1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.

Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Artikel ini telah ditinjau oleh tour consultant kami, Farianty Gunawan. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 02-07-2023
Pakar
Travel agency's owner & tour consultant
Farianty Gunawan

Farianty mengawali karier di bidang pariwisata sejak lulus D3 bidang Tours and Travel di Stiepar Yapari Bandung tahun 1992. Setelah itu, ia melanjutkan studi S1 tahun 2012. Farianty menekuni dunia tour leader sejak tahun 1996 dan sudah membawa group tour ke berbagai belahan dunia. Pada 2015, Farianty membuka pelayanan Travel Agency bersama beberapa rekannya di Jakarta hingga kini. Kegemarannya melakukan perjalanan dan berbagi pengalaman membawanya lulus sebagai trainer bersertifikat BNSP Indonesia Januari 2022. Pengalamannya juga ditayangkan pada channel YouTube dan tulisan di Kompasiana.

Profil Farianty Gunawan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih aplikasi booking hotel

Aplikasi booking hotel adalah aplikasi yang membantu Anda dalam melakukan reservasi hotel lewat gadget. Jadi, saat tiba di hotel, Anda hanya perlu menyebutkan nama atau kode booking ke resepsionis untuk check-in. Aplikasi ini juga menawarkan sejumlah fitur menarik. Simak ulasannya di bawah ini.

① Pertimbangkan aplikasi dengan tambahan fitur lainnya

Aplikasi booking hotel tak hanya untuk reservasi hotel saja, tetapi juga untuk mengurus kebutuhan lainnya. Untuk kenyamanan liburan, pertimbangkan untuk memilih aplikasi dengan tambahan fitur pendukung lainnya. Semua keperluan liburan Anda dapat diurus secara online dengan cepat dan tanpa repot!

Fitur pembelian tiket: Paket lengkap untuk Anda yang sedang merencanakan perjalanan

Fitur pembelian tiket: Paket lengkap untuk Anda yang sedang merencanakan perjalanan

Apakah Anda sering bepergian dengan menggunakan pesawat dan menginap di hotel? Jika ya, akan lebih menguntungkan apabila Anda mencari aplikasi yang juga dilengkapi dengan fitur pembelian tiket. Dengan begitu, Anda dapat memesan tiket transportasi dan hotel dalam satu transaksi. Rekap pembelanjaan tiket transportasi dan hotel pun akan lebih mudah dilacak karena terdapat dalam satu aplikasi.

Fitur pay later: Lebih menguntungkan untuk menunda pembayaran

Fitur pay later: Lebih menguntungkan untuk menunda pembayaran

Ada beberapa aplikasi booking hotel yang menyediakan fitur pay later. Pada dasarnya, konsep pay later hampir sama dengan kartu kredit, yaitu menunda pembayaran untuk dibayar di bulan berikutnya. Tagihan dapat dibayarkan dalam jangka 1–12 bulan setelah transaksi dengan skema cicilan ataupun full payment.


Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memesan kamar hotel atau tiket Anda. Meskipun begitu, Anda tetap harus membaca ulang syarat dan ketentuan fitur dari tiap aplikasi. Anda juga harus mengecek beban bunga yang akan ditambahkan atas tagihan dan batas waktu pembayarannya


Pastikan juga untuk memeriksa bunga dan syarat lain yang diterapkan, misalnya non-refundable. Periksa juga time limit jika pembayaran ditunda hingga sampai sesaat sebelum berangkat atau check-in. Membaca serta memahami syarat dan ketentuan dari fitur ini akan memberikan Anda proyeksi pengeluaran di bulan selanjutnya. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang, ya!

Fitur lainnya: Car rental, tiket wisata, atau pembelian paket data

Fitur lainnya: Car rental, tiket wisata, atau pembelian paket data

Aplikasi booking hotel sekarang makin inovatif dan memberikan banyak fitur menarik yang dibutuhkan penggunanya. Beberapa aplikasi menambahkan fitur car rental, tiket wisata, bahkan pembelian pulsa dan paket data. Fitur ini akan menguntungkan Anda yang sedang berada di luar kota karena jadi sangat praktis.


Semua yang Anda butuhkan bisa tersedia hanya dalam satu aplikasi saja. Selain itu, ada juga aplikasi yang memiliki fitur layanan pesan antar makanan, lho! Jika lelah setelah berjalan-jalan seharian, Anda bisa memesan makanan dari hotel tanpa perlu repot-repot keluar lagi.


Memesan semua kebutuhan saat travelling dalam satu aplikasi memang lebih praktis. Namun, akan membutuhkan waktu yang lebih saat terjadi masalah bagi pihak aplikasi untuk menghubungi penyedia atau supplier kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, pastikan tersedia contact person yang bisa selalu dihubungi dari pihak aplikasi yang Anda gunakan.

② Pastikan aplikasi dapat diunduh pada semua sistem operasi

Pastikan aplikasi dapat diunduh pada semua sistem operasi

Umumnya, aplikasi booking hotel dapat diunduh di beberapa sistem operasi besar, seperti iOS dan Android. Anda bisa mengecek ketersediaan aplikasi di Google Play untuk Android dan Apps Store untuk iOS.

 
Keunggulan aplikasi yang dapat beroperasi di berbagai sistem operasi adalah memudahkan Anda saat berganti perangkat di kemudian hari. Jadi, sebelum mengunduh aplikasi tersebut, pastikan bilamana aplikasi bisa dipakai di kedua sistem operasi. 

③ Perhatikan rating aplikasi di App Store/Google Play Store

Perhatikan rating aplikasi di App Store/Google Play Store

Saat hendak mengunduh aplikasi booking hotel, Anda akan diberikan tampilan rating pada halaman Google Play atau Apps Store. Rating ini dihasilkan dari pendapat para user yang sudah mengunduh dan menggunakan aplikasi. Karena rating ini diberikan oleh para pengguna lain, ini bisa menjadi patokan Anda dalam menilai kualitas aplikasi.

 
Rating aplikasi dimulai dari 0 hingga 5 bintang. Makin mendekati angka lima, kualitas dan kinerja aplikasi juga makin diakui baik. Di Google Play atau Apps Store, Anda juga bisa membandingkan rating aplikasi booking hotel sejenis. Hal ini untuk mencari tahu aplikasi dengan rating tertinggi dan review terbaik.

④ Periksa opsi cara pembayarannya

Periksa opsi cara pembayarannya

Poin ini juga tak kalah penting dalam memilih aplikasi booking hotel. Beberapa aplikasi memiliki pilihan pembayaran mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga pembayaran di gerai retail, seperti Indomaret dan Alfamart. Jika Anda tidak memiliki kartu kredit atau debit, pilihan pembayaran di gerai retail tentunya akan sangat memudahkan.

 
Namun, ada juga aplikasi booking hotel yang hanya menerima pembayaran dengan sistem kartu kredit. Jadi, pastikan aplikasi yang Anda pilih menawarkan pilihan pembayaran yang cocok dengan Anda.

⑤ Cek harga yang tertera, sudah termasuk pajak atau belum

Cek harga yang tertera, sudah termasuk pajak atau belum

Jangan terkecoh harga murah yang terpajang di halaman booking hotel. Harga murah yang ditampilkan belum tentu termasuk pajak. Terkadang, itu hanya strategi marketing untuk menarik konsumen. Anda perlu teliti dan jeli dalam membaca keterangan harga kamar yang akan Anda booking.


Ada aplikasi booking yang harganya belum termasuk service fee dan pajak, seperti Agoda. Namun, ada juga aplikasi yang sudah menampilkan harga nett secara keseluruhan, seperti Traveloka. 

⑥ Pilih aplikasi yang dapat membandingkan harga hotel

Pilih aplikasi yang dapat membandingkan harga hotel

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mencari aplikasi yang dapat membandingkan rate hotel dari tiap aplikasi booking hotel. Dengan begitu, Anda jadi tahu aplikasi booking hotel yang menawarkan harga termurah saat itu. Aplikasi ini juga sangat praktis untuk mencari tahu harga hotel yang sedang promo. 


Anda tinggal mencari hotel dan lokasi yang diinginkan, kemudian secara otomatis aplikasi akan memberikan perbandingan harga. Jika pengguna mengeklik penawaran yang ditampilkan, aplikasi akan langsung mengarahkan ke situs pemesanan yang dipilih. Anda tak perlu repot membandingkan harga hotel dari satu aplikasi dengan aplikasi lainnya secara manual!

10 Rekomendasi aplikasi booking hotel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi booking hotel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store. Disclaimer: Sepuluh aplikasi di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Farianty Gunawan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Go Online Destinations

Pegipegi

Go Online Destinations Pegipegi 1枚目

Menginap di hotel, gratis poin reward

2

Traveloka

 Traveloka 1枚目

Terlengkap! Mau cari apa pun, ada di Traveloka

3

Booking Holdings

agoda

Booking Holdings agoda 1枚目

Aplikasi booking hotel dengan pilihan penginapan terlengkap

4

Expedia Group

Trivago

Expedia Group Trivago 1枚目

Membantu Anda membandingkan harga hotel termurah

5

Airbnb

 Airbnb 1枚目

Coba pengalaman baru tinggal di rumah yang desainnya menarik!

6

RedDoorz

 RedDoorz 1枚目

Aplikasi untuk memesan budget hotel yang murah

7

Booking Holdings

Booking.com

Booking Holdings Booking.com 1枚目

Bermasalah dengan reservasi Anda? Chat langsung ke hotel lewat booking.com

8

Expedia Group

Hotels.com

Expedia Group Hotels.com 1枚目

Gratis menginap satu malam jika booking hotel lewat aplikasi ini

9

Global Tiket Network

Tiket.com

Global Tiket Network Tiket.com 1枚目

Reservasi kamar hotel atau vila? Bisa! Beli tiket masuk wisata juga bisa

10

Tripadvisor

 Tripadvisor 1枚目

Panduan perjalanan terlengkap, menyusun itinerary jadi makin asyik!

Perincian produk
Close
No.1

Menginap di hotel, gratis poin reward

Kelebihan:

  • Ada poin reward
  • Ada tab khusus berisi tips berwisata

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mengulas, booking tiket pesawat hanya bisa dilakukan jika punya KTP (tidak ada opsi tanda pengenal lainnya)

Jika Anda mereservasi hotel lewat aplikasi pegipegi, Anda bisa mendapatkan poin reward, lho! Poin ini nantinya bisa ditukar sebagai diskon untuk penginapan selanjutnya. Selain poin reward, pegipegi juga banyak menawarkan diskon potongan harga untuk hotel atau tiket. Tentu harganya pun bersaing dengan yang lain. Untuk Anda yang suka diskonan, sering-sering cek pegipegi, ya!

No.2

Terlengkap! Mau cari apa pun, ada di Traveloka

Kelebihan:

  • Fiturnya paling lengkap di antara aplikasi booking hotel lainnya
  • Harga sudah termasuk pajak

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mengulas aplikasi ini berat dan mengonsumsi banyak data network


Bila Anda ingin mencari aplikasi one stop solution, Traveloka bisa dijadikan pilihan. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap serta menarik. Selain untuk reservasi hotel, Anda bisa melakukan pemesanan tiket pesawat, kereta api, dan bus. Di samping itu, ada juga fitur pembelian pulsa dan paket internet. 


Traveloka juga mengeluarkan fitur Eats, yaitu layanan pesan antar makanan. Seperti tak ada habisnya, Traveloka punya fitur Xperience. Lewat fitu ini, Anda bisa memesan tiket wahana wisata, mengikuti kelas workshop, hingga pijit atau spa! Semua yang Anda butuhkan bisa dipenuhi dalam satu aplikasi.

No.3

Aplikasi booking hotel dengan pilihan penginapan terlengkap

Kelebihan:

  • Ada program Weekend Sale, yakni diskon hotel untuk Anda yang menginap di akhir pekan
  • Salah satu aplikasi booking dengan database hotel terlengkap

Kekurangan:

  • Harga belum termasuk pajak

Jika Anda senang traveling ke dalam maupun luar negeri, aplikasi booking hotel online ini sangat bisa diandalkan. Pasalnya, Agoda memiliki list hotel yang sangat lengkap! Anda bisa memilih hotel yang jaraknya bisa dipilih berdasarkan area yang ingin Anda eksplor. 


Meski harga yang ditampilkan belum termasuk pajak, Agoda sering mengadakan promo diskon hotel sehingga harganya tetap best deal. Saat Anda memesan hotel untuk menginap pada akhir pekan, Anda bisa mendapat ekstra potongan harga dari program Weekend Sale!

No.4

Membantu Anda membandingkan harga hotel termurah

Kelebihan:

  • Memudahkan Anda membandingkan harga hotel termurah

Kekurangan:

    • Beberapa pengguna mengatakan filter aplikasi kurang lengkap

    Untuk mendapatkan harga hotel termurah, tentunya Anda harus membuka beberapa aplikasi booking hotel untuk membandingkan harga. Hal itu sangat memakan waktu, bukan? Jika Anda tidak mau repot, Anda cukup melihatnya dari aplikasi ini saja. 


    Trivago akan memberi informasi harga hotel yang sama dari berbagai aplikasi booking hotel. Anda tinggal memilih aplikasi dengan harga yang ideal untuk dipilih. Setelah memilihnya, Anda akan langsung dihubungkan dengan aplikasi terkait untuk melakukan transaksi booking hotel. Mudah, cepat, dan Anda pun bisa mendapat hotel dengan harga terendah!

    No.5

    Coba pengalaman baru tinggal di rumah yang desainnya menarik!

    Kelebihan:

    • Pengalaman menarik menginap di rumah/properti orang lain
    • Tersedia fitur Experience (workshop class) untuk pengalaman yang lebih mendalam 

    Kekurangan:
    • Pemilik properti bisa menolak permohonan reservasi tamu
    • Kadang biaya penyewaannya sudah setara dengan menginap di hotel biasa

      Bosan menginap di hotel? Anda bisa mencoba pengalaman baru dengan menginap di properti orang. Aplikasi Airbnb menawarkan penyewaan kamar atau seluruh rumah. Rumah yang disewakan biasanya punya desain yang unik, Instagrammable, dan bisa ditinggali lebih banyak orang. Tak jarang, Anda juga bisa berinteraksi dengan pemilik rumah dan berakhir menjadi teman atau kenalan. 


      Di aplikasi ini juga tersedia fitur Experience. Anda bisa menemukan kegiatan di sekitar penginapan yang bisa dicoba, seperti pottery class, membatik, dan lainnya. Jadi, Anda pun bisa mencoba kegiatan baru yang mungkin belum pernah Anda rasakan.

      No.6

      Aplikasi untuk memesan budget hotel yang murah

      Kelebihan:

      • Opsi pembayarannya banyak 
      • Memudahkan pencarian hotel murah, cocok untuk budget traveler


      Kekurangan:
      • Beberapa pengguna mengatakan kondisi hotel tidak sama seperti di foto

        Punya bujet minim bukan berarti Anda tidak bisa tinggal di penginapan yang nyaman. Untuk Anda yang senang bepergian dengan cara backpacking, kami merekomendasikan untuk memesan hotel lewat aplikasi RedDoorz. RedDoorz adalah jaringan penginapan bujet online terbesar di Indonesia. 


        Meski hotelnya rata-rata bintang dua, RedDoorz tetap memberi fasilitas hotel yang lengkap. Anda akan diberi air mineral gratis, perlengkapan mandi, linen bersih, dan juga Wi-Fi. Anda pun jadi bisa lebih menghemat uang untuk biaya akomodasi. Agar lebih yakin dengan performance hotel, Anda bisa melihat rating dan membaca ulasan para tamu. 

        No.7

        Bermasalah dengan reservasi Anda? Chat langsung ke hotel lewat booking.com

        Kelebihan:

        • Tersedia fitur Flight+Hotel (pemesanan penerbangan dan hotel sekaligus)
        • Filternya lengkap dan terperinci

        Kekurangan:

        • Tidak tersedia opsi pembayaran bank transfer dan gerai retail

        Saat melakukan reservasi hotel via aplikasi, Anda mungkin sering mendapat info yang kurang jelas dari keterangan yang diberikan. Untuk mengetahui jawabannya, Anda harus menelepon langsung ke hotel yang bersangkutan. Sayangnya, melakukan panggilan lewat telepon bisa menguras pulsa Anda. Namun, kini Anda tak perlu khawatir. 


        Jika memesan hotel lewat booking.com, Anda bisa menghubungi pihak hotel tanpa biaya tambahan. Aplikasi ini memiliki fitur yang memberikan Anda akses untuk melakukan percakapan dengan admin hotel atau pemilik properti. Anda bisa mendapatkan informasi lebih jelas terkait pertanyaan Anda yang bisa disampaikan lewat chat.

        No.8

        Gratis menginap satu malam jika booking hotel lewat aplikasi ini

        Kelebihan:

        • Filternya user-friendly 
        • Ada reward menginap gratis


        Kekurangan:

        • Harga belum termasuk pajak

          Siapa yang tidak suka bonus dan reward? Bila Anda ingin mendapatkan gratis menginap di hotel, Anda wajib melirik aplikasi yang satu ini. Hotels.com memberikan program reward gratis satu malam setiap menginap selama sepuluh malam. Anda akan mendapatkan satu stempel untuk satu malam menginap. Bila Anda sering menginap di hotel karena urusan bisnis, aplikasi ini bisa menguntungkan Anda. Namun, jangan lupa untuk memeriksa syarat dan ketentuan reward, misalnya tidak bisa digunakan pada blackout dates.

          No.9

          Reservasi kamar hotel atau vila? Bisa! Beli tiket masuk wisata juga bisa

          Kelebihan:

          • Bisa membeli tiket event dan tiket wahana wisata
          • Bisa mengumpulkan reward TIX Point untuk digunakan pada transaksi berikutnya

          Kekurangan:

          • Beberapa pengguna mengatakan aplikasi sering crash atau lambat

          Masih bingung menimbang-nimbang akan menginap di hotel atau di vila? Agar lebih yakin, coba bandingkan harga dan kamar keduanya lewat aplikasi ini. Aplikasi Tiket.com menawarkan fitur untuk reservasi vila dan hotel. Jadi, Anda akan mendapatkan lebih banyak alternatif pilihan tempat untuk menginap.


          Selain reservasi hotel dan vila, Tiket.com juga menjual berbagai tiket lainnya. Salah satu yang menarik untuk dicoba adalah tiket event. Anda bisa membeli tiket konser, seminar, atau bahkan tiket masuk ke tempat wisata. Tidak perlu antri lama lagi untuk menikmati tempat wisata!

          No.10

          Panduan perjalanan terlengkap, menyusun itinerary jadi makin asyik!

          Kelebihan:

          • Ada ulasan tempat makan, tempat wisata, dan atraksi lainnya
          • Bisa menyimpan dan mengatur ide perjalanan

            Kekurangan:

            • Beberapa pengguna mengatakan aplikasi lambat

            Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan Tripadvisor, situs rekomendasi wisata dan things to do yang diulas para traveler. Untuk Anda yang sedang menyusun itinerary, aplikasi perjalanan ini akan sangat berguna. Saat sampai di kota tujuan, Anda tak akan mati gaya harus ekslor ke mana dan mencoba kuliner apa saja. 


            Di aplikasi sini, Anda juga bisa membandingkan harga hotel termurah yang ingin Anda booking. Temukan hotel terbaik dan jelajahi atraksi di sekitarnya dengan Tripadvisor!

            Tips memilih hotel dari aplikasi booking hotel

            Tips memilih hotel dari aplikasi booking hotel

            1. Bandingkan antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lain

            Saat memilh hotel dari berbagai aplikasi, Anda perlu melakukan perbandingan atas harga hotel di tiap aplikasi. Harga hotel di aplikasi A tidak selalu sama dengan di aplikasi B. Untuk mendapatkan harga hotel terbaik dan termurah, Anda perlu rajin-rajin membandingkan tiap aplikasi. Terkadang ada hidden cost yang luput dari perhatian, misalnya aplikasi yang membebankan biaya pembersihan kepada pengguna.


            2. Rajin cek promo atau diskon hotel

            Harga hotel termurah juga bisa didapatkan dengan mengecek promo hotel di aplikasi. Anda bisa mendapatkan info promo tersebut dengan subscribe newsletter via email atau follow media sosialnya. Promo yang sering diberikan adalah kupon potongan harga. Namun, jangan langsung tergiur promo. Anda harus jeli dan membaca syarat dan ketentuan promo. Cek juga masa berlaku promo dan detail lainnya.

            Tips dari tour consultant kami, Farianty Gunawan

            Tips dari tour consultant kami, Farianty Gunawan

            Selalu bandingkan aplikasi satu dengan lainnya karena tiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Booking.com bagi saya lebih fleksibel. Anda bisa chat dengan pihak properti, serta syarat dan ketentuan pembayarannya cukup detail. Proses refund-nya pun mudah. Meskipun demikian, Anda tetap harus memeriksa kembali apa saja yang sudah dan belum termasuk biaya yang harus dibayar.

            Baca juga rekomendasi perlengkapan traveling lainnya di sini

            Saat merencanakan perjalanan, Anda perlu menyiapkan beberapa hal, misalnya koper dan travel pouch. Skincare yang travel-friendly juga perlu dipikirkan agar kulit Anda tetap terawat selama traveling. Untuk membaca review lengkapnya, silakan klik link di bawah ini. 

            Kesimpulan

            Aplikasi booking hotel memang dapat membantu Anda merencanakan perjalanan dengan lebih mudah. Selain untuk booking hotel, Anda juga bisa mencari fitur tambahan lainnya, seperti booking tiket dan sewa mobil. 


            Pastikan pilihan pembayarannya mudah dan tidak membebankan. Cek juga promo dari tiap aplikasi untuk mendapatkan harga kamar hotel yang termurah. Yuk, rencanakan liburan asyik dengan mengeklik aplikasi booking hotel dari gadget Anda!

            Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
            Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

            Artikel terkait

            Artikel populer