1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Kerajinan
  6. >
  7. 10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Oil Pastel Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)

Anda mempunyai hobi melukis? Ada banyak alat lukis yang bisa Anda pilih dan oil pastel termasuk di dalamnya. Apakah Anda sudah cukup mengenal tentang oil pastel? Kami akan memberikan informasi seputar oil pastel yang bagus dalam artikel kali ini.


Anda bisa memilih produk dari merek oil pastel yang bagus, seperti Sakura, Pentel, Greebel, dan Faber-Castell. Sebelumnya, simak dahulu tips memilih oil pastel yang cocok untuk digunakan. Temukan berbagai oil pastel terbaik dengan pilihan harga yang cocok di kantong Anda, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh illustrator kami, Karina Doniho

Diperbaharui 12-12-2022
Pakar
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang. Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Profil Karina Doniho
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Sekilas tentang oil pastel

Kami terlebih dahulu akan memperkenalkan oil pastel untuk Anda. Anda baru pertama kali mengenal oil pastel? Simak pembahasan kami agar Anda lebih mengenal tentang oil pastel. Beberapa orang mungkin masih sering menyamakan oil pastel dengan crayon, padahal keduanya berbeda.

Perbedaan oil pastel dan crayon

Perbedaan oil pastel dan crayon

Pastel adalah alat mewarnai yang mengandung binder dan pigmen warna, serta berbentuk stik. Ada berbagai jenis pastel, yaitu:

  • Soft pastel
  • Pan pastel
  • Hard pastel
  • Pencil pastel
  • Oil pastel


Kelimanya memiliki binder yang berbeda-beda sehingga teksturnya pun berbeda. Oil pastel adalah pastel yang menggunakan oil dan wax sebagai binder sehingga teksturnya lebih buttery.


Namun, apa perbedaan oil pastel dengan krayon atau crayon?


  • Crayon dibuat hanya menggunakan bahan wax sehingga teknik menggambar antara keduanya cukup berbeda.

  • Oil pastel cenderung lebih lembut dibandingkan crayon yang bertekstur solid. Jadi, Anda tak perlu terlalu memberikan tekanan saat melukis dengan oil pastel.

  • Warna oil pastel lebih mudah melekat di media gambar dan di tangan Anda. Jadi, oil pastel cenderung "kotor" dibandingkan crayon. Meski demikian, oil pastel sangat cocok untuk teknik blend in, layer, mix, dan shaded.

  • Crayon lebih cocok untuk menggambar detail. Crayon tidak selembut oil pastel dan kurang cocok untuk teknik blend in. Dengan begitu, crayon tidak akan terlalu mengotori tangan Anda.

  • Oil pastel dapat Anda gunakan pada berbagai permukaan, seperti kertas, kanvas, kayu, kaca, dan batu. Sebaliknya, crayon hanya bisa digunakan untuk media kertas.

Kelebihan dan kekurangan oil pastel

Kelebihan dan kekurangan oil pastel

Berikutnya, kami akan membahas kelebihan dan kekurangan oil pastel agar Anda bisa menggunakannya dengan benar. Mari disimak!


Kelebihan oil pastel adalah:

  • Warnanya sangat mudah dicampurkan. Selain itu, warna yang dihasilkan tergolong cukup cerah.
  • Pigmen dari oil pastel mudah sekali menempel di berbagai media, bahkan kayu dan kaca. Pigmennya pun melekat dengan sempurna.
  • Setelah kering, hasil lukisan oil pastel bersifat tahan air karena menggunakan bahan dasar wax.

Kekurangan oil pastel adalah:

  • Mudah membuat kotor karena pigmennya gampang menempel.
  • Warna oil pastel tidak dapat mengering dengan cepat dan sempurna. Hasil lukisan perlu diangin-anginkan terlebih dahulu agar warna di atas media gambar tidak menempel ke mana-mana.
  • Cuaca yang panas membuat oil pastel mudah meleleh karena terbuat dari wax. Jadi, simpanlah oil pastel di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih oil pastel

Setelah mengetahui sekilas tentang oil pastel, kami akan berbagi tips memilih oil pastel yang cocok untuk Anda. Simak poin-poin berikut ini sebelum membeli produknya, ya.

① Kenali grade oil pastel terlebih dahulu

Sama seperti media mewarnai lainnya, oil pastel memiliki dua kualitas atau grade, yaitu student grade dan artist grade. Kami akan menjelaskan tiap-tiap kualitas tersebut.

Student grade, harganya lebih terjangkau dan pas untuk pemula

Student grade, harganya lebih terjangkau dan pas untuk pemula
Sumber: pentel.co.id

Oil pastel dengan student grade tentunya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan artist grade. Kualitasnya pun bisa dibilang berbeda. Namun, produk ini bisa digunakan oleh pemula ataupun profesional. Anda bisa menemukan banyak student grade-oil pastel di pasaran Indonesia.

Artist grade, investasi terbaik untuk Anda yang sudah profesional

Jika Anda sudah profesional, Anda bisa memilih oil pastel dengan artist grade. Harganya lebih tinggi karena memiliki pigmen warna yang berbeda dengan student grade. Teksturnya lebih lembut serta tidak menghasilkan banyak serpihan atau debu saat digunakan.

② Pilih berdasarkan jumlah isi, single atau set?

Pilih berdasarkan jumlah isi, single atau set?
Sumber: joyko.co.id

Oil pastel dijual dalam berbagai isi kemasan. Anda bisa menemukan oil pastel dalam kemasan berisi dua belas, dua puluh empat, bahkan ada yang dijual satuan.


Apa saja poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih oil pastel berdasarkan isi kemasan?


  • Jika Anda baru ingin mencoba suatu merek oil pastel, pilihlah produk yang dijual satuan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kualitas warnanya terlebih dahulu sebelum membeli dalam bentuk set. Selain itu, Anda bisa memastikan apakah produknya menghasilkan debu saat digunakan atau tidak.

  • Oil pastel dalam bentuk set cocok untuk para pemula dan anak-anak. Dengan produk seperti ini, Anda bisa berlatih lebih leluasa dengan banyaknya pilihan warna yang tersedia.

Sennelier dan Sakura merupakan merek yang menjual oil pastel secara satuan. Sayangnya, oil pastel yang dijual satuan masih cukup sulit ditemukan di Indonesia.

③ Pastikan diameternya pas di genggaman

Pastikan diameternya pas di genggaman
Sumber: craypas.com

Oil pastel umumnya hadir dengan ukuran diameter 1 cm, baik untuk student grade maupun artist grade. Namun, Anda juga bisa menemukan ukuran diameter oil pastel yang kurang ataupun lebih dari 1 cm. Berikut ini penjelasannya.


  • Oil pastel yang ramping biasanya memiliki diameter di bawah 1 cm. Bentuknya lebih ramping dan cocok untuk detail kecil. Namun, ukuran yang kecil membuat Anda membutuhkan waktu ekstra untuk melukis.


  • Apabila kurang nyaman dengan oil pastel berukuran kecil, Anda bisa memilih oil pastel dengan diameter lebih dari 1 cm. Salah satu merek yang memiliki oil pastel berukuran jumbo adalah Sakura. Sakura memiliki Cray-Pas Junior Artist Chubbies yang memiliki diameter 1,8 cm.


  • Oil pastel dengan diameter yang lebih besar biasanya dirancang untuk tangan anak-anak. Jadi, si kecil yang masih berlatih motorik tetap dapat menggunakan oil pastel dengan nyaman.

④ Perhatikan beberapa hal ketika memilih oil pastel untuk anak-anak

Khusus untuk Anda yang ingin memilih oil pastel untuk anak-anak, pastikanlah keamanan produknya. Hal-hal apa saja yang menjadi indikatornya?


  • Bebas zat beracun

Sudah banyak merek oil pastel yang mengeklaim produknya bebas zat beracun. Dengan begitu, Anda bisa merasa tenang memberikan pada anak-anak untuk mewarnai gambar kesukaannya.


  • Bebas debu

Goresan oil pastel juga menghasilkan debu. Kotoran tersebut mungkin saja berbahaya untuk Anda. Jadi, Anda perlu memilih oil pastel yang tidak menghasilkan debu saat digoreskan.


  • Mudah dibersihkan

Beberapa oil pastel juga memiliki nilai tambah dengan produk yang mudah dibersihkan. Jadi, Anda tak perlu khawatir si kecil mengotori tangan ataupun bajunya.


Selain keamanan produk, pastikan juga oil pastel tersebut nyaman di genggaman anak-anak. Anda bisa memilih oil pastel dengan bentuk segitiga ataupun heksagon. Sudutnya membantu si kecil menggenggamnya dengan sempurna.

10 Rekomendasi oil pastel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk oil pastel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Deli

Color Oil Pastel in Barrel

Deli Color Oil Pastel in Barrel 1枚目

Mudah disimpan dan diambil oleh si kecil berkat kemasannya yang unik

2

Joyko

Artists' Oil Pastel

Joyko Artists' Oil Pastel 1枚目

Warnanya lebih kaya, harganya lebih ramah di kantong

3

Faber-Castell

Hexagonal Oil Pastel

Faber-Castell Hexagonal Oil Pastel 1枚目

Anak senang, ibu pun tenang!

4

Greebel

Artists Oil Pastels Black & White

Greebel Artists Oil Pastels Black & White 1枚目

Set oil pastel khusus untuk warna hitam dan putih

5

F.I.L.A.

Giotto Olio Fine Oil Pastels

F.I.L.A. Giotto Olio Fine Oil Pastels 1枚目

Paket oil pastel isi banyak dan komplet

6

Pentel

Oil Pastel Reguler Stick PHN

Pentel Oil Pastel Reguler Stick PHN 1枚目

Ukurannya ramping, detail gambar jadi lebih sempurna

7

Caran d'Ache

NEOCOLOR I Pastels

Caran d'Ache NEOCOLOR I Pastels 1枚目

Satu produk untuk berbagai teknik melukis

8

Paul Rubens

Artist Oil Pastel

Paul Rubens Artist Oil Pastel 1枚目

Oil pastel dengan tiga pilihan jenis warna

9

Giorgione

Soft Oil Pastels

Giorgione Soft Oil Pastels 1枚目

Oil pastel yang mudah di-blend dan cocok dijadikan hadiah

10

Sakura

Cray-Pas Expressionist

Sakura Cray-Pas Expressionist 1枚目

Teksturnya sangat halus, melukis jadi lebih mudah

Perincian produk
Close
No.1

DeliColor Oil Pastel in Barrel

Mulai dari Rp35.000,00

Mudah disimpan dan diambil oleh si kecil berkat kemasannya yang unik

Kelebihan:

  • Dilengkapi barrel yang memudahkan si kecil untuk menyimpan oil pastel
  • Tersedia tiga pilihan jumlah warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi mengenai kemudahannya saat dibersihkan

Kami merekomendasikan oil pastel dari Deli jika Anda sedang mencari alat mewarnai yang praktis untuk anak Anda. Alasannya karena produk ini dilengkapi dengan barrel sehingga anak Anda akan mudah untuk mengambil dan menyimpannya kembali setelah digunakan. Motif di barrel-nya pun imut, pastinya anak Anda akan senang menerima peralatan melukis ini.

No.2

JoykoArtists' Oil Pastel

Mulai dari Rp24.700,00

Warnanya lebih kaya, harganya lebih ramah di kantong

Kelebihan:

  • Aman digunakan anak karena tidak mengandung zat beracun
  • Pas untuk pemula karena harganya terjangkau

Kekurangan:

  • Hanya tersedia pilihan 12 dan 24 warna

Joyko memiliki oil pastel kaya warna dengan harga yang lebih terjangkau. Oil pastel ini cocok untuk anak-anak dan para pemula. Formulanya pun diklaim bebas racun dan sangat mudah diaplikasikan. Oil pastel dari Joyko ini cocok untuk Anda yang ingin belajar melukis sekaligus menghabiskan quality time bersama anak.

No.3

Faber-CastellHexagonal Oil Pastel

Mulai dari Rp33.200,00

Anak senang, ibu pun tenang!

Kelebihan:

  • Adanya tali memudahkan saat akan dibawa ke sekolah
  • Terdapat keterangan warna pada kertas pembungkus, anak pun bisa belajar mengenal warna

Kekurangan:

  • Untuk isi 12 warna tidak dilengkapi tali gantungan

Jika biasanya Anda mengenal pensil warna Faber-Castell, ternyata merek ini juga memiliki produk oil pastel. Hal yang unik dari oil pastel Faber-Castell adalah bentuknya yang berupa heksagon. Bentuk heksagon sangat cocok di genggaman anak-anak karena tidak mudah selip.


Produk ini juga dilengkapi dengan tali. Jadi, si kecil bisa membawanya ke sekolah dengan lebih praktis. Produk ini juga aman serta mudah dibersihkan jika tidak sengaja mengenai baju sehingga para bunda pun tak perlu khawatir.

No.4

GreebelArtists Oil Pastels Black & White

Mulai dari Rp141.500,00

Set oil pastel khusus untuk warna hitam dan putih

Kelebihan:

  • Diklaim tidak mudah patah saat digunakan
  • Lulus uji toksisitas, lebih aman untuk anak-anak

Kekurangan:

  • Hanya ada set warna putih dan hitam, tidak memiliki set warna lainnya

Dari sekian banyaknya warna oil pastel, warna hitam dan putih pasti lebih sering habis. Kedua warna ini memang sering digunakan sebagai campuran untuk warna lainnya ataupun sebagai pelengkap gradasi. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sering kehabisan warna-warna tersebut?


Tenang saja, Anda kini tak perlu membeli satu set penuh warna lainnya untuk mendapatkan warna hitam dan putih. Greebel memiliki satu set oil pastel khusus berisi enam warna putih dan enam warna hitam. Stiknya lembut dan tidak menghasilkan debu saat digunakan. Tidak membuat meja cepat kotor, deh!

No.5

F.I.L.A.Giotto Olio Fine Oil Pastels

Mulai dari Rp75.480,00

Paket oil pastel isi banyak dan komplet

Kelebihan:

  • Warnanya pigmented, dapat terlihat di atas kertas warna hitam sekalipun

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan jumlah isi

Anda sedang bingung mencari hadiah untuk si kecil yang gemar menggambar? Tak perlu bingung lagi karena Anda bisa memilih oil pastel dari Giotto yang berisi 50 warna sekaligus. Isinya yang sangat banyak pasti membuat si kecil senang menerimanya sebagai hadiah.


Warna-warnanya pun cerah dan terlihat dengan jelas saat digoreskan di atas kertas. Hasil gambar si kecil pasti akan terlihat lebih indah dengan menggunakannya!

No.6

PentelOil Pastel Reguler Stick PHN

Mulai dari Rp25.500,00

Ukurannya ramping, detail gambar jadi lebih sempurna

Kelebihan:

  • Kandungan minyak lebih banyak sehingga tekstur lebih lembut dan mudah digunakan
  • Diklaim aman digunakan untuk semua usia

Kekurangan:

  • Teksturnya yang lunak membuat produk ini lebih cepat habis

Pentel adalah merek oil pastel yang menjadi top of mind, terutama untuk Anda yang tumbuh pada era 90-an. Kualitas warna dari Pentel sudah tak perlu Anda ragukan lagi. Warna yang dihasilkan tergolong cerah dan bisa Anda gunakan untuk berbagai teknik dasar menggambar.


Selain itu, Pentel Oil Pastel Reguler Stick PHN memiliki bentuk yang ramping. Oil pastel ini sangat cocok untuk Anda yang sering menggambar detail-detail kecil. Anda bisa mendapatkan detail yang sempurna dengan ukuran produk ini.

No.7

Caran d'AcheNEOCOLOR I Pastels

Mulai dari Rp418.000,00

Satu produk untuk berbagai teknik melukis

Kelebihan:

  • Hasil pewarnaan tahan air dan tidak mudah pudar
  • Warna mudah merata, lebih hemat karena tidak perlu diaplikasikan berulang-ulang

Kekurangan:

  • Harga cukup pricey dibandingkan produk rekomendasi lainnya

Caran d'Ache adalah produk asal Swiss yang sangat bergengsi. Kami menyarankan Neocolor I untuk Anda yang senang mengeksplorasi berbagai media lukis, baik yang ada di indoor maupun outdoor


Ya, Neocolor I merupakan oil pastel yang bersifat nonwater-soluble. Jadi, Anda bisa menggunakannya di mana saja untuk mendapatkan lukisan yang diinginkan tanpa perlu khawatir luntur terkena percikan air!

No.8

Paul RubensArtist Oil Pastel

Mulai dari Rp248.000,00

Oil pastel dengan tiga pilihan jenis warna

Kelebihan:

  • Pilihan warna dan hasil akhir cukup bervariasi, membuat Anda lebih bebas berekspresi saat berkarya

Kekurangan:

  • Isi setnya cukup banyak, lebih pas untuk orang yang sudah pernah mencoba produk ini sebelumnya dan merasa cocok

Apa yang menarik dari oil pastels Paul Rubens? Produk ini memiliki tiga jenis warna, yakni warna biasa, warna pastel yang kekinian, dan warna mengilap atau pearlescent. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin melukis dengan berbagai hasil akhir.


Di samping warnanya yang variatif, Paul Rubens memiliki tekstur oil pastel yang cukup creamy. Hasilnya, warnanya mudah diaplikasikan pada berbagai media gambar yang Anda miliki.

No.9

GiorgioneSoft Oil Pastels

Mulai dari Rp79.900,00

Oil pastel yang mudah di-blend dan cocok dijadikan hadiah

Kelebihan:

  • Dilengkapi lembaran tutorial, memudahkan bagi para pemula
  • Mudah di-blend dengan warna lainnya

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan mengenai ukuran diameter dan panjangnya

Giorgione menggunakan bahan baku berkualitas untuk produknya. Jadi, Anda bisa dengan mudah mencampurkan warna-warna yang ada untuk menghasilkan warna baru. Anda juga bisa menggunakannya untuk berbagai teknik menggambar dengan oil pastel.


Selain berkualitas, produk dari Giorgione yang satu ini menggunakan kotak yang tampak premium. Bagaimana jika Anda mempertimbangkannya untuk dijadikan hadiah kenaikan kelas bagi putra-putri tercinta?

No.10

SakuraCray-Pas Expressionist

Mulai dari Rp59.000,00

Teksturnya sangat halus, melukis jadi lebih mudah

Kelebihan:

  • Nontoksik, lebih aman digunakan oleh anak-anak
  • Hasil pewarnaan diklaim tidak mudah retak atau mengelupas 

Kekurangan:

  • Pengguna menyatakan produk ini menghasilkan cukup banyak serpihan saat dipakai

Apakah Anda sedang mencari oil pastel yang mudah digunakan? Cray-Pas Expressionist adalah solusinya!. Produk ini memiliki tekstur yang soft dan smooth. Jadi, Anda tak perlu memberikan tekanan terlalu banyak saat mengaplikasikannya. Meski dengan sedikit tenaga, warna-warna yang dihasilkannya terlihat cerah dan intens.


Dengan produk ini, Anda juga bisa mendapatkan color range yang seimbang. Melukis pemandangan apa saja jadi lebih mudah. Warnanya juga mudah untuk dicampurkan. Sakura Cray-Pas Expressionist dijamin tidak akan membuat Anda kecewa!

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk mewarnai di sini

Ada banyak alat untuk mewarnai. Anda bisa memilih mulai dari pensil warna, krayon, sampai cat air. Anda harus menyesuaikannya dengan media lukis yang Anda gunakan. Langsung saja klik tautan di bawah ini dan ketahui produk mana yang cocok untuk Anda.

Kesimpulan

Oil pastel memiliki kelebihan dan kelemahan. Meski demikian, oil pastel tetap praktis digunakan karena warnanya mudah dicampurkan. Jangan lupa untuk mempelajari juga teknik-teknik mewarnai dengan oil pastel, seperti sgraffito, stippling, dan color mixing. Hasil kreasi Anda pasti bakal makin keren!


Sekian artikel tentang oil pastel kali ini. Semoga Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat berkreasi dengan oil pastel!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer