• 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)

Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah, ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Merk pot bunga mana yang sebaiknya Anda pilih?


Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan merk pot plastik yang bagus, antara lain IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yuiimii
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii
Yuiimii
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman Monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto.


Yuimii juga mengoleksi tanaman Monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pot bunga

Berikut ini ada beberapa tips memilih pot bunga yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Saat memilih, pertimbangkan bahan, ukuran, bentuk, serta konsep kebun yang ingin Anda miliki.

Ketahui bahan-bahan pembuat pot bunga

Ada berbagai macam bahan untuk membuat pot bunga, misalnya plastik, keramik, dan kayu. Setiap bahan punya keunggulan dan daya tariknya masing-masing. Anda bisa menyesuaikannya dengan tanaman atau bunga yang ingin Anda pelihara.

Pot plastik: Harga terjangkau dan daya tahan cukup baik

Pot plastik: Harga terjangkau dan daya tahan cukup baik

Pot bunga umumnya terbuat dari bahan plastik. Selain mudah didapat, harganya juga sangat terjangkau dibandingkan bahan lainnya. Jika Anda ingin membuat halaman rumah terlihat lebih ramai, belilah banyak tanaman atau bunga beserta pot plastiknya.


Daya tahan pot bunga plastik tergantung pada kualitasnya. Carilah kualitas pot plastik yang bagus, tebal, dan kokoh agar bisa dipakai jangka panjang. Pot plastik yang berkualitas rendah akan mudah pecah.


Kekurangan pot plastik adalah tidak adanya pori-pori pada dinding pot sehingga perputaran suhu di dalamnya kurang baik. Saat musim kemarau, suhunya sangat mudah meningkat. Saat musim hujan, air lebih sulit keluar karena tidak adanya pori-pori. Jika tidak diperhatikan secara rutin, beberapa tanaman mungkin akan lebih cepat layu atau busuk akarnya. 

Cocofiber (sabut kelapa): Natural, tetapi tidak tahan lama

Cocofiber (sabut kelapa): Natural, tetapi tidak tahan lama

Pot cocofiber mulai lumayan terkenal belakangan ini. Pot cocofiber adalah sabut kelapa yang dibentuk dengan kerangka sehingga menghasilkan bentuk produk yang cantik. Bentuk pot ini mirip sarang burung yang sangat natural. Pada pot cocofiber tipe gantung, Anda bisa meletakkan tanaman anggrek atau tanaman gantung lainnya dengan apik. 


Pot cocofiber dapat dikhususkan untuk tanaman yang tidak terlalu butuh air. Karena jika terlalu sering terkena air, pot cocofiber bisa rusak. Kekurangannya, produk ini tidak terlalu tahan lama dibandingkan pot lainnya. Namun, karena harganya cukup murah, Anda bisa memilihnya saat ingin berganti suasana agar tidak bosan.

Kayu: Mikroorganisme dapat tumbuh dengan baik

Kayu: Mikroorganisme dapat tumbuh dengan baik

Sama seperti cocofiber, pot kayu juga memberikan kesan natural yang cantik. Namun, pot kayu memiliki karakteristik yang lebih kukuh, unik, dan kuat. Karena berbahan alami, pot kayu juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mikroorganisme tumbuh


Namun, tentu saja pot ini bisa lapuk seiring pemakaian, misal terkena hujan atau panas matahari yang terik. Selain itu, harganya juga sedikit lebih tinggi dibandingkan jenis pot lainnya.

Rak bunga besi: Tanaman tampak estetik dan tertata rapi

Rak bunga besi: Tanaman tampak estetik dan tertata rapi

Produk yang dimaksud pot besi sering kali lebih cocok disebut rak. Ada berbagai macam rak besi yang bisa digunakan untuk menempatkan tanaman Anda. Rak besi ini akan membuat koleksi tanaman Anda tampak estetik dan tertata rapi.


Ada rak yang konsepnya berbentuk lengkung seperti gapura sehingga Anda bisa menggantungkan beberapa tanaman bunga di situ. Lalu, ada juga model rak bunga yang dilengkapi bulatan untuk meletakkan pot bunga. Jika Anda ingin membuat susunan pot bunga Anda lebih rapi, gunakan rak berbahan besi. 


Untuk pemilihan rak besi, carilah rak besi yang memiliki lapisan antikarat. Hindari rak besi yang terlalu banyak susunannya. Jika susunan rak besinya terlalu banyak, tanaman tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

Keramik: Membuat tanaman tampak lebih mewah

Keramik: Membuat tanaman tampak lebih mewah

Pot bunga berbahan keramik tentu menjadi primadona bagi pencinta tanaman hias. Harganya sangat bervariasi, mulai dari yang murah hingga jutaan rupiah per pot. Karena umumnya dibuat langsung oleh tangan, desainnya jadi unik dan tidak sama di setiap produknya. Inilah yang menjadi kelebihan utama pot keramik. Anda bisa meletakkan tanaman hias mahal Anda di pot keramik agar tampilannya lebih cantik.


Namun, harga pot keramik juga cukup tinggi, rawan pecah, dan bobotnya cukup berat. Jika hanya untuk estetika, pot keramik bisa difungsikan sebagai cover pot saja.

Sesuaikan dengan konsep kebun rumah Anda

Sesuaikan dengan konsep kebun rumah Anda

Sebelum membeli pot bunga, pastikan dahulu Anda punya konsep kebun yang Anda inginkan. Lalu, perkirakan juga jumlah pot yang Anda butuhkan. Apakah Anda butuh beberapa pot saja atau banyak? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jadikan patokan.


  • Untuk rumah dengan halaman luas: Pilihan Anda lebih fleksibel karena halaman yang luas. Anda bisa menanam banyak tanaman dalam pot, mulai dari anggrek, Aglonema, sirih gading, atau kamboja. Untuk menghemat bujet, Anda bisa memakai pot plastik atau pot tanah liat.
  • Untuk rumah dengan halaman minimalis: Anda bisa mengakali minimnya ruang dengan membuat hanging garden. Gunakan pot berbahan cocofiber atau plastik yang ringan. Anda juga bisa memasang rak bunga besi agar tanaman lebih tertata rapi dan estetik.
  • Untuk kolektor kultivar premium: Anda hobi memelihara bonsai atau kaktus mini? Gunakan pot berbahan keramik dengan desain yang unik. Selain membuat koleksi tanaman Anda makin cantik, pot keramik membuatnya lebih bernilai jual tinggi. 

Pilih ukuran dan desain pot yang cocok dengan bunganya

Pilih ukuran dan desain pot yang cocok dengan bunganya

Saat memilih pot bunga, sesuaikan ukurannya dengan jenis bunga atau tanaman yang Anda tanam. Jika pot bunganya terlalu kecil, nutrisi dari media tanamnya tidak cukup untuk membuat tanaman Anda tumbuh optimal. Jika pot terlalu besar, penampilannya jadi kurang estetik atau boros tempat. 


  • Pot kecil diameternya sekitar 10–15 cm. Anda bisa membelinya untuk menyemai bibit.
  • Pot sedang diameternya sekitar 18–24 cm. Pot ini untuk menyimpan tanaman yang ukurannya kecil hingga sedang. Pot sedang masih memungkinkan untuk digantung karena bobotnya tidak terlalu berat.
  • Pot besar diameternya di atas 24 cm. Digunakan untuk tanaman berbatang kukuh atau tanaman yang berakar kuat. 

Selain ukuran, pertimbangkan juga bentuk potnya. Pilihlah bentuk pot yang sesuai dengan karakter tanaman Anda sehingga tampilannya lebih cantik lagi.

  • Pot tawon: Disebut pot tawon karena bentuknya mirip dengan sarang tawon. Pot ini paling banyak ditemukan dan hampir semua tanaman cocok dengan pot ini. Harganya juga relatif murah karena pot ini terbuat dari plastik.
  • Pot silinder: Bentuk pot ini silinder tabung atau cenderung meninggi. Bahan pot ini cukup variatif, bisa terbuat dari kayu, keramik, atau plastik. Gunakan pot ini untuk bunga atau tanaman yang tumbuhnya lebih condong ke atas daripada ke samping. Contohnya tanaman Sansivera (lidah mertua). 
  • Pot keramik stylish: Bentuk pot jenis ini beragam tergantung pembuatnya. Kebanyakan ukurannya kecil sehingga paling cocok untuk tanaman-tanaman kultivar, seperti sukulen atau kaktus mini.

10 Rekomendasi pot bunga terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pot bunga terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yuiimii.

10

Indokurnia Pot Bunga Motif Tawon Soft

Mulai dari Rp 3.599,00

BahanPlastik
UkuranDiameter atas: 15 cm, 19 cm, 24 cm, 30 cm
9

BB SeedPot Serabut Kelapa Tanaman Bunga Hias

Mulai dari Rp 15.000,00

BahanSabut kelapa (cocofiber)
UkuranKotak: diameter dalam 12 cm, diameter luar 17 cm, tinggi 16 cm・Bulat: diameter dalam 14 cm, diameter luar 19 cm, tinggi 16,5 cm
8

Green FloraStanding Rak Pot 9 Susun

Mulai dari Rp 180.000,00

BahanBesi
UkuranTinggi: 100 cm, lebar: 80 cm
7
BahanPlastik
UkuranPanjang atas 22 cm, panjang bawah 16 cm, lebar sisi atas 11 cm, lebar sisi bawah 4 cm, tinggi 12 cm
6
BahanKeramik
Ukuran5 cm x 4,5 cm x 5,3 cm
5

Pot Bonsai Gerabah Tebal Ukir Segitiga

D33/ L

Mulai dari Rp 75.500,00

BahanTanah liat
UkuranTinggi: 12 cm, diameter luar: 33 cm, diameter dalam: 29 cm
4

Agung KeramikPot Bunga Segi Delapan

Mulai dari Rp 90.000,00

BahanKeramik
UkuranDiameter dalam: 13,5 cm, tinggi: 10 cm
3

MendekorKotak Kayu Hiasan Pot Vas Bunga

Mulai dari Rp 179.000,00

BahanKayu
UkuranKecil: Panjang 12,3 cm, lebar 12,3 cm, tinggi 12 cm・Besar: Panjang 16 cm, lebar 16 cm, tinggi 13,2 cm
2
BahanGalvanized steel
UkuranTinggi: 24 cm, diameter dalam: 26 cm, diameter luar: 27 cm, panjang: 26 cm
1

Otten CoffeeMagnetic Levitation Plant 2

SIM10-GW4

Mulai dari Rp 900.000,00

BahanKayu + magnet
UkuranTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk pot bunga terbaik

Gambar produk
1
Otten Coffee Magnetic Levitation Plant 2 1

Otten Coffee

2
IKEA SOCKER 1

IKEA

3
Mendekor Kotak Kayu Hiasan Pot Vas Bunga 1

Mendekor

4
Agung Keramik Pot Bunga Segi Delapan 1

Agung Keramik

5
Pot Bonsai Gerabah Tebal Ukir Segitiga 1

6
Pot Kaktus Burung Hantu (6 pcs) 1

7
Crystallpot Pot Tempel Agro 1

Crystallpot

8
Green Flora Standing Rak Pot 9 Susun 1

Green Flora

9
BB Seed Pot Serabut Kelapa Tanaman Bunga Hias 1

BB Seed

10
Indokurnia  Pot Bunga Motif Tawon Soft 1

Indokurnia

Nama produk

Magnetic Levitation Plant 2

SOCKER

Kotak Kayu Hiasan Pot Vas Bunga

Pot Bunga Segi Delapan

Pot Bonsai Gerabah Tebal Ukir Segitiga

Pot Kaktus Burung Hantu (6 pcs)

Pot Tempel Agro

Standing Rak Pot 9 Susun

Pot Serabut Kelapa Tanaman Bunga Hias

Pot Bunga Motif Tawon Soft

Keunggulan

Curi perhatian dengan pot terbang

Bebas korosi, jaminan awet dan tahan lama

Pot kayu desain vintage yang multifungsi

Permukaan keramik glossy, membuat pot tampak lebih berkarakter

Pot bonsai unik yang membuat ruangan lebih artistik

Ruangan lebih hidup dengan pot burung hantu

Solusi pintar menanam di lahan sempit

Tanaman jadi lebih rapi sekaligus hemat tempat

Desain natural, membuat anggrek Anda terlihat lebih cantik

Harga ekonomis, cocok untuk Anda yang punya banyak tanaman

Harga mulai dariRp 900.000,00Rp 39.900,00Rp 179.000,00Rp 90.000,00Rp 75.500,00Rp 129.000,00Rp 7.000,00Rp 180.000,00Rp 15.000,00Rp 3.599,00
BahanKayu + magnetGalvanized steelKayuKeramikTanah liatKeramikPlastikBesiSabut kelapa (cocofiber)Plastik
UkuranTidak ada keteranganTinggi: 24 cm, diameter dalam: 26 cm, diameter luar: 27 cm, panjang: 26 cmKecil: Panjang 12,3 cm, lebar 12,3 cm, tinggi 12 cm・Besar: Panjang 16 cm, lebar 16 cm, tinggi 13,2 cmDiameter dalam: 13,5 cm, tinggi: 10 cmTinggi: 12 cm, diameter luar: 33 cm, diameter dalam: 29 cm5 cm x 4,5 cm x 5,3 cmPanjang atas 22 cm, panjang bawah 16 cm, lebar sisi atas 11 cm, lebar sisi bawah 4 cm, tinggi 12 cmTinggi: 100 cm, lebar: 80 cmKotak: diameter dalam 12 cm, diameter luar 17 cm, tinggi 16 cm・Bulat: diameter dalam 14 cm, diameter luar 19 cm, tinggi 16,5 cmDiameter atas: 15 cm, 19 cm, 24 cm, 30 cm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pot bunga

Pertanyaan umum seputar pot bunga

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar pot bunga. Jika Anda masih penasaran dengan pot bunga, simak jawabannya di bawah ini!

Adakah tips memilih pot bunga untuk tanaman indoor?

Pilih sesuai dengan tema ruangan. Fungsikan pot keramik sebagai cover agar tampilan terlihat estetik dan bersih. Jika memakai pot tembikar atau plastik, gunakan tatakan pot agar air bekas siraman tidak mengotori ruangan.

Baca juga rekomendasi tanaman dan peralatan berkebun lainnya di sini

Untuk membuat kebun rumah lebih cantik, berikut ini beberapa tanaman dan perlengkapan lain yang bisa Anda beli. Silakan langsung klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasinya.

Kesimpulan

Sekali Anda melihat-lihat pot bunga, susah bagi Anda untuk tidak memborongnya. Jadi, tips utama dalam memilih pot bunga adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika Anda mencari pot bunga dalam jumlah banyak, pilih yang bentuknya simpel dan ekonomis.


Untuk hanging garden, pastikan potnya dilengkapi gantungan atau setidaknya bisa ditempatkan di rak tinggi. Untuk kolektor tanaman hias mahal, pilihlah bentuk pot bunga yang unik dan cantik agar koleksi Anda tampak makin menarik.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jemuran handuk sangat fungsional untuk menjemur handuk, baik handuk yang sedikit basah atau yang akan digunakan lagi. Anda akan menemukan begitu banyak jemuran handuk yang berbeda desain, bentuk, dan harga beredar di pasaran. Tentunya Anda harus memilih produk yang pas karena jemuran handuk sering kali boros tempat.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi jemuran handuk yang bagus. Anda akan menemukan beragam produk berkualitas dengan keunggulan tersendiri dalam artikel ini. Mau pilih produk dari merek IKEA, Informa, atau Liveo? Pilihlah yang sesuai dengan selera dan bujet Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, banyak digemari masyarakat. Namun, agar bunga tumbuh optimal, pupuk perlu disesuaikan dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari pupuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk mengetahui jawabannya, simaklah cara memilih pupuk untuk bunga dalam artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek pupuk bunga yang bagus, seperti Mutiara dan GDM. Yuk, simak informasinya dan pastikan bunga-bunga Anda bermekaran dengan indah. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hidup di kota besar yang penuh hiruk pikuk tentu mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi buaian gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini, tersedia berbagai jenis kursi gantung untuk indoor maupun outdoor yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi hammock chair terbaik. Dengan begitu, Anda pun semakin mudah menemukan produk yang tepat. Anda akan menemukan beragam hammock chair berkualitas dalam artikel ini. Silakan disimak!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Selain memberikan penerangan, lampu sorot outdoor juga dapat memperindah visual taman saat malam hari. Anda bisa menyesuaikan tingkat penerangan dengan besarnya daya, seperti 5 watt, 20 watt, atau 50 watt. Pilih juga warna lampu sorot taman yang diinginkan, seperti warna kuning, putih, atau warna-warni. Kami menyarankan untuk memilih lampu LED yang antiair atau waterproof.Selain tips memilih, kami juga akan berikan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Philips, Hannochs, dan Luxmenn. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman, dahan, atau rumput, merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Alat ini juga berguna bila Anda ingin melakukan stek atau okulasi pada tanaman.Simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus untuk bunga atau pohon di taman Anda. Kami juga akan menghadirkan rekomendasi produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Kangkung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Kangkung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kangkung adalah sayuran berwarna hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan C, zat besi, hingga fosfor. Kini, Anda bisa membudidayakan kangkung dengan membeli benihnya di toko online. Anda bisa menanam sayuran hijau ini di darat, air, ataupun menggunakan metode hidroponik.Agar hasil panen melimpah dan berkualitas unggul, telitilah saat memilih benih kangkung. Simak cara memilih dan menanam benih kangkung berikut ini! Tersedia juga rekomendasi merek benih kangkung yang bagus, seperti Cap Panah Merah, Infarm, dan Cap Kapal Terbang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di rumah Anda.Anubias barteri dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bagus untuk dipilih. Tak ketinggalan, ada tanaman merah aquascape yaitu Ludwigia sp. 'Super Red'. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa tanaman aquascape lainnya untuk mempercantik akuarium Anda. Pembahasan di artikel ini telah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih. Mari simak informasi selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori