1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Detergen cair yang mudah larut dalam air membuat proses mencuci pakaian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair juga ada yang mengandung pewangi dan pelembut. 


Lewat artikel ini, kami akan mengulas tips memilih deterjen atau sabun cuci baju cair yang bagus untuk Anda. Berbagai merek deterjen cair terbaik, seperti Rinso, Attack, dan Gentle Gen akan kami ulas keunggulannya. Ada juga produk rekomendasi deterjen cair yang wanginya tahan lama dalam artikel ini. Selamat membaca!

Diperbaharui 09-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan deterjen cair

Keunggulan deterjen cair

Salah satu merek detergen yang sudah sangat terkenal di pasaran adalah Rinso. Nah, mungkin Anda penasaran, apa yang membedakan produk Rinso cair dan bubuk? Rinso cair digunakan untuk mencuci dengan mesin karena detergennya mampu menembus serat kain sehingga tak perlu dikucek. Sementara itu, Rinso bubuk digunakan untuk mencuci dengan tangan dan dapat membersihkan noda dalam sekali kucek.


Selain mampu menembus serat kain tanpa perlu dikucek, ada banyak keunggulan deterjen cair. Berikut ini adalah beberapa keunggulan deterjen cair. 


  • Lebih ramah lingkungan karena busanya lebih sedikit dibandingkan detergen bubuk.

  • Detergen cair dapat membersihkan noda dengan baik.

  • Tidak ada residu atau endapan yang tersisa.


Lantas, apakah sabun dapat digunakan untuk mencuci pakaian? Pada dasarnya, sabun bisa digunakan untuk membersihkan, tetapi tahukah Anda perbedaan antara sabun dan deterjen?


Komposisi pembersih dalam detergen tentunya lebih kuat dibandingkan sabun. Hal tersebut membuat detergen dapat digunakan tidak hanya untuk mencuci baju, tetapi juga karpet, jok, dan sebagainya. Jadi, sebaiknya sabun digunakan hanya sebatas untuk mandi atau mencuci piring. 

Cara memilih deterjen cair

Kini, Anda telah memahami keunggulan dari detergen cair. Mengingat cukup banyak produk detergen cair yang beredar di pasaran, Anda harus jeli saat memilihnya. Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih detergen cair. 

① Perhatikan fungsi dan manfaat yang ditawarkan

Selain berfungsi untuk membersihkan noda, biasanya detergen cair juga dilengkapi dengan fungsi tambahan. Apa saja fungsi tambahan yang ada pada deterjen cair? Untuk mengetahuinya, silakan simak poin-poin berikut ini. 

Antibakteri: Usir penyebab bau apek pada pakaian

Antibakteri: Usir penyebab bau apek pada pakaian

Pakaian dengan bahan tertentu seperti katun dapat menyerap keringat dengan baik. Hal ini tentunya membuat pakaian yang dikenakan menyimpan banyak kuman dan bakteri. Selain sebagai penyebab munculnya jamur, bakteri juga dapat membuat pakaian memiliki bau apek


Untuk menghindari dan menghilangkan bau apek, pilihlah detergen cair yang mengandung zat antibakteri. Kandungan tersebut mampu menghalau metabolisme mikroba penyebab bau apak. Untuk menghindari munculnya bakteri, pastikan Anda menjemur pakaian yang sudah dicuci sampai benar-benar kering.

Pewangi: Disertai aroma parfum yang manis dan menyegarkan

Pewangi: Disertai aroma parfum yang manis dan menyegarkan

Tak hanya bersih dari noda, Anda tentu ingin pakaian yang telah dicuci juga menjadi wangi, bukan? Umumnya, detergen bubuk ataupun cair yang dijual di pasaran sudah mengandung zat pewangi. Namun, kadar zat dan aroma wanginya tentu berbeda-beda. 


Untuk membuat pakaian jauh lebih wangi, terdapat pula produk terpisah berupa parfum laundry seperti merek Molto. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda bisa membeli detergen cair yang sudah dilengkapi pewangi. Selain tak perlu ribet mencuci menggunakan banyak produk, Anda juga dapat menghemat pengeluaran.

Pelembut pakaian: Untuk tampilan pakaian yang antikusut

Pelembut pakaian: Untuk tampilan pakaian yang antikusut

Kandungan pelembut pakaian dalam detergen cair dapat membuat tampilan pakaian lebih rapi. Pakaian yang lembut tentu akan makin nyaman dikenakan. Sementara itu, pakaian yang tidak terlalu kusut setelah dijemur akan memudahkan Anda menyetrika.


Namun, ketahuilah bahwa terdapat bahan tertentu yang tidak boleh dicuci menggunakan pelembut. Bahan yang tidak dapat dicuci dengan detergen cair yang disertai pelembut ialah poliester, mikrofiber, nilon, dan handuk. Untuk bahan pakaian lain pun sebaiknya tidak terlalu sering dicuci menggunakan pelembut karena berisiko merusak serat pakaian.

② Pilih berdasarkan kemasan dan berat bersih

Pilih berdasarkan kemasan dan berat bersih
Sumber: kino.co.id


Dari segi kemasan, terdapat bentuk saset ekonomis, pouch, botol, hingga jeriken. Jika Anda yang baru dalam tahap mencoba produk tertentu, pilihlah kemasan saset ekonomis. Untuk memudahkan memilih kemasan dan volume detergen cair, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini: 


  • Kemasan 20–50 ml: Dapat digunakan untuk satu kali proses pencucian.

  • Kemasan 400–1.000 ml: Untuk kebutuhan mencuci pakaian dalam jumlah banyak

  • Kemasan >1.000 ml: Ideal untuk kebutuhan bisnis laundry.


Selain itu, penggunaan detergen cair pada mesin cuci harus dilakukan dengan benar untuk menjaga keawetan mesin cuci. Untuk mencuci 10–15 potong pakaian atau sekitar 4,5 kg cucian, tuangkanlah seperempat tutup botol detergen cair. Takaran tersebut setara dengan 15 ml cairan detergen. Hal ini berlaku kelipatan sesuai jumlah cucian Anda. 


Jenis mesin cuci yang saat ini Anda gunakan juga perlu diperhatikan. Mesin cuci front load memiliki kapasitas pencucian lebih sedikit dibandingkan jenis top load. Jika Anda memiliki banyak cucian, sebaiknya tidak mencucinya dalam satu waktu sekaligus supaya mesin tidak bekerja terlalu keras

③ Pertimbangkan juga deterjen khusus pakaian tertentu

Pertimbangkan juga deterjen khusus pakaian tertentu

Ternyata, tidak semua pakaian dapat dicuci dengan detergen yang sama. Untuk pakaian resmi, seperti batik, kebaya, atau pakaian berbahan sutra, sebaiknya dicuci menggunakan detergen khusus agar terjaga kualitasnya. Jadi, pilihlah detergen cair dengan label yang menunjukkan penggunaan pada pakaian tertentu. Sebagai contoh, detergen cair dari Kao, Attack Batik Care, untuk pakaian batik. 


Lantas, bagaimana dengan pakaian bayi? Deterjen cair khusus untuk mencuci pakaian bayi pun banyak dijual di pasaran. Detergen cair untuk pakaian bayi biasanya tidak mengandung parfum dan pelembut yang berlebihan. Kandungan utamanya pun hypoallergenic dan bebas aditif sehingga aman bagi kulit bayi.

10 Rekomendasi deterjen cair terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk deterjen cair terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Sahaja Detergen Cair Konsentrat

Unilever Sahaja Detergen Cair Konsentrat 1枚目

Diproduksi secara halal dan ramah lingkungan

2

Wings

SoKlin Liquid

Wings SoKlin Liquid  1枚目

Desain saset praktis dengan harga ekonomis

3

Unilever

Rinso Molto Rose Fresh Detergen Cair

Unilever Rinso Molto Rose Fresh Detergen Cair 1枚目

Noda mudah hilang tanpa membuat tangan pegal

4

Unilever

Rinso Matic Bukaan Depan Detergen Cair

Unilever Rinso Matic Bukaan Depan Detergen Cair 1枚目

Membantu merawat mesin cuci front loading

5

Unilever

Zwitsal Baby Fabric Detergent

Unilever Zwitsal Baby Fabric Detergent 1枚目

Noda hilang berkat formula green tea dan aloe vera

6

Kino

Sleek Baby Laundry Detergent

Kino Sleek Baby Laundry Detergent 1枚目

Formula ampuh untuk mengusir bau apek

7

United Cleaning Enterprise

Liquid Detergent

United Cleaning Enterprise Liquid Detergent 1枚目

Pakaian tetap cerah dengan teknologi Deep Clean

8

Gentle Gen

Morning Breeze

Gentle Gen Morning Breeze 1枚目

Kandungan aman, tangan tak panas dan kasar

9

Kao

Attack Batik Care

Kao Attack Batik Care 1枚目

Baju istimewa tetap bersih dan terawat

10

Olaif

Powerful Cleaning Liquid Detergent

Olaif Powerful Cleaning Liquid Detergent 1枚目

Pakaian menjadi lembut dan harum bunga

Perincian produk
Close
No.1

UnileverSahaja Detergen Cair Konsentrat

Mulai dari Rp15.700,00

Diproduksi secara halal dan ramah lingkungan

Kelebihan:

  • Tidak mengandung paraben atau pengawet sehingga aman untuk mencuci pakaian anak-anak

Kekurangan:

  • Wanginya tidak terlalu tahan lama, sebaiknya digunakan bersamaan dengan produk pewangi cucian

Bahan aktif yang terdapat pada deterjen cair ini ialah surfaktan guna menghilangkan noda pada pakaian. Selain kandungan tersebut, produk ini tidak mengandung bahan kimia lain seperti paraben dan pewarna. Dengan bahan pembersih yang berasal dari tumbuhan, detergen ini tak membuat tangan terasa panas.


Kami rekomendasikan produk ini untuk Anda gunakan saat mencuci perlengkapan salat, seperti mukena, sarung, sajadah, baju koko, dan sebagainya. Tak hanya ramah lingkungan, produk ini juga diproduksi secara halal. Pihak produsen bahkan memiliki komitmen untuk menyisihkan 2,5% dari hasil penjualan untuk bersedekah.

No.2

Desain saset praktis dengan harga ekonomis

Kelebihan:

  • Menyediakan banyak varian keharuman

Kekurangan:

  • Untuk jenis saset, berpotensi memperbanyak jumlah sampah plastik berukuran kecil

Detergen konsentrat yang tersedia dalam tujuh varian ini dilengkapi dengan kandungan antibakteri pencegah bau. Untuk Anda yang memiliki hobi traveling dalam waktu lama, produk jenis saset ini dapat diandalkan. Kemasan saset dengan isian sedikit dapat dihabiskan dalam satu kali proses pencucian.


Nah, jika Anda bertanya SoKlin Liquid warna apa yang paling wangi? Tentu saja semua warna memiliki wangi yang khas. Selain wanginya enak, formulanya juga lembut dan aman untuk kulit. Selain tidak meninggalkan noda, warna pakaian Anda tak menjadi pudar setelah kering.

No.3

UnileverRinso Molto Rose Fresh Detergen Cair

Mulai dari Rp500,00

Noda mudah hilang tanpa membuat tangan pegal

Kelebihan:

  • Dilengkapi pelembut Molto yang sekaligus sebagai pewangi sehingga harumnya lebih tahan lama

Kekurangan:

  • Mengandung isothiazolones atau bahan pengawet

Produk ini hadir berkolaborasi dengan Molto sebagai zat pelembut pakaian. Aroma rose dan apel merah yang segar membuat pakaian menjadi wangi lebih lama. Formula antibakterinya mampu menghalau bau tak sedap pada cucian yang tak bisa kering dalam satu hari karena cuaca.


Bagi Anda yang sehari-hari mencuci pakaian menggunakan tangan, produk ini patut dipertimbangkan. Dengan kandungan antinoda, pakaian jadi lebih cepat bersih hanya dalam satu kali kucek. Busa detergen juga cepat hilang berkat teknologi SmartFoam sehingga dapat menghemat air saat membilas cucian.

No.4

UnileverRinso Matic Bukaan Depan Detergen Cair

Mulai dari Rp31.800,00

Membantu merawat mesin cuci front loading

Kelebihan:

  • Membantu merawat mesin cuci berkat formulasi rendah busa saat proses pencucian

Kekurangan:

  • Hanya tersedia kemasan pouch sehingga konsumen harus menyediakan botol secara mandiri

Dengan adanya kandungan pewangi dari Molto, cucian Anda akan terjaga keharumannya hingga 21 hari. Produk ini juga tergolong ramah lingkungan karena zat surfaktannya mudah terurai. Saat masuk ke serat kain, residu detergen tidak akan membekas pada permukaan pakaian. Selain itu, deterjen cair ini menjadi salah satu produk yang bagus untuk mesin cuci front load. 


Bagi Anda yang menggunakan mesin cuci front load, kami rekomendasikan produk ini untuk diandalkan. Formulasi rendah busa saat proses pencucian membuat mesin cuci Anda tak cepat rusak. Anda juga tak perlu mengucek noda membandel karena detergen ini mengandung antinoda yang bekerja tiga kali lebih efektif.

No.5

UnileverZwitsal Baby Fabric Detergent

Mulai dari Rp24.100,00

Noda hilang berkat formula green tea dan aloe vera

Kelebihan:

  • Produk telah teruji secara dermatologi dan mengandung formula hypoallergenic

Kekurangan:

  • Direkomendasikan untuk pencucian menggunakan tangan sehingga tidak pas untuk mesin cuci

Saat bayi sudah memasuki masa MPASI, bajunya akan sering kotor terkena makanan. Untuk menghilangkan noda organik seperti bekas makanan bayi, jatuhkanlah pilihan Anda pada produk ini. Kombinasi formula dari green tea dan Aloe vera membantu mengangkat noda dengan efektif.


Deterjen khusus pakaian bayi ini tentunya sudah lulus uji dermatologi sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif. Selain terjamin hypoallergenic, terdapat juga kandungan antibakteri sebagai proteksi tambahan. Faktor terpenting, detergen bayi ini tidak mengandung fosfat dan paraben yang dapat membahayakan tubuh.

No.6

KinoSleek Baby Laundry Detergent

Mulai dari Rp24.948,00

Formula ampuh untuk mengusir bau apek

Kelebihan:

  • Produk tersedia dalam berbagai kemasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Harganya cukup pricey, wanginya pun kurang awet

Bayi memiliki refleks muntah atau gumoh yang dapat mengotori pakaian. Akibatnya, pakaian bayi dapat ditumbuhi jamur dan bau apak jika tak segera dicuci. Bagi Anda yang ingin mengusir bau apek pada cucian, detergen cair pembersih pakaian bayi ini dapat dijadikan pilihan.


Dalam kandungan detergen ini, terdapat formula pembasmi jamur dan bakteri untuk membuat pakaian tetap segar. Selain itu, terdapat juga kandungan natural plant extract yang bebas SLS atau sodium lauryl sulfate. Kandungan tersebut aman untuk kulit bayi karena tidak menimbulkan iritasi.

No.7

United Cleaning EnterpriseLiquid Detergent

Mulai dari Rp25.000,00

Pakaian tetap cerah dengan teknologi Deep Clean

Kelebihan:

  • Proses pencucian rendah busa sehingga kerja mesin cuci lebih ringan

Kekurangan:

  • Penggunaan menjadi lebih boros jika tidak menggunakan takaran yang benar

Bagi Anda yang ingin menjaga pakaian putih tetap bersih dan cerah, produk ini adalah solusinya. Detergen konsentrat ini dibekali dengan kemampuan dari teknologi Deep Clean. Noda membandel pada pakaian jadi mudah hilang dan warna cerahnya terjaga.


Fungsi tambahan yang dimiliki produk ini ialah sebagai antibakteri sehingga pakaian terhindar dari bau apek. Detergen cair ini memiliki pH 8.0–9.0 yang tergolong normal sehingga aman di tangan. Limbah cucian Anda juga tak akan merugikan lingkungan karena bebas phosphate atau fosfat.

No.8

Gentle GenMorning Breeze

Mulai dari Rp22.890,00

Kandungan aman, tangan tak panas dan kasar

Kelebihan:

  • Terbuat dari plant-based material dengan pH 7 yang normal untuk kulit

Kekurangan:

  • Tidak tersedia kemasan refill 

Kandungan pokok pada detergen ini adalah plant-based, yakni bersumber dari tanaman. Formulanya pun bebas LABSA sehingga tak menimbulkan sensasi terbakar saat menyerap ke dalam kulit. Jika kulit Anda khususnya telapak tangan rentan terhadap zat kimia, pilihlah produk ini.


Menurut hasil review, detergen ini juga yang paling wangi di antara produk Gentle Gen lainnya, lho! Desain tutupnya juga sangat inovatif karena dilengkapi dengan stain remover untuk menyikat noda pada kain. Selain pakaian, Anda dapat menggunakan deterjen cair ini untuk mencuci sneakers kesayangan Anda.

No.9

Baju istimewa tetap bersih dan terawat

Kelebihan:

  • Membantu menjaga warna pakaian tetap cerah dan tidak memudar akibat proses pencucian

Kekurangan:

  • Tekstur sangat cair seperti air sehingga rawan menuang detergen terlalu banyak

Bagi Anda yang memiliki koleksi baju batik, kebaya, dan sebagainya, pilihlah produk ini. Detergen cair khusus bahan halus dan batik ini memiliki aroma yang segar dan wangi. Selain itu, produk ini juga mampu memelihara warna pakaian.


Produk ini bekerja membersihkan noda dan menjaga bahan tetap lembut. Anda pun tak perlu khawatir pakaian akan berkerut ataupun berbulu. Jadi, Anda dapat tampil di acara formal mengenakan koleksi outfit Anda dengan percaya diri.

No.10

OlaifPowerful Cleaning Liquid Detergent

Mulai dari Rp32.000,00

Pakaian menjadi lembut dan harum bunga

Kelebihan:

  • Kemasan refill dilengkapi tutup sehingga lebih mudah untuk dituang ke botol atau disimpan langsung

Kekurangan:

  • Total surfaktan cukup tinggi sehingga tidak direkomendasikan untuk mencuci pakaian bayi

Produk ini menawarkan kemampuan membersihkan noda pakaian secara powerful berkat konsentrasi surfaktan 18%. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan bahwa produk ini berhasil menghilangkan kuman dan bakteri pada pakaian. Detergen ini dapat bekerja pada pakaian berwarna gelap dan terang, tetapi pastikan untuk mencucinya secara terpisah.


Jika Anda menyukai pewangi pakaian beraroma bunga, produk ini dapat dijadikan opsi. Anda akan mendapatkan hasil cucian dengan harum bunga yang soft dan refreshing. Untuk metode handwashing, Anda tak perlu ragu karena detergen ini tak terasa panas di kulit.

Baca juga rekomendasi deterjen pakaian lainnya di sini

Menggunakan deterjen cair tentunya lebih praktis karena mudah larut di dalam air. Namun, bagi beberapa orang, deterjen bubuk lebih disukai karena dapat menghasilkan busa lebih banyak. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih produk detergen pakaian, kami telah menyiapkan beberapa artikel pilihan. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Tuntas sudah pembahasan kami mengenai detergen cair terbaik yang bisa Anda dapatkan secara online. Kami juga sudah mengulas beberapa produk detergen dan sabun cuci baju cair yang wanginya tahan lama untuk Anda. Semoga ulasan kami di atas dapat membantu Anda, ya!


Sebelum membeli detergen cair, perhatikan poin-poin cara memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga untuk menggunakan takaran yang benar saat mencuci agar mesin cuci tidak cepat rusak. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer