1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Roti & kue
  6. >
  7. 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023)

Vanilla extract berfungsi meningkatkan aroma dan rasa pada makanan, terutama roti dan kue. Pastry yang enak akan lebih mudah dibuat dengan adanya vanilla extract. Karena umumnya tidak memengaruhi rasa, beberapa produk juga digunakan untuk bahan minuman.


Di pasaran terdapat banyak merek vanilla ekstrak yang bagus, seperti GoodVanilla, La Dame in Vanilla, dan McCormick & Company. Salah satu produk yang populer di Indonesia adalah Jansen vanilla extract. Agar Anda tidak bingung, simaklah tips memilih dan rekomendasi vanilla extract terbaik dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh baker kami, Tata Violeta.

Diperbaharui 10-28-2022
Pakar
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018. Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Profil Tata Violeta
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Kenali perbedaan vanilla extract, pasta, dan essence

Kenali perbedaan vanilla extract, pasta, dan essence

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada perbedaan antara vanilla extract, pasta, dan essence. Nyatanya, bahan-bahan tersebut sangat berbeda, lho! Mulai dari tekstur, warna, sampai proses pembuatan dan pemakaian, semuanya berbeda. Berikut ini penjelasan singkatnya.


  • Vanilla extract: Berwarna cokelat dan teksturnya cair. Vanilla extract didapat dari biji vanili kering yang direndam air dan alkohol. Namun, ada juga vanilla extract yang diproses tanpa alkohol. Aroma vanilla extract tergolong kuat dan membuat makanan memiliki rasa dan wangi vanilla yang menonjol. Vanilla extract yang banyak dijual di pasar Indonesia adalah merek Jansen asal Jerman.

  • Pasta vanila: Sesuai namanya, tekstur pasta vanila cenderung kental karena mengandung pengikat seperti jagung atau xanthan gum. Warnanya pun cenderung putih. Pasta vanila terbuat dari campuran vanilla extract dan biji vanili. Cara penggunaan setiap merek pasta vanila berbeda. Produk pasta vanila yang paling populer di Indonesia adalah merek Koepoe-Koepoe.

  • Essence vanila: Produk ini bisa dikategorikan sebagai senyawa kimia dan sering disebut sebagai ekstrak vanila artifisial. Terkadang, essence vanila disebut juga sebagai perisa vanila. Karena artifisial, pemakaian yang berlebihan dapat membuat makanan terasa pahit. Umumnya essence vanila berwarna bening dan teksturnya cair. Contoh essence vanila adalah merek Toffieco.

  • Vanili bubuk: Serupa dengan essence vanila, vanili bubuk juga merupakan produk sintetis. Fungsinya hanya memberi aroma dan akan memberi rasa pahit jika digunakan berlebihan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vanilla extract

Sebelum mengenal produk vanilla extract terbaik, ayo ketahui cara memilihnya. Dengan memahami tips di bawah ini, Anda pasti dapat menemukan vanilla extract terbaik.

① Perhatikan kemurnian vanilla extract

Perhatikan kemurnian vanilla extract

Langkah pertama yang harus Anda ketahui soal vanilla extract adalah istilah pure vanilla extract. Produk yang termasuk dalam kategori pure vanilla extract dianggap memiliki tingkat kemurnian terbaik.


Istilah ini berawal dari ketentuan yang dibuat FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat. FDA menyatakan bahwa ekstrak vanilla murni dibuat menggunakan biji vanili asli. Setiap 3,7 liter vanilla extract harus mengandung setidaknya 378,4 gram vanili. Agar tidak salah membeli, perhatikan terlebih dahulu hal ini, ya!

② Pilih single origin vanilla untuk rasa yang optimal

Pilih single origin vanilla untuk rasa yang optimal

Serupa dengan kopi, setiap biji vanili punya cita rasa yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengenal dengan baik biji vanili dalam vanilla extract yang akan Anda beli. Ada vanilla extract berbahan biji vanili dari berbagai wilayah. Namun, ada juga single-origin vanilla yang biji vanilinya dipanen dari satu lokasi saja.


Memang benar, ada produk yang menggunakan vanili Meksiko, Uganda, dan Tahiti. Namun, produk berbahan vanili Indonesia dan Madagaskar justru merupakan produk terpopuler di tanah air. Keduanya memiliki karakteristik berbeda, berikut penjelasannya:


  • Indonesia: Cita rasa vanili Indonesia berbeda dengan negara lainnya. Rasanya lebih tajam dengan profil cita rasa seperti kayu. Karena kekuatannya, vanili asal Indonesia dapat memberikan rasa yang stabil sehingga sering dijadikan campuran vanili dari negara lain.

  • Madagaskar: Negara yang terletak di bagian tenggara Afrika ini merupakan tempat asal biji vanili yang paling populer. Hal ini dilandasi oleh cita rasanya yang sangat khas. Vanili dari Madagaskar memiliki karakteristik rasa yang manis, creamy, dan lembut.

③ Periksa juga kadar alkohol di dalamnya

Periksa juga kadar alkohol di dalamnya

Seperti yang sudah disebutkan dalam penjelasan mengenai vanilla extract, proses pembuatannya melibatkan alkohol. Oleh karena itu, terkadang muncul pertanyaan terkait halal tidaknya penggunaan vanilla extract. Jika Anda ingin vanilla extract yang sangat minim atau bahkan bebas alkohol, pilihlah produk dengan sertifikasi halal. Anda dapat menemukannya mayoritas pada produk buatan lokal.


Para bakers pemula bisa mencari vanilla extract di supermarket atau toko bahan kue. Rata-rata produk yang tersedia di supermarket atau toko bahan kue, termasuk vanilla extract, sudah disertifikasi halal.

④ Pastikan untuk berhati-hati dengan harga yang terlalu murah

Pastikan untuk berhati-hati dengan harga yang terlalu murah

Untuk mendapatkan vanilla extract dengan aroma dan rasa yang berkualitas tinggi, butuh proses yang cukup rumit. Selain itu, proses pembuatannya pun memakan waktu yang panjang. Tidak heran harga vanilla extract tergolong tinggi. Anda justru harus berhati-hati dengan vanilla extract yang harganya murah. Pasalnya, bisa jadi vanilla extract tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.


Harga memang salah satu kunci utama untuk melihat kualitas dari vanilla extract. Kualitas vanilla extract juga berperan untuk meningkatkan kualitas kue, terutama aromanya. Vanilla extract buatan lokal sendiri rata-rata memiliki harga lebih terjangkau karena bahan bakunya berasal dari dalam negeri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membeli produk buatan lokal.

10 Rekomendasi vanilla extract terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vanilla extract terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tata Violeta.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

House of Organix

Vanilla Extract

House of Organix Vanilla Extract 1枚目

Mau yang lebih organik? Ini dia!

2

La Dame in Vanilla

Halal Vanilla Extract

La Dame in Vanilla Halal Vanilla Extract 1枚目

Pure vanilla extract yang cantik dan ekonomis

3

Jansen

Vanille Extra Fein

Jansen  Vanille Extra Fein 1枚目

Kue buatan Anda jadi lebih harum dan nikmat

4

GoodVanilla

Vanilla Extract Special Edition

GoodVanilla Vanilla Extract Special Edition  1枚目

Bebas gluten dan zat aditif buatan

5

Talasi

Watu Vanilla Extract

Talasi  Watu Vanilla Extract  1枚目

Bangga produk lokal! Asli dari Alor, Nusa Tenggara Timur

6

Kirkland

Pure Vanilla Extract

Kirkland Pure Vanilla Extract 1枚目

Coba buat es krim vanila Anda sendiri dengan produk ini, yuk!

7

Melpona

Pure Vanilla Extract

Melpona Pure Vanilla Extract 1枚目

Volume kecil dan harga ekonomis, pas untuk Anda yang baru mau mencoba

8

Nielsen-Massey Vanillas

Madagascar Bourbon Pure Vanilla Extract

Nielsen-Massey Vanillas Madagascar Bourbon Pure Vanilla Extract 1枚目

Vanilla extract premium yang serbaguna

9

Le Vanillie

Pure Vanilla Extract

Le Vanillie Pure Vanilla Extract 1枚目

Dukung para petani lokal dengan memilih vanilla extract satu ini

10

McCormick & Company

All Natural Pure Vanilla Extract

McCormick & Company All Natural Pure Vanilla Extract 1枚目

Ciptakan dessert sempurna dengan rasa yang manis dan lembut

Perincian produk
Close
No.1

House of OrganixVanilla Extract

Mulai dari Rp85.000,00

Mau yang lebih organik? Ini dia!

Dengan berfokus pada kualitas makanan yang dikonsumsi anggota keluarga, House of Organix berkomitmen untuk memberikan produk terbaik. Salah satunya adalah melalui produk satu ini. Vanilla extract dari House of Organix ini dibuat dari bahan utama yang organik. Tidak harus selalu disimpan dalam kulkas, asalkan Anda jauhkan dari sinar matahari kualitas produk ini akan tetap terjaga.

No.2

La Dame in VanillaHalal Vanilla Extract

Mulai dari Rp53.500,00

Pure vanilla extract yang cantik dan ekonomis

Pure vanilla extract ini dibuat menggunakan biji vanili asli Indonesia. Biji tersebut bisa Anda lihat dalam produk ini, tampilannya pun kian menarik. Meski begitu, vanilla extract halal ini tetap memiliki harga yang ekonomis. Untuk merasakan nikmatnya pure vanilla extract yang tampilannya membangkitkan selera tanpa keluar banyak dana, produk ini adalah opsi terbaik.

No.3

Jansen Vanille Extra Fein

Mulai dari Rp348.000,00

Kue buatan Anda jadi lebih harum dan nikmat

Anda punya usaha kue rumahan? Cobalah vanilla extract dari Jansen ini. Aromanya kuat sehingga kue yang Anda buat pun akan lebih harum. Tidak hanya itu, dengan bahan dasar berkualitas premium, kue yang Anda hasilkan pasti sangat nikmat. Menariknya lagi, produk ini sudah memiliki sertifikat halal sehingga makin aman dikonsumsi oleh Anda yang muslim.

No.4

GoodVanillaVanilla Extract Special Edition

Mulai dari Rp104.500,00

Bebas gluten dan zat aditif buatan

Tidak hanya halal, produk ini juga memiliki tampilan visual atraktif berkat keberadaan biji vanili di dalamnya. Anda yang alergi gluten pun aman mengonsumsi produk ini karena vanilla extract ini diklaim gluten-free.


Hebatnya lagi, produk ini juga bebas pemanis, pewarna, dan pengawet buatan. Saatnya Anda menghidangkan dan menikmati sajian lezat tanpa mengonsumsi berbagai zat aditif dengan membeli produk ini!

No.5

Talasi Watu Vanilla Extract

Mulai dari Rp78.000,00

Bangga produk lokal! Asli dari Alor, Nusa Tenggara Timur

Bebas pewarna, perasa, dan pengawet artifisial menjadi daya tarik yang membuat Anda wajib mempertimbangkan produk ini. Selain itu, dengan menggunakan produk ini, Anda telah mendukung usaha lokal. Pasalnya, produk ini dibuat menggunakan biji vanili terbaik dari Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur. Makin bangga pakai produk lokal untuk usaha kuliner Anda.

No.6

KirklandPure Vanilla Extract

Mulai dari Rp245.000,00

Coba buat es krim vanila Anda sendiri dengan produk ini, yuk!

Menikmati es krim vanila saat siang hari yang terik memang menyenangkan. Namun, es krim yang dijual secara massal di pasaran umumnya tinggi gula. Jika Anda ingin berkreasi menciptakan es krim vanila sendiri yang lebih rendah gula, gunakanlah produk ini. Agar lebih sehat dan padat gizi, Anda juga bisa memberikan potongan buah di dalam es krim.

No.7

MelponaPure Vanilla Extract

Mulai dari Rp49.000,00

Volume kecil dan harga ekonomis, pas untuk Anda yang baru mau mencoba

Untuk Anda yang baru pertama kali ingin mencoba memakai vanilla extract dalam pastry Anda, produk ini bisa dijadikan pertimbangan. Terdapat varian isi 60 ml yang bisa Anda coba dan memiliki harga yang terjangkau. Jadi, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu tanpa perlu khawatir menguras dana terlalu banyak.

No.8

Nielsen-Massey VanillasMadagascar Bourbon Pure Vanilla Extract

Mulai dari Rp225.000,00

Vanilla extract premium yang serbaguna

Anda ingin memiliki vanilla extract versatile yang lazim digunakan para baker profesional? Ini dia jawabannya! Nielsen-Massey merupakan produsen vanilla extract yang terkenal dengan produk berkualitas premium. Rasa yang khas dari produk ini adalah manis dan juga creamy sehingga banyak digunakan untuk hidangan penutup.


Meski begitu, vanilla extract ini dapat digunakan untuk makanan gurih dan minuman. Terkadang, vanilla extract ini juga digunakan untuk mengharumkan kulkas, lho! Serbaguna sekali, bukan? Segera dapatkan produk ini untuk berkreasi layaknya baker profesional!

No.9

Le VanilliePure Vanilla Extract

Mulai dari Rp58.500,00

Dukung para petani lokal dengan memilih vanilla extract satu ini

Produk ini terbuat dari biji vanili asli yang didapat dari petani lokal Indonesia. Oleh karena itu, membeli produk ini sama dengan Anda mendukung kesejahteraan para petani.


Soal rasa, Anda tidak perlu khawatir akan kualitasnya. Anda bisa menggunakan produk ini untuk menciptakan berbagai pastry dengan aroma gourmand yang menggoda. Namun, selain varian yang halal, ada juga varian produk ini yang mengandung vodka. Pastikan Anda membaca keterangan produk dengan saksama sebelum membeli agar tidak salah pilih.

No.10

McCormick & CompanyAll Natural Pure Vanilla Extract

Mulai dari Rp195.000,00

Ciptakan dessert sempurna dengan rasa yang manis dan lembut

Produk ini memiliki aroma yang kuat, tetapi rasanya soft. Oleh karena itu, vanilla extract ini sangat cocok Anda beli untuk membuat kue yang juga lembut. Tidak hanya untuk kue, vanilla extract ini bahkan bisa digunakan untuk makanan gurih, lho! Sebagai contoh, vanilla extract ini dapat menonjolkan cita rasa daging yang hendak Anda sajikan.

Baca juga rekomendasi bahan kue lainnya di sini

Selain vanilla extract, masih ada banyak bahan baku kue yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin tahu lebih jauh, klik tautan di bawah ini dan segera temukan produk yang Anda butuhkan!

Kesimpulan

Aroma vanilla pada kue dan minuman dapat meningkatkan cita rasanya agar lebih menggugah selera. Jangan lupa, perhatikan kemurnian dan juga asal biji vanili yang digunakan dalam vanilla extract, ya!


Dari daftar produk yang telah kami ulas, apakah ada produk yang langsung memikat hati Anda? Ayo, segera pilih dan manjakan lidah Anda dengan aroma dan rasa vanili yang nikmat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer