• 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Senter merupakan alat penerangan yang dapat digunakan saat malam hari dan keadaan darurat. Salah satu jenis senter yang cukup populer adalah senter LED. Harga senter ini beragam, tergantung pada merek dan fitur yang ditawarkan. 


Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih lampu senter LED terbaik untuk Anda. Kami juga akan membagikan rekomendasi senter LED yang bagus dan awet, seperti AOKI, Olight, dan Naturehike. Anda bisa menemukan senter LED super terang di dalam rekomendasi kami. Bacalah artikel ini hingga tuntas dan temukan merk senter LED terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Hannif Andy
Elisabeth Murni
Redha Ibadah Mimpi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keunggulan senter LED

Keunggulan senter LED

Senter LED atau light emitting diode merupakan jenis senter yang populer dan mudah dijumpai di pasaran. Adapun karakteristik dari lampu LED adalah tidak cepat panas. Selain itu, lampu LED memiliki tingkat efisiensi listrik yang lebih baik dibanding jenis lampu lainnya. Hal inilah yang membuat senter LED memiliki masa pakai yang lebih lama


Senter LED juga dapat menghasilkan cahaya dengan tingkat warna berbeda-beda, seperti daylight, cool white, dan warm white. Sedangkan untuk senter biasa, warna yang dipancarkan akan terlihat agak kekuningan. 


Mungkin Anda juga bertanya-tanya, berapa harga senter LED biasa dan senter LED kepala? Bagi Anda yang baru pertama kali membeli senter LED mungkin masih kesulitan untuk menentukan merek senter apa yang bagus. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan cara memilih senter LED berikut ini.

Tabel perbandingan produk senter LED terbaik

Gambar produk
1
NITECORE TM10K 1

NITECORE

2
NEBO TAC SLYDE™ Flashlight & C.O.B Lantern 12x Adjustable Zoom 1

NEBO

3
JETBeam Headlamp 1

JETBeam

4
NITECORE 100M Submersible Diving Light 1

NITECORE

5
Olight EOS Desert Tan 6

Olight

6
TaffLED Senter LED USB Rechargeable 25W 1000 Lumens - Black 1

TaffLED

7
Naturehike Outdoor LED Koplamp Portable Headlamp 1

Naturehike

8
Krisbow Lentera Led 250 Lm 4Xaa 1

Krisbow

9
AOKI Senter LED Jumbo 20W 1

AOKI

10
Powerlite Senter LED Rechargeable dengan Lentera 7W - Oranye 1

Powerlite

Nama produk

TM10K

TAC SLYDE™ Flashlight & C.O.B Lantern 12x Adjustable Zoom

Headlamp

100M Submersible Diving Light

EOS Desert Tan

Senter LED USB Rechargeable 25W 1000 Lumens - Black

Outdoor LED Koplamp Portable Headlamp

Lentera Led 250 Lm 4Xaa

Senter LED Jumbo 20W

Senter LED Rechargeable dengan Lentera 7W - Oranye

Keunggulan

Cahayanya super terang, jangkauannya hingga 288 m

Senter jarak jauh dengan dukungan mode S.O.S

Posisi lampunya dapat diputar hingga 160 derajat

Pilihan pas untuk dibawa menyelam

Ukurannya compact, bisa dijadikan gantungan kunci

Ekonomis dan berlapis aluminium

Pengisian dan perawatan baterainya praktis

Lampu camping yang ringkas dan dapat digantung

Bodi dan baterainya jumbo, lampunya pun terang

Andalan untuk penerangan indoor dan outdoor

Harga mulai dariRp 2.678.000,00Rp 349.000,00Rp 492.000,00Rp 870.000,00Rp 478.000,00Rp 84.500,00Rp 250.000,00Rp 300.300,00Rp 99.500,00Rp 289.900,00
JenisSpotlightSpotlight dan lenteraHeadlampSpotlightSpotlightSpotlightHeadlampLenteraSpotlightSpotlight dan lentera
Kecerahan10.000 lumen300 lumen950 lumen1.000 lumen180 lumen1.000 lumen140 lumen250 lumenTidak disebutkanTidak disebutkan
BateraiLi-ion3 x AAA1 x 18650 Li-ion/2 x CR123A/2x 20700 18650 rechargeable Li-ion battery 1 x AAA1 x baterai isi ulang 266501.200 mAh lithium battery4 x AALithium 3.600 mAhTidak disebutkan
RechargeableYaTidakYa (USB type C fast charging) YaTidakYaYa TidakYaYa
AntiairYa (IP68 - 2 meters submersible)Ya (IPX4)Ya (IPX7, 1 m under water)Ya (IPX8, 100 m waterproof and submersible)Ya (IPX8)Tidak disebutkanYa (IPX4)Tidak disebutkanTidak disebutkanYa
Tautan produk

Cara memilih senter LED

Saat Anda ingin membeli senter LED, carilah produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, jadikan tips memilih senter LED di bawah ini sebagai referensi Anda.

Sesuaikan dengan jenis dan penggunaannya

Saat mengecek toko online yang menjual senter LED, Anda akan menemukan senter LED dengan berbagai model dan ukuran. Supaya Anda tidak salah memilih senter LED, simak poin-poin berikut ini dengan saksama, ya!

Spotlight, cahayanya menyorot ke satu arah

Spotlight, cahayanya menyorot ke satu arah

Senter LED spotlight merupakan jenis produk senter LED yang paling sering dijumpai di pasaran. Produk senter LED ini memiliki bentuk yang panjang sehingga mudah digenggam. Beberapa produk senter LED spotlight juga dilengkapi pegangan di bagian bodinya.


Saat dinyalakan, senter LED spotlight akan mengeluarkan cahaya yang menyorot ke arah depan. Jenis senter LED ini biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti mencari barang yang hilang atau kegiatan ronda malam.

Lentera, untuk kondisi darurat dan aktivitas outdoor

Lentera, untuk kondisi darurat dan aktivitas outdoor

Jika Anda membutuhkan penerangan pada area yang luas, gunakanlah lampu senter LED berbentuk lentera. Berbeda dengan senter LED spotlight yang menyorot pada satu titik saja, senter LED lentera memiliki cakupan cahaya yang luas


Bahkan, beberapa produk senter LED dengan pencahayaan yang sangat terang mampu menerangi hingga 360 derajat. Selain itu, desainnya yang berbentuk lentera membuat produk ini cocok Anda gantungkan di tengah ruangan.

Headlamp, untuk penggunaan lapangan

Headlamp, untuk penggunaan lapangan

Headlamp atau senter kepala merupakan jenis senter yang dipasang pada bagian kepala. Saat mengenakan headlamp, kedua tangan Anda bisa lebih leluasa untuk bergerak. Senter LED jenis headlamp sering kali digunakan untuk kegiatan lapangan, seperti menyusuri gua, memancing, dan trekking.


Cahaya yang dipancarkan melalui senter ini akan mengikuti arah pandangan penggunanya. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih headlamp dengan strap yang kuat dan cukup tebal agar tidak mudah bergeser dari kepala.

Cek tingkat kecerahan lampunya

Cek tingkat kecerahan lampunya

Lumen (lm) merupakan satuan ukuran kekuatan cahaya yang dipancarkan lampu senter. Senter LED yang paling terang tentu saja memiliki kekuatan cahaya yang lebih besar. Untuk mengetahui berapa kekuatan cahaya dari senter LED, Anda dapat mengeceknya melalui keterangan yang tertera dalam spesifikasi produk. 


Untuk memudahkan Anda saat memilih senter LED, gunakan penjelasan berikut ini sebagai panduan:


  • Senter LED berkekuatan 20–200 lumen: ideal untuk penggunaan harian di rumah, seperti penerangan saat mati listrik atau mencari barang di ruangan.

  • Senter LED berkekuatan 200–500 lumen: cocok untuk kegiatan outdoor, seperti ronda malam, trekking, hiking, dan camping.

  • Senter LED berkekuatan >500 lumen: ideal untuk kebutuhan SAR (search and rescue) di hutan, gunung, pantai, dan tempat yang jauh dari sumber cahaya.

Perlu Anda ketahui juga, tidak semua produk mencantumkan kekuatan kecerahan menggunakan satuan lumen. Ada juga produk senter LED yang menggunakan satuan watt (W) untuk menjelaskan berapa kekuatan cahayanya. Makin besar angkanya, makin terang cahaya yang dapat dipancarkan.


Lantas, bagaimana cara membuat senter LED menjadi lebih terang? Umumnya, beberapa produk senter LED memiliki pengaturan level atau mode cahaya. Anda pun dapat menurunkan atau menambah level cahaya sesuai dengan kondisi lingkungan. Sebagai contoh, senter LED Olight yang memiliki dua level pencahayaan, yaitu level 1 (180 lumen) dan level 2 (5 lumen).

Perhatikan jenis dan kapasitas baterainya

Perhatikan jenis dan kapasitas baterainya

Setiap senter LED ditenagai menggunakan jenis baterai yang berbeda-beda. Jika Anda ingin menggunakan baterai yang awet, pilihlah senter LED rechargeable.


Terdapat cukup banyak jenis dan ukuran baterai rechargeable, seperti AA, AAA, dan baterai 18650 dengan beragam harga. Beberapa produsen senter LED juga menawarkan baterai tanam rechargeable seperti Lithium.


Nah, jika Anda tidak ingin repot melepas baterai untuk mengisi ulang daya, pilihlah senter LED dengan baterai tanam. Sayangnya, saat baterai rusak, Anda akan kesulitan untuk menggantinya. Begitu pula saat Anda menggunakan senter LED di lokasi yang tidak tersedia sumber listrik. Untuk itu, jenis senter LED ini hanya ideal untuk digunakan dalam waktu sebentar per penggunaan.


Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kapasitas baterainya. Makin besar nilainya, makin lama pula durasi pemakaiannya. Namun, untuk pemakaian normal, memilih senter LED dengan kapasitas baterai 1.000 mAh sudah sangat cukup.

Pilih senter antiair untuk dibawa saat musim hujan

Pilih senter antiair untuk dibawa saat musim hujan

Selanjutnya, pertimbangkan juga ketersediaan fitur antiair pada senter LED yang Anda pilih. Adanya fitur antiair ini tentunya memungkinkan Anda untuk membawa senter LED ke pantai, gua, atau saat turun hujan. 


Umumnya, fitur antiair pada senter LED akan ditandai dengan kode IPX, seperti IPX0, IPX1, hingga IPX8. Namun, ada juga senter LED yang hanya memiliki keterangan waterproof. Makin tinggi angka yang menyertai kode IPX, makin baik pula tingkat ketahanannya. 


Jika Anda berprofesi sebagai tim SAR atau kegiatan pencarian dan penyelamatan, pilihlah produk dengan tingkat ketahanan minimal IPX4. Hal ini karena biasanya kegiatan SAR tidak mengenal waktu dan medan. Bahkan, terdapat beberapa produk senter LED yang didesain untuk kegiatan penyelaman.


Untuk memudahkan Anda dalam membedakan kode standar antiair pada senter LED, gunakan panduan berikut ini: 


  • IPX0 hingga IPX4: dapat terlindungi dari tetesan hingga cipratan air

  • IPX5 hingga IPX6: dapat terlindungi dari semprotan air.

  • IPX7: dapat terendam di dalam air.

  • IPX8: sanggup terendam air dalam waktu lama.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

ShuangXiongLentera Camping Tenaga Solar SX-5800T

Mulai dari Rp 44.000,00

10 Rekomendasi senter LED terbaik

Sekarang, saatnya kami memberikan rekomendasi produk senter LED terbaik dari segala merek yang dapat dibeli secara online. Pilih produk yang Anda sukai, ya!

10

PowerliteSenter LED Rechargeable dengan Lentera 7W - Oranye

Mulai dari Rp 289.900,00

JenisSpotlight dan lentera
KecerahanTidak disebutkan
BateraiTidak disebutkan
RechargeableYa
AntiairYa
9

AOKISenter LED Jumbo 20W

AK-6686L

Mulai dari Rp 99.500,00

JenisSpotlight
KecerahanTidak disebutkan
BateraiLithium 3.600 mAh
RechargeableYa
AntiairTidak disebutkan
8

KrisbowLentera Led 250 Lm 4Xaa

Mulai dari Rp 300.300,00

JenisLentera
Kecerahan250 lumen
Baterai4 x AA
RechargeableTidak
AntiairTidak disebutkan
7

NaturehikeOutdoor LED Koplamp Portable Headlamp

NH17G025-D

Mulai dari Rp 250.000,00

JenisHeadlamp
Kecerahan140 lumen
Baterai1.200 mAh lithium battery
RechargeableYa
AntiairYa (IPX4)
6

TaffLEDSenter LED USB Rechargeable 25W 1000 Lumens - Black

L2 XHP50

Mulai dari Rp 84.500,00

JenisSpotlight
Kecerahan1.000 lumen
Baterai1 x baterai isi ulang 26650
RechargeableYa
AntiairTidak disebutkan
5
JenisSpotlight
Kecerahan180 lumen
Baterai1 x AAA
RechargeableTidak
AntiairYa (IPX8)
4

NITECORE100M Submersible Diving Light

DL20

Mulai dari Rp 870.000,00

JenisSpotlight
Kecerahan1.000 lumen
Baterai18650 rechargeable Li-ion battery
RechargeableYa
AntiairYa (IPX8, 100 m waterproof and submersible)
3
JenisHeadlamp
Kecerahan950 lumen
Baterai1 x 18650 Li-ion/2 x CR123A/2x 20700
RechargeableYa (USB type C fast charging)
AntiairYa (IPX7, 1 m under water)
2

NEBOTAC SLYDE™ Flashlight & C.O.B Lantern 12x Adjustable Zoom

Mulai dari Rp 349.000,00

JenisSpotlight dan lentera
Kecerahan300 lumen
Baterai3 x AAA
RechargeableTidak
AntiairYa (IPX4)
1
JenisSpotlight
Kecerahan10.000 lumen
BateraiLi-ion
RechargeableYa
AntiairYa (IP68 - 2 meters submersible)

Baca juga rekomendasi senter dan perlengkapan penerangan lainnya di sini

Apakah Anda sudah menemukan senter LED yang diinginkan? Jika Anda belum menemukan produk yang cocok, kami telah menyiapkan artikel produk penerangan lain yang dapat dijadikan referensi. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Kondisi darurat dapat terjadi kapan saja. Untuk itu, Anda harus menyiapkan segala perlengkapan darurat, termasuk juga senter LED. Selain dapat difungsikan sebagai alat penerangan, senter LED juga dapat digunakan untuk memberi sinyal darurat. 


Kami telah mengulas sepuluh senter LED yang bagus untuk Anda. Harga senter LED biasa dan superterang pun beragam tergantung merek dan fiturnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan produk yang tepat. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencahayaan sebuah ruangan merupakan sesuatu yang vital karena pencahayaan yang baik dapat membuat penghuni ruangan menjadi nyaman. Ada berbagai model lampu yang bisa digunakan untuk mengatur pencahayaan suatu ruangan, salah satunya lampu plafon.Di pasaran, ada berbagai tipe dan merek lampu plafon yang bagus. Jika Anda bingung memilihnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi lampu plafon terbaik dari Philips, BARDI, dan sebagainya. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips memilih lampu plafon untuk Anda. Simak hingga akhir, ya!
    Lampu
  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Sakelar adalah alat yang digunakan untuk mengatur hidup dan matinya lampu. Meski fungsinya sederhana, jenis sakelar lampu rumah sangatlah banyak. Anda bisa menemukan beragam sakelar lampu rumah, mulai dari yang minimalis hingga yang mewah sekalipun. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi merek sakelar lampu rumah terbaik untuk Anda. Produk sakelar lampu rumah dari merek Broco, Panasonic, atau BARDI mungkin akan Anda sukai. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Jadi, simak tips dari kami dahulu agar Anda bisa lebih mudah menemukan produk yang bagus!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Untuk itu, penggunaan lampu bohlam LED berukuran kecil bisa menjadi solusi. Selain hemat energi, lampu LED ukuran kecil juga dapat menekan tagihan listrik. Namun, karena di pasaran terlalu banyak jenisnya, Anda mungkin kebingungan dalam memilih.Jadi, kali ini kami akan membahas tentang lampu bohlam LED ukuran kecil dan menjelaskan cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan lampu bohlam LED yang bagus dari berbagai merek. Ada Philips, Chiyoda, hingga IKEA. Silakan baca artikelnya dan temukan merek lampu bohlam LED ukuran kecil terbaik.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Smart Lamp Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart Lamp Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Smart lamp atau lampu pintar merupakan peralatan rumah tangga berbasis IoT (internet of things) yang membuat ruangan Anda makin berwarna. Produk ini dilengkapi teknologi wireless sehingga dapat dikontrol menggunakan smartphone, seperti iPhone dan Android. Melalui ponsel, Anda bisa mengatur waktu pemakaian dan tingkat kecerahannya.Agar tak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli lampu pintar. Selain itu, kami juga telah merangkum rekomendasi merek smart lamp yang bagus, seperti Xiaomi, Philips, dan Bardi. Baca terus sampai akhir, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu senter adalah alat yang diperlukan ketika melakukan aktivitas atau pekerjaan di tempat gelap. Lampu senter sangat berguna sebagai persiapan menghadapi kondisi darurat, bahkan bencana. Karena itu, alat penerang ini wajib tersedia di setiap rumah.Di pasaran, Anda akan menemui lampu senter LED atau pijar dalam ukuran dan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda. Anda mungkin akan bingung saat memilihnya. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih lampu senter yang bagus. Produk senter terbaik dari merek Krisbow, Olight, dan Luby ada dalam rekomendasi kami. Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Lampu
  • 10 Lampu Gantung Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Gantung Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu gantung atau pendant lamp biasanya bisa ditemukan di berbagai rumah. Selain sebagai sumber cahaya, lampu gantung yang bagus dapat memberi daya tarik tersendiri bagi ruangan. Lampu gantung memiliki banyak jenis, misalnya lampu gantung minimalis, kontemporer, ataupun lampu gantung antik. Guna memudahkan Anda, kami akan berbagi cara memilih lampu gantung yang bagus. Berbagai informasi tambahan dari arsitek Adil Mochtar, ST, MT juga bisa Anda baca, lho! Kami juga akan merekomendasikan merek lampu gantung terbaik, seperti Eelic dan 3+Projects. Penasaran? Baca terus artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lampu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori