1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Tempat penyimpanan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lemari Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lemari Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lemari Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lemari Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lemari Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lemari Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lemari Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Lemari besi adalah salah satu tempat penyimpanan yang banyak digunakan di kantor ataupun rumah. Karena materialnya kukuh dan antirayap, lemari besi pas untuk menyimpan berbagai barang, mulai dari pakaian hingga arsip. Ada beragam model lemari besi di pasaran yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.


Pada artikel ini, kami akan berbagi tips memilih lemari terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Beragam merek lemari besi yang bagus turut kami ulas, seperti Sapporo, Datascrip, dan Ace Hardware. Lemari besi terbaik berdesain minimalis dengan dua pintu atau lebih bisa Anda temukan di sini. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih lemari besi

Banyaknya pilihan lemari besi yang dijual tentu membuat Anda bingung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan mengenai poin-poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih lemari besi.

① Sesuaikan ukuran lemari dengan luas ruangan Anda

Sesuaikan ukuran lemari dengan luas ruangan Anda

Kesesuaian ukuran perabot dengan luas ruangan merupakan hal yang sangat penting. Apabila perabot Anda terlalu besar, ruangan akan terasa dan terlihat sempit. Selain itu, perabot yang terlalu besar juga akan mengganggu ruang gerak. Fungsi perabot lainnya juga menjadi tidak optimal.

Untuk itu, Anda harus cermat memilih lemari besi yang ukurannya sesuai dengan ruangan Anda. Sebelum membeli, lakukan pengecekan berulang mengenai dimensinya, kemudian simulasikan peletakannya pada ruangan. Dengan begitu, penyesalan setelah membeli dapat dihindari.

② Pilih jenis lemari besi sesuai tujuan penggunaannya

Selain bentuk dan ukurannya, jenis lemari besi ternyata juga ditentukan oleh peruntukannya. Anda perlu mempertimbangkan hal ini karena akan berdampak pada barang yang hendak disimpan. Untuk lebih jelasnya, simak empat jenis lemari besi berikut ini.

Lemari besi minimalis dengan kaca untuk menyimpan arsip dan dokumen penting

Lemari besi minimalis dengan kaca untuk menyimpan arsip dan dokumen penting

Lemari besi memang banyak dijumpai di ruangan perkantoran. Salah satu alasannya adalah karena lemari besi cenderung lebih aman untuk menyimpan arsip dan dokumen. Barang yang disimpan pada lemari besi akan aman dari rayap, aman dari pelapukan, serta lebih mudah perawatannya.

Untuk keperluan kantor, sebaiknya pilih lemari besi dengan pintu kaca. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda menemukan dokumen yang hendak diambil. Anda tidak perlu membuka lemari satu persatu untuk menemukan satu dokumen. Cukup cari dari luar melalalui pintu kacanya yang tembus pandang.

Lemari besi tertutup aman untuk menyimpan pakaian dan menjaganya dari debu

Lemari besi tertutup aman untuk menyimpan pakaian dan menjaganya dari debu

Tak hanya untuk menyimpan dokumen penting dan arsip, lemari besi ternyata bisa juga untuk menyimpan pakaian. Biasanya, lemari besi pakaian menggunakan pintu tanpa kaca. Hal ini tentu dimaksudkan supaya lebih aman sekaligus menjaga privacy barang pribadi pemilik. Dengan adanya pintu tertutup, pakaian Anda tetap bersih dan bebas dari debu.


Selain itu, tak jarang ditemukan lemari pakaian besi yang sepaket dengan kotak penyimpanan barang berharga beserta kuncinya. Hal ini sangatlah menguntungkan sehingga Anda tak perlu bingung lagi mencari tempat untuk menyimpan barang-barang berharga.

Lemari besi tipe rak terbuka untuk barang yang dipajang

Lemari besi tipe rak terbuka untuk barang yang dipajang

Jika Anda memiliki barang dagangan atau sekadar ingin memajangnya, lemari besi jenis rak bisa menjadi pilihan. Umumnya, lemari besi berbentuk rak terbuka memiliki permukaan yang luas sehingga barang Anda dapat ditata dengan rapi. Selain itu, Anda dapat menambahkan kompartemen lainnya sebagai variasi pada rak tersebut.

Lemari besi tipe loker sebagai tempat penyimpanan bersama

Lemari besi tipe loker sebagai tempat penyimpanan bersama

Tipe lemari besi ini sering dijumpai di berbagai tempat atau fasilitas umum, seperti sekolah, gedung olahraga, toko buku, bahkan kantor. Hal ini disebabkan kemampuannya dalam menampung banyak barang milik orang-orang secara terpisah.


Lemari yang disebut dengan istilah loker ini terdiri dari beberapa kompartemen kecil yang dilengkapi kunci sendiri-sendiri. Degan demikian, si pemilik loker A tidak dapat membuka pintu loker B atau C. Barang-barang pribadi yang disimpan di sini menjadi lebih aman.

③ Pertimbangkan keamanan lemari dengan memilih tipe kunci yang sesuai

Pertimbangkan keamanan lemari dengan memilih tipe kunci yang sesuai

Lemari besi yang beredar di pasaran tak hanya berbeda dari segi fungsi dan desain fisiknya saja, tetapi juga tipe kunci yang dipakai. Secara umum, terdapat dua tipe kunci pada lemari besi, yaitu kunci central atau terpusat dan kunci terpisah.


Kunci central ialah kunci tunggal yang digunakan untuk seluruh kompartemen lemari besi. Artinya, Anda hanya memerlukan satu kunci untuk membuka beberapa kompartemen lemari. Dari segi desain, kunci tipe ini memang terlihat lebih praktis dan rapi. Biasanya kunci terpusat banyak dipakai untuk lemari besi tipe laci atau lemari dokumen dua pintu.


Tipe kunci lainnya adalah tipe kunci terpisah. Artinya, Anda memiliki kunci sejumlah pintu kompartemen pada lemari. Biasanya, kunci tipe ini diaplikasikan untuk lemari besi jenis loker, lemari besi pakaian, atau jenis lainnya yang membutuhkan keamanan individual.

10 Rekomendasi lemari besi terbaik

Pada ulasan di atas, kami telah membagikan tips memilih lemari besi yang bagus. Kini, tiba saatnya Anda menyimak sepuluh rekomendasi lemari besi terbaik yang telah kami siapkan. Tiap-tiap produk tentu memiliki spesifikasi dan tujuan penggunaan yang berbeda. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sapporo Furniture

Gazzata Lemari Pakaian Besi 3 Pintu

Sapporo Furniture Gazzata Lemari Pakaian Besi 3 Pintu 1枚目

Lemari besi khusus pakaian yang dilengkapi kotak penyimpan barang berharga

2

Kozure Loker Besi 12 Pintu

 Kozure Loker Besi 12 Pintu 1枚目

Barang pribadi tetap tersimpan dengan aman meski berada di kerumunan

3

Tiger Almari 2 Pintu Ayun

 Tiger Almari 2 Pintu Ayun 1枚目

Amankan pakaian kesayangan Anda dengan lemari besi yang estetis ini

4

Ace Hardware Indonesia

Tactix Rak Besi 5 Tingkat

Ace Hardware Indonesia Tactix Rak Besi 5 Tingkat 1枚目

Rak terbuka yang bisa digunakan untuk menyimpan dagangan hingga perkakas rumah tangga

5

Kozure Lemari Besi 3 Pintu

 Kozure Lemari Besi 3 Pintu  1枚目

Loker pakaian minimalis, ideal diletakkan di tempat umum atau asrama

6

Sapporo Furniture

ERFURT Filling Cabinet / Lemari Arsip Besi - Platinum Alpha

Sapporo Furniture ERFURT Filling Cabinet / Lemari Arsip Besi - Platinum Alpha 1枚目

Dilengkapi empat pintu ayun yang memudahkan Anda dalam mengambil barang

7

Datascrip

Top Lemari Arsip Pintu Ayun

Datascrip Top Lemari Arsip Pintu Ayun 1枚目

Memiliki lima kompartemen yang dapat diatur ukurannya

8

Filling Cabinet Besi 3 Laci

 Filling Cabinet Besi 3 Laci 1枚目

Kabinet knockdown 3 susun dengan kompartemen yang luas

9

Alfapro Furniture

Lemari Arsip

Alfapro Furniture Lemari Arsip 1枚目

Rapikan dokumen kantor dengan lemari besi yang dilengkapi pintu kaca

10

Aonez

Rak Jaring Besi

Aonez Rak Jaring Besi 1枚目

Rak kawat besi yang kuat menopang benda-benda pajangan Anda

Perincian produk
Close
No.1

Sapporo FurnitureGazzata Lemari Pakaian Besi 3 Pintu

Mulai dari Rp3.586.000,00

Lemari besi khusus pakaian yang dilengkapi kotak penyimpan barang berharga

Semua orang tentu menginginkan lemari dengan kompartemen lengkap sekaligus berkapasitas luas. Dengan begitu, pakaian hingga barang berharga Anda dapat  tersimpan rapi dan aman. Kebutuhan itulah yang coba dipenuhi oleh Sapporo Furniture.


Hadir dengan enam kompartemen luas, lemari pakaian besi tiga pintu ini menyediakan satu kompartemen khusus untuk menyimpan barang berharga. Selain itu, terdapat cermin di balik salah satu pintunya, lho! Anda pun bisa bercermin tiap usai berganti baju.

No.2

Kozure Loker Besi 12 PintuKL 12

Mulai dari Rp2.725.000,00

Barang pribadi tetap tersimpan dengan aman meski berada di kerumunan

Produk satu ini sangat pas untuk ditempatkan di sekolah, kantor, maupun sekretariat komunitas. Hal itu karena lemari besi jenis loker ini memiliki 12 kompartemen dengan pintu dan kunci masing-masing. Barang-barang banyak orang dijamin tersimpan rapi.


Menariknya lagi, loker ini ini memiliki dua pilihan warna yang cerah, yakni biru dan oranye dengan kombinasi putih sebagai warna dasarnya. Tak perlu takut barang Anda lembap karena masing-masing kompartemennya memiliki ventilasi udara pada pintunya.

No.3

Tiger Almari 2 Pintu AyunHM-A17

Mulai dari Rp2.760.000,00

Amankan pakaian kesayangan Anda dengan lemari besi yang estetis ini

Kata siapa lemari besi terlihat kaku dan membosankan? Buktinya lemari besi yang satu ini justru terlihat manis dan estetis. Lemari besi untuk pakaian ini tak hanya berbentuk kotak biasa, melainkan dilengkapi empat kaki yang menopang kuat dua kompartemen besarnya.


Pada bagian atas, Anda dapat meletakkan baju yang sudah dilipat, sedangkan di bagian bawah untuk baju yang digantung. Satu hal yang membuat lemari ini terlihat sangat manis adalah pilihan warnanya yang beragam, mulai dari merah, kuning, hingga biru. Untuk Anda yang menginginkan lemari besi warna-warni, ini dia pilihannya.

No.4

Ace Hardware IndonesiaTactix Rak Besi 5 Tingkat10102389

Mulai dari Rp1.899.000,00

Rak terbuka yang bisa digunakan untuk menyimpan dagangan hingga perkakas rumah tangga

Lemari besi ternyata tidak melulu tertutup rapat. Seperti produk keluaran Ace ini, lima kompartemennya dibiarkan terbuka tanpa pintu. Desain ini memang ditujukan bagi Anda yang ingin menyimpan barang sekaligus memajangnya.


Rak ini bisa digunakan untuk menyimpan aneka perkakas rumah tangga di dapur Anda. Sedangkan bagi Anda yang berdagang, rak ini bisa untuk menyimpan stok barang. Soal kualitas tak usah diragukan. Lemari besi Ace ini dijamin kuat dengan perpaduan rangka besi dan ambalan MDF-nya.

No.5

Kozure Lemari Besi 3 Pintu KL 3 W

Mulai dari Rp3.195.000,00

Loker pakaian minimalis, ideal diletakkan di tempat umum atau asrama

Lemari besi berbentuk loker ternyata tak hanya tersedia dalam kompartemen kecil. Pada loker pakaian tiga pintu ini, terdapat tiga sekat untuk tiap bagiannya, sekat atas, tengah, dan bawah.


Bagian atas bisa untuk menyimpan pakaian yang dilipat atau tas. Kemudian, pada bagian tengah difungsikan untuk pakaian yang digantung. Sedangkan alas kaki dapat diletakkan pada bagian bawah. Lemari besi pakaian ini bisa digunakan di asrama, gedung olahraga, atau kolam renang umum.

No.6

Sapporo FurnitureERFURT Filling Cabinet / Lemari Arsip Besi - Platinum Alpha

Mulai dari Rp2.436.000,00

Dilengkapi empat pintu ayun yang memudahkan Anda dalam mengambil barang

Arsip atau dokumen fisik yang berserakan tidak nyaman untuk dipandang. Oleh karena itu, lemari besi besar dari Sapporo Furniture ini hadir untuk mengatasinya. Terdiri dari dua kompartemen utama, lemari ini menggunakan empat pintu ayun yang akan memudahkan Anda dalam mengambil barang.


Kompartemen bagian atas dilengkapi dua pintu yang dikombinasikan dengan kaca bening sehingga bagian dalam lemari dapat terlihat. Sedangkan kompartemen bagian bawah menggunakan pintu tertutup supaya terkesan lebih rapi dan minimalis. 

No.7

DatascripTop Lemari Arsip Pintu AyunCBSTN

Mulai dari Rp2.100.000,00

Memiliki lima kompartemen yang dapat diatur ukurannya

Lemari seri Top dari Datascrip ini terdiri dari lima kompartemen luas yang dapat diatur sesuai kebutuhan Anda. Model pintunya adalah pintu ayun yang memudahkan Anda mengaksesnya. Selain itu, terdapat kunci di dekat handel pintu.


Lemari besi minimalis ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan arsip atau data-data yang bersifat sangat rahasia. Dengan pintu besi tanpa kaca, dokumen yang ada tidak bisa terlihat dari luar. Data rahasia kantor pun tersimpan dengan aman.

No.8

Filling Cabinet Besi 3 LaciAKD3

Mulai dari Rp1.290.000,00

Kabinet knockdown 3 susun dengan kompartemen yang luas

Kabinet ini terbuat dari besi penuh tanpa campuran. Hal itu menjadikannya sangat kuat, awet, dan tentu saja antrirayap. Model kabinet ini berupa laci dengan kompartemen yang luas. Anda bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan barang di kantor atau di rumah.


Jika Anda membelinya, produk ini merupakan produk knockdown sehingga Anda perlu merakitnya sendiri. Namun hal itu bukan masalah karena panduannya dapat diikuti dengan mudah. Khusus untuk pembeli area Jabodetabek, barang akan dirakitkan oleh kurir.

No.9

Alfapro FurnitureLemari ArsipAA 19 SL

Mulai dari Rp1.485.000,00

Rapikan dokumen kantor dengan lemari besi yang dilengkapi pintu kaca

Sesuai namanya, lemari besi satu ini bisa digunakan untuk menyimpan arsip dokumen di kantor. Tak perlu khawatir dokumen Anda tidak mendapat tempat, karena lima kompartemen pada lemari besi ini berukuran besar dan luas. Supaya keamanan dokumen makin terjaga, lemari ini dilengkapi dengan satu kunci di tengah.


Pada pintunya terdapat kaca bening yang terpasang dari bawah hingga ke atas. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mencari dokumen yang ada di dalamnya. Anda bisa membaca kode atau judul dokumen pada ordner atau kotak arsip dari balik pintu kaca.

No.10

Rak kawat besi yang kuat menopang benda-benda pajangan Anda

Jika Anda memiliki banyak barang untuk dipajang, lemari berbentuk rak jaring besi ini bisa menjadi pilihan. Terdiri dari empat kompartemen yang bisa disusun sesuka hati, rak besi ini terlihat sangat estetis berkat aksen jaring pada seluruh sisinya.


Sudut antarkompartemen dihubungkan dengan gesper berbahan plastik ABS yang kuat. Dengan menggunakan rak ini, Anda dapat menaruh buku, vas, dan elemen dekorasi lainnya. Lihat saja, ruangan Anda akan terlihat lebih luas dan segar.

Bagaimana cara merawat lemari besi?

Bagaimana cara merawat lemari besi?

Meski perawatan lemari besi lebih mudah dibanding lemari kayu, Anda tetap harus berhati-hati. Pasalnya, lemari besi juga dapat terkena korosi atau berkarat meski sudah menggunakan pelapis khusus. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat lemari besi kesayangan.


  • Bersihkan debunya secara perlahan dan teratur

Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin penyedot debu. Apabila tidak memilikinya, Anda bisa membersihkannya menggunakan kemoceng. Kemudian, lap permukaan lemari secara perlahan menggunakan lap kering. Boleh juga menggunakan cairan pembersih jika ada noda membandel.


  • Hindari kontak dengan cairan penyebab karat

Untuk menghindari korosi pada besi, pastikan lemari besi Anda benar-benar kering setelah dibersihkan. Terutama jika Anda menggunakan cairan pembersih berbahan kimia saat membersihkannya. Alih-alih langsung mengisinya dengan barang dan menutupnya, angin-anginkan lemari Anda sejenak agar tak ada sisa cairan yang menempel.


  • Beri pelumas pada pintunya secara berkala

Inilah satu cara yang sering dilupakan, memberi pelumas pada engsel atau rel pintu lemari. Pelumas ini berfungsi untuk melancarkan pintu yang tersendat atau berdecit saat dibuka. Gunakan pelumas secara berkala supaya engsel tetap berfungsi dengan baik.

Baca juga rekomendasi lemari penyimpanan lainnya di sini

Selain besi, tentu ada banyak material yang digunakan untuk memproduksi sebuah lemari. Selain itu, fungsi dan desainnya pun bermacam-macam. Berikut ini telah kami siapkan beberapa rekomendasi lemari penyimpanan yang bisa Anda baca dan jadikan referensi.

Kesimpulan

Ulasan mengenai cara memilih lemari besi hingga rekomendasi produk terbaik telah kami jabarkan. Bagaimana menurut Anda? Apakah artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih lemari besi? 


Tentunya, memilih lemari besi bukanlah perkara mudah. Anda harus memikirkan beberapa aspek penting agar mendapatkan lemari besi terbaik yang sesuai kebutuhan dan interior ruangan. Untuk itu, jangan lupa terapkan tips memilih dari kami, ya. Akhir kata, selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer