1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda.


Anda akan menemukan tips memilih film keluarga dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi film keluarga yang populer dan bagus untuk ditonton. Ada Coco, Keluarga Cemara, Inside Out, dan masih banyak film keluarga seru lainnya. Silakan baca artikel ini sampai habis, ya!

Diperbaharui 01-04-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih film keluarga

Menemukan film yang tepat untuk seluruh keluarga bukanlah suatu perkara mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa. Silakan Anda ikuti empat cara memilih film keluarga yang telah kami susun untuk Anda.

① Perhatikan kategori usia dari suatu film

Perhatikan kategori usia dari suatu film

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, film keluarga adalah tontonan untuk seluruh keluarga. Jadi, sebaiknya film tersebut mencakup hal-hal yang patut ditonton oleh anak-anak sesuai usianya.


Platform-platform media streaming biasanya sudah memberikan kategori usia untuk setiap filmnya. Ini bisa membantu Anda sebagai sebuah seleksi tahap awal. Namun, jika anak Anda masih kecil, cobalah berikan penjelasan jika Anda merasa ada hal-hal atau adegan yang tidak patut ia lihat. 


Nah, berikut ini adalah kategori usia yang biasanya digunakan:

  • Semua umur
  • 7+
  • 13+ atau remaja 

Sedikit catatan, untuk kategori 13+ atau remaja, sebaiknya Anda lihat faktor lainnya. Anda mungkin bisa mencari review tentang film kategori ini terlebih dahulu. Hal ini karena ada beberapa film yang topiknya justru untuk dewasa dan dewasa muda. Adegan yang digambarkan atau percakapan dalam film kategori 13+ atau remaja bisa memuat tentang kekerasan, kata-kata kotor, atau seks

② Temukan kategori film keluarga yang menarik bagi Anda

Banyak sekali film yang dikategorikan sebagai film keluarga, Anda bisa mengerucutkan pilihan dengan melihat kategorinya. Nah, berikut ini adalah beberapa kategori film keluarga.

Animasi, tampilan visual yang menarik

Animasi, tampilan visual yang menarik
Sumber: pixar.com

Saat membicarakan film animasi, nama-nama perusahaan besar, seperti Disney dan Pixar pasti langsung terlintas di benak Anda. Namun, apakah sebenarnya film animasi itu? Film animasi adalah film yang memuat perubahan gambar berurutan secara cepat yang membuat ilusi gerakan. Film animasi juga dikenal dengan istilah film kartun. 


Film animasi akan memberikan tampilan visual yang menarik. Hal ini karena film animasi bisa mewujudkan berbagai bentuk, karakter, dan pewarnaan yang sangat beragam

Drama, cerita kehidupan yang memainkan emosi

Drama, cerita kehidupan yang memainkan emosi
Sumber: hotstar.com

Drama adalah kategori film yang menceritakan tentang kehidupan. Film drama juga biasanya menonjolkan berbagai emosi. Emosi sang tokoh dengan dirinya, emosi sang tokoh dengan tokoh lainnya, bahkan emosi tentang keadaan atau suatu fenomena. 


Contohnya, film Cek Toko Sebelah menggambarkan beragam emosi dan konflik dalam hubungan keluarga. Konflik terbentuk karena perselisihan antara ayah dan anak hingga konflik antar saudara. 

Action dan petualangan, menyajikan keseruan dan pengalaman mendebarkan

Action dan petualangan, menyajikan keseruan dan pengalaman mendebarkan

Sesuai namanya, kategori film ini menyajikan banyak aksi. Tokohnya biasanya terlibat banyak tantangan atau petualangan yang melibatkan kegiatan fisik. Film keluarga dengan kategori ini rata-rata menunjukkan tokoh protagonis yang akan mengalahkan tokoh antagonis dengan aksinya. 

Komedi, memberikan keceriaan dan mengembalikan mood Anda

Komedi, memberikan keceriaan dan mengembalikan mood Anda

Film komedi adalah film yang dibuat dengan tujuan untuk membuat penonton tertawa. Jadi, komposisi terbesar dalam film komedi adalah humor. Unsur humor bisa dimasukkan dalam adegan atau dialog pemainnya. 

③ Pilihlah berdasarkan asal production house-nya

Pilihlah berdasarkan asal production house-nya

Film keluarga adalah salah satu jenis film yang banyak diproduksi. Tentunya hal ini dikarenakan pangsa pasarnya yang sangat besar. Untuk itu, banyak production house berlomba-lomba membuat film keluarga. 


Di Indonesia sendiri film keluarga yang ramai ditonton biasanya berasal dari production house dalam negeri atau Hollywood. Jika Anda ingin mengajarkan nilai-nilai yang sesuai budaya Indonesia, pilihlah film keluarga Indonesia. Sementara itu, jika Anda ingin mempelajari hal baru, Anda bisa memilih film keluarga Hollywood. 

④ Bacalah sinopsis atau lihat trailer filmnya

Bacalah sinopsis atau lihat trailer filmnya

Sinopsis dan trailer film akan memberikan Anda gambaran tentang cerita film tersebut. Ini akan membantu Anda mengambil keputusan final, apakah film ini menarik dan layak untuk ditonton seluruh keluarga.


Semua platform media streaming, seperti Disney+ Hotstar, Netflix, dan Viu, biasanya menyediakan dua hal tersebut. Namun, jika Anda belum yakin, Anda bisa melihat review film-film tersebut dari berbagai komunitas movie geek. 

10 Rekomendasi film keluarga terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film keluarga terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Disney & Pixar

Yes Day

Disney & Pixar Yes Day 1枚目

Petualangan seru menembus Land of The Dead

2

Disney & Pixar

Inside Out

Disney & Pixar Inside Out 1枚目

Kenalkan tentang emosi kepada anak Anda

3

Starvision

Cek Toko Sebelah

Starvision Cek Toko Sebelah 1枚目

Permasalahan keluarga yang dituangkan menjadi sebuah drama komedi

4

Visinema

Keluarga Cemara

Visinema Keluarga Cemara 1枚目

Film keluarga Indonesia yang legendaris

5

Miles Films

Petualangan Sherina

Miles Films Petualangan Sherina 1枚目

Bawa Anda menjelajahi indahnya alam Nusantara

6

Netflix

Over The Moon

Netflix Over The Moon 1枚目

Dongeng klasik dalam sentuhan stop-motion

7

Visinema Pictures

The Blind Side

Visinema Pictures The Blind Side 1枚目

Bertema konflik serta hubungan antara orang tua dan anak-anak, relateable!

8

Disney

Raya and the Last Dragon

Disney  Raya and the Last Dragon 1枚目

Nikmati cerita petualangan Raya menemukan naga terakhir

9

Disney

Blue Miracle

Disney Blue Miracle 1枚目

Belajar mencintai menembus tampilan fisik

10

Netflix

My Neighbor Totoro

Netflix My Neighbor Totoro 1枚目

Arungi lautan dan taklukkan berbagai monster ganas

Perincian produk
Close
No.1

Disney & PixarYes Day

Petualangan seru menembus Land of The Dead

Seorang anak bernama Miguel sangat menyukai musik dan bermimpi menjadi musisi. Namun, anggota keluarga Miguel tidak mendukung dan bahkan mencegahnya untuk bermain musik. Karena suatu kejadian, Miguel memasuki Land of The Dead atau Tanah Orang mati. Dari sinilah dimulai petualangan Miguel untuk kembali ke dunianya sembari menentukan passion yang dimiliki.


Film keluarga Barat ini akan memberi Anda visual menakjubkan terlebih saat menggambarkan kemeriahan Land of The Dead. Diwarnai reuni keluarga yang hangat dan keberanian Miguel untuk jujur akan impiannya, film ini bisa menginspirasi Anda dan keluarga. Pencinta film dengan visual ciamik atau penggemar kartun musikal wajib menonton film ini.

No.2

Disney & PixarInside Out

Kenalkan tentang emosi kepada anak Anda

Film adalah salah satu media belajar yang efektif bagi anak-anak. Untuk itu, penting untuk memilih film yang tepat dan pengarahan dari Anda selaku orang tuanya. Nah, Inside Out adalah film animasi keluarga dari barat yang tepat dipilih untuk mengajarkan anak tentang emosi.


Film ini menyajikan tentang emosi yang dimiliki oleh seorang anak perempuan bernama Riley. Ada lima emosi dalam diri Riley, yakni Joy, Sadness, Anger, Disgust, dan Fear. Kelima emosi ini akan berusaha melakukan yang terbaik untuk "menyelamatkan" Riley. Menyelamatkan Riley dalam hal apa dan bagaimana? Jika Anda penasaran, silakan langsung tonton filmnya. 

No.3

Permasalahan keluarga yang dituangkan menjadi sebuah drama komedi

Cek Toko Sebelah merupakan sebuah film tentang permasalahan keluarga pada umumnya. Koh Afuk sebagai ayah yang lebih mempercayai anak keduanya untuk meneruskan tokonya. Sementara itu, Erwin, sang anak kedua, kariernya sedang melesat tinggi di kantornya. Ditambah dengan adanya konflik antara sang anak pertama, Yohan dan ayahnya. 


Permasalahan-permasalahan tersebut mungkin terlihat complicated. Namun, Ernest Prakasa selaku sutradara berhasil menyulapnya menjadi sebuah drama komedi. Jadi, jangan kaget kalau sepanjang film Anda akan banyak menangis, menangis karena tertawa dan juga menangis haru. 

No.4

Film keluarga Indonesia yang legendaris

Cerita keluarga cemara mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian dari Anda. Pada pertengahan tahun 90-an cerita keluarga cemara sempat menjadi trending setelah dibuat sinetron. Pemain-pemain sinetron terkenal tanah air juga terlibat dalam sinetron ini, seperti Adi Kurdi, Novia Kolopaking, dan Lia Waroka. 


Nah, pada 2018 cerita keluarga cemara akhirnya diangkat menjadi sebuah film dan disutradarai oleh Yandi Laurens. Pemain-pemain berbakat juga dilibatkan dalam film ini, seperti Ringgo Agus Rahman, Nirina, Zara, dan Widuri. Tetap dengan konsep yang sama, film ini menggambarkan tentang makna keluarga. 

No.5

Miles FilmsPetualangan Sherina

Bawa Anda menjelajahi indahnya alam Nusantara

Jika Anda mencari film keluarga dengan tokoh utama anak-anak agar anak Anda makin relate, pilihlah film ini. Karena suatu kejadian, Sam yang awalnya berencana liburan hanya dengan Mama Uci justru jadi pergi bertiga dengan Happy, sepupunya. 


Perbedaan antara Happy yang sederhana dengan Sam yang anak kota dan sulit lepas dari handphone menghadirkan keunikan sendiri. Terlebih lagi, film ini juga akan membawa Anda melihat beberapa keindahan spot wisata alam Indonesia. Anda yang ingin melihat cantiknya alam Indonesia juga tentu cocok menonton film ini.

No.6

NetflixOver The Moon

Dongeng klasik dalam sentuhan stop-motion

Anda yang menyukai nuansa artistik film stop-motion sangat tepat mengajak keluarga melihat film ini. Dalam film ini, cerita klasik Pinokio disusun ulang oleh Guillermo del Toro agar lebih fresh dan membuat Anda penasaran.


Penggunaan teknik stop-motion juga memungkinkan tiap karakter dalam film ini memiliki detail tampilan yang sangat tajam dan kaya warna. Dipadukan dengan pesan moral terkait arti hidup, rasanya sayang bila Anda melewatkan film ini.

No.7

Visinema PicturesThe Blind Side

Bertema konflik serta hubungan antara orang tua dan anak-anak, relateable!

Hubungan antara anggota keluarga tidak selalu harmonis. Ada kalanya sesama saudara atau anak dengan orang tua mengalami konflik. Nah, film keluarga Indonesia ini cocok ditonton jika Anda ingin melihat perjuangan anggota keluarga dalam menghadapi masalah bersama.


Angkasa, Aurora, dan Awan adalah tiga bersaudara yang memiliki caranya tersendiri dalam menangani konflik. Perbedaan perlakukan sang ayah dan ibu terhadap ketiga bersaudara ini plus miskomunikasi antar mereka pun menimbulkan berbagai masalah. Ditambah dengan trauma masa lalu yang mau tidak mau harus dihadapi, film ini pun makin menarik ditonton.

No.8

Disney Raya and the Last Dragon

Nikmati cerita petualangan Raya menemukan naga terakhir

Dalam film terbarunya, Raya and The Last Dragon, Disney mengajak para penonton ke negeri fantasi Kumandra. Di sana, Anda akan bertemu dengan Raya, seorang pendekar wanita yang mempunyai misi menyelamatkan dunia. 


Dalam misinya menyelamatkan dunia, Raya pergi untuk menemukan naga terakhir. Namun, dalam perjalanannya, ada banyak teman dan pelajaran yang Raya temui. Seperti apa kisah perjalanan Raya? Pastinya seru, menyenangkan, dan penuh makna. Silakan Anda buktikan sendiri!

No.9

Belajar mencintai menembus tampilan fisik

Anda yang menyukai film keluarga Hollywood dengan pesan moral terkait kekuatan cinta jangan sampai melewatkan film ini, ya! Belle adalah seorang gadis cantik yang cerdas sekaligus berani. Demi menolong ayahnya, Belle rela menjadi tawanan The Beast yang menyeramkan.


Menariknya, seiring berjalannya waktu Belle justru bisa melihat banyak kebaikan dalam diri The Beast terlepas dari fisiknya yang menakutkan. Didorong oleh kepercayaan atas dasar cinta, mereka berdua pun bersatu untuk menghadapi berbagai rintangan. Romantis dan manis untuk ditonton!

No.10

NetflixMy Neighbor Totoro

Arungi lautan dan taklukkan berbagai monster ganas

Jacob adalah seorang pemburu monster laut ganas yang tanpa sengaja harus bertualang bersama Maisie, seorang anak kecil. Mengarungi lautan untuk mengalahkan berbagai monster dan menyingkap kebenaran, petualangan mereka berdua sangat menarik untuk ditonton.


Animasi halus berpadu dengan karakter yang ekspresif akan membuat mata Anda makin terpaku dengan layar. Film ini tepat ditonton bersama keluarga untuk menikmati penjelajahan lautan sembari belajar tentang konflik akibat perbedaan perspektif.

Baca juga rekomendasi produk untuk bermain bersama keluarga di sini

Berdiam diri begitu saja di rumah tentu akan membuat bosan, terlebih bagi anak-anak. Untuk itu, silakan lihat rekomendasi produk-produk yang bisa digunakan untuk kegiatan bersama keluarga. Walau di rumah saja, Anda dan keluarga bisa tetap bersenang-senang bersama. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, memilih film keluarga tentunya bukan perkara yang sulit lagi, bukan? Anda cukup mengikuti empat cara memilih di atas saja. Perhatikan kategori usia, kategori film, asal production house-nya, serta lihatlah sinopsis dan trailer filmnya.


Agar lebih mudah, Anda juga bisa melihat sepuluh rekomendasi produk dari kami. Akhir kata, selamat menikmati waktu kebersamaan bersama keluarga sambil menonton film. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer