• 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)

Dibandingkan keramik biasa, lantai granit bersifat antigores, mudah dibersihkan, sekaligus sulit pecah sehingga lebih awet. Lantai granit juga tidak licin, membuatnya makin aman digunakan. Warna dan motif granit pun bagus dan beragam. Tak heran, granit menjadi favorit untuk mempercantik interior atau eksterior rumah.


Di artikel ini, Anda akan mendapatkan tips memilih lantai granit yang bagus, serta rekomendasi produk granit lantai terbaik. Kami akan mengulas kualitas dan harga lantai granit merek Essenza, Indogress, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Rio Maximilian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Rio Maximilian

Profil pakar: Arsitek, Rio Maximilian
Rio Maximilian
Arsitek
Rio Maximilian

Bersertifikasi Madya dari Ikatan Arsitek Indonesia, arsitek profesional ini sudah bekerja selama 17 tahun di Indonesia. Pendiri konsultan arsitektur Djalmo Manungso ini pernah menjadi principal architect dan partner di PT. Vindate selama 10 tahun.


Rio juga pernah meraih juara pertama desain gedung DIKTI Senayan dan juara harapan desain Museum Nasional. Rio memiliki pengalaman mendesain beragam fungsi bangunan dari rumah tinggal, hotel, gedung kantor di atas 20 lantai, serta bandara.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih granit lantai

Granit lantai yang dipasarkan sebenarnya adalah tiles hasil printing dan bukan granit batu alam asli. Granit lantai ini hadir dalam beberapa jenis. Ada jenis single loading untuk area umum dan double loading untuk area heavy duty. Sebelum membeli lantai granit, ada baiknya Anda mengecek warna, ukuran, dan tipenya terlebih dahulu. Di bawah ini, kami akan memberikan penjelasan detailnya untuk Anda. 

Pilih berdasarkan warnanya

Di pasaran, ada lima warna lantai granit yang paling populer. Dengan menggunakan warna yang tepat, ruangan pun akan tampak lebih indah. 

Granit emas: Memberikan kesan glamor

Granit emas: Memberikan kesan glamor

Lantai granit berwarna emas biasanya tidak terdiri dari satu warna solid, melainkan kombinasi beberapa warna. Warna emas ini biasanya berbentuk aksen atau ukiran pola tertentu dan sering digunakan pada lantai granit dekoratif. Jika Anda ingin menonjolkan kesan glamor sekaligus klasik pada ruangan, memilih lantai granit warna emas adalah langkah yang tepat. 

Granit hitam: Menjadikan ruangan tampak elegan

Lantai granit warna hitam merupakan lantai yang paling populer dan sering Anda temukan di pasaran. Meskipun warnanya tidak mencolok, lantai granit hitam mampu memberikan nuansa elegan pada ruangan Anda. Karena paling banyak diminati, granit lantai ini banyak diproduksi dengan berbagai macam corak yang cantik


Akan tetapi, warna hitam semacam ini membuat debu tidak kelihatan sehingga mudah kotor. Tentunya ini kurang baik untuk Anda yang memiliki alergi debu. Saat memilih granit hitam, pastikan Anda rajin bersih-bersih dan melakukan perawatan berkala.

Granit putih: Cocok untuk dekorasi modern minimalis

Granit putih: Cocok untuk dekorasi modern minimalis

Cahaya matahari atau cahaya lampu yang dipantulkan oleh lantai granit warna putih mampu membuat ruangan tampak lebih cerah. Selain itu, pada lantai granit berwarna putih, noda akan lebih cepat terdeteksi. Jadi, Anda dapat segera menemukan dan membersihkan noda sehingga rumah akan senantiasa bersih. 


Bila Anda ingin membuat rumah dengan tema modern minimalis, tak ada salahnya memilih lantai granit berwarna putih. Anda dapat memadukan lantai ini dengan lantai granit warna monokrom agar tampak lebih serasi.


Granit putih biasanya tampil dengan corak batu alam, seperti marmer, statuario, dan marmer carrara. Supaya lebih pas, pilihlah granit tile dengan corak berulang yang tidak terlalu banyak. Kemudian, usahakan untuk memasangnya secara acak agar lebih estetik.

Granit cokelat: Cocok dikolaborasikan dengan furnitur kayu

Granit cokelat: Cocok dikolaborasikan dengan furnitur kayu

Umumnya, lantai granit warna cokelat memiliki motif kayu atau marble. Karena warna cokelatnya terlihat alami, lantai granit ini terlihat serasi ketika dipadukan dengan furnitur yang terbuat dari kayu. Bila Anda suka mengoleksi perabotan dari kayu, gunakanlah lantai granit warna cokelat. 

Granit biru: Membuat ruangan jadi tampak mewah

Granit biru: Membuat ruangan jadi tampak mewah

Lalu, ada juga lantai granit yang berwarna biru. Lantai granit warna biru akan memantulkan cahaya yang istimewa ketika tersorot oleh sinar. Hal tersebut membuat ruangan terlihat lebih mewah.


Dengan demikian, lantai granit biru ini cocok untuk Anda gunakan dalam gedung komersial, seperti mal, supermarket, atau perkantoran. Pelanggan atau customer Anda pasti akan sangat senang melihat suasana yang berbeda di ruangan atau gedung Anda. 

Cek ukurannya

 Cek ukurannya

Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah mengecek ukuran granit lantai. Granit lantai diproduksi dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil sampai yang paling besar. Anda akan menemukan granit lantai berukuran 30 cm x 60 cm atau 60 cm x 60 cm. Bahkan produk berukuran 80 cm x 80 cm hingga 120 cm x 240 cm pun tersedia. Akan tetapi, lantai granit ukuran 60 cm x 60 cm adalah varian yang paling banyak beredar. 


Dimensi ruang sangat menentukan ukuran granit yang sebaiknya Anda pilih. Makin besar lantai granit yang dipakai, makin tampak mewah pula ruangan atau gedung Anda. Akan tetapi, makin besar ukurannya juga akan berisiko makin besar waste material-nya, terlebih jika ruangannya kecil.


Oleh sebab itu, periksalah ukuran granit lantai yang akan Anda beli. Lalu, coba ukur luas ruangan Anda dengan meteran agar Anda dapat memperkirakan ukuran lantai granit yang dibutuhkan.


Saat memilih granit lantai, sebaiknya Anda mengambil ukuran minimal 60 cm x 120 cm agar lantai tampak seperti lantai asli dan terkesan mewah. Anda pun bisa memasangnya secara random atau menerapkan pola susun bata ⅓ atau ¼.

Perhatikan tipenya

Sebenarnya, granit lantai memiliki banyak sekali tipe. Namun, kami hanya akan membahas tiga tipe granit lantai yang paling umum dijual di pasaran. Tipe tersebut adalah polished, matt, dan rustic.

Polished: Memiliki tekstur halus dan terlihat bergelombang

Polished: Memiliki tekstur halus dan terlihat bergelombang

Lantai granit tipe polished ini memiliki daya kilap antara 95 hingga 100 derajat. Hal tersebut membuat lantai granit ini sangat mengilap dan diminati banyak orang. 


Keunikannya lagi, ketika terkena cahaya permukaan lantai granit ini terlihat bergelombang walaupun sebenarnya permukaannya datar. Selain itu, lantai granit tipe polished juga memiliki tekstur yang halus. Granit polished ini cocok dipakai pada ruangan interior yang tidak basah.

Matt: Permukaannya tidak mengilap sama sekali

Matt: Permukaannya tidak mengilap sama sekali

Kebalikan dengan lantai granit polished, lantai granit tipe matt tidak mengilap sama sekali. Daya kilapnya hanya sekitar tujuh hingga dua belas derajat saja. Lantai granit tipe matt ini biasanya memiliki motif kayu atau motif bintik hitam pada permukaannya. Tipe granit ini cocok untuk area yang rawan basah, seperti dapur atau teras. Motif tersebut membuat lantai granit tipe ini dapat membuat ruangan jadi lebih artistik.

Rustic: Memiliki tekstur yang kasar, cocok untuk outdoor

Rustic: Memiliki tekstur yang kasar, cocok untuk outdoor

Hampir mirip dengan tipe matt, tipe rustic juga memiliki lapisan yang tidak mengilap. Akan tetapi, tipe rustic memiliki tekstur yang lebih kasar. Hal tersebut menjadikan lantai granit tipe rustic cocok dipakai untuk area outdoor seperti carport, teras, dan taman. Karena tidak licin, Anda juga dapat menggunakan lantai granit rustic untuk lantai toilet atau tepian kolam renang.

Pertimbangkan motifnya

Pertimbangkan motifnya

Karena terbuat dari batu alami, lantai granit tidak memiliki corak yang sama pada setiap kepingnya. Hal itulah yang membuat lantai granit tampak istimewa. Anda dapat menemukan lantai granit bermotif polos, marble, dan sebagainya.


Lantai keramik bermotif marble dapat menambah estetika ruangan Anda. Sementara itu, lantai granit bermotif polos bagus untuk Anda kombinasikan dengan aneka warna granit lainnya. Jadi, pilih motif granit lantai sesuai dengan preferensi Anda, ya.


Hindari granit tile yang motifnya kurang dari empat macam. Hal ini dapat membuat lantai terlihat berulang sehingga kurang menarik.

10 Rekomendasi granit lantai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk granit lantai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rio Maximilian.

10

Lantai Granit Anak Tangga

Mulai dari Rp 171.000,00

WarnaPutih, hitam, abu-abu, dan sebagainya
Ukuran30 cm x 90 cm, 30 cm x 100 cm, 30 cm x 120 cm
TipePolished
MotifMarble
Isi set1 pcs
9

Niro GraniteCristallo White Latte

GG625

Mulai dari Rp 183.600,00

WarnaPutih
Ukuran60 cm x 60 cm
TipePolished
MotifPolos
Isi set3 pcs
8
WarnaHitam
Ukuran60 cm x 60 cm
TipePolished
MotifPolos
Isi set4 pcs
7

IndogressCrema Perlato

Mulai dari Rp 155.000,00

WarnaBeige
Ukuran100 cm x 100 cm
TipePolished
MotifMarble
Isi set2 pcs
6

VALENTINO GRESSBlue Sorrento

Mulai dari Rp 214.500,00

WarnaBiru
Ukuran60 cm x 60 cm
TipePolished
MotifRandom (marble)
Isi set4 pcs
5
WarnaKombinasi emas dan cokelat
Ukuran120 cm x 180 cm
TipePolished embosed
MotifPermadani
Isi set6 pcs
4

VALENTINO GRESSDevonian Black

Mulai dari Rp 2.252.194,00

WarnaHitam
Ukuran120 cm x 240 cm
TipePolished
MotifRandom (marble)
Isi set1 pcs
3
WarnaPutih
Ukuran60 cm x 60 cm
TipeRustic
MotifBatu
Isi set4 pcs
2

EssenzaCarbone

Mulai dari Rp 208.000,00

WarnaHitam
Ukuran60 cm x 60 cm
TipeMatt
MotifBintik hitam
Isi set4 pcs
1
WarnaCokelat
Ukuran34 cm x 39 cm
TipeMatt
MotifKayu
Isi set10 pcs

Tabel perbandingan produk granit lantai terbaik

Gambar produk
1
Roman  Granit Hexagon Motif Kayu  1

Roman

2
Essenza Carbone 1

Essenza

3
Vicenza Rustic 1

Vicenza

4
VALENTINO GRESS Devonian Black 1

VALENTINO GRESS

5
VIVA ORHA 1

VIVA

6
VALENTINO GRESS Blue Sorrento 1

VALENTINO GRESS

7
Indogress Crema Perlato 1

Indogress

8
Sandimas Raven Black 1

Sandimas

9
Niro Granite Cristallo White Latte 1

Niro Granite

10
Lantai Granit Anak Tangga  1

Nama produk

Granit Hexagon Motif Kayu

Carbone

Rustic

Devonian Black

ORHA

Blue Sorrento

Crema Perlato

Raven Black

Cristallo White Latte

Lantai Granit Anak Tangga

Keunggulan

Hadirkan kepingan granit lantai heksagon unik

Granit aksen bintik untuk beragam gaya interior

Motif batu tonjolkan kesan natural

Granit big size, sulap ruangan jadi lebih mewah

Hamparan permadani jadikan rumah makin memukau

Ciptakan hunian megah dengan granit biru

Jadikan hunian tampak lebih teduh

Granit lantai hitam yang sanggup samarkan noda

Hadirkan kesan minimalis dengan warna putih

Tidak mudah tergelincir berkat adanya stepnosing

Harga mulai dariRp 155.000,00Rp 208.000,00Rp 199.900,00Rp 2.252.194,00Rp 2.150.000,00Rp 214.500,00Rp 155.000,00Rp 180.500,00Rp 183.600,00Rp 171.000,00
WarnaCokelatHitamPutihHitamKombinasi emas dan cokelatBiruBeigeHitamPutihPutih, hitam, abu-abu, dan sebagainya
Ukuran34 cm x 39 cm60 cm x 60 cm60 cm x 60 cm120 cm x 240 cm120 cm x 180 cm60 cm x 60 cm100 cm x 100 cm60 cm x 60 cm60 cm x 60 cm30 cm x 90 cm, 30 cm x 100 cm, 30 cm x 120 cm
TipeMattMattRusticPolishedPolished embosedPolishedPolishedPolishedPolishedPolished
MotifKayuBintik hitamBatuRandom (marble)PermadaniRandom (marble)MarblePolosPolosMarble
Isi set10 pcs4 pcs4 pcs1 pcs6 pcs4 pcs2 pcs4 pcs3 pcs1 pcs
Tautan produk

Cara merawat granit lantai

Cara merawat granit lantai

Lantai granit memiliki warna yang dapat bertahan untuk jangka panjang. Akan tetapi, Anda perlu merawatnya agar tampilannya tetap terjaga. Di bawah ini, kami akan membagikan tips merawat lantai granit untuk Anda. 


  • Bersihkan granit dengan lobby duster sebelum dipel

Pertama, hilangkan debu yang terdapat pada permukaan lantai granit dengan lobby duster. Dengan begitu, debu tidak akan tercampur dengan air pada saat Anda mengepel lantai granit.


  • Pel lantai dengan kain yang lembut

Setelah tidak ada debu, Anda dapat mengepel lantai granit. Gunakanlah kain atau alat pel yang lembut. Jangan menggunakan alat-alat yang dapat menyebabkan terkikisnya lantai granit seperti sikat atau handuk kasar. Sebaiknya Anda menggunakan floor polisher agar proses membersihkan lantai granit jadi lebih mudah. 


  • Pakai cairan khusus granit

Agar lantai lebih bersih Anda dapat menggunakan cairan khusus lantai granit. Anda akan menemukan produk merek Astonish, Fason Granit, Johnson, Marble Kin, dan sebagainya. Akan tetapi, jika Anda tidak dapat menemukan pembersih khusus granit, Anda cukup menggunakan cairan pel biasa.


  • Hindari penggunaan cairan yang bersifat asam

Zat asam dapat menyebabkan abrasi pada lantai granit. Oleh sebab itu, jangan menggunakan cairan pembersih yang mengandung zat asam, seperti pembersih toilet. Pembersih yang terlalu keras dapat merusak lapisan coating dan warnanya.


  • Lakukan pemolesan ulang secara berkala

Dengan melakukan pemolesan, lantai granit Anda akan terlihat seperti baru. Oleh karena itu, poleslah granit lantai ketika sudah dirasa perlu. Sebagai contoh, Anda dapat menjadwalkan pemolesan lantai granit satu minggu sekali. 


  • Lap kering setelah dipel 
Lalu, keringkan permukaan granit setelah selesai dipel atau dipoles. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada bekas bercak air yang dapat memudarkan granit lantai.

Baca juga rekomendasi lantai dan alat pembersih lantai lainnya di sini

Apakah Anda masih ingin mencari lantai jenis lainnya? Kami masih mempunyai artikel yang membahas tentang lantai keramik dan lantai vinyl. Tak hanya itu, kami juga menyiapkan artikel tentang alat pembersih lantai. Yuk, diborong!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan lantai granit kesukaan Anda dalam produk rekomendasi kami? Sebelum membeli lantai granit, periksalah ukuran, warna, serta motifnya terlebih dahulu. 


Memilih lantai granit yang pas akan membuat ruangan atau suasana rumah Anda jadi lebih nyaman. Warna lantai granit yang serasi dengan perabot rumah juga dapat menonjolkan kesan mewah, elegan, atau minimalis. Saatnya membeli lantai granit favorit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan atap transparan pada hunian tidak hanya memberikan pencahayaan alami, tetapi juga membuat hunian berkesan modern. Tak heran jika penggunaan atap transparan makin diminati. Jenis dan merek atap transparan pun makin beragam dengan keunggulannya masing-masing. Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan atap transparan di hunian Anda? Pada artikel kali ini, kami memberikan tips memilih atap transparan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk atap transparan yang bagus untuk Anda. Selamat membaca dan menentukan atap transparan yang cocok untuk Anda! 
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Plafon PVC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plafon PVC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain wallpaper, pemasangan plafon dapat menjadi item yang dapat mengubah suasana ruangan. Salah satu material plafon yang dapat Anda pilih adalah PVC. Plafon PVC dapat digunakan di ruang tamu, kamar tidur, serta ruangan lainnya. Desainnya pun sangat beragam, mulai dari plafon PVC motif awan, motif kayu, minimalis, hingga bernuansa mewah. Kami akan mengulas cara memilih plafon PVC yang bagus untuk ruangan Anda. Tak lupa, terdapat rekomendasi plafon PVC terbaik dari sejumlah merek, seperti Bringhome dan Eva Plafon. Simak tips dari kami dan dapatkan produk yang cocok untuk Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto saat acara tertentu atau kartu pos bergambar pemberian orang terkasih pasti sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto yang bagus untuk dipajang di dinding. Rekomendasi produk dari merek kenamaan, seperti iCreate.id dan Picora ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Pastikan untuk membaca sampai akhir, ya!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lilin aromaterapi adalah lilin yang diberi tambahan pewangi. Lilin aromaterapi cocok digunakan ketika sedang lelah atau butuh relaksasi karena aromanya bisa membuat Anda tenang. Cara menggunakan candle aromatherapy cukup mudah. Anda tinggal menyalakan dan meletakkannya di kamar atau ruangan lainnya.Ada banyak lilin aromaterapi yang wangi dan memiliki kemasan yang bagus di pasaran. Anda bisa memilih lilin aromaterapi merek Bath and Body Works, The Body Shop, dan Uchii. Selain ketiga merek tersebut, kami juga akan memberikan rekomendasi lilin aromaterapi terbaik dan best seller dari merek lainnya. Bacalah artikelnya sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak cara mendekorasi dan membuat nuansa ruangan terasa berbeda, salah satunya adalah dengan memasang lantai vinyl. Di pasaran, Anda akan menemukan macam-macam vinyl flooring jenis roll, plank, dan tile dengan berbagai motif dan merek. Ada lantai vinyl motif kayu atau marmer yang bagus merek MIISO, SIV, dan sebagainya.Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Tenang saja, tidak semua lantai vinyl memiliki harga mahal, ada juga produk yang harganya murah. Agar tidak salah pilih, arsitek, Adil Mochtar, ST, MT akan memberikan komentarnya. Selamat membaca!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Maneki Neko Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maneki Neko Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apa itu kucing hoki? Kucing hoki atau biasa disebut dengan maneki neko adalah pajangan berbentuk kucing berbahan keramik atau plastik. Maneki neko dipercaya membawa keberuntungan dan biasa dipajang di tempat usaha atau rumah. Jika Anda berencana membeli maneki neko, artikel ini sebaiknya tidak Anda lewatkan.Kami akan membahas cara memilih maneki neko yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi maneki neko dengan beragam warna dan model dari berbagai macam merk. Dengan begitu, Anda pun bisa segera membeli maneki neko melalui Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, yuk!
    Dekorasi ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori