mybest
Microwave

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Oven & microwave
  4. 10 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]
  • 10 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 1
  • 10 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 2
  • 10 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 3
  • 10 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 4
  • 10 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 5

10 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]

Microwave adalah elektronik dapur yang praktis untuk menghangatkan makanan. Anda khawatir listrik di rumah sering mati saat memakai microwave? Mungkin Anda membutuhkan microwave yang low watt. Ada banyak microwave low watt yang dijual di pasaran, seperti dari merek LG, Sharp, dan Panasonic.


Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberi tips memilih microwave low watt terbaik. Tips memilih ini kami susun bersama retail home appliances product reviewer, Awan Feri Sulaeman. Kami juga akan mengulas rekomendasi microwave low watt yang bagus. Simak dan temukan microwave low watt yang sesuai kebutuhan Anda!

Diperbaharui 09/11/2023
Awan Feri Sulaeman
Pakar
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Awan Feri Sulaeman merupakan praktisi pada bidang retail elektronik rumah tangga yang berpengalaman lebih dari 13 tahun. Awan mengawali karir profesionalnya pada perusahan multinasional sebagai Product Consultant. Ia kemudian mendapatkan promosi setelah menyelesaikan pendidikan pascasarjana. Dengan pengalaman yang dimilikinya terkait produk elektronik rumahan, Awan aktif melakukan review serta membagikan tips & trick pada channel YouTube-nya, "Awan Feris”.

Profil Awan Feri Sulaeman
Lanjut membaca
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu microwave low watt?

Apa itu microwave low watt?

Microwave merupakan elektronik rumah tangga untuk menghangatkan makanan yang sudah jadi dengan cepat dan tanpa mengubah rasa serta warna. Karena alasan ini, microwave termasuk elektronik dapur yang dianggap wajib dimiliki di dapur modern. Hal ini terutama berlaku untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Tak hanya itu, microwave juga cocok bagi pasangan muda yang menginginkan segala sesuatu yang serbapraktis.


Microwave low watt memiliki fungsi yang serupa dengan microwave pada umumnya. Hanya saja, microwave low watt memerlukan daya yang lebih rendah untuk beroperasi. Biasanya, microwave low watt hanya membutuhkan daya listrik sekitar 400-600 watt. Meskipun demikian, fungsi utamanya adalah menghangatkan makanan sehingga daya listrik yang diperlukan pada dasarnya tidak terlalu besar.


Sementara itu, microwave standar umumnya hanya membutuhkan daya listrik sekitar 600-1000 watt untuk beroperasi. Selain itu, penggunaan microwave biasanya hanya beberapa menit saja. Artinya, perhitungan perbedaan konsumsi daya listrik antara microwave standar dan microwave low watt tidak terlalu signifikan

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Selain untuk menghangatkan makanan, microwave juga bisa digunakan untuk sterilisasi. Hal ini tentu berguna untuk Anda yang memiliki bayi/anak kecil. Anda hanya perlu memasukkan barang yang akan disterilisasi ke sillybag, masukkan air, lalu masukkan di microwave.

Cara memilih microwave low watt

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih microwave low watt. Berikut ini kiat-kiat untuk mendapatkan microwave low watt terbaik.

1

Jangan berfokus pada klaim "low watt"! Carilah microwave dengan daya listrik yang lebih rendah daripada daya listrik di rumah Anda

Jangan berfokus pada klaim "low watt"! Carilah microwave dengan daya listrik yang lebih rendah daripada daya listrik di rumah Anda

Pemilihan daya listrik untuk microwave berkaitan dengan kapasitas daya listrik di rumah tangga masing-masing. Di Indonesia, kapasitas daya listrik rumah tangga yang paling umum berkisar antara 450 hingga 1.300 watt. Jika kapasitas daya listrik Anda terbatas, lebih baik memilih microwave low watt yang memiliki daya sekitar 400 watt. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko listrik jeglek saat menggunakan microwave.


Terlebih, setiap microwave akan dengan jelas menunjukkan kebutuhan dayanya. Keterangan daya listrik ini biasanya tertera dalam deskripsi produk maupun pada stiker yang melekat pada produk tersebut. Oleh karena itu, Anda tidak perlu terpaku pada klaim "low watt" saja. Namun, periksa juga spesifikasi daya secara langsung untuk memastikan kesesuaian dengan kapasitas daya listrik di rumah Anda.

Nilai watt rendah tidak selalu membuat penggunaan listrik lebih hemat

Nilai watt rendah tidak selalu membuat penggunaan listrik lebih hemat

Pandangan yang telah mengakar pada masyarakat Indonesia adalah makin rendah daya listrik suatu produk, makin hemat tagihan listriknya. Konsep ini tentu saja adalah pandangan yang salah. Pasalnya, hemat atau borosnya daya listrik yang digunakan suatu produk elektronik seharusnya dinilai berdasarkan performanya.


Dengan demikian, makin rendah daya listrik microwave, makin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan makanan. Hal ini mengakibatkan berkurangnya nilai gizi dan nutrisi makanan tersebut. Dalam perhitungan yang lebih mendalam, daya listrik microwave low watt cenderung lebih boros dibandingkan microwave biasa.


Berikut adalah contoh perhitungan daya listrik yang dibutuhkan microwave untuk beroperasi:


  • Microwave tipe I membutuhkan daya listrik 1.000 watt. Microwave ini dapat menghangatkan makanan dalam waktu 1 menit.
Pada microwave tipe I ini, perhitungannya adalah:
  1. 1 kwh = 1.000 watt x 0,017 jam : 1.000 = 0,017 kwh

Biaya listrik sekitar 1.400 rupiah per jam. Mengingat pemakaian microwave hanya berlangsung 1-3 menit, biaya penggunaan microwave ini berkisar antara 20 rupiah-70 rupiah per penggunaan. Jika Anda ingin menghitungnya, berikut ini adalah rumus perhitungannya:

  1. (1.400 x 0,017 kwh) x 1 menit = 23,8 rupiah

  • Microwave tipe II membutuhkan daya listrik 600 watt. Microwave ini membutuhkan waktu 5 menit untuk menghangatkan makanan.

Berikut ini adalah perhitungan microwave tipe yang satu ini:

  1. 1 kwh = 600 watt x 0,083 jam : 1.000 = 0,05 kwh

Biaya listrik sekitar 1.400 rupiah per jam. Mengingat pemakaian microwave low watt berlangsung 5 menit, biaya penggunaan microwave adalah 350 rupiah per penggunaan. Berikut ini adalah cara perhitungannya:

  1. (1.400 x 0,05 kwh) x 5 menit = 350 rupiah

Dari contoh di atas, terlihat bahwa microwave tipe II dengan daya listrik rendah justru lebih boros dalam penggunaan listrik.

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Sebenarnya perbedaan antara microwave low watt dan microwave standar tidak terlalu signifikan. Hal ini karena microwave merupakan elektronik dapur yang umumnya hanya digunakan dalam waktu singkat. Hal ini tentu berbeda dengan perangkat lainnya, seperti oven atau AC yang sering digunakan dalam jangka waktu lebih lama.

2

Kapasitas tidak memengaruhi daya microwave; Jadi, Anda yang tinggal bersama keluarga kecil bisa memilih produk berkapasitas 25-30 liter

Kapasitas tidak memengaruhi daya microwave; Jadi, Anda yang tinggal bersama keluarga kecil bisa memilih produk berkapasitas 25-30 liter

Kapasitas microwave low watt tidak berpengaruh pada daya listriknya. Oleh karena itu, Anda dapat memilih kapasitas produk yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Namun, perlu diingat bahwa microwave adalah perangkat rumah tangga yang dirancang untuk memanaskan dengan cepat. Oleh sebab itu, rata-rata kapasitasnya tidak terlalu besar. 


Walaupun demikian, kapasitas microwave masih penting untuk dipertimbangkan karena berhubungan dengan jumlah makanan yang dapat dihangatkan sekaligus. Berikut adalah panduan yang dapat Anda ikuti:

  • Untuk 1-2 orang, pilih microwave dengan kapasitas di bawah 20 liter
  • Untuk 3-4 orang, pilih microwave dengan kapasitas 20-25 liter atau 25-30 liter

Anda dapat menemukan informasi tentang kapasitas microwave low watt dalam deskripsi produk. Keterangan tersebut bisa Anda temukan pada situs web resmi atau platform e-commerce yang bersangkutan.

3

Supaya makin hemat listrik, utamakan microwave dengan fungsi basic yakni menghangatkan

Supaya makin hemat listrik, utamakan microwave dengan fungsi basic yakni menghangatkan
Teknologi microwave telah ada dalam waktu yang lama, dan tidak heran bahwa teknologi ini terus berkembang. Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan microwave dengan berbagai fungsi tambahan, seperti:

  • Fungsi memanggang pada microwave grill
  • Fungsi memasak dan baking pada microwave oven
  • Fungsi memasak dan baking yang lebih profesional pada microwave convection
  • Fungsi steam untuk membuat makanan lebih juicy serta menjaga nutrisinya

Microwave dengan tambahan fungsi-fungsi ini akan mengonsumsi lebih banyak daya listrik. Jika Anda mengutamakan microwave dengan daya listrik rendah, pilihlah produk yang hanya memiliki fungsi dasar, yaitu menghangatkan


Selain itu, bila Anda berencana untuk membeli microwave low watt dengan fungsi basic, perhatikan juga jenis meja di dalamnya. Sebaiknya, pilih microwave low watt standar yang dilengkapi dengan meja putar atau turn table. Prinsip meja putar ini membantu untuk meratakan panas pada makanan sehingga memasaknya menjadi lebih merata. Anda dapat menemukan informasi mengenai jenis meja ini dalam deskripsi produk di situs resmi atau platform e-commerce.


Microwave low watt mungkin kurang sesuai bagi Anda yang gemar memasak. Jika Anda membutuhkan microwave yang mendukung kegiatan memasak, lebih baik pilih microwave oven. Anda dapat mengunjungi artikel kami mengenai microwave oven di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi produknya.


Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Selain memengaruhi daya listrik, makin banyak fungsi pada microwave umumnya juga akan membuat harga jualnya jauh lebih tinggi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Microwave Low Watt Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Microwave Low Watt terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 07 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe microwave
Tipe tatakan/meja
Kapasitas
Dimensi lebar
Dimensi tinggi
Dimensi kedalaman
Daya
Arah bukaan pintu
Bobot
Fitur pemanasan otomatis
Fitur
1

Sharp

23 Liter Straight Microwave Oven R-21D0(S)IN

Sharp 23 Liter Straight Microwave Oven  1

Rp1.500.000

Menengah

Tampilan tempered glass yang mewah untuk dapur Anda

Microwave oven

Turntable

23 liter

48,5 cm

40 cm

29,2 cm

450 watt

Membuka ke kiri

10 kg

Defrost by weight dan time, tombol dorong untuk membuka

2

Sharp

Stylish Designed Microwave OvenR-220MA

Sharp Stylish Designed Microwave Oven 1

Rp685.899

Lebih Murah

Ukurannya sangat compact, kapasitasnya pas untuk Anda yang tinggal sendiri

Microwave oven

Turntable

20 liter

30,6 cm

30,4 cm

20,5 cm

450 watt

Membuka ke kiri

11,52 kg

5 Power Levels, Defrost, Timer

3

LG

Microwave Solo dengan iWave TechnologyMS2042DB

LG Microwave Solo dengan iWave Technology 1

Rp1.199.000

Menengah

Memasak lebih cepat dan sehat berkat iWave Technology

Microwave konvensional

Turntable

20 liter

45,5 cm

25,2 cm

32 cm

700 watt

Membuka ke kiri

9,3 kg

Next Step Guide, Energy Saving, 44 Auto Cook Menu, 5 Power Levels, Cooking Completion Alarm

4

AQUA Japan

Microwave AEM-S2612S

AQUA Japan  Microwave  1

Rp1.035.000

Agak Murah

Serba praktis berkat 11 power level dan fitur memory

Microwave konvensional

Turntable

20 liter

51,2 cm

40 cm

34,7 cm

400 watt

Membuka ke kiri

15 kg

End Cooking Signal, Child Lock, Microwave Safe Bowl (bonus)

5

Panasonic

Solo MicrowaveNN-ST32NBTTE

Panasonic Solo Microwave 1

Rp2.883.400

Agak Mahal

Siapkan masakan dalam waktu 30 detik berkat fitur Quick 30

Microwave oven with grill

Turntable

25 liter

46,9 cm

28 cm

38 cm

450 watt

Membuka ke kiri

12 kg

Child Lock, 14 Automenus, 5 Level Microwave Power, Quick 30 Function, Add Time Function

6

AQUA Japan

MicrowaveAEM-S20

AQUA Japan Microwave 1

Rp980.000

Agak Murah

Microwave di bawah 1 juta dengan berbagai fitur mumpuni

Microwave konvensional

Turntable

20 liter

44 cm

25,8 cm

36,4 cm

700 watt

Membuka ke kiri

10 kg

End Cooking Signal

7

Kris

Microwave

Kris Microwave 1

Rp1.199.000

Menengah

Handle pintu ergonomis, permudah Anda saat menyiapkan makan

Microwave konvensional

Turntable

20 liter

45,2 cm

34,5 cm

26,2 cm

700 watt

Membuka ke kiri

11,3 kg

Pengatur suhu dan waktu

8

Toshiba

Microwave Low WattMW2-MM24C(BK)-F

Toshiba Microwave Low Watt 1

Rp1.299.000

Menengah

Mudah dibersihkan berkat lapisan antilengket di bagian dalamnya

Microwave konvensional

Turntable

24 liter

48,5 cm

29,3 cm

39,3 cm

450 watt

Membuka ke kiri

12,7 kg

5 power levels, dual knobs (time dan power)

9

Toshiba

Microwave GrillMM-EG24P(BM)

Toshiba Microwave Grill 1

Rp2.499.000

Agak Mahal

Ada fungsi grill untuk membuat makanan lebih garing dan renyah

Microwave oven with grill

Turntable

23 liter

48,5 cm

29,3 cm

39,2 cm

80-800 watt

Membuka ke kiri

13 kg

10 power levels, 6 auto menu, one touch cooking

10

HAFELE

Charmy Microwave Retro Model

HAFELE Charmy Microwave Retro Model 1

Rp4.740.050

Lebih Mahal

Microwave berwarna merah yang unik dan nyentrik

Microwave konvensional

Turntable

20 liter

43,9 cm

25,8 cm

35,8 cm

700 watt

Membuka ke kiri

19 kg

5 mode power level, kitchen timer, cooking end signal

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Sharp23 Liter Straight Microwave Oven R-21D0(S)IN

23 Liter Straight Microwave Oven  1
Sumber: id.sharp
23 Liter Straight Microwave Oven  2
Sumber: shopee.co.id
23 Liter Straight Microwave Oven  3
Sumber: shopee.co.id
23 Liter Straight Microwave Oven  4
Sumber: shopee.co.id
23 Liter Straight Microwave Oven  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.500.000
Menengah
Harga referensi
Rp1.500.000
Menengah

Tampilan tempered glass yang mewah untuk dapur Anda

Salah satu daya tarik dari microwave ini adalah body-nya yang terbuat dari tempered glass. Berkat bahannya, microwave ini terlihat lebih mewah dan futuristik sehingga bisa mempercantik dapur Anda. Tak hanya itu, bahan tempered glass juga membuat microwave ini lebih tahan gores dan mudah dibersihkan. Nah, karena perawatannya mudah dan simpel, microwave Anda pun jadi lebih awet.
Tipe microwaveMicrowave oven
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas23 liter
Dimensi lebar48,5 cm
Dimensi tinggi40 cm
Dimensi kedalaman29,2 cm
Daya450 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot10 kg
Fitur pemanasan otomatis
FiturDefrost by weight dan time, tombol dorong untuk membuka
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SharpStylish Designed Microwave OvenR-220MA

Harga referensi
Rp685.899
Lebih Murah

Ukurannya sangat compact, kapasitasnya pas untuk Anda yang tinggal sendiri

Anda mencari microwave yang compact dengan kapasitas mini? Produk Sharp R-220MA bisa menjadi pilihan yang bagus, terutama bagi Anda yang tinggal sendiri atau berdua. Dengan kapasitas 20 liter, produk ini ideal untuk menghangatkan seporsi sup krim, sepotong sandwich, ataupun segelas kopi setiap pagi.


Meskipun ukurannya kecil, microwave ini sudah dilengkapi lima level daya dan timer maksimum 35 menit. Desainnya juga trendi dan minimalis sehingga dapat mempercantik dapur Anda.

Tipe microwaveMicrowave oven
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas20 liter
Dimensi lebar30,6 cm
Dimensi tinggi30,4 cm
Dimensi kedalaman20,5 cm
Daya450 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot11,52 kg
Fitur pemanasan otomatis
Fitur5 Power Levels, Defrost, Timer
View all
No.3

LGMicrowave Solo dengan iWave TechnologyMS2042DB

Microwave Solo dengan iWave Technology 1
Sumber: lg.com
Microwave Solo dengan iWave Technology 2
Sumber: lg.com
Microwave Solo dengan iWave Technology 3
Sumber: lg.com
Microwave Solo dengan iWave Technology 4
Sumber: lg.com
Microwave Solo dengan iWave Technology 5
Sumber: lg.com
Harga referensi
Rp1.199.000
Menengah

Memasak lebih cepat dan sehat berkat iWave Technology

Anda tidak perlu khawatir makanan tidak panas secara merata jika dihangatkan dengan microwave. Alasannya karena microwave ini dibekali teknologi iWave yang menyebarkan gelombang mikro secara merata di dalam. Dengan begitu, makanan di dalam microwave diklaim lebih sehat dan cepat matang.


Selain itu, bagian dalamnya juga dibekali Anti Bacteria Cavity yang mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau tidak sedap. Hal tersebut tentunya akan mempermudah Anda untuk membersihkan bagian dalamnya.

Tipe microwaveMicrowave konvensional
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas20 liter
Dimensi lebar45,5 cm
Dimensi tinggi25,2 cm
Dimensi kedalaman32 cm
Daya700 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot9,3 kg
Fitur pemanasan otomatis
FiturNext Step Guide, Energy Saving, 44 Auto Cook Menu, 5 Power Levels, Cooking Completion Alarm
View all
No.4

AQUA Japan Microwave AEM-S2612S

Harga referensi
Rp1.035.000
Agak Murah

Serba praktis berkat 11 power level dan fitur memory

Untuk Anda yang menyukai kepraktisan, microwave dari AQUA Japan ini bisa dipilih. Dengan touch screen control panel, Anda bisa bebas menentukan tingkat daya yang diinginkan. Ada sebelas pilihan power level, mulai dari suhu hangat hingga panas sehingga Anda tidak perlu bingung mengatur suhunya. 


Selain itu, Anda juga bisa mengatur fungsi defrost berdasarkan berat makanannya. Ada juga tombol preset dan memory yang bisa mempermudah untuk menghangatkan masakan sesuai dengan kebiasaan.

Tipe microwaveMicrowave konvensional
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas20 liter
Dimensi lebar51,2 cm
Dimensi tinggi40 cm
Dimensi kedalaman34,7 cm
Daya400 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot15 kg
Fitur pemanasan otomatis
FiturEnd Cooking Signal, Child Lock, Microwave Safe Bowl (bonus)
View all
No.5

PanasonicSolo MicrowaveNN-ST32NBTTE

Harga referensi
Rp2.883.400
Agak Mahal

Siapkan masakan dalam waktu 30 detik berkat fitur Quick 30

Microwave dari Panasonic ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin serba cepat. Sebab, ada fitur Quick 30 yang bisa membantu menghangatkan makanan dalam waktu 30 detik sampai 5 menit saja! Jika dirasa masih kurang, Anda bisa menambahkan waktu ekstra sendiri. 


Selain itu, microwave ini juga punya banyak fitur menarik, seperti 10 Auto Menus, Auto Defrost, dan 5 Power Settings. Kapasitasnya pun cukup besar dan pas untuk keluarga, yakni 25 liter.

Tipe microwaveMicrowave oven with grill
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas25 liter
Dimensi lebar46,9 cm
Dimensi tinggi28 cm
Dimensi kedalaman38 cm
Daya450 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot12 kg
Fitur pemanasan otomatis
FiturChild Lock, 14 Automenus, 5 Level Microwave Power, Quick 30 Function, Add Time Function
View all
No.6

AQUA JapanMicrowaveAEM-S20

Harga referensi
Rp980.000
Agak Murah

Microwave di bawah 1 juta dengan berbagai fitur mumpuni

Microwave dari AQUA Japan ini bisa menjadi pilihan jika Anda mencari produk dengan harga terjangkau. Dengan harga di bawah 1 juta, Anda bisa mendapatkan microwave yang sudah dilengkapi berbagai fitur. Salah satu fiturnya adalah Auto Cook Menus, yakni fitur untuk menghangatkan berbagai makanan hanya dengan satu kenop saja. Hal tersebut tentunya akan menghemat waktu dan tenaga.


Selain itu, microwave ini juga sudah dilengkapi enam power levels. Kenopnya berfungsi untuk mengatur tingkat panas, mulai dari yang rendah sampai tinggi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Tipe microwaveMicrowave konvensional
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas20 liter
Dimensi lebar44 cm
Dimensi tinggi25,8 cm
Dimensi kedalaman36,4 cm
Daya700 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot10 kg
Fitur pemanasan otomatis
FiturEnd Cooking Signal
View all
No.7

KrisMicrowave

Harga referensi
Rp1.199.000
Menengah

Handle pintu ergonomis, permudah Anda saat menyiapkan makan

Microwave ini memiliki handle pintu yang desainnya ergonomis sehingga Anda dapat dengan mudah membuka dan menutupnya. Terlebih, saat Anda sedang terburu-buru menyiapkan masakan. Ditambah lagi, pintunya juga sudah dilengkapi safety lock sehingga lebih aman. 


Kapasitas dari microwave ini termasuk kecil sehingga cocok dipakai oleh Anda yang tinggal sendiri. Meskipun tergolong mini, Anda tetap bisa menggunakan microwave ini untuk memanaskan dan memasak aneka makanan sederhana.

Tipe microwaveMicrowave konvensional
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas20 liter
Dimensi lebar45,2 cm
Dimensi tinggi34,5 cm
Dimensi kedalaman26,2 cm
Daya700 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot11,3 kg
Fitur pemanasan otomatis
FiturPengatur suhu dan waktu
View all
No.8

ToshibaMicrowave Low WattMW2-MM24C(BK)-F

Harga referensi
Rp1.299.000
Menengah

Mudah dibersihkan berkat lapisan antilengket di bagian dalamnya

Seperti alat masak lainnya, microwave juga harus dibersihkan, apalagi jika sering digunakan. Jika tidak, tentunya bisa menimbulkan bau tak sedap dan berdampak ke rasa makanan yang dihangatkan atau dimasak. Hal tersebut bisa berdampak ke higienitas makanan, lho. 


Namun, membersihkan bagian dalam microwave adalah hal yang cukup menyulitkan. Nah, untungnya microwave yang satu ini dilapisi lapisan antilengket pada bagian dalamnya. Dengan demikian, Anda tak perlu ribet jika ingin membersihkan bagian dalam microwave ini. 

Tipe microwaveMicrowave konvensional
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas24 liter
Dimensi lebar48,5 cm
Dimensi tinggi29,3 cm
Dimensi kedalaman39,3 cm
Daya450 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot12,7 kg
Fitur pemanasan otomatis
Fitur5 power levels, dual knobs (time dan power)
View all
No.9

ToshibaMicrowave GrillMM-EG24P(BM)

Harga referensi
Rp2.499.000
Agak Mahal

Ada fungsi grill untuk membuat makanan lebih garing dan renyah

Selain untuk menghangatkan makanan, ada beberapa microwave yang bisa dipakai untuk grill atau membakar. Salah satunya adalah microwave dari Toshiba ini. Berkat fungsi grill, Anda bisa membuat makanan menjadi lebih crispy dan enak. 


Tak hanya itu, tentunya microwave ini juga bisa dipakai untuk defrost daging dan menghilangkan es pada permukaannya. Daya listrik yang dihabiskan pun bisa Anda pilih, tergantung dari power level-nya. 

Tipe microwaveMicrowave oven with grill
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas23 liter
Dimensi lebar48,5 cm
Dimensi tinggi29,3 cm
Dimensi kedalaman39,2 cm
Daya80-800 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot13 kg
Fitur pemanasan otomatis
Fitur10 power levels, 6 auto menu, one touch cooking
View all
No.10

HAFELECharmy Microwave Retro Model

Harga referensi
Rp4.740.050
Lebih Mahal

Microwave berwarna merah yang unik dan nyentrik

Anda bosan dengan warna microwave yang itu-itu saja? Produk HAFELE yang satu ini bisa menjadi pilihan bagus untuk Anda. Microwave ini memiliki warna merah, yang berbeda dari produk lain pada umumnya. Tentunya, microwave ini sangat pas untuk Anda yang menginginkan tampilan dapur nyentrik dan stylish

Tipe microwaveMicrowave konvensional
Tipe tatakan/mejaTurntable
Kapasitas20 liter
Dimensi lebar43,9 cm
Dimensi tinggi25,8 cm
Dimensi kedalaman35,8 cm
Daya700 watt
Arah bukaan pintuMembuka ke kiri
Bobot19 kg
Fitur pemanasan otomatis
Fitur5 mode power level, kitchen timer, cooking end signal
View all

5 Rekomendasi Microwave Low Watt terbaik

No. 1: Sharp23 Liter Straight Microwave Oven R-21D0(S)IN

No. 2: SharpStylish Designed Microwave OvenR-220MA

No. 3: LGMicrowave Solo dengan iWave TechnologyMS2042DB

No. 4: AQUA Japan Microwave AEM-S2612S

No. 5: PanasonicSolo MicrowaveNN-ST32NBTTE

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Oven & microwave
  4. 10 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]

Produk populer

Emily and Bear Air Fryer 3L
Paninti Hub | EAF-17201Emily and Bear Air Fryer 3L

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.