• 10 Krim Malam Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Krim Malam Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Krim Malam Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Krim Malam Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Krim Malam Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Krim Malam Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Masa pubertas dapat membuat kulit wajah remaja mengalami berbagai masalah, misalnya berminyak, berjerawat, kusam, dan kering. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melakukan perawatan wajah menggunakan night cream untuk remaja.


Kami akan menjelaskan poin penting dalam memilih krim malam untuk remaja. Tersedia juga rekomendasi night cream untuk remaja, seperti merek Wardah, POND'S, The Body Shop, dan Safi. Ada produk cream malam yang bagus untuk mencerahkan wajah remaja, lho! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis dermatologi dan venereologi kami, dr. Dedianto Hidajat. Jadi, disimak secara saksama, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dedianto Hidajat
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis dermatologi dan venereologi, dr. Dedianto Hidajat

Profil pakar: Dokter spesialis dermatologi dan venereologi, dr. Dedianto Hidajat
dr. Dedianto Hidajat
Dokter spesialis dermatologi dan venereologi
dr. Dedianto Hidajat

dr. Dedi adalah dokter spesialis dermatologi dan venereologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro pada 2012. Beliau berpengalaman selama 9 tahun menangani kasus-kasus dermatologi. Beliau juga memiliki passion, khususnya pada dermatologi anak, alergi-imunologi, kosmetik anti-aging, dan laser.


dr. Dedi saat ini aktif sebagai dosen di FK UNRAM serta berpraktik di Vivaldy Skin Clinic dan RS Harapan Keluarga. Beliau mendapatkan Best Oral Presentation pada 2nd Global Health and Innovation Conference 2021.

Manfaat memakai krim malam untuk remaja

Manfaat memakai krim malam untuk remaja

Kulit remaja biasanya merupakan kulit yang memiliki kelenjar minyak atau kelenjar sebasea yang aktif sehingga lebih mudah terjadi masalah jerawat. Selain itu, aktivitas harian yang cukup tinggi, seperti olahraga di luar rumah cenderung menghasilkan keringat lebih banyak. Penggunaan krim malam yang mengandung pelembap sangat baik untuk mengembalikan hidrasi kulit setelah beraktivitas.


Sesuai namanya, krim malam adalah moisturizer atau pelembap yang dirancang untuk dipakai di malam hari menjelang tidur. Dikutip dari majalah VOGUE, night cream umumnya memiliki konsistensi yang lebih kental daripada day cream. Selain itu, konsentrasi bahan aktif pada krim malam pun cenderung lebih tinggi. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa manfaat krim malam untuk kulit wajah remaja?


Sejatinya, krim malam pada remaja memiliki manfaat yang sama dengan krim malam pada umumnya. Ketika kamu tertidur pulas, kandungan bahan atau formula pada night cream akan menutrisi dan melembapkan kulit. Efeknya, kulit wajah akan terasa lembut dan halus saat kamu terbangun keesokan harinya.


Ketika pelembap biasa atau day cream melindungi kulit kamu dari radikal bebas, krim malam lebih difokuskan untuk memperbaikinya. Krim ini juga akan membuat kulit remaja terasa kenyal, elastis, lebih cerah, dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Dengan menjaga dan merawat kulit sejak remaja, wajah kamu akan tetap sehat dan cantik di masa tua nanti.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih krim malam untuk remaja

Secara umum, krim malam untuk remaja memiliki fungsi sebagai pelembap. Meski begitu, terdapat hal penting lain yang perlu kamu perhatikan saat memilihnya. Mari simak pembahasan lengkapnya.

Sesuaikan kandungan pelembapnya dengan jenis kulit kamu

Salah satu permasalahan utama yang sering dialami remaja adalah wajah yang kering atau berminyak. Kandungan pelembap yang tepat untuk masing-masing kulit pun berbeda. Agar tak salah pilih, ketahuilah jenis pelembap yang cocok untuk wajah kamu melalui penjelasan di bawah!

Water-based: Melembapkan kulit berminyak tanpa menyumbat pori

Water-based: Melembapkan kulit berminyak tanpa menyumbat pori

Krim malam yang tepat untuk kulit remaja berminyak adalah yang mengandung pelembap berbahan water-based. Adapun ciri dari night cream ini adalah teksturnya yang ringan, cair, dan cepat meresap ke dalam kulit. Water-based juga ada yang berbahan dasar lotion, gel, atau creamy gel.


Jika kamu memiliki kulit berminyak, hindari pelembap yang mengandung banyak minyak karena berpotensi menyumbat pori dan menyebabkan jerawat. Berikut adalah beberapa kandungan pelembap yang bersifat water-based dan sering dipakai dalam krim malam.


  • Allantoin
  • Betaine
  • Butylene glycol
  • Cetyl alcohol
  • Glycerin
  • Glyceryl stearate
  • Hyaluronic acid (sodium hyaluronate)
  • Lecithin
  • Niacinamide
  • Stearic acid 
  • Stearyl alcohol

Oil-based: Efektif melembapkan kulit kering

Oil-based: Efektif melembapkan kulit kering

Sementara itu, krim malam yang ideal untuk remaja berkulit kering sebaiknya mengandung pelembap jenis oil-based. Untuk mengetahuinya, periksalah kandungan bahan atau ingredients yang tertera pada keterangan atau bagian belakang produk.


Apabila kandungan minyak berada pada urutan kedua atau ketiga artinya produk tersebut bersifat oil-based, begitu pun sebaliknya. Contoh pelembap bersifat oil-based adalah castor oil, mineral oil, shea butter, jojoba oilavocado oil, dan minyak tumbuhan lainnya

Cari yang mampu mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya

Cari yang mampu mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya

Selain kulit kering dan berminyak, kulit wajah remaja biasanya juga memiliki masalah lain. Sebagai contoh, remaja yang sedang mengalami masa pubertas memiliki hormon yang tidak stabil sehingga mudah berjerawat. 


Sering terpapar sinar matahari dan polusi saat berangkat atau pulang sekolah juga dapat membuat wajah menjadi kotor dan kusam. Karenanya, pilihlah night cream yang dapat mengatasi masalah kulitmu.


  • Mengatasi kulit kusam dan meratakan warna kulit: Niacinamide dan kandungan asam, seperti citric, glycolic, lactic, dan salicylic acid.
  • Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV: Butyl methoxydibenzoylmethane, octocrylene, titanium dioxide, vitamin E, ethylhexyl methoxycinnamate, dan ethylhexyl salicylate.
  • Mencegah penuaan dini: Capryloyl salycylic acid, citric acid, dan glycolic acid.
  • Mengatasi jerawat dan sebagai antiinflamasi untuk kulit sensitif: Vitamin E, bisabolol, dan panthenol.

Kamu tidak perlu takut berlebihan terhadap produk yang mengandung paraben, SLS, dan minyak esensial. Walaupun paraben dan SLS dapat menimbulkan alergi, kasusnya termasuk jarang. Mengenai efek karsinogenik paraben pun belum terbukti kuat secara ilmiah. SLS saat ini masih digunakan untuk produk kosmetik dalam rentang yang aman.


Namun, saat ini sudah banyak produk yang tidak menggunakan SLS dan menggantikannya dengan jenis yang lain, tetapi harganya masih cukup mahal. Untuk minyak esensial memang sebaiknya dihindari karena sifat komedogenesitas-nya.


Penggunaan retinol untuk remaja tidak masalah, terutama untuk yang acne prone atau berjerawat ringan. Penggunaan retinol pada acne prone dapat membantu mengatasi jerawatnya

Ketahui kandungan bahan yang perlu dihindari

Ketahui kandungan bahan yang perlu dihindari

Kulit wajah remaja dinilai masih rentan dan mudah mengalami iritasi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih krim malam yang formulanya ringan dan tidak mengandung bahan iritan. Terkait hal ini, produk yang mengandung paraben, minyak esensial, dan sodium lauryl sulfate (SLS) sebaiknya kamu hindari.


Bagi remaja yang memiliki kulit sensitif, krim malam yang mengandung alkohol, pewangi, pengawet, dan pewarna buatan juga tidak direkomendasikan. Kamu juga tak perlu memilih krim malam dengan kandungan retinol yang berperan sebagai antiaging karena belum membutuhkannya.

10 Rekomendasi krim malam terbaik untuk remaja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk krim malam terbaik untuk remaja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dedianto Hidajat.

10
Jenis krimTidak diketahui
Kandungan pelembapSodium hyaluronate
Bahan lainVitamin C
Manfaat lainMelembapkan kulit
Isi25 g
9

SukinEnriching Night Cream - Rosehip

Mulai dari Rp 320.000,00

Jenis krimOil-based
Kandungan pelembapAloe vera, cocoa seed butter, cetyl alcohol, glycerin, shea butter, mango seed butter, lecithin, argan oil, avocado oil, rosehip oil, bitter orange leaf oil, coconut oil, chia seed oil, dan minyak tumbuhan lainnya
Bahan lainBentonite clay, kaolin clay, citric acid, lactic acid, silica, vitamin A, dan vitamin E
Manfaat lainSebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas
Isi120 ml
8

UnileverPOND'S Flawless Brightening Night Cream

Mulai dari Rp 27.000,00

Jenis krimWater-based
Kandungan pelembapAllantoin, stearic acid, niacinamide, glyceryl stearate, dimethicone, glycerin, dan cetyl alcohol
Bahan lainOctocrylene, ethylhexyl salicylate, butyl methoxydibenzoylmethane, ethylhexyl methoxycinnamate, titanium dioxide, tocopheryl acetate, dan silica
Manfaat lainMemperbaiki kerusakan, mencerahkan, dan meratakan warna kulit
Isi10 g
7

The Body ShopNew Formulation Vitamin E Night Cream Moisturizer

Mulai dari Rp 279.000,00

Jenis krimWater-based (mengandung minyak wheat germ)
Kandungan pelembapGlycerin, Triticum vulgare (wheat) germ oil, dimethicone, stearyl alcohol, cetearyl alcohol, theobroma cacao seed butter, glyceryl stearate, dan sodium hyaluronate
Bahan lainPanthenol dan tocopheryl acetate (vitamin E)
Manfaat lainMelembutkan dan menghaluskan kulit
Isi50 ml
6

Eka Jaya InternasionalHanasui Acne Treatment - Night Cream

Mulai dari Rp 35.000,00

Jenis krimWater-based
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin, cyclopentasiloxane, betaine, niacinamide, dimethicone, allantoin, shea butter, dan sodium hyaluronate
Bahan lainLactic acid, salicylic acid, vitamin E, dan citric acid
Manfaat lainMengontrol minyak berlebih, menjaga kelembapan, mencerahkan, serta menjadikan kulit lembut dan halus
Isi10 ml
5
Jenis krimWater-based
Kandungan pelembapCyclohexasiloxane, glycerin, stearyl alcohol, niacinamide, dan butylene glycol
Bahan lainTocopherol (vitamin E) dan capryloyl salicylic acid
Manfaat lainMenyamarkan bintik hitam serta membuat kulit terasa lembut, kenyal, dan segar
Isi20 ml dan 50 ml
4

Mineral BotanicaAcne Care - Night Cream

Mulai dari Rp 46.000,00

Jenis krimOil-based
Kandungan pelembapCetyl alcohol, dimethicone, glyceryl stearate, butylene glycol, allantoin, salicylic acid, jojoba oil, Oryza sativa bran oil, Argania spinosa kernel oil, olus oil, dan castor oil
Bahan lainCyclopentasiloxane, glycolic acid, dan silica silylate
Manfaat lainMenyamarkan flek atau bekas jerawat, menghaluskan, melembapkan, dan mempertahankan elastisitas kulit
Isi25 g
3

Hebe Beauty StyleY.O.U Dazzling Glow Up Serum Night Cream

Mulai dari Rp 32.000,00

Jenis krimOil-based
Kandungan pelembapMineral oil, olive oil, hyaluronic acid, niacinamide, dan rice ferment filtrate
Bahan lainVitamin E
Manfaat lainMenjaga kelembapan dan elastisitas kulit, mencerahkan, menangkal radikal bebas dan melindungi dari sinar UV, serta mengecilkan pori-pori
Isi20 g dan 40 g
2
Jenis krimWater-based
Kandungan pelembapNiacinamide, betaine, glycerin, butylene Glycol, dimethicone, cyclohexasiloxane, sodium hyaluronate, dan Nigella sativa seed oil
Bahan lainCyclopentasiloxane dan bisabolol
Manfaat lainMeratakan warna kulit dan menjaga kelembapan sepanjang malam
Isi25 g dan 45 g
1

WardahLightening Night Cream Advanced Niacinamide

Mulai dari Rp 29.000,00

Jenis krimWater-based
Kandungan pelembapAllantoin dan vitamin E
Bahan lainAdvanced Niacinamide, AHA, vitamin B3, licorice extract, dan seaweed extract
Manfaat lainMencerahkan dan meratakan warna kulit, menjaga kelembapan, melembutkan dan mencerahkan, serta mencegah kulit kusam, dark circle, dan noda hitam
Isi20 ml dan 30 ml

Tabel perbandingan produk krim malam terbaik untuk remaja

Gambar produk
1
Wardah Lightening Night Cream Advanced Niacinamide 1

Wardah

2
Safi White Expert Replenishing Night Cream 1

Safi

3
Hebe Beauty Style Y.O.U Dazzling Glow Up Serum Night Cream 1

Hebe Beauty Style

4
Mineral Botanica Acne Care - Night Cream 1

Mineral Botanica

5
Garnier Sakura White Night Cream 1

Garnier

6
Eka Jaya Internasional Hanasui Acne Treatment - Night Cream 1

Eka Jaya Internasional

7
The Body Shop New Formulation Vitamin E Night Cream Moisturizer 1

The Body Shop

8
Unilever POND'S Flawless Brightening Night Cream 1

Unilever

9
Sukin Enriching Night Cream - Rosehip 1

Sukin

10
La Tulipe C – Night Cream 1

La Tulipe

Nama produk

Lightening Night Cream Advanced Niacinamide

White Expert Replenishing Night Cream

Y.O.U Dazzling Glow Up Serum Night Cream

Acne Care - Night Cream

Sakura White Night Cream

Hanasui Acne Treatment - Night Cream

New Formulation Vitamin E Night Cream Moisturizer

POND'S Flawless Brightening Night Cream

Enriching Night Cream - Rosehip

C – Night Cream

Keunggulan

Mengandung 7 Active White Complex yang memiliki berbagai manfaat baik untuk kulit

Mencerahkan kulit wajah, membuat remaja tampil lebih percaya diri

Menutrisi dan membuat kulit tampak glowing dari dalam

Krim multifungsi yang pas untuk mengatasi masalah pada kulit kombinasi

Formulanya membuat kulit cerah merona bak bunga sakura

Cegah jerawat meradang, membuat mood kamu makin baik!

Memberikan kelembapan maksimal pada kulit wajah yang superkering

Harganya terjangkau dan efektif menyamarkan noda hitam pada kulit remaja

Terbuat dari bahan alami dan bebas iritan, cocok untuk remaja pemilik kulit sensitif

Merawat dan memperbaiki kulit yang sering terpapar polusi dan sinar matahari

Harga mulai dariRp 29.000,00Rp 47.500,00Rp 32.000,00Rp 46.000,00Rp 32.500,00Rp 35.000,00Rp 279.000,00Rp 27.000,00Rp 320.000,00Rp 80.000,00
Jenis krimWater-basedWater-basedOil-basedOil-basedWater-basedWater-basedWater-based (mengandung minyak wheat germ)Water-basedOil-basedTidak diketahui
Kandungan pelembapAllantoin dan vitamin ENiacinamide, betaine, glycerin, butylene Glycol, dimethicone, cyclohexasiloxane, sodium hyaluronate, dan Nigella sativa seed oilMineral oil, olive oil, hyaluronic acid, niacinamide, dan rice ferment filtrateCetyl alcohol, dimethicone, glyceryl stearate, butylene glycol, allantoin, salicylic acid, jojoba oil, Oryza sativa bran oil, Argania spinosa kernel oil, olus oil, dan castor oilCyclohexasiloxane, glycerin, stearyl alcohol, niacinamide, dan butylene glycol Butylene glycol, glycerin, cyclopentasiloxane, betaine, niacinamide, dimethicone, allantoin, shea butter, dan sodium hyaluronateGlycerin, Triticum vulgare (wheat) germ oil, dimethicone, stearyl alcohol, cetearyl alcohol, theobroma cacao seed butter, glyceryl stearate, dan sodium hyaluronateAllantoin, stearic acid, niacinamide, glyceryl stearate, dimethicone, glycerin, dan cetyl alcoholAloe vera, cocoa seed butter, cetyl alcohol, glycerin, shea butter, mango seed butter, lecithin, argan oil, avocado oil, rosehip oil, bitter orange leaf oil, coconut oil, chia seed oil, dan minyak tumbuhan lainnyaSodium hyaluronate
Bahan lainAdvanced Niacinamide, AHA, vitamin B3, licorice extract, dan seaweed extractCyclopentasiloxane dan bisabololVitamin ECyclopentasiloxane, glycolic acid, dan silica silylateTocopherol (vitamin E) dan capryloyl salicylic acidLactic acid, salicylic acid, vitamin E, dan citric acidPanthenol dan tocopheryl acetate (vitamin E)Octocrylene, ethylhexyl salicylate, butyl methoxydibenzoylmethane, ethylhexyl methoxycinnamate, titanium dioxide, tocopheryl acetate, dan silicaBentonite clay, kaolin clay, citric acid, lactic acid, silica, vitamin A, dan vitamin EVitamin C
Manfaat lainMencerahkan dan meratakan warna kulit, menjaga kelembapan, melembutkan dan mencerahkan, serta mencegah kulit kusam, dark circle, dan noda hitamMeratakan warna kulit dan menjaga kelembapan sepanjang malamMenjaga kelembapan dan elastisitas kulit, mencerahkan, menangkal radikal bebas dan melindungi dari sinar UV, serta mengecilkan pori-poriMenyamarkan flek atau bekas jerawat, menghaluskan, melembapkan, dan mempertahankan elastisitas kulitMenyamarkan bintik hitam serta membuat kulit terasa lembut, kenyal, dan segarMengontrol minyak berlebih, menjaga kelembapan, mencerahkan, serta menjadikan kulit lembut dan halusMelembutkan dan menghaluskan kulitMemperbaiki kerusakan, mencerahkan, dan meratakan warna kulitSebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebasMelembapkan kulit
Isi20 ml dan 30 ml25 g dan 45 g20 g dan 40 g25 g20 ml dan 50 ml10 ml50 ml10 g120 ml25 g
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar krim malam terbaik untuk remaja

Pertanyaan umum seputar krim malam terbaik untuk remaja

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar krim malam terbaik untuk remaja. Jika kamu masih penasaran dengan krim malam terbaik untuk remaja, simak jawabannya di bawah ini!

Adakah tips untuk mengatasi jerawat akibat hormon untuk remaja?

Kondisi hormonal pada remaja sering menimbulkan jerawat. Gaya hidup remaja perlu diperhatikan, seperti

  • tidak begadang,
  • mengonsumsi makanan kaya antioksidan,
  • olahraga yang teratur,
  • mengelola stres,
  • mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kadar gula dan minyaknya,
  • mengurangi konsumsi makanan siap saji, 
  • mengurangi bercermin bagi remaja putri, dan
  • tidak menekan jerawat.

Penggunaan produk krim malam secara rutin minimal 2–4 minggu akan mulai menunjukkan hasil yang baik. Walaupun kandungannya tidak berbahaya, tetapi tetap ada risiko alergi ataupun iritasi. Iritasi dapat terlihat dalam beberapa hari sedangkan alergi biasanya muncul dalam waktu 2 minggu.

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah dan kecantikan untuk remaja lainnya di sini

Supaya kulit wajah remaja terawat, kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah lainnya, seperti toner dan essence. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan lipstik dan blush on supaya wajah tidak terlihat pucat. Di bawah ini, kami memiliki berbagai rekomendasi produk perawatan wajah dan makeup untuk remaja. Silakan klik tautannya untuk membaca lebih lanjut!

Kesimpulan

Memilih krim malam yang tepat untuk remaja cukuplah tricky. Karenanya, kamu perlu berhati-hati, terutama ketika memeriksa kandungan bahannya. Saat memilih, pastikan teksturnya tidak terlalu kental atau berat. Krim malam yang kental berpotensi menyumbat pori-pori sehingga kulit kamu kesulitan bernapas.


Selanjutnya, harga krim malam untuk remaja juga sangat penting. Pilihlah produk yang harganya terjangkau dan pas dengan isi dompetmu. Semoga artikel ini bisa membantumu menemukan produk yang tepat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 9 Face Emulsion Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    9 Face Emulsion Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 30-an, kulit Anda akan mulai terasa kering, muncul noda hitam, dan terlihat kusam. Nah, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk perawatan kulit, termasuk face emulsion. Kandungan yang dibutuhkan dari face emulsion untuk usia 30-an pastinya berbeda dengan produk untuk usia 20-an. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih face emulsion yang tepat untuk Anda yang berusia 30-an. Merek ternama, seperti SK-II dan Shiseido juga masuk dalam rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori