1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Dari sekian banyak aktor laga internasional, nama Jackie Chan termasuk salah satu yang menonjol. Film yang ia bintangi memiliki ciri khas tersendiri, dari yang klasik sampai yang terbaru. Film Jackie Chan umumnya menampilkan aksi yang dibalut komedi, sebuah genre yang sukses ia populerkan.


Kali ini kami akan membagikan cara memilih film Jackie Chan terbaik. Rekomendasi filmnya yang bagus juga sudah kami siapkan untuk Anda, lengkap dengan ulasannya. Dari yang lucu seperti Shanghai Noon sampai yang yang serius seperti Crime Story, semuanya ada. Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Film Jackie Chan, penuh dengan aksi-aksi yang lucu

Film Jackie Chan, penuh dengan aksi-aksi yang lucu
Sumber: hotstar.com


Bicara soal film Jackie Chan, dua hal yang pasti terlintas di kepala Anda adalah aksi dan komedi. Aktor asal Hong Kong ini memang populer dengan film action-comedy. Kepiawaiannya dalam membintangi film bergenre tersebut bahkan membawanya sampai ke Hollywood.


Karier perfilman Jackie Chan dimulai pada tahun 1962 melalui peran-peran kecil. Baru pada tahun 1973 ia memperoleh peran utama pertamanya lewat Little Tiger of Canton. Dirinya kembali mendapatkan kesempatan menjadi pemeran utama pada New Fist of Fury (1976). Kedua film aksi tersebut belum menampilkan unsur komedi.


Popularitas Jackie Chan di Hong Kong mulai meledak pada tahun 1978. Film yang dibintanginya, Snake in the Eagle's Shadow dan Drunken Master, sukses di pasaran. Kedua film tersebutlah yang membuat sosok Jackie Chan lekat dengan genre action-comedy sampai sekarang.


Film Jackie Chan relatif ringan dari segi cerita, serta berbobot dari segi laga. Keunikannya datang dari aksi-aksi memukau yang dibalut unsur komedi. Hebatnya, semua itu kebanyakan ia lakukan sendiri tanpa bantuan stuntman. Ciri khas ini pula yang membuat film Jackie Chan cocok untuk dinikmati kapan saja.

Cara memilih film Jackie Chan

Sekarang saatnya bagi Anda untuk memahami cara memilih film Jackie Chan. Tidak setiap filmnya bernuansa sama. Genre, era, hingga negara asal filmnya juga memberi ciri khas tersendiri. Silakan disimak penjelasan selengkapnya berikut ini.

① Sesuaikan kombinasi genrenya dengan selera Anda

Meskipun didominasi genre action-comedy, Jackie Chan juga pernah bermain dalam film dari genre lainnya. Tiap-tiap genre akan menghadirkan atmosfer berbeda untuk filmnya. Berikut ini kami akan memperinci tiap genrenya untuk Anda. Disimak baik-baik, ya.

Adventure: Latarnya paling bervariasi

Adventure: Latarnya paling bervariasi
Sumber: netflix.com

Apabila Anda suka menikmati latar yang beragam, pilihlah film Jackie Chan bergenre ini. Genre adventure akan mengajak Anda mengikuti petualangan karakter utamanya. Latarnya tidak melulu di satu area. Anda bahkan bisa saja diajak untuk berkeliling dunia.


Selain soal lokasi, era yang ditampilkan tidak selalu masa modern. Filmnya bisa saja menggunakan latar zaman perang, kerajaan, atau bahkan dunia fantasi. Alhasil, tokoh yang diperankan Jackie Chan dalam genre adventure tidak seperti filmnya kebanyakan. 

Crime: Memecahkan kasus-kasus kriminal

Crime: Memecahkan kasus-kasus kriminal
Sumber: netflix.com

Selain action-comedy, crime merupakan genre yang paling sering digunakan pada film Jackie Chan. Aktor yang juga penyanyi ini sering memainkan protagonis yang berprofesi sebagai polisi. Jadi, tidak heran kalau plotnya berputar pada dunia kriminal.


Perlu diketahui, filmnya yang bergenre ini melibatkan adegan aksi dengan senjata api. Latar ceritanya pun sudah modern. Tidak hanya polisi, Jackie Chan bisa saja memainkan karakter agen atau bahkan orang biasa yang terseret dalam sebuah kasus kriminal.

Drama: Jalan ceritanya makin kompleks

Drama: Jalan ceritanya makin kompleks
Sumber: netflix.com

Film Jackie Chan umumnya memiliki plot yang ringan sehingga mudah dinikmati. Saking ringannya, filmnya bisa saja lebih mengandalkan adegan aksi ketimbang jalan cerita. Nah, bila Anda ingin menonton film yang alurnya lebih berbobot, pilihlah yang bergenre ini.


Genre drama melibatkan konflik yang lebih dekat dengan penonton. Unsur dramanya bisa membuat konfliknya jauh lebih ruwet dibandingkan adu ketangkasan khas film Jackie Chan. Sang aktor sendiri memiliki portofolio dalam membintangi film bergenre drama saja.

Family: Target penontonnya lebih luas

Family: Target penontonnya lebih luas
Sumber: netflix.com

Film Jackie Chan bergenre ini cocok untuk ditonton bersama keluarga. Ceritanya lebih mudah dicerna penonton yang lebih muda. Namun, pastikan Anda tetap menemani anak-anak dalam menontonnya karena pasti terdapat adegan baku hantam.


Karena dibintangi oleh Jackie Chan, penonton yang lebih dewasa pasti juga tidak ingin melewatkannya. Adegan aksinya tetap memukau khas film dari aktor kelahiran tahun 1954 ini. Selain itu, humor yang disajikan masih relate dengan selera orang dewasa.

Thriller: Menghadirkan adegan-adegan menegangkan

Thriller: Menghadirkan adegan-adegan menegangkan
Sumber: netflix.com

Jika Anda menonton film Jackie Chan bergenre ini, bersiaplah untuk dibuat tegang. Filmnya menghadirkan aksi-aksi menegangkan yang membuat jantung seolah mau copot. Jackie Chan memang dikenal sebagai aktor yang ahli dalam menyajikan stunt mendebarkan.


Selain itu, unsur thriller dalam filmnya bisa hadir lewat suasana. Tidak setiap adegan film Jackie Chan berbumbu komedi. Terkadang, Anda dibuat tegang melalui konflik-konflik dalam ceritanya. Yang jelas, siapkan nyali Anda sebelum menonton film bergenre ini!

② Kenali perbedaan film Jackie Chan produksi Hong Kong dengan Hollywood

Kenali perbedaan film Jackie Chan produksi Hong Kong dengan Hollywood
Sumber: netflix.com

Pada awal masa kariernya, Jackie Chan banyak membintangi film produksi Hong Kong, negara asalnya. Barulah pada tahun 1998, dirinya membintangi film produksi Hollywood lewat Rush Hour. Sejak saat itu, film Hollywood yang dibintanginya sudah tidak terhitung lagi.


Saat ini Jackie Chan masih aktif membintangi film, baik yang merupakan produksi Hong Kong maupun Hollywood. Tergantung dari negara yang memproduksi, filmnya memiliki target pasar yang berbeda. Film produksi Hong Kong biasanya menyasar pasar Asia, sedangkan yang Hollywood menyasar pasar internasional.


Faktor utama yang menjadi pembeda tentulah bahasa. Namun, alasannya bukan itu saja. Selera humor juga diperhitungkan. Meskipun unsur komedi film Jackie Chan banyak berbentuk slapstick, lelucon Asia tentu berbeda dari Hollywood. 


Orang Asia akan lebih relate dengan lelucon film Jackie Chan produksi Hong Kong ketimbang yang Hollywood. Negara di Asia memiliki banyak kemiripan dari segi situasi dan kondisi. Jadi, bila Anda ingin menikmati film Jackie Chan sampai ke leluconnya, pilihnya yang produksi Hong Kong.

③ Mau yang nuansanya berbeda? Pilih film Jackie Chan terbaru

Mau yang nuansanya berbeda? Pilih film Jackie Chan terbaru
Sumber: netflix.com

Jackie Chan kini sudah membintangi lebih dari seratus film. Filmnya memang didominasi dengan genre action-comedy. Namun, menginjak usianya yang ke-50 tahun, ia mulai banyak bereksperimen dengan genre-genre lain. 


Pada The Forbidden Kingdom (2008), Jackie Chan tidak menampilkan unsur komedi dalam aksinya. Begitu pula pada fimThe Karate Kid (2010). Sebaliknya, Shinjuku Incident (2009) malah sama sekali tidak menampilkan adegan aksi dari sang aktor.


Pada tahun 2012, Jackie Chan mengumumkan bahwa dirinya tidak akan lagi melakukan semua adegan aksi pada filmnya. Porsi laganya juga tidak sebanyak film terdahulu. Hal tersebut bisa Anda lihat pada Police Story: Lockdown (2013), The Foreigner (2017), dan Bleeding Steel (2017).


Masih kangen dengan ciri khas film lawas Jackie Chan? Anda bisa menikmati Skiptrace (2016), Railroad Tigers (2017), Kung Fu Yoga (2017) dan Vanguard (2020). Deretan film tersebut bergenre action-comedy. Namun, aksi sang aktor tentu tidak seintens pada masa mudanya karena faktor usia.

10 Rekomendasi film Jackie Chan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film Jackie Chan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Golden Harvest

Police Story

Golden Harvest Police Story 1枚目

Salah satu film aksi terbaik sepanjang masa

2

Golden Harvest

Project A

Golden Harvest Project A 1枚目

Pertama kali memperkenalkan aksi khas film Jackie Chan

3

Golden Harvest

Wheels on Meals

Golden Harvest Wheels on Meals 1枚目

Penuh laga dengan bumbu romansa

4

Golden Harvest

Armour of God

Golden Harvest Armour of God 1枚目

Petualangan seru dengan aksi Jackie Chan yang berbeda

5

Golden Harvest

Crime Story

Golden Harvest Crime Story 1枚目

Film serius yang menyajikan talenta lain Jackie Chan

6

Golden Harvest

Rumble in the Bronx

Golden Harvest Rumble in the Bronx 1枚目

Ringan dan sarat adegan aksi

7

Buena Vista Pictures

Shanghai Noon

Buena Vista Pictures Shanghai Noon 1枚目

Kombinasi unik yang mengocok perut

8

Lionsgate

The Forbidden Kingdom

Lionsgate The Forbidden Kingdom 1枚目

Kolaborasi keren antara Jackie Chan dan Jet Li

9

JCE Movies Limited

Rob-B-Hood

JCE Movies Limited Rob-B-Hood 1枚目

Lucu hingga dramatis, semuanya ada

10

Sony Pictures

The Karate Kid

Sony Pictures The Karate Kid 1枚目

Remake yang menyegarkan dari versi orisinalnya

Perincian produk
Close
No.1

Golden HarvestPolice Story

Salah satu film aksi terbaik sepanjang masa

Police Story merupakan film aksi terbaik keempat sepanjang masa versi Time Out. Film ini juga memenangkan penghargaan film terbaik pada ajang Hong Kong Film Awards pada tahun 1986. Dalam autobiografinya, Jackie Chan bahkan menyebutkan film ini sebagai film aksi terbaik yang ia bintangi. Berkat kepopulerannya, film ini mendapatkan tiga sekuel, sebuah spin-off, dan dua reboot.


Police Story wajib ditonton oleh Anda yang ingin menyaksikan aksi terbaik dari Jackie Chan. Anda akan dibuat takjub dengan adegan aksi yang menjadi penutup film ini. Stunt tersebut dianggap sebagai salah satu yang terbaik pada sepanjang sejarah film aksi.

No.2

Golden HarvestProject A

Pertama kali memperkenalkan aksi khas film Jackie Chan

Anda mencari film yang mendefinisikan gaya Jackie Chan? Segera masukkan Project A dalam watchlist! Aktor bernama asli Fang Shilong ini memang sudah menggabungkan unsur bela diri dan komedi lewat Drunken Master. Namun, film inilah yang menginisiasi aksi-aksi akrobat khas Jackie Chan. Aksinya pada film ini bahkan membuahkan penghargaan koreografi terbaik pada ajang Hong Kong Film Awards.


Sebagai informasi, Project A merupakan film kolaborasi pertama dari tiga naga. Film ini sarat dengan adegan aksi berbahaya, tetapi masih dibuat lucu. Kedua unsur tersebutlah yang pada akhirnya banyak dibawa Jackie Chan ke film-film berikutnya.

No.3

Golden HarvestWheels on Meals

Penuh laga dengan bumbu romansa

Kolaborasi antara Jackie Chan, Sammo Hung, dan Yuen Biao di Hong Kong dikenal sebagai kolaborasi legendaris. Ketiganya bahkan sampai disebut sebagai tiga naga atau tiga bersaudara. Kerja sama ketiga aktor tersebut telah melahirkan berbagai film menarik, salah satunya adalah Wheels on Meals.


Film ini menceritakan cinta segitiga antara karakter yang dimainkan Jackie Chan, Yuen Biao, dan Lola Forner. Untuk Anda yang mencari film Jackie Chan dengan bumbu romansa, Wheels on Meals bisa dipilih. Meskipun begitu, adegan aksinya tetaplah keren. Aksi Jackie Chan pada film ini bahkan dinominasikan sebagai koreografi terbaik pada ajang Hong Kong Film Awards.

No.4

Golden HarvestArmour of God

Petualangan seru dengan aksi Jackie Chan yang berbeda

Anda menyukai film-film Indiana Jones? Jika iya, Anda tidak akan kesulitan menyukai film ini karena Armour of God memiliki tema yang serupa. Film ini menceritakan petualangan seorang pemburu harta karun di negeri asing. Aksinya lebih didominasi adegan akrobat ketimbang perkelahian. Meski demikian, film ini tetap memiliki porsi aksi komedi.


Armour of God cocok untuk Anda yang menggemari film petualangan. Film ini akan membawa Anda berpindah latar dengan cepat. Berbagai latar yang ditunjukkan pun terlihat memesona. Sebagai informasi, film ini menghadirkan stunt yang tidak biasa dari Jackie Chan, bahkan semuanya ia lakukan sendiri.

No.5

Golden HarvestCrime Story

Film serius yang menyajikan talenta lain Jackie Chan

Jackie Chan membuktikan kepiawaiannya sebagai aktor film drama pada Crime Story. Walau sarat adegan laga, tidak ada unsur komedi pada film ini. Adegan aksinya pun didominasi adu pistol. Film ini cocok dipilih oleh Anda yang menyukai film dengan plot yang dikendalikan peristiwa kriminal. Ceritanya bahkan terinspirasi dari kasus penculikan yang benar-benar terjadi di Hong Kong.


Konflik yang dialami Eddie Chan (Jackie Chan) tidak hanya berasal dari kasus yang ia tangani. Dirinya juga mengalami konflik batin karena harus ditugaskan kembali setelah membunuh beberapa orang saat mempertahankan diri. Kedua konflik tersebut berjalan beriringan dalam perkembangan ceritanya.

No.6

Golden HarvestRumble in the Bronx

Ringan dan sarat adegan aksi

Rumble in the Bronx membuka jalan Jackie Chan pada kariernya di Hollywood. Setelah sebelumnya ia gagal dengan The Big Brawl dan The Protector, film ini sukses menggaet pasar AS. Film berlatar New York ini menghasilkan 76 juta USD dengan bujet 7,5 juta USD saja. Keberhasilannya membuat Police Story 3 turut ditayangkan di AS.


Jika Anda ingin mengisi waktu luang dengan film Jackie Chan yang ringan, pilihlah film ini. Ceritanya sederhana dengan dominasi adegan laga. Jackie Chan bahkan sepenuhnya melakukan adegan aksinya sendiri dalam film ini. Jadi, duduk dan bersantailah untuk menikmati Rumble in the Bronx!

No.7

Buena Vista PicturesShanghai Noon

Kombinasi unik yang mengocok perut

Selain membawa Jackie Chan ke era lain, film ini membawa dirinya ke latar yang asing. Dirinya memerankan Chon Wang, pengawal kerajaan asal Tiongkok yang dikirim ke Amerika Serikat untuk memulangkan putri kerajaan. Kejadian menarik mengiringi perjalanannya dalam menemukan sang putri.


Bagi Anda yang mencari film Jackie Chan yang sangat kental dengan unsur komedi, tontonlah Shanghai Noon. Kekocakan film ini tidak hanya dihadirkan Jackie Chan, tetapi juga Owen Wilson. Keduanya menghadirkan atmosfer khas film buddy cop seperti Rush Hour, film Jackie Chan lainnya. Jadi, jika Anda menggemari Rush Hour, Anda tidak akan kesulitan menikmati film ini.

No.8

LionsgateThe Forbidden Kingdom

Kolaborasi keren antara Jackie Chan dan Jet Li

Meskipun berstatus sebagai aktor laga kelas dunia, Jackie Chan tidak banyak disandingkan dengan aktor laga internasional lainnya. Namun, penantian tersebut terjawab di The Forbidden Kingdom. Dirinya berkolaborasi dengan Jet Li hingga menghasilkan adegan-adegan laga yang keren. Mata Anda akan dimanjakan dengan aksi mengagumkan yang ditampilkan film ini.


The Forbidden Kingdom terinspirasi dari literatur Tiongkok, Journey to the West. Alhasil, laganya tidak seperti film Jackie Chan yang lain. Adegan aksinya khas film kungfu dengan gerakan-gerakan yang mustahil, misalnya melompat tinggi dan mengeluarkan jurus. Nah, bila Anda merupakan penggemar kungfu, film ini wajib disaksikan.

No.9

JCE Movies LimitedRob-B-Hood

Lucu hingga dramatis, semuanya ada

Apa jadinya kalau Jackie Chan berperan sebagai antihero? Jawabannya ada di Rob-B-Hood. Aktor asal Hong Kong ini ingin memerankan karakter yang berbeda setelah lebih dari 30 tahun berperan sebagai nice guy. Pada film ini, dirinya berkesempatan untuk memainkan karakter pencuri yang didepak keluarganya karena kecanduan berjudi.


Apabila Anda mencari film Jackie Chan yang cocok ditonton bersama keluarga, Rob-B-Hood adalah pilihannya. Jalan cerita film ini bersahabat untuk penonton berusia remaja. Petualangan dan komedinya juga seru ditonton beramai-ramai. Anda akan dibuat takjub dengan aksi pada film ini, serta dibuat tertawa saat Jackie Chan mengasuh bayi!

No.10

Sony PicturesThe Karate Kid

Remake yang menyegarkan dari versi orisinalnya

The Karate Kid sempat diragukan sebagai remake film berjudul sama yang rilis pada tahun 1984. Judulnya saja tidak sesuai dengan Tiongkok sebagai latarnya. Namun, keraguan tersebut ditepis oleh performa Jackie Chan dan Jaden Smith saat filmnya mulai tayang di layar lebar.


Plotnya memang sangat mirip dengan versi orisinal. Akan tetapi, latar, era, dan bela diri yang berbeda justru menghadirkan perubahan yang menyegarkan. The Karate Kid bisa Anda pilih untuk mengenalkan film Jackie Chan pada anak. Ceritanya akan sangat appealing untuk anak-anak. Walau demikian, Anda masih perlu membimbingnya karena film ini menampilkan adegan perkelahian.

Baca juga rekomendasi film dan serial lainnya di sini

Kesimpulan

Sudah menemukan film Jackie Chan yang sesuai selera Anda? Filmnya memang banyak yang bergenre action-comedy. Namun, tidak sedikit yang dilengkapi genre lain sehingga tiap filmnya terbilang unik. Film Jackie Chan produksi Hong Kong pun memiliki ciri khas yang berbeda dari produksi Hollywood.


Apabila Anda mencari yang nuansanya lain, pilihlah film Jackie Chan terbaru. Belakangan ini sang aktor tidak selalu membintangi film dengan genre andalannya. Namun, filmnya selalu menarik untuk ditonton!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer