• 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi menyenangkan untuk ditonton.

 
Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Spirited Away atau Toy Story. Kami juga akan mengulas film animasi terbaru 2021 serta film animasi Indonesia yang wajib Anda tonton! Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini.

  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2021
  • 8.101 Views
Daftar isi

Cara memilih film animasi

Sebelum menentukan film animasi yang ingin ditonton, perhatikan dahulu beberapa poin ini. Poin yang akan kami sampaikan berikut dapat menjadi tolok ukur dalam mencari film animasi terbaik.

Cari berdasarkan rating terbaik di IMDb

Jika Anda belum yakin akan film yang ingin ditonton, Anda bisa mengeceknya di IMDb. IMDb adalah singkatan dari Internet Movie Database. Situs ini berisi komentar, ulasan, serta rating dari para penggemar atau penonton film di seluruh dunia.


Anda juga akan menemukan top rated film terbaik sepanjang masa yang salah satunya merupakan film animasi. Dengan melihat ulasan serta rating dari IMDb, Anda bisa mengetahui penilaian tentang film sebelum memutuskan untuk menontonnya. 

Pilih berdasarkan production house-nya

Ada banyak pilihan film animasi yang bisa Anda tonton. Jika bingung memilih yang mana, Anda juga bisa mengerucutkan pilihan Anda dengan memilih berdasarkan production house-nya. 

Disney, pelopor film kartun sejak dahulu

Disney adalah salah satu production house yang sudah terkenal sejak tahun 1920-an menciptakan berbagai film animasi. Mickey Mouse, Sleeping Beauty, dan berbagai princess lainnya adalah karakter buatan Disney yang paling terkenal. Namun, sekarang Anda akan menemukan banyak film Disney dengan jalan cerita yang lebih modern.

 

Frozen, Moana, The Lion King, dan Luca adalah salah satunya. Jalan ceritanya sudah mengikuti perkembangan zaman. Putri yang ada pun digambarkan lebih independen dan berani. Ceritanya juga tidak melulu soal percintaan, tetapi juga mengenai persahabatan, persaudaraan, atau keluarga.

Pixar, memproduksi film animasi yang hampir selalu memenangkan penghargaan

Pixar sebenarnya merupakan salah satu bagian dari Disney. Pada tahun 1991 Pixar memulai kerja samanya dengan Disney. Sampai pada tahun 2006, Pixar menjual perusahaannya sehingga berada di bawah Disney langsung. Namun, ada beberapa film animasi yang tetap dikelola langsung oleh Pixar. 


Toy Story, Monster Inc, dan Finding Nemo adalah salah satu film mereka yang terbesar. Film-film tersebut adalah film asli garapan Pixar yang booming dan masuk box office di Amerika. Selain itu, hampir semua film Pixar juga selalu memenangkan penghargaan.

Illumination Entertainment, perusahaan pembentuk Minion

Selain Disney dan Pixar, ada juga animasi garapan Illumination Entertainment yang didistribusikan oleh Universal Pictures. Salah satu film animasi terbaik dan terkenal buatan production house ini adalah Minion dan Despicable Me.


Film yang menampilkan Minion ini sukses mendapatkan berbagai penghargaan dan meraup keuntungan besar. Karakter Minion yang banyak disukai juga akhirnya dijadikan film tersendiri dan berhasil menjadi salah satu film animasi berpenghasilan tinggi.

Studio Ghibli, production house asal Jepang

Jika tiga production house sebelumnya berasal dari Amerika, ada juga production house terkenal dari Asia, yaitu Studio Ghibli. Perusahaan asal Jepang ini memproduksi film-film yang tidak kalah bagus. Anda akan menemukan animasi berjudul Spirited Away, My Neighbour Totoro, Howl’s Moving Castle, dan Ponyo.

 
Keempat film ini masuk dalam daftar film anime dengan penghasilan kotor terbesar. Di tahun 1996, Disney kemudian mengajukan kerja sama dengan Studio Ghibli dan mulai membantu pendistribusian film-film mereka. Nama mereka makin besar dan film mereka pun bisa dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Pilih berdasarkan genrenya

Pilih berdasarkan genrenya

Ada beberapa genre film animasi yang bisa Anda pilih, contohnya drama, komedi, action, adventure, musikal, atau fantasi. Anda bisa memilih film yang ingin ditonton berdasarkan genre tersebut. Biasanya, dalam satu film terdapat kombinasi beberapa genre, misalnya drama komedi atau drama roman.


Tidak semua genre film dapat ditonton oleh anak-anak. Bila ingin lebih yakin, pilih genre film yang aman ditonton seluruh keluarga, seperti genre family atau comedy. Genre lainnya, seperti drama, romance, atau adventure mungkin masih perlu pendampingan orang tua.

Cek target usia film

Cek target usia film

Tidak semua film animasi bisa ditonton oleh anak-anak. Ada juga beberapa film animasi yang khusus dibuat untuk orang dewasa. Maka dari itu, sebelum Anda memilih film yang hendak ditonton, pastikan target usia film.

 
Beberapa film animasi semisal The Simpson atau Coraline memiliki jalan cerita atau bahasa yang tidak cocok untuk ditonton anak-anak. Terdapat adegan kekerasan atau kata-kata tidak senonoh yang mungkin didapati dari film tersebut. 

Bila ingin ditonton bersama anak, pastikan durasinya tidak terlalu panjang

Bila ingin ditonton bersama anak, pastikan durasinya tidak terlalu panjang

Bila Anda berencana menonton film animasi bersama anak-anak, pastikan film yang Anda pilih tidak berdurasi panjang. Anak-anak cenderung cepat bosan dan menjadi tidak fokus bila menonton film yang terlalu lama.

 
Untuk anak di bawah 7 tahun, lebih baik pilih film serial yang hanya berdurasi sekitar 20-30 menit. Jika Anda ingin menonton film layar lebar, pastikan durasinya tidak lebih dari satu setengah jam untuk menghindari kebosanan.

10 Rekomendasi film animasi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film animasi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10
Rating di IMDb7,4 dari 10
GenreAdventure, musical, drama
Kategori usia7+
Durasi1 jam 37 menit
9
Rating di IMDb7,5 dari 10
GenreDrama, comedy
Kategori usia7+
Durasi1 jam 34 menit
8

MD PicturesAdit Sopo Jarwo The Movie

Rating di IMDb7,5 dari 10
GenreComedy, drama
Kategori usiaTidak diketahui
Durasi1 jam 21 menit
7
Rating di IMDb7,5 dari 10
GenreAdventure, comedy
Kategori usia7+
Durasi1 jam 35 menit
6

Illumination EntertainmentDespicable Me

Rating di IMDb7,6 dari 10
GenreAdventure, comedy
Kategori usia7+
Durasi1 jam 34 menit
5
Rating di IMDb7,6 dari 10
GenreFamily
Kategori usia7+
Durasi1 jam 34 menit
4
Rating di IMDb8,3 dari 10
GenreAdventure, comedy
Kategori usia7+
Durasi1 jam 17 menit
3
Rating di IMDb8,6 dari 10
GenreComedy
Kategori usia17+
Durasi22 menit
2

Studio GhibliSpirited Away

Rating di IMDb8,6 dari 10
GenreAdventure, family
Kategori usia13+
Durasi2 jam 5 menit
1
Rating di IMDb8,7 dari 10
GenreAction, adventure, fantasy
Kategori usia13+
Durasi±24 menit

Tabel perbandingan film animasi terbaik

Gambar produk
1
ufotable Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba 1

ufotable

2
Studio Ghibli Spirited Away 1

Studio Ghibli

3
Gracie Films The Simpsons 1

Gracie Films

4
Pixar Toy Story 1

Pixar

5
DreamWorks Kung Fu Panda 1

DreamWorks

6
Illumination Entertainment Despicable Me 1

Illumination Entertainment

7
Disney Pixar Luca 1

Disney Pixar

8
MD Pictures Adit Sopo Jarwo The Movie 1

MD Pictures

9
 Fujiko Movie Studio Stand By Me Doraemon 1

Fujiko Movie Studio

10
Disney Frozen 1

Disney

Nama produk

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Spirited Away

The Simpsons

Toy Story

Kung Fu Panda

Despicable Me

Luca

Adit Sopo Jarwo The Movie

Stand By Me Doraemon

Frozen

Keunggulan

Salah satu serial anime terbaik pada tahun 2019 dan 2020, wajib tonton!

Seluruh animasinya digambar full menggunakan tangan, keren!

Serial animasi terpanjang dalam sejarah Amerika

Memiliki pesan moral yang bagus untuk anak-anak

Seru, kocak, dan sangat menginspirasi!

Karakter Minion menjadikan film lebih lucu dan menarik

Film animasi terbaru 2021 dengan cerita ringan yang pas dinikmati bersama keluarga

Animasi buatan lokal yang patut dibanggakan!

Mengetahui cerita awal dan akhir dari Doraemon

Kisah kasih sayang tulus antara kakak dan adik yang memikat hati

Rating di IMDb8,7 dari 108,6 dari 108,6 dari 108,3 dari 107,6 dari 107,6 dari 107,5 dari 107,5 dari 107,5 dari 107,4 dari 10
GenreAction, adventure, fantasyAdventure, familyComedyAdventure, comedyFamilyAdventure, comedyAdventure, comedyComedy, dramaDrama, comedyAdventure, musical, drama
Kategori usia13+13+17+7+7+7+7+Tidak diketahui7+7+
Durasi±24 menit2 jam 5 menit22 menit1 jam 17 menit1 jam 34 menit1 jam 34 menit1 jam 35 menit1 jam 21 menit1 jam 34 menit1 jam 37 menit
Tautan produk

Periksa ada tidaknya pesan moral untuk disampaikan kepada anak

Periksa ada tidaknya pesan moral untuk disampaikan kepada anak

Kebanyakan film animasi dibuat dengan pesan moral tersembunyi di dalamnya. Saat menonton film animasi bersama anak, Anda bisa sambil menjelaskan pesan yang terdapat di dalam film. Pesan-pesan ini bisa menjadi contoh yang baik untuk bekal kehidupan anak Anda.

 
Namun, bila film tersebut tidak memiliki pesan moral, biasanya film itu memang tidak ditujukan untuk anak-anak. Anda bisa memilihkan film animasi lain yang lebih bagus dan punya jalan cerita menginspirasi. Dengan begitu, kegiatan menonton film pun jadi lebih bermakna.

Baca juga rekomendasi berbagai film lainnya di sini

Selain film animasi, kami juga punya berbagai judul film lainnya yang bisa Anda tonton bersama keluarga. Ada film anime, action, drama, dan sebagainya. Silakan klik link di bawah ini untuk membaca artikel selengkapnya!

Kesimpulan

Film animasi memang disukai oleh semua kalangan karena visualisasinya yang menarik dan menghibur. Dengan menonton film animasi, momen bersantai jadi lebih maksimal. Anda bisa memilih film animasi berdasarkan rating, production house, atau genrenya.


Jika ingin ditonton bersama anak, pastikan filmnya sesuai dengan umur mereka dan durasinya tidak terlalu lama. Semoga Anda menyukai film-film yang kami rekomendasikan di atas. Selamat menonton!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
    8.045 Views
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran, bila dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
    5.893 Views
  • 10 Rekomendasi Drama Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk mengisi waktu luang dan rehat dari pekerjaan adalah dengan menonton acara favorit. Dari sekian banyak tontonan yang tersedia, drama Jepang bisa Anda jadikan pilihan. Drama Jepang mudah ditonton karena durasinya yang pendek dan memiliki alur cerita yang menarik.Apabila Anda sedang mencari tontonan drama Jepang, Anda telah datang ke situs yang tepat! Kami memiliki rekomendasi drama Jepang yang bagus, seperti Alice in Borderland, Good Morning Call, dan Kotaro Lives Alone. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih drama yang sesuai dengan selera Anda. Selamat membaca!
    Film
    2.473 Views
  • 10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik (Terbaru 2021)
    Film thriller termasuk genre favorit banyak orang. Salah satu ciri film thriller adalah mengandung unsur suspense atau ketegangan. Nah, hal inilah yang akan memicu adrenalin hingga membuat orang penasaran mengikuti kelanjutannya.  Kami menyiapkan sejumlah tips untuk memilih film thriller yang bagus. Selain itu, tersedia juga rekomendasi film thriller terbaik dengan beragam subgenre, seperti The Irishman, The Call, hingga Bird Box. Film-film ini bisa Anda tonton di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan film thriller yang akan menjadi favorit Anda di sini!
    Film
    2.137 Views
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga lainnya, silakan baca artikel ini sampai habis. 
    Film
    3.414 Views
  • 10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film horor Indonesia sering dipilih orang saat menonton di bioskop. Alur cerita yang penuh misteri, dilengkapi musik dan pengambilan gambar yang seram, membuat suasana menonton makin menegangkan. Kini Anda bisa dengan mudah menonton film horor Indonesia yang bagus di Netflix, Disney+ Hotstar, dan Viu.Kami akan memberikan tips memilih film horor Indonesia terseram untuk Anda. Tak lupa, ada sepuluh rekomendasi film horor Indonesia terbaik, seperti Pengabdi Setan, Sebelum Iblis Menjemput, dan Danur: I Can See Ghost. Dari film horor Indonesia tahun 2000-an sampai yang mendunia, semuanya kami ulas. Selamat membaca!
    Film
    3.007 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori