mybest
Anime

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Film, serial, dan podcast
  4. 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik  5

10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik

Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi tontonan menyenangkan untuk semua kalangan.

 
Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Up, The Lion King, dan Spider-Man: Across the Spider-Verse. Kami juga akan mengulas beberapa film animasi terbaru yang wajib Anda tonton. Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini, ya!

Diperbaharui 17/10/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih film animasi

Sebelum menentukan film animasi yang ingin ditonton, perhatikan dahulu beberapa poin ini. Poin yang akan kami sampaikan berikut dapat menjadi tolok ukur dalam mencari film animasi terbaik.

1

Untuk film animasi dengan cerita klasik yang penuh nilai kehidupan, utamakan film-film dari Disney

Untuk film animasi dengan cerita klasik yang penuh nilai kehidupan, utamakan film-film dari Disney
Sumber: disney.id

Disney adalah salah satu production house yang menghadirkan berbagai film animasi sejak 1920-an. Mickey Mouse, Sleeping Beauty, dan berbagai princess lainnya adalah karakter buatan Disney yang paling terkenal. Beberapa film Disney juga menggunakan hewan sebagai karakter utamanya. 


Seiring dengan berjalannya waktu, film-film Disney sudah makin modern. Jalan ceritanya juga jauh lebih bervariasi. Bahkan, tak jarang ada film yang sudah menggunakan animasi 3D sehingga terasa lebih realistis. Beberapa contohnya adalah Frozen, Luca, Encanto, dan lain-lain. 


Pada dasarnya, film-film Disney menceritakan berbagai cerita klasik atau fairytales. Namun, tentunya cerita-cerita dari film Disney mengandung nilai kehidupan yang penting. Jadi, film Disney sangat cocok untuk Anda yang ingin mengajarkan nilai-nilai tertentu lewat tontonan. Hal ini berlaku untuk film Disney yang jadul atau modern. 

2

Apabila ingin film animasi dengan cerita yang lebih berbobot, pertimbangkan film-film dari Pixar

Apabila ingin film animasi dengan cerita yang lebih berbobot, pertimbangkan film-film dari Pixar
Sumber: pixar.com

Pixar sebenarnya merupakan salah satu bagian dari Disney. Pada 1991 Pixar memulai kerja samanya dengan Disney. Sampai pada 2006, Pixar menjual perusahaannya sehingga berada di bawah Disney langsung. Namun, ada beberapa film animasi yang tetap dikelola langsung oleh Pixar.


Toy Story, Monster, Inc., dan Finding Nemo adalah salah satu film mereka yang terbesar. Film-film tersebut adalah film asli garapan Pixar yang booming dan masuk box office di Amerika. Selain itu, hampir semua film Pixar juga selalu memenangkan penghargaan.


Production house yang satu ini memang unggul di bidang storytelling sebagai teknik penyampaian ceritanya. Pixar biasanya menayangkan film-film dengan jalan cerita yang lebih berbobot. Terkadang, untuk bisa mengerti maksud dari nilai yang ingin disampaikan, Anda perlu berpikir sejenak terlebih dahulu

3

Jika ingin melihat film dengan humor slapstick yang mengadopsi tren terkini, coba lihat film dari Illumination Entertainment

Selain Disney dan Pixar, ada juga animasi garapan Illumination Entertainment yang didistribusikan oleh Universal Pictures. Salah satu film animasi terbaik dan terkenal buatan production house ini adalah Minions dan Despicable Me.


Jika Anda perhatikan, karakteristik dari film-film Illumination Entertainment lebih banyak melibatkan humor slapstick. Selain itu, animasi garapan production house ini juga banyak menggunakan referensi tren terkini yang beredar di internet seperti meme. 


Salah satu film terbaru dari Illumination Entertainment adalah Sing. Film ini menggunakan hewan-hewan sebagai tokoh utamanya. Uniknya lagi, hewan-hewan tersebut bisa bernyanyi!

4

Untuk film animasi dengan warna yang menyejukkan hati, cek film dari Ghibli

Untuk film animasi dengan warna yang menyejukkan hati, cek film dari Ghibli
Sumber: ghibli.jp

Jika tiga production house sebelumnya berasal dari Amerika, ada juga production house terkenal dari Asia, yaitu Studio Ghibli. Perusahaan asal Jepang ini memproduksi film-film yang tidak kalah bagus. Anda akan menemukan animasi berjudul Spirited Away, My Neighbour Totoro, Howl’s Moving Castle, dan Ponyo.


Untuk Anda yang menyukai anime Jepang, mungkin film-film garapan Studio Ghibli bisa cocok dengan selera pribadi. Animasinya dibuat penuh warna yang akan membuat Anda tambah suka. Tak ketinggalan, mayoritas dari film-film animasi garapannya juga akan membuat Anda terenyuh!

5

Untuk film yang animasinya memukau secara visual dengan karakter unik, tonton film dari Sony Pictures Animation

Untuk film yang animasinya memukau secara visual dengan karakter unik, tonton film dari Sony Pictures Animation
Sumber: netflix.com

Sony Pictures Animation adalah sebuah studio animasi yang ada di bawah naungan Sony Pictures Entertainment. Production house asal Amerika Serikat ini juga telah menggarap berbagai film animasi yang tak kalah bagus. Bahkan, beberapa juga telah meraih penghargaan internasional, lho!


Keunggulan dari film animasi yang diproduksi oleh Sony Pictures Animation adalah dari segi visualnya. Film-film animasi garapan Sony Pictures Animation memang memukau secara visual dan ceritanya cukup bervariasi


Salah satu contohnya adalah film berjudul Vivo. Film ini mampu membuat Anda kagum dengan menunjukkan bakat menari dan menyanyi dari karakter-karakternya. 

6

Untuk Anda yang ingin menonton film dengan tema yang lebih kompleks, cek film dari Netflix Animations

Untuk Anda yang ingin menonton film dengan tema yang lebih kompleks, cek film dari Netflix Animations
Sumber: netflix.com

Nama Netflix pasti sudah tidak asing di telinga banyak orang. Netflix memang merupakan layanan streaming yang banyak dipakai untuk menonton aneka film. Namun, tak hanya sebagai layanan streaming saja, Netflix juga memiliki studio animasi sendiri, lho. Namanya adalah Netflix Animations yang merupakan anak perusahaan Netflix. 


Studio animasi yang satu ini memang masih tergolong baru karena didirikan pada 2018. Meski begitu, Netflix Animations telah merilis berbagai judul film animasi yang menarik untuk ditonton. Beberapa film animasi terbarunya meliputi The Sea Beast, Wendell & Wild, My Father's Dragon, dan Guillermo del Toro's Pinocchio.


Ciri khas dari film-film animasi Netflix Animations adalah temanya yang kompleks. Dengan demikian, Anda mungkin akan perlu waktu untuk mencerna tema yang ingin disampaikan oleh pembuat film. Di sisi lain, genre yang tersedia cukup bervariasi dan bisa Anda pilih sesuai keinginan

7

Apabila ingin film dengan tema universal yang menarik untuk segala usia, pilih film dari DreamWorks

DreamWorks Animation adalah studio animasi asal Amerika Serikat yang merupakan anak perusahaan dari Universal Studios. Studio animasi ini telah berdiri sejak 1994 dan merilis beberapa judul film animasi terkenal. Beberapa contohnya adalah Shrek, Kung Fu Panda, How to Train Your Dragon, Madagascar, Trolls, dan The Boss Baby


Karakteristik utama dari film-film animasi garapan DreamWorks adalah tampilan tokohnya yang detail. Tak ketinggalan, latar belakang yang ditunjukkan kepada penonton pun sangat indah. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa film-film animasi garapan DreamWorks memang unggul secara visual. 


Sementara itu, dari segi cerita, film-film animasi DreamWorks mengangkat tema yang universal seperti persahabatan, keberanian, cinta, dan sebagainya. Jadi, film-film animasi DreamWorks lebih mudah dimengerti dan menarik untuk segala kalangan usia. 

8

Pilih berdasarkan genrenya

Pilih berdasarkan genrenya

Ada beberapa genre film animasi yang bisa Anda pilih, contohnya drama, komedi, action, adventure, musikal, atau fantasi. Anda bisa memilih film yang ingin ditonton berdasarkan genre tersebut. Biasanya, dalam satu film terdapat kombinasi beberapa genre, misalnya drama komedi atau drama roman.


Tidak semua genre film dapat ditonton oleh anak-anak. Bila ingin lebih yakin, pilih genre film yang aman ditonton seluruh keluarga, seperti genre family atau comedy. Genre lainnya, seperti drama, romance, horror, atau adventure mungkin masih perlu pendampingan orang tua.

9

Cek target usia film

Cek target usia film

Tidak semua film animasi bisa ditonton oleh anak-anak. Ada juga beberapa film animasi yang khusus dibuat untuk orang dewasa. Oleh sebab itu, sebelum Anda memilih film yang hendak ditonton, pastikan target usia film.

 
Beberapa film animasi memiliki jalan cerita atau bahasa yang tidak cocok untuk ditonton anak-anak. Biasanya, hal tersebut disebabkan karena dalam film ada bahasa yang kurang pantas atau alur cerita yang sulit dimengerti. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Film Animasi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Film Animasi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 17 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
Perincian
Asal negara
Tahun rilis
Genre
Tema
Durasi
Kategori usia
Sutradara
Penghargaan/nominasi
Rating di IMDb
Pemeran
Setting
Alur cerita
1

Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

Up

Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios Up 1

Cerita sang kakek yang bertualang dengan rumah terbangnya

Amerika Serikat

2009

Komedi, drama

Harapan, persahabatan, keluarga

96 menit

Semua umur

Pete Docter, Bob Peterson

Academy Award for Best Animated Feature Film, Golden Globe Award for Best Animated Feature Film, BAFTA Award for Best Animated Film

8,3 dari 10

Ed Asner, Jordan Nagai, Christopher Plummer

Amerika Serikat, Paradise Falls

Maju

2

Pixar

Toy Story

Pixar Toy Story 1

Memiliki pesan moral yang bagus untuk anak-anak

Amerika Serikat

1995

Komedi, petualangan

Persahabatan, keluarga, kehilangan

81 menit

Semua umur

John Lasseter

BAFTA Award for Best Animated Film

8,3 dari 10

Tom Hanks, Tim Allen, Don Rickles

Kompleks rumah Andy

Maju

3

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation

The Lion King

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation The Lion King 1

Berkisah tentang singa muda yang harus menjadi raja hutan

Amerika Serikat

1994

Drama, musikal

Keluarga, tanggung jawab, pertumbuhan

88 menit

Semua umur

Roger Allers dan Rob Minkoff

Best Motion Picture Golden Globe Award, Favorite Movie Nickelodeon Kids' Choice Awards, Best Original Song Academy Awards

8,5/10

Matthew Broderick, Jeremy Irons, James Earl Jones

Sabana Afrika

Maju

4

Illumination Entertainment

Despicable Me

Illumination Entertainment Despicable Me 1

Karakter Minion menjadikan film lebih lucu dan menarik

Amerika Serikat

2010

Komedi, aksi, petualangan

Keluarga, persahabatan, pengasuhan anak

95 menit

Semua umur

Pierre Coffin dan Chris Renaud

Academy Award for Best Animated Feature Film, Golden Globe Award for Best Motion Picture – Animated or Musical

7,6 dari 10

Steve Carell, Jason Segel, Miranda Cosgrove

Kota metropolitan di Amerika Serikat

Maju

5

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Marvel Entertainment

Spider-Man: Across the Spider-Verse

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Marvel Entertainment Spider-Man: Across the Spider-Verse 1

Ketika Spider-Man berkonflik dengan sesama Spider-People

Amerika Serikat

2023

Animasi, aksi, petualangan, komedi

Superhero, multiverse

140 menit

Semua umur

Joaquim Dos Santos, Kemp Powers, Justin K. Thompson

Nominasi Academy Award for Best Animated Feature Film

8,9 dari 10

Shameik Moore, Hailee Steinfeld, Oscar Isaac

Multiverse

Maju

6

Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

Ratatouille

Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios Ratatouille  1

Petualangan seekor tikus dan pelayan muda di dapur

Amerika Serikat

2007

Komedi, drama

Keinginan, mimpi, dan persahabatan

111 menit

Semua umur

Brad Bird

Academy Award for Best Animated Feature Film, Golden Globe Award for Best Animated Feature Film

8,1 dari 10

Patton Oswalt, Lou Romano, Ian Holm

Paris, Prancis

Maju

7

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation, Silver Screen Partners IV

The Little Mermaid

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation, Silver Screen Partners IV The Little Mermaid 1

Kisah putri duyung yang ingin menjadi manusia

Amerika Serikat

1989

Musikal, komedi romantis

Cinta, impian, dan persahabatan

83 menit

Semua umur

Ron Clements dan John Musker

Academy Award for Best Original Score, Golden Globe Award for Best Motion Picture – Musical or Comedy

7,6 dari 10

Jodi Benson, Pat Carroll, Christopher Daniel Barnes

Kerajaan bawah laut

Maju

8

Nickelodeon Movies, Point Grey Pictures

Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem

Nickelodeon Movies, Point Grey Pictures Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem 1

Kisah kura-kura ninja yang harus menghadapi ancaman mutan dan penjahat

Amerika Serikat

2023

Animasi, aksi, komedi, superhero

Persahabatan, keluarga, kepahlawanan

99 menit

13+

Jeff Rowe

Nominasi Annie Award for Best Animated Feature, nominasi Golden Reel Award for Best Sound Editing - Animated Feature

7,2 dari 10

Ben Schwartz, Omar Sy, Seth Rogen

New York City, Amerika Serikat

Maju

9

Universal Pictures, Illumination, Nintendo

The Super Mario Bros. Movie

Universal Pictures, Illumination, Nintendo The Super Mario Bros. Movie 1

Film animasi dari gim legendaris The Mario Bros

Amerika Serikat

2023

Comedy, adventure, fantasy

Persahabatan, keluarga, keberanian

92 menit

Semua umur

Aaron Horvath, Michael Jelenic

Most Innovative Advertising for a Feature Film

7,1 dari 10

Chris Pratt, Anya Taylor-Joy, Charlie Day

Mushroom Kingdom

Maju

10

Netflix Animation

The Sea Beast

Netflix Animation The Sea Beast 1

Kisah heroik gadis cilik yang mendamaikan monster laut dengan pemburu monster

Amerika Serikat

2022

Animation, adventure, comedy

119 menit

7+

Chris Williams

Nominasi Academy Award for Best Animated Feature Film, nominasi Alliance of Women Film Journalists for Best Animated Feature

7,0 dari 10

Karl Urban, Zaris-Angel Hator, Jared Harris

Fantasy world

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Walt Disney Pictures, Pixar Animation StudiosUp

Up 1

Cerita sang kakek yang bertualang dengan rumah terbangnya

Up adalah sebuah film animasi yang menceritakan perjalanan seorang pensiunan bernama Carl Fredricksen. Ia memutuskan untuk menjalani petualangan epik dengan rumah terbangnya yang diikatkan pada banyak balon udara. Film ini memadukan cerita yang mengharukan tentang kehilangan dan nostalgia dengan petualangan yang penuh kegembiraan.


Cocok untuk penonton segala usia, film ini mengajarkan nilai-nilai tentang persahabatan, pengorbanan, dan pentingnya mewujudkan impian. Up adalah film yang sempurna untuk keluarga, anak-anak, dan bahkan orang dewasa yang ingin mengalami petualangan animasi yang menghangatkan hati.

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2009
GenreKomedi, drama
TemaHarapan, persahabatan, keluarga
Durasi96 menit
Kategori usiaSemua umur
SutradaraPete Docter, Bob Peterson
Penghargaan/nominasiAcademy Award for Best Animated Feature Film, Golden Globe Award for Best Animated Feature Film, BAFTA Award for Best Animated Film
Rating di IMDb8,3 dari 10
PemeranEd Asner, Jordan Nagai, Christopher Plummer
SettingAmerika Serikat, Paradise Falls
Alur ceritaMaju
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

PixarToy Story

Memiliki pesan moral yang bagus untuk anak-anak

Apa jadinya jika mainan Anda bisa bergerak, berbicara, dan memiliki perasaan? Imajinasi itu bisa Anda lihat dalam film Toy Story. Film ini berkisah tentang mainan-mainan milik Andy yang bisa bergerak jika tidak terlihat manusia. Film ini ideal dijadikan pelajaran agar anak-anak lebih menghargai dan menyayangi mainan mereka sendiri. 


Film garapan Pixar ini memiliki empat sekuel. Film pertamanya berhasil meraih dua penghargaan di Golden Globe Award. Lalu, film ini juga disebut sebagai film animasi terbaik sepanjang masa oleh majalah Empire. Hal ini terbukti karena Toy Story memang sempat menjadi film box office dan tetap menarik meski ditonton berulang kali. 

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis1995
GenreKomedi, petualangan
TemaPersahabatan, keluarga, kehilangan
Durasi81 menit
Kategori usiaSemua umur
SutradaraJohn Lasseter
Penghargaan/nominasiBAFTA Award for Best Animated Film
Rating di IMDb8,3 dari 10
PemeranTom Hanks, Tim Allen, Don Rickles
SettingKompleks rumah Andy
Alur ceritaMaju
View all
No.3

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature AnimationThe Lion King

The Lion King 1
Sumber: imdb.com
The Lion King 2
Sumber: imdb.com
The Lion King 3
Sumber: imdb.com
The Lion King 4
Sumber: imdb.com
The Lion King 5
Sumber: imdb.com

Berkisah tentang singa muda yang harus menjadi raja hutan

The Lion King adalah sebuah film animasi klasik yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang singa muda bernama Simba yang harus menjadi raja hutan setelah ayahnya terbunuh. Dengan musik yang mengesankan dan visual yang luar biasa, film ini cocok untuk penonton dari berbagai usia. 


Bagi anak-anak, The Lion King memberikan pesan tentang persahabatan, keberanian, dan keadilan. Sementara itu, bagi orang dewasa, film ini membawa kenangan indah masa kecil dan pesan tentang pentingnya memahami tanggung jawab dan pengorbanan dalam kehidupan.

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis1994
GenreDrama, musikal
TemaKeluarga, tanggung jawab, pertumbuhan
Durasi88 menit
Kategori usiaSemua umur
SutradaraRoger Allers dan Rob Minkoff
Penghargaan/nominasiBest Motion Picture Golden Globe Award, Favorite Movie Nickelodeon Kids' Choice Awards, Best Original Song Academy Awards
Rating di IMDb8,5/10
PemeranMatthew Broderick, Jeremy Irons, James Earl Jones
SettingSabana Afrika
Alur ceritaMaju
View all
No.4

Illumination EntertainmentDespicable Me

Karakter Minion menjadikan film lebih lucu dan menarik

Despicable Me berhasil menempati nomor satu box office di Amerika saat pertama diluncurkan pada 9 Juli 2010. Sebenarnya, film ini menceritakan tentang penjahat bernama Gru yang didatangi tiga anak yatim bernama Margo, Edith, dan Agnes. Rencana jahat Gru mencuri bulan jadi terhenti karena kerepotannya dalam mengurus ketiga anak yatim tersebut. 


Dalam film ini para Minion hanyalah pemeran figuran pembantu Gru. Namun, karena keimutan dan kelucuan tingkah mereka, sosok Minion cukup menarik perhatian para penonton. Jika Anda menyukai karakter Minion, jangan lewatkan film-film Despicable Me yang lain juga, ya!

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2010
GenreKomedi, aksi, petualangan
TemaKeluarga, persahabatan, pengasuhan anak
Durasi95 menit
Kategori usiaSemua umur
SutradaraPierre Coffin dan Chris Renaud
Penghargaan/nominasiAcademy Award for Best Animated Feature Film, Golden Globe Award for Best Motion Picture – Animated or Musical
Rating di IMDb7,6 dari 10
PemeranSteve Carell, Jason Segel, Miranda Cosgrove
SettingKota metropolitan di Amerika Serikat
Alur ceritaMaju
View all
No.5

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Marvel EntertainmentSpider-Man: Across the Spider-Verse

Ketika Spider-Man berkonflik dengan sesama Spider-People

Film ini merupakan sekuel dari film Spider-Man: Into the Spider-Verse. Dalam film ini, Miles Morales atau Spider-Man bertemu dengan Gwen Stacy yang berasal dari semesta lain. Keduanya pun terlibat dalam misi di Multiverse. Keduanya pun bertemu dengan Spider-People. 


Konflik antara Miles dan Spider-People pun terjadi karena perbedaan pendapat dalam mengatasi kejahatan. Beberapa kritikus film pun memberikan ulasan positif mengenai film animasi ini. Beberapa di antaranya memuji efek visual dan alur ceritanya yang ketat.

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2023
GenreAnimasi, aksi, petualangan, komedi
TemaSuperhero, multiverse
Durasi140 menit
Kategori usiaSemua umur
SutradaraJoaquim Dos Santos, Kemp Powers, Justin K. Thompson
Penghargaan/nominasiNominasi Academy Award for Best Animated Feature Film
Rating di IMDb8,9 dari 10
PemeranShameik Moore, Hailee Steinfeld, Oscar Isaac
SettingMultiverse
Alur ceritaMaju
View all
No.6

Walt Disney Pictures, Pixar Animation StudiosRatatouille

Petualangan seekor tikus dan pelayan muda di dapur

Ratatouille adalah sebuah film animasi yang dirilis pada tahun 2007 oleh Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios. Film ini berkisah tentang seekor tikus bernama Remy yang memiliki ingin menjadi koki karena suka memasak. Remy pun mewujudkan mimpinya sebagai seorang koki melalui bantuan seorang pelayan muda, Linguini. Petualangan mereka di dapur pun dimulai, keduanya harus menghadapi berbagai permasalahan yang cukup kompleks.

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2007
GenreKomedi, drama
TemaKeinginan, mimpi, dan persahabatan
Durasi111 menit
Kategori usiaSemua umur
SutradaraBrad Bird
Penghargaan/nominasiAcademy Award for Best Animated Feature Film, Golden Globe Award for Best Animated Feature Film
Rating di IMDb8,1 dari 10
PemeranPatton Oswalt, Lou Romano, Ian Holm
SettingParis, Prancis
Alur ceritaMaju
View all
No.7

Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature Animation, Silver Screen Partners IVThe Little Mermaid

Kisah putri duyung yang ingin menjadi manusia

The Little Mermaid adalah sebuah film animasi klasik yang diproduksi oleh Walt Disney pada tahun 1989. Film ini mengisahkan kisah putri duyung bernama Ariel yang bercita-cita menjadi manusia. Dengan visual indah dan lagu-lagu yang memikat, film ini cocok untuk semua anggota keluarga. 


Anak-anak akan terpesona oleh petualangan Ariel, sementara orang dewasa akan terhibur dengan humor dan pesan-pesan mendalam yang terkandung dalam ceritanya. The Little Mermaid adalah film yang sempurna untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis1989
GenreMusikal, komedi romantis
TemaCinta, impian, dan persahabatan
Durasi83 menit
Kategori usiaSemua umur
SutradaraRon Clements dan John Musker
Penghargaan/nominasiAcademy Award for Best Original Score, Golden Globe Award for Best Motion Picture – Musical or Comedy
Rating di IMDb7,6 dari 10
PemeranJodi Benson, Pat Carroll, Christopher Daniel Barnes
SettingKerajaan bawah laut
Alur ceritaMaju
View all
No.8

Nickelodeon Movies, Point Grey PicturesTeenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem

Kisah kura-kura ninja yang harus menghadapi ancaman mutan dan penjahat

Film Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem bercerita tentang kehidupan keempat kura-kura ninja ketika remaja. Mereka berjuang untuk melindungi kota dari ancaman mutan dan penjahat jahat. Dalam film ini, para kura-kura ninja harus bekerja sama dengan sekutu mereka, April O'Neil dan Casey Jones, untuk menghadapi musuh-musuh baru yang kuat. Film ini cocok untuk para penggemar kura-kura ninja sejati, anak-anak, dan keluarga yang mencari hiburan yang penuh aksi dan humor.

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2023
GenreAnimasi, aksi, komedi, superhero
TemaPersahabatan, keluarga, kepahlawanan
Durasi99 menit
Kategori usia13+
SutradaraJeff Rowe
Penghargaan/nominasiNominasi Annie Award for Best Animated Feature, nominasi Golden Reel Award for Best Sound Editing - Animated Feature
Rating di IMDb7,2 dari 10
PemeranBen Schwartz, Omar Sy, Seth Rogen
SettingNew York City, Amerika Serikat
Alur ceritaMaju
View all

Film animasi dari gim legendaris The Mario Bros

Bagi Anda yang ingin bernostalgia sambil mencari film hiburan yang tepat untuk anak Anda, The Super Mario Bros. Movie bisa jadi pilihan. Film animasi yang diangkat dari gim legendaris The Mario Bros ini pastinya akan menghibur seluruh anggota keluarga. Dua tokoh utamanya, Mario dan Luigi, digambarkan sebagai tukang ledeng yang berambisi menjadi tukang ledeng terbaik di kotanya. 


Suatu ketika terjadi banjir besar di kotanya akibat pipa yang mampet. Melihat masalah ini, tentunya Mario dan Luigi tak tinggal diam. Namun, saat memeriksa pipa tersebut, Mario dan Luigi malah terisap ke dunia lain. Nah, di sinilah kisah petualangan mereka dimulai. 

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2023
GenreComedy, adventure, fantasy
TemaPersahabatan, keluarga, keberanian
Durasi92 menit
Kategori usiaSemua umur
SutradaraAaron Horvath, Michael Jelenic
Penghargaan/nominasiMost Innovative Advertising for a Feature Film
Rating di IMDb7,1 dari 10
PemeranChris Pratt, Anya Taylor-Joy, Charlie Day
SettingMushroom Kingdom
Alur ceritaMaju
View all

Kisah heroik gadis cilik yang mendamaikan monster laut dengan pemburu monster

Film monster 2022 berjudul The Sea Beast ini mengisahkan monster-monster laut yang menyerang penduduk di Pulau Rum Pepper. Karena hal tersebut, muncullah para pemburu monster laut yang bertekad menumpas habis semua monster di laut. Dari sekian banyak monster laut, terdapat seekor monster laut terkuat bernama Red Bluster yang paling diincar para pemburu monster.


Di tengah-tengah aksi perburuan monster laut, muncul sosok gadis kecil bernama Maisie yang berniat ikut membantu dalam perburuan tersebut. Apakah konflik antara monster laut dan pemburu monster akan terus berlangsung tanpa akhir? Yuk, ajak keluarga Anda menonton bersama pada weekend ini!

Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2022
GenreAnimation, adventure, comedy
Tema
Durasi119 menit
Kategori usia7+
SutradaraChris Williams
Penghargaan/nominasiNominasi Academy Award for Best Animated Feature Film, nominasi Alliance of Women Film Journalists for Best Animated Feature
Rating di IMDb7,0 dari 10
PemeranKarl Urban, Zaris-Angel Hator, Jared Harris
SettingFantasy world
Alur cerita
View all

Periksa ada tidaknya pesan moral untuk disampaikan kepada anak

Periksa ada tidaknya pesan moral untuk disampaikan kepada anak

Kebanyakan film animasi dibuat dengan pesan moral tersembunyi di dalamnya. Saat menonton film animasi bersama anak, Anda bisa sambil menjelaskan pesan yang terdapat di dalam film. Pesan-pesan ini bisa menjadi contoh yang baik untuk bekal kehidupan anak Anda.

 
Akan tetapi, bila film tersebut tidak memiliki pesan moral, biasanya film itu memang tidak ditujukan untuk anak-anak. Anda bisa memilihkan film animasi lain yang lebih bagus dan punya jalan cerita menginspirasi. Dengan begitu, kegiatan menonton film pun jadi lebih bermakna.

5 Rekomendasi Film Animasi terbaik

No. 1: Walt Disney Pictures, Pixar Animation StudiosUp

No. 2: PixarToy Story

No. 3: Walt Disney Pictures, Walt Disney Feature AnimationThe Lion King

No. 4: Illumination EntertainmentDespicable Me

No. 5: Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Marvel EntertainmentSpider-Man: Across the Spider-Verse

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Film, serial, dan podcast
  4. 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.