1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Seperti diketahui, film detektif termasuk dalam genre misteri yang fokus kepada pemecahan suatu masalah. Tema kriminal memang banyak diminati. Namun, ada pula film detektif yang tidak mengangkat tema tersebut. Di antara film detective yang sudah rilis, mana yang wajib Anda tonton?

 
Tidak perlu kebingungan menentukan film detektif terbaik sebab kami telah menyiapkan tips memilihnya. Kami juga menyiapkan rekomendasi film detektif yang bagus, antara lain Extreme Job, Knives Out, dan Memoir of A Murderer. Anda bisa menyaksikannya di situs streaming Indonesia seperti Netflix, Viu, dan Disney+ Hotstar. Yuk, simak artikel ini!

Diperbaharui 09-27-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu film detektif?

Apa itu film detektif?

Sebetulnya, film detektif cukup sulit dikenali karena dapat berpotongan dengan berbagai genre dan terkait beragam subgenre. Namun, untuk mengategorikan sebuah film sebagai film detektif, ada dua faktor yang patut dicermati. Dalam film detektif, terdapat narasi yang melibatkan proses penyelidikan dan ada tokoh protagonis yang menjadi detektif.


Figur detektif tersebut bisa tokoh detektif profesional dari pihak kepolisian, private detective, dan detektif amatir. Dalam film, umumnya tokoh amatir dijumpai sebab tokoh didorong keadaan sehingga harus melakukan investigasi.


Kasus-kasus yang diselidiki pun bervariasi, mulai dari kasus penculikan, pembunuhan, atau persoalan yang bukan merupakan kasus kriminal. Terlepas dari siapa yang menyelidiki dan apa kasusnya, film detektif biasanya menyuguhkan adrenaline rush. Anda akan merasa tegang sekaligus seru mengikuti jalan cerita film tersebut.

Cara memilih film detektif

Setelah mengetahui definisi film detektif, kini saatnya menyimak poin-poin yang perlu dipertimbangkan saat memilihnya. Anda dapat memilahnya dari sisi subgenre, topik, dan ringkasan cerita yang ditawarkan. 

① Pilih berdasarkan subgenrenya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, film detektif memiliki beragam subgenre, mulai dari classic detective hingga thriller. Kenali karakteristik tiap-tiap subgenre tersebut untuk menentukan film yang sesuai dengan selera Anda. 

Classic detective, gaya klasik yang bikin penasaran

Classic detective, gaya klasik yang bikin penasaran

Subgenre yang satu ini pertama kali populer sekitar tahun 30-an. Biasanya, kisah dengan subgenre classic detective mengangkat kisah kematian misterius. Orang-orang di sekitar korban umumnya mempunyai motif serta kemungkinan yang sama untuk menjadi pelaku pembunuhan.


Tokoh utamanya adalah seorang detektif yang sering kali memiliki kemampuan investigasi maksimal untuk memecahkan misteri tersebut. Sherlock Holmes merupakan salah satu tokoh detektif yang sangat populer dari subgenre ini.

Cozy mysteries, pemecahan kasus mengandalkan kecerdasan

Cozy mysteries, pemecahan kasus mengandalkan kecerdasan

Jika Anda menonton film detektif yang hanya mengandung sedikit adegan kekerasan, itulah subgenre cozy mysteries. Dalam subgenre ini, solusi dari permasalahan atau pemecahan kasus dicapai dengan intelektualitas serta intuisi dari figur detektif.


Sebab itu, film ini tidak banyak melibatkan prosedur kepolisian dalam pemulihan situasi. Ketertiban pulih dengan sendirinya seiring terpecahkannya misteri oleh sang figur detektif. Salah satu contoh film detektif dengan subgenre cozy mysteries adalah Knives Out.

Police procedural, kisah yang terikat aturan-aturan kepolisian

Police procedural, kisah yang terikat aturan-aturan kepolisian

Berbeda dengan subgenre classic detective, tokoh detektif dalam subgenre police procedural terikat aturan-aturan kepolisian. Sang tokoh yang merupakan seorang anggota kepolisian dapat dianggap salah bila melanggar prosedur investigasi.


Misi utama detektif dalam subgenre ini adalah menangkap pelaku kejahatan sambil tetap mematuhi aturan kepolisian. Belakangan ini, police procedural menjadi subgenre populer sehingga Anda mungkin akan sering menjumpainya dalam situs streaming film.

Thriller atau action, melibatkan adegan-adegan menegangkan

Thriller atau action, melibatkan adegan-adegan menegangkan

Untuk para adrenaline junkie, tidak sulit jatuh hati kepada subgenre thriller atau action. Kedua subgenre ini menawarkan aneka adegan menegangkan di sepanjang film. Film thriller detective menghadirkan ketegangan melalui ancaman-ancaman bagi tokoh utama.


Ancaman tersebut dapat berujung kekerasan fisik sehingga film menampilkan adegan sadis, tetapi bisa pula menyasar psikis. Sementara itu, dalam film action detective sudah pasti ada banyak adegan baku hantam secara fisik. Adegan laga yang ditampilkan mungkin berupa adu tembak, martial art, dan lainnya.

② Cari topik yang menarik untuk Anda

Cari topik yang menarik untuk Anda

Selanjutnya Anda dapat memilih film detektif berdasarkan topik yang diangkat. Meskipun erat sekali dengan kasus pembunuhan, film detektif juga banyak menyajikan topik lain.


Investigasi dapat ditujukan untuk mengungkap kasus penculikan atau orang hilang, perdagangan narkoba, dan penipuan. Mungkin beberapa dari Anda familier dengan salah satu film detektif dengan topik orang hilang, yaitu Searching. Film yang pertama kali dirilis di Sundance Film Festival ini sempat sangat populer pada 2018.

③ Periksa batas usia penonton serta sinopsisnya

Periksa batas usia penonton serta sinopsisnya

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah batas usia atau age rating. Batasan usia penonton diatur berdasarkan komponen-komponen dalam film, seperti adegan dan penggunaan kosakata. Pastinya, adegan kekerasan, penggunaan kosakata kasar, serta substance-nya tidak cocok disaksikan oleh penonton di bawah umur.


Berhubung film detektif lekat dengan adegan demikian, pastikan batasan usia penonton sesuai, terutama jika ditonton bersama keluarga. Selain itu, sebaiknya Anda juga membaca sinopsis film terlebih dahulu. Dengan begitu, lebih mudah bagi Anda untuk menemukan film detektif yang sesuai selera.

④ Ketahui bahasa yang tersedia untuk menonton film detektif

Ketahui bahasa yang tersedia untuk menonton film detektif

Menonton film detektif bakal asyik kalau Anda bisa ikut menerka teka-teki di dalamnya. Masalahnya, saat menonton film berbahasa asing dengan subtitle, perhatian Anda kadang terpecah. Anda harus membaca teks sembari berpikir keras.


Jika tidak masalah dengan sulih bahasa (dubbing), Anda bisa memilih bahasa Indonesia atau bahasa yang Anda pahami sebagai audio. Begitu pun saat menonton film Indonesia, Anda bisa menggunakan subtitle terutama saat berencana menonton dengan penyandang tunarungu. Jadi, selalu pastikan untuk memeriksa opsi bahasa yang tersedia.

⑤ Kenali sutradara yang membuat film detektif populer

Ada beberapa sutradara terkenal dengan karya film investigasi yang sangat apik. Mari kenali beberapa sutradara tersebut!

David Fincher, seorang perfeksionis di belakang kamera

David Fincher adalah sutradara yang dikenal perfeksionis karena suka mengambil adegan hingga berkali-kali. Konon, Fincher tidak segan mengulang shoot sampai 50 kali, bahkan untuk adegan yang terbilang kurang signifikan. Tidak heran jika karyanya masih terus dikenal jauh sejak film tersebut pertama kali dirilis. Sebut saja film Se7en yang dirilis pada 1995.


Usai menyuguhkan kisah dua detektif yang memburu pelaku pembunuh berantai dalam Se7en, Fincher kembali menghadirkan film-film investigasi. Anda mungkin cukup akrab dengan beberapa karyanya yang lain seperti Gone Girl dan The Girl with the Dragon Tattoo.


Sayang sekali film-film tersebut sekarang tidak lagi tersedia di situs streaming film Indonesia. Namun, beberapa judul yang ia sutradarai masih bisa Anda nikmati menggunakan akun Netflix International.

⑥ Martin Scorsese, sutradara gaek yang serbabisa

Nama Martin Scorsese tidaklah asing di telinga banyak penggemar film. Karya-karyanya banyak mendapat pujian sejak awal terjun ke dunia film pada 1967. Martin Scorsese sendiri juga terkenal berani mengambil risiko untuk menghasilkan gambar-gambar yang artistik.

 
Dia menggarap film dari berbagai genre dengan serius. Salah satu film detektif karya Scorsese yang banyak dibicarakan adalah Shutter Island. Film detektif lain karya Martin Scorsese adalah The Departed, yang mendatangkan Oscar untuk penyutradaraan terbaik.

10 Rekomendasi film detektif terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film detektif terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Phoenix Pictures, Sikelia Productions, Appian Way Productions

Shutter Island

Phoenix Pictures, Sikelia Productions, Appian Way Productions Shutter Island 1枚目

Kasus pasien hilang yang membuat seorang detektif terdampar di pulau misterius

2

Alcon Entertainment, 8:38 Productions, Madhouse Entertainment

Prisoners

Alcon Entertainment, 8:38 Productions, Madhouse Entertainment Prisoners 1枚目

Perjuangan seorang ayah menemukan anaknya kembali

3

Regency Enterprises, TSG Entertainment

Gone Girl

Regency Enterprises, TSG Entertainment Gone Girl 1枚目

Hadiah ulang tahun pernikahan kelima: sang istri menghilang!

4

Alcon Media Group, Columbia Pictures, Bud Yorkin Productions, Torridon Films, 16:14 Entertainment, Thunderbird Entertainment, Scott Free Productions

Blade Runner 2049

Alcon Media Group, Columbia Pictures, Bud Yorkin Productions, Torridon Films, 16:14 Entertainment, Thunderbird Entertainment, Scott Free Productions Blade Runner 2049 1枚目

Film futuristik yang memamerkan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan

5

T-Street

Knives Out

T-Street Knives Out 1枚目

Menyimak aksi detektif eksentrik dalam memecahkan sebuah kasus

6

B.A. Entertainment Baram Pictures

Forgotten

B.A. Entertainment Baram Pictures Forgotten 1枚目

Penculikan yang mengubah hidup Jin-seok selamanya

7

Movie Rock

Midnight Runners

Movie Rock Midnight Runners 1枚目

Dua kadet kepolisian ini memecahkan kasus sambil terus berlari

8

Wall Poster Cinema

Hit: The First Case

Wall Poster Cinema Hit: The First Case 1枚目

Memecahkan kasus di tengah serangan panik dan kecemasan? Tidak mustahil!

9

Green Fish Pictures

Memoir of A Murderer

Green Fish Pictures Memoir of A Murderer 1枚目

Menangkap pembunuh serial dengan mengandalkan memori yang makin kabur

10

About Film, Haegrim Pictures

Extreme Job

About Film, Haegrim Pictures Extreme Job 1枚目

Bersiaplah terpingkal-pingkal sepanjang menonton film ini

Perincian produk
Close
No.1

Phoenix Pictures, Sikelia Productions, Appian Way ProductionsShutter Island

Kasus pasien hilang yang membuat seorang detektif terdampar di pulau misterius

Kalau Anda menyukai film detektif yang sarat dengan muatan psikologis, Shutter Island perlu Anda tonton. Film ini mengikuti kisah Edward "Tedy" Daniels yang bertugas mencari seorang pasien yang menghilang dari sebuah rumah sakit jiwa. Pasien itu bukan pasien sembarangan, melainkan seorang terpidana yang membunuh ketiga anaknya.


Namun, di rumah sakit jiwa tersebut, Daniels justru dihadapkan pada kenyataan yang makin membingungkan. Puncaknya, rekannya ditemukan tewas secara misterius. Apakah Tedy mampu memecahkan misteri ini?

No.2

Alcon Entertainment, 8:38 Productions, Madhouse EntertainmentPrisoners

Perjuangan seorang ayah menemukan anaknya kembali

Keller Dover menghadapi mimpi terburuk semua orang tua: kehilangan anak. Gadis kecilnya, Anna, dan temannya, Joy, menghilang saat sedang piknik bersama keluarga. Satu-satunya petunjuk adalah mobil RV yang diparkir di jalan beserta supirnya. Namun, Detektif Loki tidak mendapatkan banyak bukti untuk menahan supir mobil tersebut. 


Ketika akhirnya supir tersebut dilepaskan, hati Dover bergejolak. Dia harus turun tangan dan melakukan apa pun demi melindungi keluarganya. Kerjasama antara detektif dan pihak korban tak kalah menarik untuk disimak. Jika Anda sedang mencari film detektif yang juga memotret konflik batin para anggota keluarga, pastinya film ini perlu ditonton.

No.3

Regency Enterprises, TSG EntertainmentGone Girl

Hadiah ulang tahun pernikahan kelima: sang istri menghilang!

Kasus hilangnya Amy menjadi perhatian publik. Tertuduh utama adalah Nick, sang suami. Posisi Nick tidaklah menguntungkan dengan riwayat hubungan yang kurang baik ditambah perselingkuhan. 


Namun, Nick tidak mau berhenti begitu saja. Nick mencari bukti sekecil apa pun untuk menyelamatkan dirinya. Bagi Anda yang menyukai drama rumah tangga, film ini wajib Anda tonton. Siapkan hati Anda karena ada kejutan besar di akhir cerita. 

No.4

Alcon Media Group, Columbia Pictures, Bud Yorkin Productions, Torridon Films, 16:14 Entertainment, Thunderbird Entertainment, Scott Free ProductionsBlade Runner 2049

Film futuristik yang memamerkan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan

Film ini mengambil latar masa depan, yaitu dunia pada tahun 2049. Lewat teknologi, umat manusia berhasil menciptakan Replicant, duplikasi manusia yang dijadikan budak pekerja. Salah satu Replicant, yaitu K, bergabung dengan Blade Runner. Tugasnya memburu dan membasmi Replicant versi lama. 


Namun, penemuan tulang-belulang seorang perempuan dalam sebuah kotak tua membuatnya mempertanyakan tugasnya. Penggemar tema kecerdasan buatan wajib banget nonton ini. Bukan itu saja, penggunaan CGI-nya benar-benar menghibur mata!

No.5

Menyimak aksi detektif eksentrik dalam memecahkan sebuah kasus

Jika Anda menyukai film detektif whodunit bergaya klasik, sudahkah Anda menonton Knives Out? Film dibuka dengan kasus kematian seorang penulis ternama, Harlan Thrombey. Meskipun polisi menyatakan kematian tersebut adalah bunuh diri, seorang anggota keluarga meragukannya dan diam-diam mengundang seorang detektif swasta. 


Saat tiba di kediaman mewah Harlan Thrombey, Detektif Benoit Blanc sadar bahwa setiap orang memiliki motif untuk membunuh. Namun, ketika seorang perawat mengaku sebagai pembunuhnya, Benoit sadar bahwa kasus ini jauh lebih rumit daripada bayangannya.

No.6

B.A. Entertainment Baram PicturesForgotten

Penculikan yang mengubah hidup Jin-seok selamanya

Kehidupan Jin-seok begitu sempurna dengan ayah ibu dan seorang kakak laki-laki yang baik. Suatu malam, dia melihat kakaknya diculik. Ketika berhasil kembali, sang kakak tidak lagi sama. Penasaran. Jin-seok berusaha mencari tahu jawabannya. Namun, upaya pencarian tersebut justru menjadi mimpi buruk bagi pemuda itu.


Fim ini mendapat sambutan baik di negeri asalnya, Korea. Dalam waktu beberapa hari, jumlah penonton telah mencapai sejuta orang. Kalau Anda berencana menonton bareng kakak atau adik, jangan lewatkan film ini. Dijamin bikin baper

No.7

Movie RockMidnight Runners

Dua kadet kepolisian ini memecahkan kasus sambil terus berlari

Menurut teori akademi kepolisian Korea, golden time sebuah penculikan hanyalah 24 jam. Lebih dari itu, kemungkinan korban bertahan hidup makin kecil. Itu sebabnya dua orang kadet kepolisian rela pontang-panting berlarian demi memecahkan sebuah kasus penculikan. Film detektif ini cocok untuk Anda tonton bersama kawan-kawan. Anda bakal relate menikmati kekompakan dua kadet tersebut!

No.8

Wall Poster CinemaHit: The First Case

Memecahkan kasus di tengah serangan panik dan kecemasan? Tidak mustahil!

Karena memiliki trauma hebat, Vikram Rudhraraju tak lagi bisa berdinas di kepolisian. Dia pun mengambil cuti untuk memulihkan diri. Namun, sebuah peristiwa penculikan terjadi dan ternyata memiliki kaitan personal dengannya. 


Vikram terpaksa kembali terjun ke lapangan, mengejar penculik di tengah deraan serangan panik dan kecemasan. Penggemar film India tentu harus menonton film ini. Genre detektif bercampur thriller membuat film ini tidak bakal mengecewakan ditonton di waktu luang Anda.

No.9

Green Fish PicturesMemoir of A Murderer

Menangkap pembunuh serial dengan mengandalkan memori yang makin kabur

Peran "detektif" untuk memecahkan masalah bisa dimainkan oleh siapa saja. Kalau Anda menyukai film dengan tokoh-tokoh unik, Anda akan sepakat bahwa film ini layak ditonton. Bagaimana tidak, Anda akan melihat seorang mantan pembunuh serial yang berusaha menangkap pembunuh serial lainnya.  


Dilema ini akan Anda temukan dalam Memoir of A Murderer lewat sosok Sol Kyung-gu, seorang lansia yang terserang demensia. Di tengah pergulatannya melawan memorinya yang mulai menghilang, Kyung-gu sadar bahwa nyawa putrinya terancam. Mengandalkan intuisi sebagai seorang ayah sekaligus mantan pembunuh, Kyung-gu berusaha menyelamatkan putri tunggalnya. 

No.10

About Film, Haegrim PicturesExtreme Job

Bersiaplah terpingkal-pingkal sepanjang menonton film ini

Kapten Ko hanya punya satu kesempatan lagi untuk mempertahankan kariernya di kepolisian. Dia harus berhasil mengungkap kelompok pengedar narkotiba kelas kakap. Dalam operasi yang sulit itu, Kapten Ko dan timnya merencanakan sebuah aksi penyamaran. Mereka membuka warung ayam goreng di depan markas para pengedar. 


Celakanya, warung tersebut justru laris dan terkenal karena kelezatan rasanya! Menonton film ini memang bakal membuat Anda tertawa ngakak tak ada habisnya. Film ini perlu Anda tonton jika sedang lelah dan butuh hiburan komedi sekaligus aksi detektif.

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Bagaimana bila Anda kurang menyukai kisah menegangkan ala film detektif? Tenang saja karena kami juga memiliki rekomendasi film lain, mulai dari komedi hingga drama korea. Anda bisa mencari beragam rekomendasi film pada tautan-tauran di bawah ini. 

Kesimpulan

Film detektif yang menebarkan clue tersembunyi memang menarik untuk diikuti, terlebih bagi penggemar mystery movie. Supaya Anda lebih mudah memilah film yang akan ditonton, silakan pertimbangkan poin-poin dalam tips memilih di atas. 


Sebelum menonton, pastikan Anda sudah berlangganan di situs streaming film kesayangan Anda. Sekarang saatnya siapkan camilan dan mulailah mengungkap misteri bersama tokoh detektif pilihan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer