• 10 Rekomendasi Ultrabook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Ultrabook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Ultrabook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Ultrabook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Ultrabook Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Ultrabook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sebagai laptop tipis dengan performa di atas rata-rata, ultrabook menjadi perangkat yang diidamkan banyak orang. Tidak hanya untuk kebutuhan pekerjaan, spec yang diberikan ultrabook juga cukup memadai untuk gaming. Masuk dalam laptop high-end, kinerja ultrabook tidak perlu Anda ragukan lagi.


Saat ini, ada banyak merek ultrabook yang bagus, seperti Lenovo, ASUS, HP, MacBook, DELL, msi, dan lainnya. Dari segi harga, ultrabook memiliki range di bawah 10 juta hingga puluhan juta. Harga ultrabook ini mengikuti kualitas yang ditawarkan. Apabila Anda sedang mencari ultrabook, artikel ini untuk Anda. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Sandi Iswahyudi
Adhi Hermawan
Diat Zon
  • Pembaharuan terakhir: 12 Agustus 2021
  • 1.073 Views
Daftar isi

Apa itu ultrabook?

Pada awalnya, ultrabook adalah jenis laptop yang diperkenalkan Intel. Perbedaan antara ultrabook dengan laptop atau notebook terletak pada ukuran dan spesifikasinya. Ultrabook memiliki ukuran yang kecil, tipis, ringan, tetapi spesifikasinya tinggi. 


Dilihat dari sisi ukurannya, biasanya layar ultrabook berukuran 11–15 inci dengan ketebalan di bawah 2 cm. Bobot ultrabook juga ringan, di bawah 2 kg. Ultrabook sendiri memiliki beberapa keunggulan, baik dari kecepatan booting, kapasitas baterai, performa komputasi, hingga portabilitasnya.


Seiring perkembangan, banyak perusahaan elektronik yang memproduksi ultrabook dengan harga mulai 5 jutaan. Tentu saja, harga yang ditawarkan ini beriringan dengan spesifikasi yang dipasang. Jika Anda penasaran dengan produk ultrabook, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara memilih ultrabook terbaik

Sebelum membeli, perhitungkan berbagai aspek penting dari ultrabook, mulai dari spesifikasi, fitur, hingga harganya. Untuk memudahkan Anda memilih, kami akan menjelaskan hal yang perlu jadi perhatian Anda. 

Sesuaikan ultrabook dengan kebutuhan penggunaan Anda

Beberapa ultrabook didesain dengan kebutuhan tertentu, seperti ultrabook untuk kebutuhan profesional maupun gaming. Oleh karena itu, fitur dan spec yang ditawarkan ultrabook pun bervariasi. Kami akan menjelaskannya pada poin berikut. 

Profesional, pilihlah ultrabook dengan spesifikasi mumpuni

Untuk profesional, pilihlah ultrabook berspesifikasi tinggi agar lebih mudah membuka aplikasi dengan loading data besar. Jika Anda seorang video editor atau ilustrator, spesifikasi prosesor, RAM, kartu grafis, dan internal storage wajib diperhatikan. 


Untuk kenyamanan bekerja, pilihlah ultrabook dengan layar besar. Selain itu, periksa juga ketajaman warna (color gamut) layar ultrabook. Ada beberapa jenis color gamut pada layar, yakni sRGB, Adobe RGB, NTSC, dan DCI-P3. Untuk kebutuhan editing dan ilustrasi, pilihlah color gamut dengan nilai tinggi. Dengan begitu, cakupan warna pada monitor menjadi lebih luas dan Anda mendapatkan warna yang diinginkan.

Gaming, perhatikan VGA dan refresh rate-nya

Ultrabook yang didesain khusus untuk kebutuhan gaming memang tidak banyak. Meskipun demikian, spec yang ditawarkan ultrabook sudah cukup mumpuni untuk menjalankan game ringan. Ada game ringan yang bisa dimainkan, seperti GTA: San Andreas, Need For Speed: Most Wanted (2012), dan lainnya.


Jika Anda mencari ultrabook untuk game berat, lihatlah jenis VGA dan refresh rate-nya. Untuk VGA, pilih ultrabook dengan VGA dari NVIDIA atau AMD. Dua VGA tersebut memang dibuat untuk kebutuhan gaming.  


Untuk nilai refresh rate, kami merekomendasikan produk dengan refresh rate 120 Hz ke atas. Dengan nilai tersebut, gerakan-gerakan cepat saat gaming terlihat lebih jelas. Anda pun dapat mengenali musuh Anda dengan lebih mudah. 

Lihat jenis prosesor yang dipasang pada ultrabook

Prosesor adalah otak dari ultrabook yang memengaruhi keseluruhan performa produk. Makin tinggi level suatu prosesor, proses menjalankan aplikasi berat makin ringan. Ultrabook sendiri menggunakan dua merek prosesor, yakni Intel Core dan AMD Ryzen.

Intel Core, pilihan performa yang lebih bervariasi

Intel Core, pilihan performa yang lebih bervariasi

Prosesor Intel Core didesain agar ultrabook mampu mengoperasikan aplikasi berat. Salah satu ciri Intel Core adalah penamaannya yang terdiri dari huruf i kemudian diikuti angka. Contohnya, Intel Core i3, i5, i7, atau i9. Nilai i yang besar menunjukkan kecanggihan dari komponen komputasi data mesin, seperti cache, speed clock, dan lainnya. Dengan demikian, performa yang dihasilkan pun makin baik. 


Tingkat kecanggihan prosesor Intel juga perlu dilihat dari 4 digit angka di belakang i3, i5, dan seterusnya. Misalnya, Intel Core i7 1070U. Angka 10 menunjukkan prosesor i7 ini merupakan generasi 10. Makin baru generasinya, kinerja prosesornya makin baik. 


Kemudian, angka 70 menunjukkan SKU (stock keeping unit). Prosesor dengan SKU yang tinggi (pada merek dan generasi yang sama) memiliki fitur lebih banyak. Sementara itu, U merupakan kode untuk jenis prosesor Ultra-low Power. Sesuai namanya, Ultra-low Power berarti prosesor yang unggul dalam hal hemat daya.

AMD Ryzen, didesain untuk loading data berat

AMD Ryzen, didesain untuk loading data berat

Prosesor AMD Ryzen memiliki beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya adalah mampu mengoperasikan software besar, tidak mudah panas, dan hemat daya. Sama dengan Intel, penamaan prosesor AMD Ryzen juga memiliki arti tersendiri. 


Misalnya, Ryzen 7 4700U. Angka 7 di awal menunjukkan prosesor ini merupakan generasi ke-7 dari Ryzen. Kemudian, angka 4 pada 4700U merupakan level performa dari prosesor. Makin tinggi angkanya, performa prosesor pun makin baik. Biasanya, untuk performa kelas high performance, AMD menggunakan angka 4, 5, dan 6. Sementara itu, huruf U menunjukkan jenis prosesor Ultra-low Power yang hemat daya. 

Lihat beberapa spesifikasi penting lainnya

Spesifikasi dari perangkat ultrabook bisa dibilang sebagai nyawa dari ultrabook itu sendiri. Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa spesifikasi penting ultrabook

RAM, penting untuk Anda yang membuka beberapa software sekaligus

RAM, penting untuk Anda yang membuka beberapa software sekaligus

RAM (random-access memory) memiliki peran sebagai penyimpanan data sementara untuk aplikasi yang sedang berjalan. Kemudian, RAM juga berfungsi memproses data dari aplikasi yang sedang dijalankan. Makin besar kapasitas RAM, proses loading data ultrabook juga makin ringan dan cepat


RAM 4 GB sudah cukup untuk membuka aplikasi dengan komputasi data ringan, seperti Microsoft Office, browsing, dan streaming. Sementara itu, jika Anda sering membuka beberapa aplikasi sekaligus, pilihlah ultrabook dengan RAM 8 GB ke atas. RAM yang besar juga dibutuhkan untuk Anda yang memainkan game berat atau mengedit foto dan video.

Kartu grafis, memengaruhi kualitas tampilan layar ultrabook

VGA atau kartu grafis bertugas memproses grafis yang nantinya ditampilkan ke layar. Bisa dibilang, VGA memengaruhi kualitas grafis pada ultrabook. Jika Anda mencari ultrabook untuk gaming, ilustrasi, dan video editing, pilihlah produk dengan VGA NVIDIA dan AMD.


Untuk penggunaan yang tidak mementingkan grafis, seperti menonton, menulis, browsing, dan mengolah data, gunakanlah VGA Intel. Ini merupakan kartu grafis standar pada perangkat laptop maupun ultrabook. Meskipun demikian, Intel juga mempunyai VGA kelas atas yang mampu bersaing dengan NVIDIA dan AMD.

Penyimpanan internal, sesuaikan dengan jenis file yang disimpan

Penyimpanan internal, sesuaikan dengan jenis file yang disimpan

Ultrabook menggunakan jenis penyimpanan internal solid-state drive (SDD). SDD memiliki daya tahan, loading data, dan booting sistem yang cepat. Namun, sistem penyimpanan ini memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan HDD. 


Jika Anda menyimpan file kecil, seperti dokumen, software sederhana, ultrabook berkapasitas 250 GB sudah cukup. Apabila kapasitas tersebut masih belum mencukupi, Anda dapat memilih ultrabook dengan penyimpanan internal 512 GB. 

Pilihlah ultrabook dengan konektivitas yang lengkap

Periksa juga jenis dan jumlah input port yang tersedia pada ultrabook. Input port ini akan memudahkan Anda untuk menghubungkan ultrabook dengan perangkat lain, seperti smartphone, proyektor, dan lainnya. Beberapa input port yang biasanya sering digunakan adalah USB Type-A, Type-C, HDMI, audio jack, hingga LAN.


Selain itu, jumlah input port juga penting, khususnya USB Type-A dan USB Type-C. Kedua jenis port ini sering digunakan saat hendak menghubungkan ke smartphone, flashdisk, HDD eksternal, dan lainnya. Jika Anda sering memakai perangkat-perangkat tersebut, perhatikan input port ini, ya. 

Lihat juga kapasitas baterai untuk penggunaan yang lebih lama

Salah satu yang diunggulkan dari ultrabook adalah daya tahan baterainya. Meskipun demikian, tiap-tiap ultrabook memiliki daya tahan baterai yang berbeda-beda. Kapasitas baterai ultrabook dinyatakan dalam satuan Wh (watt hour). Makin besar nilainya Wh, makin lama juga Anda menggunakan ultrabook.

 
Meskipun demikian, durasi baterai ultrabook juga dipengaruhi dengan daya yang dibutuhkan. Karena memiliki sistem yang berbeda-beda, tentu daya yang dikeluarkan tiap-tiap ultrabook ini juga berbeda. Rata-rata ultrabook memiliki daya tahan baterai 7–10 jam. Ada juga ultrabook dengan daya tahan baterai hingga 24 jam. Perhatikan poin ini juga, ya.

Cek fitur-fitur yang tersedia di ultrabook

Termasuk dalam kelas high-end, ultrabook juga mempunyai beberapa fitur yang berguna. Setidaknya ada dua fitur yang terpasang di banyak ultrabook, yakni webcam dan fingerprint.


  • Fingerprint 

Fingerprint menjadi salah satu fitur mewah yang dimiliki ultrabook. Sama seperti pada smartphone, fingerprint yang ada di ultrabook mempercepat proses menghidupkan dan mematikan ultrabook. Dengan fingerprint ini, waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan ultrabook pun menjadi lebih singkat. 

 

  • Webcam

Webcam menjadi fitur yang paling umum dan ada di setiap ultrabook. Perbedaannya, webcam yang terpasang di ultrabook ini memiliki kualitas yang berbeda-beda. Jika Anda sering melakukan virtual meeting atau kelas online, pastikan webcam beresolusi 720p ke atas. Dengan resolusi tersebut, gambar Anda yang ditampilkan sudah bersih dan minim noise

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

AppleMacBook Air (Retina, 13-inch, 2019)

Mulai dari Rp 14.721.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

ASUS VivoBook 14 X412FA

Mulai dari Rp 8.395.000,00

10 Rekomendasi ultrabook terbaik

Kami telah menyeleksi ultrabook yang bagus untuk Anda. Bacalah dengan saksama spesifikasi, fitur, dan keunggulan produk di bawah ini. 

10
Ukuran layar14 inci
RAM8 GB
Prosesor Intel Core i3-1005G1
VGAIntel UHD Graphics
Penyimpanan internal256 GB
Baterai45 Wh (hingga 7,5 jam)
Input portUSB Type-A (3), HDMI (1), SD card reader (1)
FiturWebcam, fingerprint sensor
Berat1,6 kg
Dimensi 32,7 cm x 24,1 cm x 1,99 cm
9
Ukuran layar14 inci
RAM4 GB
ProsesorIntel® Core™ i3-8145U
VGAIntel® UHD Graphics 620
Penyimpanan internal512 GB
Baterai72 Wh (hingga 24 jam)
Input portUSB Type-A (1), USB Type-C (1), HDMI (1), audio jack (1), card reader (1)
FiturWebcam, fingerprint sensor
Berat1,35 kg
Dimensi 32,3 cm x 20,8 cm x 1,65 cm
8
Ukuran layar15,6 inci
RAM8 GB
Prosesor10th Gen Intel® Core™ i3-10110U
VGAIntel® UHD Graphics 620
Penyimpanan internal256 GB
Baterai42 Wh
Input portUSB-A (3), USB-C (1), HDMI (1), 3,5 mm audio jack (1)
FiturWebcam, fingerprint sensor
Berat1,53 kg
Dimensi 35,7 cm x 22,9 cm x 1,69 cm
7

SharpDynabook Satellite Pro C40

PSY36L-00P03

Mulai dari Rp 6.999.000,00

Ukuran layar14 inci
RAM4 GB
ProsesorIntel® CoreTM i3-1005G1 Dual Core
VGAIntel® UHD Graphics 620
Penyimpanan internal256 GB
Baterai45 Wh (hingga 12 jam)
Input portUSB Type-A (2), USB Type-C (1), HDMI (1), LAN (1), microSD card reader (1), audio jack (1)
FiturWebcam, fingerprint sensor
Berat1,49 kg
Dimensi 32,8 cm x 22,4 cm x 1,89 cm
6
Ukuran layar14 inci
RAM8 GB
ProsesorIntel® Core™ i3-10110U
VGAIntel UHD Graphic
Penyimpanan internal256 GB
Baterai39 Wh (hingga 10 jam)
Input portUSB Type-C (2), USB Type-A (2), SD card (1), HDMI (1), audio jack (1)
FiturWebcam
Berat1,18 kg
Dimensi 32,2 cm x 22,2 cm x 1,59 cm
5

HP Pavilion X360 Convertible 14-dy0061TU

3Y5T3PA

Mulai dari Rp 10.799.000,00

Ukuran layar14 inci
RAM8 GB
ProsesorIntel® Core™ i3-1125G4
VGAIntel® UHD Graphics
Penyimpanan internal512 SSD
Baterai43 Wh (12 jam 30 menit)
Input portUSB Type-A (2), USB Type-C (1), HDMI (1), headphone (1)
FiturWebcam, fingerprint sensor, touchscreen
Berat1,5 kg
Dimensi 32,2 cm x 20,9 cm x 1,99 cm
4

AcerSwift 3 Ryzen 4000

SF314-42

Mulai dari Rp 10.399.000,00

Ukuran layar14 inci
RAM8 GB
ProsesorAMD Ryzen™ 5 4500U
VGAAMD Radeon™ Graphics
Penyimpanan internal512 GB SSD
Baterai48 Wh (hingga 12 jam)
Input portUSB Type-A (2), USB Type-C (1), HDMI (1), audio jack (1)
FiturWebcam, fingerprint
Berat1,2 kg
Dimensi 32,3 cm x 21,8 cm x 1,5 cm
3
Ukuran layar13,3 inci
RAM16 GB
Prosesor8th Gen Intel® Core™ i7 1065G
VGAIntel® UHD Graphics 620 + NVIDIA® GeForce® GTX1650
Penyimpanan internal512 GB SSD
Baterai53,1 Wh
Input portUSB Type-C, USB Type-A, USB Thunderbolt, audio jack
FiturWebcam, touchscreen
Berat1,41 kg
Dimensi 30,4 cm x 21 cm x 1,4 cm
2
Ukuran layar13,3 inci
RAM8 GB
ProsesorApple M1 chip with 8‑core CPU
VGAIntel Iris Plus Graphics
Penyimpanan internal512 GB SSD
Baterai49,9 Wh (hingga 18 jam)
Input portUSB Type-C (2), audio jack (1)
FiturWebcam, fingerprint
Berat1,29 kg
Dimensi 30,4 cm x 21,2 cm x 0,41 cm–1,61 cm
1
Ukuran layar13,3 inci
RAM8 GB
ProsesorIntel® Core™ i7-1165G7 Processor
VGANvidia® GeForce® MX350
Penyimpanan internal512 GB SSD
Baterai40 Wh
Input portUSB Type-A (2), USB Type-C (1, Display Port (1), HDMI (1), audio jack (1), microSD card (1)
FiturFingerprint, webcam
Berat1,23 kg
Dimensi 30,5 sm x 20,3 cm x 1,5 cm

Tabel perbandingan produk ultrabook terbaik

Gambar produk
1
DELL Inspiron 13 5000 Laptop 1

DELL

2
Apple MacBook Air M1 2020 1

Apple

3
Razer   Blade Stealth 13 1

Razer

4
Acer Swift 3 Ryzen 4000  1

Acer

6
msi Modern 14  1

msi

7
Sharp Dynabook Satellite Pro C40 1

Sharp

8
HUAWEI  MateBook D15 1

HUAWEI

9
Asus  VivoBook Ultra  1

Asus

10
Lenovo IdeaPad Slim 3i (14) 1

Lenovo

Nama produk

Inspiron 13 5000 Laptop

MacBook Air M1 2020

Blade Stealth 13

Swift 3 Ryzen 4000

Modern 14

Dynabook Satellite Pro C40

MateBook D15

VivoBook Ultra

IdeaPad Slim 3i (14)

Keunggulan

Cari inspirasi di mana saja jadi makin mudah!

Kualitas premium untuk Apple enthusiast

Color gamut tinggi, wujudkan kedalaman warna yang Anda inginkan

Fitur fast charging untuk Anda yang supersibuk!

Desain elegan untuk kebutuhan profesional

Jaga diri tetap sehat dengan ultrabook antibakteri!

Manjakan mata Anda dengan bezel layar yang tipis

Material kukuh dengan kapasitas baterai besar

Pilihan terjangkau untuk para pelajar

Harga mulai dariRp 15.899.000,00Rp 18.799.000,00Rp 20.999.000,00Rp 10.399.000,00Rp 8.499.000,00Rp 6.999.000,00Rp 9.499.000,00Rp 7.549.000,00Rp 6.799.000,00
Ukuran layar13,3 inci13,3 inci13,3 inci14 inci14 inci14 inci15,6 inci14 inci14 inci
RAM8 GB 8 GB16 GB 8 GB 8 GB4 GB 8 GB4 GB 8 GB
ProsesorIntel® Core™ i7-1165G7 Processor Apple M1 chip with 8‑core CPU8th Gen Intel® Core™ i7 1065GAMD Ryzen™ 5 4500UIntel® Core™ i3-10110UIntel® CoreTM i3-1005G1 Dual Core10th Gen Intel® Core™ i3-10110UIntel® Core™ i3-8145U Intel Core i3-1005G1
VGANvidia® GeForce® MX350Intel Iris Plus GraphicsIntel® UHD Graphics 620 + NVIDIA® GeForce® GTX1650AMD Radeon™ GraphicsIntel UHD GraphicIntel® UHD Graphics 620Intel® UHD Graphics 620Intel® UHD Graphics 620Intel UHD Graphics
Penyimpanan internal512 GB SSD512 GB SSD 512 GB SSD512 GB SSD 256 GB256 GB 256 GB512 GB 256 GB
Baterai40 Wh49,9 Wh (hingga 18 jam)53,1 Wh48 Wh (hingga 12 jam)39 Wh (hingga 10 jam)45 Wh (hingga 12 jam)42 Wh 72 Wh (hingga 24 jam)45 Wh (hingga 7,5 jam)
Input portUSB Type-A (2), USB Type-C (1, Display Port (1), HDMI (1), audio jack (1), microSD card (1)USB Type-C (2), audio jack (1)USB Type-C, USB Type-A, USB Thunderbolt, audio jack USB Type-A (2), USB Type-C (1), HDMI (1), audio jack (1)USB Type-C (2), USB Type-A (2), SD card (1), HDMI (1), audio jack (1)USB Type-A (2), USB Type-C (1), HDMI (1), LAN (1), microSD card reader (1), audio jack (1)USB-A (3), USB-C (1), HDMI (1), 3,5 mm audio jack (1)USB Type-A (1), USB Type-C (1), HDMI (1), audio jack (1), card reader (1)USB Type-A (3), HDMI (1), SD card reader (1)
FiturFingerprint, webcamWebcam, fingerprintWebcam, touchscreenWebcam, fingerprintWebcamWebcam, fingerprint sensorWebcam, fingerprint sensorWebcam, fingerprint sensorWebcam, fingerprint sensor
Berat1,23 kg1,29 kg1,41 kg1,2 kg1,18 kg1,49 kg1,53 kg1,35 kg1,6 kg
Dimensi 30,5 sm x 20,3 cm x 1,5 cm30,4 cm x 21,2 cm x 0,41 cm–1,61 cm30,4 cm x 21 cm x 1,4 cm32,3 cm x 21,8 cm x 1,5 cm32,2 cm x 22,2 cm x 1,59 cm32,8 cm x 22,4 cm x 1,89 cm35,7 cm x 22,9 cm x 1,69 cm32,3 cm x 20,8 cm x 1,65 cm32,7 cm x 24,1 cm x 1,99 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aksesori laptop lainnya di sini

Agar penggunaan ultrabook lebih nyaman, ada beberapa aksesori yang bisa digunakan. Beberapa aksesori tersebut, misalnya stand laptop, kacamata antiradiasi, dan lainnya. Jika Anda membutuhkan ulasannya, silakan buka tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bentuknya yang tipis dan spesifikasinya yang tinggi, membuat ultrabook diminati oleh banyak orang. Dengan ultrabook, Anda bisa melakukan urusan pekerjaan dengan lebih optimal.


Kami telah mengulas cara memilih dan memberikan sederet produk ultrabook terbaik untuk Anda. Apakah ada produk ultrabook yang memikat hati Anda? Silakan jadikan artikel ini sebagai panduan untuk melakukan perbandingan produk-produk yang Anda incar. Selamat memilih ultrabook terbaik!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin pernah mendengar 2-in-1 laptop atau 2-in-1 tablet. 2-in-1 laptop merupakan jenis laptop flip yang bisa dilipat menjadi tablet. Sementara itu, 2-in-1 tablet adalah laptop dengan keyboard yang bisa dilepas dan difungsikan seperti tablet. Laptop ini tersedia dalam spec yang tangguh, mulai Intel Core i3 dan i5 hingga Ryzen 7 untuk kebutuhan gaming. Ada pula yang dilengkapi stylus pen yang canggih. Berbagai merek 2-in-1 laptop atau tablet yang bagus, seperti Dell, Lenovo, dan ASUS beredar di pasaran. Baca artikel ini sampai selesai supaya Anda tidak bingung saat memilih!
    Laptop
    203.267 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop ASUS sudah diandalkan oleh berbagai kalangan. Laptop merk ASUS serinya beragam mulai dari ditujukan untuk mobilitas tinggi, komputasi ringan, bisnis, hingga gaming. Prosesornya pun bervariasi, dari Intel Core i3, Intel Core i5, dan yang terbaru seperti Intel Core i9.Kali ini kami akan berbagi tentang cara memilih laptop ASUS yang bagus, serta merekomendasikan produk terbaik. Ada VivoBook X441MA, Zenbook, ROG, dan banyak lagi. Kami juga berkolaborasi dengan software engineer kami, Yosua Surojo. Review laptop ASUS pilihan kami pun telah tersedia. Simak sampai akhir, ya!
    Laptop
    180.944 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hewlett-Packard, yang juga biasa disebut HP merupakan produsen terkenal dalam pembuatan produk terkait komputer. Merek ini juga banyak mengeluarkan produk laptop. Beberapa seri yang dapat dijumpai ialah HP Essential, ENVY, Pavilion, dan OMEN. Terdapat pula laptop yang bisa digunakan secara 2-in-1 dan ringkas dibawa ke mana saja.Banyaknya pilihan yang ditawarkan tentu membuat Anda bingung dalam memilihnya. Untuk itu, kami akan merekomendasikan produk laptop HP terbaik yang dapat dibeli secara online. Gunakan artikel ini untuk menemukan laptop HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Laptop
    94.947 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, khususnya untuk rumpun sains. Namun, software yang digunakan untuk perkuliahan sering kali membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Anda mungkin saja belum memiliki gambaran jelas mengenai cara menentukan laptop yang tepat.Jika Anda seorang mahasiswa rumpun sains, artikel ini ditujukan untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih laptop untuk kebutuhan perkuliahan di program studi sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!
    Laptop
    61.089 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop Dell merupakan salah satu merek laptop populer dengan harga yang cukup ekonomis. Namun, laptop Dell memiliki berbagai varian dengan spesifikasi, desain, dan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Bergabunglah bersama kami dalam artikel yang mengulas cara memilih laptop Dell. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop Dell terbaik dari seri Inspiron, XPS, dan Alienware. Jadi, silakan bookmark dan rekomendasikan juga artikel ini kepada kerabat Anda, ya!
    Laptop
    72.065 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Acer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Acer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop adalah salah satu peralatan penting untuk menunjang kegiatan harian Anda di zaman yang serba digital ini. Laptop menjadi populer karena harganya relatif murah dan lebih praktis dibandingkan komputer. Acer adalah salah satu merek laptop terkenal di Indonesia. Ada banyak seri yang dibedakan berdasarkan fungsinya seperti seri Aspire, Swift, dan Nitro.Kali ini, kami akan memberikan informasi terkait keunggulan laptop Acer serta cara memilihnya. Selain itu, kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi laptop Acer terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini sampai akhir, ya!
    Laptop
    6.838 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Dengan Prosesor Intel Core i7 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Dengan Prosesor Intel Core i7 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk menjalankan aplikasi yang berat, dibutuhkan laptop dengan prosesor tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika spesifikasi prosesor menjadi hal yang sangat diutamakan. Core i7 merupakan prosesor kelas tinggi yang diproduksi Intel saat ini. Di pasaran sendiri, cukup banyak laptop dengan berbagai merek yang telah mendukung prosesor Intel Core i7. Misalnya Acer, Asus, Dell, HP, dan Apple Macbook Pro. Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih dan memberikan sepuluh rekomendasi laptop dengan prosesor Intel Core i7 dan i7 10th Generation terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Laptop
    42.650 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021)
    Desain grafis merupakan pekerjaan yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi. Tak heran, harga laptop untuk desain grafis di pasaran tidaklah murah, yaitu mulai dari 6 jutaan, bahkan lebih. Saking banyaknya jenis dan merk laptop desain grafis, sering kali konsumen merasa bingung saat hendak membeli produk.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih spesifikasi laptop untuk desain grafis. Kami juga akan memberikan rekomendasi laptop yang bagus dengan spesifikasi tinggi untuk desain grafis 3D dan 2D. Merek laptop terbaik dari ASUS, Acer, dan HP juga akan Anda temukan dalam artikel kami. 
    Laptop
    11.592 Views
  • 10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MacBook hingga kini masih menjadi laptop favorit banyak orang. Kualitas serta performa yang prima menjadikan MacBook sebagai salah satu merk laptop yang bagus dan terbaik. Bila Anda berminat untuk membeli MacBook, baca artikel ini hingga tuntas sebab kami punya tips memilihnya untuk Anda.Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk MacBook terbaik, misalnya MacBook Air M1 dan MacBook Pro M1. Kami akan mengulas produk terbaru seperti MacBook Pro 2020 dan MacBook Air 2020. Namun, produk sebelumnya seperti MacBook Air 2017 pun tersedia untuk dijadikan pilihan. Segera simak selengkapnya, ya!
    Laptop
    7.401 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop terbaik dan terbaru untuk Anda. Merek laptop terkenal untuk mahasiswa, seperti Asus, Apple, Lenovo, dan Acer akan Anda temukan dalam daftar produk rekomendasi kami.
    Laptop
    2.560 Views
  • Artikel populer

  • 10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru 2021? Merk Lenovo terkenal sebagai produsen laptop berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya. Tentunya, tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, seperti prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Kami akan me-review sepuluh laptop Lenovo yang bagus untuk Anda. Ada juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.
    Laptop
    181.118 Views
  • 10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin pernah mendengar 2-in-1 laptop atau 2-in-1 tablet. 2-in-1 laptop merupakan jenis laptop flip yang bisa dilipat menjadi tablet. Sementara itu, 2-in-1 tablet adalah laptop dengan keyboard yang bisa dilepas dan difungsikan seperti tablet. Laptop ini tersedia dalam spec yang tangguh, mulai Intel Core i3 dan i5 hingga Ryzen 7 untuk kebutuhan gaming. Ada pula yang dilengkapi stylus pen yang canggih. Berbagai merek 2-in-1 laptop atau tablet yang bagus, seperti Dell, Lenovo, dan ASUS beredar di pasaran. Baca artikel ini sampai selesai supaya Anda tidak bingung saat memilih!
    Laptop
    203.198 Views
  • 10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Sedang mencari rekomendasi laptop di bawah 5 juta terbaru? Saat ini, ada banyak pilihan laptop di bawah 5 juta, baik untuk pekerja profesional maupun mahasiswa. Maka dari itu, tentukanlah dahulu spesifikasi dan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Di artikel ini, Anda akan menemukan beragam merek laptop di bawah 5 juta yang bagus, seperti Lenovo, HP, ASUS, dan lainnya. Fitur-fiturnya pun bervariasi mulai dari memori SSD hingga kamera yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Ayo, temukan laptop dengan harga terjangkau!
    Laptop
    258.637 Views
  • 10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop telah menjadi perlengkapan wajib yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Terdapat banyak laptop dengan spesifikasi serta harga yang beragam. Agar aktivitas Anda tidak terganggu pilihlah laptop terbaik dengan spek yang tinggi. Banyak laptop spek tinggi yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas laptop terbaru dengan harga 4 jutaan dengan spek terbaik. Berkolaborasi dengan pakar Yosua Surojo dari software engineer, kami akan merekomendasikan laptop terbaik untuk Anda. Beberapa produk merupakan merek terkenal, seperti Acer, ASUS, HP, dan merek bagus lainnya.
    Laptop
    333.034 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop terbaik dan terbaru untuk Anda. Merek laptop terkenal untuk mahasiswa, seperti Asus, Apple, Lenovo, dan Acer akan Anda temukan dalam daftar produk rekomendasi kami.
    Laptop
    2.513 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop ASUS sudah diandalkan oleh berbagai kalangan. Laptop merk ASUS serinya beragam mulai dari ditujukan untuk mobilitas tinggi, komputasi ringan, bisnis, hingga gaming. Prosesornya pun bervariasi, dari Intel Core i3, Intel Core i5, dan yang terbaru seperti Intel Core i9.Kali ini kami akan berbagi tentang cara memilih laptop ASUS yang bagus, serta merekomendasikan produk terbaik. Ada VivoBook X441MA, Zenbook, ROG, dan banyak lagi. Kami juga berkolaborasi dengan software engineer kami, Yosua Surojo. Review laptop ASUS pilihan kami pun telah tersedia. Simak sampai akhir, ya!
    Laptop
    180.904 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2021)
    Di era digital seperti sekarang, kebutuhan perangkat laptop dengan spesifikasi tinggi makin meningkat. Hal itu diperlukan oleh Anda yang berprofesi di bidang industri kreatif seperti editor video untuk menunjang pekerjaan. Dengan spesifikasi laptop yang mumpuni, pekerjaan editing video bisa lebih mudah, cepat, dan efisien. Berbagai merk seperti HP, Lenovo, dan Acer berusaha memenuhi spesifikasi tinggi tersebut dengan beragam tipe laptop. Untuk itu, kami akan memberikan Anda tips memilih laptop yang bagus untuk editing video. Agar mendapatkan yang terbaik, kami juga akan merekomendasikan produk laptop dari berbagai merk. Selamat menyimak!
    Laptop
    25.272 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori