• 10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Produk yang paling dicari saat mencuci kendaraan adalah lap, salah satunya lap chamois. Lap chamois ini lebih dikenal dengan nama kanebo. Kanebo memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mengeringkan motor atau mobil yang sudah dicuci dengan lebih efisien. Tak hanya kendaraan, kanebo juga bisa untuk mengelap perabotan atau furnitur rumah. Produk yang serbaguna, bukan?


Kami akan memberikan tips memilih kanebo beserta merekomendasikan merek kanebo yang bagus untuk Anda. Beberapa contoh merek kanebo terbaik tersebut adalah AION, 3M, dan Kenmaster. Yuk, simak selengkapnya untuk mendapatkan kanebo terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Apa itu kanebo?

Apa itu kanebo?

Tahukah Anda bahwa kanebo bukanlah jenis lap, melainkan nama merek dagang? Kanebo adalah nama perusahaan asal Jepang yang menjual lap elastis serbaguna yang diberi nama Plas Chamois. Sejak 1999, Kanebo mengganti nama perusahaannya menjadi AION. Namun, orang-orang tetap menyebut produknya dengan nama kanebo.


Chamois sendiri artinya bahan yang diambil dari kulit kambing gunung dari Eropa. Karena langka dan harganya yang tinggi, banyak produsen membuat produk sintetisnya. Bahan chamois sintetis ini pada umumnya terbuat dari Polyvinyl Alcohol (PVA). Bahan sintetis tersebut lalu diberi nama plas chamois.


Karakteristik utama kain lap kanebo adalah mampu menyerap air, mudah kering, dan awet. Kanebo banyak digunakan untuk mencuci atau mengeringkan benda, seperti membersihkan motor, mobil, perkakas tangan, hingga perkakas rumah tangga. Sekarang, sudah banyak produsen lain yang menjual lap kanebo. Mari dapatkan produk lap kanebo yang terbaik!

Cara memilih kanebo

Saat memilih kanebo, tentu saja kualitas menjadi pertimbangan utamanya. Namun, ada faktor lain juga yang perlu Anda perhatikan, seperti model, bahan, dan ketebalannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih kanebo.

Pilih berdasarkan modelnya

Pilih berdasarkan modelnya

Sekilas memang terlihat mirip, padahal lap kanebo ada berbagai macam, lho. Ada tipe standar dan emboss yang memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing. Berikut ini kami ringkas penjelasannya agar Anda lebih paham sebelum memilih kanebo terbaik.


  • Standar, merupakan kain kanebo yang paling sering dijumpai. Ketebalannya sekitar 2–3 lapis dan memiliki daya serap air yang cukup baik. Anda bisa mengelap seluruh bodi motor atau mobil dengan kain lap standar.

  • Emboss, merupakan kain kanebo yang memiliki teknik finishing yang membuat permukaan kain lebih timbul. Bagian karet yang timbul ini berfungsi untuk menghilangkan hambatan akibat gesekan dengan permukaan benda yang dilap.

Cari tahu bahan kanebo yang sesuai

Cari tahu bahan kanebo yang sesuai
Di pasaran, Anda akan menemukan kanebo yang terbuat dari berbagai bahan. Umumnya, kanebo terbuat dari bahan-bahan berikut ini. Simak karakteristik tiap bahan berikut ini agar Anda tak salah memilih kanebo.

  • Chamois, merupakan kain sintetis yang terbuat dari PVA sehingga lebih kaku saat kering. Bahan PVA tersebut terdiri atas jalinan sel kosong (hollow cells) yang 90 persen berisi udara. Jalinan sel kosong tersebut memiliki kemampuan hydrophilic, yakni menahan dan menyerap air.

  • Microfiber, merupakan kain sintetis yang terbuat dari 80% bahan polyester dan 20% polyamide. Kain ini memiliki tekstur halus dan mampu menangkap debu, kotoran, hingga bakteri dalam jumlah lebih banyak dibanding kain biasa.

  • Chamois-microfiber, merupakan jenis kanebo yang menggabungkan sifat kain chamois dan microfiber. Kain ini halus dan tidak menggores permukaan motor atau mobil. Saat kering, bentuknya juga tidak kaku seperti chamois biasa.

Perhatikan ketebalan dan daya serapnya

Perhatikan ketebalan dan daya serapnya

Kanebo adalah kain lap elastis yang fungsi utamanya untuk mengeringkan permukaan yang basah. Daya serap setiap produk tentunya berbeda karena dipengaruhi oleh jenis bahan serta ketebalannya. Saat dipakai untuk mengelap motor, kanebo yang berkualitas hanya butuh 1–2 kali perasan. Sementara itu, kanebo yang kualitasnya kurang bagus memerlukan lebih dari 3 kali perasan.


Ukuran kanebo kira-kira sekitar 40 cm x 30 cm dengan ketebalan yang diukur dari lapisannya. Makin banyak lapisannya, tentu daya serapnya juga makin baik, tetapi harganya pasti lebih tinggi. Merek AION Plas Chamois terdiri atas tiga lapisan sehingga daya serapnya sangat bagus. Jika Anda mempertimbangkan harga, kain lap kanebo dua lapis juga sudah cukup baik.

Cek kemasan penyimpanannya

Cek kemasan penyimpanannya

Kanebo identik dengan kemasan tabung plastik berwarna kuning. Namun, sekarang ada juga produk yang kemasan tabung dengan warna lainnya. Kemasan tabung plastik ini dinilai paling ideal karena lebih higienis dan memudahkan Anda saat menyimpannya. Kanebo adalah kain yang mudah kering hingga cenderung kaku sehingga lebih rapi jika dimasukkan ke dalam tabung.


Untuk memberikan harga yang lebih bersaing, banyak produsen tidak menyertakan kemasan tabung. Ada yang hanya dilapisi plastik dan bahkan tidak ada kemasannya sama sekali. Jika Anda punya wadah tertentu di rumah, tak masalah membeli produk yang tidak ada kemasannya.

10 Rekomendasi kanebo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kanebo terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 31 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Kenmaster Plas Chamois Synthetic Cloth memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, AION Plas Chamois yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan kelima berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Kenmaster Plas Chamois Synthetic Cloth 1

Kenmaster

2
Yaris Lap Serat Sintetis 1

Yaris

3
Kilap Premium Drying Edgeless Microfiber 1

Kilap Premium

4
Gentleman Car Kanebo / Chamois Dotted Premium Quality 1

Gentleman Car

5
AION Plas Chamois 1

AION

6
Prokleen Plas Chamois 1

Prokleen

7
3M Premium Series Super Absorbent Car Wipe 1

3M

8
WINPU Kanebo Jumbo Serat  1

WINPU

9
Polytex Lap Chamois 1

Polytex

10
Bagus Chamois Home 1

Bagus

Nama produk

Plas Chamois Synthetic Cloth

Lap Serat Sintetis

Drying Edgeless Microfiber

Kanebo / Chamois Dotted Premium Quality

Plas Chamois

Plas Chamois

Premium Series Super Absorbent Car Wipe

Kanebo Jumbo Serat

Lap Chamois

Chamois Home

Keunggulan

Solusi kanebo yang tahan lama dan sangat lentur

Harga ekonomis, kendaraan bersih semua!

Pengeringan dua kali lebih efektif dengan kemampuan Dual Action dari Dual Side

Desain totol-totol yang berdaya serap lebih optimal

Kanebo tebal dengan daya serap lebih cepat

Terbuat dari bahan yang lembut sehingga nyaman di tangan

Bersih kinclong tanpa meninggalkan residu apa pun!

Warna-warni kanebo-nya bikin mencuci kendaraan lebih semangat

Daya serap lima kali lebih kuat dan tidak meninggalkan bau

Mudah dikeringkan hanya dengan sekali peras

Harga mulai dariRp 19.900,00Rp 10.000,00Rp 29.820,00Rp 38.000,00Rp 80.000,00Rp 30.000,00Rp 53.000,00Rp 8.000,00Rp 21.900,00Rp 55.500,00
BahanSerat sintetisSerat sintetis80% Polyester, 20% polyamidePremium PVAPVA sponge, poliesterChamoisPVA sponge dan poliesterSerat sintetisSponsChamois
Ukuran43 cm x 32 cm43 cm x 32 cm 40 cm x 40 cm42 cm x 31,5 cm43 cm x 32,5 cm43 cm x 32 cm42,5 cm x 32 cm42 cm x 32 cm19 cm x 27,5 cm41,5 cm x 31 cm
KetebalanTidak disebutkan2 mmTidak disebutkan2 mm3 lapis2,5 mmTidak ada keteranganTidak disebutkan3 mmTidak disebutkan
KemasanPlastik dan tabungTabungTidak adaPlastikPlastik dan tabungPlastik dan tabungTabungPlastikPlastikTabung
Tautan produk
10
BahanChamois
Ukuran41,5 cm x 31 cm
KetebalanTidak disebutkan
KemasanTabung
9
BahanSpons
Ukuran19 cm x 27,5 cm
Ketebalan3 mm
KemasanPlastik
8
BahanSerat sintetis
Ukuran42 cm x 32 cm
KetebalanTidak disebutkan
KemasanPlastik
7

3MPremium Series Super Absorbent Car Wipe

Mulai dari Rp 53.000,00

BahanPVA sponge dan poliester
Ukuran42,5 cm x 32 cm
KetebalanTidak ada keterangan
KemasanTabung
6
BahanChamois
Ukuran43 cm x 32 cm
Ketebalan2,5 mm
KemasanPlastik dan tabung
5
BahanPVA sponge, poliester
Ukuran43 cm x 32,5 cm
Ketebalan3 lapis
KemasanPlastik dan tabung
4

Gentleman CarKanebo / Chamois Dotted Premium Quality

Mulai dari Rp 38.000,00

BahanPremium PVA
Ukuran42 cm x 31,5 cm
Ketebalan2 mm
KemasanPlastik
3

Kilap PremiumDrying Edgeless Microfiber

Mulai dari Rp 29.820,00

Bahan80% Polyester, 20% polyamide
Ukuran40 cm x 40 cm
KetebalanTidak disebutkan
KemasanTidak ada
2
BahanSerat sintetis
Ukuran43 cm x 32 cm
Ketebalan2 mm
KemasanTabung
1

KenmasterPlas Chamois Synthetic Cloth

Mulai dari Rp 19.900,00

BahanSerat sintetis
Ukuran43 cm x 32 cm
KetebalanTidak disebutkan
KemasanPlastik dan tabung

Baca juga rekomendasi produk perawatan kendaraan lainnya di sini

Selain kanebo, tentu Anda membutuhkan produk lain untuk merawat kendaraan, seperti spons cuci mobil, shampo, dan pelumas rantai motor. Dapatkan rekomendasi produk-produk terbaiknya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Sudah sejak lama kanebo diandalkan untuk membersihkan motor, mobil, dan furnitur rumah tangga. Kemampuannya menyerap air dengan baik dan cepat sangat memudahkan pekerjaan banyak orang. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, pilihlah merek kanebo yang reputasinya bagus, tebal, dan fleksibel.


Selain itu, pertimbangkan juga kemasannya. Kemasan yang bagus membuat kanebo lebih higienis, gampang disimpan, dan tidak mudah rusak. Semoga Anda mendapatkan kanebo terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan tahan panas. Selain itu, kami juga mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus dari berbagai merek terbaik, misalnya Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antarelemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, apakah Anda sudah tahu produk mana yang harus dipilih?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Disimak, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Merek pengharum mobil yang bagus, seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Shampo Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap pengguna motor pasti menginginkan motor yang bersih dan mengilap. Untuk mewujudkannya, motor Anda harus rutin dicuci dengan shampo motor. Namun, memilih shampo motor tidak bisa sembarangan. Sebagai contoh, shampo motor untuk bodi motor dengan cat warna doff tentu berbeda dengan cat warna glossy.Kami akan membahas cara memilih shampo motor yang tepat. Kami juga merekomendasikan merek shampo motor yang bagus, seperti 3M, Meguiars, dan KILAP PREMIUM. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Jika ingin motor tampil menawan, Anda tidak boleh ketinggalan menyimak artikel ini!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Ada banyak produk penghilang goresan terbaik yang beredar, seperti merek Maxglow, Zerone, dan Turtle Wax.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk penghilang goresan mobil yang bagus berjenis compound, wax, serta touch pen. Simak juga cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori