• 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Senter merupakan alat penerangan yang dapat digunakan saat malam hari dan keadaan darurat. Salah satu jenis senter yang cukup populer adalah senter LED. Harga senter ini beragam, tergantung pada merek dan fitur yang ditawarkan.

Kali ini kami akan memberikan tips memilih lampu senter LED terbaik untuk Anda. Kami juga akan membagikan rekomendasi senter LED yang bagus dan awet, seperti merek Fenix, Naturehike, dan Eiger. Anda bisa menemukan senter LED superterang di produk rekomendasi kami. Yuk, baca artikel ini hingga tuntas dan temukan senter LED terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 November 2022
Daftar isi

Keunggulan senter LED

Keunggulan senter LED

Senter LED atau light emitting diode merupakan jenis senter yang populer dan mudah dijumpai di pasaran. Berikut ini adalah beberapa karakteristiknya:

  • Tidak cepat panas
  • Memiliki tingkat efisiensi listrik yang lebih baik dibandingkan jenis lampu lainnya sehingga masa pakainya lebih lama
  • Dapat menghasilkan cahaya dengan tingkat warna berbeda-beda, seperti daylight, cool white, dan warm white. Sementara untuk senter biasa, warna yang dipancarkan akan terlihat agak kekuningan

Mungkin Anda bertanya-tanya tentang harga senter LED biasa dan senter LED kepala. Anda yang baru pertama kali membeli senter LED mungkin juga masih kesulitan untuk menentukan merek senter apa yang bagus? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan cara memilih senter LED berikut ini.

Cara memilih senter LED

Saat Anda ingin membeli senter LED, carilah produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menjadikan tips memilih senter LED di bawah ini sebagai referensi.

Sesuaikan dengan jenis dan penggunaannya

Saat mengecek toko online yang menjual senter LED, Anda akan menemukan senter LED dengan berbagai model dan ukuran. Supaya Anda tidak salah memilih senter LED, simak poin-poin berikut ini dengan saksama, ya!

Spotlight, cocok untuk penggunaan umum sehari-hari

Spotlight, cocok untuk penggunaan umum sehari-hari

Senter LED spotlight merupakan jenis produk senter LED yang paling sering dijumpai di pasaran. Produk senter LED ini memiliki bentuk yang panjang sehingga mudah digenggam. Beberapa produk senter LED spotlight juga dilengkapi pegangan di bagian bodinya.


Saat dinyalakan, senter LED spotlight akan mengeluarkan cahaya yang menyorot ke arah depan. Jenis senter LED ini biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti mencari barang yang hilang atau kegiatan ronda malam. Ada juga produk yang dirancang untuk penggunaan profesional atau taktis.

Lentera, tepat untuk kondisi darurat dan aktivitas outdoor

Lentera, tepat untuk kondisi darurat dan aktivitas outdoor

Jika Anda membutuhkan penerangan pada area yang luas, gunakanlah lampu senter LED berbentuk lentera. Berbeda dengan senter LED spotlight yang menyorot pada satu titik saja, senter LED lentera memiliki cakupan cahaya yang luas


Bahkan, beberapa produk senter LED dengan pencahayaan yang sangat terang mampu menerangi hingga 360 derajat. Selain itu, desainnya yang berbentuk lentera membuat produk ini cocok Anda gantungkan di tengah ruangan.

Headlamp, solusi untuk penggunaan lapangan

Headlamp, solusi untuk penggunaan lapangan

Headlamp atau senter kepala merupakan jenis senter yang dipasang di kepala. Saat mengenakan headlamp, kedua tangan Anda bisa lebih leluasa untuk bergerak. Senter LED jenis headlamp sering kali digunakan untuk kegiatan lapangan, seperti menyusuri gua, memancing, hiking, dan trekking.


Cahaya yang dipancarkan melalui senter ini akan mengikuti arah pandangan penggunanya. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih headlamp dengan strap yang kuat dan cukup tebal agar tidak mudah bergeser dari kepala. Prioritaskan juga yang bobotnya ringan agar kepala Anda lebih nyaman dan tidak terasa terbebani. 

Cek tingkat kecerahan lampunya

Cek tingkat kecerahan lampunya

Lumen (lm) merupakan satuan ukuran kekuatan cahaya yang dipancarkan lampu senter. Senter LED yang paling terang tentu saja memiliki kekuatan cahaya yang lebih besar. Untuk mengetahui tingkat kekuatan atau kecerahan cahaya senter LED, Anda dapat mengeceknya melalui keterangan yang tertera di spesifikasi produk. 


Untuk memudahkan Anda saat memilih senter LED, gunakan penjelasan berikut ini sebagai panduan:


  • Senter LED berkekuatan 20–200 lumen. Tipe senter ini ideal untuk penggunaan harian di rumah, seperti penerangan saat mati listrik atau mencari barang di ruangan.

  • Senter LED berkekuatan 200–500 lumen. Senter jenis ini cocok untuk kegiatan outdoor, seperti ronda malam, trekking, hiking, dan camping.

  • Senter LED berkekuatan >500 lumen. Tipe ini ideal untuk kebutuhan search and rescue (SAR) di hutan, gunung, ataupun tempat yang jauh dari sumber cahaya.

Perlu Anda ketahui juga, tidak semua produk mencantumkan kekuatan kecerahan dengan menggunakan satuan lumen. Ada juga produk senter LED yang menggunakan satuan watt (W) untuk menginformasikan kekuatan cahayanya. Makin besar angkanya, makin terang cahaya yang dapat dipancarkan.


Sebenarnya, bagaimana cara membuat senter LED menjadi lebih terang? Umumnya, produk senter LED memiliki pengaturan level atau mode cahaya. Dengan begitu, Anda dapat menurunkan atau menambah level cahaya sesuai dengan kondisi lingkungan. 

Perhatikan jenis dan kapasitas baterainya

Perhatikan jenis dan kapasitas baterainya

Setiap senter LED ditenagai menggunakan jenis baterai yang berbeda-beda. Jika Anda ingin menggunakan produk dengan baterai yang awet, pilihlah senter LED rechargeable.


Ada cukup banyak jenis dan ukuran baterai rechargeable, seperti baterai 21.700 dan 18.650, dengan beragam harga. Beberapa produsen senter LED juga menawarkan baterai tanam rechargeable, seperti jenis lithium.


  • Jika Anda tidak ingin repot melepas baterai untuk mengisi ulang daya, pilihlah senter LED dengan baterai tanam. Sayangnya, saat baterai rusak, Anda akan kesulitan untuk menggantinya. Anda pun harus selalu sedia power bank yang sudah terisi penuh jika berada jauh dari sumber listrik. Untuk itu, jenis senter LED ini hanya ideal untuk digunakan dalam waktu sebentar per penggunaan.

  • Senter LED dengan baterai lepas-pasang lebih bagus untuk Anda yang tak mau ribet membawa kabel dan mengisi ulang daya. Anda pun tak perlu khawatir saat jauh dari sumber listrik asal Anda membawa baterai cadangan. Namun, senter LED jenis ini kurang ramah lingkungan karena Anda akan selalu membuang baterai begitu energinya sudah habis digunakan. 

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kapasitas baterainya. Makin besar kapasitasnya, makin lama pula durasi pemakaiannya. Namun, untuk pemakaian normal, senter LED dengan kapasitas baterai 1.000 mAh sudah cukup untuk digunakan.

Pilih senter tahan air untuk dibawa saat musim hujan

Pilih senter tahan air untuk dibawa saat musim hujan

Selanjutnya, pertimbangkan juga ketersediaan fitur tahan air (waterproof) pada senter LED yang Anda pilih. Adanya fitur tahan air ini tentunya memungkinkan Anda untuk membawa senter LED ke pantai, gua, atau saat turun hujan. 


Umumnya, fitur tahan air pada senter LED akan ditandai dengan kode IPX, seperti IPX0, IPX1, hingga IPX8. Namun, ada juga senter LED yang hanya memiliki keterangan waterproof. Makin tinggi angka yang menyertai kode IPX, makin baik pula tingkat ketahanan airnya.


Jika Anda berprofesi sebagai tim SAR atau untuk kegiatan pencarian dan penyelamatan, pilihlah produk dengan tingkat ketahanan air minimal IPX4. Hal ini karena biasanya kegiatan SAR tidak mengenal waktu dan medan. Bahkan, ada pula senter LED yang memang dikhususkan untuk penyelam. 


Untuk memudahkan Anda dalam membedakan kode standar tahan air pada senter LED, gunakan panduan berikut ini: 

  • IPX0 hingga IPX4: Bisa terlindungi dari tetesan hingga cipratan air
  • IPX5 hingga IPX6: Dapat terlindungi dari semprotan air
  • IPX7: Bisa terendam air
  • IPX8: Dapat terendam air cukup lama

10 Rekomendasi senter LED terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senter LED terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 10 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, NITECORE TM10K menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Joyko LED Flashlight memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Atali Makmur Joyko LED Flashlight 1

Atali Makmur

2
Aoki @aoki Senter Multifungsi 1

Aoki

3
Krisbow Powerlite Rechargeable Lantern 1

Krisbow

4
Sunrei Youdo5 Handy Motile Headlamp 1

Sunrei

5
Olight EOS Black 1

Olight

6
Naturehike Portable Charging Induction Headlamp 1

Naturehike

7
SYSMAX Innovations NITECORE Turbo Ready 1

SYSMAX Innovations

8
Eiger Collapsible Camping Lantern (Soluna Lantern) 1

Eiger

9
Fenix Senter Kepala Ultralight 1

Fenix

10
 JETBeam GUARDIAN Tactical Flashlight 1

JETBeam

Nama produk

Joyko LED Flashlight

@aoki Senter Multifungsi

Powerlite Rechargeable Lantern

Youdo5 Handy Motile Headlamp

EOS Black

Portable Charging Induction Headlamp

NITECORE Turbo Ready

Collapsible Camping Lantern (Soluna Lantern)

Senter Kepala Ultralight

GUARDIAN Tactical Flashlight

Keunggulan

Harga terjangkau, bodi sudah aluminium, dan lengkap dengan fitur zoom!

Bisa difungsikan sebagai senter, lentera, sekaligus power bank

Lentera LED rechargeable dengan knop pemutar dan desain minimalis

Headlamp dengan mode strobe red light dan SOS!

Ukurannya mini, bisa dijadikan gantungan kunci

Senter kepala LED dengan sensor light switch

Dengan kekuatan cahaya 9.500 lumen, senter LED superterang!

Bisa dilipat, lebih praktis untuk dibawa-bawa!

Ringan di kepala, posisi sorotan dapat diatur hingga 180°

Senter tactical dengan performa mumpuni, bahkan pada suhu -20 ℃

Harga mulai dariRp 108.100,00Rp 350.000,00Rp 169.900,00Rp 275.000,00Rp 205.000,00Rp 199.230,00Rp 1.558.900,00Rp 209.000,00Rp 587.000,00Rp 1.083.604,00
JenisSpotlightSpotlight, lenteraLenteraHeadlampSpotlightHeadlampSpotlightLentera, spotlightHeadlampSpotlight
Tingkat kecerahan maksimal325 lumen30 watt10 watt215 lumen90 lumen140 lumen9.500 lumen65 lumen240 lumen3.980 lumen
Baterai2.000 mAh lithium-ion battery 5.000 mAh lead-acid battery1.600 mAh built-in battery3 × baterai AAA1 × baterai AAA1.200 mAh lithium battery5.000 mAh Li-ion battery800 mAh lithium battery1 × baterai AA5.100 mAh high-rate 21.700 battery
RechargeableYaYaYaTidakTidakYa YaYaTidakYa
Daya tahan bateraiTidak disebutkanMaksimal 65 jamMaksimal 25 jamMaksimal 135 jam70 menit (baterai NiMh), 45 menit (baterai Alkaline) Tidak disebutkanMaksimal 60 jam≥10 jamMaksimal 100 jamMaksimal 100 jam
Mode cahayaHigh, medium, low, strobe, dan SOSSpotlight: terang・Lentera: redup dan terangLow hingga high (diatur dengan knop)High (floodlight, focus, red), low (focus), strobe (red), dan SOS (red)Tidak disebutkanStrong, low, red light, dan flash modeTurbo, high, mid, low, ultralow, dan strobeHigh, low, dan SOSHigh, medium, dan lowTurbo, high, middle, low, dan strobe
Tahan airTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYa (IPX7)Ya (IPX8)Ya (IPX4)Ya (IP68, 2 meters submersible)Tidak disebutkanYa (IP68, submersible to 2 meters for 30 minutes)Ya (IPX8)
Tautan produk
10

JETBeamGUARDIAN Tactical Flashlight

TH20

Mulai dari Rp 1.083.604,00

JenisSpotlight
Tingkat kecerahan maksimal3.980 lumen
Baterai5.100 mAh high-rate 21.700 battery
RechargeableYa
Daya tahan bateraiMaksimal 100 jam
Mode cahayaTurbo, high, middle, low, dan strobe
Tahan airYa (IPX8)
9

FenixSenter Kepala Ultralight

HM23

Mulai dari Rp 587.000,00

JenisHeadlamp
Tingkat kecerahan maksimal240 lumen
Baterai1 × baterai AA
RechargeableTidak
Daya tahan bateraiMaksimal 100 jam
Mode cahayaHigh, medium, dan low
Tahan airYa (IP68, submersible to 2 meters for 30 minutes)
8

EigerCollapsible Camping Lantern (Soluna Lantern)

Mulai dari Rp 209.000,00

JenisLentera, spotlight
Tingkat kecerahan maksimal65 lumen
Baterai800 mAh lithium battery
RechargeableYa
Daya tahan baterai≥10 jam
Mode cahayaHigh, low, dan SOS
Tahan airTidak disebutkan
7

SYSMAX InnovationsNITECORE Turbo Ready

TM9K

Mulai dari Rp 1.558.900,00

JenisSpotlight
Tingkat kecerahan maksimal9.500 lumen
Baterai5.000 mAh Li-ion battery
RechargeableYa
Daya tahan bateraiMaksimal 60 jam
Mode cahayaTurbo, high, mid, low, ultralow, dan strobe
Tahan airYa (IP68, 2 meters submersible)
6

NaturehikePortable Charging Induction Headlamp

NH17G025-D

Mulai dari Rp 199.230,00

JenisHeadlamp
Tingkat kecerahan maksimal140 lumen
Baterai1.200 mAh lithium battery
RechargeableYa
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
Mode cahayaStrong, low, red light, dan flash mode
Tahan airYa (IPX4)
5
JenisSpotlight
Tingkat kecerahan maksimal90 lumen
Baterai1 × baterai AAA
RechargeableTidak
Daya tahan baterai70 menit (baterai NiMh), 45 menit (baterai Alkaline)
Mode cahayaTidak disebutkan
Tahan airYa (IPX8)
4
JenisHeadlamp
Tingkat kecerahan maksimal215 lumen
Baterai3 × baterai AAA
RechargeableTidak
Daya tahan bateraiMaksimal 135 jam
Mode cahayaHigh (floodlight, focus, red), low (focus), strobe (red), dan SOS (red)
Tahan airYa (IPX7)
3

KrisbowPowerlite Rechargeable Lantern

Mulai dari Rp 169.900,00

JenisLentera
Tingkat kecerahan maksimal10 watt
Baterai1.600 mAh built-in battery
RechargeableYa
Daya tahan bateraiMaksimal 25 jam
Mode cahayaLow hingga high (diatur dengan knop)
Tahan airTidak disebutkan
2

Aoki@aoki Senter Multifungsi

AK-6696

Mulai dari Rp 350.000,00

JenisSpotlight, lentera
Tingkat kecerahan maksimal30 watt
Baterai 5.000 mAh lead-acid battery
RechargeableYa
Daya tahan bateraiMaksimal 65 jam
Mode cahayaSpotlight: terang・Lentera: redup dan terang
Tahan airTidak disebutkan
1

Atali MakmurJoyko LED Flashlight

FL-83

Mulai dari Rp 108.100,00

JenisSpotlight
Tingkat kecerahan maksimal325 lumen
Baterai2.000 mAh lithium-ion battery
RechargeableYa
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
Mode cahayaHigh, medium, low, strobe, dan SOS
Tahan airTidak disebutkan

Baca juga rekomendasi senter dan perlengkapan penerangan lainnya di sini

Apakah Anda sudah menemukan senter LED yang dibutuhkan? Jika Anda belum mendapatkan produk yang cocok, kami telah menyiapkan artikel produk penerangan lainnya yang dapat dijadikan referensi. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kondisi darurat dapat terjadi kapan saja. Untuk itu, Anda harus menyiapkan segala perlengkapan darurat, termasuk senter LED. Selain dapat difungsikan sebagai alat penerangan, senter LED juga dapat digunakan untuk memberi sinyal darurat.

Kami telah mengulas sepuluh senter LED yang bagus untuk Anda. Pilihlah produk yang jenis dan spesifikasinya cocok dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan produk yang tepat. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencahayaan memegang peran penting dalam desain sebuah ruangan. Tak hanya membuat ruangan menjadi terang, pencahayaan yang tepat dapat menonjolkan kesan tertentu pada sebuah ruangan. Ada beragam jenis lampu yang dapat memberikan pencahayaan di dalam ruangan, salah satunya lampu plafon.  Anda dapat menemukan berbagai model dan merek lampu plafon yang bagus di pasaran. Agar tak bingung memilih, kami sudah menyiapkan tips memilih lampu plafon terbaik. Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk lampu plafon dari in-Lite, Phillips, juga berbagai merek ternama lainnya dalam artikel ini. Baca sampai selesai, ya.
    Lampu
  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Saklar adalah alat yang digunakan untuk mengatur hidup dan matinya lampu. Meski fungsinya sederhana, jenis saklar lampu rumah sangatlah banyak. Anda bisa menemukan beragam saklar lampu rumah, mulai dari yang minimalis hingga yang mewah sekalipun. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi merek saklar lampu rumah terbaik untuk Anda. Produk saklar lampu rumah dari merek Broco, Panasonic, atau Swimseivs mungkin akan Anda sukai. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Jadi, simak tips dari kami dahulu agar Anda bisa lebih mudah menemukan produk yang bagus!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fitting lampu adalah salah satu bagian penting dalam instalasi lampu. Anda tidak akan dapat memasang lampu jika tidak ada komponen ini. Ada banyak jenis fitting lampu, dari gantung, plafon, hingga yang diberi colokan. Ukurannya pun beragam. Ada produk dengan fitting E27 dan E40. Bahkan, ada yang ukurannya kecil, seperti E12 dan E14.Kali ini kami akan berbagi tips memilih dan merekomendasikan produk fitting lampu. Anda bisa menemukan produk dari merek fitting lampu yang bagus, seperti Broco, Panasonic, dan Galvee. Baca artikel ini sampai tuntas agar Anda mendapatkan fitting lampu terbaik!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu adalah barang esensial yang diperlukan, khususnya saat malam hari atau keadaan minim cahaya. Lampu membantu menerangi suatu area atau ruangan tertentu. Agar lampu berfungsi maksimal, pilihlah lampu yang jelas kualitasnya. Untuk itu, jatuhkanlah pilihan Anda pada lampu Philips yang sudah terkenal akan kualitasnya.Lampu merek Philips memiliki beragam tipe dan varian. Lalu, jenis lampu Philips mana yang tepat untuk kebutuhan Anda? Untuk menjawabnya, silakan simak ulasan lengkap mengenai lampu Philips di sini. Kami akan memberikan tips memilih lampu Philips yang bagus serta ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Untuk itu, penggunaan lampu bohlam LED berukuran kecil bisa menjadi solusi. Selain hemat energi, lampu LED ukuran kecil juga dapat menekan tagihan listrik. Namun, karena di pasaran terlalu banyak jenisnya, Anda mungkin kebingungan dalam memilih.Jadi, kali ini kami akan membahas tentang lampu bohlam LED ukuran kecil dan menjelaskan cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan lampu bohlam LED yang bagus dari berbagai merek, misalnya Philips, Hannoch, dan IKEA. Silakan baca artikelnya dan temukan lampu bohlam LED ukuran kecil terbaik.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fitting Lampu Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fitting merupakan bagian penting dalam instalasi lampu. Fungsinya adalah sebagai dudukan yang menghubungkan bola lampu dengan jaringan listrik. Salah satu jenis fitting lampu yang banyak digunakan adalah fitting lampu gantung. Desainnya yang minimalis, membuat fitting lampu gantung banyak digunakan sebagai lampu hias, baik di rumah maupun di cafe.Di artikel ini, kami akan mengulas seputar fitting lampu gantung. Anda bisa mendapatkan beberapa tips memilih dan rekomendasi merek fitting lampu gantung yang bagus. Sebagai contoh, ada fitting lampu merek Broco dan Morgen. Jadi, baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Lampu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori