• 10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Gula batu adalah pemanis berbentuk seperti bongkahan kristal yang biasanya berwarna kuning atau putih. Pemanis ini terbuat dari larutan gula yang mengalami proses kristalisasi. Banyak orang beranggapan gula batu ampuh untuk meringankan batuk, serta mengatasi asam lambung. Namun, benarkah gula batu lebih sehat dan aman dibandingkan gula pasir, termasuk untuk penderita diabetes?


Khusus untuk Anda, kami akan membahas tentang manfaat gula batu, serta memberi tips memilih gula batu yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk terbaik dari beragam merek, seperti Lingkar Organik, Javara, dan Mama Kamu, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 31 Oktober 2021
Daftar isi

Apakah gula batu lebih sehat dibandingkan gula pasir?

Apakah gula batu lebih sehat dibandingkan gula pasir?

Gula batu atau dikenal sebagai rock sugar berasal dari larutan gula yang telah melalui proses kristalisasi. Proses inilah yang membuat tampilan gula batu menjadi seperti bongkahan kristal. 


Untuk membuat gula batu, larutan yang digunakan bisa berasal dari beragam jenis gula. Jenis gula yang digunakan antara lain gula tebu, gula merah (aren), atau gula pasir. Meski demikian, di Indonesia gula batu biasanya terbuat dari larutan gula tebu.


Proses pembuatan gula batu yang menggunakan suhu rendah menjadikan bahan makanan ini lebih mudah dicerna tubuh. Dengan demikian, gula batu dapat menjadi sumber energi yang cepat dihasilkan tubuh. Gula batu juga memiliki rasa yang tidak terlalu manis dibandingkan gula pasir karena mengandung lebih banyak air. Hal itulah yang menjadi perbedaan gula pasir dan gula batu.


Karena alasan-alasan di atas, banyak masyarakat meyakini bahwa gula batu memiliki manfaat bagi kesehatan. Gula batu dipercaya dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan, meningkatkan hemoglobin, hingga menghentikan mimisan. Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan manfaat gula batu tersebut.


Meski dapat memberi energi pada tubuh dengan lebih cepat, gula batu tidak mempunyai kandungan vitamin dan mineral. Konsumsi gula batu juga tetap perlu dibatasi, terutama untuk penderita diabetes. Namun, apabila Anda sedang berusaha mengurangi konsumsi gula, tak ada salahnya beralih ke gula batu. Akan tetapi, jangan menambah potongan gula batu demi mendapatkan rasa manis, ya!

Cara memilih gula batu

Meski manfaat kesehatan gula batu tidak begitu signifikan, bukan berarti bahan makanan ini tidak layak dikonsumsi. Gula batu bisa membantu Anda mengurangi konsumsi gula yang berlebihan. Karena itu, sekarang kami akan menjabarkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih gula batu. Simaklah dengan saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!

Perhatikan perbedaan warna gulanya

Di pasaran terdapat dua warna gula batu yang bisa ditemukan yakni putih dan kuning kecokelatan. Keduanya mempunyai karakteristik tersendiri. Informasi selengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini.

Gula batu kuning kecokelatan: Lebih sehat karena tidak mengalami proses pemurnian

Gula batu kuning kecokelatan: Lebih sehat karena tidak mengalami proses pemurnian

Gula batu dengan warna kuning atau kuning kecokelatan dipercaya memiliki lebih banyak zat yang baik bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan jenis gula batu ini tidak melalui proses ekstraksi atau pemurnian. Warna yang didapatkan pun murni dari larutan gula tebu, tanpa pemutih. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari gula batu, sebaiknya gunakanlah gula batu berwarna kuning kecokelatan.

Gula batu putih: Tampilannya lebih menarik dan tampak bersih

Gula batu putih: Tampilannya lebih menarik dan tampak bersih

Berbeda dengan gula batu kuning yang masih murni, gula batu putih melewati lebih banyak tahapan pemrosesan. Bisa dibilang gula batu putih telah kehilangan semua nutrisi yang terkandung dalam sari tebu. Namun, tampilan warna gula batu ini terlihat lebih menarik serta memberi kesan bersih. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba gula batu, jenis ini bisa menjadi peralihan dari gula pasir.

Pilih berdasarkan ukuran bongkahan gulanya

Selain perbedaan warna, gula batu juga mempunyai ukuran bongkahan yang tidak sama. Ada yang besar, ada pula yang kecil. Namun, tidak ada standar baku mengenai ukuran bongkahan gula batu karena sangat bergantung pada produsennya. Anda cukup memilih ukuran gula batu yang sesuai dengan preferensi pribadi.

Untuk menghasilkan hidangan kaya rasa, pilihlah gula batu dengan bongkahan besar

Untuk menghasilkan hidangan kaya rasa, pilihlah gula batu dengan bongkahan besar

Gula batu dengan ukuran bongkahan yang besar biasanya lebih sulit larut. Karena itu, pemakaian gula batu berukuran besar dapat memberi sensasi rasa manis yang muncul secara berangsur. Alhasil, rasa makanan atau minuman pun menjadi lebih kaya.


Namun, karena rasa manisnya tidak langsung keluar secara utuh, Anda mungkin jadi ingin menambahkan banyak potongan gula. Alhasil, rasa hidangan menjadi terlalu manis nantinya. Untuk itu, berhati-hatilah dalam menggunakannya.


Selain itu, gula batu ukuran ini terasa sedikit merepotkan untuk digunakan sehari-hari. Pasalnya, Anda perlu menghancurkannya terlebih dahulu saat membutuhkan porsi yang lebih sedikit.

Supaya lebih mudah dicampurkan ke minuman, pilihlah gula batu dengan bongkahan kecil

Supaya lebih mudah dicampurkan ke minuman, pilihlah gula batu dengan bongkahan kecil

Gula batu dengan bongkahan berukuran kecil biasanya pas untuk menambah rasa manis pada segelas minuman. Rata-rata ukuran gula batu bongkahan kecil adalah sekitar 13 cm. Karena itu, jenis gula batu ini bisa langsung dicampurkan ke dalam minuman. Jadi, Anda tidak perlu repot menghancurkannya seperti pada gula batu besar.


Ukuran gula batu yang kecil juga membuatnya lebih mudah larut. Oleh sebab itu, penggunaan gula batu ini memudahkan Anda dalam menyesuaikan rasa manis tanpa khawatir rasanya berlebihan. Jika makanan atau minuman Anda dirasa kurang manis, tambahkan saja bongkahan gula batunya.

Jika ingin mendapat manfaat kesehatan yang lebih tinggi, pilihlah produk organik

Jika ingin mendapat manfaat kesehatan yang lebih tinggi, pilihlah produk organik
Gula batu mungkin akan dikonsumsi setiap hari karena digunakan sebagai pengganti gula pasir. Karena itu, tentu akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi gula batu yang berasal dari tanaman organik. Menurut salah satu jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, mengonsumsi bahan makanan organik dapat mengurangi risiko alergi terhadap makanan.

Tanaman organik ditanam tanpa menggunakan pestisida. Selain itu, pupuk yang dipakai merupakan pupuk alami. Tanah yang digunakan untuk bercocok tanam pun biasanya bebas dari bahan kimia. Meski gula batu tidak mengandung manfaat kesehatan yang tinggi, sebisa mungkin pilihlah produk dengan label organik. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang mengonsumsinya.

10 Rekomendasi gula batu terbaik

Sekarang saatnya kami memberi rekomendasi produk gula batu yang terbaik. Daftar rekomendasi produk di bawah ini memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Bacalah satu per satu dan tentukan yang paling sesuai dengan selera Anda!

10
WarnaPutih
Ukuran bongkahanKecil
OrganikTidak disebutkan
Isi400 gr
9
WarnaPutih
Ukuran bongkahanKecil
OrganikTidak disebutkan
Isi225 gr
8
WarnaKuning kecokelatan
Ukuran bongkahanKecil
Organik
Isi500 gr
7

Gula Batu Organik

Mulai dari Rp 17.000,00

WarnaKuning kecokelatan
Ukuran bongkahanBesar, kecil
Organik
Isi500 gr
6
WarnaKuning kecokelatan
Ukuran bongkahanKecil
OrganikTidak disebutkan
Isi250 gr, 500 gr
5

GranologyOrganic Sugar Cubes / Gula Batu Putih Organik

Mulai dari Rp 4.500,00

WarnaPutih
Ukuran bongkahanBesar
Organik
Isi100 gr
4
WarnaKuning kecokelatan
Ukuran bongkahanBesar
OrganikTidak disebutkan
Isi500 gr
3

Kampung Kearifan IndonesiaJavara Natural Rock Sugar

Mulai dari Rp 32.000,00

WarnaKuning kecokelatan
Ukuran bongkahanBesar, kecil
OrganikTidak disebutkan
Isi250 gr
2
WarnaKuning kecokelatan
Ukuran bongkahanKecil
Organik
Isi1.000 gr
1
WarnaKuning kecokelatan
Ukuran bongkahanBesar
Organik
Isi500 gr

Tabel perbandingan produk gula batu terbaik

Gambar produk
1
Lingkar Organik Gula Batu 1

Lingkar Organik

2
Earth Living Raw Cane Lump Sugar 1

Earth Living

3
Kampung Kearifan Indonesia Javara Natural Rock Sugar 1

Kampung Kearifan Indonesia

4
Healthy Choice Gula Batu Natural 1

Healthy Choice

5
Granology Organic Sugar Cubes / Gula Batu Putih Organik 1

Granology

6
Gutera Gula Batu 1

Gutera

7
Gula Batu Organik 1

8
Mama Kamu Gula Batu Natural 1

Mama Kamu

9
Merbabu Gula Batu 1

Merbabu

10
Mili Lump Sugar 1

Mili

Nama produk

Gula Batu

Raw Cane Lump Sugar

Javara Natural Rock Sugar

Gula Batu Natural

Organic Sugar Cubes / Gula Batu Putih Organik

Gula Batu

Gula Batu Organik

Gula Batu Natural

Gula Batu

Lump Sugar

Keunggulan

Gula batu selalu fresh untuk menjaga kualitas

Isi lebih banyak untuk pencinta gula!

Kemasannya cantik, manisnya tak main-main

Lebih lambat dicerna, lebih bermanfaat untuk diet

Memiliki kemasan kecil yang ringkas untuk dibawa menginap

Hasilkan rasa masakan yang lebih nikmat

Rasakan manisnya gula batu tanpa membuat kantong jebol

Ukuran paling pas untuk segelas minuman manis

Potongan gulanya terlihat rapi!

Satu-satunya gula batu impor! Berani mencoba?

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 125.000,00Rp 32.000,00Rp 46.000,00Rp 4.500,00Rp 16.500,00Rp 17.000,00Rp 23.000,00Rp 11.000,00Rp 17.000,00
WarnaKuning kecokelatanKuning kecokelatanKuning kecokelatanKuning kecokelatanPutihKuning kecokelatanKuning kecokelatanKuning kecokelatanPutihPutih
Ukuran bongkahanBesarKecilBesar, kecilBesarBesarKecilBesar, kecilKecilKecilKecil
OrganikTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Isi500 gr1.000 gr250 gr500 gr100 gr250 gr, 500 gr500 gr500 gr225 gr400 gr
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk pemanis lainnya di sini

Selain gula batu, masih ada beragam jenis pemanis yang bisa menambah cita rasa makanan atau minuman. Ada gula stevia, gula merah, madu Manuka, clover honey, hingga maple syrup. Jika Anda penasaran dengan nikmatnya pemanis-pemanis tersebut, mari kunjungi artikel yang telah kami siapkan di bawah ini!

Kesimpulan

Kehadiran gula batu menjadi angin segar bagi pencinta rasa manis. Bahan makanan ini lebih cepat diserap oleh tubuh sehingga bisa cepat menghasilkan energi. Rasa manisnya pun tidak terlalu pekat sehingga pas digunakan sebagai latihan untuk mengurangi konsumsi gula.


Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel gula batu kali ini? Semoga penjelasan kami bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih gula batu yang terbaik. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Truffle oil adalah bahan kuliner yang digunakan untuk memberi rasa dan aroma truffle pada hidangan. Bahan ini biasa dipakai sebagai finishing oil dalam berbagai hidangan. Ada dua jenis jamur truffle yang digunakan dalam minyak ini, yaitu black truffle dan white truffle.Merek Geofoods truffle oil, Urbani truffle oil dan Casa Rinaldi truffle oil cukup populer di dunia kuliner. Bila ini pertama kalinya Anda mencoba, Anda tentu ingin mendapatkan truffle oil yang bagus, bukan?  Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh truffle oil terbaik. Disimak, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bubuk Kayu Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kayu manis bubuk atau cinnamon powder memiliki aroma dan rasa yang khas. Itulah sebabnya banyak orang mengolah bubuk kayu manis untuk minuman, kue, dan aneka masakan. Di samping itu, bubuk cinnamon juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Jika Anda sedang mencari kayu manis bubuk sachet ataupun kemasan botol, inilah artikel yang tepat. Di pasaran tersedia berbagai merk bubuk kayu manis yang bagus, seperti Koepoe Koepoe, Herbilogy, dan Saffrons. Masing-masing produk memiliki keunggulan dan harga yang berbeda-beda. Agar Anda mendapat produk yang tepat, bacalah dahulu tips memilihnya berikut ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tepung Kentang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan tepung kentang dapat memberikan tekstur crunchy pada makanan yang digoreng. Selain itu, tepung kentang banyak dipakai untuk aneka masakan Jepang, China, dan Western food. Namun, karena tepung kentang pada umumnya sama-sama berwarna putih, banyak orang yang mengalami kesulitan untuk memilihnya.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih tepung kentang yang bagus. Anda juga akan mendapat rekomendasi tepung kentang terbaik, seperti merek tepung kentang Knorr, Lentera Naga, Mr. Food, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, disimak sampai selesai!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makaroni merupakan jenis pasta yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Berbagai makanan, seperti sup, salad, bahkan camilan menggunakan jenis pasta ini. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan memilih produk yang pas untuk disajikan.Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih makaroni terbaik agar Anda mudah menemukan makaroni yang tepat. Temukan juga berbagai merek ternama, seperti La Fonte, San Remo, Kraft, dan lain-lain dalam rekomendasi kami. Yuk, langsung simak informasinya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Saus Asam Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Saus Asam Manis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saus asam manis merupakan bahan pelengkap masakan yang populer digunakan untuk sajian Chinese food dan Thailand food. Perpaduan rasa asam, manis, dan sedikit pedas membuat saus ini banyak digemari masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukan beragam saus asam manis yang berbeda komposisi, rasa, dan ukurannya di pasaran. Produk manakah yang sebaiknya dipilih?Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih saus asam manis beserta rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menyimak ulasan produk dari sejumlah merek ternama, seperti Lee Kum Kee, Ajinomoto, dan Heinz ABC. Selamat membaca!!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bumbu Merk Kobe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tepung Bumbu Merk Kobe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar memasak, Anda mungkin sudah tidak asing dengan berbagai produk dari merk Kobe. Kobe adalah produsen bumbu masakan yang memiliki banyak variasi produk, mulai dari cabe bubuk hingga tepung bumbu. Dengan tepung bumbu dari Kobe, membuat gorengan yang renyah dan lezat jadi lebih mudah!Di artikel ini kami akan memberikan tips yang akan membantu Anda memilih tepung bumbu Kobe yang sesuai dengan kebutuhan. Rekomendasi produk terbaiknya juga telah kami siapkan. Jadi, jika Anda berencana membeli tepung bumbu dari Kobe, simak artikel ini sampai habis, ya.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Sambal Merk ABC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sambal Merk ABC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    ABC adalah salah satu merk sambal yang enak dan digemari oleh banyak orang. Pilihan sambalnya sangat beragam. Anda bisa menikmati sambal jenis saus, seperti sambal tomat, sambal pedas, atau sambal bawang pedas. Anda juga bisa menemukan jenis sambal ulek, misalnya sambal terasi, sambal hijau, atau sambal bajak.Semua jenis sambal ABC tersedia dalam berbagai kemasan dan ukuran. Untuk kebutuhan keluarga, Anda bisa pilih kemasan botol kaca. Jika mengutamakan kepraktisan, kemasan sachet tepat dipilih. Agar Anda bisa mendapatkan produk sambal ABC terbaik, simak tips dan rekomendasi kami berikut ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Hidangan dengan saus garlic butter memang sangat menggugah selera. Garlic butter rice, garlic butter chicken & prawns, dan garlic bread adalah beberapa makanan lezat dengan saus ini. Anda tak perlu repot-repot meracik garlic butter sendiri karena sekarang Anda bisa membelinya.Beberapa merek garlic butter yang bisa Anda temukan di pasaran adalah Bokumjari, Nourish Indonesia, dan Manteca. Kami akan membahas cara memilih garlic butter yang bagus untuk resep masakan ataupun saus cocolan. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Temukan produk garlic butter yang enak dengan harga terjangkau!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Saus Mentai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Saus Mentai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, istilah saus mentai mungkin terdengar cukup asing. Namun, tidak demikian untuk penggemar kuliner Jepang. Saus yang berasal dari Jepang ini sering dioleskan pada sushi, dimsum, hingga omurice. Rasanya lezat karena terbuat dari campuran mayones, mentaiko, lemon, dan tobiko.Kini Anda bisa menemukan saus mentai instan dari berbagai merek, seperti Saboten Food, Miwa, hingga Kewpie. Namun, tak semua saus mentai rasanya sama. Ada yang pedas, ada yang tidak. Bahkan, ada yang tanpa tobiko. Karena itu, kali ini kami akan memberi tips memilih saus mentai yang bagus. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Bumbu Rendang Instan Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Bumbu Rendang Instan Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    Masakan rendang adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Rasanya yang pedas, asin, dan gurih membuat orang ketagihan menyantapnya. Baik rendang daging sapi, ayam, atau telur, semuanya sedap dan membuat lidah berdecak. Bumbu rendang instan sangat memudahkan Anda membuat masakan rendang yang lezat.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih bumbu rendang instan. Tidak lupa juga daftar rekomendasi bumbu rendang instan terbaik akan kami berikan. Anda bisa memilih bumbu rendang instan paling enak merk Sasa, Bamboe, Royco, dan sebagainya dalam artikel ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori