• 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  1
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  2
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  3
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  4
  • 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)  5

10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Seperti yang diketahui, film detektif termasuk dalam genre misteri yang fokus kepada pemecahan suatu masalah. Kasus kriminal adalah tema yang banyak diminati. Namun, ada pula film detektif yang tidak mengangkat tema kriminal. Di antara film detective yang sudah rilis, mana yang wajib Anda tonton?

 
Tidak perlu kebingungan menentukan film detektif terbaik sebab kami telah menyiapkan tips memilihnya. Kami juga menyiapkan rekomendasi film detektif, antara lain Sherlock Holmes, Police Story 3, dan Bad Boys II. Anda bisa menyaksikannya di situs streaming Indonesia seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Yuk, simak artikel ini!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu film detektif?

Apa itu film detektif?

Sebetulnya, film detektif cukup sulit dikenali karena dapat berpotongan dengan berbagai genre dan terkait beragam subgenre. Namun, untuk mengategorikan sebuah film sebagai film detektif, ada dua faktor yang patut dicermati. Pertama, terdapat narasi yang melibatkan proses penyelidikan, lalu ada tokoh protagonis yang bertindak sebagai figur detektif.


Figur detektif tersebut bisa tokoh detektif profesional dari pihak kepolisian ataupun private detective. Bahkan, figur detektif dapat pula tokoh detektif amatir. Dalam film, umumnya tokoh amatir kita jumpai sebab tokoh didorong keadaan sehingga harus melakukan investigasi.


Kasus-kasus yang diselidiki pun bervariasi, mulai dari kasus penculikan sampai pembunuhan. Selain itu, mungkin juga tokoh utama menyelidiki sebuah persoalan yang bukan merupakan kasus kriminal. Terlepas dari siapa yang menyelidiki dan apa kasusnya, film detektif biasanya menyuguhkan adrenaline rush. Anda akan merasa tegang sekaligus seru mengikuti jalan cerita film tersebut.

Cara memilih film detektif

Setelah mengetahui definisi film detektif, kini saatnya menyimak poin-poin yang perlu dipertimbangkan saat memilihnya. Anda dapat memilahnya dari sisi subgenre, topik, dan ringkasan cerita yang ditawarkan. 

Pilih berdasarkan subgenrenya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, film detektif memiliki beragam subgenre mulai dari classic detective hingga thriller. Kenali karakteristik masing-masing subgenre tersebut untuk menentukan film yang sesuai dengan selera Anda. 

Classic detective, gaya klasik yang bikin penasaran

Classic detective, gaya klasik yang bikin penasaran

Subgenre yang satu ini pertama kali populer sekitar tahun 30-an. Biasanya, kisah dengan subgenre classic detective mengangkat kisah kematian misterius. Orang-orang di sekitar korban umumnya mempunyai motif serta kemungkinan yang sama untuk menjadi pelaku pembunuhan.


Tokoh utamanya adalah seorang detektif yang sering kali memiliki kemampuan investigasi maksimal untuk memecahkan misteri tersebut. Sherlock Holmes merupakan salah satu tokoh detektif yang sangat populer dari subgenre ini.

Cozy mysteries, pemecahan kasus mengandalkan kecerdasan

Cozy mysteries, pemecahan kasus mengandalkan kecerdasan

Jika Anda menonton film detektif yang hanya mengandung sedikit adegan kekerasan, itulah subgenre cozy mysteries. Dalam subgenre ini, solusi dari permasalahan atau pemecahan kasus dicapai dengan intelektualitas serta intuisi dari figur detektif.


Sebab itu, film ini tidak banyak melibatkan prosedur kepolisian dalam pemulihan situasi. Ketertiban pulih dengan sendirinya seiring dengan misteri yang terpecahkan oleh sang figur detektif. Salah satu contoh film detektif dengan subgenre cozy mysteries adalah Nancy Drew and The Hidden Staircase.

Police procedural, kisah yang terikat aturan-aturan kepolisian

Police procedural, kisah yang terikat aturan-aturan kepolisian

Berbeda dengan subgenre classic detective, tokoh detektif dalam subgenre police procedural terikat aturan-aturan kepolisian. Sang tokoh yang merupakan seorang anggota kepolisian dapat dianggap salah bila melanggar prosedur investigasi.


Misi utama detektif dalam subgenre ini adalah menangkap pelaku kejahatan sambil tetap mematuhi aturan kepolisian. Belakangan ini, police procedural menjadi subgenre populer sehingga Anda mungkin akan sering menjumpainya dalam situs streaming film.

Thriller atau action, melibatkan adegan-adegan menegangkan

Thriller atau action, melibatkan adegan-adegan menegangkan

Untuk para adrenaline junkie, tidak sulit jatuh hati kepada subgenre thriller atau action. Kedua subgenre ini menawarkan aneka adegan menegangkan di sepanjang film. Film thriller detective tentu menghadirkan ketegangan melalui ancaman-ancaman bagi tokoh utama.


Ancaman tersebut dapat berujung kekerasan fisik sehingga film menampilkan adegan sadis, tetapi bisa pula menyasar psikis. Sementara itu, dalam film action detective sudah pasti ada banyak adegan baku hantam secara fisik. Adegan laga yang ditampilkan mungkin berupa adu tembak, martial art, dan lainnya.

Cari topik yang menarik untuk Anda

Cari topik yang menarik untuk Anda

Dari keempat subgenre di atas, apakah Anda sudah mengetahui mana yang paling Anda sukai? Apabila sudah, selanjutnya Anda dapat memilih film detektif berdasarkan topik yang diangkat. Meskipun erat sekali dengan kasus pembunuhan, film detektif juga banyak menyajikan topik lain.


Investigasi dapat ditujukan untuk mengungkap kasus penculikan atau orang hilang, perdagangan narkoba, dan penipuan. Mungkin beberapa dari Anda familier dengan salah satu film detektif dengan topik orang hilang yaitu Searching. Film yang pertama kali dirilis di Sundance Film Festival ini sempat sangat populer pada 2018.

Periksa batas usia penonton serta sinopsisnya

Periksa batas usia penonton serta sinopsisnya

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah batas usia atau age rating. Batasan usia penonton diatur berdasarkan komponen-komponen dalam film, seperti adegan, penggunaan kosakata, serta adanya substance. Pastinya, adegan kekerasan, penggunaan kosakata kasar, serta substance yang pelik tidak cocok disaksikan oleh penonton di bawah umur.


Berhubung film detektif lekat dengan adegan demikian, pastikan batasan usia penonton sesuai, terutama jika ditonton bersama keluarga. Selain itu, sebaiknya Anda juga membaca sinopsis film terlebih dahulu. Dengan begitu, lebih mudah bagi Anda untuk menemukan film detektif yang sesuai selera.

Kenali sutradara yang membuat film detektif populer

Ada beberapa sutradara terkenal dengan karya film investigasi yang sangat apik. Mari kenali beberapa sutradara tersebut!

David Fincher, seorang perfeksionis di belakang kamera

David Fincher, sutradara yang dikenal perfeksionis di belakang kamera karena suka mengambil adegan hingga berkali-kali. Konon, Fincher tidak segan mengulang shoot sampai 50 kali, bahkan untuk adegan yang terbilang kurang signifikan. Tidak heran jika karyanya masih terus dikenal jauh sejak film tersebut pertama kali dirilis. Sebut saja film Se7en yang dirilis pada 1995.


Usai menyuguhkan kisah dua detektif yang memburu pelaku pembunuh berantai dalam Se7en, Fincher kembali menghadirkan film-film investigasi. Anda mungkin cukup akrab dengan beberapa karyanya yang lain seperti Gone Girl dan Mind Hunter. Tidak lupa, film detektif yang memperoleh lima nominasi Academy Award yaitu The Girl with the Dragon Tattoo.


Sayang sekali film-film tersebut sekarang tidak lagi tersedia di situs streaming film Indonesia. Akan tetapi, beberapa judul masih bisa Anda nikmati dengan akun Netflix International.

Ron Howard, disebut sebagai pencipta film yang memorable

Dalam biografi yang dirilis oleh IMDB, Ron Howard disebut telah membuat karya-karya film yang memorable. Rasanya predikat tersebut tidak berlebihan sebab kebanyakan karyanya memang melekat dalam benak penonton. Apakah Anda termasuk yang mengikuti kisah investigasi Prof. Robert Langdon? Jika iya, mungkin Anda juga masih dapat mengingat cerita penyelidikan sang profesor.


Tiga film cozy mysteries The Da Vinci Code, Angel & Demons, dan Inferno memang merupakan big hit. Meskipun demikian, genre film yang dibuat oleh Ron Howard sangatlah beragam. Di luar kisah investigasi dan thriller, Anda dapat menikmati film Ron Howard dengan genre komedi, drama, sampai sci-fi.

10 Rekomendasi film detektif terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film detektif terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10
SubgenreThriller
Topik Mysterious accident
Kategori usia17+
Sutradara Luke Scott
Tahun rilis2016
Rating di IMDb5,8 dari 10
9

Warner Bros EntertainmentNancy Drew and The Hidden Staircase

SubgenreCozy mysteries
Topik Kidnapping
Kategori usia13+
Sutradara Katt Shea
Tahun rilis2019
Rating di IMDb5,8 dari 10
8

20th Century StudiosMurder on the Orient Express

SubgenreClassic detective
Topik Murder
Kategori usia17+
Sutradara Kenneth Branagh
Tahun rilis2017
Rating di IMDb6,5 dari 10
7

Columbia Pictures IndustriesThe Da Vinci Code

SubgenreCozy mysteries
Topik Murder
Kategori usia16+
Sutradara Ron Howard
Tahun rilis2006
Rating di IMDb6,6 dari 10
6

Golden Harvest CinemasPolice Story 3: Supercop

SubgenreAction
Topik Drug trafficking
Kategori usia16+
Sutradara Stanley Tong
Tahun rilis1992
Rating di IMDb6,9 dari 10
5

Columbia Pictures IndustriesBad Boys

SubgenrePolice procedural, action
Topik Drugs trafficking
Kategori usia18+
Sutradara Michael Bay
Tahun rilis1995
Rating di IMDb6,9 dari 10
4

Woods Entertainment The Kid Detective

SubgenreClassic detective
Topik Murder
Kategori usia18+
Sutradara Evan Morgan
Tahun rilis2020
Rating di IMDb7,0 dari 10
3
SubgenreClassic detective, thriller
Topik Murder, political conspiracy
Kategori usia16+
Sutradara Kevin MacDonald
Tahun rilis2009
Rating di IMDb7,1 dari 10
2

Warner Bros EntertainmentSherlock Holmes: A Game of Shadows

SubgenreClassic detective
Topik Blackmail, murder
Kategori usia16+
Sutradara Guy Ritchie
Tahun rilis2011
Rating di IMDb7,5 dari 10
1
SubgenrePolice procedural
Topik Kidnapping
Kategori usia18+
Sutradara Ben Affleck
Tahun rilis2007
Rating di IMDb7,6 dari 10

Tabel perbandingan film detektif terbaik

Gambar produk
1
Miramax Gone Baby Gone 1

Miramax

2
Warner Bros Entertainment Sherlock Holmes: A Game of Shadows 1

Warner Bros Entertainment

3
Universal Studio  State of Play 1

Universal Studio

4
Woods Entertainment  The Kid Detective 1

Woods Entertainment

5
Columbia Pictures Industries Bad Boys  1

Columbia Pictures Industries

6
Golden Harvest Cinemas Police Story 3: Supercop 1

Golden Harvest Cinemas

7
Columbia Pictures Industries The Da Vinci Code 1

Columbia Pictures Industries

8
20th Century Studios Murder on the Orient Express 1

20th Century Studios

9
Warner Bros Entertainment Nancy Drew and The Hidden Staircase 1

Warner Bros Entertainment

10
20th Century Studios Morgan 1

20th Century Studios

Nama produk

Gone Baby Gone

Sherlock Holmes: A Game of Shadows

State of Play

The Kid Detective

Bad Boys

Police Story 3: Supercop

The Da Vinci Code

Murder on the Orient Express

Nancy Drew and The Hidden Staircase

Morgan

Keunggulan

Penuh dengan dark secrets yang akan membuat Anda terpaku

Memecahkan kasus kejahatan dalam nuansa petualangan

Pastikan Anda menemukan kebenaran sesungguhnya

Ikuti kisah 'detektif cilik' yang harus menghadapi kasus pembunuhan brutal!

Kisah detektif yang terkenal sembrono mengungkap jalur peredaran ekstasi

Tontonan menarik untuk Anda penyuka adegan laga

Pembunuhan misterius yang menjadi jalan terungkapnya rahasia ribuan tahun

Salah satu kisah misteri ternama di dunia, dari novel karya Agatha Christie

Bisakah seorang gadis 16 tahun menyelesaikan kasus dugaan penculikan?

Kombinasi kisah investigasi dengan sci-fi yang mencengangkan

SubgenrePolice procedural Classic detectiveClassic detective, thriller Classic detectivePolice procedural, actionAction Cozy mysteries Classic detective Cozy mysteries Thriller
Topik KidnappingBlackmail, murder Murder, political conspiracy Murder Drugs traffickingDrug trafficking Murder MurderKidnappingMysterious accident
Kategori usia18+16+ 16+ 18+18+16+16+ 17+13+17+
Sutradara Ben Affleck Guy RitchieKevin MacDonaldEvan Morgan Michael BayStanley Tong Ron Howard Kenneth Branagh Katt Shea Luke Scott
Tahun rilis2007201120092020199519922006201720192016
Rating di IMDb7,6 dari 107,5 dari 107,1 dari 107,0 dari 106,9 dari 106,9 dari 106,6 dari 106,5 dari 105,8 dari 105,8 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Bagaimana bila Anda kurang menyukai kisah menegangkan ala film detektif? Tenang saja karena kami juga memiliki rekomendasi film lain, mulai dari komedi hingga drama korea. Anda bisa mencari beragam rekomendasi film pada tautan-tauran di bawah ini. 

Kesimpulan

Film detektif yang menebarkan clue tersembunyi memang menarik untuk diikuti, terlebih bagi penggemar mystery movie. Supaya Anda lebih mudah memilah film yang akan ditonton, silakan pertimbangkan poin-poin dalam tips memilih di atas. 


Sebelum menonton, pastikan Anda sudah berlangganan di situs streaming film kesayangan Anda. Sekarang saatnya siapkan camilan dan mulailah mengungkap misteri bersama tokoh detektif pilihan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang menyukai film animasi Jepang, atau biasa disebut anime, pasti mengenal Studio Ghibli. Ya, studio ini terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Beberapa anime Studio Ghibli bahkan sudah terkenal hingga tingkat internasional.Anime Ghibli terbaru masih terus bermunculan hingga saat ini. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi anime Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill, akan kami bahas pada artikel ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Ernest Prakasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Ernest Prakasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah kesuksesannya dalam menyutradarai film Cek Toko Sebelah, nama Ernest Prakasa makin dikenal dalam jagat perfilman. Ernest tak hanya pandai bermain film, tetapi juga menulis skenario serta menyutradarai film. Di artikel ini, kami akan membahas kumpulan film terbaik Ernest Prakasa.  Terdapat berbagai deretan film Ernest Prakasa terbaik, seperti Ngenest, Imperfect, serta film series lainnya. Kami akan merekomendasikan film produksi Ernest Prakasa serta film-film yang dibintanginya. Film-film Ernest Prakasa kebanyakan merupakan drama komedi. Jadi, buat Anda yang butuh hiburan dan tertawa sejenak, pastikan Anda menonton film Ernest Prakasa yang lucu.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menonton film merupakan kegiatan yang seru. Sekarang, Anda tak perlu repot-repot pergi ke bioskop untuk menonton film karena sudah banyak website resmi yang menyediakan film original. Di antara banyaknya aplikasi dan website untuk menonton film, Disney+ Hotstar menjadi salah satu situs favorit untuk segala usia.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih film yang bagus di Disney+ Hotstar. Deretan rekomendasi film Disney+ Hotstar terbaik, seperti Toy Story 4, Mandalorian, dan Snowdrop juga akan kami ulas. Cek rekomendasi daftar film dari kami dan temukan film favorit Anda. Selamat membaca!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak film superhero, mungkin Anda sudah sangat familier dengan film produksi Marvel. Kumpulan film Marvel ini masih bisa ditonton kapan saja melalui layanan media streaming digital seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Salah satu judul film Marvel terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.Namun, film Marvel bukan Avengers saja. Masih banyak film Marvel lainnya yang tak kalah bagusnya, seperti Loki, Spider-Man, dan lainnya. Melalui artikel ini, kami akan mengulas list film Marvel terbaru tahun 2022 yang wajib Anda tonton.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Box Office Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Box Office Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Deretan film box office dari berbagai negara membuat industri film makin bergeliat. Setiap tahun selalu ada daftar film yang masuk jajaran box office. Misalnya, Avengers: Endgame sebagai film Hollywood box office 2019. Di jajaran box office Indonesia ada Dilan 1990. Sementara itu, dari Korea ada Parasite yang meraih Academy Awards kategori Best Picture.Untuk memilih film box office yang bagus, kami akan menyampaikan tips dalam artikel ini. Sepuluh rekomendasi film box office terbaik juga kami siapkan untuk Anda. Dari film lokal, Korea, Bollywood, hingga Hollywood kami rekomendasikan untuk Anda.
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori