• 10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)

Beras jagung adalah olahan pangan setengah jadi dengan bentuk butiran seperti beras putih. Beras jagung banyak dikonsumsi dalam bentuk nasi jagung karena kandungannya yang tinggi serat, tetapi tetap rendah kalori. Karena itu, beras jagung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengontrol diabetes hingga membantu diet.

Kami akan membahas berbagai jenis beras jagung serta membagikan tips memilihnya. Rekomendasi merek beras jagung yang bagus juga telah kami siapkan, seperti Gita Food, Fits, hingga Dollar. Harga produknya pun bervariasi. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Mengenal beras jagung, makanan kaya serat dan tinggi manfaat

Pada zaman dahulu, nasi dari beras putih menjadi makanan langka ketika masa paceklik atau sulit tanam. Oleh karena itu, orang banyak mengonsumsi nasi jagung yang terbuat dari jagung karena lebih mudah ditanam. Beras jagung pun menyimpan banyak manfaat untuk tubuh sehingga masih banyak dicari serta dikonsumsi.

Apa itu beras jagung?

Apa itu beras jagung?

Beras jagung terbuat dari biji jagung yang ditumbuk, kemudian diayak sebelum melewati proses perendaman. Saat perendaman dilakukan, ada yang menggunakan starter mikroba/ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakannya. Setelah itu, jagung dikeringkan dan dikemas dalam bentuk butiran.


Artinya, beras jagung dapat dianggap sebagai hasil olahan pangan setengah jadi yang bentuknya butiran seperti beras padi. Beras jagung disebut produk pangan setengah jadi karena biji jagungnya telah melalui proses pengolahan, tetapi belum bisa langsung dikonsumsi.


Produk pangan ini merupakan jenis makanan pokok yang sering dikonsumsi sebagai pengganti beras putih di beberapa daerah Indonesia. Anda bisa menemukan hidangan nasi jagung di Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, hingga Nusa Tenggara.

Manfaat mengonsumsi beras jagung

Manfaat mengonsumsi beras jagung

Beras jagung memiliki beberapa manfaat. Hal ini membuatnya banyak dicari. Nah, kami akan menjelaskan beberapa manfaatnya di bawah ini.


  • Kandungan kalorinya lebih kecil dibandingkan beras putih

Beras jagung mengandung karbohidrat sehingga disebut juga makanan pokok, tetapi kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras putih. Dilansir dari U.S Department of Agriculture, setiap 100 gram beras jagung atau sepiring nasi jagung mengandung 96 kalori. Di sisi lain, pada 100 gram beras putih terdapat 130 kalori. Hal ini membuat beras jagung cocok dikonsumsi untuk diet dan oleh penderita diabetes.


  • Mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat besi

Bahan makanan ini juga merupakan sumber zat besi, mineral, serat, dan beragam jenis vitamin. Ada vitamin A, B6, dan C. Menurut jurnal di National Library of Medicine, beras jagung mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan menurunkan risiko penyakit degeneratif. Selain itu, beras jagung juga diyakini kaya akan antioksidan. 


  • Harganya relatif terjangkau

Meski mengandung banyak zat yang baik bagi tubuh, harga beras jagung tergolong terjangkau. Anda sudah bisa menikmati beras jagung mulai dari harga tiga ribu rupiah per 150 gram. Untuk kemasan besar, yaitu sekitar 5 kilogram, Anda cukup membayar sekitar sembilan puluh ribu rupiah.


  • Tinggi asam folat yang baik untuk ibu hamil

Jagung memiliki kandungan vitamin B9 atau asam folat dan zat besi. Keduanya baik untuk produksi sel darah merah sehingga ibu hamil terhindar dari anemia dan mencegah bayi terlahir cacat. Selain itu, kandungan proteinnya baik pula untuk pertumbuhan janin dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih beras jagung

Dengan banyaknya manfaat kesehatan yang dimiliki, tak heran jika beras jagung makin diminati sebagai makanan pokok. Namun, Anda tidak boleh asal-asalan ketika membeli beras jagung, ya. Ada poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilihnya. Mari simak penjelasan kami dengan saksama!

Pilih berdasarkan jenis jagung yang digunakan

Mungkin tak banyak yang menyadari bahwa jagung yang digunakan pada setiap beras jagung tidaklah sama jenisnya. Ada produk yang menggunakan jagung kuning, ada pula yang memanfaatkan jagung putih. Meski dari segi rasa tidak ada perbedaan signifikan, setiap jenis jagung mempunyai kelebihan tersendiri. Kami akan menjabarkan perbedaannya dengan lebih lengkap di bawah ini.

Jagung kuning: Lebih kaya karotenoid dan vitamin

Jagung kuning: Lebih kaya karotenoid dan vitamin

Jagung kuning merupakan jenis yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku beras jagung. Warna yang kuning menandakan tingginya kandungan karotenoid pada jagung. Keberadaan karotenoid inilah yang membuat jagung mengeluarkan warna kuning nan segar dipandang mata.


Adanya karotenoid juga menunjukkan bahwa jagung kuning lebih kaya vitamin A dan lutein. Oleh sebab itu, beras jagung yang menggunakan jenis jagung ini dipercaya mempunyai manfaat kesehatan yang lebih tinggi.

Jagung putih: Lebih mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan

Jagung putih: Lebih mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan

Meski tidak mengandung karotenoid, bukan berarti jagung putih tidak memiliki nilai gizi. Menurut U.S Department of Agriculture, di dalam 100 gram jagung putih terdapat protein sebanyak 3,22 gram. Angka tersebut hampir setengahnya dari protein beras.


Karena itu, jagung ini tetap cocok diolah sebagai beras jagung untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Warna yang mirip dengan beras padi membuatnya lebih mudah diolah dengan beragam jenis masakan.

Cari informasi mengenai proses penyajiannya

Cari informasi mengenai proses penyajiannya

Selain berdasarkan jenis jagung yang digunakan, beras jagung juga dibagi menurut cara memasaknya. Anda akan menemukan beras jagung instan dan noninstan di pasaran. Berikut ini adalah perbedaan di antara keduanya.


  • Untuk beras jagung instan, Anda hanya perlu menyeduh atau merendam beras di dalam air panas selama 810 menit. Setelah itu, nasi jagung dapat langsung dinikmati. Jenis ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

  • Untuk beras jagung noninstan, Anda harus memasaknya seperti nasi putih pada umumnya, yakni menggunakan rice cooker atau magic com. Namun, ada pula beras jagung yang butuh direndam semalaman sebelum dimasak. Hal ini untuk mendapatkan tekstur nasi jagung yang lebih pulen. Jadi, periksalah dahulu cara memasaknya sebelum menjatuhkan pilihan.

Untuk pemula, sebaiknya pilih beras jagung kemasan sekali makan

Untuk pemula, sebaiknya pilih beras jagung kemasan sekali makan

Layaknya beras padi, beras jagung juga dapat ditemukan dalam beragam ukuran kemasan. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli beras jagung sesuai kebutuhan, terutama jika Anda baru pertama kali mencoba.


Kemasan beras jagung terkecil yang bisa ditemukan di pasaran adalah ukuran 150 gram. Ukuran ini sama dengan seporsi nasi yang biasa dikonsumsi orang dewasa. Apabila Anda belum pernah mencoba beras jagung sama sekali, kami sangat menyarankan ukuran ini.


Apabila Anda sudah terbiasa mengonsumsi beras jagung atau ingin mengonsumsinya bersama keluarga, Anda tentu membutuhkan beras jagung lebih banyak. Pada situasi tersebut, beras jagung berukuran 15 kg bisa menjadi pilihan.

10 Rekomendasi beras jagung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk beras jagung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

10

Indo Supply ChainNasi Jagung Gotong Royong

Mulai dari Rp 38.000,00

Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianRendam air panas, lalu kukus
Varian isi1.000 g
SertifikasiP-IRT
9
Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianSeduh dengan air panas, masak di atas kompor
Varian isi350 g
SertifikasiP-IRT : 215350901233
8

Mbok TinAmpok Jagung Instan

Mulai dari Rp 12.000,00

Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianTanak seperti nasi biasa
Varian isi450 g
SertifikasiP-IRT: 2153504012800-25
7

Serambi BotaniBeras Jagung Analog

Mulai dari Rp 14.500,00

Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianTanak dalam rice cooker yang airnya telah mendidih
Varian isi250 g, 800 g
SertifikasiP-IRT
6
Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianTanak dalam rice cooker yang airnya telah mendidih
Varian isi250 g, 800 g, 2.000 g
SertifikasiP-IRT
5
Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianCuci bersih, rendam, lalu kukus selama 15–20 menit
Varian isi500 g
SertifikasiP-IRT: 7153403060821-25
4
Jenis jagungJagung putih
Proses penyajianTanak dalam rice cooker atau dikukus
Varian isi500 g
SertifikasiP-IRT: 2053307030027-26
3
Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianTanak seperti nasi biasa
Varian isi700 g, 5.000 g
SertifikasiBPOM RI
2
Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianSeduh dengan air panas
Varian isi150 g
SertifikasiP-IRT: 206351601043-19
1
Jenis jagungJagung kuning
Proses penyajianRendam satu malam lalu tanak seperti nasi biasa
Varian isi500 g
SertifikasiKEMTAN RI PD 35. 10-II.I.01-03-00043-04/2018

Tabel perbandingan produk beras jagung terbaik

Gambar produk
1
Dollar "JW" Food Dollar Beras Jagung 1

Dollar "JW" Food

2
Trend Nasi Jagung Instan 1

Trend

3
Gita Food Sego Jagung 1

Gita Food

4
Mawar Kartika Nasi Jagung Instan 1

Mawar Kartika

5
Miroso Nasi/Sego Jagung Instan 1

Miroso

6
Fits Beras Analog Jagung 1

Fits

7
Serambi Botani Beras Jagung Analog 1

Serambi Botani

8
Mbok Tin Ampok Jagung Instan 1

Mbok Tin

9
HL Corn Rice Beras Jagung Instant 1

HL

10
Indo Supply Chain Nasi Jagung Gotong Royong  1

Indo Supply Chain

Nama produk

Dollar Beras Jagung

Nasi Jagung Instan

Sego Jagung

Nasi Jagung Instan

Nasi/Sego Jagung Instan

Beras Analog Jagung

Beras Jagung Analog

Ampok Jagung Instan

Corn Rice Beras Jagung Instant

Nasi Jagung Gotong Royong

Keunggulan

Berbahan dasar jagung pilihan yang ramah di kantong

Kemasan terkecil, pas untuk pertama kali mencoba

Lebih cepat kenyang, lebih banyak energi

Teksturnya halus, mudah diolah menjadi sajian apa pun

Diolah secara tradisional, tanpa campuran pengawet

Dibuat dari 100% jagung lokal dan teruji bebas GMO

Kenyal dan kaya rasa seperti nasi putih

Dapatkan rasa khas nasi jagung ala pedesaan

Hasilkan dua jenis tekstur nasi jagung

Khasiat maksimal dengan pemrosesan yang higienis

Harga mulai dariRp 5.500,00Rp 3.000,00Rp 15.000,00Rp 17.000,00Rp 15.000,00Rp 15.000,00Rp 14.500,00Rp 12.000,00Rp 25.000,00Rp 38.000,00
Jenis jagungJagung kuningJagung kuningJagung kuningJagung putihJagung kuningJagung kuningJagung kuningJagung kuningJagung kuningJagung kuning
Proses penyajianRendam satu malam lalu tanak seperti nasi biasaSeduh dengan air panasTanak seperti nasi biasaTanak dalam rice cooker atau dikukusCuci bersih, rendam, lalu kukus selama 15–20 menitTanak dalam rice cooker yang airnya telah mendidihTanak dalam rice cooker yang airnya telah mendidihTanak seperti nasi biasaSeduh dengan air panas, masak di atas komporRendam air panas, lalu kukus
Varian isi500 g150 g700 g, 5.000 g500 g500 g250 g, 800 g, 2.000 g250 g, 800 g450 g350 g1.000 g
SertifikasiKEMTAN RI PD 35. 10-II.I.01-03-00043-04/2018P-IRT: 206351601043-19BPOM RIP-IRT: 2053307030027-26P-IRT: 7153403060821-25P-IRTP-IRTP-IRT: 2153504012800-25P-IRT : 215350901233P-IRT
Tautan produk

Baca juga rekomendasi beras kesehatan lainnya di sini

Tak hanya beras jagung, Anda bisa menemukan beragam jenis beras yang memiliki manfaat kesehatan di pasaran. Beras shirataki, beras organik, serta beras merah merupakan beberapa contohnya. Untuk mengetahui khasiat tiap-tiap beras tersebut, silakan baca pembahasan kami melalui artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Posisi beras sebagai makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia memang sulit untuk digantikan. Untungnya kehadiran beras jagung yang dinilai lebih menyehatkan bisa menjadi alternatif pengganti beras putih.


Dengan mengonsumsi beras jagung, Anda bisa tetap menikmati sensasi makan nasi sembari menjaga kesehatan badan. Namun, jangan sampai salah pilih, ya. Pastikan Anda mengikuti tips memilih beras jagung yang telah kami sampaikan di atas. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2022)
    Sunflower oil adalah minyak biji bunga matahari yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Di artikel ini kami akan membahas minyak bunga matahari untuk menggoreng dan memanggang makanan. Kandungan lemak jenuh pada sunflower oil ternyata lebih rendah dibandingkan minyak kelapa. Selain itu, smoking point-nya lebih tinggi dibandingkan minyak canola. Itulah sebabnya sunflower oil cocok untuk diet, ya! Untuk membantu Anda, kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan merek sunflower oil yang bagus untuk memasak. Ada Tropicana Slim, Golden Bridge, hingga Borges. Sebelum itu, ketahuilah manfaat sunflower oil untuk memasak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori