• 10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Masa pandemi ini membuat Anda memiliki hobi baru, salah satunya mungkin melukis. Ada banyak alat lukis yang bisa Anda pilih dan oil pastel termasuk di dalamnya. Apakah Anda sudah cukup mengenal tentang oil pastel? Kami akan memberikan informasi seputar oil pastel yang bagus dalam artikel kali ini.


Anda bisa memilih produk dari merk oil pastel yang bagus, seperti Sakura, Pentel, Greebel, dan Faber-Castell. Sebelumnya, simak dahulu tips memilih oil pastel yang cocok untuk digunakan. Temukan berbagai oil pastel terbaik dengan pilihan harga yang cocok di kantong Anda, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Fathan Mubin Putra
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Sekilas tentang oil pastel

Kami terlebih dahulu akan memperkenalkan oil pastel untuk Anda. Anda mungkin baru pertama kali mengenal oil pastel. Simak pembahasan kami agar Anda lebih mengenal tentang oil pastel. Beberapa orang mungkin masih sering menyamakan oil pastel dengan crayon, padahal keduanya berbeda. 

Perbedaan oil pastel dan crayon

Perbedaan oil pastel dan crayon

Pastel adalah media mewarnai yang mengandung binder dan pigmen warna, serta berbentuk stik. Ada berbagai jenis pastel, yaitu soft, PanPastel, hard, pencil, dan oil. Kelimanya memiliki binder yang berbeda-beda sehingga teksturnya pun berbeda. Oil pastel menggunakan oil dan wax sebagai binder sehingga teksturnya lebih buttery.


Lalu, apa perbedaan oil pastel dengan krayon atau crayon? Crayon dibuat hanya menggunakan bahan wax sehingga teknik menggambar antara keduanya cukup berbeda. Oil pastel cenderung lebih lembut dibandingkan crayon yang bertekstur solid. Jadi, Anda tak perlu terlalu memberikan tekanan saat melukis dengan oil pastel.


Warna oil pastel juga lebih mudah melekat di media gambar dan juga di tangan Anda. Jadi, oil pastel cenderung "kotor" dibandingkan crayon. Meski demikian, oil pastel sangat cocok untuk teknik blend in, layer, mix, dan shaded.


Sementara itu, crayon lebih cocok untuk menggambar detail. Crayon tidak selembut oil pastel dan kurang cocok untuk teknik blend in. Alhasil, crayon tidak akan terlalu mengotori tangan Anda.


Terakhir, oil pastel dapat Anda gunakan pada berbagai permukaan, seperti kertas, kanvas, kayu, kaca, dan batu. Sebaliknya, crayon hanya bisa digunakan untuk media kertas.

Kelebihan dan kekurangan oil pastel

Kelebihan dan kekurangan oil pastel

Berikutnya, kami akan membahas kelebihan dan kekurangan oil pastel. Oil pastel merupakan produk yang sangat mudah dicampurkan warnanya. Selain itu, warna yang dihasilkan juga tergolong cukup cerah.


Pigmen dari oil pastel mudah sekali menempel di berbagai media, bahkan kayu dan kaca. Pigmennya pun melekat dengan sempurna. Namun, pigmen tersebut bisa juga menjadi kekurangan oil pastel karena mudah membuat kotor.


Anda juga perlu berhati-hati dengan hasil lukisan oil pastel. Warna oil pastel tidak dapat mengering dengan cepat dan sempurna. Angin-anginkan terlebih dahulu agar warna di atas media gambar tidak menempel ke mana-mana. Setelah kering, hasil lukisan oil pastel bersifat tahan air karena menggunakan bahan dasar wax.


Cuaca yang panas membuat oil pastel mudah meleleh karena terbuat dari wax. Tentu saja hal ini merupakan salah satu kekurangan dari oil pastel. Jadi, simpanlah oil pastel di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung, ya.

Cara memilih oil pastel

Setelah mengetahui sekilas tentang oil pastel, kami akan berbagi tips memilih oil pastel yang cocok untuk Anda. Simak poin-poin berikut ini sebelum membeli produknya, ya.

Kenali grade oil pastel terlebih dahulu

Sama seperti media mewarnai lainnya, oil pastel memiliki dua kualitas atau grade, yaitu students' grade dan artists' grade. Kami akan menjelaskan tiap-tiap kualitas tersebut.

Students' grade, harganya lebih terjangkau dan pas untuk pemula

Oil pastel dengan students' grade tentunya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan artists' grade. Kualitasnya pun bisa dibilang berbeda. Namun, produk ini bisa digunakan untuk pemula ataupun profesional. Anda pun bisa menemukan banyak students' grade oil pastel di pasaran Indonesia.

Artists' grade, investasi terbaik untuk Anda yang sudah profesional

Jika Anda sudah profesional, Anda bisa memilih oil pastel dengan artists' grade. Harganya lebih mahal karena memiliki pigmen warna yang berbeda dengan students' grade. Teksturnya lebih lembut serta tidak menghasilkan banyak serpihan atau debu saat digunakan.

Pilih jumlah isi pak oil pastel yang lebih sedikit untuk uji coba

Oil pastel dijual dalam berbagai isi kemasan. Anda bisa menemukan oil pastel dalam kemasan berisi dua belas, dua puluh empat, bahkan ada yang menjual satuan. Sennelier dan Sakura merupakan merek yang menjual oil pastel secara satuan. Oil pastel yang dijual satuan sayangnya cukup sulit ditemukan di Indonesia.


Jika Anda baru ingin mencoba suatu merek oil pastel, pilihlah jumlah isi yang lebih sedikit. Anda bisa mengetahui kualitas warnanya terlebih dahulu sebelum membeli dalam isian yang lebih banyak. Selain itu, Anda bisa memastikan apakah produknya menghasilkan debu saat digunakan atau tidak.


Selain itu, oil pastel dengan isian yang lebih sedikit juga cocok untuk para pemula dan anak-anak. Anda bisa berlatih tanpa perlu direpotkan dengan banyaknya pilihan warna yang sering tidak digunakan.

Pastikan diameternya pas di genggaman

Oil pastel umumnya hadir dengan ukuran diameter 1 cm, baik untuk students' grade maupun artist's grade. Namun, Anda juga bisa menemukan ukuran diameter oil pastel yang kurang ataupun lebih dari 1 cm.


Oil pastel yang ramping biasanya memiliki diameter di bawah 1 cm. Bentuknya lebih ramping dan cocok untuk detail kecil. Namun, ukuran yang kecil membuat Anda membutuhkan waktu ekstra untuk melukis.


Apabila Anda kurang nyaman dengan oil pastel berukuran kecil, Anda bisa memilih oil pastel dengan diameter lebih dari 1 cm. Salah satu merek yang memiliki oil pastel berukuran jumbo adalah Sakura. Sakura memiliki Cray-Pas Junior Artist Chubbies yang memiliki diameter 1,8 cm.


Oil pastel dengan diameter yang lebih besar biasanya dirancang untuk tangan anak-anak. Si kecil yang masih berlatih motorik tetap dapat menggunakan oil pastel dengan nyaman.

Perhatikan beberapa hal ketika memilih oil pastel untuk anak-anak

Khusus untuk Anda yang ingin memilih oil pastel untuk anak-anak, pastikan keamanan produknya. Sudah banyak merek oil pastel yang mengklaim produknya bebas zat beracun dan aman digunakan anak-anak.


Goresan oil pastel juga menghasilkan debu. Kotoran tersebut mungkin saja berbahaya untuk Anda. Jadi, Anda perlu memilih oil pastel yang tidak menghasilkan debu saat digoreskan. Beberapa oil pastel juga memiliki nilai tambah dengan produk yang mudah dibersihkan. Jadi, Anda tak perlu khawatir si kecil mengotori tangan ataupun bajunya.


Selain keamanan produknya, pastikan juga oil pastel tersebut nyaman di genggaman anak-anak. Anda bisa memilih oil pastel dengan bentuk segitiga ataupun heksagon. Sudutnya membantu si kecil menggenggamnya dengan sempurna.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi oil pastel terbaik

Anda sekarang bisa membedakan antara oil pastel dan crayon, serta mengetahui poin yang perlu diperhatikan saat memilih. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan berbagai merek oil pastel terbaik di bawah ini. Anda bisa memilih berdasarkan jumlah warna, ukuran diameter, pilihan warna yang ditawarkan, beserta harganya.

10

Greebel Artists' Oil Pastels Black & White

Mulai dari Rp 141.500,00

Isi12
Diameter oil pastelTidak disebutkan
Panjang oil pastelTidak disebutkan
9
Isi12, 24
Diameter oil pastel1 cm
Panjang oil pastel6,9 cm
8

JoykoTiTi Neon & Metallic Oil Pastel

PL-12NM

Mulai dari Rp 18.900,00

Isi12
Diameter oil pastel1 cm
Panjang oil pastel6,7 cm
7

Paul RubensArtist Oil Pastel

Mulai dari Rp 234.000,00

Isi24, 36, 48+3
Diameter oil pastelTidak disebutkan
Panjang oil pastelTidak disebutkan
6

LyraGiotto Oil Pastel PP Case 82 Colors

Mulai dari Rp 377.300,00

Isi82
Diameter oil pastelTidak disebutkan
Panjang oil pastelTidak disebutkan
5

PentelOil Pastel Reguler Stick PHN

Mulai dari Rp 25.500,00

Isi12, 16, 25, 36, 50
Diameter oil pastel0,8 cm
Panjang oil pastel6 cm
4

Faber-CastellHexagonal Oil Pastel

Mulai dari Rp 30.000,00

Isi12, 24, 48, 60, 72
Diameter oil pastelTidak disebutkan
Panjang oil pastelTidak disebutkan
3
Isi12, 48
Diameter oil pastel1 cm
Panjang oil pastel7,1 cm
2

MungyoGallery Artists' Soft Oil Pastels

MOPV-72W

Mulai dari Rp 960.000,00

Isi72
Diameter oil pastel1,1 cm
Panjang oil pastel7 cm
1

Caran d'AcheNEOCOLOR II Pastels

Mulai dari Rp 1.420.000,00

Isi10, 15, 30, 40, 50
Diameter oil pastel0,865 cm
Panjang oil pastelTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk oil pastel terbaik

Gambar produk
1
Caran d'Ache NEOCOLOR II Pastels 1

Caran d'Ache

2
Mungyo Gallery Artists' Soft Oil Pastels  1

Mungyo

3
Sakura Cray-Pas Expressionist 1

Sakura

4
Faber-Castell Hexagonal Oil Pastel 1

Faber-Castell

5
Pentel Oil Pastel Reguler Stick PHN 1

Pentel

6
Lyra Giotto Oil Pastel PP Case 82 Colors 1

Lyra

7
Paul Rubens Artist Oil Pastel 1

Paul Rubens

8
Joyko TiTi Neon & Metallic Oil Pastel 1

Joyko

9
Joyko Artists Oil Pastel 1

Joyko

10
Greebel  Artists' Oil Pastels Black & White 1

Greebel

Nama produk

NEOCOLOR II Pastels

Gallery Artists' Soft Oil Pastels

Cray-Pas Expressionist

Hexagonal Oil Pastel

Oil Pastel Reguler Stick PHN

Giotto Oil Pastel PP Case 82 Colors

Artist Oil Pastel

TiTi Neon & Metallic Oil Pastel

Artists Oil Pastel

Artists' Oil Pastels Black & White

Keunggulan

Satu produk untuk berbagai teknik melukis

Oil pastel premium dengan kotak kayu yang spesial

Teksturnya sangat lembut, melukis jadi lebih mudah

Anak senang, ibu pun tenang!

Ukurannya ramping, detail gambar jadi lebih sempurna

Paket oil pastel isi banyak dan komplet

Oil pastel dengan tiga pilihan jenis warna

Set spesial warna emas perak dan neon terang

Warnanya lebih kaya, harganya lebih ramah di kantong

Set oil pastel khusus untuk warna hitam dan putih

Harga mulai dariRp 1.420.000,00Rp 960.000,00Rp 53.000,00Rp 30.000,00Rp 25.500,00Rp 377.300,00Rp 234.000,00Rp 18.900,00Rp 23.400,00Rp 141.500,00
Isi10, 15, 30, 40, 507212, 4812, 24, 48, 60, 7212, 16, 25, 36, 508224, 36, 48+31212, 2412
Diameter oil pastel0,865 cm1,1 cm1 cmTidak disebutkan0,8 cmTidak disebutkanTidak disebutkan1 cm1 cmTidak disebutkan
Panjang oil pastelTidak disebutkan7 cm7,1 cmTidak disebutkan6 cmTidak disebutkanTidak disebutkan6,7 cm6,9 cmTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk mewarnai di sini

Ada banyak alat untuk mewarnai. Anda bisa memilih mulai dari pensil warna, krayon, sampai cat air. Anda harus menyesuaikannya dengan media lukis yang Anda gunakan. Langsung saja klik tautan di bawah ini dan ketahui produk mana yang cocok untuk Anda.

Kesimpulan

Oil pastel memiliki kelebihan dan kelemahan. Meski demikian, oil pastel tetap praktis digunakan karena warnanya mudah dicampurkan. Jangan lupa untuk mempelajari juga teknik-teknik mewarnai dengan oil pastel, seperti sgraffito, stippling, dan color mixing.


Sekian artikel tentang oil pastel kali ini. Semoga Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sesuaikan juga harga produknya dengan budget Anda. Selamat berkreasi dengan oil pastel!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merajut dapat menghasilkan berbagai barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak jenis benang rajut, mulai dari benang polyester, benang katun, benang nilon, hingga benang polycherry.Di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart, Papiput Yarn, dan DROPS Design. Jika Anda ingin mulai belajar merajut, baca ulasan dari kami terlebih dahulu!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Portable yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Portable yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin jahit portable banyak dicari karena ukurannya tidak terlalu besar, bobotnya relatif ringan, dan kepraktisan fitur-fiturnya. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan mesin jahit biasa, kemampuannya dalam membantu Anda menjahit tidak perlu diragukan lagi. Ada beragam pilihan, dari mesin jahit multifungsi, heavy duty, hingga mesin jahit portable mini. Jika sedang mencari-cari mesin jahit portable yang bagus, Anda bisa memeriksa produk merek Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lainnya. Apa saja keunggulan dan fitur setiap mesin jahit portable tersebut? Yuk, bandingkan agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda dapat menemukan berbagai media mewarnai, seperti cat air, pensil warna, dan crayon atau krayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih krayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak serta non toxic. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan krayon yang bagus dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, Greebel, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mulai belajar menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Karena itu, produsen-produsen, seperti merek Brother, Butterfly, Janome, dan lainnya berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit yang cocok untuk pemula.Setiap mesin jahit dari setiap produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh produk terbaik untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjahit merupakan kegiatan yang banyak diminati untuk mengisi waktu. Salah satu merk mesin jahit ternama yang banyak dicari adalah Singer. Singer adalah perusahaan mesin jahit dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1851. Merk ini telah mengeluarkan beragam mesin jahit yang bagus dengan kualitas terbaik.Agar tidak salah pilih, kami punya tips memilihnya untuk Anda. Tak hanya itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk Singer terbaik, mulai dari mesin jahit rumahan hingga mesin jahit industri. Ingin mesin jahit yang bagus? Tentu Singer jawabannya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Obras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Obras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin obras adalah mesin untuk merapikan tepian kain agar benang-benangnya tidak terurai berantakan. Mesin ini akan menjahit tepian kain sekaligus memotong bagian yang tidak diperlukan dalam sekali jalan. Hasilnya adalah baju Anda terlihat rapi dan jadi lebih awet tanpa benang yang menjulur semrawut. Memilih mesin obras, entah untuk tujuan hobi atau profesional, patut dipertimbangkan secara matang. Karena itu, kami menyajikan cara memilih mesin obras yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan mesin obras terbaik dari merek Singer, Janome, hingga Butterfly. Baca terus artikelnya dan temukan mesin obras yang tepat bagi Anda!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang dewasa mulai berminat dengan kegiatan mewarnai. Bagi orang dewasa, mewarnai suatu gambar atau pola dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan sekaligus melepaskan stres. Buku mewarnai untuk orang dewasa tentu berbeda dengan buku mewarnai untuk anak-anak.Kali ini, kami akan memberi Anda informasi seputar buku mewarnai yang bagus untuk orang dewasa. Kami telah menyiapkan tips untuk memilih buku mewarnai yang tepat, serta rekomendasi produk terbaiknya. Berbagai buku mewarnai dari penerbit terkenal, seperti Kawan Pustaka, Gramedia Pustaka, dan Laurance King, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Kerajinan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori