1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Semir Sepatu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Semir Sepatu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Semir Sepatu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Warna sepatu putih yang netral cocok dipadukan dengan baju apa pun. Namun, setitik kotoran bisa menodai kecantikan sepatu putih Anda. Tenang, tersedia beragam merek semir sepatu putih yang bagus untuk menyelesaikan masalah ini. Beberapa di antaranya adalah Cololite, Kiwi, dan Biopolish


Dalam artikel ini kami akan merekomendasikan semir sepatu putih terbaik dengan beragam pilihan harga. Selain itu, kami juga akan memaparkan sejumlah pertimbangan untuk memilih semir sepatu putih. Baik untuk sepatu kulit maupun kanvas, Anda bisa menemukan pembersih sepatu putih terbaik di sini. Simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Diperbaharui 09-06-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara membersihkan dan merawat sepatu putih

Cara membersihkan dan merawat sepatu putih

Siapa tidak ingin sepatu putihnya selalu terlihat baru? Sayangnya, waktu dan cuaca kerap merusak penampilan sepatu Anda, terlebih lagi jika musim hujan tiba. Jalanan menjadi becek dan kubangan air ada di mana-mana. Saat musim kemarau pun tidak jauh berbeda karena debu beterbangan dan membuat sepatu menjadi kotor.


Salah satu cara untuk membersihkan dan merawat sepatu putih adalah menggunakan semir atau pembersih sepatu. Caranya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu menggosok bagian yang bernoda menggunakan semir atau pembersih sepatu tersebut. 


Beberapa produk ada yang perlu dibilas, tetapi banyak juga yang hanya perlu dibersihkan menggunakan kain lap. Namun, pastikan semir atau pembersih sepatu yang Anda pilih memiliki cairan atau cream berwarna netral, ya. Hal tersebut dimaksudkan agar sepatu putih Anda tidak terkontaminasi dengan warna lainnya.

Cara memilih semir sepatu putih

Mulai dikenal pertama kali sekitar abad ke-18, semir sepatu telah mengalami banyak perubahan. Tidak hanya mengilapkan sepatu, semir sepatu juga memberikan perawatan, seperti melembapkan atau mencegah penguningan (yellowing). Semir sepatu putih saat ini juga tidak melulu didominasi bahan kimia murni, tetapi juga alami. Bentuknya juga beragam, yaitu krim, pasta, lilin, dan cair.

① Sesuaikan dengan bahan sepatu

Tidak hanya kulit, sepatu saat ini juga dibuat dari beragam bahan. Oleh karena itu, penanganannya tentu membutuhkan perhatian khusus. Di tengah beragam jenis semir, jangan sampai Anda keliru dalam memilih. Pertama-tama, tentukan pilihan Anda berdasarkan bahan sepatu dan karakternya.

Kulit, si elegan yang butuh perawatan khusus

Kulit, si elegan yang butuh perawatan khusus

Sepatu kulit biasanya menggunakan kulit binatang sapi, kambing, domba, dan lainnya. Kelebihan sepatu kulit adalah tahan lama. Selain itu, makin lama, patina kulit asli akan makin cantik. Namun, perawatannya juga tidak sembarangan. 


Sebaiknya simpan sepatu kulit di tempat yang kering agar sepatu kulit Anda tidak lembap dan berjamur. Pada dasarnya, sepatu kulit bisa disemir menggunakan semir jenis apa saja. Namun, agar pemakaian semir lebih maksimal, perhatikan juga tekstur sepatu kulit Anda. 


  • Untuk sepatu kulit berwarna terang dan bertekstur, gunakan krim warna terang agar tidak menambah gelap warna sepatu. 

  • Untuk sepatu kulit yang tidak bertekstur, kami sarankan untuk menggunakan semir beeswax.

Suede, cocok dibersihkan dengan semir semprot

Suede, cocok dibersihkan dengan semir semprot

Suede merupakan bahan yang juga berasal dari kulit. Hanya saja, yang dipakai adalah bagian belakang kulit yang lembut dan halus. Sepatu berbahan suede sangat cocok dikenakan untuk acara santai. 


Permukaannya yang tidak mengilat, tetapi berbulu, lebih cocok dirawat dengan semir jenis semprot. Meski demikian, hindari menggunakan semir yang mengandung minyak agar tidak merusak tekstur sepatu suede.

Kanvas, lebih ideal jika dikeringkan secara alami

Kanvas, lebih ideal jika dikeringkan secara alami

Sepatu berbahan kanvas berbobot ringan dan teksturnya berserat. Bahan kanvas sering ditemukan pada sepatu atletik atau olahraga. Tidak hanya itu, sepatu sneakers juga banyak yang menggunakan bahan kanvas. 


Untuk sepatu kanvas putih, sangat disarankan untuk menggunakan produk cleaner agar mendapatkan hasil yang maksimal. Keringkan juga sepatu kanvas secara alami. Penggunaan mesin pengering sangat tidak disarankan karena dapat merusak bentuk sepatu.

Karet, bahan tahan air yang rentan mengalami penguningan

Karet, bahan tahan air yang rentan mengalami penguningan

Sepatu karet dikenal lentur, berdaya tahan kuat, dan tahan air. Bahannya diambil dari getah pohon karet yang kemudian diolah menjadi bahan siap pakai. Bahan karet ini juga rentan menguning sehingga diperlukan semir sepatu yang bisa mengatasi permasalahan ini

② Pertimbangkan produk berbentuk cleaner untuk warna putih yang bersih

Pertimbangkan produk berbentuk cleaner untuk warna putih yang bersih

Semir merupakan larutan minyak yang digunakan untuk mengilapkan sepatu. Namun, makin ke sini bahan sepatu tidak melulu dari kulit. Muncul bahan sepatu, seperti kanvas, suede, dan lainnya. Anda membutuhkan produk yang tepat untuk membantu sepatu-sepatu itu tetap cantik. Untuk itulah, cleaner hadir untuk membuat sepatu Anda makin bersih.


Cleaner sepatu umumnya berbentuk cair yang bisa dioles atau disemprot ke badan sepatu. Cleaner juga mengandung zat kimia untuk membersihkan. Namun, selain membersihkan, sebagian cleaner juga mampu mengilapkan, menghilangkan bau, atau bahkan mengusir jamur.

③ Tentukan berdasarkan fungsi tambahan lainnya

Permasalahan sepatu putih bukan sekadar noda yang mengganggu. Adakalanya timbul masalah lain, seperti sepatu yang menguning atau sepatu mengalami retak karena terpaan cuaca ekstrem. Jika sepatu Anda mengalami hal seperti itu, tidak ada salahnya untuk mencari semir sepatu yang bisa mengatasinya.

Mencegah penguningan agar sepatu tetap putih

Mencegah penguningan agar sepatu tetap putih

Masalah penguningan (yellowing) kerap dijumpai pada sol karet ataupun badan sepatu sneakers. Biasanya, penguningan ini disebabkan oleh kelembapan yang berisiko merusak penampilan sepatu


Sayangnya, kadang membersihkan masalah ini pun tidak mudah. Jadi, untuk meringkas waktu, sebaiknya Anda pilih semir sepatu yang bisa mengatasi, bahkan mencegah masalah penguningan.

Melembutkan bahan untuk mencegah retak pada sepatu kulit

Melembutkan bahan untuk mencegah retak pada sepatu kulit

Sepatu berbahan kulit memang elegan. Namun, sepatu kulit sangat mudah retak, terutama karena perubahan cuaca yang ekstrem. Jika Anda mengalaminya, pertimbangkanlah semir sepatu khusus kulit yang mengandung minyak asli. Kehadiran minyak asli ini dapat melembutkan dan melemaskan kulit sepatu sehingga sepatu Anda tetap mulus.

Mengharumkan dan mengusir bau tidak sedap pada sepatu

Mengharumkan dan mengusir bau tidak sedap pada sepatu

Sepatu lembap kerap menguarkan bau tidak sedap yang bahkan bisa bertahan lama sekalipun sudah dijemur. Sekarang tersedia semir sepatu putih yang tidak hanya membersihkan, tetapi juga mengusir bau tidak sedap dan mengharumkannya. Keunggulan ini sangat cocok bagi sepatu yang kerap terkena air hingga lembap.

Memperkuat warna asli agar sepatu selalu terlihat baru

Memperkuat warna asli agar sepatu selalu terlihat baru

Sudah banyak diketahui bahwa sepatu akan tampak kusam seiring waktu berjalan. Untunglah, sebagian semir sepatu kini dapat mengatasi masalah ini, misalnya dengan memasukkan vitamin E. Berkat hal ini, sepatu kulit Anda pun akan terjaga warnanya seperti baru. 

Mengatasi permasalahan jamur yang mengganggu kenyamanan

Mengatasi permasalahan jamur yang mengganggu kenyamanan

Tinggal di daerah tropis yang lembap membuat jamur dapat tumbuh subur di sepatu. Kehadiran jamur pastinya akan mengganggu penampilan sepatu. Noda gelap pun akan bertebaran di mana-mana hingga Anda merasa enggan mengenakan sepatu kesayangan. Jika menghadapi masalah ini, gunakan semir sepatu yang bisa mengatasi jamur.

④ Cari semir sepatu yang bisa melembapkan

Cari semir sepatu yang bisa melembapkan

Perubahan musim serta pergantian panas dan dingin bisa berefek pada sepatu Anda. Dengan melakukan perawatan rutin, sepatu Anda akan lebih awet dan tetap secantik saat pertama kali Anda memakainya.


Sebagian semir mengandung zat alami, seperti minyak carnauba, minyak pinus, atau lainnya yang berfungsi melembapkan. Anda bisa mempertimbangkan poin ini saat memilih semir sepatu putih.

10 Rekomendasi semir sepatu putih terbaik

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk semir sepatu putih terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Spotless

Multi Purpose Cleaner

Spotless Multi Purpose Cleaner 1枚目

Bisa dipakai untuk semua material, termasuk flyknit!

2

Flap Shoes Care

Premium Shoe Cleaner

Flap Shoes Care  Premium Shoe Cleaner  1枚目

Sepatu tidak hanya bersih, tetapi juga wangi!

3

Biopolish

Leather Care

Biopolish Leather Care 1枚目

Kandungan natural antioksidannya memperkuat warna asli bahan kulit

4

FAMA

Premium Shoe Cleaner

FAMA Premium Shoe Cleaner 1枚目

Kandungan antibakterinya ampuh mengusir bau

5

Pin Shoes Cleaner

Premium BLASTING

Pin Shoes Cleaner Premium BLASTING 1枚目

Semir sepatu putih kanvas penghilang noda bandel

6

Pin Shoes Cleaner

Leather Moisturizer

Pin Shoes Cleaner Leather Moisturizer 1枚目

Mengandung minyak alami yang kaya fungsi

7

PLAC

CERAM Natural Creams

PLAC CERAM Natural Creams 1枚目

Sepatu makin putih bersih dengan produk ekonomis

8

RS31

Shoes Cleaner

RS31  Shoes Cleaner 1枚目

Jenis semprot yang nyaman di bawa ke mana pun

9

Cololite

Liquid Shoe Polish

Cololite  Liquid Shoe Polish 1枚目

Diperkaya lilin carnauba yang membuat sepatu mengilap alami

10

SC Johnson

Kiwi Sneaker Cleaner

SC Johnson Kiwi Sneaker Cleaner 1枚目

Semir instan, cocok untuk Anda yang sedang terburu-buru

Perincian produk
Close
No.1

SpotlessMulti Purpose Cleaner

Mulai dari Rp65.500,00

Bisa dipakai untuk semua material, termasuk flyknit!

Kelebihan:

  • Cara membersihkan sepatu tak perlu direndam dan dijemur

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan jika botolnya mudah bocor

Sepatu flyknit kini banyak digemari. Namun, flyknit warna putih pastinya mudah terkena debu atau noda. Produk Multi Purpose Cleaner keluaran Spotless hadir untuk semua jenis sepatu, tak terkecuali sepatu flyknit


Produk ini juga mencegah penguningan pada sepatu. Namun, Anda perlu segera mengeringkan sepatu dan menjauhkan dari sorotan sinar matahari secara langsung. Hal tersebut dilakukan guna mempertahankan kualitas warna setelah Anda membersihkan sepatu.

No.2

Flap Shoes Care Premium Shoe Cleaner

Mulai dari Rp50.000,00

Sepatu tidak hanya bersih, tetapi juga wangi!

Kelebihan:

  • Tidak mengandung detergen sehingga tidak menyebabkan sepatu menguning

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan jika mengenai tangan akan mudah membuat iritasi 

Semir sepatu dari Flap Shoes Care ini bisa digunakan untuk semua bahan. Mulai dari kulit, nubuck, suede, kanvas, vinil, sampai karet. Mengandung sedikit bahan kimia, pembersih sepatu ini tidak memudarkan warna sepatu.


Selain mampu menghilangkan noda, ia juga bisa menghilangkan bau tak sedap dan menggantinya dengan bau harum. Berbentuk cairan, cleaner ini berisi 100 ml yang cukup untuk membersihkan sekitar 75 pasang sepatu. Jadi, semir sepatu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar mengoleksi sepatu.

No.3

Kandungan natural antioksidannya memperkuat warna asli bahan kulit

Kelebihan:

  • Kandungan vitamin E-nya mampu menguatkan keindahan sepatu kulit Anda
  • Produknya juga dapat dipakai untuk tas, dompet, ataupun jaket berbahan kulit 
  • Diklaim aman dan ramah lingkungan

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan jika tanggal kedaluwarsanya cukup pendek

Biopolish Leather Care hadir bagi para pencinta sepatu kulit tanpa mengubah tampilan produk kulit yang sebenarnya. Selain itu, produk ini memiliki bahan-bahan alami, seperti lilin lebah, minyak biji rami, minyak pinus, dan minyak natural lainnya. 


Anda yang tidak suka aroma menyengat juga akan suka dibuatnya karena produk ini tidak berbau. Semir sepatu ini juga menciptakan sifat antiair pada sepatu kulit sehingga mencegah keretakan yang tidak diinginkan.

No.4

FAMAPremium Shoe Cleaner

Mulai dari Rp34.000,00

Kandungan antibakterinya ampuh mengusir bau

Kelebihan:

  • Memiliki aroma yang fresh dan harum
  • Kandungan jojoba oil-nya membuat sepatu makin awet

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan jika noda karena lumpur cukup susah dibersihkan


Shoe cleaner dari FAMA ini terbilang cukup lengkap. Tidak hanya antibakteri, pembersih sepatu ini juga membuat sepatu tidak mudah berjamur. Sepatu juga beraroma segar setelah dicuci dan jauh dari aroma yang tidak sedap. Hebatnya lagi, karena mengandung lebih banyak bahan alami, pembersih sepatu ini tidak akan merusak bahan sepatu kesayangan Anda.

No.5

Pin Shoes CleanerPremium BLASTING

Mulai dari Rp20.000,00

Semir sepatu putih kanvas penghilang noda bandel

Kelebihan:

  • Didesain dengan jenis tutup botol yang tidak mudah tumpah

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan untuk sepatu berbahan suede atau kulit

Pasti menjengkelkan melihat sepatu putih ternoda, apalagi jika noda itu susah dihilangkan. Sudah disikat, digosok berkali-kali, noda itu terkadang tetap saja menempel. Untunglah, ada produk ini yang berfungsi membersihkan noda membandel. 


Premium BLASTING merupakan produk dari Pin Shoes Cleaner, perusahaan lokal asal Surabaya. Perusahaan ini sudah berkiprah selama bertahun-tahun di bidang perawatan sepatu sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi.

No.6

Pin Shoes CleanerLeather Moisturizer

Mulai dari Rp50.000,00

Mengandung minyak alami yang kaya fungsi

Kelebihan:

  • Mampu melindungi dari sinar UV

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan jika moisturizer-nya mudah mencair

Bagi Anda pemilik sepatu kulit, baik kulit asli maupun sintetis, cuaca ekstrem bisa merusak sepatu kesayangan. Nah, Leather Moisturizer ini akan melembutkan dan melemaskan bahan kulit sehingga mampu menghindarkan kulit sepatu dari risiko retak. 


Warna sepatu yang kusam pun akan lebih bersinar. Kandungan minyak aslinya memberikan perlindungan antiair bagi sepatu kulit sehingga sepatu akan lebih awet.

No.7

PLACCERAM Natural Creams

Mulai dari Rp4.300,00

Sepatu makin putih bersih dengan produk ekonomis

Kelebihan:

  • Diklaim mampu membersihkan noda dengan gosokan ringan

Kekurangan:

  • Tidak cocok digunakan untuk sepatu berbahan mesh atau rajut
  • Beberapa ulasan mengatakan jika botolnya mudah bocor

Pilihlah produk yang satu ini apabila Anda mencari semir sepatu putih dengan harga yang ramah di kantong. Tanpa mengeluarkan uang puluhan ribu rupiah, sepatu kesayangan akan tampak putih dan bersih saat menggunakannya. Selain dipakai sendiri, pembersih sepatu ini juga cocok untuk Anda jual kembali, lho!

No.8

Jenis semprot yang nyaman di bawa ke mana pun

Kelebihan:

  • Satu botol dapat untuk membersihkan hingga 75 pasang sepatu

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan jika botolnya mudah bocor

RS31 Shoes Cleaner merupakan produk pembersih sepatu dengan formula yang cocok dipakai untuk semua jenis sepatu. Tak hanya itu, bahan yang dipakai pun diklaim aman tanpa detergen. Jadi, sepatu kesayangan Anda pun tidak akan mudah rusak.


Menariknya, produk ini juga aman untuk metode pencucian waterless. Anda tinggal menyemprotkan produk ini di bagian yang terkena noda. Kemudian, sikatlah pelan-pelan, lalu diangin-anginkan. Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan, produk ini cocok untuk dibawa.

No.9

Cololite Liquid Shoe Polish

Mulai dari Rp37.300,00

Diperkaya lilin carnauba yang membuat sepatu mengilap alami

Kelebihan:

  • Pemakaiannya mudah, tinggal dioles dan diatur sendiri dosis pemakaiannya, tanganpun tak akan kotor
  • Memiliki shine level 5/5 yang akan membuat sepatu Anda tampak lebih menawan

Kekurangan:

  • Tingkat kelunakannya hanya 2/5

Produk Cololite ini mengandung carnauba wax atau lilin yang diekstrak dari daun tanaman palem carnauba. Tanaman ini banyak ditemukan di timur laut Brasil.. Dibanding dengan lilin sintetis, lilin carnauba memberikan kesan kilap dan mampu melekat lebih lama. Semir ini pun cocok untuk sepatu berbahan top grain leather yang merupakan lapis kedua kulit sapi.

No.10

SC JohnsonKiwi Sneaker Cleaner

Mulai dari Rp99.000,00

Semir instan, cocok untuk Anda yang sedang terburu-buru

Kelebihan:

  • Pemakaiannya praktis dan dapat digunakan untuk semua jenis sepatu, seperti kulit, sintetis kanvas, dan tekstil

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan jika dipencet terlalu lama akan mudah bocor dan busanya keluar

Siapa yang tak kenal Kiwi? Merek klasik ini barangkali sudah menemani keluarga Anda sejak puluhan tahun yang lalu. Salah satu produknya, Sneaker Cleaner, adalah terobosan bagi masyarakat modern yang sangat menghargai waktu.


Sneaker Cleaner cocok digunakan untuk segala jenis sepatu kulit. Produk ini mampu menyingkirkan jamur atau kotoran dengan pemakaian yang tak perlu dibilas air. Jadi, jika Anda adalah orang sibuk yang hanya memiliki sedikit waktu, pembersih sepatu ini patut dimiliki. 

Bahayakah mencuci sepatu dengan deterjen?

Bahayakah mencuci sepatu dengan deterjen?

Saat membersihkan sepatu, biasanya kita merendam sepatu dalam air berisi sabun detergen. Namun, meskipun sepatu menjadi bersih, bagian sol sepatu terancam copot akibat pemakaian sabun detergen.

Sabun detergen mengandung zat kimia yang sangat keras. Zat kimia yang keras ini bisa membuat warna sepatu makin kusam dan merusak bahan sepatu. Pemakaian detergen sangat tidak disarankan terutama pada sepatu berbahan kanvas. Jadi, mulai saat ini pertimbangkan lagi penggunaan detergen ini. Anda pasti ingin memiliki sepatu yang awet, bukan?

Baca juga rekomendasi perlengkapan untuk perawatan sepatu lainnya di sini

Sepatu yang dirawat dengan baik akan menjadi lebih awet dan terjaga penampilannya. Selain semir, Anda juga pasti membutuhkan perlengkapan lainnya. Apabila penasaran dengan produknya, cek saja artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan kehadiran semir sepatu putih, Anda tidak perlu khawatir lagi beraktivitas pada segala kondisi. Sebab, sepatu putih bisa kembali bersih setiap saat, bahkan dengan cara yang sangat mudah dan cepat. 


Bukan hanya itu, semir sepatu putih dewasa ini juga mengandung zat-zat yang berkhasiat merawat dan memperpanjang usia sepatu. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak bingung lagi menentukan semir yang cocok untuk sepatu kesayangan Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer