• 10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sunscreen merupakan produk wajib untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Berdasarkan komposisinya, terdapat dua jenis sunscreen yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Sebagian orang lebih menyukai physical sunscreen. Namun, atas pertimbangan lain, ada pula yang memilih chemical sunscreen.


Bila memilih chemical sunscreen, Anda bisa menemukan beragam produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Parasol, Innisfree, dan Wardah. Kali ini kami akan memaparkan tips memilih chemical sunscreen. Sepuluh rekomendasi chemical sunscreen terbaik juga akan kami bahas untuk Anda. Mari simak selengkapnya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Icha Amalia
Safira Nisa
  • Pembaharuan terakhir: 20 Agustus 2021
  • 1.097 Views
Daftar isi

Pilih physical atau chemical sunscreen?

Pilih physical atau chemical sunscreen?

Terdapat dua hal yang membedakan physical dan chemical sunscreen. Dilansir dari situs pusat medis akademik Penn Medicine, dua sunscreen ini berbeda karena kandungan bahan aktifnya. Mekanisme kerja juga menjadi pembeda dua jenis tabir surya ini.


  • Produk physical sunscreen mengandung mineral aktif berupa titanium dioxide dan zinc dioxide. Mineral dalam physical sunscreen bekerja di atas kulit dengan membelokkan sinar matahari agar tak merusak kulit. Karena mengandung mineral aktif, physical sunscreen sering pula disebut sebagai natural sunscreen atau mineral sunscreen
  • Chemical sunscreen mengandung senyawa organik atau senyawa berbasis karbon. Terdapat banyak jenis senyawa organik yang menjadi agen dalam chemical sunscreen. Beberapa zat yang populer yakni oxybenzone, homosalate, hingga avobenzone. Senyawa ini dapat menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas. Kemudian, panas tersebut dilepaskan ke luar tubuh.

Kelebihan dan kekurangan chemical sunscreen

Kelebihan dan kekurangan chemical sunscreen

Seperti physical sunscreen, chemical sunscreen juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya yang perlu Anda perhatikan.


Kelebihan chemical sunscreen:

  • Bertekstur lebih tipis dan ringan sehingga lebih mudah menyebar pada kulit.
  • Cocok untuk pemakaian sehari-hari.
  • Cenderung tidak meninggalkan white cast, yakni lapisan putih yang muncul setelah produk dioleskan ke kulit.
  • Biasanya mengandung lebih banyak kandungan yang bermanfaat untuk kulit.

Kekurangan chemical sunscreen:

  • Membutuhkan 2030 menit setelah dioleskan untuk bisa memberikan proteksi bagi kulit.
  • Lebih berisiko memicu iritasi.
  • Meningkatkan risiko kemerahan pada beberapa orang.
  • Cenderung memicu jerawat pada kulit yang rentan berjerawat.
  • Cenderung menimbulkan rasa pedih di mata saat Anda berkeringat.
  • Membutuhkan pengolesan ulang karena tidak tahan lama di kulit.

Demi memastikan kecocokan kulit Anda dengan chemical sunscreen, selalu lakukan patch test sebelum produk dioleskan ke seluruh wajah. Untuk melakukannya, oleskan sedikit produk ke kulit belakang telinga atau samping leher. Setelah itu, tunggu hingga 48 jam. Bila tak ada reaksi apa pun yang muncul, sunscreen yang baru Anda beli dipastikan aman untuk dipakai.

Cara memilih chemical sunscreen

Bagi Anda yang menjatuhkan pilihan pada chemical sunscreen, kami memiliki tips dalam memilih produk yang bagus. Simak panduan berikut ini agar Anda tak salah membeli chemical sunscreen.

Cari produk yang sekaligus melindungi dari UVA dan UVB

Cari produk yang sekaligus melindungi dari UVA dan UVB

Secara umum, terdapat dua jenis sinar ultraviolet (UV) yang merusak kulit. Pertama, ada UVA yang dapat mempercepat munculnya kerutan dan bintik pada kulit. Kemudian, ada UVB yang dapat memicu sensasi terbakar akibat matahari (sunburn). UVB bahkan juga dapat merusak DNA dan meningkatkan risiko kanker kulit.


Menurut tulisan di skincancer.org yang sudah ditinjau oleh Elisabeth G. Richard, MD, sunscreen yang baik harus memberikan proteksi ganda. Karena itu, pilihlah chemical sunscreen yang mencantumkan klaim proteksi dari UVA dan UVB sekaligus. Pada beberapa produk, klaim proteksi ganda ini juga dicantumkan dengan label broad spectrum.

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30

SPF merupakan singkatan dari sun protection factor. Angka SPF pada produk sunscreen mengukur seberapa baik produk melindungi kulit dari sinar UVB. Anda mungkin pernah menemukan tabir surya yang memiliki angka SPF berupa 15, 30, 50, bahkan 100.


Menurut ahli dari The American Academy of Dermatology, Anda sebaiknya memilih sunscreen dengan SPF minimal 30. Sunscreen dengan SPF 30 dapat memblokir UVB hingga 97%. SPF yang lebih tinggi bisa memblokir lebih banyak UVB. Walau begitu, tidak ada sunscreen yang bisa memblokir UVB hingga 100%.

Sesuaikan sunscreen dengan jenis kulit

Memilih sunscreen sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit. Bila salah menggunakan produk, kandungan tertentu di dalamnya malah dapat memicu masalah baru. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Untuk kulit kering: Produk bertekstur krim yang mengandung agen pelembap

Untuk kulit kering: Produk bertekstur krim yang mengandung agen pelembap

Tak semua sunscreen cocok untuk kulit kering. Bila Anda mengeluhan kondisi ini, gunakanlah sunscreen yang bertekstur krim. Produk dengan tekstur krim mengandung lipid yang tinggi sehingga dapat menghidrasi kulit kering.


Periksa pula kandungan yang ditawarkan tiap sunscreen. Produk dengan agen pelembap seperti hyaluronic acid dan glycerin menjadi pilihan tepat untuk kulit kering. Kandungan lain seperti ceramide dan lidah buaya juga dapat dipertimbangkan. Emina Sun Battle SPF 30, misalnya, produk ini menawarkan ekstrak lidah buaya yang ideal untuk kulit kering.

Untuk kulit berminyak: Produk yang water-based atau bertekstur gel

Untuk kulit berminyak: Produk yang water-based atau bertekstur gel

Memiliki kulit berminyak tak kalah menyiksa dibandingkan kulit kering. Sebagai panduan, Anda bisa mencari chemical sunscreen yang memiliki tekstur gel atau water-based. Sunscreen tipe ini biasanya oil-free sehingga tidak menambah greasiness pada kulit yang sudah berminyak.


Untuk komposisinya, Anda bisa mencari bahan yang dapat mengontrol produksi minyak. Sunscreen dengan niacinamide dapat dipertimbangkan untuk kebutuhan ini. Anda juga bisa mencari produk yang mengandung ekstrak teh hijau seperti Hydrasoothe Sunscreen Gel dari Azarine. 

Untuk kulit sensitif: Produk yang mengandung zat pemicu iritasi sebaiknya dihindari

Untuk kulit sensitif: Produk yang mengandung zat pemicu iritasi sebaiknya dihindari

Pemilik kulit sensitif juga bisa menggunakan chemical sunscreen. Hal yang terpenting, Anda harus jeli menghindari kandungan yang menimbulkan reaksi pada kulit. 


Beberapa zat yang harus dihindari yaitu:

  • Alkohol buruk seperti ethanol dan denatured alcohol
  • Pewangi sintetis
  • Oxybenzone
  • Para-aminobenzoic acid (PABA)
  • Salicylate
  • Cinnamate


Sebagai tambahan, Anda bisa mencari produk yang mengandung panthenol dan allantoin. Dua kandungan ini memiliki efek menenangkan dan membantu mengurangi iritasi pada kulit. Salah satu produk yang bisa Anda tengok yakni Weightless Sunscreen dari For Skin's Sake. Produk ini diklaim aman untuk kulit sensitif serta tidak mengandung pewangi dan denatured alcohol.

Pertimbangkan sunscreen yang resisten terhadap air

Pertimbangkan sunscreen yang resisten terhadap air

Beberapa produk chemical sunscreen memiliki klaim resisten terhadap air. Chemical sunscreen dengan manfaat ini sangat bermanfaat bila Anda ingin berenang pada siang hari. Saat menjalani aktivitas yang memicu keringat berlebih, Anda sebaiknya juga menggunakan sunscreen yang resisten terhadap air. 


Ada sejumlah chemical sunscreen yang resisten terhadap air. Salah satu contoh produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Moisturizing Sunscreen Lotion dari merek Parasol. Biore juga memiliki UV Aqua Rich Watery Essence yang memiliki klaim ini. Dengan sunscreen tipe ini, Anda tak perlu khawatir kulit terbakar saat berenang!

Periksa kandungan lain yang baik untuk kulit

Periksa kandungan lain yang baik untuk kulit

Bahan pertimbangan yang tak kalah penting saat memilih chemical sunscreen adalah kandungan dan nutrisi lain di dalamnya. Anda bisa memilih produk chemical sunscreen yang mengandung agen pelembap, vitamin, dan antioksidan. Produk sunscreen yang mengandung ekstrak tumbuhan juga bisa dipertimbangkan. Innisfree, misalnya, menawarkan ekstrak teh hijau dan kunyit dalam chemical sunscreen Aqua Water Drop.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

COSRXAloe Soothing Sun Cream SPF50+ PA+++

Mulai dari Rp 199.000,00

Spesialis
mybest

Mamonde Everyday Aqua Sun Cream SPF50+/PA++++

Mulai dari Rp 175.000,00

10 Rekomendasi chemical sunscreen terbaik

Setelah membahas cara memilih chemical sunscreen, selanjutnya kami akan membeberkan beberapa rekomendasi produk yang bagus. Simak sepuluh rekomendasi chemical sunscreen dari kami yang bisa Anda pertimbangkan.

10

ParasolMoisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++

Mulai dari Rp 58.000,00

Perlindungan UVSPF 30 PA++
Isi50 g dan 100 g
Water-resistantYa
Kandungan lainVitamin E dan ekstrak lidah buaya
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
9
Perlindungan UVSPF 30 PA+++
Isi60 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainDimethicone, panthenol, ekstrak lidah buaya, dan hydrolyzed wheat protein
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung ethanol dan pewangi
8

InnisfreeAqua Water Drop Sunscreen SPF50+ PA++++

Mulai dari Rp 270.000,00

Perlindungan UVSPF 50+ PA++++
Isi50 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainEsktrak teh hijau, vitamin E, minyak biji bunga matahari, chameleon plant extract, Centella asiatica extract, Echium plantagineum seed oil, ekstrak kunyit
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
7

Johnson & Johnson Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50+

Mulai dari Rp 190.000,00

Perlindungan UVSPF 50+ PA+++
Isi88 ml
Water-resistantYa
Kandungan lainDimethicone
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung oxybenzone dan pewangi
6

Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Mulai dari Rp 115.800,00

Perlindungan UVSPF 50 PA++++
Isi50 g
Water-resistantYa
Kandungan lainRoyal jelly dan hyaluronic acid
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
5

IlluminareSun Protect Face & Body Lotion SPF 50+ PA++++

Mulai dari Rp 148.000,00

Perlindungan UVSPF 50+ PA++++
Isi100 g
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainEkstrak buah yuzu, alpha-arbutin, gliserin, dan turunan vitamin C (ascorbyl glucoside dan sodium ascorbyl phosphate)
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
4

WardahUV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 55.000,00

Perlindungan UVSPF 50 PA++++
Isi30 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainBisabolol, Artemisia capillaris flower extract, dan Pongamia glabra seed oil
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung pewangi
3

BeiersdorfNivea Sun Protect & White Instant Aura SPF 50+

Mulai dari Rp 51.000,00

Perlindungan UVSPF 50+ PA+++
Isi30 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainLicorice extract, dimethicone
Perhatian untuk kulit sensitifMengandung denatured alcohol
2

Wahana Kosmetika IndonesiaAzarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Mulai dari Rp 65.000,00

Perlindungan UVSPF 45 PA++++
Isi50 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainPropolis, ekstrak lidah buaya, ekstrak teh hijau, ekstrak buah delima, allantoin, lecithin, ekstrak gelang biasa, sodium hyaluronate, ekstrak timun, dan panthenol
Perhatian untuk kulit sensitifTidak ada
1

For Skin's SakeWeightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 40.000,00

Perlindungan UVSPF 50 PA++++
Isi7 ml dan 45 ml
Water-resistantTidak disebutkan
Kandungan lainNiacinamide, Centella asiatica extract, allantoin, panthenol, English lavender oil
Perhatian untuk kulit sensitifTidak ada

Tabel perbandingan produk chemical sunscreen terbaik

Gambar produk
1
For Skin's Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

For Skin's Sake

2
Wahana Kosmetika Indonesia Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++ 1

Wahana Kosmetika Indonesia

3
Beiersdorf Nivea Sun Protect & White Instant Aura SPF 50+ 1

Beiersdorf

4
Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++ 1

Wardah

5
Illuminare Sun Protect Face & Body Lotion SPF 50+ PA++++ 1

Illuminare

6
Kao  Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ 1

Kao

7
Johnson & Johnson  Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50+ 1

Johnson & Johnson

8
Innisfree Aqua Water Drop Sunscreen SPF50+ PA++++ 1

Innisfree

9
Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ 1

Emina

10
Parasol Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++ 1

Parasol

Nama produk

Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Nivea Sun Protect & White Instant Aura SPF 50+

UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

Sun Protect Face & Body Lotion SPF 50+ PA++++

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50+

Aqua Water Drop Sunscreen SPF50+ PA++++

Sun Battle SPF 30 PA+++

Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++

Keunggulan

Formulanya aman untuk kulit sensitif!

Kandungannya komplet untuk merawat kulit!

Bebas white cast dengan formula yang ringan dan antilengket

Jaga kulit dari sinar UVA, UVB, dan blue light sekaligus

Melembapkan, mencerahkan, dan melindungi kulit!

Teksturnya ringan yang diperkaya dengan royal jelly

Teknologi Dry-Touch-nya menjauhkan Anda dari kilau minyak berlebih

Memiliki tiga fungsi sekaligus, lebih dari sekadar tabir surya

Hadir dengan formula ganda untuk lindungi kulit Anda!

Resisten terhadap air, tak perlu khawatir lagi saat berenang!

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 65.000,00Rp 51.000,00Rp 55.000,00Rp 148.000,00Rp 115.800,00Rp 190.000,00Rp 270.000,00Rp 29.000,00Rp 58.000,00
Perlindungan UVSPF 50 PA++++SPF 45 PA++++SPF 50+ PA+++SPF 50 PA++++SPF 50+ PA++++SPF 50 PA++++SPF 50+ PA+++SPF 50+ PA++++SPF 30 PA+++SPF 30 PA++
Isi7 ml dan 45 ml50 ml30 ml30 ml100 g50 g88 ml50 ml60 ml50 g dan 100 g
Water-resistantTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaTidak disebutkanTidak disebutkanYa
Kandungan lainNiacinamide, Centella asiatica extract, allantoin, panthenol, English lavender oilPropolis, ekstrak lidah buaya, ekstrak teh hijau, ekstrak buah delima, allantoin, lecithin, ekstrak gelang biasa, sodium hyaluronate, ekstrak timun, dan panthenol Licorice extract, dimethiconeBisabolol, Artemisia capillaris flower extract, dan Pongamia glabra seed oilEkstrak buah yuzu, alpha-arbutin, gliserin, dan turunan vitamin C (ascorbyl glucoside dan sodium ascorbyl phosphate)Royal jelly dan hyaluronic acidDimethiconeEsktrak teh hijau, vitamin E, minyak biji bunga matahari, chameleon plant extract, Centella asiatica extract, Echium plantagineum seed oil, ekstrak kunyitDimethicone, panthenol, ekstrak lidah buaya, dan hydrolyzed wheat proteinVitamin E dan ekstrak lidah buaya
Perhatian untuk kulit sensitifTidak adaTidak adaMengandung denatured alcoholMengandung pewangiMengandung pewangiMengandung pewangiMengandung oxybenzone dan pewangiMengandung pewangiMengandung ethanol dan pewangiMengandung pewangi
Tautan produk

Tips mengaplikasikan chemical sunscreen

Tips mengaplikasikan chemical sunscreen

Mengaplikasikan chemical sunscreen sebenarnya tak jauh berbeda dengan physical sunscreen. Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah waktu pengaplikasian tabir surya ini. Selain itu, penting pula bagi Anda untuk mengaplikasikan ulang chemical sunscreen


  • Chemical sunscreen membutuhkan 20–30 menit sebelum bekerja melindungi kulit. Untuk itu, oleskanlah sunscreen ini 20–30 menit sebelum keluar rumah. 
  • Jangan lupa untuk mengoleskan ulang chemical sunscreen setiap 2 jam
  • Pada kondisi tertentu seperti saat berenang atau berkeringat berlebih, chemical sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap 80 menit.

Baca juga rekomendasi produk sunscreen lainnya di sini

Tak hanya membahas chemical sunscreen, kami juga memiliki artikel tabir surya lain hanya untuk Anda. Kami sudah mengulas sunscreen untuk pria, untuk anak, bahkan untuk ibu hamil. Silakan klik tautan di bawah ini untuk menyimak judul yang menarik lainnya.

Kesimpulan

Radiasi sinar matahari dapat menimbulkan beragam masalah, mulai dari sunburn, penuaan dini, hingga risiko kanker kulit. Untuk itu, physical ataupun chemical sunscreen menjadi barang wajib dalam tas Anda untuk menjaga kesehatan kulit.


Kami sudah memaparkan tips memilih chemical sunscreen serta membagikan rekomendasi produknya. Pilihlah chemical sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan, aktivitas, serta bujet Anda. Bagaimana pun, mengoleskan sunscreen jenis apa pun lebih baik dibandingkan tidak sama sekali. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Shea Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shea Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Shea butter berasal dari pohon shea yang berasal dari negara-negara benua Afrika, seperti Ghana, Nigeria, dan Uganda. Di dunia kecantikan, shea butter dikenal efektif dalam melembapkan kulit. Namun, banyaknya produk shea butter yang beredar mungkin akan membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih shea butter kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan berbagai produk shea butter yang berguna untuk perawatan tubuh dan rambut, mulai dari merek L’Occitane, The Body Shop, dan Now Foods. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    12.693 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Cream Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hand Cream Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hand cream merupakan produk perawatan tangan yang mudah digunakan dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Pada kesempatan ini, kami akan membahas hand cream berbahan organik yang kian populer di masyarakat. Produk ini disukai karena mampu mengurangi risiko timbulnya efek iritasi dan cocok untuk segala jenis kulit.Beberapa merek terkenal, seperti L’Occitane dan Caudalie telah memproduksi hand cream berbahan organik yang layak dicoba. Namun, manakah yang paling tepat untuk kulit tangan Anda? Simak penjelasan cara memilih hand cream organik berikut ini agar Anda bisa menemukan produk yang sesuai!
    Perawatan badan
    7.452 Views
  • 10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan masalah serius, seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Lakukan perawatan dari luar untuk mengatasinya, yaitu memakai lotion dengan formula khusus yang mengatasi kulit kering. Namun, mungkin Anda akan kesulitan memilih merek yang bagus untuk kulit Anda.Kami akan memandu Anda menemukan lotion yang bagus untuk kulit kering. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Kami juga mempunyai rekomendasi produk dari merek ternama, seperti L'Occitane, Innisfree, dan Cetaphil. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    198.529 Views
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pria yang kesehariannya aktif bergerak dan berkeringat, masalah bau badan bisa saja muncul. Menggunakan deodorant yang wangi dan mengandung anti-perspirant adalah satu cara mengatasi bau badan serta ketiak basah. Bahkan, deodorant juga digunakan untuk memutihkan ketiak. Anda bisa memilih jenis deodorant, baik itu deodorant spray, roll on, maupun stick. Berbagai merk deodorant yang bagus, seperti Rexona, Nivea, dan Axe menawarkan produk dengan kualitas yang baik. Di artikel ini kami akan mengulas cara memilihnya dan membagikan rekomendasi deodorant terbaik untuk Anda. Simak artikel ini baik-baik, ya!
    Perawatan badan
    44.407 Views
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Vaseline Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Lotion Vaseline Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering sering menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Mulai dari kulit bersisik, iritasi, hingga pengelupasan kulit adalah permasalahan yang kerap menimbulkan rasa perih pada kulit. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan body lotion secara rutin.Banyak merek bagus menciptakan losion khusus yang ditujukan untuk kulit kering, salah satunya adalah Vaseline. Vaseline menciptakan empat varian yang bisa dipilih, yaitu Intensive Care, Healthy Bright, Superfood Skin Serum, dan Body Serum. Kami telah menyiapkan tips memilih body lotion Vaseline beserta rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Yuk, simak sampai selesai!
    Perawatan badan
    153.674 Views
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit sensitif tidak hanya dialami pada bagian wajah, tetapi juga dapat terjadi pada bagian ketiak. Kulit ketiak yang sensitif mudah sekali iritasi oleh produk deodorant dan menyebabkan ketiak hitam. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan deodorant khusus untuk ketiak sensitif.Kali ini, kami telah menyediakan beragam merk deodorant terbaik dan cara memilih deodorant yang bagus untuk kulit sensitif. Beberapa merk deodorant yang aman untuk kulit sensitif, seperti Dove, Dayou, Sensatia Botanicals, dan Sukin akan turut kami review di sini.  Untuk Anda yang sedang mencari deodorant, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Perawatan badan
    36.424 Views
  • 10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Face Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Face oil kerap dilewatkan dalam rangkaian perawatan wajah. Banyak orang belum memahami manfaat face oil, sebagian lagi khawatir face oil akan memperparah kondisi kulit berminyak. Nyatanya, face oil justru dapat menjadi pelengkap skincare untuk kulit berminyak, lho.Face oil perlu dipilih berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih face oil yang bagus. Berbagai rekomendasi merek face oil terbaik, seperti Haple, SOMETHINC, Purivera, dan AUBREE SKIN ada di sini. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Dian Pratiwi. Penasaran dengan face oil? Yuk, simak ulasannya!
    Perawatan badan
    66.162 Views
  • 10 Rekomendasi Body Lotion The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Lotion The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tanda penuaan dan kulit kusam dapat diatasi dengan menjaga kelembapan kulit Anda. Salah satu cara menjaga kelembapan kulit adalah dengan menggunakan body lotion secara teratur. The Body Shop merupakan merk perawatan tubuh yang memproduksi body lotion dengan varian yang beragam.Banyaknya varian body lotion The Body Shop mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Guna membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih body lotion The Body Shop yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, dari yang beraroma musk, cherry blossom, hingga shea butter. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    9.109 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Oriflame Terbaik untuk Merawat Tubuh (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Oriflame Terbaik untuk Merawat Tubuh (Terbaru Tahun 2021)
    Oriflame adalah perusahaan kecantikan yang berdiri sejak tahun 1967. Saat ini, Oriflame telah hadir di lebih dari enam puluh negara, termasuk di Indonesia. Ada berbagai produk yang ditawarkan oleh brand ini, salah satunya adalah produk perawatan tubuh. Ada banyak sekali variasi produk perawatan tubuh yang ditawarkan Oriflame, mulai dari seri Divine, Silk Beauty, dan yang lainnya. Agar tidak bingung memilih produk Oriflame yang tepat untuk Anda, silakan simak artikel kami berikut ini. Kami juga akan menjelaskan cara memilih produk perawatan tubuh Oriflame sekaligus memberikan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    1.511 Views
  • 10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Leher Hitam - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah kulit yang sering membuat insecure adalah hiperpigmentasi di daerah lipatan leher yang tampak menghitam. Apakah Anda juga mengalaminya? Gesekan pakaian, iritasi, dan paparan sinar matahari adalah beberapa penyebab leher menghitam.Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami akan menjabarkan cara untuk mencerahkan leher hitam. Kami juga akan membahas produk-produk untuk memutihkan leher, seperti eksfoliator dan neck cream. Merek skincare yang bagus, seperti Looloo, Roceo, Whitelab, dan ERHA akan diulas tuntas di sini. Jangan lewatkan juga opini dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV!
    Perawatan badan
    2.098 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merek terbaik yang ada di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
    116.348 Views
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    203.766 Views
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
    199.194 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    231.513 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
    381.773 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Terdapat beberapa metode untuk menghilangkan bulu di tubuh, salah satunya adalah dengan krim penghilang bulu. Walaupun hasilnya tidak permanen, memakai krim penghilang bulu tidak menyakitkan seperti waxing dan tidak menyebabkan ingrown hair seperti shaving. Patut dipertimbangkan, bukan?Di antara krim yang beredar, merk Veet, Cocottee, atau Pansly mungkin sudah pernah Anda dengar. Untuk informasii lebih detail, kami akan menjelaskan cara memilih krim penghilang bulu serta memperkenalkan rekomendasi produk yang bagus. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan krim yang paling efektif menghilangkan bulu ketiak atau kaki!
    Perawatan badan
    165.538 Views
  • 5 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    5 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut yang tumbuh di bagian kaki, tangan, atau ketiak bisa menjadi hal yang mengganggu. Tak jarang waxing dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan rambut-rambut tersebut. Namun, karena prosesnya menyakitkan dan bulu lekas tumbuh kembali, banyak yang akhirnya beralih ke produk penghambat pertumbuhan bulu.Beberapa produk tidak hanya berfungsi untuk merontokkan, tetapi juga membuat pertumbuhan bulu melambat hingga menipiskan helaian. Kami akan memberikan penjelasan lebih jauh mengenai produk ini serta cara untuk memilih produk yang tepat. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa produk yang dapat menjadi pilihan Anda, seperti SanGreat, Pansly, dan Aliver.
    Perawatan badan
    39.143 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori