, produk ini lebih pas untuk wanita yang memiliki postur tubuh kecil.

Baca juga rekomendasi outfit wanita muslim lainnya di sini

Sebagai seorang wanita muslim, Anda membutuhkan outfit yang pas untuk mendukung penampilan dan ibadah Anda. Kami sudah menyiapkan beberapa artikel, seperti khimar, gamis, dan mukena. Apabila Anda tertarik, silakan klik link di bawah ini.

Kesimpulan

Di artikel ini, kami telah membagikan tips memilih serta rekomendasi legging wudu terbaik untuk Anda. Jadi, apakah ada salah satu produk yang membuat Anda ingin segera membelinya?


Legging wudu merupakan salah satu inovasi dalam fashion hijab yang memudahkan wanita muslim saat akan beribadah. Agar makin nyaman, pastikan bahan dan ukurannya pas dengan Anda. Jangan lupa perhatikan juga warnanya agar terlihat makin fashionable, ya!

5 Rekomendasi Legging Wudhu terbaik

No. 1MybamusLegging Wudhu Alica Black

No. 2EmikoawaLegging Wudhu Premium

No. 3Le NajwaLatifah Legging Wudhu

No. 4Jilbab ArfaNaura Celana Wudhu

No. 5DaukyCelana Inner Bawahan Legging Wudhu

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer