1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda yang menyukai film animasi Jepang, atau biasa disebut anime, pasti mengenal Studio Ghibli. Ya, studio ini terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Beberapa anime Studio Ghibli bahkan sudah terkenal hingga tingkat internasional.


Anime Ghibli terbaru masih terus bermunculan hingga saat ini. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi anime Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill, akan kami bahas pada artikel ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Tentang Studio Ghibli

Tentang Studio Ghibli
Sumber: ghibli.jp

Studio Ghibli merupakan salah satu studio asal Jepang yang bergerak dalam industri film animasi. Studio animasi ini berdiri sejak 1985, tetapi mulai terkenal hingga ke kancah internasional pada 2005. Dengan karyawan sejumlah 280 orang dan dipimpin oleh Koji Hoshino, kini Studio Ghibli telah menciptakan banyak karya-karya yang mengagumkan.


Bisnis yang dijalankan oleh Studio Ghibli tidak hanya berpusat pada pembuatan film animasi atau anime. Mereka juga memproduksi iklan, menjual merchandise dengan karakter khas animenya, serta membuat musik-musik pendukung. Koji Hoshino juga mendirikan Museum Ghibli agar para penggemarnya dapat berkunjung dan melihat sejarah atau karya-karya yang dibuat Studio Ghibli.


Studio Ghibli populer dengan salah satu karakter animasinya yaitu Totoro yang juga menjadi maskot utama. Para penggemar film animasi atau anime dari Studio Ghibli juga beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena itu, Studio Ghibli berfokus pada pembuatan film dengan durasi panjang dan tentunya dengan kualitas gambar yang memukau.

Cara memilih anime Studio Ghibli

Setelah mengetahui tentang Studio Ghibli, pasti Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui berbagai anime yang diproduksi, bukan? Namun sebelumnya, pastikan Anda mengetahui cara memilihnya terlebih dahulu. Jadi, simak baik-baik, ya!

① Pilih berdasarkan genrenya

Apakah Anda sudah mengetahui genre anime apa saja yang diproduksi oleh Studio Ghibli? Jika belum, kami akan menjelaskan tiga genre utama, seperti action, fantasy, dan slice of life. Karena itu, pastikan Anda memilih Studio Ghibli movies berdasarlan genre yang Anda suka.

Action, penuh adegan yang seru dan menegangkan

Action, penuh adegan yang seru dan menegangkan
Sumber: ghibli.jp

Jika Anda penggemar anime yang penuh dengan adegan seru dan menegangkan, mungkin Anda akan menyukai genre ini. Genre action atau aksi biasanya memiliki karakteristik berupa banyak adegan konflik, pertarungan, dan petualangan yang intens. Karena itu, anime dengan genre action biasanya banyak digemari oleh kalangan remaja laki-laki.


Terdapat beragam tokoh yang muncul sebagai pemeran utama baik laki-laki atau perempuan. Umumnya, terdapat peran-peran seperti pahlawan super, petarung, detektif, ninja, bahkan penyihir. Tidak jarang genre action mengandung unsur gore atau kekerasan yang memperlihatkan luka dan darah. Karena itu, genre ini kurang cocok jika ditonton bersama keluarga atau anak-anak.

Fantasy, menyajikan efek memukau dan alur yang out of the box

Fantasy, menyajikan efek memukau dan alur yang out of the box
Sumber: ghibli.jp

Untuk Anda yang menggemari genre fantasy, Studio Ghibli menawarkan banyak judul dengan efek yang memukau. Anime dengan genre fantasy atau khayalan memiliki cerita yang tidak terbatas pada realita atau dunia nyata. Umumnya, Anda dapat menyaksikan karakter utama yang berada di dunia lain. Mereka bisa saja diceritakan memiliki kemampuan khusus, bahkan mengalami kejadian di luar nalar.


Genre fantasy biasanya menggunakan latar waktu masa lampau seperti masa kerajaan di berbagai negara-negara fiktif. Karena itu, anime genre fantasy dihiasi banyak efek yang memukau untuk memanjakan mata para penonton. Anda juga dapat menemukan inspirasi karakter, jalan cerita, dan kostum yang out of the box dalam genre ini.

Slice of life, alur kisah yang relate dengan kehidupan sehari-hari

Slice of life, alur kisah yang relate dengan kehidupan sehari-hari
Sumber: ghibli.jp

Apakah Anda menyukai anime yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari? Jika iya, genre slice of life atau penggalan kehidupan dapat menjadi pilihan yang tepat. Pada genre ini, Anda tidak akan menemukan adegan yang imajinatif ataupun kisah yang di luar nalar. Sebaliknya, Anda akan banyak menemukan adegan yang erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari. 


Karena itu, dapat dikatakan genre slice of life cenderung lebih ringan dibandingkan dengan genre lainnya. Kebanyakan film dengan genre ini layak ditonton bersama keluarga dan anak-anak. Meski begitu, ada pula karya bergenre slice of life dengan cerita yang rumit dan pelik. Terkadang kisahnya juga dibumbui dengan drama dan romansa.

② Perhatikan review penonton lain

Perhatikan review penonton lain

Untuk Anda yang masih bingung saat memilih film Studio Ghibli, Anda bisa melihat review dari penonton lainnya. Review dari penonton lain akan sangat bermanfaat, terutama jika Anda tergolong awam dan belum tahu banyak tentang anime tersebut. Dengan melihat beberapa review yang ada, Anda akan mendapatkan gambaran alur atau sinopsis cerita.


Anda juga dapat mencari forum diskusi yang biasanya menjadi tempat para penggemar anime berkumpul dan bertukar pendapat. Namun, beberapa tanggapan atau review biasanya mengandung spoiler yang mungkin akan mengganggu antusiasme Anda. Karena itu, Anda dapat membaca ulasan secara sekilas atau cukup dengan melihat rating yang ada.

③ Cek durasi anime yang pas untuk Anda

Cek durasi anime yang pas untuk Anda

Rata-rata Studio Ghibli movies berdurasi cukup panjang yaitu antara 1–2 jam. Karena itu, pastikan Anda menontonnya saat waktu luang agar tidak mengganggu aktivitas lain. Kami lebih menyarankan menontonnya hingga habis agar kesan dan keseruan karya dari Studio Ghibli tersebut lebih tersampaikan.


Sebagian sinema karya Studio Ghibli memang berdurasi cukup panjang. Namun, cerita dan kualitas gambar yang baik membuat Anda tidak akan bosan. Meski begitu, ada pula Studio Ghibli movies berjenis short movie atau series yang durasinya tentu lebih singkat. Akan tetapi, varian tersebut masih jarang ditemukan terutama pada portal film, seperti Disney+ Hotstar, Netflix, atau Viu.

④ Pastikan ratingnya sesuai dengan usia penonton

Pastikan ratingnya sesuai dengan usia penonton

Studio Ghibli tidak hanya membuat anime untuk penonton berusia anak-anak, tetapi juga untuk remaja dan orang dewasa. Sebelum memutuskan untuk menontonnya, Anda dapat melihat rating umur penonton pada platform yang menyediakan film legal. 


Selain itu, pembagian rating film Studio Ghibli dapat dilihat dari genrenya. Jika anime tersebut memiliki genre history dan action, bisa jadi rating-nya adalah 13+. Dengan kata lain, cocok ditonton oleh anak berusia di atas 13 tahun. Hal ini karena jalan ceritanya yang cukup berat dan biasanya menampilkan beberapa adegan perkelahian.


Namun, jika Anda ingin menonton film Studio Ghibli bersama keluarga, pilihlah yang memiliki rating 7+ atau kategori semua umur. Pada kategori ini Anda juga bisa memilih genre slice of life atau fantasy yang tokoh utamanya didominasi anak-anak.

10 Rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh anime Studio Ghibli terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Studio Ghibli

Spirited Away

Studio Ghibli Spirited Away 1枚目

Memetik pelajaran kehidupan dari anime peraih piala Oscar!

2

Studio Ghibli

Princess Mononoke

Studio Ghibli Princess Mononoke 1枚目

Perjuangan seorang pangeran dalam menyembuhkan kutukan

3

Studio Ghibli

Howl's Moving Castle

Studio Ghibli Howl's Moving Castle 1枚目

Petualangan seorang gadis yang menyusup ke dalam kastil penyihir

4

Studio Ghibli

My Neighbor Totoro

Studio Ghibli My Neighbor Totoro 1枚目

Persahabatan dengan Totoro, makhluk mistis yang menggemaskan

5

Studio Ghibli

Whisper of the Heart

Studio Ghibli Whisper of the Heart 1枚目

Kisah fantasi yang dilengkapi sentuhan romansa khas anak remaja

6

Studio Ghibli

Arrietty

Studio Ghibli Arrietty 1枚目

Serunya kisah Arrietty dalam menyelamatkan ibunya

7

Studio Ghibli

Only Yesterday

Studio Ghibli Only Yesterday 1枚目

Nostalgia seorang gadis yang menyusuri kenangan masa kecilnya

8

Studio Ghibli

From Up on Poppy Hill

Studio Ghibli From Up on Poppy Hill 1枚目

Perjuangan dua murid SMA untuk mempertahankan gedung ekskulnya

9

Studio Ghibli

The Ocean Waves

Studio Ghibli The Ocean Waves 1枚目

Membawa penonton teringat pada manisnya masa SMA

10

Studio Ghibli

Tales from Earthsea

Studio Ghibli Tales from Earthsea 1枚目

Petualangan pangeran dan penyihir melawan roh jahat

Perincian produk
Close
No.1

Studio GhibliSpirited Away

Memetik pelajaran kehidupan dari anime peraih piala Oscar!

Spirited Away barangkali menjadi rekomendasi utama bila Anda ingin menonton karya terbaik Studio Ghibli. Sinema ini berhasil memenangkan piala Oscar dan sering diputar di berbagai negara sejak dirilis 20 tahun lalu. Anime dengan banyak pelajaran kehidupan ini banyak menampilkan berbagai jenis makhluk mistis asal Jepang. 


Kisah bermula dari keluarga Chihiro yang melakukan perjalanan menuju kampung halamannya. Di tengah perjalanan, mereka mampir ke sebuah kuil yang terlihat terlantar. Karena berperilaku tidak sopan, orang tuanya dikutuk menjadi babi dan terjebak di dalam dunia mistis. Chihiro pun harus berjuang mengembalikan orang tuanya ke wujud semula dan mencari jalan pulang.

No.2

Studio GhibliPrincess Mononoke

Perjuangan seorang pangeran dalam menyembuhkan kutukan

Princess Mononoke adalah film animasi yang memadukan genre action dan fantasy. Alur ceritanya seru dan menegangkan dengan cukup banyak memperlihatkan adegan pertarungan, luka, dan pertumpahan darah. Karena itu, film ini pas bila Anda menginginkan hiburan dengan sentuhan sensasi ketegangan dari unsur gore.


Film ini berkisah tentang perjuangan Pangeran Ashitaka untuk mencari kesembuhan dari kutukan yang menimpanya. Pangeran Ashitaka pun pergi meninggalkan desanya dan bertemu San atau Putri Mononoke. Mereka pun terlibat dalam situasi menegangkan yaitu peperangan antara warga desa dan para roh hewan penghuni hutan.

No.3

Studio GhibliHowl's Moving Castle

Petualangan seorang gadis yang menyusup ke dalam kastil penyihir

Nah, kalau Anda menyukai anime dengan kisah penuh imajinasi, Howl's Moving Castle jawabannya! Film ini menceritakan Sophie Hatter, putri tertua dari tiga bersaudara pembuat topi untuk orang-orang di Ingary. Ingary merupakan nama sebuah kota yang penuh dengan kekuatan sihir.


Sophie dan seluruh wanita muda yang ada di kota itu diperingati untuk tidak keluar dari rumah. Jika tidak menurut, mereka akan dibawa oleh Howl, seorang penyihir jahat yang memiliki istana berjalan. Namun, Sophie malah pergi dari rumah dan melakukan petualangan bersama Howl dan istananya!

No.4

Studio GhibliMy Neighbor Totoro

Persahabatan dengan Totoro, makhluk mistis yang menggemaskan

Siapa yang tidak kenal dengan Totoro, maskot Studio Ghibli satu ini? Tokoh Totoro dari My Neighbor Totoro digambarkan sebagai sesosok makhluk mistis yang menggemaskan. Film animasi tersebut mengisahkan kakak beradik yang harus menemani ibunya saat dirawat di rumah sakit. Nah, di dekat rumah mereka, terdapat pohon besar tempat tinggal Totoro.


Dua bersaudara tersebut saat menyukai Totoro yang baik hati. Bahkan, saat sang adik menghilang, hanya Totoro yang tahu cara terbaik untuk menemukannya. Film ini cocok untuk mengisi waktu luang bersama keluarga karena memiliki jalan cerita yang mudah dimengerti.

No.5

Studio GhibliWhisper of the Heart

Kisah fantasi yang dilengkapi sentuhan romansa khas anak remaja

Whisper of the Heart adalah salah satu cerita fantasy dengan bumbu romansa yang ringan. Tokoh utamanya yaitu Shizuku Tsukishima, merupakan seorang anak SMP yang gemar membaca. Pertemuannya dengan Seiji Amasawa pun mengukuhkan tekadnya untuk mencari jati diri. 


Namun, apa yang sebenarnya dilakukan oleh Seiji sehingga kehadirannya begitu berperan dalam kehidupan Shizuku? Selain menemukan jawabannya di dalam anime ini, Anda juga akan melihat betapa indahnya imajinasi Shizuku. Film ini pas untuk Anda yang saat ini tergolong berusia remaja agar makin semangat menghadapi masa depan.

No.6

Studio GhibliArrietty

Serunya kisah Arrietty dalam menyelamatkan ibunya

Jika Anda mengetahui kisah gadis yang berukuran sebesar ibu jari seperti Thumbellina, mungkin Anda akan menyukai anime ini. Arrietty adalah salah satu karya Studio Ghibli yang menceritakan kisah orang-orang yang berukuran sebesar ibu jari. Tokoh utama bernama Arrietty, hidup bersama keluarganya yang juga berukuran mini.


Arrietty dan keluarganya bertahan hidup dengan meminjam barang-barang secara diam-diam dari rumah manusia. Pada suatu hari, ibunya tertangkap oleh manusia yang tinggal di rumah itu. Arrietty pun harus bekerja sama dengan Sho, salah satu manusia penghuni rumah itu untuk menyelamatkan ibunya.

No.7

Studio GhibliOnly Yesterday

Nostalgia seorang gadis yang menyusuri kenangan masa kecilnya

Only Yesterday menceritakan tentang seorang gadis bernama Taeko yang bekerja di Tokyo. Pada suatu hari Taeko pulang ke kampung halamannya untuk liburan. Selama berlibur di kampung halamannya, Taeko mengenang kembali masa-masa saat masih duduk di bangku sekolah dasar.


Anime ini mengambil latar waktu pada tahun 1982 dan 1966 dengan alur maju dan mundur. Kisah yang penuh nostalgia ini menyenangkan ditonton oleh orang dewasa. Karya ini juga cocok ditonton saat quality time bersama buah hati yang masih duduk di sekolah dasar.

No.8

Studio GhibliFrom Up on Poppy Hill

Perjuangan dua murid SMA untuk mempertahankan gedung ekskulnya

Untuk Anda yang menyukai kisah berlatar kehidupan di sekolah, From Up on Poppy Hill mungkin tontonan yang tepat untuk Anda. Anime ini memiliki latar waktu pada tahun 1963, satu tahun sebelum dimulainya Tokyo Olympics. Kisahnya tentang dua siswa SMA yang memperjuangkan gedung ekskul di sekolah. 


Umi dan Shun merupakan anggota ekskul jurnalis. Di tengah berbagai persoalan, mereka berjuang bersama untuk merawat dan mempertahankan gedung ekskul mereka. Konflik pun bertambah pelik karena Shun ternyata menyimpan sebuah rahasia menyangkut hubungannya dengan Umi.

No.9

Studio GhibliThe Ocean Waves

Membawa penonton teringat pada manisnya masa SMA

The Ocean Waves merupakan anime yang menceritakan tentang lelaki bernama Taku yang teringat kembali kisah romantisnya di masa SMA. Taku mengingat kembali kehadiran Rikako, siswi pindahan berparas cantik di sekolahnya. Kedatangan Rikako di musim panas saat itu rupanya sangat membekas dalam ingatan Taku. 


Selain menghadirkan berbagai konflik, Rikako juga menguji ikatan pertemanan antara Taku dan Yutaka. Bagaimanakah akhir kisah cinta segitiga antara Rikako, Taku, dan Yutaka? Anime ini cocok untuk Anda yang ingin mengenang kembali masa SMA yang penuh warna.

No.10

Studio GhibliTales from Earthsea

Petualangan pangeran dan penyihir melawan roh jahat

Untuk Anda yang menyukai kisah petualangan, film animasi Studio Ghibli berikut ini cocok untuk Anda. Tales from Earthsea mengisahkan tentang Ged, seorang penyihir terkuat di Earthsea. Ia bertugas untuk melindungi pangeran Arren dari serangan roh jahat.


Pada suatu hari, Arren bertemu seorang gadis bernama Therru di sebuah desa. Untuk mengalahkan Cob yang mengirimkan serangan roh jahat, Arren harus berjuang bersama dengan Ged dan Therru. Bagaimana akhir petualangan mereka? Yuk, segera tonton kisahnya!

Baca juga rekomendasi film, anime, dan drama di sini

Bagi Anda yang hobi menonton sinema, rasanya karya-karya Studio Ghibli dapat Anda selesaikan dengan cepat, ya! Nah, supaya Anda tidak kehabisan referensi tontonan, kami telah menyiapkan artikel-artikel terkait yang membahas seputar sinema. Temukan informasinya pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Anime Studio Ghibli dapat dinikmati berbagai kalangan usia dengan catatan Anda memilih genre yang pas. Grafis yang memukau dan alur cerita yang menarik akan membuat Anda serasa masuk ke dalam ceritanya.


Kami sudah menjelaskan tentang Studio Ghibli, cara memilih film Studio Ghibli, serta memberikan rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik untuk Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan anime Studio Ghibli yang tepat untuk melengkapi hobi menonton Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer