• 10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Chemical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sunscreen merupakan produk wajib untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Berdasarkan komposisinya, terdapat dua jenis sunscreen, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Sebagian orang lebih menyukai physical sunscreen. Namun, atas pertimbangan lain, ada pula yang memilih chemical sunscreen.


Saat memilih chemical sunscreen, Anda bisa menemukan beragam produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Parasol, Innisfree, dan Wardah. Kali ini kami akan memaparkan tips memilih chemical sunscreen. Sepuluh rekomendasi chemical sunscreen terbaik juga akan kami bahas untuk Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Pilih physical atau chemical sunscreen?

Pilih physical atau chemical sunscreen?

Terdapat dua hal yang membedakan physical dan chemical sunscreen. Dilansir dari situs pusat medis akademik Penn Medicine, dua sunscreen ini berbeda karena kandungan bahan aktifnya. Mekanisme kerja juga menjadi pembeda dua jenis tabir surya ini.


  • Produk physical sunscreen mengandung mineral aktif berupa titanium dioxide dan zinc dioxide. Mineral dalam physical sunscreen bekerja di atas kulit dengan memantulkan dan menyerap sinar matahari agar tak merusak kulit. Karena mengandung mineral aktif, physical sunscreen sering pula disebut sebagai natural sunscreen atau mineral sunscreen
  • Chemical sunscreen mengandung senyawa organik atau senyawa berbasis karbon. Terdapat banyak jenis senyawa organik yang menjadi agen dalam chemical sunscreen. Beberapa zat yang populer yakni oxybenzone, homosalate, hingga avobenzone. Senyawa ini dapat menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas. Kemudian, panas tersebut dilepaskan ke luar tubuh.

Kelebihan dan kekurangan chemical sunscreen

Kelebihan dan kekurangan chemical sunscreen

Seperti physical sunscreen, chemical sunscreen juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya yang perlu Anda perhatikan.


Kelebihan chemical sunscreen:

  • Bertekstur lebih tipis dan ringan sehingga lebih mudah menyebar pada kulit.
  • Cocok untuk pemakaian sehari-hari.
  • Cenderung tidak meninggalkan white cast, yakni lapisan putih yang muncul setelah produk dioleskan ke kulit.
  • Biasanya mengandung lebih banyak kandungan yang bermanfaat untuk kulit.

Kekurangan chemical sunscreen:

  • Membutuhkan 20–30 menit setelah dioleskan untuk bisa memberikan proteksi bagi kulit.
  • Lebih berisiko memicu iritasi.
  • Meningkatkan risiko kemerahan pada beberapa orang.
  • Cenderung memicu jerawat pada kulit yang rentan berjerawat.
  • Cenderung menimbulkan rasa pedih di mata saat Anda berkeringat.
  • Membutuhkan pengolesan ulang karena tidak tahan lama di kulit.

Demi memastikan kecocokan kulit Anda dengan chemical sunscreen, selalu lakukan patch test sebelum produk dioleskan ke seluruh wajah. Untuk melakukannya, oleskan sedikit produk ke kulit belakang telinga atau samping leher. Setelah itu, tunggu hingga 48 jam. Bila tak ada reaksi apa pun yang muncul, sunscreen yang baru Anda beli dipastikan aman untuk dipakai.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih chemical sunscreen

Bagi Anda yang menjatuhkan pilihan pada chemical sunscreen, kami memiliki tips dalam memilih produk yang bagus. Simak panduan berikut ini agar Anda tak salah membeli chemical sunscreen.

Cari produk yang sekaligus melindungi dari UVA dan UVB

Cari produk yang sekaligus melindungi dari UVA dan UVB

Secara umum, terdapat dua jenis sinar ultraviolet (UV) yang merusak kulit. Pertama, ada UVA yang dapat mempercepat munculnya kerutan dan bintik pada kulit. Kemudian, ada UVB yang dapat memicu sensasi terbakar akibat matahari (sunburn). UVB bahkan juga dapat merusak DNA dan meningkatkan risiko kanker kulit.


Menurut tulisan di skincancer.org yang sudah ditinjau oleh Elisabeth G. Richard, MD, sunscreen yang baik harus memberikan proteksi ganda. Karena itu, pilihlah chemical sunscreen yang mencantumkan klaim proteksi dari UVA dan UVB sekaligus. Pada beberapa produk, klaim proteksi ganda ini dicantumkan dengan label broad spectrum atau kode PA+ hingga PA++++ dengan SPF.

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30

SPF merupakan singkatan dari sun protection factor. Angka SPF pada produk sunscreen mengukur seberapa baik produk melindungi kulit dari sinar UVB. Anda mungkin pernah menemukan tabir surya yang memiliki angka SPF berupa 15, 30, 50, bahkan 100.


Menurut ahli dari The American Academy of Dermatology, Anda sebaiknya memilih sunscreen dengan SPF minimal 30. Sunscreen dengan SPF 30 dapat memblokir UVB hingga 97%. SPF yang lebih tinggi bisa memblokir lebih banyak UVB. Walau begitu, tidak ada sunscreen yang bisa memblokir UVB hingga 100%.


Selain itu, pastikan sunscreen juga mencantumkan label broad spectrum atau kode PA. Dengan demikian, produk tersebut dapat dipastikan memproteksi kulit tidak hanya dari UVB, tetapi juga dari UVA. PA sendiri adalah singkatan dari Protection Grade of UVA. PA umumnya dituliskan mulai dari PA+ hingga PA++++. Makin banyak +, proteksi terhadap UVA pun makin baik.

Sesuaikan sunscreen dengan jenis kulit

Memilih sunscreen sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit. Bila salah menggunakan produk, kandungan tertentu di dalamnya malah dapat memicu masalah baru. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Untuk kulit kering: Produk bertekstur krim yang mengandung agen pelembap

Untuk kulit kering: Produk bertekstur krim yang mengandung agen pelembap

Tak semua sunscreen cocok untuk kulit kering. Bila Anda mengeluhan kondisi ini, gunakanlah sunscreen yang bertekstur krim. Produk dengan tekstur krim mengandung lipid yang tinggi sehingga dapat menghidrasi kulit kering.


Periksa pula kandungan yang ditawarkan tiap sunscreen. Produk dengan agen pelembap seperti hyaluronic acid dan glycerin menjadi pilihan tepat untuk kulit kering. Kandungan lain seperti ceramide dan lidah buaya juga dapat dipertimbangkan. Sebagai contoh, Emina Sun Battle SPF 30 menawarkan ekstrak lidah buaya yang ideal untuk kulit kering.

Untuk kulit berminyak: Produk yang water-based atau bertekstur gel

Untuk kulit berminyak: Produk yang water-based atau bertekstur gel

Memiliki kulit berminyak tak kalah menyiksa dibandingkan kulit kering. Sebagai panduan, Anda bisa mencari chemical sunscreen yang memiliki tekstur gel atau water-based. Sunscreen tipe ini biasanya oil-free sehingga tidak menambah greasiness pada kulit yang sudah berminyak.


Untuk komposisinya, Anda bisa mencari bahan yang dapat mengontrol produksi minyak. Sunscreen dengan niacinamide dapat dipertimbangkan untuk kebutuhan ini. Anda juga bisa mencari produk yang mengandung ekstrak teh hijau seperti Hydrasoothe Sunscreen Gel dari Azarine. 

Untuk kulit sensitif: Produk yang mengandung zat pemicu iritasi sebaiknya dihindari

Untuk kulit sensitif: Produk yang mengandung zat pemicu iritasi sebaiknya dihindari

Pemilik kulit sensitif juga bisa menggunakan chemical sunscreen. Hal yang terpenting, Anda harus jeli menghindari kandungan yang menimbulkan reaksi pada kulit. 


Beberapa zat yang harus dihindari yaitu:

  • Alkohol buruk seperti ethanol dan denatured alcohol
  • Pewangi sintetis
  • Oxybenzone
  • Para-aminobenzoic acid (PABA)
  • Salicylate
  • Cinnamate


Sebagai tambahan, Anda bisa mencari produk yang mengandung panthenol dan allantoin. Dua kandungan ini memiliki efek menenangkan dan membantu mengurangi iritasi pada kulit. Salah satu produk yang bisa Anda tengok yakni Weightless Sunscreen dari For Skin's Sake. Produk ini diklaim aman untuk kulit sensitif serta tidak mengandung pewangi dan denatured alcohol.

Pertimbangkan sunscreen yang resisten terhadap air

Pertimbangkan sunscreen yang resisten terhadap air

Beberapa produk chemical sunscreen memiliki klaim resisten terhadap air. Chemical sunscreen dengan manfaat ini sangat bermanfaat bila Anda ingin berenang pada siang hari. Saat menjalani aktivitas yang memicu keringat berlebih, Anda sebaiknya juga menggunakan sunscreen yang resisten terhadap air. 


Ada sejumlah chemical sunscreen yang resisten terhadap air. Salah satu contoh produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Moisturizing Sunscreen Lotion dari merek Parasol. Biore juga memiliki UV Aqua Rich Watery Essence yang memiliki klaim ini. Dengan sunscreen tipe ini, Anda tak perlu khawatir kulit terbakar saat berenang!

Periksa kandungan lain yang baik untuk kulit

Periksa kandungan lain yang baik untuk kulit

Bahan pertimbangan yang tak kalah penting saat memilih chemical sunscreen adalah kandungan dan nutrisi lain di dalamnya. Anda bisa memilih produk chemical sunscreen yang mengandung agen pelembap, vitamin, dan antioksidan. Produk sunscreen yang mengandung ekstrak tumbuhan juga bisa dipertimbangkan. Innisfree, misalnya, menawarkan ekstrak teh hijau dan kunyit dalam chemical sunscreen Aqua Water Drop.

10 Rekomendasi chemical sunscreen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk chemical sunscreen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10

ParasolMoisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++

Mulai dari Rp 69.000,00

Perlindungan UVSPF 30 PA++
Isi50 g dan 100 g
Water-resistantYa
Kandungan lainVitamin E dan ekstrak lidah buaya
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
9
Perlindungan UVSPF 30 PA+++
Isi60 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainDimethicone, panthenol, ekstrak lidah buaya, dan hydrolyzed wheat protein
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung ethanol dan pewangi
8

InnisfreeAqua Water Drop Sunscreen SPF50+ PA++++

Mulai dari Rp 273.000,00

Perlindungan UVSPF 50+ PA++++
Isi50 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainEsktrak teh hijau, vitamin E, minyak biji bunga matahari, chameleon plant extract, Centella asiatica extract, Echium plantagineum seed oil, ekstrak kunyit
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
7

Johnson & Johnson Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50+

Mulai dari Rp 190.000,00

Perlindungan UVSPF 50+ PA+++
Isi88 ml
Water-resistantYa
Kandungan lainDimethicone
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung oxybenzone dan pewangi
6

Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Mulai dari Rp 121.600,00

Perlindungan UVSPF 50 PA++++
Isi50 g
Water-resistantYa
Kandungan lainRoyal jelly dan hyaluronic acid
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
5

IlluminareSun Protect Face & Body Lotion SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp 148.000,00

Perlindungan UVSPF 50+ PA++++
Isi100 g
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainEkstrak buah yuzu, alpha-arbutin, gliserin, dan turunan vitamin C (ascorbyl glucoside dan sodium ascorbyl phosphate)
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
4

WardahUV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 56.000,00

Perlindungan UVSPF 50 PA++++
Isi30 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainBisabolol, Artemisia capillaris flower extract, dan Pongamia glabra seed oil
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
3

BeiersdorfNivea Sun Protect & White Instant Aura SPF 50+

Mulai dari Rp 60.600,00

Perlindungan UVSPF 50+ PA+++
Isi30 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainLicorice extract, dimethicone
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung denatured alcohol
2

Wahana Kosmetika IndonesiaAzarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Mulai dari Rp 65.000,00

Perlindungan UVSPF 45 PA++++
Isi50 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainPropolis, ekstrak lidah buaya, ekstrak teh hijau, ekstrak buah delima, allantoin, lecithin, ekstrak gelang biasa, sodium hyaluronate, ekstrak timun, dan panthenol
Perhatian untuk kulit sensitifTidak ada
1

For Skin's SakeWeightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 40.000,00

Perlindungan UVSPF 50 PA++++
Isi7 ml dan 45 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainNiacinamide, Centella asiatica extract, allantoin, panthenol, English lavender oil
Perhatian untuk kulit sensitifTidak ada

Tabel perbandingan produk chemical sunscreen terbaik

Gambar produk
1
For Skin's Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

For Skin's Sake

2
Wahana Kosmetika Indonesia Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++ 1

Wahana Kosmetika Indonesia

3
Beiersdorf Nivea Sun Protect & White Instant Aura SPF 50+ 1

Beiersdorf

4
Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++ 1

Wardah

5
Illuminare Sun Protect Face & Body Lotion SPF 50+ PA++++ 1

Illuminare

6
Kao  Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ 1

Kao

7
Johnson & Johnson  Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50+ 1

Johnson & Johnson

8
Innisfree Aqua Water Drop Sunscreen SPF50+ PA++++ 1

Innisfree

9
Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ 1

Emina

10
Parasol Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++ 1

Parasol

Nama produk

Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Nivea Sun Protect & White Instant Aura SPF 50+

UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

Sun Protect Face & Body Lotion SPF 50+ PA++++

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50+

Aqua Water Drop Sunscreen SPF50+ PA++++

Sun Battle SPF 30 PA+++

Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++

Keunggulan

Formulanya aman untuk kulit sensitif

Kandungannya komplet untuk merawat kulit!

Bebas white cast dengan formula yang ringan dan antilengket

Jaga kulit dari sinar UVA, UVB, dan blue light sekaligus

Melembapkan, mencerahkan, dan melindungi kulit!

Teksturnya ringan yang diperkaya dengan royal jelly

Teknologi Dry-Touch-nya menjauhkan Anda dari kilau minyak berlebih

Memiliki tiga fungsi sekaligus, lebih dari sekadar tabir surya

Hadir dengan formula ganda untuk lindungi kulit Anda!

Resisten terhadap air, tak perlu khawatir lagi saat berenang!

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 65.000,00Rp 60.600,00Rp 56.000,00Rp 148.000,00Rp 121.600,00Rp 190.000,00Rp 273.000,00Rp 29.500,00Rp 69.000,00
Perlindungan UVSPF 50 PA++++SPF 45 PA++++SPF 50+ PA+++SPF 50 PA++++SPF 50+ PA++++SPF 50 PA++++SPF 50+ PA+++SPF 50+ PA++++SPF 30 PA+++SPF 30 PA++
Isi7 ml dan 45 ml50 ml30 ml30 ml100 g50 g88 ml50 ml60 ml50 g dan 100 g
Water-resistantTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaTidak disebutkanTidak disebutkanYa
Kandungan lainNiacinamide, Centella asiatica extract, allantoin, panthenol, English lavender oilPropolis, ekstrak lidah buaya, ekstrak teh hijau, ekstrak buah delima, allantoin, lecithin, ekstrak gelang biasa, sodium hyaluronate, ekstrak timun, dan panthenol Licorice extract, dimethiconeBisabolol, Artemisia capillaris flower extract, dan Pongamia glabra seed oilEkstrak buah yuzu, alpha-arbutin, gliserin, dan turunan vitamin C (ascorbyl glucoside dan sodium ascorbyl phosphate)Royal jelly dan hyaluronic acidDimethiconeEsktrak teh hijau, vitamin E, minyak biji bunga matahari, chameleon plant extract, Centella asiatica extract, Echium plantagineum seed oil, ekstrak kunyitDimethicone, panthenol, ekstrak lidah buaya, dan hydrolyzed wheat proteinVitamin E dan ekstrak lidah buaya
Perhatian untuk kulit sensitifTidak adaTidak adaMengandung denatured alcoholMengandung pewangiMengandung pewangiMengandung pewangiMengandung oxybenzone dan pewangiMengandung pewangiMengandung ethanol dan pewangiMengandung pewangi
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar chemical sunscreen

Pertanyaan umum seputar chemical sunscreen

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar chemical sunscreen. Jika Anda masih penasaran dengan chemical sunscreen, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah ibu hamil boleh memakai chemical sunscreen?

Ibu hamil dapat menggunakan chemical sunscreen selama digunakan pada area terbatas dan sebaiknya tidak pada trimester pertama. Sejauh ini tidak ada laporan efek teratogenik (cacat janin) pada penggunaan chemical sunscreen saat masa hamil. Oleh karena itu, chemical sunscreen dipandang aman untuk digunakan pada masa hamil.


Namun, pilihan terbaik yang direkomendasikan untuk masa hamil adalah mineral atau physical sunscreen. Hal ini disebabkan oleh mineral atau physical sunscreen tidak diserap ke dalam tubuh. Selain itu, mineral atau physical sunscreen lebih minimal risiko iritasi dan alergi.

Apakah hybrid sunscreen menyebabkan jerawat?

Munculnya jerawat lebih dipengaruhi oleh tekstur sunscreen dibandingkan UV filter yang digunakan. Selama tekstur sunscreen yang digunakan sesuai dengan jenis kulit, risiko timbulnya jerawat akan minimal. Pada kulit acne prone, sebaiknya gunakan sunscreen dengan tekstur ringan, seperti light lotion. Light lotion dapat mencegah pori tersumbat yang bisa memicu timbulnya jerawat. 

Tips mengaplikasikan chemical sunscreen

Tips mengaplikasikan chemical sunscreen

Mengaplikasikan chemical sunscreen sebenarnya tak jauh berbeda dengan physical sunscreen. Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah waktu pengaplikasian tabir surya ini. Selain itu, penting pula bagi Anda untuk mengaplikasikan ulang chemical sunscreen


  • Chemical sunscreen membutuhkan 20–30 menit sebelum bekerja melindungi kulit. Untuk itu, oleskanlah sunscreen ini 20–30 menit sebelum keluar rumah. 
  • Jangan lupa untuk mengoleskan ulang chemical sunscreen setiap 2 jam
  • Pada kondisi tertentu seperti saat berenang atau berkeringat berlebih, chemical sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap 40–80 menit. Jangan lupa untuk mengikuti panduan di label kemasan, ya. Sunscreen water resistant perlu diaplikasikan ulang setelah 40 menit terkena air. Sementara itu, sunscreen very water resistant perlu diaplikasikan ulang setelah 80 menit.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Terdapat tiga hal penting yang harus Anda perhatikan saat memilih sunscreen, termasuk chemical sunscreen, yaitu:


  1. SPF: minimal 30, lebih baik lagi 50,
  2. broad spectrum: melindungi dari sinar UVB serta UVA atau PA minimal ++, dan
  3. water resistant.

Pastikan juga untuk menggunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup untuk mendapatkan manfaat optimalnya. Untuk area wajah, gunakan sebanyak ¼ sendok teh atau 1,25 ml untuk mendapatkan proteksi optimal.

Baca juga rekomendasi produk sunscreen lainnya di sini

Tak hanya membahas chemical sunscreen, kami juga memiliki artikel tabir surya lain hanya untuk Anda. Kami sudah mengulas sunscreen untuk pria, untuk anak, bahkan untuk ibu hamil. Silakan klik tautan di bawah ini untuk menyimak judul yang menarik lainnya.

Kesimpulan

Radiasi sinar matahari dapat menimbulkan beragam masalah, mulai dari sunburn, penuaan dini, hingga risiko kanker kulit. Untuk itu, physical ataupun chemical sunscreen menjadi barang wajib dalam tas Anda untuk menjaga kesehatan kulit.


Kami sudah memaparkan tips memilih chemical sunscreen serta membagikan rekomendasi produknya. Pilihlah chemical sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan, aktivitas, serta bujet Anda. Bagaimana pun, mengoleskan sunscreen jenis apa pun lebih baik dibandingkan tidak sama sekali. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan produk body care yang cocok dimiliki semua orang. Tak hanya melembapkan, manfaat hand body lotion juga beragam, misalnya mencerahkan dan menghidrasi kulit. Marina, salah satu merek kosmetik lokal yang bagus pun mengeluarkan body lotion. Produk yang berkualitas dengan beragam varian menjadi alasan kepopuleran Marina.Jika Anda bingung menentukan pilihan body lotion Marina yang terbaik, tak perlu khawatir. Kami akan memberikan tips memilih juga rekomendasi produknya. Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh termasuk di antara produk yang kami rekomendasikan. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya. 
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh di-skip dari perawatan kulit sehari-hari. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang kaya pelembap.Kali ini, kami akan memberikan tips beserta rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Merek sunscreen ternama, seperti Azarine, Skin Aqua, dan COSRX ada dalam list rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi T-Shaped Razor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti familier dengan razor bentuk T. Razor jenis ini banyak digunakan karena penggunaannya mudah dan harganya pun terjangkau. Anda dapat menemukan berbagai merek pisau cukur bentuk T di pasaran. Ada Gillette, Philips, dan merek lainnya.Razor dengan mata silet paling tajam tentu banyak dicari. Karena itu, kami akan membahas mengenai cara memilih pisau cukur terbaik yang berbentuk T. Kami juga menyertakan rekomendasi pisau cukur terbaik beserta tips cara mencukur yang benar di akhir artikel. Yuk, baca artikel ini dan dapatkan alat cukur kumis manual ataupun elektrik yang bagus.
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori