• 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Mulai umur 6 bulan, bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Kandungan MPASI harus lengkap, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk menambah berat badan bayi, berikan ia makanan tinggi lemak seperti keju. Namun, Anda perlu memilih keju yang tepat untuk si kecil.


Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih keju yang baik dan enak untuk MPASI. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi keju MPASI terbaik dari merek-merek yang bagus, seperti Belcube, Greenfields, dan KRAFT. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia & STR di Indonesia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent. Untuk mengetahui informasi tentang kesehatan dan diet, Victoria bisa disapa melalui Instagram-nya.

Manfaat keju untuk MPASI

Manfaat keju untuk MPASI

Keju merupakan produk olahan susu yang dikenal kaya akan protein dan kalsium. Bukan hanya untuk anak-anak dan orang dewasa, keju juga bisa dikonsumsi oleh bayi melalui MPASI. Manfaat keju untuk MPASI bayi ialah memberikan asupan energi berkat kalorinya yang tinggi. Kandungan kalsiumnya juga bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.


Pemberian MPASI dianjurkan dari makanan yang diolah sendiri untuk mendapatkan nutrisi yang lebih optimal. Anda pun dapat mencampur keju ke dalam menu MPASI untuk menambah cita rasa sekaligus nilai gizinya. Namun, pastikan bayi tidak memiliki alergi mengingat keju merupakan produk olahan susu.


Menambahkan keju pada menu MPASI juga bermanfaat sebagai penambah berat badan yang populer disebut BB booster. Cara penyajian keju dapat dikreasikan sesuai selera sehingga bayi tidak mudah bosan. Saat bayi sedang GTM atau gerakan tutup mulut, buatlah MPASI plus keju yang menarik dan disukai agar nutrisinya tercukupi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keju untuk MPASI

Setelah memahami manfaatnya, kini saatnya mencermati cara memilih keju terbaik untuk MPASI. Simak poin-poin penting berikut ini, ya!

Pertimbangkan jenisnya

Ada banyak jenis keju yang dapat dikonsumsi oleh bayi. Kami telah memilih beberapa jenis keju yang mudah ditemukan dan sesuai untuk bayi. Silakan baca informasi selengkapnya di bawah ini.

Cheddar, bentuknya mudah disesuaikan

Cheddar, bentuknya mudah disesuaikan

Keju cheddar merupakan keju paling umum yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Biasanya, keju cheddar digunakan sebagai bahan untuk membuat kue. Keju yang dijual dalam bentuk block atau balok ini memiliki tekstur agak keras. Tekstur keras itulah yang membuat keju ini dapat disajikan dalam berbagai bentuk, baik diparut maupun dipotong-potong.


Salah satu merek keju cheddar yang populer ialah KRAFT. Keju cheddar olahan dari KRAFT tersedia dalam berbagai varian, terutama dalam hal ukuran. Apakah keju KRAFT boleh untuk MPASI? Tentu saja boleh, asalkan Anda memilih produk yang kandungan garamnya rendah seperti varian Milky Soft.


Selain itu, mungkin Anda juga penasaran, bolehkah bayi 6 bulan dan 9 bulan makan keju KRAFT? Pemberian keju sendiri menurut sebagian ahli boleh dimulai sejak usia 6–9 bulan. Namun, ada pula yang berpendapat untuk menunggu sampai usia 8–10 bulan, bahkan 12 bulan. Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasikan pada dokter spesialis anak yang menangani buah hati Anda.

Krim, buat menu bubur makin creamy

Krim, buat menu bubur makin creamy

Mendengar nama keju krim, Anda tentu sudah dapat membayangkan tekstur dari keju ini, bukan? Keju krim memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah meleleh seperti mentega. Anda dapat langsung mencampurnya dengan bubur MPASI sehingga lebih creamy dan mudah dikunyah.

 
Selain untuk campuran menu utama MPASI, cream cheese atau keju krim juga dapat dicampurkan pada menu snack. Sebagai contoh, puree buah bertekstur lembut akan makin nikmat jika dicampur keju krim dan disajikan dalam kondisi dingin. Makanan lembut dan dingin cocok disajikan untuk bayi yang sedang tumbuh gigi guna mengurangi rasa tidak nyaman pada gusinya.

Parmesan, praktis untuk dijadikan topping

Parmesan, praktis untuk dijadikan topping

Bentuk asli keju parmesan ialah bundar, besar, dan bertekstur keras. Keju ini kemudian diproses lagi untuk dikemas dan dijual. Di Indonesia keju parmesan untuk MPASI dijual dalam bentuk grated atau sudah diparut sehingga dapat langsung ditaburkan ke makanan. 


Saat Anda membuat menu MPASI berupa roti kukus, cake, atau pudding, gunakanlah keju ini sebagai topping. Selain menambah cita rasa, makanan juga akan terlihat lebih menarik dengan taburan keju di atasnya. Namun, Anda perlu berhati-hati karena kandungan garam dalam keju parmesan terbilang tinggi untuk anak berusia di bawah satu tahun.

Pilih berdasarkan kemasannya

Pilih berdasarkan kemasannya

Berbeda jenis kejunya, berbeda pula cara pengemasannya. Biasanya, produk keju memiliki dua lapis kemasan. Pertama, kemasan primer yang bersentuhan langsung dengan produk. Kedua, kemasan sekunder atau secondary packaging sebagai kemasan akhir untuk perlindungan ekstra. 


Untuk memudahkan Anda, perhatikanlah rangkuman mengenai kemasan berdasarkan jenis keju berikut ini:

  • Keju krim: Dipisah per porsi atau sajian dengan kemasan primer aluminum foil atau plastik. Kemasan sekundernya berupa karton/plastik tergantung pada produsennya.
  • Keju cheddar: Satu block keju dilapisi kemasan primer aluminum foil plus kemasan sekunder karton.
  • Keju parmesan: Hanya menggunakan kemasan primer berupa plastik atau jar.

Ketahui jumlah natrium/sodium per sajian

Ketahui jumlah natrium/sodium per sajian

Keju mengandung mineral natrium atau sodium yang juga bisa berupa garam. Mineral inilah yang membuat rasa keju menjadi gurih. Namun, untuk diberikan kepada bayi, jumlah natrium/sodium pada keju harus sangat diperhatikan. Hal ini disebabkan ginjal bayi belum mampu untuk menerima banyak garam dalam sehari.


Untuk itu, terdapat batasan jumlah natrium/sodium yang dapat dikonsumsi oleh bayi, yaitu:

  • Usia 6–12 bulan: 0,4 gram atau 400 mg per hari.
  • Usia 1–3 tahun: 0,8 gram atau 800 mg per hari.

Sebaiknya Anda cermati dahulu bagian jumlah per sajian yang ada dalam kemasan produk keju. Di samping itu, patuhi aturan jumlah sajian yang dapat dihidangkan agar jumlah natrium/sodium yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Perhatikan berat bersihnya

Perhatikan berat bersihnya

Berat bersih produk keju untuk MPASI memang tidak terlalu besar, yaitu antara 60–250 gram. Namun, memperhatikan berat bersih sebelum membeli juga tak bisa dilewatkan. 


Bagi Anda yang baru pertama kali memberikan keju pada si kecil, pilihlah produk dengan berat bersih kecil. Beberapa produk keju, misalnya keju cheddar dan parmesan, dijual dalam ukuran 20–30 gram Sebaliknya, jika Anda sudah terbiasa menstok untuk kebutuhan harian, pilih yang berat bersihnya besar dan banyak isinya.

10 Rekomendasi keju terbaik untuk MPASI

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keju terbaik untuk MPASI yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria, MND.

10
JenisMozzarella
KemasanPlastik
Isi1 blok
Berat bersih100 gram
Jumlah garam per sajian<100 mg (per 100 gram)
9

D'NATURALVarmesan Vegan Parmesan Cheese

Mulai dari Rp 49.900,00

JenisVarmesan (vegan parmesan)
KemasanJar
IsiTidak disebutkan
Berat bersih60 gram, 100 gram
Jumlah garam per sajian62 mg (per 3 gram atau 1 sendok teh)
8
JenisCheddar
KemasanAluminum foil dalam karton
Isi8 pcs
Berat bersih120 gram
Jumlah garam per sajian274 mg (per 30 gram)
7
JenisRicotta
KemasanPlastik dan karton
IsiTidak disebutkan
Berat bersih250 gram
Jumlah garam per sajian125 mg (per 50 gram)
6
JenisParmesan
KemasanPlastik
IsiTidak disebutkan
Berat bersih100 gram, 2 kg, 6 kg, dan 10 kg
Jumlah garam per sajian240 mg (per 20 gram)
5
JenisKrim
KemasanPlastik dan karton
Isi6 pcs
Berat bersih108 gram (18 gram x 6 pcs)
Jumlah garam per sajian252 mg
4
JenisCheddar
KemasanAluminum foil dalam karton
Isi1 blok
Berat bersih165 gram
Jumlah garam per sajian240 mg (per 30 gram)
3

BEL GroupBabybel Original Mini Cheeses

Mulai dari Rp 52.700,00

JenisEdam
KemasanLilin dan jaring
Isi5 pcs
Berat bersih110 gram ( 22 gram x 5 pcs)
Jumlah garam per sajian360 mg (per 20 gram)
2
JenisKrim
KemasanAluminum foil dan karton
Isi6 pcs
Berat bersih108 gram (18 gram x 6 pcs)
Jumlah garam per sajian104 mg
1

BEL GroupThe Laughing Cow Belcube Plain

Mulai dari Rp 45.000,00

JenisCheddar
KemasanAluminum foil, plastik, dan karton
Isi24 pcs
Berat bersih125 gram (5,2 gram x 24 pcs)
Jumlah garam per sajian95 mg

Tabel perbandingan produk keju terbaik untuk MPASI

Gambar produk
1
BEL Group The Laughing Cow Belcube Plain 1

BEL Group

2
BEL Group Kiri Ala Creme/With Cream 1

BEL Group

3
BEL Group Babybel Original Mini Cheeses 1

BEL Group

4
KRAFT Milky Soft 1

KRAFT

5
Arla Kids Sticks Cheese 1

Arla

6
Happy Valley Grated Parmesan Cheese 1

Happy Valley

7
Greenfields Keju Ricotta 1

Greenfields

8
Almarai Triangle Cheese 1

Almarai

9
D'NATURAL Varmesan Vegan Parmesan Cheese 1

D'NATURAL

10
Ganesha Sora Mozzarella Balita 1

Ganesha Sora

Nama produk

The Laughing Cow Belcube Plain

Kiri Ala Creme/With Cream

Babybel Original Mini Cheeses

Milky Soft

Kids Sticks Cheese

Grated Parmesan Cheese

Keju Ricotta

Triangle Cheese

Varmesan Vegan Parmesan Cheese

Mozzarella Balita

Keunggulan

Terbagi jadi 24 cubes, higienis dan praktis

Solusi GTM akibat tumbuh gigi

Keju unik yang lactose-free sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa

Isian superlembut untuk snack MPASI

Camilan keju yang rasa dan teksturnya sangat soft

Topping untuk segala menu masakan

Menu pasta jadi lebih sedap

Kaya protein dan mudah dilahap langsung

Pengganti keju parmesan yang kaya nutrisi

Buat momen makan makin menarik

Harga mulai dariRp 45.000,00Rp 50.000,00Rp 52.700,00Rp 17.500,00Rp 44.900,00Rp 51.680,00Rp 32.890,00Rp 32.000,00Rp 49.900,00Rp 18.500,00
JenisCheddarKrimEdamCheddarKrimParmesanRicottaCheddarVarmesan (vegan parmesan)Mozzarella
KemasanAluminum foil, plastik, dan kartonAluminum foil dan kartonLilin dan jaringAluminum foil dalam kartonPlastik dan kartonPlastikPlastik dan kartonAluminum foil dalam kartonJarPlastik
Isi24 pcs6 pcs5 pcs1 blok6 pcsTidak disebutkanTidak disebutkan8 pcsTidak disebutkan1 blok
Berat bersih125 gram (5,2 gram x 24 pcs)108 gram (18 gram x 6 pcs)110 gram ( 22 gram x 5 pcs)165 gram108 gram (18 gram x 6 pcs)100 gram, 2 kg, 6 kg, dan 10 kg250 gram120 gram60 gram, 100 gram100 gram
Jumlah garam per sajian95 mg104 mg360 mg (per 20 gram)240 mg (per 30 gram)252 mg240 mg (per 20 gram)125 mg (per 50 gram)274 mg (per 30 gram)62 mg (per 3 gram atau 1 sendok teh)<100 mg (per 100 gram)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi keju dan snack keju lainnya di sini

Setelah mencari keju untuk buah hati, Anda mungkin tertarik membeli keju untuk dikonsumsi sendiri. Tenang saja, kami telah menyediakan rekomendasi keju dan snack keju terbaik untuk Anda. Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

Kesimpulan

Produk-produk keju untuk MPASI sudah kami kupas beserta cara memilihnya. Sudahkah Anda menemukan keju yang sesuai untuk si kecil? Menambahkan keju pada MPASI tentu memperkaya rasa dan nutrisi.


Pastikan juga untuk mengecek jumlah natrium per sajian keju yang Anda beli. Sebaiknya, sajikan keju sesuai takaran yang dianjurkan supaya kadar natrium yang dikonsumsi bayi tetap aman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan buah hati tercinta.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan usia 6–12 bulan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan susu formula untuk anak haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Hal tersebut karena pada setiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak 2 tahun?Kami akan membagikan tips memilih susu formula yang bagus untuk anak 2 tahun. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk anak 2 tahun dari berbagai merek, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG. 
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi memiliki beragam varian rasa serta kaya nutrisi.Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak, dan sehat. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik dari beragam merek yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Cerelac. Ada yang berbahan organik, ada pula yang bermanfaat sebagai penambah berat badan bayi. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari disimak!
    Makanan & susu bayi
  • 7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu penambah berat badan bayi yang bagus. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu formula bayi rendah laktosa atau bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merk, seperti Neocate LCP, Nutren Junior, dan SGM.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi sufor bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nama tepung Gasol tak lagi asing di masyarakat karena populer sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Meskipun tidak bisa menggantikan susu, tepung Gasol dipilih karena kualitas dan kandungan nutrisinya. Jika dilihat dari kualitas, tepung Gasol adalah tepung murni 100%. Melalui kandungan nutrisinya, produk dari Gasol Organik ini bisa memberikan tambahan gizi anak dengan usia 6 bulan sampai 5 tahun. Kini tepung Gasol tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti pisang, kacang merah, ubi, dan lainnya. Agar Anda mudah menentukan pilihan, mari cari tahu cara memilih tepung Gasol terbaik!
    Makanan & susu bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori