1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Makanan & minuman kesehatan
  6. >
  7. 10 Madu Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Madu Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Madu Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Madu Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Madu Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Madu Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Madu Sachet Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)

Manfaat madu bagi kesehatan sangatlah banyak, mulai dari mengatasi batuk hingga meningkatkan imunitas. Tidak heran jika banyak orang kerap menjadikan madu sebagai suplemen makanan harian. Biasanya madu dikemas dalam botol, tetapi agar praktis dan higienis, sebagian orang lebih memilih madu kemasan sachet.


Ada banyak merek madu sachet yang bagus di pasaran, seperti Madu TJ, Madurasa, dan Madu Uray. Untuk memastikan Anda memilih madu sachet yang tepat, pertimbangkanlah poin-poin tips memilih berikut. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda.

Diperbaharui 12-07-2022
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih madu sachet

Sebelum membeli madu kemasan sachet, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Klaim manfaat, nutrien tambahan, dosis, dan izin edar madu sachet adalah beberapa hal yang perlu Anda cek. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan simak poin-poin berikut ini!

① Periksa klaim manfaat yang diberikan

Saat ini setidaknya ada 300 jenis madu dengan karakteristik, rasa, serta komponen nutrien yang beragam. Karena itu, madu kadang menawarkan manfaat untuk memperbaiki kesehatan pada aspek tertentu. Jadi, manfaat yang dimiliki satu produk madu sangat mungkin berbeda dengan produk lainnya.


Sebagai contoh, ada madu yang kaya akan enzim diastase yang berfungsi untuk memecah pati jadi gula sederhana. Dengan begitu, Anda akan memiliki asupan energi yang cukup untuk menjaga stamina. Madu juga dapat mengandung banyak antioksidan dengan jenis yang bervariasi.


Pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu klaim manfaat yang ditawarkan produk madu sachet pilihan. Beberapa klaim manfaat yang bisa Anda temukan pada produk madu sachet antara lain sebagai berikut:


  • Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh
  • Sumber energi dan nutrisi yang alami
  • Meningkatkan stamina dan sistem imun tubuh
  • Menyembuhkan luka dan mencegah infeksi
  • Menjaga kesehatan kulit

② Temukan yang mengandung nutrien tambahan

Temukan yang mengandung nutrien tambahan
Sumber: deltomed.id

Umumnya madu sachet hadir dalam bentuk murni, tetapi tidak sedikit juga yang dilengkapi dengan nutrien tambahan. Berikut ini beberapa nutrien tambahan yang biasanya ditambahkan pada madu sachet:


  • Royal jelly, merupakan cairan mirip susu yang dihasilkan oleh para koloni lebah madu. Royal jelly ini mengandung asam amino dan vitamin yang tinggi. Khasiat royal jelly yakni menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah, meringankan efek menopause, mengatasi gejala menstruasi, dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Bee pollen, merupakan serbuk sari, nektar, dan air liur lebah yang dikumpulkan oleh lebah pekerja. Bee pollen mengandung hormon pertumbuhan, hormon reproduksi, dan berbagai jenis alkaloid dengan banyak khasiat. Manfaat bee pollen adalah sebagai antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, meningkatkan imunitas, menyembuhkan luka, dan mencegah penyakit jantung.

  • Ekstrak jahe, merupakan salah satu tanaman rempah-rempah paling sehat di dunia. Jahe ini memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Khasiat jahe adalah mengobati gangguan pencernaan kronis, mencegah kanker, mengendalikan berat badan, mengatasi masalah sendi, dan mengurangi nyeri haid.

  • Konsentrat jeruk nipis, merupakan sumber yang kaya akan asam askorbat atau vitamin C. Jeruk nipis ini banyak dimanfaatkan sebagai obat batuk, flu, panas dalam, sembelit, sesak napas, dan amandel. Konsentrat jeruk nipis pada madu memiliki khasiat melindungi sel tubuh dari kerusakan dan melancarkan pencernaan Anda.

  • Jintan hitam, disebut juga habbatussauda, merupakan rempah-rempah yang memiliki bentuk butiran berwarna hitam. Jintan hitam sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Beberapa manfaat jintan hitam adalah mengatasi darah tinggi, kolesterol, diabetes, membantu melawan infeksi, menjaga kesehatan hati, dan mencegah kanker.

Kandungan nutrien tambahan tersebut tentu memengaruhi manfaat produk. Biasanya, produk madu sachet menjadi lebih kaya manfaat dengan adanya nutrien tambahan. Karena itu, Anda perlu mencermati informasi produk agar menemukan produk yang sesuai kebutuhan Anda.

③ Cek dosis yang disarankan

Cek dosis yang disarankan

Beberapa produk madu sachet mencantumkan secara spesifik dosis harian yang direkomendasikan. Terdapat produk yang disarankan untuk dikonsumsi sekitar 3 x 1 sachet per hari. Ada pula yang hanya direkomendasikan untuk diminum sebanyak 2 x 1 sachet setiap harinya. 


Sementara itu, sebagian besar produk madu tidak mencantumkan dosis atau aturan pakai. Dalam kondisi demikian, Anda dapat mengikuti rekomendasi WHO terkait asupan gula bebas, termasuk madu. Sebaiknya, Anda mengonsumsi madu maksimal 50 gram atau 34 ml dalam sehari.

④ Pastikan produk memiliki izin edar

Pastikan produk memiliki izin edar
Selanjutnya, Anda perlu mengecek izin edar produk madu sachet tersebut. Izin edar ini berupa nomor registrasi yang biasanya dicantumkan di kemasan bagi produk yang sudah mendapat izin boleh diedarkan ke masyarakat. Di Indonesia, izin edar produk minuman kesehatan, seperti madu sachet, dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Biasanya nomor registrasi BPOM tersebut bisa Anda cek pada kemasan sachet atau dus madu sachet. Namun, nomor yang tertera pada kemasan madu sachet belum tentu nomor BPOM asli. Anda tetap harus mengecek keasliannya dengan mencocokkan nomor registrasi dan informasi produk tersebut di laman resmi BPOM.

10 Rekomendasi madu sachet terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk madu sachet terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ultra Sakti

Madu TJ Sachet

Ultra Sakti Madu TJ Sachet 1枚目

Madu sachet kaya manfaat dengan kandungan royal jelly dan bee pollen

2

Rejeki Tujuh Alam

Uray Honey & Ginger in Sticks

Rejeki Tujuh Alam  Uray Honey & Ginger in Sticks 1枚目

Dilengkapi ekstrak jahe, sesuai dikonsumsi saat mual dan tidak enak badan

3

Herba Utama

Madu Enak Stick Rasa Anggur

Herba Utama  Madu Enak Stick Rasa Anggur 1枚目

Dengan rasa anggur menyegarkan, siap menambah gizi buah hati Anda

4

Madurasa Unggulan Nusantara

Madurasa Sachet Original

Madurasa Unggulan Nusantara Madurasa Sachet Original  1枚目

Badan dan kulit lebih sehat hanya dengan satu produk

5

Madu Murni Nusantara

Madu Super Nusantara Sachet

Madu Murni Nusantara  Madu Super Nusantara Sachet  1枚目

Miliki kulit yang sehat dengan asupan nutrisi dari dalam

6

Sidomuncul

Madusido Jeruk Nipis

Sidomuncul  Madusido Jeruk Nipis  1枚目

Pilihan bahan alami yang membebaskan Anda dari batuk mengganggu

7

Deltomed

Kojima

Deltomed  Kojima  1枚目

Sistem imun lebih kuat berkat kombinasi madu dengan jintan hitam

8

Agaricus Sido Makmur Sentosa

Madu Hutan Kembang Joyo

Agaricus Sido Makmur Sentosa Madu Hutan Kembang Joyo 1枚目

Memperbaiki kesehatan tubuh karena kaya akan enzim

9

Mira Putra Sinar Persada

Forbee Longan Honey

Mira Putra Sinar Persada Forbee Longan Honey 1枚目

Tanpa bahan pemanis sehingga aman untuk penderita diabetes

10

Comvita

Manuka Honey On the Go!

Comvita Manuka Honey On the Go! 1枚目

Rasakan madu manuka asli New Zealand dalam kemasan sachet!

Perincian produk
Close
No.1

Ultra SaktiMadu TJ Sachet

Mulai dari Rp7.500,00

Madu sachet kaya manfaat dengan kandungan royal jelly dan bee pollen

Kelebihan:

  • Mengandung nutrien royal jelly untuk membantu penyembuhan luka dan peradangan
  • Mengandung nutrien bee pollen untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah

Kekurangan:

  • Untuk beberapa orang, rasanya terlalu manis

Anda menginginkan madu untuk menambah khasiat pada minuman Anda? Madu sachet TJ ini bisa menjadi andalan Anda. Pasalnya, madu TJ ini memiliki varian rasa yang beragam, seperti jeruk, stroberi, dan original. Hal tersebut akan membuat minuman Anda menjadi lebih enak.


Madu ini juga disertai dengan nutrien tambahan royal jelly dan bee pollen yang berkhasiat meningkatkan kesehatan dan mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, madu ini juga bisa menjadi sumber energi harian dan juga antibiotik untuk membunuh kuman di tubuh Anda.

No.2

Rejeki Tujuh Alam Uray Honey & Ginger in Sticks

Mulai dari Rp33.000,00

Dilengkapi ekstrak jahe, sesuai dikonsumsi saat mual dan tidak enak badan

Kelebihan:

  • Madu diambil dari peternakan lebah hutan Sulawesi yang jauh dari polusi
  • Madu dipanen dengan pemrosesan minimal sehingga nutrisi tetap terjaga
  • Mengandung nutrien ekstrak jahe yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh

Kekurangan:

  • Rasanya sedikit asam yang mungkin kurang cocok untuk beberapa orang

Selain berisi madu sebagai sumber energi serta penjaga daya tahan tubuh, produk ini juga mengandung ekstrak jahe. Wajar saja bila Anda akan merasa badan lebih hangat ketika mengonsumsi Uray Honey & Ginger in Sticks ini. 


Karena itu, produk ini cocok untuk dikonsumsi saat Anda merasa mual atau tidak enak badan. Anda bisa mengonsumsi produk ini Ketika dalam kondisi masuk angin serta gejala awal flu. Campurkanlah madu sachet ini dengan secangkir minuman hangat supaya efeknya terasa lebih nyaman.

No.3

Herba Utama Madu Enak Stick Rasa Anggur

Mulai dari Rp14.411,00

Dengan rasa anggur menyegarkan, siap menambah gizi buah hati Anda

Kelebihan:

  • Memiliki kemasan yang menarik bagi anak-anak
  • Terbuat dari madu segar yang dipanen saat madu matang

Kekurangan:

  • Tidak mengandung nutrien tambahan

Untuk para orang tua yang sedang mencari penambah gizi alami bagi anak, cobalah Madu Enak Stick ini. Produk ini berasal dari madu pilihan yang segar dan dipanen saat sudah matang sehingga kualitasnya terjamin. 


Proses dan kualitasnya yang terjamin membuat berbagai kandungan vitamin, mineral, serta enzim di dalamnya selalu terjaga mutunya. Karena itu, produk ini menjadi pilihan ideal sebagai penambah gizi buah hati tercinta. Selain itu, madu sachet ini hadir dengan rasa anggur menyegarkan yang dapat membuat si kecil senang mengonsumsinya.

No.4

Madurasa Unggulan NusantaraMadurasa Sachet Original

Mulai dari Rp12.000,00

Badan dan kulit lebih sehat hanya dengan satu produk

Kelebihan:

  • Mengandung nutrien royal jelly untuk membantu penyembuhan luka dan peradangan
  • Mengandung nutrien bee pollen untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah

Kekurangan:

  • Bagi beberapa orang, rasanya terlalu manis

Madurasa Sachet Original ini memiliki banyak manfaat untuk badan, mulai dari menjaga stamina hingga menyembuhkan luka. Tidak lupa, produk ini juga mampu membantu mengatasi kuman penyebab infeksi serta menjadi sumber antioksidan.


Lebih dari itu, berkat segala kandungan nutrisi di dalamnya, madu ini juga bisa menjaga kesehatan kulit Anda. Maka dari itu, madu sachet ini cocok untuk Anda yang menginginkan badan dan kulit yang sehat. Dengan kemasan sachet, Anda lebih mudah mengonsumsinya dalam takaran yang tepat sehingga efeknya pun optimal.

No.5

Madu Murni Nusantara Madu Super Nusantara Sachet

Mulai dari Rp27.900,00

Miliki kulit yang sehat dengan asupan nutrisi dari dalam

Kelebihan:

  • Madu diambil dari peternakan lebah daerah pegunungan yang bebas polusi

Kekurangan:

  • Bagi beberapa orang rasanya terlalu manis

Apakah kulit wajah Anda selalu terasa bermasalah, mulai dari kerap timbul jerawat hingga muncul garis halus? Jika demikian, Anda tidak hanya perlu menemukan skincare yang tepat, tetapi juga memperbaiki pola makan. 


Konsumsilah makanan yang lebih sehat serta suplemen yang mendukung kesehatan kulit seperti produk ini. Sebagai pengganti gula dan suplemen yang tinggi antioksidan, madu ini dapat membantu meredakan berbagai masalah kulit.

No.6

Sidomuncul Madusido Jeruk Nipis

Mulai dari Rp18.000,00

Pilihan bahan alami yang membebaskan Anda dari batuk mengganggu

Kelebihan:

  • Mengandung nutrien konsentrat jeruk nipis yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh

Kekurangan:

  • Mengandung gula tambahan sehingga konsumsinya perlu diperhatikan

Kami merekomendasikan produk ini untuk mengatasi batuk yang mengganggu. Kombinasi madu dan jeruk nipis untuk meredakan batuk tidak hanya dipercaya secara turun-temurun, tetapi memiliki dasar ilmiah.


Perpaduan tersebut bahkan tertera dalam rekomendasi WHO terkait cara menenangkan batuk. Anda dapat mengonsumsi madu ini bersama dengan teh hangat agar tenggorokan terasa makin lega.

No.7

Sistem imun lebih kuat berkat kombinasi madu dengan jintan hitam

Kelebihan:

  • Mengandung nutrien jintan hitam yang dapat meningkatkan sistem imun

Kekurangan:

  • Bagi beberapa orang, aroma herbalnya sangat kuat

Apabila Anda ingin mengoptimalkan fungsi sistem imun, Kojima merupakan salah satu suplemen kesehatan yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, Anda tidak hanya akan memperoleh manfaat madu, tetapi juga jintan hitam. 


Selama berabad-abad, jintan hitam dipercaya sebagai bahan alami yang mampu meningkatkan sistem imun. Hal tersebut bukan hanya keyakinan secara empiris belaka, melainkan terbukti melalui penelitian ilmiah. Jadi, perkuat sistem imun Anda dengan rutin mengonsumsi produk ini.

No.8

Agaricus Sido Makmur SentosaMadu Hutan Kembang Joyo

Mulai dari Rp13.000,00

Memperbaiki kesehatan tubuh karena kaya akan enzim

Kelebihan:

  • Mengandung enzim yang tinggi sehingga madu terjamin murni dan berkhasiat
  • Madu diklaim aman bagi penderita diabetes
  • Mengandung kadar air yang rendah

Kekurangan:

  • Tidak mengandung nutrien tambahan

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh, madu sachet ini dapat Anda pertimbangkan. Produk ini kaya akan kandungan enzim yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Dua di antaranya adalah enzim diastase dan invertase.


Enzim diastase berguna untuk menjaga fungsi sistem pencernaan Anda tetap optimal. Sementara enzim invertase, berperan dalam meningkatkan sistem pertahanan tubuh serta melawan infeksi kuman. Manfaat tersebut baru dari dua jenis enzim saja, masih ada berbagai enzim lain yang terkandung dalam produk ini. Manfaatnya melimpah sekali, bukan?

No.9

Mira Putra Sinar PersadaForbee Longan Honey

Mulai dari Rp10.000,00

Tanpa bahan pemanis sehingga aman untuk penderita diabetes

Kelebihan:

  • Mengandung enzim yang tinggi sehingga madu terjamin murni dan berkhasiat
  • Tanpa sukrosa, gula, dan bahan pemanis lainnya sehingga aman untuk penderita diabetes
  • Mengandung kadar protein yang tinggi sehingga baik untuk daya tahan tubuh

Kekurangan:

  • Harga per kemasan relatif lebih mahal dibandingkan produk lainnya

Jika Anda ingin mencicipi madu monofloral dari buah longan (kelengkeng), sebaiknya produk sachet ini tidak Anda lewatkan. Madu ini diklaim tidak mengandung sukrosa, gula, dan pemanis tambahan lainnya sehingga aman bagi penderita diabetes.


Kandungan enzimnya juga tinggi sehingga madu terjamin murni dengan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah madu sebagai sumber nutrisi, meningkatkan stamina, dan menambah nafsu makan Anda. Selain itu, kadar proteinnya yang tinggi juga sangat baik untuk daya tahan tubuh Anda.

No.10

ComvitaManuka Honey On the Go!

Mulai dari Rp89.900,00

Rasakan madu manuka asli New Zealand dalam kemasan sachet!

Kelebihan:

  • Terbuat dari 100% madu manuka asli dari Selandia Baru yang berlisensi
  • Kaya akan kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang tinggi

Kekurangan:

  • Harga relatif lebih mahal dibandingkan produk lainnya

Bagi Anda yang ingin mencicipi madu khas Selandia Baru, produk yang satu ini sebaiknya Anda pertimbangkan. Pasalnya, madu manuka ini merupakan produk asli Selandia Baru yang sudah berlisensi.


Produk ini memiliki notasi UMF 5+ yang berarti memenuhi standar untuk konsumsi sehari-hari, khususnya sebagai pengganti pemanis. Bagi Anda yang penasaran dengan rasa madu manuka, produk ini sebaiknya Anda pertimbangkan.

Baca juga rekomendasi madu lainnya di sini

Selain madu sachet, ada berbagai jenis madu yang dapat Anda konsumsi untuk mendukung kesehatan Anda. Kami memiliki artikel tentang clover honey, madu manuka, dan madu untuk anak yang cocok untuk Anda. Untuk mengetahui rekomendasi dari kami, silakan simak artikelnya melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas dan merekomendasikan sepuluh produk madu sachet terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Sudahkah Anda menemukan produk madu sachet yang Anda cari? Jika belum, silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika memilih.

Selain itu, Anda juga bisa menandai halaman ini agar mudah dibaca ulang kapan saja. Akhirnya, selamat memilih produk madu sachet! Semoga Anda mendapatkan madu sachet terbaik yang sesuai kebutuhan Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer