1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi menyenangkan untuk ditonton.

 
Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Spirited Away atau Toy Story. Kami juga akan mengulas film animasi terbaru 2022, serta film animasi Indonesia yang wajib Anda tonton! Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih film animasi

Sebelum menentukan film animasi yang ingin ditonton, perhatikan dahulu beberapa poin ini. Poin yang akan kami sampaikan berikut dapat menjadi tolok ukur dalam mencari film animasi terbaik.

① Cari berdasarkan rating terbaik di IMDb

Cari berdasarkan rating terbaik di IMDb
Sumber: imdb.com

Jika Anda belum yakin akan film yang ingin ditonton, Anda bisa mengeceknya di IMDb. IMDb adalah singkatan dari Internet Movie Database. Situs ini berisi komentar, ulasan, serta rating dari para penggemar atau penonton film di seluruh dunia.


Anda juga akan menemukan top rated film terbaik sepanjang masa yang salah satunya merupakan film animasi. Dengan melihat ulasan serta rating dari IMDb, Anda bisa mengetahui penilaian tentang film sebelum memutuskan untuk menontonnya. 

② Pilih berdasarkan production house-nya

Ada banyak pilihan film animasi yang bisa Anda tonton. Jika bingung memilih yang mana, Anda juga bisa mengerucutkan pilihan Anda dengan memilih berdasarkan production house-nya. 

Disney, pelopor film kartun sejak dahulu

Disney, pelopor film kartun sejak dahulu
Sumber: hotstar.com


Disney adalah salah satu production house yang sudah terkenal sejak tahun 1920-an menciptakan berbagai film animasi. Mickey Mouse, Sleeping Beauty, dan berbagai princess lainnya adalah karakter buatan Disney yang paling terkenal. Namun, sekarang Anda akan menemukan banyak film Disney dengan jalan cerita yang lebih modern.

 

Frozen, Moana, The Lion King, dan Luca adalah salah satunya. Jalan ceritanya sudah mengikuti perkembangan zaman. Putri yang ada pun digambarkan lebih independen dan berani. Ceritanya juga tidak melulu soal percintaan, tetapi juga mengenai persahabatan, persaudaraan, atau keluarga.

Pixar, memproduksi film animasi yang hampir selalu memenangkan penghargaan

Pixar, memproduksi film animasi yang hampir selalu memenangkan penghargaan
Sumber: hotstar.com

Pixar sebenarnya merupakan salah satu bagian dari Disney. Pada tahun 1991 Pixar memulai kerja samanya dengan Disney. Sampai pada tahun 2006, Pixar menjual perusahaannya sehingga berada di bawah Disney langsung. Namun, ada beberapa film animasi yang tetap dikelola langsung oleh Pixar. 


Toy Story, Monster Inc, dan Finding Nemo adalah salah satu film mereka yang terbesar. Film-film tersebut adalah film asli garapan Pixar yang booming dan masuk box office di Amerika. Selain itu, hampir semua film Pixar juga selalu memenangkan penghargaan.

Illumination Entertainment, perusahaan pembentuk Minion

Selain Disney dan Pixar, ada juga animasi garapan Illumination Entertainment yang didistribusikan oleh Universal Pictures. Salah satu film animasi terbaik dan terkenal buatan production house ini adalah Minion dan Despicable Me.


Film yang menampilkan Minion ini sukses mendapatkan berbagai penghargaan dan meraup keuntungan besar. Karakter Minion yang banyak disukai juga akhirnya dijadikan film tersendiri dan berhasil menjadi salah satu film animasi berpenghasilan tinggi.

Studio Ghibli, production house asal Jepang

Jika tiga production house sebelumnya berasal dari Amerika, ada juga production house terkenal dari Asia, yaitu Studio Ghibli. Perusahaan asal Jepang ini memproduksi film-film yang tidak kalah bagus. Anda akan menemukan animasi berjudul Spirited Away, My Neighbour Totoro, Howl’s Moving Castle, dan Ponyo.

 
Keempat film ini masuk dalam daftar film anime dengan penghasilan kotor terbesar. Di tahun 1996, Disney kemudian mengajukan kerja sama dengan Studio Ghibli dan mulai membantu pendistribusian film-film mereka. Nama mereka makin besar dan film mereka pun bisa dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia. 

③ Pilih berdasarkan genrenya

Pilih berdasarkan genrenya

Ada beberapa genre film animasi yang bisa Anda pilih, contohnya drama, komedi, action, adventure, musikal, atau fantasi. Anda bisa memilih film yang ingin ditonton berdasarkan genre tersebut. Biasanya, dalam satu film terdapat kombinasi beberapa genre, misalnya drama komedi atau drama roman.


Tidak semua genre film dapat ditonton oleh anak-anak. Bila ingin lebih yakin, pilih genre film yang aman ditonton seluruh keluarga, seperti genre family atau comedy. Genre lainnya, seperti drama, romance, atau adventure mungkin masih perlu pendampingan orang tua.

④ Cek target usia film

Cek target usia film

Tidak semua film animasi bisa ditonton oleh anak-anak. Ada juga beberapa film animasi yang khusus dibuat untuk orang dewasa. Maka dari itu, sebelum Anda memilih film yang hendak ditonton, pastikan target usia film.

 
Beberapa film animasi semisal The Simpson atau Coraline memiliki jalan cerita atau bahasa yang tidak cocok untuk ditonton anak-anak. Terdapat adegan kekerasan atau kata-kata tidak senonoh yang mungkin didapati dari film tersebut. 

⑤ Bila ingin ditonton bersama anak, pastikan durasinya tidak terlalu panjang

Bila ingin ditonton bersama anak, pastikan durasinya tidak terlalu panjang

Bila Anda berencana menonton film animasi bersama anak-anak, pastikan film yang Anda pilih tidak berdurasi panjang. Anak-anak cenderung cepat bosan dan menjadi tidak fokus bila menonton film yang terlalu lama.

 
Untuk anak di bawah 7 tahun, lebih baik pilih film serial yang hanya berdurasi sekitar 20–30 menit. Jika Anda ingin menonton film layar lebar, pastikan durasinya tidak lebih dari satu setengah jam untuk menghindari kebosanan.

10 Rekomendasi film animasi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film animasi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ufotable

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

ufotable Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba 1枚目

Salah satu serial anime terbaik pada tahun 2019 dan 2020, wajib tonton!

2

Studio Ghibli

Spirited Away

Studio Ghibli Spirited Away 1枚目

Seluruh animasinya digambar full menggunakan tangan, keren!

3

Gracie Films

The Simpsons

Gracie Films The Simpsons 1枚目

Serial animasi terpanjang dalam sejarah Amerika

4

Pixar

Toy Story

Pixar Toy Story 1枚目

Memiliki pesan moral yang bagus untuk anak-anak

5

DreamWorks

Kung Fu Panda

DreamWorks Kung Fu Panda 1枚目

Seru, kocak, dan sangat menginspirasi!

6

Illumination Entertainment

Despicable Me

Illumination Entertainment Despicable Me 1枚目

Karakter Minion menjadikan film lebih lucu dan menarik

7

Disney Pixar

Luca

Disney Pixar Luca 1枚目

Film animasi terbaru 2021 dengan cerita ringan yang pas dinikmati bersama keluarga

8

MD Pictures

Adit Sopo Jarwo The Movie

MD Pictures Adit Sopo Jarwo The Movie 1枚目

Animasi buatan lokal yang patut dibanggakan!

9

Fujiko Movie Studio

Stand By Me Doraemon

 Fujiko Movie Studio Stand By Me Doraemon 1枚目

Mengetahui cerita awal dan akhir dari Doraemon

10

Disney

Frozen

Disney Frozen 1枚目

Kisah kasih sayang tulus antara kakak dan adik yang memikat hati

Perincian produk
Close
No.1

ufotableDemon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Salah satu serial anime terbaik pada tahun 2019 dan 2020, wajib tonton!

Bagi para pencinta anime, Anda wajib menonton serial Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Serial anime ini diangkat dari komik dengan judul yang sama. Komiknya berhasil tembus menjadi peringkat pertama dalam penjualan komik tahunan Orico tahun 2019 dan mengalahkan One Piece. Di samping itu, animenya sendiri berhasil meraih berbagai penghargaan dan masih terus menarik penonton hingga kini.


Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba menceritakan seorang anak laki-laki pembasmi iblis. Setelah keluarganya dibunuh dan adiknya berubah menjadi iblis, Tanjiro kemudian memulai perjalanannya menjadi pembasmi iblis. Film ini ditayangkan sebanyak 26 episode dan bisa Anda tonton di Netflix atau Viu. 

No.2

Studio GhibliSpirited Away

Seluruh animasinya digambar full menggunakan tangan, keren!

Film yang menceritakan kisah seorang gadis di dunia sihir ini adalah salah satu film animasi Jepang tersukses. Spirited Away menuai banyak penghargaan, salah satunya adalah 75th Academy Award untuk film animasi terbaik. Selain penghargaan, Spirited Away juga diklaim sebagai film animasi dari Jepang dengan pendapatan kotor terbesar. 


Film ini mendapatkan hampir 400 juta dollar dengan penayangan di seluruh dunia. Hal yang lebih mencengangkan lagi, seluruh animasi ini digambar full menggunakan tangan! Jika Anda penasaran dengan karya Hayao Miyazaki ini, langsung nonton saja filmnya di Netflix.

No.3

Gracie FilmsThe Simpsons

Serial animasi terpanjang dalam sejarah Amerika

Film kartun tak hanya untuk anak-anak saja, tetapi juga untuk orang dewasa. Bila Anda mencari tontonan ringan untuk dinikmati selepas pulang kantor, kami merekomendasikan film The Simpsons. Serial ini sudah ada sejak tahun 1989 dan menjadi serial animasi terpanjang dalam sejarah Amerika. 


Film animasi ini khas dengan American jokes-nya yang sangat kental. Berbagai isu terkini menjadi inspirasi untuk cerita-cerita The Simpsons. Bahkan, banyak yang mengatakan cerita-cerita di The Simpsons sering menjadi kenyataan di kehidupan nyata. Cerita yang paling terkenal adalah kisah Donald Trump sebagai Presiden Amerika yang kemudian nyata terjadi di tahun 2017.

No.4

Memiliki pesan moral yang bagus untuk anak-anak

Apa jadinya jika mainan Anda bisa bergerak, berbicara, dan memiliki perasaan? Imajinasi itu bisa Anda lihat dalam film Toy Story. Film ini berkisah tentang mainan-mainan milik Andy yang bisa bergerak jika tidak terlihat manusia. Film ini ideal dijadikan pelajaran agar anak-anak lebih menghargai dan menyayangi mainan mereka sendiri. 


Film garapan Pixar ini memiliki empat sekuel. Film pertamanya berhasil meraih dua penghargaan di Golden Globe Award. Lalu, film ini juga disebut sebagai film animasi terbaik sepanjang masa oleh majalah Empire. Hal ini terbukti karena Toy Story memang sempat menjadi film box office dan tetap menarik meski ditonton berulang kali. 

No.5

DreamWorksKung Fu Panda

Seru, kocak, dan sangat menginspirasi!

Anda juga tak boleh melewatkan Film Panda lucu dari DreamWorks satu ini. Film ini mengisahkan tentang Po seekor panda yang ingin sekali menjadi pendekar Kung Fu. Namun, siapa sangka dengan hasil jerih payah serta keberuntungannya, Po ternyata memang ditakdirkan sebagai ahli Kung Fu. 


Bersama dengan rekan-rekannya, Tigress, Mantis, Viper, dan Crane, mereka berjuang mengalahkan Tai Lung, penjahat yang serakah. Anda juga bisa menonton kisah Po lainnya di Kung Fu Panda 2 dan 3. Bila Anda ingin menonton film animasi yang kocak dan mengocok perut, film ini adalah pilihan yang tepat.

No.6

Illumination EntertainmentDespicable Me

Karakter Minion menjadikan film lebih lucu dan menarik

Despicable Me berhasil menempati nomor satu box office di Amerika saat pertama diluncurkan pada 9 Juli 2010. Sebenarnya, film ini menceritakan tentang penjahat bernama Gru yang didatangi tiga anak yatim bernama Margo, Edith, dan Agnes. 


Rencana jahat Gru mencuri bulan jadi terhenti karena kerepotannya dalam mengurus ketiga anak yatim tersebut. Dalam film ini para Minion hanyalah pemeran figuran pembantu Gru. Namun, karena keimutan dan kelucuan tingkah mereka, sosok Minion cukup menarik perhatian para penonton. Jika Anda menyukai karakter Minion, jangan lewatkan film-film Despicable Me yang lain juga, ya!

No.7

Film animasi terbaru 2021 dengan cerita ringan yang pas dinikmati bersama keluarga

Bila Anda sedang mencari tontonan ringan yang bisa ditonton bersama keluarga di weekend ini, kami merekomendasikan Luca. Film produksi Disney Pixar ini menceritakan tentang Luca, monster laut yang bisa berubah menjadi manusia. Keluarga Luca melarang Luca untuk terlibat dengan manusia karena manusia ingin memburu monster laut. 


Namun, secara diam-diam Luca menjelajah ke dunia manusia bersama dengan temannya Alberto. Di sana, mereka berdua bertemu dengan Giulia dan bersama-sama berencana untuk mengikuti lomba Triathlon anak-anak. Sayangnya, di tengah latihan, identitas Luca dan Alberto sebagai monster laut terungkap. Bagaimana kisah mereka selanjutnya? Tonton segera, ya!

No.8

MD PicturesAdit Sopo Jarwo The Movie

Animasi buatan lokal yang patut dibanggakan!

Siapa bilang Indonesia tidak bisa membuat film animasi? Sebenarnya sudah ada banyak sekali fim animasi Indonesia yang bisa Anda tonton. Namun, salah satu film terbaik yang wajib Anda tonton adalah Adit Sopo Jarwo The Movie. 


Film garapan MD Pictures ini merupakan prekuel dari seri televisinya, mengisahkan perjalanan Adit bertemu Sopo dan Jarwo. Film ini termasuk baru rilis di tahun 2021, tetapi sudah menuai respon yang positif dari penonton. Jika penasaran dengan film animasi buatan Indonesia ini, Anda bisa menontonnya di Disney+ Hotstar.

No.9

Fujiko Movie StudioStand By Me Doraemon

Mengetahui cerita awal dan akhir dari Doraemon

Bagi Anda yang lahir pada tahun 90-an, Anda pasti tahu kartun Doraemon. Tidak semua penikmat kartun Doraemon tahu awal dan akhir dari kisah antara Nobita dan Doraemon. Namun, di film ini akan diceritakan secara jelas perjalanan Doraemon mulai dari awal mengenal hingga meninggalkan Nobita. Jika Anda ingin bernostalgia menonton film ini, jangan lupa siapkan tisu, ya!

No.10

Kisah kasih sayang tulus antara kakak dan adik yang memikat hati

Jika anak Anda penyuka karakter Frozen, mereka wajib menonton film animasinya juga! Cerita Frozen merupakan film yang terinspirasi dari dongeng Hans Christian Andersen. Film ini menceritakan perjalanan seorang putri Elsa dari kerajaan Arendelle yang berusaha menemukan jati dirinya. 


Elsa adalah seorang putri yang memiliki kekuatan magis, yaitu dapat mengontrol serta menciptakan es. Suatu hari, Elsa tak sengaja membuat kerajaan Arendelle diliputi musim dingin abadi. Adiknya Anna, Kristoff, serta Olaf si manusia salju, bersama-sama ingin membantu memulihkan kerajaan seperti sedia kala. Film ini menceritakan kisah kasih sayang tulus antara kakak dan adik.

Periksa ada tidaknya pesan moral untuk disampaikan kepada anak

Periksa ada tidaknya pesan moral untuk disampaikan kepada anak

Kebanyakan film animasi dibuat dengan pesan moral tersembunyi di dalamnya. Saat menonton film animasi bersama anak, Anda bisa sambil menjelaskan pesan yang terdapat di dalam film. Pesan-pesan ini bisa menjadi contoh yang baik untuk bekal kehidupan anak Anda.

 
Namun, bila film tersebut tidak memiliki pesan moral, biasanya film itu memang tidak ditujukan untuk anak-anak. Anda bisa memilihkan film animasi lain yang lebih bagus dan punya jalan cerita menginspirasi. Dengan begitu, kegiatan menonton film pun jadi lebih bermakna.

Baca juga rekomendasi berbagai film lainnya di sini

Kesimpulan

Film animasi memang disukai oleh semua kalangan karena visualisasinya yang menarik dan menghibur. Dengan menonton film animasi, momen bersantai jadi lebih maksimal. Anda bisa memilih film animasi berdasarkan rating, production house, atau genrenya.


Jika ingin ditonton bersama anak, pastikan filmnya sesuai dengan umur mereka dan durasinya tidak terlalu lama. Semoga Anda menyukai film-film yang kami rekomendasikan di atas. Selamat menonton!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer