1. TOP
  2. Hobi
  3. Film
  4. 10 Rekomendasi Kartun 90an Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kartun 90an Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kartun 90an Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kartun 90an Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kartun 90an Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kartun 90an Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kartun 90an Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda ingin bernostalgia dengan kartun 90an seperti Dragon Ball atau Cardcaptor Sakura? Sederet judul pernah ditayangkan beberapa saluran televisi Indonesia, seperti RCTI, Indosiar, dan Global TV. Kartun tersebut memang penuh kenangan untuk generasi 90-an. Bahkan, banyak kartun 90an yang masih cocok untuk diperkenalkan kepada anak-anak Anda.


Kali ini kami akan membagikan cara memilih anime kartun 90an terbaik. Tentu tidak ada judul kartun baru. Namun, kami akan merekomendasikan kartun 90an yang bagus dan kini ditayangkan layanan streaming, seperti Vidio, Netflix, dan Viu. Tiap judulnya juga telah kami ulas. Yuk, disimak bersama-sama!

Diperbaharui 04-04-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih kartun 90an

Saat masih usia anak-anak, semua kartun 90an pasti terasa indah bagi Anda. Namun, apakah rasanya masih seindah dahulu jika kini Anda menontonnya kembali? Nah, agar Anda puas dengan pilihan Anda, simaklah poin cara memilih kartun 90an terbaik berikut ini.

① Periksa jumlah episode dan durasinya

Periksa jumlah episode dan durasinya

Penting untuk memeriksa jumlah episode dalam kartun 90an. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan ketersediaan waktu luang Anda. Pasalnya, jumlah episode kartun 90an umumnya lebih banyak daripada serial televisi. Jumlahnya bisa saja mencapai lebih dari seratus episode.


Anda tidak ingin banyak menghabiskan waktu luang untuk menonton kartun 90an? Pilihlah yang jumlah episodenya sekitar lima puluh ke bawah. Akan lebih baik jika durasi per episodenya hanya sekitar 2030 menit. Sesuaikan saja total durasinya dengan waktu luang Anda.


Beberapa kartun 90an terdiri dalam beberapa season. Setiap season-nya terdiri dari beberapa episode. Kartun yang dibagi dalam beberapa season juga bisa dipertimbangkan oleh Anda yang waktu luangnya tidak banyak. Pasalnya, tiap season berisi konflik utama yang berbeda. Jadi, Anda bisa beristirahat sebelum melanjutkan ke season berikutnya.

② Pilih yang rating-nya sesuai usia penonton

Pilih yang rating-nya sesuai usia penonton

Meskipun berupa animasi, tidak setiap kartun 90an cocok untuk semua kalangan usia. Beberapa kartun bahkan diproduksi khusus untuk penonton usia remaja atau dewasa. Kartunnya bisa saja menampilkan unsur yang tidak cocok untuk anak, misalnya kekerasan.


Untuk itu, Anda perlu terlebih dahulu memeriksa rating kartun 90an pada layanan streaming. Rating biasanya sudah diinformasikan pada bagian deskripsinya. Jika Anda ingin menonton kartun 90an bersama anak, pilihlah yang rating-nya SU (Semua Umur) atau 7+. Angka 7+ menandakan bahwa usia yang cocok untuk menonton kartun tersebut adalah 7 tahun ke atas.

③ Kenali berbagai genre kartun 90an

Kenali berbagai genre kartun 90an

Sama seperti serial televisi lainnya, kartun 90an terdiri dari genre yang berbeda-beda. Genre akan menentukan atmosfer dari kartunnya. Selain itu, genre turut menentukan kalangan usia yang layak menontonnya. Ada yang cocok untuk anak-anak, ada juga yang tidak.


Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa genre yang bisa Anda temukan pada kartun 90an.


  • Jika Anda ingin menonton kartun 90an yang penuh aksi, pilihlah yang genrenya superhero, action, atau martial arts.
  • Genre supernatural atau horor bisa dipilih bila Anda gemar dibuat merinding. Kartun dengan genre tersebut tentu kurang cocok untuk anak-anak. 
  • Anda yang gemar mengikuti petualangan karakter utama bisa memilih kartun yang bergenre adventure.
  • Genre fantasy, isekai, atau mythological biasanya akan mengajak Anda untuk menelusuri dunia lain di luar bumi. 
  • Saat ingin menonton yang ringan, genre comedy, coming-of-age, romance, magical girl, hingga sports akan cocok untuk Anda. 
  • Genre psychological drama hingga apocalyptic cocok dipilih saat Anda ingin diajak berpikir ketika menonton kartunnya.

Kartun 90an umumnya memiliki kombinasi beberapa genre. Lewat kombinasi genrenya, Anda bisa memperkirakan tone dari kartunnya. Kartun yang seram bahkan tak jarang dikombinasikan dengan genre lain, seperti komedi atau aksi. Sementara itu, kartun yang dilengkapi genre mecha akan menyajikan pertarungan robot dalam ceritanya.

④ Ketahui pilihan audio dan subtitle-nya

Beda layanan streaming, beda pula opsi audio dan subtitle-nya. Kedua hal ini dapat memengaruhi kenyamanan Anda saat menikmati kartun 90an. Jadi, simak penjelasan dari kami berikut ini agar Anda mendapatkan pengalaman menonton yang maksimal.

Pilihan audio Jepang/Inggris akan memberi nuansa berbeda melalui dialog aslinya

Pilihan audio Jepang/Inggris akan memberi nuansa berbeda melalui dialog aslinya

Kartun 90an yang pernah tayang di Indonesia sebagian besar dialihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia. Menontonnya kembali tentu akan membangkitkan memori masa kecil Anda. Namun, kartun 90an produksi luar negeri dengan dub bahasa Indonesia belum tersedia di layanan streaming.


Sebagai gantinya, Anda akan menikmati kartun 90an dengan bahasa aslinya. Tergantung pada negara asalnya, Anda akan menikmati kartun 90an dengan audio bahasa Jepang atau Inggris. Alhasil, Anda bisa mengenali suara asli karakternya, serta dialog aslinya.


Meskipun demikian, Anda bisa memilih audio bahasa Inggris untuk kartun 90an asal Jepang. Opsi tersebut bisa dipilih jika Anda sudah mahir berbahasa Inggris dan tidak ingin repot-repot membaca subtitle. Namun, tidak semua layanan streaming menyediakan opsi ini.

Pilihan subtitle bahasa Indonesia pas untuk menikmati waktu bersantai Anda

Pilihan subtitle bahasa Indonesia pas untuk menikmati waktu bersantai Anda

Layanan streaming sudah menyediakan subtitle bahasa Indonesia untuk kartun 90an. Opsi ini cocok untuk Anda yang ingin menonton sambil bersantai saja. Sementara itu, subtitle bahasa Inggris bisa dipilih jika Anda ingin sekaligus mempelajari bahasa asing.


Tidak sedikit orang yang berminat mempelajari bahasa baru lewat menonton kartun, bahkan mungkin Anda salah satunya. Kombinasi audio bahasa Jepang dan subtitle bahasa Inggris juga bisa dipilih untuk makin mengasah kemampuan Anda berbahasa asing. Namun, perlu diketahui, tidak semua layanan streaming menyediakan opsi subtitle bahasa Inggris.

⑤ Mau bernostalgia? Pilih kartun yang pernah tayang di Indonesia

Mau bernostalgia? Pilih kartun yang pernah tayang di Indonesia

Salah satu daya tarik kartun 90an adalah membangkitkan memori masa kecil. Tidak hanya itu, kartun 90an juga memiliki atmosfer yang berbeda dibandingkan kartun modern, dari sisi gambar hingga suara. Beberapa kualitas cerita kartun 90an bahkan belum bisa ditandingi oleh kartun-kartun modern.


Jika Anda ingin bernostalgia dengan masa kecil, pilihlah kartun 90an yang pernah ditayangkan di Indonesia. Stasiun televisi seperti RCTI, Indosiar, dan Global TV pernah menayangkan kartun 90an terbaik di dunia. Kartunnya tidak hanya digemari oleh pemirsa di Indonesia, peminat dari belahan dunia lain juga tidak kalah banyaknya.

10 Rekomendasi kartun 90an terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh kartun 90an terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Toei Animation

Slam Dunk

Toei Animation Slam Dunk 1枚目

Asyik dinikmati sambil bersantai, penuh canda dan tawa

2

Madhouse

Hunter x Hunter

Madhouse Hunter x Hunter 1枚目

Kartun 90an dengan animasi modern dan alur cepat

3

Gainax

Neon Genesis Evangelion

Gainax Neon Genesis Evangelion 1枚目

Ceritanya singkat, tetapi isinya padat

4

Toei Animation

Dragon Ball

Toei Animation Dragon Ball 1枚目

Menegangkan hingga menghibur, semuanya ada!

5

Toei Animation

Saint Seiya

Toei Animation Saint Seiya 1枚目

Mitologi Yunani dari sudut pandang yang unik

6

Pierrot

Yu Yu Hakusho

Pierrot Yu Yu Hakusho 1枚目

Anime jadul yang banjir penghargaan bergengsi

7

Cartoon Network

Courage the Cowardly Dog

Cartoon Network Courage the Cowardly Dog 1枚目

Menyeramkan sekaligus menggelikan

8

Madhouse

Cardcaptor Sakura

Madhouse Cardcaptor Sakura 1枚目

Mudah diikuti, cocok untuk berbagai kalangan

9

Toei Animation

Digimon Adventure

Toei Animation Digimon Adventure 1枚目

Petualangan yang penuh kenangan bagi generasi 90-an

10

Cartoon Network

The Powerpuff Girls

Cartoon Network The Powerpuff Girls 1枚目

Superhero 90-an yang relate dengan generasi sekarang

Perincian produk
Close
No.1

Toei AnimationSlam Dunk

Asyik dinikmati sambil bersantai, penuh canda dan tawa

Setelah menonton kartun 90an ini, pasti Anda ingin segera bermain bola basket. Slam Dunk bahkan bisa menjadi alasan Anda menggemari bola basket hingga kini. Di Jepang pun mangakanya sampai diberi penghargaan karena membantu memopulerkan bola basket lewat karyanya ini. 


Hanamichi Sakuragi merupakan sosok yang kasar, arogan, dan tidak dewasa. Namun, kekurangannya tersebut membuat sang protagonis mudah dicintai. Konfliknya juga tidak seputar pertandingan bola basket saja. Ceritanya bahkan lebih dikembangkan pada interaksi para karakternya, serta kental dengan unsur komedi romantis. Jika Anda mencari kartun 90an untuk bersantai dan tertawa, Slam Dunk adalah pilihannya.

No.2

Kartun 90an dengan animasi modern dan alur cepat

Penggemar anime pasti tidak melewatkan kartun 90-an ini saat tayang di Indonesia. Namun, bila terlewatkan, kini Anda bisa menikmatinya lewat layanan streaming. Anime ini justru merupakan versi terbaru dari Hunter x Hunter. Animasinya lebih jernih sehingga bersahabat untuk generasi yang lebih muda.


Selain itu, versi ini justru sudah dilengkapi jalan cerita yang belum ada pada versi lamanya. Versi terbaru juga lebih setia pada manganya karena tidak lagi menggunakan episode filler seperti pada versi lama. Jika Anda ingin menikmati kartun 90an dengan animasi yang modern dan alur yang cepat, tontonlah anime ini.

No.3

GainaxNeon Genesis Evangelion

Ceritanya singkat, tetapi isinya padat

Kartun 90an ini tidak mendapat sorotan besar di Indonesia. Pasalnya, anime ini mengandung unsur-unsur dewasa seperti depresi dan kekerasan. Jadi, tidak heran kalau Neon Genesis Evangelion ditayangkan pada tengah malam di Indonesia sehingga kurang dikenal. Namun, anime produksi Gainax ini justru sangat populer di dunia.


Anime ini cocok untuk Anda yang ingin menonton kartun dengan tema yang serius. Waktu yang dihabiskan juga tidak banyak karena episodenya berjumlah 26 saja. Ceritanya berpusat pada Shinji, remaja yang harus mengendalikan mecha untuk menyelamatkan dunia dari kiamat. Sebagai informasi, saksikan juga film The End of Evangelion untuk menutup ceritanya yang epik.

No.4

Toei AnimationDragon Ball

Menegangkan hingga menghibur, semuanya ada!

Bicara soal kartun 90an, nama Dragon Ball pasti muncul, bahkan sebagai anime terbaik sepanjang masa. Kesuksesan cerita karangan Akira Toriyama ini pun menginspirasi banyak karya mangaka lainnya. Dragon Ball akan membuat Anda tegang hingga tertawa. Oleh karena itu, kartun 90-an ini cocok untuk Anda yang menikmati genre aksi dengan balutan humor.


Dragon Ball mengisahkan perjalanan Son Goku dan Bulma dalam mengumpulkan tujuh bola naga yang dapat mengabulkan keinginan. Sepanjang perjalanan, keduanya akan bertemu kawan-kawan baru yang akan membantu misi mereka. Konfliknya dikisahkan dalam beragam subplot. Namun, episode yang tersedia di Vidio saat ini masih berjumlah 33.

No.5

Toei AnimationSaint Seiya

Mitologi Yunani dari sudut pandang yang unik

Di Indonesia, Saint Seiya telah muncul sebelum 90an. Pasalnya, anime ini sudah tayang saat TVRI masih menjadi satu-satunya stasiun televisi di Indonesia. Daya tariknya membuat anime ini kembali ditayangkan oleh RCTI dan Indosiar hingga tahun 2005. 


Selain baju zirahnya, daya tarik anime ini terletak pada pengembangan karakter. Tiap karakter diberikan konflik yang akhirnya mengubah watak masing-masing. Anime ini juga akan membuat Anda tertarik untuk makin mendalami mitologi Yunani. Jika Anda memang menggemari literaturnya, Saint Seiya akan memberi sudut pandang yang unik. Namun, Anda baru bisa menikmati 36 episode pertamanya di Vidio.

No.6

PierrotYu Yu Hakusho

Anime jadul yang banjir penghargaan bergengsi

Jika Anda menggemari perpaduan genre supranatural dan aksi, jangan lewatkan Yu Yu Hakusho. Anime ini menghadirkan karakter arwah, siluman, hingga iblis. Pada satu waktu, Anda akan dibuat ngeri dengan gambarnya, kemudian dibuat takjub dengan bela dirinya. Meskipun warnanya terlihat jadul, detail gambar dari kartun 90an ini masih diperhitungkan sebagai yang terbaik hingga sekarang.


Sebagai informasi, manga Yu Yu Hakusho memenangkan penghargaan Shogakukan Manga Award pada tahun 1993 sebagai manga terbaik. Animenya juga memenangkan penghargaan anime terbaik versi Animage pada tahun 1994 dan 1995. Kualitas dari kartun 90an ini tentu tidak perlu dipertanyakan lagi.

No.7

Cartoon NetworkCourage the Cowardly Dog

Menyeramkan sekaligus menggelikan

Mimpi buruk Anda saat masa kecil bisa jadi dipengaruhi oleh visualisasi yang dihadirkan Courage the Cowardly Dog. Saat itu mungkin Anda belum sadar bahwa kartun ini terlampau horor untuk anak-anak. Kartun 90an ini bahkan tidak dilanjutkan Cartoon Network karena dianggap terlalu menyeramkan.


Courage the Cowardly Dog sejatinya menargetkan penonton anak-anak dan remaja. Namun, atmosfer gelap dan humor surreal kartun ini justru terasa lebih pas untuk dinikmati orang dewasa. Anda yang menggemari unsur horor dalam kartun pasti tidak ingin melewatkan kartun ini. Sebagai informasi, episode yang ada di Vidio sekarang masih berasal dari season 4 saja.

No.8

MadhouseCardcaptor Sakura

Mudah diikuti, cocok untuk berbagai kalangan

Kartun ini cocok untuk Anda yang ingin beristirahat dari genre aksi karena Cardcaptor Sakura merupakan feel-good anime. Meskipun target audience dari kartun ini adalah anak-anak, penonton yang lebih dewasa masih bisa menikmatinya. Banyak sisi yang bisa dikagumi dari kartun 90an ini, antara lain kualitas animasinya. Cardcaptor Sakura bahkan memenangkan penghargaan anime terbaik versi Animage pada tahun 1999.


Ceritanya sangat ringan dan penuh selipan humor menggelikan. Sakura Kinomoto yang tidak sengaja membebaskan makhluk-makhluk ajaib harus kembali menangkap mereka dengan kartu. Saat beraksi, ia dibantu Tomoyo Daidouji, Syaoran Li, dan Kero yang menjadi maskot dari anime ini.

No.9

Toei AnimationDigimon Adventure

Petualangan yang penuh kenangan bagi generasi 90-an

Kartun ini rasanya pas untuk bernostalgia bagi Anda yang lahir pada awal tahun 90an. Digimon Adventure pernah tayang pada prime time kartun anak-anak di Indosiar yaitu Minggu pagi. Ceritanya yang ringan cocok untuk dikonsumsi semua kalangan umur. Digimon Adventure dapat dipilih oleh Anda yang ingin menonton kartun 90an bersama anak-anak sambil bernostalgia dengan masa kecil.


Pada masanya, Digimon Adventure membuat anak-anak berkhayal memiliki partner monsternya masing-masing. Ceritanya berkisah tentang tujuh anak yang terjebak dalam dunia lain yang berisi monster. Kisahnya sangat kental dengan persahabatan. Sebagai informasi, jumlah episodenya di Vidio masih setengah dari keseluruhannya.

No.10

Cartoon NetworkThe Powerpuff Girls

Superhero 90-an yang relate dengan generasi sekarang

Mencari kartun 90an dengan nuansa ceria? Tontonlah kartun ini. DNA-nya saja sudah terasa dari penggunaan warnanya. Kartun ini sejatinya bukanlah versi orisinal dari The Powerpuff Girls. Meskipun versi reboot, kartun ini tetap mengajak penontonnya untuk mengikuti petualangan Blossom, Bubbles, dan Buttercup. 


Dialog dan konflik versi reboot sebenarnya lebih relate pada anak-anak generasi sekarang. Kartun ini mungkin kurang relevan untuk Anda yang pernah menikmati versi orisinalnya. Jadi, The Powerpuff Girls cocok untuk Anda yang ingin memperkenalkan kartun 90an pada anak. Sebagai informasi, saat ini baru tersedia season pertamanya yang berjumlah 39 episode di Vidio.

Baca juga rekomendasi film dan serial lainnya di sini

Selain kartun 90-an, masih banyak film dan serial yang bisa ditonton untuk menemani waktu luang Anda. Film dan serialnya juga bisa ditonton bersama anak. Kami sudah menyiapkan artikel rekomendasinya untuk Anda, Ulasan produknya pun tidak kami lewatkan. Yuk, buka link di bawah ini!

Kesimpulan

Sudah menemukan kartun 90an yang ingin segera Anda saksikan? Agar sesuai dengan waktu Anda, periksalah jumlah episodenya. Rating kartunnya pun perlu dicek lebih dahulu jika Anda berencana menyaksikannya bersama penonton yang lebih muda.


Apabila Anda berencana menonton sendiri, Anda bisa memilih genre yang sesuai selera. Jangan lupa untuk memilih audio dan subtitle-nya agar sesuai dengan preferensi Anda. Kartun yang pernah tayang di Indonesia pun bisa dipertimbangkan untuk bernostalgia dengan masa kecil!

5 Rekomendasi Kartun 90an terbaik

No. 1Toei AnimationSlam Dunk

No. 2MadhouseHunter x Hunter

No. 3GainaxNeon Genesis Evangelion

No. 4Toei AnimationDragon Ball

No. 5Toei AnimationSaint Seiya

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer