• 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Deterjen cair yang mudah larut dalam air membuat proses pencucian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair pun ada yang mengandung pewangi dan pelembut.


Kali ini, kami akan mengulas tips memilih dan merekomendasikan produk deterjen cair terbaik yang dapat dibeli secara online. Merek deterjen cair yang bagus seperti Rinso Liquid Matic, Attack, So Klin, dan Sleek Baby juga ada ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 11 Agustus 2021
  • 3.959 Views
Daftar isi

Keunggulan deterjen cair

Keunggulan deterjen cair

Sebelum membahas lebih detail mengenai cara memilih detergen cair, pertama-tama kami akan menjelaskan tentang apa itu deterjen cair? Jika dibandingkan detergen bubuk, detergen cair atau liquid lebih ramah lingkungan karena volume busa yang dihasilkan lebih rendah


Detergen cair juga dapat membersihkan noda minyak pada pakaian dengan baik sehingga sangat ideal untuk penggunaan rumah tangga.


Salah satu merek detergen yang terkenal ialah Rinso. Ada Rinso cair dan bubuk, apa bedanya? Rinso cair digunakan untuk mencuci dengan mesin karena detergennya mampu menembus serat kain sehingga tak perlu dikucek. Sementara itu, Rinso bubuk digunakan untuk mencuci dengan tangan dan dapat membersihkan noda dalam sekali kucek.


Sabun juga bisa digunakan untuk membersihkan, tetapi tahukah Anda apa perbedaan antara sabun dan deterjen? Komposisi pembersih dalam detergen lebih kuat daripada sabun. Hal tersebut membuat detergen dapat digunakan tidak hanya untuk mencuci baju, tetapi juga karpet, jok, dan sebagainya. Sebaliknya, sabun digunakan hanya sebatas untuk mandi, cuci piring, atau membersihkan pakaian.


Di sisi lain, detergen tidak dapat digunakan pada kulit karena mengandung lebih banyak bahan kimia, salah satunya surfaktan. Jika Anda memiliki kulit sensitif, kandungan surfaktan mungkin dapat menimbulkan reaksi alergi seperti iritasi pada kulit.

Cara memilih deterjen cair

Kini, Anda telah memahami keunggulan dari detergen cair. Selanjutnya, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih detergen cair.

Pilih berdasarkan fungsi tambahan

Selain fungsi utama membersihkan noda, biasanya detergen cair juga dilengkapi dengan fungsi tambahan. Apa saja fungsi tambahan yang ada pada detergen cair? Simak jawabannya melalui ulasan berikut ini.

Antibakteri, usir penyebab bau apek pada pakaian

Antibakteri, usir penyebab bau apek pada pakaian

Pakaian berfungsi untuk menutupi tubuh sekaligus memberikan perlindungan dari gangguan yang ada di luar. Sebagai contoh, debu dan cuaca, baik panas maupun dingin. Pakaian dengan bahan tertentu, seperti katun, memiliki keunggulan menyerap keringat dengan baik. Jadi, tidak mengherankan jika pakaian menyimpan banyak sekali kuman dan bakteri.


Selain sebagai penyebab munculnya jamur, bakteri juga dapat membuat pakaian menjadi bau apek. Untuk menghindari dan menghilangkan bau apek, pilihlah detergen yang mengandung zat antibakteri. 


Zat tersebut mampu menghalau metabolisme mikroba penyebab bau apek. Pastikan juga untuk menjemur pakaian di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering karena kondisi lembap rawan akan bakteri.

Pewangi, disertai aroma parfum yang manis dan menyegarkan

Pewangi, disertai aroma parfum yang manis dan menyegarkan

Tak hanya bersih dari noda, Anda tentu ingin pakaian yang telah dicuci juga menjadi wangi, bukan? Pada dasarnya, detergen bubuk ataupun cair mengandung zat pewangi meski kadarnya berbeda antara satu produk dengan produk lain. Untuk membuat cucian jauh lebih wangi, terdapat pula produk terpisah berupa parfum laundry seperti produk merek Molto.


Namun, jika ingin lebih praktis, Anda bisa membeli detergen yang telah dilengkapi pewangi. Selain tak perlu ribet mencuci menggunakan banyak produk, Anda juga dapat menghemat biaya.

Pelembut pakaian, untuk tampilan pakaian yang antikusut

Pelembut pakaian, untuk tampilan pakaian yang antikusut

Kandungan pelembut pakaian dalam detergen cair dapat membuat tampilan pakaian lebih rapi. Pakaian yang lembut tentu akan makin nyaman dikenakan. Sementara itu, pakaian yang tidak terlalu kusut setelah dijemur akan memudahkan Anda menyetrika.


Namun, ketahuilah bahwa terdapat bahan tertentu yang tidak boleh dicuci menggunakan pelembut. Bahan yang jangan dicuci dengan pelembut ialah poliester, mikrofiber, nilon, dan handuk. Untuk bahan pakaian lain pun sebaiknya tidak terlalu sering dicuci menggunakan pelembut karena berisiko merusak serat pakaian.

Pilih berdasarkan kemasan dan berat bersih

Dalam benak Anda, mungkin saja masih muncul pertanyaan, berapa harga deterjen cair? Harga detergen cair sangatlah bervariasi tergantung kemasan dan ukuran isinya.


Dari segi kemasan, terdapat bentuk saset yang ekonomis, pouch, botol, hingga galon. Jika baru pertama kali membeli, pilihlah kemasan botol. Setelah itu, Anda dapat membeli produk dengan kemasan pouch untuk mengisi ulang botol detergen cair yang sudah habis isinya.


Untuk memudahkan Anda memilih kemasan dan volume detergen cair, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini: 


  • Kemasan 20–50 ml: dapat digunakan untuk satu kali proses pencucian

  • Kemasan 400–1.000 ml: untuk kebutuhan mencuci pakaian dalam jumlah banyak 

  • Kemasan >1.000 ml: ideal untuk kebutuhan bisnis laundry

Pertimbangkan juga deterjen khusus pakaian tertentu

Pertimbangkan juga deterjen khusus pakaian tertentu

Ternyata, tidak semua pakaian dapat dicuci dengan detergen yang sama. Untuk pakaian resmi, seperti batik, kebaya, atau yang berbahan sutra sebaiknya dicuci menggunakan detergen khusus agar terjaga kualitasnya. Jadi, pilihlah detergen cair dengan label yang menunjukkan penggunaan pada pakaian tertentu. Sebagai contoh, detergen cair dari Kao yaitu Attack Batik Care.


Bagaimana dengan pakaian bayi? Deterjen cair khusus untuk mencuci pakaian bayi pun banyak dijual di pasaran. Detergen cair untuk pakaian bayi biasanya tidak mengandung parfum dan pelembut yang berlebihan. Kandungan utamanya pun merupakan bahan-bahan hypoallergenic dan bebas aditif sehingga aman bagi kulit bayi.

10 Rekomendasi deterjen cair terbaik

Sekarang, saatnya kami merekomendasikan sepuluh produk deterjen cair terbaik untuk Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis pakaian yang ingin Anda cuci, ya!

10
Fungsi tambahanPewangi dan pelembut
KemasanBotol dan pouch
Isi500 ml dan 400 ml
9
Fungsi tambahanPewangi
KemasanPouch
Isi750 ml
8
Fungsi tambahanAntibakteri, antinoda, pewangi
KemasanPouch dan botol
Isi400 ml, 750 ml, 800 ml, 1.000 ml
7
Fungsi tambahanPewangi
KemasanBotol
Isi750 ml
6

UnileverSahaja Detergen Cair Konsentrat

Mulai dari Rp 13.000,00

Fungsi tambahanAnti-iritasi, pewangi
KemasanPouch
Isi700 ml + 70 ml
5
Fungsi tambahanPewangi
KemasanPouch, saset
Isi38 ml, 700 ml
4
Fungsi tambahanTidak disebutkan
KemasanPouch
Isi700 ml
3
Fungsi tambahanAntikuman, antibau, antinoda, pelembut
KemasanPouch dan botol
Isi800 ml, 1.000 ml, 1.200 ml
2
Fungsi tambahanAntibakteri dan antijamur
KemasanPouch, botol, dan galon
Isi400 ml, 450 ml, 900 ml, dan sebagainya
1

UnileverRinso Matic Professional

67999600

Mulai dari Rp 21.600,00

Fungsi tambahanAntinoda dan pewangi
KemasanPouch
Isi1.800 ml dan 5.000 ml

Tabel perbandingan produk deterjen cair terbaik

Gambar produk
1
Unilever Rinso Matic Professional 1

Unilever

2
Kino Sleek Baby Laundry Detergent 1

Kino

3
Kao Attack Plus Softener Liquid 1

Kao

4
Unilever Rinso Gentle Detergen Cair 1

Unilever

5
Unilever Molto Deterjen Glowing Elegance 1

Unilever

6
Unilever Sahaja Detergen Cair Konsentrat 1

Unilever

7
Mayora Gentle Gen 1

Mayora

8
Wings So Klin Liquid Antibacterial 1

Wings

9
Motto Beringin Abadi MOTTO Detergen Cair Floral 1

Motto Beringin Abadi

10
Kao  Attack Batik Care 1

Kao

Nama produk

Rinso Matic Professional

Sleek Baby Laundry Detergent

Attack Plus Softener Liquid

Rinso Gentle Detergen Cair

Molto Deterjen Glowing Elegance

Sahaja Detergen Cair Konsentrat

Gentle Gen

So Klin Liquid Antibacterial

MOTTO Detergen Cair Floral

Attack Batik Care

Keunggulan

Dirancang khusus untuk keperluan bisnis

Usir bau apek dari pakaian bayi

Pakaian makin lembut dan bebas bau

Lolos uji dermatologi, aman untuk kulit sensitif bayi

Hadirkan keharuman parfum Prancis yang mewah

Detergen cair halal yang sarat ibadah

Detergen premium untuk kenyamanan maksimal

Pakaian cemerlang, bakteri menghilang

Aman untuk pakaian anak

Buat baju istimewa tetap halus

Harga mulai dariRp 21.600,00Rp 19.500,00Rp 27.600,00Rp 23.400,00Rp 9.000,00Rp 13.000,00Rp 16.700,00Rp 9.500,00Rp 12.500,00Rp 17.190,00
Fungsi tambahanAntinoda dan pewangiAntibakteri dan antijamurAntikuman, antibau, antinoda, pelembutTidak disebutkanPewangiAnti-iritasi, pewangiPewangiAntibakteri, antinoda, pewangiPewangiPewangi dan pelembut
KemasanPouchPouch, botol, dan galonPouch dan botolPouchPouch, sasetPouchBotolPouch dan botolPouchBotol dan pouch
Isi1.800 ml dan 5.000 ml400 ml, 450 ml, 900 ml, dan sebagainya800 ml, 1.000 ml, 1.200 ml700 ml38 ml, 700 ml700 ml + 70 ml750 ml400 ml, 750 ml, 800 ml, 1.000 ml750 ml500 ml dan 400 ml
Tautan produk

Cara menggunakan deterjen cair yang benar pada mesin cuci

Cara menggunakan deterjen cair yang benar pada mesin cuci

Menggunakan detergen cair pada mesin cuci harus dilakukan dengan benar untuk menjaga keawetan mesin. Agar penggunaannya tepat, berapa takaran deterjen untuk laundry? Sebelum mencuci, periksalah petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Biasanya, takaran detergen dapat disesuaikan dengan jumlah pakaian serta volume air.


Untuk mencuci 10–15 potong pakaian atau sekitar 4,5 kg cucian, tuangkanlah seperempat tutup botol detergen cair. Takaran tersebut setara dengan 15 ml cairan detergen. Hal ini berlaku kelipatan sesuai jumlah cucian Anda. Selain itu, jenis mesin cuci dan tingkat noda yang harus dibersihkan juga perlu diperhatikan.


Mesin cuci front load memiliki kapasitas pencucian lebih sedikit dibandingkan dengan jenis top load. Jika Anda memiliki banyak cucian, sebaiknya tidak mencucinya dalam satu waktu sekaligus supaya mesin tidak bekerja terlalu keras. Untuk hasil yang lebih optimal, kami sarankan Anda memilih detergen cair sesuai dengan jenis mesin cuci yang digunakan.

Baca juga rekomendasi deterjen, pelembut, dan pewangi pakaian di sini

Jika tidak ingin menggunakan deterjen cair, Anda dapat memilih deterjen bubuk ataupun deterjen gel. Bagaimana dengan pelembut dan pewangi pakaian, seperti Molto dan Downy? Kami juga punya ulasan lengkapnya yang bisa Anda baca dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Tuntas sudah pembahasan mengenai detergen cair terbaik yang bisa Anda dapatkan secara online. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Semoga ulasan kami di atas dapat membantu Anda, ya!


Sebelum membeli detergen cair, perhatikan poin-poin cara memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga untuk menggunakan takaran yang benar saat mencuci. Pakaian bersih, mesin cuci pun tak mudah rusak.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Berbagai pilihan pasta gigi tersedia, mulai dari pasta gigi anak berfluoride, xylitol, dan sebagainya. Merek yang bisa Anda pilih sangat beragam, seperti Kodomo, Buds, Darlie, dan Jack n’Jill.  Pemilihan produk yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pasta gigi anak sebelum menentukan produk yang tepat. Kami sudah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk anak. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Peralatan kebersihan
    116.356 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Bahkan, saat ini sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula anti bakteri hingga antiseptik, lho! Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merk terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan sebagainya.Terkadang, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan kami hingga tuntas!
    Peralatan kebersihan
    118.380 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merk deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga So Klin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
    33.985 Views
  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2021)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    3.538 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sering terganggu oleh suara atau gigitan nyamuk saat sedang tidur? Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk pengusir nyamuk. Merek-merek terkenal seperti Baygon, Hit, dan X-mos sudah mengeluarkan berbagai jenis produk pengusir nyamuk, misalnya obat nyamuk bakar dan spray antinyamuk.Ada banyak jenis produk pengusir nyamuk dengan keunggulannya masing-masing. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk pengusir nyamuk dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan kebersihan
    78.411 Views
  • 10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tisu sudah menjadi barang yang umum digunakan sehari-hari, seperti untuk mengelap wajah, meja, hingga merapikan atau membersihkan makeup. Saat ini, tisu bertekstur halus dan lembut lebih disukai sehingga kualitas kadang dianggap lebih penting daripada efisiensi harga. Namun, adakah poin penting lain yang harus diperhatikan ketika memilih tisu terbaik?Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih tisu dan merekomendasikan produk tisu berdasarkan harga dan feel-nya ketika digunakan. Beberapa merek yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Paseo, Nice, dan Wateru. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Peralatan kebersihan
    52.183 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bakteri, jamur, dan virus memang ada banyak di sekitar Anda. Jika sistem imun sedang tidak baik, Anda akan lebih mudah untuk terkena berbagai macam penyakit. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menggunakan sabun antiseptik sehingga kebersihan dan kesehatan tubuh selalu terjaga.Memilih sabun antiseptik memang terlihat mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Kami akan memberi tips memilih sabun antiseptik agar sesuai dengan kulit Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi produk terbaik. Berbagai merek ternama, seperti Betadine, Lifebuoy, Dettol, dan JF, ada di dalamnya. Disimak terus, ya!
    Peralatan kebersihan
    57.156 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori