1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)

Dibandingkan keramik biasa, granit lantai bersifat antigores, antiselip, mudah dibersihkan, sekaligus sulit pecah sehingga lebih awet. Warna dan motif granit pun beragam, seperti granit putih, hitam, biru, marble, bahkan batik. Tak heran, granit menjadi favorit untuk mempercantik interior atau eksterior rumah.


Di artikel ini, Anda akan mendapatkan tips memilih lantai granit yang bagus, serta rekomendasi produk granit lantai terbaik. Kami akan mengulas kualitas dan harga produk dari merek granit terbaik, seperti Luxury Home, KIA, Indogress, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Yuk, disimak!

Diperbaharui 12-25-2022
Pakar
Arsitek
Rio Maximilian

Bersertifikasi Madya dari Ikatan Arsitek Indonesia, arsitek profesional ini sudah bekerja selama 17 tahun di Indonesia. Pendiri konsultan arsitektur Djalmo Manungso ini pernah menjadi principal architect dan partner di PT. Vindate selama 10 tahun. Rio juga pernah meraih juara pertama desain gedung DIKTI Senayan dan juara harapan desain Museum Nasional. Rio memiliki pengalaman mendesain beragam fungsi bangunan dari rumah tinggal, hotel, gedung kantor di atas 20 lantai, serta bandara.

Profil Rio Maximilian
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih granit lantai

Granit lantai yang dipasarkan sebenarnya adalah tiles hasil printing dan bukan granit batu alam asli. Granit lantai ini hadir dalam beberapa jenis. Ada jenis single loading untuk area umum dan double loading untuk area heavy duty. Sebelum membeli lantai granit, ada baiknya Anda mengecek warna, ukuran, dan tipenya terlebih dahulu. Di bawah ini, kami akan memberikan penjelasan detailnya untuk Anda. 

① Pilih berdasarkan warnanya

Di pasaran, ada lima warna lantai granit yang paling populer. Dengan menggunakan warna yang tepat, ruangan pun akan tampak lebih indah. 

Granit emas: Memberikan kesan glamor

Granit emas: Memberikan kesan glamor

Lantai granit berwarna emas biasanya tidak terdiri dari satu warna solid, melainkan kombinasi beberapa warna. Warna emas ini biasanya berbentuk aksen atau ukiran pola tertentu dan sering digunakan pada lantai granit dekoratif. Jika Anda ingin menonjolkan kesan glamor sekaligus klasik pada ruangan, memilih lantai granit warna emas adalah langkah yang tepat.

Granit hitam: Menjadikan ruangan tampak elegan


Lantai granit warna hitam merupakan lantai yang paling populer dan sering Anda temukan di pasaran. Meskipun warnanya tidak mencolok, lantai granit hitam mampu memberikan nuansa elegan pada ruangan Anda. Karena paling banyak diminati, granit lantai ini banyak diproduksi dengan berbagai macam corak yang cantik.


Akan tetapi, warna hitam semacam ini membuat debu tidak kelihatan sehingga mudah kotor. Tentunya ini kurang baik untuk Anda yang memiliki alergi debu. Saat memilih granit hitam, pastikan Anda rajin bersih-bersih dan melakukan perawatan berkala.

Granit putih: Cocok untuk dekorasi modern minimalis

Granit putih: Cocok untuk dekorasi modern minimalis

Cahaya matahari atau cahaya lampu yang dipantulkan oleh lantai granit warna putih mampu membuat ruangan tampak lebih cerah. Selain itu, pada lantai granit berwarna putih, noda akan lebih cepat terdeteksi. Jadi, Anda dapat segera menemukan dan membersihkan noda sehingga rumah akan senantiasa bersih.


Bila Anda ingin membuat rumah dengan tema modern minimalis, tak ada salahnya memilih lantai granit berwarna putih. Anda dapat memadukan lantai ini dengan lantai granit warna monokrom agar tampak lebih serasi.


Granit putih biasanya tampil dengan corak batu alam, seperti marmer, statuario, dan marmer carrara. Supaya lebih pas, pilihlah granit tile dengan corak berulang yang tidak terlalu banyak. Kemudian, usahakan untuk memasangnya secara acak agar lebih estetik.

Granit cokelat: Cocok dikolaborasikan dengan furnitur kayu

Granit cokelat: Cocok dikolaborasikan dengan furnitur kayu

Umumnya, lantai granit warna cokelat memiliki motif kayu atau marble. Karena warna cokelatnya terlihat alami, lantai granit ini terlihat serasi ketika dipadukan dengan furnitur yang terbuat dari kayu. Bila Anda suka mengoleksi perabotan dari kayu, gunakanlah lantai granit warna cokelat.

Granit biru: Membuat ruangan jadi tampak mewah

Granit biru: Membuat ruangan jadi tampak mewah

Lalu, ada juga lantai granit yang berwarna biru. Lantai granit warna biru akan memantulkan cahaya yang istimewa ketika tersorot oleh sinar. Hal tersebut membuat ruangan terlihat lebih mewah.


Dengan demikian, lantai granit biru ini cocok untuk Anda gunakan dalam gedung komersial, seperti mal, supermarket, atau perkantoran. Pelanggan atau customer Anda pasti akan sangat senang melihat suasana yang berbeda di ruangan atau gedung Anda.

② Cek ukurannya agar sesuai dengan dimensi ruang

Cek ukurannya agar sesuai dengan dimensi ruang

Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah mengecek ukuran granit lantai. Granit lantai diproduksi dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil sampai yang paling besar. Anda akan menemukan granit lantai berukuran 30 cm x 60 cm atau 60 cm x 60 cm. Bahkan produk berukuran 80 cm x 80 cm hingga 120 cm x 240 cm pun tersedia. Namun, lantai granit ukuran 60 cm x 60 cm adalah varian yang paling banyak beredar.


Dimensi ruang sangat menentukan ukuran granit yang sebaiknya Anda pilih. Makin besar lantai granit yang dipakai, makin tampak mewah pula ruangan atau gedung Anda. Akan tetapi, makin besar ukurannya juga akan berisiko makin besar waste material-nya, terlebih jika ruangannya kecil.


Oleh sebab itu, periksalah ukuran granit lantai yang akan Anda beli. Lalu, coba ukur luas ruangan Anda dengan meteran agar Anda dapat memperkirakan ukuran lantai granit yang dibutuhkan.


Saat memilih granit lantai, sebaiknya Anda mengambil ukuran minimal 60 cm x 120 cm agar lantai tampak seperti lantai asli dan terkesan mewah. Anda pun bisa memasangnya secara random atau menerapkan pola susun bata ⅓ atau ¼.

③ Perhatikan tipenya supaya tampilan sesuai harapan

Sebenarnya, granit lantai memiliki banyak sekali tipe. Namun, kami hanya akan membahas tiga tipe granit lantai yang paling umum dijual di pasaran. Tipe tersebut adalah polished, matt, dan rustic.

Polished: Memiliki tekstur halus dan terlihat bergelombang

Polished: Memiliki tekstur halus dan terlihat bergelombang

Lantai granit tipe polished ini memiliki daya kilap antara 95–100 derajat. Hal tersebut membuat lantai granit ini sangat mengilap dan diminati banyak orang.


Keunikannya lagi, ketika terkena cahaya permukaan lantai granit ini terlihat bergelombang walaupun sebenarnya permukaannya datar. Selain itu, lantai granit tipe polished juga memiliki tekstur yang halus. Granit polished ini cocok dipakai pada ruangan interior yang tidak basah.

Matt: Permukaannya tidak mengilap sama sekali

Matt: Permukaannya tidak mengilap sama sekali

Kebalikan dengan lantai granit polished, lantai granit tipe matt tidak mengilap sama sekali. Daya kilapnya hanya sekitar 7–12 derajat saja. Lantai granit tipe matt ini biasanya memiliki motif kayu atau motif bintik hitam pada permukaannya. Tipe granit ini cocok untuk area yang rawan basah, seperti dapur atau teras. Motif tersebut membuat lantai granit tipe ini dapat membuat ruangan jadi lebih artistik.

Rustic: Memiliki tekstur yang kasar, cocok untuk outdoor

Rustic: Memiliki tekstur yang kasar, cocok untuk outdoor

Hampir mirip dengan tipe matt, tipe rustic juga memiliki lapisan yang tidak mengilap. Akan tetapi, tipe rustic memiliki tekstur yang lebih kasar. Hal tersebut menjadikan lantai granit tipe rustic cocok dipakai untuk area outdoor seperti carport, teras, dan taman. Karena tidak licin, Anda juga dapat menggunakan lantai granit rustic untuk lantai toilet atau tepian kolam renang.

④ Pertimbangkan motifnya

Pertimbangkan motifnya

Karena terbuat dari batu alami, lantai granit tidak memiliki corak yang sama pada setiap kepingnya. Hal itulah yang membuat lantai granit tampak istimewa. Anda dapat menemukan lantai granit bermotif polos, marble, dan sebagainya.


Lantai keramik bermotif marble dapat menambah estetika ruangan Anda. Sementara itu, lantai granit bermotif polos bagus untuk Anda kombinasikan dengan aneka warna granit lainnya. Hindari granit tile yang motifnya kurang dari empat macam. Hal ini dapat membuat lantai terlihat berulang sehingga kurang menarik.

10 Rekomendasi granit lantai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk granit lantai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rio Maximilian.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

KIA

Gold Rush

KIA Gold Rush 1枚目

Tonjolkan kesan mewah dengan motif marble warna emas

2

Roman Granit

dBatik Series

Roman Granit dBatik Series 1枚目

Ciamik untuk menyemarakkan interior bernuansa tradisional

3

Luxury Home

Granit Lantai Dinding Hany

Luxury Home Granit Lantai Dinding Hany 1枚目

Motif marmer yang loose dan adem dipandang

4

Valentino Gress

Blanco Ivory

Valentino Gress Blanco Ivory 1枚目

Tingkatkan nuansa tenang dan hangat di dalam rumah dengan granit berwarna gading

5

Niro Granite

Terrazzo Series

Niro Granite Terrazzo Series 1枚目

Granit teraso cantik, ideal untuk teras rumah Anda

6

Durafloor

Granit Lantai Motif Marble Rustic Glazed

Durafloor Granit Lantai Motif Marble Rustic Glazed 1枚目

Granit aksen bintik untuk beragam tema interior

7

Sandimas

Raven Black

Sandimas Raven Black 1枚目

Granit lantai hitam, noda pun jadi tak mudah kelihatan!

8

Vicenza

Rustic

Vicenza Rustic 1枚目

Motif rustic nan cantik, mengurangi risiko tergelincir

9

IKAD

Aqua Blue

IKAD Aqua Blue 1枚目

Granit lantai warna biru yang bikin nuansa rumah kian sejuk

10

Indogress

Granit Anak Tangga

Indogress Granit Anak Tangga 1枚目

Sempurnakan kesan natural pada interior rumah Anda

Perincian produk
Close
No.1

KIAGold Rush

Mulai dari Rp203.900,00

Tonjolkan kesan mewah dengan motif marble warna emas

Kelebihan:

  • Motifnya memiliki guratan emas, menonjolkan kesan mewah
  • Warna dasarnya gelap, noda-noda pada lantai jadi tersamarkan
  • Warna dasar hitam memberikan kesan eksklusif pada ruangan

Kekurangan:

  • Warna dasar hitam bikin ruangan tampak gelap sehingga Anda harus memperhatikan pencahayaan
  • Bagian yang masih kotor akan sulit dideteksi ketika lantai dibersihkan

Ingin interior tampak mewah bak tempat tinggal para sultan? KIA Gold Rush dapat membantu mewujudkannya. Warna hitam yang eksklusif dipadu dengan motif marble cipolin akan menyempurnakan kemewahan granit ini.


Dengan produk ini, ruangan yang biasa saja akan tampak elegan. Warna dasar yang gelap pun akan menyamarkan noda-noda pada lantai. Rumah Anda akan menjadi literally "rumahku istanaku"!

No.2

Roman GranitdBatik Series

Mulai dari Rp139.900,00

Ciamik untuk menyemarakkan interior bernuansa tradisional

Kelebihan:

  • Tersedia dalam beragam motif batik
  • Ekonomis, isi dalam satu setnya tergolong banyak
  • Tingkat slip resistance R-10, tetap antiselip meski lantai dalam kondisi basah

Kekurangan:

  • Coraknya ramai, kurang cocok untuk gaya interior modern atau minimalis
  • Kombinasi warnanya seputar putih, krim, hingga cokelat, terkesan kurang colorful

Apakah Anda ingin membangun rumah dengan kesan tradisional? Kalau begitu, Anda dapat memilih produk ini sebagai lantainya. Motif batik yang cantik akan membuat interior bernuansa tradisional kian semarak. Terlebih lagi, pilihan motifnya ada banyak. Dipasang sebagai lantai ruang tamu saja pun oke, lho! Anda bisa meletakkan furnitur berbahan kayu sebagai pelengkapnya.

No.3

Luxury HomeGranit Lantai Dinding Hany

Mulai dari Rp95.000,00

Motif marmer yang loose dan adem dipandang

Kelebihan:

  • Perpaduan corak marmer dan glossy finish menghasilkan kesan mahal
  • Dapat pula digunakan sebagai keramik dinding

Kekurangan:

  • Motif marmer produk ini tergolong pasaran sehingga mengurangi nuansa eksklusifnya

Motif marmer memiliki kesan mahal dan elegan sehingga banyak dicari oleh konsumen. Bila Anda juga menginginkannya, pertimbangkan produk dari Luxury Home ini. Motif marmernya yang berwarna abu-abu tidak intense atau loose sehingga didominasi warna putih. Permukaannya yang glossy pun menambah tingkat kemewahannya. Memasangnya sebagai lantai rumah tentu bikin adem siapa saja yang memandang.

No.4

Valentino GressBlanco Ivory

Mulai dari Rp125.000,00

Tingkatkan nuansa tenang dan hangat di dalam rumah dengan granit berwarna gading

Kelebihan:

  • Warna ivory dikenal menimbulkan kesan hangat dan tenang
  • Tidak bermotif sehingga cocok juga untuk rumah minimalis

Kekurangan:

  • Terkesan plain, mungkin kurang cocok bagi penyuka interior yang unik

Ketika lelah dengan hiruk-pikuk di luar rumah, mendapatkan ketenangan di dalam rumah adalah hal yang diidamkan kebanyakan orang. Untuk mewujudkannya, pilih granit berwarna gading ini sebagai lantainya. Warna ini mengandung unsur warna kuning yang kerap diasosiasikan dengan kebahagiaan. Jadi, pas juga bila Anda ingin menciptakan nuansa yang hangat di dalam rumah.

No.5

Niro GraniteTerrazzo SeriesGTZ01~GTZ03

Mulai dari Rp225.988,00

Granit teraso cantik, ideal untuk teras rumah Anda

Kelebihan:

  • Slip rating P2, cukup aman dipijak ketika lantai dalam keadaan lembap
  • Dapat pula digunakan sebagai keramik dinding

Kekurangan:

  • Meski mengurangi risiko selip, produk tidak cocok sebagai lantai outdoor

Inilah pilihan lantai granit bagi Anda yang hendak membangun teras cantik di rumah. Memiliki slip rating P2, produk ini sudah tergolong jenis granit teraso yang mengurangi risiko selip. Hal ini tentu tidak akan membahayakan ketika lantai teras menjadi lembap karena air hujan. Warna-warnanya pun kalem, Anda dapat meletakkan tea atau coffee table di teras nantinya, untuk sekadar kongko pada sore hari.

No.6

DurafloorGranit Lantai Motif Marble Rustic Glazed

Mulai dari Rp260.000,00

Granit aksen bintik untuk beragam tema interior

Kelebihan:

  • Motif dan pilihan warnanya tergolong netral, cocok untuk berbagai tema interior
  • Permukaannya rustic, mengurangi licin saat melangkah di atasnya

Kekurangan:

  • Terkesan plain, mungkin kurang cocok bagi penyuka interior yang unik

Bila Anda sedang mencari lantai yang mudah dipadankan dengan aneka dekorasi dan perabot rumah, pertimbangkan produk ini. Motif bintik hitam merupakan ciri khas dari produk ini. Anda dapat mengolaborasikan lantai granit ini dengan dinding warna pink untuk menonjolkan kesan feminin. Sementara itu, untuk menonjolkan kesan maskulin, Anda dapat mengombinasikannya dengan warna abu-abu tua.

No.7

SandimasRaven BlackV1

Mulai dari Rp224.000,00

Granit lantai hitam, noda pun jadi tak mudah kelihatan!

Kelebihan:

  • Warnanya gelap, noda-noda pada lantai jadi tersamarkan
  • Warna hitam memberikan kesan eksklusif pada ruangan

Kekurangan:

  • Warna hitam bikin ruangan tampak gelap sehingga Anda harus memperhatikan pencahayaan
  • Bagian yang masih kotor akan sulit dideteksi ketika lantai dibersihkan

Dapur merupakan ruangan yang rentan kotor karena digunakan untuk memasak. Aneka macam bumbu, sayur, dan buah mungkin akan berserakan selama proses memasak dan beberapa nodanya mungkin sulit hilang.


Nah, lantai granit ini berwarna hitam polos sehingga noda tidak mudah terlihat. Tidak hanya itu, granit lantai warna hitam juga dapat membuat ruangan jadi lebih eksklusif. Karena itu, jadikan produk ini sebagai lantai dapur Anda!

No.8

VicenzaRusticTRE6911~TRE6917

Mulai dari Rp291.000,00

Motif rustic nan cantik, mengurangi risiko tergelincir

Kelebihan:

  • Memiliki cukup banyak pilihan warna
  • Teksturnya kasar, mengurangi risiko tergelincir saat melangkah

Kekurangan:

  • Tekstur kasarnya mungkin terasa kurang nyaman bila Anda bertelanjang kaki saat menapaknya
  • Penderita trypophobia mungkin merasa kurang nyaman dengan motifnya

Anda sering mengalami kesulitan parkir di rumah karena roda ban mobil selip? Saatnya beralih untuk menggunakan lantai granit motif teraso yang satu ini. Ban mobil pun tidak akan mudah tergelincir di permukaannya berkat teskturnya yang kasar. Granit lantai ini memiliki motif batu sehingga membuat ruangan tampak lebih alami. Selain untuk rumah, motif teraso ini sedang tren untuk area komersial seperti kafe.

No.9

IKADAqua Blue

Mulai dari Rp327.000,00

Granit lantai warna biru yang bikin nuansa rumah kian sejuk

Kelebihan:

  • Ukuran per tile tergolong besar, sempurna untuk menambah elegan ruangan yang luas
  • Perpaduan warna biru dan putihnya memberi nuansa sejuk dan terang pada ruangan

Kekurangan:

  • Ukuran besarnya menimbulkan banyak material waste bila dipasangkan pada ruangan kecil
  • Warnanya biru terang, Anda perlu mempertimbangkan interior lainnya agar terlihat serasi

Bagi Anda yang hidup di perkotaan dan sering merindukan sejuknya nuansa pegunungan, liriklah produk ini. Granit dari IKAD ini berwarna biru cerah sehingga dapat memberi kesan terang pada ruangan. Warna biru juga menyejukkan saat dipandang sehingga rumah Anda bisa menjadi tempat ideal untuk melepas lelah. "Rumahku surgaku" pun bisa Anda wujudkan dengan produk ini!

No.10

IndogressGranit Anak TanggaWood Collections

Mulai dari Rp60.000,00

Sempurnakan kesan natural pada interior rumah Anda

Kelebihan:

  • Memiliki cukup banyak varian motif, warna, dan ukuran
  • Dapat menjadi alternatif yang lebih awet dari wood flooring
  • Dilengkapi stepnosing, lebih aman saat dipijak

Kekurangan:

  • Varian motif yang tersedia marketplace tidak selengkap yang dicantumkan pada situs resmi

Rumah bergaya natural umumnya lekat dengan interior berbahan kayu. Tidak jarang, lantainya dan anak tangganya pun menggunakan kayu. Di sisi lain, kayu dapat kurang awet dan butuh perawatan khusus. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan granit tangga bermotif kayu. Motif kayunya cantik dan tersedia dalam beraneka varian, warna, dan ukuran. Merupakan tipe matt, penampilannya pun tak akan berlebihan.

Cara merawat granit lantai

Cara merawat granit lantai

Lantai granit memiliki warna yang dapat bertahan untuk jangka panjang. Akan tetapi, Anda perlu merawatnya agar tampilannya tetap terjaga. Di bawah ini, kami akan membagikan tips merawat lantai granit untuk Anda. 


  • Bersihkan granit dengan lobby duster sebelum dipel

Pertama, hilangkan debu yang terdapat pada permukaan lantai granit dengan lobby duster. Dengan begitu, debu tidak akan tercampur dengan air pada saat Anda mengepel lantai granit.


  • Pel lantai dengan kain yang lembut

Setelah tidak ada debu, Anda dapat mengepel lantai granit. Gunakanlah kain atau alat pel yang lembut. Jangan menggunakan alat-alat yang dapat menyebabkan terkikisnya lantai granit seperti sikat atau handuk kasar. Sebaiknya Anda menggunakan floor polisher agar proses membersihkan lantai granit jadi lebih mudah. 


  • Pakai cairan khusus granit

Agar lantai lebih bersih Anda dapat menggunakan cairan khusus lantai granit. Anda akan menemukan produk merek Astonish, Fason Granit, Johnson, Marble Kin, dan sebagainya. Akan tetapi, jika Anda tidak dapat menemukan pembersih khusus granit, Anda cukup menggunakan cairan pel biasa.


  • Hindari penggunaan cairan yang bersifat asam

Zat asam dapat menyebabkan abrasi pada lantai granit. Oleh sebab itu, jangan menggunakan cairan pembersih yang mengandung zat asam, seperti pembersih toilet. Pembersih yang terlalu keras dapat merusak lapisan coating dan warnanya.


  • Lakukan pemolesan ulang secara berkala

Dengan melakukan pemolesan, lantai granit Anda akan terlihat seperti baru. Oleh karena itu, poleslah granit lantai ketika sudah dirasa perlu. Sebagai contoh, Anda dapat menjadwalkan pemolesan lantai granit satu minggu sekali. 


  • Lap kering setelah dipel 
Keringkan permukaan granit setelah selesai dipel atau dipoles. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada bekas bercak air yang dapat memudarkan granit lantai.

Baca juga rekomendasi perlengkapan pembersih lantai di sini

Agar lantai granit Anda tetap indah dan terawat, bersihkanlah secara teratur serta menyeluruh. Untuk memudahkan Anda, kami telah menyediakan informasi perlengkapan pembersih lantai di bawah ini. Yuk, disimak selengkapnya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan lantai granit kesukaan Anda dalam produk rekomendasi kami? Sebelum membeli lantai granit, periksalah ukuran, warna, serta motifnya terlebih dahulu. 


Memilih lantai granit yang pas akan membuat ruangan atau suasana rumah Anda jadi lebih nyaman. Warna lantai granit yang serasi dengan perabot rumah juga dapat menonjolkan kesan mewah, elegan, atau minimalis. Saatnya membeli lantai granit favorit Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer