• 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Detergen cair yang mudah larut dalam air membuat proses mencuci pakaian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair juga ada yang mengandung pewangi dan pelembut. 


Lewat artikel ini, kami akan mengulas tips memilih deterjen atau sabun cuci baju cair yang bagus untuk Anda. Berbagai merek deterjen cair terbaik, seperti Rinso, Attack, dan Gentle Gen akan kami ulas keunggulannya. Ada juga produk rekomendasi deterjen cair yang wanginya tahan lama dalam artikel ini. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 September 2022
Daftar isi

Keunggulan deterjen cair

Keunggulan deterjen cair

Salah satu merek detergen yang sudah sangat terkenal di pasaran adalah Rinso. Nah, mungkin Anda penasaran, apa yang membedakan produk Rinso cair dan bubuk? Rinso cair digunakan untuk mencuci dengan mesin karena detergennya mampu menembus serat kain sehingga tak perlu dikucek. Sementara itu, Rinso bubuk digunakan untuk mencuci dengan tangan dan dapat membersihkan noda dalam sekali kucek.


Selain mampu menembus serat kain tanpa perlu dikucek, ada banyak keunggulan deterjen cair. Berikut ini adalah beberapa keunggulan deterjen cair. 


  • Lebih ramah lingkungan karena busanya lebih sedikit dibandingkan detergen bubuk.

  • Detergen cair dapat membersihkan noda dengan baik.

  • Tidak ada residu atau endapan yang tersisa.


Lantas, apakah sabun dapat digunakan untuk mencuci pakaian? Pada dasarnya, sabun bisa digunakan untuk membersihkan, tetapi tahukah Anda perbedaan antara sabun dan deterjen?


Komposisi pembersih dalam detergen tentunya lebih kuat dibandingkan sabun. Hal tersebut membuat detergen dapat digunakan tidak hanya untuk mencuci baju, tetapi juga karpet, jok, dan sebagainya. Jadi, sebaiknya sabun digunakan hanya sebatas untuk mandi atau mencuci piring. 

Cara memilih deterjen cair

Kini, Anda telah memahami keunggulan dari detergen cair. Mengingat cukup banyak produk detergen cair yang beredar di pasaran, Anda harus jeli saat memilihnya. Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih detergen cair. 

Perhatikan fungsi dan manfaat yang ditawarkan

Selain berfungsi untuk membersihkan noda, biasanya detergen cair juga dilengkapi dengan fungsi tambahan. Apa saja fungsi tambahan yang ada pada deterjen cair? Untuk mengetahuinya, silakan simak poin-poin berikut ini. 

Antibakteri: Usir penyebab bau apek pada pakaian

Antibakteri: Usir penyebab bau apek pada pakaian

Pakaian dengan bahan tertentu seperti katun dapat menyerap keringat dengan baik. Hal ini tentunya membuat pakaian yang dikenakan menyimpan banyak kuman dan bakteri. Selain sebagai penyebab munculnya jamur, bakteri juga dapat membuat pakaian memiliki bau apek


Untuk menghindari dan menghilangkan bau apek, pilihlah detergen cair yang mengandung zat antibakteri. Kandungan tersebut mampu menghalau metabolisme mikroba penyebab bau apak. Untuk menghindari munculnya bakteri, pastikan Anda menjemur pakaian yang sudah dicuci sampai benar-benar kering.

Pewangi: Disertai aroma parfum yang manis dan menyegarkan

Pewangi: Disertai aroma parfum yang manis dan menyegarkan

Tak hanya bersih dari noda, Anda tentu ingin pakaian yang telah dicuci juga menjadi wangi, bukan? Umumnya, detergen bubuk ataupun cair yang dijual di pasaran sudah mengandung zat pewangi. Namun, kadar zat dan aroma wanginya tentu berbeda-beda. 


Untuk membuat pakaian jauh lebih wangi, terdapat pula produk terpisah berupa parfum laundry seperti merek Molto. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda bisa membeli detergen cair yang sudah dilengkapi pewangi. Selain tak perlu ribet mencuci menggunakan banyak produk, Anda juga dapat menghemat pengeluaran.

Pelembut pakaian: Untuk tampilan pakaian yang antikusut

Pelembut pakaian: Untuk tampilan pakaian yang antikusut

Kandungan pelembut pakaian dalam detergen cair dapat membuat tampilan pakaian lebih rapi. Pakaian yang lembut tentu akan makin nyaman dikenakan. Sementara itu, pakaian yang tidak terlalu kusut setelah dijemur akan memudahkan Anda menyetrika.


Namun, ketahuilah bahwa terdapat bahan tertentu yang tidak boleh dicuci menggunakan pelembut. Bahan yang tidak dapat dicuci dengan detergen cair yang disertai pelembut ialah poliester, mikrofiber, nilon, dan handuk. Untuk bahan pakaian lain pun sebaiknya tidak terlalu sering dicuci menggunakan pelembut karena berisiko merusak serat pakaian.

Pilih berdasarkan kemasan dan berat bersih

Dari segi kemasan, terdapat bentuk saset ekonomis, pouch, botol, hingga jeriken. Jika Anda yang baru dalam tahap mencoba produk tertentu, pilihlah kemasan saset ekonomis. Untuk memudahkan memilih kemasan dan volume detergen cair, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini: 


  • Kemasan 20–50 ml: Dapat digunakan untuk satu kali proses pencucian.

  • Kemasan 400–1.000 ml: Untuk kebutuhan mencuci pakaian dalam jumlah banyak

  • Kemasan >1.000 ml: Ideal untuk kebutuhan bisnis laundry.


Selain itu, penggunaan detergen cair pada mesin cuci harus dilakukan dengan benar untuk menjaga keawetan mesin cuci. Untuk mencuci 10–15 potong pakaian atau sekitar 4,5 kg cucian, tuangkanlah seperempat tutup botol detergen cair. Takaran tersebut setara dengan 15 ml cairan detergen. Hal ini berlaku kelipatan sesuai jumlah cucian Anda. 


Jenis mesin cuci yang saat ini Anda gunakan juga perlu diperhatikan. Mesin cuci front load memiliki kapasitas pencucian lebih sedikit dibandingkan jenis top load. Jika Anda memiliki banyak cucian, sebaiknya tidak mencucinya dalam satu waktu sekaligus supaya mesin tidak bekerja terlalu keras

Pertimbangkan juga deterjen khusus pakaian tertentu

Pertimbangkan juga deterjen khusus pakaian tertentu

Ternyata, tidak semua pakaian dapat dicuci dengan detergen yang sama. Untuk pakaian resmi, seperti batik, kebaya, atau pakaian berbahan sutra, sebaiknya dicuci menggunakan detergen khusus agar terjaga kualitasnya. Jadi, pilihlah detergen cair dengan label yang menunjukkan penggunaan pada pakaian tertentu. Sebagai contoh, detergen cair dari Kao, Attack Batik Care, untuk pakaian batik. 


Lantas, bagaimana dengan pakaian bayi? Deterjen cair khusus untuk mencuci pakaian bayi pun banyak dijual di pasaran. Detergen cair untuk pakaian bayi biasanya tidak mengandung parfum dan pelembut yang berlebihan. Kandungan utamanya pun hypoallergenic dan bebas aditif sehingga aman bagi kulit bayi.

10 Rekomendasi deterjen cair terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk deterjen cair terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Rinso Matic Professional menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Sahaja Detergen Cair Konsentrat memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Unilever Sahaja Detergen Cair Konsentrat 1

Unilever

2
Wings SoKlin Liquid  1

Wings

3
Unilever Rinso Molto Rose Fresh Detergen Cair 1

Unilever

4
Unilever Rinso Matic Bukaan Depan Detergen Cair 1

Unilever

5
Unilever Zwitsal Baby Fabric Detergent 1

Unilever

6
Kino Sleek Baby Laundry Detergent 1

Kino

7
United Cleaning Enterprise Liquid Detergent 1

United Cleaning Enterprise

8
Gentle Gen Morning Breeze 1

Gentle Gen

9
Kao Attack Batik Care 1

Kao

10
Olaif Powerful Cleaning Liquid Detergent 1

Olaif

Nama produk

Sahaja Detergen Cair Konsentrat

SoKlin Liquid

Rinso Molto Rose Fresh Detergen Cair

Rinso Matic Bukaan Depan Detergen Cair

Zwitsal Baby Fabric Detergent

Sleek Baby Laundry Detergent

Liquid Detergent

Morning Breeze

Attack Batik Care

Powerful Cleaning Liquid Detergent

Keunggulan

Diproduksi secara halal dan ramah lingkungan

Desain saset praktis dengan harga ekonomis

Noda mudah hilang tanpa membuat tangan pegal

Membantu merawat mesin cuci front loading

Noda hilang berkat formula green tea dan aloe vera

Formula ampuh untuk mengusir bau apek

Pakaian tetap cerah dengan teknologi Deep Clean

Kandungan aman, tangan tak panas dan kasar

Baju istimewa tetap bersih dan terawat

Pakaian menjadi lembut dan harum bunga

Harga mulai dariRp 15.700,00Rp 490,00Rp 500,00Rp 31.800,00Rp 24.100,00Rp 24.948,00Rp 25.000,00Rp 22.890,00Rp 17.600,00Rp 32.000,00
Fungsi tambahanAntibakteri, pelembut, dan antinodaAntibakteri dan pelembutPelembut, antinoda, dan antibakteriAntinoda, antibakteri, dan pewangiAntibakteri dan antinodaAntibakteri dan antijamurAntibakteriPewangiPewangi dan pelembutAntibakteri dan pewangi
Jenis pakaianPakaian harianPakaian harianPakaian harianPakaian harianPakaian bayiPakaian bayiPakaian harianPakaian harian dan sepatu sneakersBatik dan pakaian berbahan halusSemua jenis kain dan pakaian dewasa
KemasanPouchSaset, pouch, dan botolSaset dan pouchPouchPouchTube, pouch, botol, dan jerikenJeriken dan pouchBotolBotol dan pouchPouch dan botol
Isi630 ml, 700 ml, dan 770 ml22 ml, 750 ml, 1.000 ml, dan 1.600 ml20 ml, 40 ml, 215 ml, 750 ml, 1 liter, dan 1,5 liter700 ml dan 1,45 liter750 ml100 ml, 450 ml, 500 ml, 900 ml, 1,2 liter, dan 4 liter800 ml, 1.000 ml, dan 5.000 ml750 ml400 ml dan 500 ml500 ml dan 1 liter
Tautan produk
10

OlaifPowerful Cleaning Liquid Detergent

Mulai dari Rp 32.000,00

Fungsi tambahanAntibakteri dan pewangi
Jenis pakaianSemua jenis kain dan pakaian dewasa
KemasanPouch dan botol
Isi500 ml dan 1 liter
9
Fungsi tambahanPewangi dan pelembut
Jenis pakaianBatik dan pakaian berbahan halus
KemasanBotol dan pouch
Isi400 ml dan 500 ml
8
Fungsi tambahanPewangi
Jenis pakaianPakaian harian dan sepatu sneakers
KemasanBotol
Isi750 ml
7

United Cleaning EnterpriseLiquid Detergent

Mulai dari Rp 25.000,00

Fungsi tambahanAntibakteri
Jenis pakaianPakaian harian
KemasanJeriken dan pouch
Isi800 ml, 1.000 ml, dan 5.000 ml
6
Fungsi tambahanAntibakteri dan antijamur
Jenis pakaianPakaian bayi
KemasanTube, pouch, botol, dan jeriken
Isi100 ml, 450 ml, 500 ml, 900 ml, 1,2 liter, dan 4 liter
5

UnileverZwitsal Baby Fabric Detergent

Mulai dari Rp 24.100,00

Fungsi tambahanAntibakteri dan antinoda
Jenis pakaianPakaian bayi
KemasanPouch
Isi750 ml
4

UnileverRinso Matic Bukaan Depan Detergen Cair

Mulai dari Rp 31.800,00

Fungsi tambahanAntinoda, antibakteri, dan pewangi
Jenis pakaianPakaian harian
KemasanPouch
Isi700 ml dan 1,45 liter
3

UnileverRinso Molto Rose Fresh Detergen Cair

Mulai dari Rp 500,00

Fungsi tambahanPelembut, antinoda, dan antibakteri
Jenis pakaianPakaian harian
KemasanSaset dan pouch
Isi20 ml, 40 ml, 215 ml, 750 ml, 1 liter, dan 1,5 liter
2
Fungsi tambahanAntibakteri dan pelembut
Jenis pakaianPakaian harian
KemasanSaset, pouch, dan botol
Isi22 ml, 750 ml, 1.000 ml, dan 1.600 ml
1

UnileverSahaja Detergen Cair Konsentrat

Mulai dari Rp 15.700,00

Fungsi tambahanAntibakteri, pelembut, dan antinoda
Jenis pakaianPakaian harian
KemasanPouch
Isi630 ml, 700 ml, dan 770 ml

Baca juga rekomendasi deterjen pakaian lainnya di sini

Menggunakan deterjen cair tentunya lebih praktis karena mudah larut di dalam air. Namun, bagi beberapa orang, deterjen bubuk lebih disukai karena dapat menghasilkan busa lebih banyak. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih produk detergen pakaian, kami telah menyiapkan beberapa artikel pilihan. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Tuntas sudah pembahasan kami mengenai detergen cair terbaik yang bisa Anda dapatkan secara online. Kami juga sudah mengulas beberapa produk detergen dan sabun cuci baju cair yang wanginya tahan lama untuk Anda. Semoga ulasan kami di atas dapat membantu Anda, ya!


Sebelum membeli detergen cair, perhatikan poin-poin cara memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga untuk menggunakan takaran yang benar saat mencuci agar mesin cuci tidak cepat rusak. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjaga kebersihan rumah adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk bersih-bersih. Bagi Anda yang sibuk, serahkan saja urusan menyedot debu hingga mengepel lantai pada robot vacuum cleaner. Alat ini dapat bekerja membersihkan lantai secara otomatis sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.Banyak merek ternama, seperti Samsung, Xiaomi, Bardi, ECOVACS, dan Kurumi, memproduksi robot pembersih lantai dengan berbagai spesifikasi. Jika Anda kebingungan menentukan pilihan, silakan baca artikel ini sampai habis. Temukanlah tips memilih, review, serta rekomendasi robot vacuum cleaner yang bagus dari kami. 
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Saat ini bahkan sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula antibakteri hingga antiseptik. Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merek terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan Daia.Namun, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Simak ulasan kami hingga tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merek deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga SoKlin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum ruangan menjadi solusi cepat untuk menghilangkan bau tidak sedap di sebuah ruangan. Pewangi ruangan dapat membantu memperbaiki mood agar Anda relaks kembali setelah lelah bekerja seharian. Sebagian produk pengharum ruangan dapat menebarkan aroma tahan lama, sementara sebagian yang lain cepat hilang. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk pengharum ruangan yang bagus. Mulai dari merek Stella, Glade, Heaven Scent, Miniso, dan lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan pengharum ruangan terbaik yang cocok untuk Anda, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hand Sanitizer Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meski sudah melewati masa pandemi, penggunaan hand sanitizer tetap dianjurkan untuk digunakan sehari-hari. Dari banyaknya jenis yang ada, hand sanitizer gel dapat dijadikan pilihan. Hand sanitizer gel sangat praktis menjaga tangan tetap higienis saat tak ada sabun atau air untuk mencuci tangan. Di pasaran, merek-merek hand sanitizer gel ternama, seperti Nuvo, Carex, dan Dettol, sangat mudah dijumpai. Namun, Anda tentu bingung memilih hand sanitizer gel yang bagus. Untuk itu, kami telah menyediakan rekomendasi hand sanitizer gel beserta tips memilihnya. Simak baik-baik sampai akhir, ya!
    Peralatan kebersihan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori