1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Laptop
  6. >
  7. 10 Ultrabook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Ultrabook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Ultrabook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Ultrabook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Ultrabook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Ultrabook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Ultrabook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Sebagai laptop tipis dengan performa di atas rata-rata, ultrabook menjadi perangkat yang diidamkan banyak orang. Selain untuk kebutuhan pekerjaan, spesifikasi yang diberikan laptop ultrabook juga cukup memadai untuk gaming.


Saat ini ada banyak merek ultrabook yang bagus, seperti Lenovo, Asus, HP, MacBook, Dell, MSI, dan lainnya. Dari segi harga, ultrabook memiliki range di bawah 10 juta hingga puluhan juta sesuai kualitas yang ditawarkan. Apabila Anda sedang mencari review ultrabook terbaik, artikel ini tepat untuk Anda baca. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!

Diperbaharui 12-16-2022
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu ultrabook?

Apa itu ultrabook?

Pada awalnya, ultrabook adalah jenis laptop yang diperkenalkan Intel. Perbedaan antara ultrabook dengan laptop atau notebook terletak pada ukuran dan spesifikasinya. Ultrabook memiliki ukuran yang kecil, tipis, ringan, tetapi spesifikasinya tinggi.


Dilihat dari sisi ukurannya, biasanya layar ultrabook berukuran 11–15 inci dengan ketebalan di bawah 2 cm. Bobot ultrabook juga ringan, di bawah 2 kg. Ultrabook memiliki beberapa keunggulan, baik dari kecepatan booting, kapasitas baterai, performa komputasi, maupun portabilitasnya.


Seiring perkembangan, banyak perusahaan yang memproduksi ultrabook dengan harga di bawah 10 juta. Tentu saja, harga yang ditawarkan ini beriringan dengan spesifikasi yang dimiliki. Jika Anda penasaran dengan produk ultrabook, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih ultrabook terbaik

Sebelum membeli, perhitungkan berbagai aspek penting dari ultrabook, mulai dari spesifikasi, fitur, hingga harganya. Untuk memudahkan Anda memilih, kami akan menjelaskan hal yang perlu jadi perhatian.

① Sesuaikan ultrabook dengan kebutuhan penggunaan Anda

Beberapa ultrabook didesain dengan kebutuhan tertentu. Beberapa ultrabook dirancang untuk profesional, tetapi ada juga yang dirancang untuk gaming. Berikut ini penjelasan dari tiap-tiap tipe ultrabook.

Profesional, memiliki spesifikasi mumpuni

Profesional, memiliki spesifikasi mumpuni

Untuk profesional, pilihlah ultrabook berspesifikasi tinggi agar lebih mudah membuka aplikasi dengan loading data besar. Jika Anda seorang video editor atau ilustrator, spesifikasi prosesor, RAM, kartu grafis, dan internal storage wajib diperhatikan.


Untuk kenyamanan bekerja, pilihlah ultrabook dengan layar besar. Selain itu, periksa juga ketajaman warna (color gamut) layar ultrabook. Ada beberapa jenis color gamut pada layar, yakni sRGB, Adobe RGB, NTSC, dan DCI-P3. Untuk kebutuhan editing dan ilustrasi, pilihlah color gamut dengan nilai tinggi. Dengan begitu, cakupan warna pada monitor menjadi lebih luas dan Anda mendapatkan warna yang diinginkan.

Gaming, VGA NVIDIA atau AMD ideal untuk dipilih

Gaming, VGA NVIDIA atau AMD ideal untuk dipilih

Ultrabook yang didesain khusus untuk kebutuhan gaming memang tidak banyak. Meskipun demikian, spesifikasi yang ditawarkan ultrabook sudah cukup mumpuni untuk menjalankan game ringan. Ada game ringan yang bisa dimainkan, seperti GTA: San Andreas, Need For Speed: Most Wanted (2012), dan lainnya.


Jika Anda mencari ultrabook untuk game berat, lihatlah jenis VGA dan refresh rate-nya. Untuk VGA, pilih ultrabook dengan VGA dari NVIDIA atau AMD. Dua VGA tersebut memang dibuat untuk kebutuhan gaming.


Untuk nilai refresh rate, kami merekomendasikan produk dengan refresh rate 120 Hz ke atas. Dengan nilai tersebut, gerakan-gerakan cepat saat gaming terlihat lebih jelas. Anda pun dapat mengenali musuh Anda dengan lebih mudah.

② Lihat jenis prosesor yang dipasang pada ultrabook

Prosesor adalah otak dari ultrabook yang memengaruhi keseluruhan performa produk. Makin tinggi level suatu prosesor, proses menjalankan aplikasi berat makin ringan. Ultrabook sendiri menggunakan dua merek prosesor, yakni Intel Core dan AMD Ryzen.

Intel Core, pilihan performa yang lebih bervariasi

Intel Core, pilihan performa yang lebih bervariasi

Prosesor Intel Core didesain agar ultrabook mampu mengoperasikan aplikasi berat. Salah satu ciri Intel Core adalah penamaannya yang terdiri dari huruf i kemudian diikuti angka. Contohnya, Intel Core i3, i5, i7, atau i9. Nilai i yang besar menunjukkan kecanggihan dari komponen komputasi data mesin, seperti cache, speed clock, dan lainnya. Dengan demikian, performa yang dihasilkan pun makin baik. 


Tingkat kecanggihan prosesor Intel juga perlu dilihat dari 4 digit angka di belakang i3, i5, dan seterusnya. Misalnya, Intel Core i7 1070U. Angka 10 menunjukkan prosesor i7 ini merupakan generasi 10. Makin baru generasinya, maka kinerja prosesornya makin baik. 


Kemudian, angka 70 menunjukkan SKU (stock keeping unit). Prosesor dengan SKU yang tinggi (pada merek dan generasi yang sama) memiliki fitur lebih banyak. Sementara itu, U merupakan kode untuk jenis prosesor Ultra-low Power. Sesuai namanya, Ultra-low Power berarti prosesor yang unggul dalam hal hemat daya.

AMD Ryzen, cocok untuk software berat

AMD Ryzen, cocok untuk software berat

Prosesor AMD Ryzen memiliki beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya adalah mampu mengoperasikan software besar, tidak mudah panas, dan hemat daya. Sama dengan Intel, penamaan prosesor AMD Ryzen juga memiliki arti tersendiri.


Misalnya, Ryzen 7 4700U. Angka 7 di awal menunjukkan prosesor ini merupakan generasi ke-7 dari Ryzen. Kemudian, angka 4 pada 4700U merupakan level performa dari prosesor. Makin tinggi angkanya, performa prosesor pun makin baik. Biasanya, untuk performa kelas high performance, AMD menggunakan angka 4, 5, dan 6. Sementara huruf U, menunjukkan jenis prosesor Ultra-low Power yang hemat daya.

③ Cermati spesifikasi penting lainnya

Spesifikasi dari perangkat ultrabook bisa dibilang sebagai nyawa dari ultrabook. Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa spesifikasi penting ultrabook.

RAM, penting untuk membuka beberapa software sekaligus

RAM, penting untuk membuka beberapa software sekaligus

RAM (random-access memory) memiliki peran sebagai penyimpanan data sementara untuk aplikasi yang sedang berjalan. Kemudian, RAM juga berfungsi memproses data dari aplikasi yang sedang dijalankan. Makin besar kapasitas RAM, proses loading data ultrabook juga makin ringan dan cepat.


RAM 4 GB sudah cukup untuk membuka aplikasi dengan komputasi data ringan, seperti Microsoft Office, browsing, dan streaming. Sementara itu, jika Anda sering membuka beberapa aplikasi sekaligus, pilihlah ultrabook dengan RAM 8 GB ke atas. RAM yang besar juga dibutuhkan untuk Anda yang memainkan game berat atau mengedit foto dan video.

Kartu grafis, memengaruhi kualitas tampilan layar ultrabook

Kartu grafis, memengaruhi kualitas tampilan layar ultrabook

VGA atau kartu grafis bertugas memproses grafis yang nantinya ditampilkan ke layar. Bisa dibilang, VGA memengaruhi kualitas grafis pada ultrabook. Jika Anda mencari ultrabook untuk gaming, ilustrasi, dan video editing, pilihlah produk dengan VGA NVIDIA dan AMD.


Untuk penggunaan yang tidak mementingkan grafis, seperti menonton, menulis, browsing, dan mengolah data, gunakanlah VGA Intel. Ini merupakan kartu grafis standar pada perangkat laptop dan ultrabook. Meskipun demikian, Intel juga mempunyai VGA kelas atas yang mampu bersaing dengan NVIDIA dan AMD.

Penyimpanan internal, bisa disesuaikan dengan jenis file yang disimpan

Penyimpanan internal, bisa disesuaikan dengan jenis file yang disimpan

Ultrabook menggunakan jenis penyimpanan internal solid-state drive (SDD). SDD memiliki daya tahan, loading data, dan booting sistem yang cepat. Namun, sistem penyimpanan ini memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan HDD.


Jika Anda menyimpan file kecil, seperti dokumen, software sederhana, ultrabook berkapasitas 250 GB sudah cukup. Apabila kapasitas tersebut masih belum mencukupi, Anda dapat memilih ultrabook dengan penyimpanan internal 512 GB.

④ Perhatikan konektivitas yang ada di dalamnya

Perhatikan konektivitas yang ada di dalamnya

Periksa juga jenis dan jumlah input port yang tersedia pada ultrabook. Input port ini akan memudahkan Anda untuk menghubungkan ultrabook dengan perangkat lain, seperti smartphone, proyektor, dan lainnya.


Beberapa input port yang biasanya sering digunakan adalah USB type-A, type-C, HDMI, audio jack, hingga LAN. Selain itu, jumlah input port juga penting, khususnya USB type-A dan USB type-C. Kedua jenis port ini sering digunakan saat hendak menghubungkan ke smartphone, flashdisk, HDD eksternal, dan lainnya.

⑤ Periksa kapasitas baterai

Periksa kapasitas baterai

Salah satu yang diunggulkan dari ultrabook adalah daya tahan baterainya. Meskipun demikian, tiap-tiap ultrabook memiliki daya tahan baterai yang berbeda-beda. Kapasitas baterai ultrabook dinyatakan dalam satuan Wh (watt hour). Makin besar nilainya Wh, makin lama juga Anda menggunakan ultrabook.

 
Meskipun demikian, durasi baterai ultrabook juga dipengaruhi dengan daya yang dibutuhkan. Karena memiliki sistem yang berbeda-beda, daya yang dikeluarkan tiap-tiap ultrabook ini juga berbeda. Rata-rata ultrabook memiliki daya tahan baterai 7–10 jam. Ada juga ultrabook dengan daya tahan baterai hingga 24 jam.

⑥ Cek fitur lain yang tersedia

Termasuk dalam kelas high-end, ultrabook juga mempunyai beberapa fitur yang berguna. Setidaknya ada dua fitur yang terpasang pada banyak ultrabook, yakni webcam dan fingerprint.

Fingerprint, meningkatkan keamanan dan privasi

Fingerprint, meningkatkan keamanan dan privasi

Fingerprint menjadi salah satu fitur mewah yang dimiliki ultrabook. Sama seperti pada smartphone, fitur ini mempercepat proses menghidupkan dan mematikan peranti. Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan ultrabook pun menjadi lebih singkat. Anda tidak perlu memasukkan kata sandi untuk mengakses ultrabook.


Di samping itu, fingerprint juga meningkatkan keamanan privasi ultrabook. Hal ini disebabkan, autentifikasi hanya dapat dilakukan oleh pemilik ultrabook. Dengan demikian, tidak sembarang orang bisa mengakses ultrabook.

Webcam, penting bagi Anda yang sering meeting online

Webcam, penting bagi Anda yang sering meeting online

Webcam menjadi fitur yang paling umum dan ada di setiap ultrabook. Perbedaannya, webcam yang terpasang pada ultrabook memiliki kualitas yang berbeda-beda. Jika Anda sering melakukan virtual meeting atau kelas daring, pastikan webcam beresolusi 720p ke atas. Dengan resolusi tersebut, gambar yang ditampilkan sudah bersih dan minim noise.

10 Rekomendasi ultrabook terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk ultrabook terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Huawei

MateBook D15 2022

Huawei MateBook D15 2022 1枚目

Layar besar dengan kualitas audio visual jempolan

2

Apple

MacBook Air M1 2020

Apple MacBook Air M1 2020 1枚目

Kerja berat tanpa takut baterai sekarat

3

Dell

Inspiron 15

Dell Inspiron 15 1枚目

Mengolah data tanpa khawatir nge-lag

4

Acer

Swift 3 Infinity 4 Ultrathin Laptop

Acer Swift 3 Infinity 4 Ultrathin Laptop 1枚目

Ultrabook ringan dengan masa baterai awet

5

HP

Pavilion Aero Laptop

HP Pavilion Aero Laptop 1枚目

Didesain khusus untuk Anda yang sering video conference

6

Asus

Vivobook Pro 14 OLED

Asus Vivobook Pro 14 OLED 1枚目

Ultrabook gaming dengan desain stylish

7

Acer

Swift X

Acer Swift X  1枚目

Cocok untuk Anda yang ingin belajar menjadi content creator

8

MSI

Modern 14

MSI Modern 14 1枚目

Body kukuh, cocok untuk pelajar dan pekerja bermobilitas tinggi

9

Lenovo

IdeaPad Flex 5i

Lenovo IdeaPad Flex 5i 1枚目

Ultrabook yang bisa diubah menjadi tablet

10

Asus

Zenbook 14X OLED

Asus Zenbook 14X OLED 1枚目

Memiliki layar OLED yang dapat meredam paparan cahaya biru

Perincian produk
Close
No.1

Layar besar dengan kualitas audio visual jempolan

Kelebihan:

  • Harga terjangkau
  • Desain ringkas dan berkelas

Kelemahan:

  • Tidak ada port USB type-C
  • RAM kecil, tidak cocok untuk bermain game berat

Jika Anda mencari ultrabook murah yang cocok untuk hiburan, produk dari Huawei ini bisa dipertimbangkan. Dengan layar full HD berukuran 15,6 inci, ultrabook ini akan memberikan pengalaman visual yang menarik.


Di samping itu, telinga Anda pun akan dimanjakan dengan algoritma audio khusus yang memberikan suara surround. Menonton film atau serial kesayangan pun akan lebih mengasyikkan.

No.2

AppleMacBook Air M1 2020

Mulai dari Rp17.199.000,00

Kerja berat tanpa takut baterai sekarat

Kelebihan:

  • Performa powerful
  • Dapat mengirim data secara cepat
  • Lebih hemat daya


Kelemahan:

  • Tidak bisa menggunakan OS Windows
  • Upgrade memori terbatas


Ultrabook ini didesain untuk Anda yang sering melakukan pekerjaan berat, seperti mengedit video atau bermain game berat. Hal ini berkat dapur pacunya yang cukup powerful. Tidak lagi menggunakan Intel, pada produk ini, Apple memilih M1 sebagai prosesornya.


Chipset satu ini diklaim lebih cepat daripada Intel atau prosesor lainnya. Meski demikian, konsumsi baterainya sangat hemat. Ultrabook ini juga menggunakan layar retina yang menampilkan warna tajam dan cemerlang. Dengan demikian, akurasi warna pun tak perlu diragukan.

No.3

DellInspiron 153511

Mulai dari Rp8.149.000,00

Mengolah data tanpa khawatir nge-lag

Kelebihan:

  • Layar full HD
  • Harga terjangkau


Kekurangan:

  • Tidak ada port USB type-C
  • Kualitas speaker kurang baik

Dell Inspiron 15 dirancang dengan dapur pacu Intel Core i3 dan RAM 8 GB. Dengan modal tersebut, ultrabook ini dapat digunakan untuk menjalankan program secara multitasking dengan lancar.


Produk ini sangat cocok untuk para mahasiswa yang membutuhkan ultrabook untuk komputasi ringan. Anda pun tak perlu khawatir akan mengalami lag saat mengolah data. Ditambah lagi, produk ini memiliki numpad (numeric keypad) yang memudahkan Anda untuk memasukkan angka.

No.4

AcerSwift 3 Infinity 4 Ultrathin LaptopNX.ABNSN.00C

Mulai dari Rp14.999.000,00

Ultrabook ringan dengan masa baterai awet

Kelebihan:

  • Berat tergolong ringan
  • Material terbuat dari logam sehingga tahan lama
  • Baterai sangat awet

Kekurangan:

  • Kualitas webcam kurang baik

Untuk Anda yang mencari ultrabook dengan masa baterai panjang, produk ini bisa dipertimbangkan. Acer Swift Infinity 4 Ultrathin sudah tersertifikasi Intel Evo. Artinya, produk ini memenuhi syarat KEI (key experience indicator) yang ditetapkan oleh Intel. Salah satu sertifikasi tersebut dibuktikan dengan baterai yang tahan lama.


Acer mengeklaim bahwa ultrabook ini dapat bertahan hingga 18 jam. Selain itu, ultrabook ini juga memiliki fitur fast charging yang memungkinkan pengisian daya lebih cepat. Dengan demikian, produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

No.5

HPPavilion Aero Laptop13-be1001AU

Mulai dari Rp14.999.000,00

Didesain khusus untuk Anda yang sering video conference

Kelebihan:

  • Body sangat ringan dan ringkas
  • Baterai tahan lama

Kekurangan:

  • RAM tidak dapat di-upgrade
  • Tidak memiliki slot card reader


Di tengah pandemi COVID-19, kebutuhan akan video conference pun meningkat. Banyak brand melakukan berbagai inovasi untuk mengakomodasi kebutuhan ini, salah satunya HP. Mereka merancang ultrabook seri Pavilion Aero untuk para pekerja yang sering melakukan video conference.


Selain memiliki webcam dengan kualitas 720p, produk ini memiliki fitur HP Enhanced Lighting. Fitur ini akan memberikan pencerahan ekstra melalui layar sehingga wajah pun akan terlihat lebih jelas. Anda pun tidak memerlukan lagi sumber cahaya eksternal, seperti ring light.

No.6

AsusVivobook Pro 14 OLEDM3400QA

Mulai dari Rp10.099.000,00

Ultrabook gaming dengan desain stylish

Kelebihan:

  • Baterai tahan lama
  • Desain cukup stylish
  • Prosesor cepat

Kekurangan:

  • Kualitas webcam dan speaker yang kurang baik
  • Tidak memiliki port USB type-C


Bagi Anda yang sedang mencari ultrabook untuk kepentingan gaming, Asus Vivobook Pro 14 OLED bisa diandalkan. Produk ini dikemas dengan prosesor AMD Ryzen 7 dan RAM 8 GB sehingga performanya pun cukup baik. Anda bisa bermain beberapa game berat.


Meski demikian, Anda tak perlu khawatir baterai boros. Prosesor tersebut memiliki efisiensi daya yang tinggi berkat arsitektur Zen3 dengan pemrosesan 7 nm di dalamnya. Ultrabook ini pun memiliki dual-fan IceCool Plus yang menjaganya tetap dingin.

No.7

AcerSwift X SFX14-41G-R6NV

Mulai dari Rp19.759.000,00

Cocok untuk Anda yang ingin belajar menjadi content creator

Kelebihan:

  • Performa mumpuni
  • Daya tahan baterai baik
  • Kipas pendingin lebih besar, ultrabook tidak mudah panas


Kekurangan:

  • Panel sentuh dan bezel layar masih terbuat dari plastik
  • Tidak ada card reader
  • RAM tidak dapat di-upgrade

Untuk Anda yang ingin belajar menjadi seorang content creator, Acer Swift X bisa menjadi pilihan tepat. Produk ini memiliki performa mumpuni berkat prosesor AMD Ryzen 7 dan RAM 16 GB. Anda bisa melakukan editing video tanpa khawatir mengalami lag.


Selain itu, ultrabook ini juga memiliki fitur Acer ComfyView™ LED-backlit LCD. Fitur ini dapat mengurangi pantulan cahaya sehingga mata pun tidak mudah lelah. Ketika melakukan rekaman suara, Anda tak perlu khawatir mengalami noise berkat fitur AI-enhanced noise suppression. Fitur ini dapat mengurangi noise saat perekaman suara atau video conference.

No.8

Body kukuh, cocok untuk pelajar dan pekerja bermobilitas tinggi

Kelebihan:

  • Body kukuh, tidak mudah penyok
  • Engsel terbuka hingga 180 derajat, memudahkan saat meeting


Kekurangan:

  • Kapasitas baterai kecil
  • RAM kecil, tidak cocok digunakan untuk bermain game berat
  • Tidak ada fingerprint


MSI Modern 14 cocok untuk para pelajar atau pekerja dengan mobilitas tinggi. Body-nya terbuat dari alumunium yang kukuh sehingga Anda tidak perlu khawatir penyok. Selain itu, Anda pun tidak perlu membawa charger tambahan karena ultrabook ini bisa di-charge dengan charger smartphone.


Bobotnya pun cukup ringan, yakni 1,4 kg, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Ultrabook ini pun memiliki fitur flip-n-share yang dapat memutar layar hingga 180 derajat. Ketika Anda sedang berhadapan dengan rekan kerja, Anda hanya perlu menekan F12 dan merebahkan layar. Secara otomatis, tampilan layar pun akan berputar 180 derajat.

No.9

LenovoIdeaPad Flex 5i14ALC05

Mulai dari Rp14.299.000,00

Ultrabook yang bisa diubah menjadi tablet

Kelebihan:

  • Menyediakan pen stylus untuk menggambar dan menulis cepat
  • Dapat digunakan sebagai tablet


Kekurangan:

  • RAM tidak dapat di-upgrade
  • Body terbuat dari plastik sehingga kurang elegan

Lenovo IdeaPad Flex 5i didesain untuk Anda para pekerja kreatif dengan mobilitas tinggi. Tidak hanya berfungsi sebagai laptop, ultrabook ini juga bisa diubah menjadi tablet. Dengan demikian, Anda bisa membuat sketch di mana pun dan kapan pun.


Ultrabook ini pun dilengkapi dengan pen stylus untuk memudahkan dalam menggambar atau menulis cepat. Tidak perlu membeli, pen stylus sudah termasuk dalam paket pembelian.

No.10

AsusZenbook 14X OLEDUX5401EA-L7040T (90NB0UQ5-M02980)

Mulai dari Rp16.119.000,00

Memiliki layar OLED yang dapat meredam paparan cahaya biru

Kelebihan:

  • Memiliki screen pad untuk navigasi lebih lancar
  • Baterai tahan lama

Kekurangan:

  • RAM tidak dapat di-upgrade


Jika Anda mencari ultrabook dengan paparan radiasi cahaya biru (blue light) rendah, produk ini jawabannya. Seperti diketahui, cahaya biru dapat merusak retina mata apabila terpapar terlalu lama. Untuk menanggulanginya, Asus Zenbook 14X OLED menggunakan layar OLED yang mampu mengurangi paparannya.


Uniknya, teknologi ini tidak mengurangi kualitas visual yang dimilikinya. Di samping itu, produk ini juga mempunyai perangkat screen pad. Perangkat ini memungkinkan pengguna dapat menavigasi ultrabook secara lebih lancar.

Baca juga rekomendasi aksesori laptop lainnya di sini

Agar penggunaan ultrabook lebih nyaman, ada beberapa aksesori yang bisa digunakan. Beberapa aksesori tersebut, misalnya stand laptop, kacamata antiradiasi, dan lainnya. Jika Anda membutuhkan ulasannya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bentuknya yang tipis dan spesifikasinya yang tinggi, membuat ultrabook diminati oleh banyak orang. Dengan ultrabook, Anda bisa melakukan urusan pekerjaan dengan lebih optimal.


Kami telah mengulas cara memilih dan memberikan sederet produk ultrabook terbaik untuk Anda. Apakah ada produk ultrabook yang memikat hati Anda? Silakan jadikan artikel ini sebagai panduan untuk melakukan perbandingan produk-produk yang Anda incar. Selamat memilih ultrabook terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer