• 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Anda yang menyukai film animasi Jepang, atau biasa disebut anime, pasti mengenal Studio Ghibli. Ya, studio ini terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Beberapa anime Studio Ghibli bahkan sudah terkenal hingga tingkat internasional.


Anime Ghibli terbaru masih terus bermunculan hingga saat ini. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi anime Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill, akan kami bahas pada artikel ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Tentang Studio Ghibli

Studio Ghibli merupakan salah satu studio asal Jepang yang bergerak dalam industri film animasi. Studio animasi ini berdiri sejak 1985, tetapi mulai terkenal hingga ke kancah internasional pada 2005. Dengan karyawan sejumlah 280 orang dan dipimpin oleh Koji Hoshino, kini Studio Ghibli telah menciptakan banyak karya-karya yang mengagumkan.


Bisnis yang dijalankan oleh Studio Ghibli tidak hanya berpusat pada pembuatan film animasi atau anime. Mereka juga memproduksi iklan, menjual merchandise dengan karakter khas animenya, serta membuat musik-musik pendukung. Koji Hoshino juga mendirikan Museum Ghibli agar para penggemarnya dapat berkunjung dan melihat sejarah atau karya-karya yang dibuat Studio Ghibli.


Studio Ghibli populer dengan salah satu karakter animasinya yaitu Totoro yang juga menjadi maskot utama. Para penggemar film animasi atau anime dari Studio Ghibli juga beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena itu, Studio Ghibli berfokus pada pembuatan film dengan durasi panjang dan tentunya dengan kualitas gambar yang memukau.

Cara memilih anime Studio Ghibli

Setelah mengetahui tentang Studio Ghibli, pasti Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui berbagai anime yang diproduksi, bukan? Namun sebelumnya, pastikan Anda mengetahui cara memilihnya terlebih dahulu. Jadi, simak baik-baik, ya!

Pilih berdasarkan genrenya

Apakah Anda sudah mengetahui genre anime apa saja yang diproduksi oleh Studio Ghibli? Jika belum, kami akan menjelaskan tiga genre utama, seperti action, fantasy, dan slice of life. Karena itu, pastikan Anda memilih Studio Ghibli movies berdasarlan genre yang Anda suka.

Action, penuh adegan yang seru dan menegangkan

Jika Anda penggemar anime yang penuh dengan adegan seru dan menegangkan, mungkin Anda akan menyukai genre ini. Genre action atau aksi biasanya memiliki karakteristik berupa banyak adegan konflik, pertarungan, dan petualangan yang intens. Karena itu, anime dengan genre action biasanya banyak digemari oleh kalangan remaja laki-laki.


Terdapat beragam tokoh yang muncul sebagai pemeran utama baik laki-laki atau perempuan. Umumnya, terdapat peran-peran seperti pahlawan super, petarung, detektif, ninja, bahkan penyihir. Tidak jarang genre action mengandung unsur gore atau kekerasan yang memperlihatkan luka dan darah. Karena itu, genre ini kurang cocok jika ditonton bersama keluarga atau anak-anak.

Fantasy, menyajikan efek memukau dan alur yang out of the box

Untuk Anda yang menggemari genre fantasy, Studio Ghibli menawarkan banyak judul dengan efek yang memukau. Anime dengan genre fantasy atau khayalan memiliki cerita yang tidak terbatas pada realita atau dunia nyata. Umumnya, Anda dapat menyaksikan karakter utama yang berada di dunia lain. Mereka bisa saja diceritakan memiliki kemampuan khusus, bahkan mengalami kejadian di luar nalar.


Genre fantasy biasanya menggunakan latar waktu masa lampau seperti masa kerajaan di berbagai negara-negara fiktif. Karena itu, anime genre fantasy dihiasi banyak efek yang memukau untuk memanjakan mata para penonton. Anda juga dapat menemukan inspirasi karakter, jalan cerita, dan kostum yang out of the box dalam genre ini.

Slice of life, alur kisah yang relate dengan kehidupan sehari-hari

Apakah Anda menyukai anime yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari? Jika iya, genre slice of life atau penggalan kehidupan dapat menjadi pilihan yang tepat. Pada genre ini, Anda tidak akan menemukan adegan yang imajinatif ataupun kisah yang di luar nalar. Sebaliknya, Anda akan banyak menemukan adegan yang erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari. 


Karena itu, dapat dikatakan genre slice of life cenderung lebih ringan dibandingkan dengan genre lainnya. Kebanyakan film dengan genre ini layak ditonton bersama keluarga dan anak-anak. Meski begitu, ada pula karya bergenre slice of life dengan cerita yang rumit dan pelik. Terkadang kisahnya juga dibumbui dengan drama dan romansa.

Perhatikan review penonton lain

Perhatikan review penonton lain

Untuk Anda yang masih bingung saat memilih film Studio Ghibli, Anda bisa melihat review dari penonton lainnya. Review dari penonton lain akan sangat bermanfaat, terutama jika Anda tergolong awam dan belum tahu banyak tentang anime tersebut. Dengan melihat beberapa review yang ada, Anda akan mendapatkan gambaran alur atau sinopsis cerita.


Anda juga dapat mencari forum diskusi yang biasanya menjadi tempat para penggemar anime berkumpul dan bertukar pendapat. Namun, beberapa tanggapan atau review biasanya mengandung spoiler yang mungkin akan mengganggu antusiasme Anda. Karena itu, Anda dapat membaca ulasan secara sekilas atau cukup dengan melihat rating yang ada.

Cek durasi anime yang pas untuk Anda

Cek durasi anime yang pas untuk Anda

Rata-rata Studio Ghibli movies berdurasi cukup panjang yaitu antara 1–2 jam. Karena itu, pastikan Anda menontonnya saat waktu luang agar tidak mengganggu aktivitas lain. Kami lebih menyarankan menontonnya hingga habis agar kesan dan keseruan karya dari Studio Ghibli tersebut lebih tersampaikan.


Sebagian sinema karya Studio Ghibli memang berdurasi cukup panjang. Namun, cerita dan kualitas gambar yang baik membuat Anda tidak akan bosan. Meski begitu, ada pula Studio Ghibli movies berjenis short movie atau series yang durasinya tentu lebih singkat. Akan tetapi, varian tersebut masih jarang ditemukan terutama pada portal film, seperti Disney+ Hotstar, Netflix, atau Viu.

Pastikan ratingnya sesuai dengan usia penonton

Pastikan ratingnya sesuai dengan usia penonton

Studio Ghibli tidak hanya membuat anime untuk penonton berusia anak-anak, tetapi juga untuk remaja dan orang dewasa. Sebelum memutuskan untuk menontonnya, Anda dapat melihat rating umur penonton pada platform yang menyediakan film legal. 


Selain itu, pembagian rating film Studio Ghibli dapat dilihat dari genrenya. Jika anime tersebut memiliki genre history dan action, bisa jadi rating-nya adalah 13+. Dengan kata lain, cocok ditonton oleh anak berusia di atas 13 tahun. Hal ini karena jalan ceritanya yang cukup berat dan biasanya menampilkan beberapa adegan perkelahian.


Namun, jika Anda ingin menonton film Studio Ghibli bersama keluarga, pilihlah yang memiliki rating 7+ atau kategori semua umur. Pada kategori ini Anda juga bisa memilih genre slice of life atau fantasy yang tokoh utamanya didominasi anak-anak.

10 Rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh anime Studio Ghibli terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

Studio GhibliTales from Earthsea

GenreAction, fantasy
Durasi1 jam 55 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb6,4 dari 10
9

Studio GhibliThe Ocean Waves

GenreSlice of life
Durasi1 jam 12 menit
Kategori usia7+
Rating di IMDb6,7 dari 10
8

Studio GhibliFrom Up on Poppy Hill

GenreSlice of life
Durasi1 jam 31 menit
Kategori usia7+
Rating di IMDb7,4 dari 10
7

Studio GhibliOnly Yesterday

GenreSlice of life
Durasi1 jam 59 menit
Kategori usia7+
Rating di IMDb7,6 dari 10
6

Studio GhibliArrietty

GenreFantasy
Durasi1 jam 34 menit
Kategori usia7+
Rating di IMDb7,6 dari 10
5

Studio GhibliWhisper of the Heart

GenreFantasy
Durasi1 jam 51 menit
Kategori usia7+
Rating di IMDb7,9 dari 10
4

Studio GhibliMy Neighbor Totoro

GenreFantasy
Durasi1 jam 27 menit
Kategori usiaSemua umur
Rating di IMDb8,2 dari 10
3

Studio GhibliHowl's Moving Castle

GenreFantasy
Durasi1 jam 59 menit
Kategori usia7+
Rating di IMDb8,2 dari 10
2

Studio GhibliPrincess Mononoke

GenreAction, fantasy
Durasi2 jam 14 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb8,4 dari 10
1

Studio GhibliSpirited Away

GenreFantasy
Durasi2 jam 5 menit
Kategori usia13+
Rating di IMDb8,6 dari 10

Tabel perbandingan anime Studio Ghibli terbaik

Gambar produk
1
Studio Ghibli Spirited Away 1

Studio Ghibli

2
Studio Ghibli Princess Mononoke 1

Studio Ghibli

3
Studio Ghibli Howl's Moving Castle 1

Studio Ghibli

4
Studio Ghibli My Neighbor Totoro 1

Studio Ghibli

5
Studio Ghibli Whisper of the Heart 1

Studio Ghibli

6
Studio Ghibli Arrietty 1

Studio Ghibli

7
Studio Ghibli Only Yesterday 1

Studio Ghibli

8
Studio Ghibli From Up on Poppy Hill 1

Studio Ghibli

9
Studio Ghibli The Ocean Waves 1

Studio Ghibli

10
Studio Ghibli Tales from Earthsea 1

Studio Ghibli

Nama produk

Spirited Away

Princess Mononoke

Howl's Moving Castle

My Neighbor Totoro

Whisper of the Heart

Arrietty

Only Yesterday

From Up on Poppy Hill

The Ocean Waves

Tales from Earthsea

Keunggulan

Memetik pelajaran kehidupan dari anime peraih piala Oscar!

Perjuangan seorang pangeran dalam menyembuhkan kutukan

Petualangan seorang gadis yang menyusup ke dalam kastil penyihir

Persahabatan dengan Totoro, makhluk mistis yang menggemaskan

Kisah fantasi yang dilengkapi sentuhan romansa khas anak remaja

Serunya kisah Arrietty dalam menyelamatkan ibunya

Nostalgia seorang gadis yang menyusuri kenangan masa kecilnya

Perjuangan dua murid SMA untuk mempertahankan gedung ekskulnya

Membawa penonton teringat pada manisnya masa SMA

Petualangan pangeran dan penyihir melawan roh jahat

GenreFantasyAction, fantasyFantasyFantasyFantasyFantasySlice of lifeSlice of lifeSlice of lifeAction, fantasy
Durasi2 jam 5 menit2 jam 14 menit1 jam 59 menit1 jam 27 menit1 jam 51 menit1 jam 34 menit1 jam 59 menit1 jam 31 menit1 jam 12 menit1 jam 55 menit
Kategori usia13+13+7+Semua umur7+7+7+7+7+13+
Rating di IMDb8,6 dari 108,4 dari 108,2 dari 108,2 dari 107,9 dari 107,6 dari 107,6 dari 107,4 dari 106,7 dari 106,4 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film, anime, dan drama di sini

Bagi Anda yang hobi menonton sinema, rasanya karya-karya Studio Ghibli dapat Anda selesaikan dengan cepat, ya! Nah, supaya Anda tidak kehabisan referensi tontonan, kami telah menyiapkan artikel-artikel terkait yang membahas seputar sinema. Temukan informasinya pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Anime Studio Ghibli dapat dinikmati berbagai kalangan usia dengan catatan Anda memilih genre yang pas. Grafis yang memukau dan alur cerita yang menarik akan membuat Anda serasa masuk ke dalam ceritanya.


Kami sudah menjelaskan tentang Studio Ghibli, cara memilih film Studio Ghibli, serta memberikan rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik untuk Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan anime Studio Ghibli yang tepat untuk melengkapi hobi menonton Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu, berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Ada banyak judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga terbaik lainnya, simak artikel ini sampai habis. 
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak aktor laga internasional, nama Jackie Chan termasuk salah satu yang menonjol. Film yang ia bintangi memiliki ciri khas tersendiri, dari yang klasik sampai yang terbaru. Film Jackie Chan umumnya menampilkan aksi yang dibalut komedi, sebuah genre yang sukses ia populerkan.Kali ini kami akan membagikan cara memilih film Jackie Chan terbaik. Rekomendasi filmnya yang bagus juga sudah kami siapkan untuk Anda, lengkap dengan ulasannya. Dari yang lucu seperti Shanghai Noon sampai yang yang serius seperti Crime Story, semuanya ada. Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Pembunuh Bayaran (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Pembunuh Bayaran (Terbaru Tahun 2022)
    Menonton film tentang pembunuh bayaran dapat memacu adrenalin. Anda akan disuguhi aksi menegangkan dari organisasi pembunuh bayaran dalam meregang nyawa. Jika tidak demikian, mungkin Anda akan menyaksikan kisah hidup pembunuh bayaran yang telah pensiun dari profesi kejinya.Dalam artikel ini kami akan membahas cara memilih film pembunuh bayaran terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi film pembunuh bayaran yang bagus. Anda bisa menonton film John Wick, film War yang dibintangi Jason Statham, ataupun Anna, film pembunuh bayaran wanita. Film action Indonesia bertema pembunuh bayaran juga ada, lho. Temukan film favoritmu!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori