mybest
Sampo

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan rambut
  4. 10 Rekomendasi Shampoo Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Shampoo Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Shampoo Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Shampoo Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Shampoo Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Shampoo Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Shampoo Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Para hijaber sering menghadapi permasalahan rambut akibat penggunaan hijab yang terlalu lama. Mulai dari rambut lepek, bau, dan rontok hingga kulit kepala gatal dan berketombe bisa dialami wanita berhijab. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai merawat rambut menggunakan sampo khusus hijab yang bagus.

 
Lantas, sampo hijab seperti apakah yang sebaiknya dipilih? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sampo hijab yang disusun bersama dermatovenereologist, dr. Theresia. Selain itu, kami juga memiliki rekomendasi sampo hijab terbaik dari berbagai merek, seperti Zinc, Sunsilk, dan Emeron. Jadi, baca artikelnya sampai habis, ya!

Diperbaharui 15/03/2024
dr. Theresia
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

dr. Theresia adalah lulusan Kedokteran Umum FKUI tahun 1999 dan Pendidikan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin FKUI tahun 2011. Memiliki minat pada dermatologi kosmetik, laser, dan anak, membuatnya banyak menulis beberapa tulisan ilmiah dan juga artikel edukasi untuk awam serta penelitian tentang laser. Saat ini, selain menjadi trainer internal di Erha, dr. Theresia juga praktek di Erha Dermacenter Kelapa Gading, Klinik Puspa Grogol, dan Klinik Sapta Mitra Pondok Kelapa. Wanita yang akrab disapa Tery ini juga menjadi wakil sekretaris umum pengurus pusat Perdoski dan anggota kelompok studi Dermatologi Kosmetik dan Dermatologi Anak Perdoski.

Profil dr. Theresia
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa permasalahan rambut yang kerap dialami pengguna hijab?

Pakar
Pakar

Permasalahan ketombe umum dialami pengguna hijab karena kondisi kulit kepala yang menjadi lebih lembap. Kemudian, rambut rontok juga dialami karena tekanan berlebihan pada pemakaian dalaman hijab sehingga peredaran darah kurang lancar dan rambut mudah patah.

Apa permasalahan rambut yang kerap dialami pengguna hijab?
Banyak dari hijabers yang mengalami masalah ketombe, rambut rontok, lepek, dan bau tidak sedap saat menggunakan hijab. Hal ini karena Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki suhu hangat dan tingkat kelembapan tinggi. 

Penggunaan hijab sepanjang hari bisa memicu pertumbuhan jamur Malassezia, penumpukan keringat, serta minyak di kulit kepala. Alhasil, kulit kepala Anda jadi mengalami masalah yang mengganggu. Selain itu, penggunaan dalaman hijab yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan rambut Anda tertarik. Saat rambut tertarik seharian, akar rambut menjadi mudah lepas dan rambut pun rontok.


Untuk mengatasi masalah ini, mengandalkan sampo saja tidak cukup. Anda perlu mengubah kebiasan yang salah. Simak tipsnya di bawah ini.


  • Pastikan rambut benar-benar kering sebelum mengenakan kerudung setelah keramas. Hal ini bertujuan untuk mencegah kelembapan berlebih di kulit kepala.
  • Pilihlah kerudung yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat dengan cepat. Hindari kerudung dari bahan sutra atau satin karena kurang efektif dalam menyerap keringat.
  • Jangan gunakan terlalu banyak lapisan hijab karena dapat membuat kulit kepala terasa makin pengap dan lembap. Jika sering dilakukan, kebiasaan ini bisa memperburuk masalah ketombe.
  • Setelah selesai beraktivitas, segera lepaskan hijab dan dalamannya untuk mengurangi tekanan pada area kepala.

Apa perbedaan sampo hijab dengan sampo biasa?

Pakar
Pakar

Sebetulnya tidak ada perbedaan antara sampo hijab dan sampo biasa. Hanya saja, sampo hijab biasanya fokus pada permasalahan kulit kepala dan rambut yang kerap dialami pengguna hijab. Sementara itu, sampo biasa umumnya memiliki varian yang lebih beragam.

Apa perbedaan sampo hijab dengan sampo biasa?
Formula pada sampo hijab dan sampo biasa sebenarnya sama. Namun, sampo hijab menawarkan lebih banyak variasi untuk mengatasi masalah khusus pengguna hijab, seperti ketombe dan rambut rontok. Selain itu, sampo hijab sering kali mengandung menthol untuk memberi sensasi segar pada kulit kepala setelah seharian menggunakan hijab. Oleh karena itu, tidak ada masalah bagi pengguna hijab untuk menggunakan sampo biasa.

Cara memilih Shampoo Hijab

Sebelum memilih sampo hijab, Anda perlu memperhatikan kondisi rambut terlebih dahulu. Pemilihan sampo yang tidak sesuai dapat memperburuk kondisi rambut. Untuk lebih lengkapnya, baca penjelasan di bawah ini, ya!

1

Untuk pengguna hijab dengan masalah ketombe, prioritaskan untuk memilih shampoo antiketombe

Pakar
Pakar

Sampo antiketombe mengandung tea tree oil, salicylic acid, zinc pyrithione, zinc gluconate, dan piroctone olamine. Kandungan tersebut dapat membantu mengatasi permasalahan ketombe.

Untuk pengguna hijab dengan masalah ketombe, prioritaskan untuk memilih shampoo antiketombe
Jika Anda mengalami masalah ketombe saat menggunakan hijab, memprioritaskan penggunaan sampo antiketombe bisa menjadi solusi yang efektif. Sampo antiketombe mengandung bahan aktif yang dapat mengurangi pertumbuhan jamur Malassezia serta mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

 

Adapun beberapa bahan aktif yang bisa Anda temukan dari sampo antiketombe, di antaranya:
  • Tea tree oil
  • Salicylic acid
  • Zinc pyrithione 
  • Zinc gluconate

Sampo antiketombe juga biasanya mengandung tambahan menthol. Tambahan menthol dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat ketombe pada kulit kepala Anda. Dengan demikian, penggunaan sampo antiketombe dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi masalah ketombe yang sering mengganggu.

dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Rutinitas keramas menjadi sangat penting jika Anda mengalami permasalahan ketombe. Bila Anda merasa rambut berminyak dan berkeringat setiap hari setelah menggunakan hijab, keramas tiap hari tak masalah. Asalkan Anda mengeringkan rambut dengan benar setelahnya. Sebetulnya, tujuan keramas tiap hari pada kondisi tersebut adalah untuk membersihkan kulit kepala Anda.

Bila kondisi ketombe lebih tebal, gunakan jenis medicated shampoo

Pakar
Pakar

Kondisi ketombe yang sudah menebal agak sulit ditangani dengan sampo antiketombe biasa. Pemilihan medicated shampoo akan lebih tepat untuk kondisi ketombe yang menebal karena bahan aktifnya lebih poten.

Bila kondisi ketombe lebih tebal, gunakan jenis medicated shampoo
Medicated shampoo adalah jenis sampo yang dirancang khusus dengan kandungan obat untuk menangani masalah kulit kepala tertentu, seperti ketombe. Beberapa bahan aktif umum yang sering ditemukan dalam produk ini meliputi ketoconazole, climbazole, piroctone olamine, dan selenium sulfida.

 

Untuk mengatasi ketombe, disarankan menggunakan medicated shampoo secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. Namun, penggunaan medicated shampoo kadang membuat rambut terasa kering. Nah, agar rambut tetap lembut dan sehat, sebaiknya Anda menyelingi penggunaan medicated shampoo dengan sampo hijab. 
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Bila terjadi resistensi atau medicated shampoo yang tampak tidak efektif lagi, dokter biasanya memberikan medicated shampoo dengan jenis bahan aktif yang berbeda. Misalnya, pada 3 bulan pertama sampo dengan bahan aktif ketoconazole. Lalu, diganti dengan bahan aktif climbazole atau zinc pyrithione.


Dilakukan secara berlanjut dan dapat digunakan bergantian setiap beberapa bulan. Demikian juga frekuensi penggunaan medicated shampoo tersebut. Bila sudah membaik, dapat digunakan 1-2 kali seminggu saja dan mulai menggunakan sampo harian yang sesuai dengan jenis rambut.

2

Bagi pengguna hijab yang mengalami kerontokan, fokuskan untuk mencari sampo yang mild untuk kulit kepala

Pakar
Pakar

Sampo yang mild adalah sampo yang pH-nya mendekati pH kulit, yaitu 5-5,5 dan bebas bahan kimia berbahaya. Pemilihan sampo ini akan mengurangi risiko kerontokan lebih parah akibat kandungan bahan kimia berbahaya.

Bagi pengguna hijab yang mengalami kerontokan, fokuskan untuk mencari sampo yang mild untuk kulit kepala
Banyak orang memilih sampo anti-hairfall sebagai solusi untuk mengatasi kerontokan rambut. Meskipun pilihan ini tidak salah, penting untuk diingat bahwa fungsi utama sampo adalah untuk membersihkan kulit kepala.

Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi pemicu kerontokan, antara lain:
  • Faktor hormonal
  • Dermatitis seboroik
  • Penyakit alopecia
  • Kondisi kesehatan tertentu
  • Penggunaan produk perawatan rambut yang salah
  • Kulit kepala yang terlalu kering

Bagi pengguna hijab, rutinitas keramas dapat membantu mengurangi kerontokan. Saat memilih sampo, sebaiknya pilih yang mild untuk kulit kepala Anda. Sampo yang mild seharusnya tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti SLS/SLES, parfum, paraben, serta memiliki pH asam. Dengan demikian, Anda dapat menghindari risiko kerontokan rambut yang lebih serius.

dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Ada banyak faktor penyebab kerontokan, tetapi bagi pengguna hijab, kerontokan bisa disebabkan oleh tekanan pada kulit kepala. Bila rutin melepas hijab setelah beraktivitas atau menggunakan bahan dalaman hijab yang tidak terlalu ketat, kerontokan bisa diatasi dengan baik.

3

Untuk permasalahan rambut lepek dan bau, tak masalah memilih shampoo hijab dengan kandungan fragrance

Pakar
Pakar

Kandungan fragrance memang membuat rambut jadi lebih wangi, bahkan bisa seharian. Namun, Anda perlu berhati-hati karena sampo yang mengandung pewangi kuat dapat menyebabkan reaksi alergi.

Untuk permasalahan rambut lepek dan bau, tak masalah memilih shampoo hijab dengan kandungan fragrance
Beberapa sampo hijab mengeklaim bisa memberi aroma segar sepanjang hari. Namun, sebelum Anda tergoda menggunakan produknya, perlu diingat bahwa sampo ini biasanya mengandung zat pewangi dengan konsentrasi tinggi.

Jika kulit kepala Anda dalam kondisi normal, penggunaan produk tersebut mungkin tidak bermasalah. Akan tetapi, Anda yang memiliki kulit kepala sensitif sebaiknya berhati-hati. Sampo dengan konsentrasi pewangi tinggi dapat memicu iritasi pada kulit kepala.

dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Kondisi rambut lepek dan bau umumnya terjadi pada rambut yang berminyak. Pada kondisi ini, populasi jamur juga jadi bertambah banyak. Oleh karena itu, sampo antiketombe juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Shampoo Hijab Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Shampoo Hijab terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 15 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis rambut
Masalah rambut
Tipe shampoo
Kandungan pembersih
pH
Kandungan oil control
Bahan antiketombe
Kandungan pelembap
Kandungan antibakteri
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhan
Kandungan fragrance
Kandungan polymer
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran
Varian
Kemasan
BPOM
Organik
Sertifikasi organik
1

Lion Wings

ZINC Hijab Active - Mawar Damask & Zaitun340 ml

Lion Wings ZINC Hijab Active - Mawar Damask & Zaitun 1

Rp24.700

Agak Murah

Atasi rambut rontok dan ketombe, berhijab seharian pun tak jadi masalah

Semua jenis rambut

Berketombe, rontok

Anti-hairfall

Sodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide DEA

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Zinc pyrithione, piroctone olamine

Propylene glycol, Olea europaea fruit oil, panthenol, glycine, niacinamide, tocopheryl acetate

Zinc pyrithione, Rosa damascena flower oil

Menthol, bisabolol

Tidak diketahui

Sophora angustifolia root extract, Rosa damascena flower oil, Olea europaea fruit oil

(Polyquaternium-10, acrylates/steareth-20 methacrylate copolymer)

170 ml, 340 ml

Mawar Damask & Zaitun

Botol

NA18211000514

Tidak ada

2

Unilever

Sunsilk Hijab Anti Ketombe Menthol Dingin Shampo

Unilever Sunsilk Hijab Anti Ketombe Menthol Dingin Shampo 1

Rp26.600

Agak Murah

Nikmati sensasi segar dan rambut bebas ketombe hingga 2 hari!

Berminyak

Berketombe, kulit kepala gatal

Anti-dandruff

Sodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Acetic acid

Urea, glycerin, glycerin, fig fruit extract

Tidak diketahui

Menthol

Fig fruit extract, grapefruit fruit extract

(Polyurethane crosspolymer-2, acrylamidopropyltrimonium chloride/acrylamide copolymer)

10 ml, 70 ml, 160 ml, 300 ml

Anti Ketombe & Menthol Dingin

Botol, sachet

NA18211001268

Tidak ada

3

Lion Wings

Emeron Hijab Shampoo Clean & Fresh170 ml

Lion Wings Emeron Hijab Shampoo Clean & Fresh 1

Rp19.100

Lebih Murah

Rambut kuat, bebas lepek, dan bau apak dengan teknologi Jepang yang inovatif

Berminyak

Berminyak, kulit kepala gatal, rontok

Treatment

Sodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide DEA,

Tidak diketahui

Tea tree leaf oil

Tidak diketahui

Argan oil, propylene glycol, sodium lactate, panthenol, arginine, aspartic acid, glycine, alanine, serine, valine, threonine, isoleucine, histidine, phenylalanine, niacinamide, tocopheryl acetate

Tea tree leaf oil

Tea tree leaf oil, menthol, panthenol

Argan oil, tea tree leaf oil

(Polyquaternium-74)

170 ml, 340 ml

Clean & Fresh

Botol

NA18171003279

Tidak ada

4

Unilever

TRESemmé Scalp Care Shampoo Anti Ketombe

Unilever  TRESemmé Scalp Care Shampoo Anti Ketombe 1

Rp37.100

Menengah

Cegah ketombe datang ke rambut Anda dengan formula cerdas pada sampo ini!

Berminyak

Berketombe, kulit kepala gatal, rontok

Scalp

Sodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, sodium polynaphthalenesulfonate

Tidak diketahui

Tea tree leaf oil

Zinc pyrithione, tea tree leaf oil

Caprylyl glycol

Zinc pyrithione, sodium salicylate, tea tree leaf oil

Tidak diketahui

Tea tree leaf oil

(Poloxamer 407)

170 ml, 340 ml, 670 ml

Scalp Care

Botol

NA18211000508

Tidak ada

5

Rohto

Selsun 7 Herbals

Rohto Selsun 7 Herbals 1

Rp30.000

Menengah

Beragam khasiat hadir dalam satu botol sampo ini

Semua jenis rambut

Berketombe, kulit kepala gatal, rontok

Anti-dandruff, scalp

Ammonium lauryl sulfate, ammonium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide DEA, sodium polynaphthalenesulfonate

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Zinc pyrithione, selenium sulfide

Propylene glycol, hydrogenated starch hydrolysate, butylene glycol, soybean germ extract, sweet almond oil, glycerin

Zinc pyrithione

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Soybean germ extract, whea germ extract, Eclipta prostrata extract, Aleurites moluccana seed extract, Panax ginseng root extract, sweet almond oil, Sophora angustifolia root extract

(Acrylates copolymer, polyquaternium-10)

60 ml, 120 ml, 200 ml

7 Herbal

Botol

IDM000094672

Tidak ada

6

Yves Rocher

Fortifying Anti-Hair Loss Shampoo

Yves Rocher Fortifying Anti-Hair Loss Shampoo  1

Rp99.000

Lebih Mahal

Atasi rambut rontok dalam 28 hari dengan shampoo vegan asal Prancis

Semua jenis rambut

Rontok

Anti-hairfall

Sodium methyl cocoyl taurate, sodium cocoyl isethionate, cocamidopropyl betaine, lauryl glucoside, coco-glucoside

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Fructooligosaccharides, caprylyl glycol, tocopherol

Inulin

Tidak diketahui

Whte lupin, organic agave

Tidak diketahui

50 ml, 300 ml

Tidak ada

Botol

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Wings

Serasoft Serum Shampoo Micellar Hijab 3 in 1

Wings Serasoft Serum Shampoo Micellar Hijab 3 in 1 1

Rp26.400

Agak Murah

Bekerja lima kali lebih cepat dalam menyehatkan rambut

Semua jenis rambut

Berketombe, lepek

Anti-dandruff

Ammonium laureth sulfate, ammonium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide MEA

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Climbazole

Caprylyl glycol, butylene glycol

Tidak diketahui

Diglucosyl gallic acid

Tidak diketahui

Yuzu fruit extract

(Polyquaternium-10)

170 ml, 340 ml

Hijab 3 in 1

Botol

NA18211001550

Tidak ada

8

Unilever

CLEAR Hijab Anti Ketombe dan Rontok Hijab Pure

Unilever  CLEAR Hijab Anti Ketombe dan Rontok Hijab Pure 1

Rp39.050

Agak Mahal

Menawarkan tiga kandungan alami untuk mengatasi masalah rambut

Semua jenis rambut

Berketombe, rontok

Anti-dandruff, anti-hairfall

Sodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide MEA

Tidak diketahui

Tea tree leaf oil

Piroctone olamine, sodium salicylate, climbazole

Propylene glycol, sunflower seed oil, Salvia hispanica seed oil, glycerin

Piroctone olamine, tea tree leaf oil

Nigella sativa seed oil

Sunflower seed oil, Salvia hispanica seed oil, tea tree leaf oil, Nigella sativa seed oil, Rosa damascena flower extract

(Poloxamer 407)

160 ml, 300 ml

Anti Ketombe + Perawatan Rambut Rontok

Botol

Tidak diketahui

Tidak ada

9

Procter & Gamble

Rejoice 3-in-1 Anti Ketombe

Procter & Gamble Rejoice 3-in-1 Anti Ketombe 1

Rp28.500

Agak Mahal

Dapat melindungi rambut dari debu dan polusi

Semua jenis rambut

Berketombe, kulit kepala gatal, kusut

Anti-dandruff

Sodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide MEA

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Zinc pyrithione

Dimethicone

Zinc pyrithione

Mentol

Tidak ada

150 ml, 340 ml

Anti Ketombe 3-in-1

Botol

NA18201001115

Tidak ada

10

Gondowangi Tradisional Kosmetika

Azalea Hijab Shampoo - Anti Hair Fall180 ml

Gondowangi Tradisional Kosmetika Azalea Hijab Shampoo - Anti Hair Fall 1

Rp33.000

Menengah

Ciptakan sensasi dingin di kepala untuk berikan kenyamanan ekstra saat berhijab

Semua jenis rambut

Rontok, lepek

Anti-hairfall

Sodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide DEA, lauryl glucoside

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Climbazole

Morus alba extract, Thuja orientalis extract, propylene glycol, glycerin, Panax ginseng root extract, panthenol, glutamic acid

Thuja orientalis extract

Allantoin, panthenol

Vitex trifolia fruit extract, Moringa oleifera leaf extract, Swertia japonica extract, Morus alba extract, Eclipta prostrata extract, Thuja orientalis extract, Angelica dahurica extract, Crataegus oxyacantha extract, Panax ginseng root extract

180 ml

Zaitun Oil & Ginseng Extract

Botol

NA18151002619

Tidak ada

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Lion WingsZINC Hijab Active - Mawar Damask & Zaitun340 ml

ZINC Hijab Active - Mawar Damask & Zaitun 1
Sumber: zinc.co.id
ZINC Hijab Active - Mawar Damask & Zaitun 2
Sumber: shopee.co.id
ZINC Hijab Active - Mawar Damask & Zaitun 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp24.700
Agak Murah
Harga referensi
Rp24.700
Agak Murah

Atasi rambut rontok dan ketombe, berhijab seharian pun tak jadi masalah

Jika Anda mencari sampo hijab untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe, produk ini bisa menjadi pilihan. ZINC Hijab Active mengandung formula Complex Zinc-PTO yang diklaim mampu melawan ketombe hingga tuntas.


Kandungan mawar damask dan zaitun di dalamnya terbukti dapat mengurangi rambut rontok dan patah. Sementara itu, teknologi Deo Active Scalp mampu melawan kuman sehingga rambut tidak bau meski mengenakan hijab seharian. Produk ini cocok digunakan oleh wanita berhijab dengan gaya hidup yang aktif.

Jenis rambutSemua jenis rambut
Masalah rambutBerketombe, rontok
Tipe shampooAnti-hairfall
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide DEA
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeZinc pyrithione, piroctone olamine
Kandungan pelembapPropylene glycol, Olea europaea fruit oil, panthenol, glycine, niacinamide, tocopheryl acetate
Kandungan antibakteri Zinc pyrithione, Rosa damascena flower oil
Kandungan anti-inflamasi Menthol, bisabolol
Kandungan asam aminoTidak diketahui
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanSophora angustifolia root extract, Rosa damascena flower oil, Olea europaea fruit oil
Kandungan fragrance
Kandungan polymer(Polyquaternium-10, acrylates/steareth-20 methacrylate copolymer)
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran170 ml, 340 ml
VarianMawar Damask & Zaitun
KemasanBotol
BPOMNA18211000514
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

UnileverSunsilk Hijab Anti Ketombe Menthol Dingin Shampo

Harga referensi
Rp26.600
Agak Murah

Nikmati sensasi segar dan rambut bebas ketombe hingga 2 hari!

Sunsilk Hijab Shampoo Anti Ketombe dengan efek menthol memberikan sensasi dingin menyegarkan, menangkal ketombe, dan menjaga rambut bersih. Formula uniknya memberi keharuman yang tahan lama hingga 2 hari, menjadikannya sempurna untuk gaya hidup yang sibuk. Produk ini cocok para pengguna hijab dengan masalah ketombe yang mencari kesegaran sepanjang hari.


Dengan kelembutan dan perlindungan yang disediakan, sampo ini membantu menjaga kulit kepala tetap sehat dan rambut tetap bersinar. Pilihan terbaik untuk merawat rambut sekaligus memberikan sensasi segar yang tahan lama.

Jenis rambutBerminyak
Masalah rambutBerketombe, kulit kepala gatal
Tipe shampooAnti-dandruff
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeAcetic acid
Kandungan pelembapUrea, glycerin, glycerin, fig fruit extract
Kandungan antibakteri Tidak diketahui
Kandungan anti-inflamasi Menthol
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanFig fruit extract, grapefruit fruit extract
Kandungan fragrance
Kandungan polymer(Polyurethane crosspolymer-2, acrylamidopropyltrimonium chloride/acrylamide copolymer)
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran10 ml, 70 ml, 160 ml, 300 ml
VarianAnti Ketombe & Menthol Dingin
KemasanBotol, sachet
BPOMNA18211001268
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all
No.3

Lion WingsEmeron Hijab Shampoo Clean & Fresh170 ml

Harga referensi
Rp19.100
Lebih Murah

Rambut kuat, bebas lepek, dan bau apak dengan teknologi Jepang yang inovatif

Rambut yang tertutup hijab biasanya mengalami masalah ketombe hingga gatal akibat kulit kepala yang berkeringat. Masalah tersebut tentu mengganggu kenyamanan, apalagi jika sampai menimbulkan bau apak. Nah, produk ini siap mengatasi masalah rambut pada wanita berhijab dengan kandungan tea tree oil dan formula Active Provit Amino.


Sementara itu, mal odor control perfume (MAC) di dalamnya akan menghindarkan rambut Anda dari bau apak. Dengan teknologi Jepang, sampo khusus pemakai hijab dari Emeron ini dibekali formula yang dapat mengeringkan rambut secara cepat. Walau masih lembap, rambut tidak akan menimbulkan bau tak sedap setelah memakai hijab seharian.

Jenis rambutBerminyak
Masalah rambutBerminyak, kulit kepala gatal, rontok
Tipe shampooTreatment
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide DEA,
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTea tree leaf oil
Bahan antiketombeTidak diketahui
Kandungan pelembapArgan oil, propylene glycol, sodium lactate, panthenol, arginine, aspartic acid, glycine, alanine, serine, valine, threonine, isoleucine, histidine, phenylalanine, niacinamide, tocopheryl acetate
Kandungan antibakteri Tea tree leaf oil
Kandungan anti-inflamasi Tea tree leaf oil, menthol, panthenol
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanArgan oil, tea tree leaf oil
Kandungan fragrance
Kandungan polymer(Polyquaternium-74)
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran170 ml, 340 ml
VarianClean & Fresh
KemasanBotol
BPOMNA18171003279
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all
No.4

Unilever TRESemmé Scalp Care Shampoo Anti Ketombe

Harga referensi
Rp37.100
Menengah

Cegah ketombe datang ke rambut Anda dengan formula cerdas pada sampo ini!

Sampo TRESemmé ini adalah produk yang mampu mengatasi permasalahan utama pada rambut wanita berhijab. Kombinasi tea tree oil, vitamin E, dan zinc di dalamnya dapat merawat kulit kepala secara menyeluruh. Kandungan tersebut juga mencegah ketombe muncul pada rambut sehingga Anda akan terhindar dari rasa gatal.

Selain itu, sampo ini mampu menutrisi rambut hingga ke akar supaya lebih kuat dan mengurangi kerontokan. Aroma fresh yang lembut dari produk ini akan membuat Anda lebih percaya diri dalam beraktivitas.

Jenis rambutBerminyak
Masalah rambutBerketombe, kulit kepala gatal, rontok
Tipe shampooScalp
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, sodium polynaphthalenesulfonate
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTea tree leaf oil
Bahan antiketombeZinc pyrithione, tea tree leaf oil
Kandungan pelembapCaprylyl glycol
Kandungan antibakteri Zinc pyrithione, sodium salicylate, tea tree leaf oil
Kandungan anti-inflamasi Tidak diketahui
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanTea tree leaf oil
Kandungan fragrance
Kandungan polymer(Poloxamer 407)
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran170 ml, 340 ml, 670 ml
VarianScalp Care
KemasanBotol
BPOMNA18211000508
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all
No.5

RohtoSelsun 7 Herbals

Harga referensi
Rp30.000
Menengah

Beragam khasiat hadir dalam satu botol sampo ini

Kandungan berbagai bahan herbal di dalam sampo ini sangat baik untuk kulit kepala dan rambut Anda. Anda bisa mendapatkan hasil rambut yang lebih kuat, bebas ketombe, lembut, bahkan lebih hitam. Sampo ini juga bisa dipakai setiap hari untuk menjaga kesehatan rambut. Tentunya produk ini pas dijadikan pilihan bila Anda ingin merasakan berbagai khasiat sekaligus hanya dengan satu produk saja.

Jenis rambutSemua jenis rambut
Masalah rambutBerketombe, kulit kepala gatal, rontok
Tipe shampooAnti-dandruff, scalp
Kandungan pembersihAmmonium lauryl sulfate, ammonium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide DEA, sodium polynaphthalenesulfonate
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeZinc pyrithione, selenium sulfide
Kandungan pelembapPropylene glycol, hydrogenated starch hydrolysate, butylene glycol, soybean germ extract, sweet almond oil, glycerin
Kandungan antibakteri Zinc pyrithione
Kandungan anti-inflamasi Tidak diketahui
Kandungan asam aminoTidak diketahui
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanSoybean germ extract, whea germ extract, Eclipta prostrata extract, Aleurites moluccana seed extract, Panax ginseng root extract, sweet almond oil, Sophora angustifolia root extract
Kandungan fragrance
Kandungan polymer(Acrylates copolymer, polyquaternium-10)
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran60 ml, 120 ml, 200 ml
Varian7 Herbal
KemasanBotol
BPOMIDM000094672
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all
No.6

Yves RocherFortifying Anti-Hair Loss Shampoo

Harga referensi
Rp99.000
Lebih Mahal

Atasi rambut rontok dalam 28 hari dengan shampoo vegan asal Prancis

Sampo berbahan tumbuhan atau vegan ini dapat menjadi alternatif untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan bahan alaminya yang diklaim bebas sulfat mampu mengatasi kerontokan serta menstimulasi akar rambut dan kulit kepala. Pertumbuhan rambut pun akan lebih baik dan bervolume.

 
Bahkan, setelah melalui uji klinis, 93% penggunanya merasa puas dengan shampoo ini. Efeknya pada rambut yang rontok juga bisa Anda lihat hanya dalam 28 hari pemakaian! Produk ini layak dicoba jika Anda tertarik memakai produk vegan untuk rambut rontok.

Jenis rambutSemua jenis rambut
Masalah rambutRontok
Tipe shampooAnti-hairfall
Kandungan pembersihSodium methyl cocoyl taurate, sodium cocoyl isethionate, cocamidopropyl betaine, lauryl glucoside, coco-glucoside
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeTidak diketahui
Kandungan pelembapFructooligosaccharides, caprylyl glycol, tocopherol
Kandungan antibakteri Inulin
Kandungan anti-inflamasi Tidak diketahui
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanWhte lupin, organic agave
Kandungan fragrance
Kandungan polymer
Paraben
Hypoallergenic Tidak diketahui
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran50 ml, 300 ml
VarianTidak ada
KemasanBotol
BPOMTidak diketahui
Organik
Sertifikasi organikTidak diketahui
View all
No.7

WingsSerasoft Serum Shampoo Micellar Hijab 3 in 1

Harga referensi
Rp26.400
Agak Murah

Bekerja lima kali lebih cepat dalam menyehatkan rambut

Serasoft Serum Shampoo Micellar Hijab 3 in 1 merupakan solusi cepat untuk menyehatkan rambut Anda yang berhijab. Diformulasikan dengan teknologi micellar, produk ini membersihkan sekaligus menjaga kelembapan alami rambut.


Kandungan DGA Serum pada produk ini bekerja lima kali lebih cepat untuk membuat rambut sehat, lembut, dan berkilau. Jadi, jika Anda termasuk wanita berhijab yang ingin menyehatkan rambut secara instan, jangan ragu untuk memilih shampoo ini.

Jenis rambutSemua jenis rambut
Masalah rambutBerketombe, lepek
Tipe shampooAnti-dandruff
Kandungan pembersihAmmonium laureth sulfate, ammonium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide MEA
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeClimbazole
Kandungan pelembapCaprylyl glycol, butylene glycol
Kandungan antibakteri Tidak diketahui
Kandungan anti-inflamasi Diglucosyl gallic acid
Kandungan asam aminoTidak diketahui
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanYuzu fruit extract
Kandungan fragrance
Kandungan polymer(Polyquaternium-10)
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran170 ml, 340 ml
VarianHijab 3 in 1
KemasanBotol
BPOMNA18211001550
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all
No.8

Unilever CLEAR Hijab Anti Ketombe dan Rontok Hijab Pure

Harga referensi
Rp39.050
Agak Mahal

Menawarkan tiga kandungan alami untuk mengatasi masalah rambut

Selain rambut lepek, masalah lain yang sering menimpa para hijaber adalah rambut rontok. Jika Anda berhijab dan sering mengalami kerontokan, sampo ini bisa menjadi lifesaverBerkat kombinasi habbatussauda dan rose extract di dalamnya, rambut rontok pun dapat diatasi. Khasiat tersebut juga didukung oleh tea tree oil yang turut dapat merangsang pertumbuhan rambut. Pakai hijab jadi makin yakin tanpa cemas rambut menipis!

Jenis rambutSemua jenis rambut
Masalah rambutBerketombe, rontok
Tipe shampooAnti-dandruff, anti-hairfall
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide MEA
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTea tree leaf oil
Bahan antiketombePiroctone olamine, sodium salicylate, climbazole
Kandungan pelembapPropylene glycol, sunflower seed oil, Salvia hispanica seed oil, glycerin
Kandungan antibakteri Piroctone olamine, tea tree leaf oil
Kandungan anti-inflamasi Nigella sativa seed oil
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanSunflower seed oil, Salvia hispanica seed oil, tea tree leaf oil, Nigella sativa seed oil, Rosa damascena flower extract
Kandungan fragrance
Kandungan polymer(Poloxamer 407)
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran160 ml, 300 ml
VarianAnti Ketombe + Perawatan Rambut Rontok
KemasanBotol
BPOMTidak diketahui
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all
No.9

Procter & GambleRejoice 3-in-1 Anti Ketombe

Harga referensi
Rp28.500
Agak Mahal

Dapat melindungi rambut dari debu dan polusi

Sampo Rejoice ini adalah solusi lengkap untuk perawatan rambut, menghilangkan ketombe sambil memberikan perlindungan dari debu dan polusi. Formula uniknya tidak hanya membersihkan kulit kepala, tetapi juga memperkuat dan melindungi setiap helai rambut dari kerusakan lingkungan.


Cocok untuk pengguna hijab yang aktif di luar ruangan, produk ini memberikan keamanan yang dibutuhkan rambut dan kulit kepala. Dengan penggunaan teratur, rambut bersih, sehat, dan terlindungi dari faktor-faktor eksternal yang merugikan.

Jenis rambutSemua jenis rambut
Masalah rambutBerketombe, kulit kepala gatal, kusut
Tipe shampooAnti-dandruff
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide MEA
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeZinc pyrithione
Kandungan pelembapDimethicone
Kandungan antibakteri Zinc pyrithione
Kandungan anti-inflamasi Mentol
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanTidak ada
Kandungan fragrance
Kandungan polymer
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran150 ml, 340 ml
VarianAnti Ketombe 3-in-1
KemasanBotol
BPOMNA18201001115
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all
No.10

Gondowangi Tradisional KosmetikaAzalea Hijab Shampoo - Anti Hair Fall180 ml

Harga referensi
Rp33.000
Menengah

Ciptakan sensasi dingin di kepala untuk berikan kenyamanan ekstra saat berhijab

Memakai hijab seharian sering kali membuat badan terasa panas dan gerah. Namun, sampo dari Azalea ini bisa mengatasi rasa gerah Anda berkat ekstrak mentol yang memberikan cooling sensation setelah berkeramas. Kulit kepala pun jadi tidak mudah berkeringat berkat kesejukan yang dihasilkan sampo ini.


Selain itu, produk ini juga mengandung minyak zaitun dan ekstrak ginseng untuk menguatkan akar rambut dan mencegah rambut lepek. Ingin rambut tetap segar meski pakai hijab? Sampo Azalea ini bisa menjadi pilihan.

Jenis rambutSemua jenis rambut
Masalah rambutRontok, lepek
Tipe shampooAnti-hairfall
Kandungan pembersihSodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, cocamide DEA, lauryl glucoside
pHTidak diketahui
Kandungan oil controlTidak diketahui
Bahan antiketombeClimbazole
Kandungan pelembapMorus alba extract, Thuja orientalis extract, propylene glycol, glycerin, Panax ginseng root extract, panthenol, glutamic acid
Kandungan antibakteri Thuja orientalis extract
Kandungan anti-inflamasi Allantoin, panthenol
Kandungan asam amino
Kandungan alkohol
Kandungan silikon
Kandungan betaine
Kandungan dimethicone
Kandungan ekstrak tumbuhanVitex trifolia fruit extract, Moringa oleifera leaf extract, Swertia japonica extract, Morus alba extract, Eclipta prostrata extract, Thuja orientalis extract, Angelica dahurica extract, Crataegus oxyacantha extract, Panax ginseng root extract
Kandungan fragrance
Kandungan polymer
Paraben
Hypoallergenic
Bisa digunakan sebagai conditioner
Tanpa bilas
Pilihan ukuran180 ml
VarianZaitun Oil & Ginseng Extract
KemasanBotol
BPOMNA18151002619
Organik
Sertifikasi organikTidak ada
View all

5 Rekomendasi Shampoo Hijab terbaik

No. 1: Lion WingsZINC Hijab Active - Mawar Damask & Zaitun340 ml

No. 2: UnileverSunsilk Hijab Anti Ketombe Menthol Dingin Shampo

No. 3: Lion WingsEmeron Hijab Shampoo Clean & Fresh170 ml

No. 4: Unilever TRESemmé Scalp Care Shampoo Anti Ketombe

No. 5: RohtoSelsun 7 Herbals

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan rambut
  4. 10 Rekomendasi Shampoo Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.