• 10 Rekomendasi Bracket TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bracket TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bracket TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bracket TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bracket TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bracket TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Anda baru saja membeli TV dan bingung mau meletakkannya di mana? Artikel kami kali ini sangat pas untuk Anda baca. Kami akan memberi tips memilih serta membagikan rekomendasi bracket TV terbaik untuk Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengatur tata letak TV dengan lebih mudah.


Kami punya rekomendasi merek bracket TV yang bagus, mulai dari Krisbow, Oximus, hingga NORTH BAYOU. Anda bisa memilih di antara jenis bracket TV standing, bracket TV dinding, bracket TV meja, atau bracket TV gantung. Silakan simak artikel ini dan temukan merek bracket TV terbaik untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Oktober 2022
Daftar isi

Apa itu bracket TV?

Apa itu bracket TV?

Sebelum memberikan tips memilih, izinkan kami menjelaskan apa itu bracket TV kepada Anda. Bracket TV adalah alat yang digunakan untuk menyangga monitor atau TV, baik di meja, dinding, maupun di plafon. Intinya, dengan menggunakan bracket, Anda bisa meletakkan TV di mana pun Anda mau.


Tidak hanya itu, ada juga bracket TV yang dilengkapi dengan pengaturan serta fleksibilitas yang tinggi. Anda bisa mengatur posisi dan kemiringan TV sesuai dengan kenyamanan Anda saat menonton. Namun, Anda perlu mempertimbangkan jenis, ukuran, bobot TV, dan sebagainya. Karena itu, jangan lupa menyimak tips memilih bracket TV dari kami.

Cara memilih bracket TV

Sebelum membeli bracket TV, ada baiknya Anda mengetahui cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih jenis bracket berdasarkan cara pemasangannya

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah jenis bracket TV. Berdasarkan cara pemasangannya, ada beberapa jenis bracket TV.

Bracket TV standing, mudah dipindahkan

Bracket TV standing, mudah dipindahkan

Bracket TV standing atau bracket TV berdiri adalah jenis bracket TV yang portabel. Anda bisa dengan mudah memindahkan atau mengatur posisi bracket TV jenis ini. Hal itu karena pemasangannya tidak menempel pada media apa pun. Selain itu, Anda juga lebih mudah mengatur tinggi rendahnya bracket TV.


Bracket TV jenis ini biasanya dipakai untuk monitor dalam acara-acara tertentu, seperti pameran, hajatan, pengajian, dan lainnya. Kekurangan bracket TV jenis standing adalah memakan tempat serta berisiko tersenggol secara tidak sengaja.

Bracket TV gantung, lebih aman dan jauh dari jangkauan

Bracket TV gantung, lebih aman dan jauh dari jangkauan

Apakah Anda hendak memasang TV di tempat umum? Bracket TV gantung adalah jenis bracket TV terbaik yang bisa Anda pilih. Bracket TV gantung disebut juga bracket TV plafon karena pemasangannya yang menggantung di langit-langit. Hal tersebut membuat TV tidak mudah dijangkau dan tetap aman meski berada di tempat umum.


Kelebihan bracket TV jenis ini adalah membuat sudut pandang TV jadi lebih jauh. Anda pun bisa melihat gambar yang ditampilkan dari jarak jauh tanpa adanya halangan. Oleh karena itu, bracket TV ini biasa digunakan di ruang informasi, ruang tunggu, atau tempat umum lainnya. Hanya saja, Anda perlu waktu dan tenaga lebih untuk memasangnya.

Bracket TV dinding, lebih menghemat ruang

Bracket TV dinding, lebih menghemat ruang

Bracket TV dinding saat ini jadi pilihan banyak orang. Tidak hanya di rumah, bracket TV jenis ini juga banyak dipakai di kamar hotel, rumah sakit, dan sebagainya. Selain tampak lebih rapi dan estetis, bracket TV dinding juga lebih menghemat tempat sehingga mampu menjadikan ruangan tampak lebih luas.


Bila Anda memiliki ruangan yang terbatas, bracket TV dinding bisa Anda pilih. Akan tetapi, penggunaan bracket TV dinding bisa memengaruhi keawetan TV itu sendiri. TV berisiko mudah rusak karena pengaruh suhu dan kelembapan dinding.

Bracket TV meja, lebih anggun dan awet

Bracket TV meja, lebih anggun dan awet

Bracket TV meja merupakan salah satu jenis bracket yang paling umum ditemukan. Banyak TV baru yang sepaket dengan bracket TV jenis ini. Meski demikian, Anda juga masih bisa menemukan bracket TV meja dengan berbagai model di pasaran. Bracket TV meja masih jadi pilihan banyak orang karena simpel dan tampak lebih anggun.


Anda bisa mengatur jarak TV dengan dinding agar TV tidak terpengaruh oleh suhu sehingga TV jadi lebih awet. Akan tetapi, risiko TV Anda terjatuh masih cukup tinggi terlebih bila ada anak-anak di tempat tinggal Anda.

Pastikan ukuran VESA sesuai dengan TV

Pastikan ukuran VESA sesuai dengan TV

Sebelum memilih bracket TV, sebaiknya pastikan ukuran VESA yang dimiliki TV Anda. VESA sendiri merupakan singkatan dari Video Electronics Standards Association, badan internasional yang mengatur standar untuk elektronik.


Untuk bracket TV, VESA mengacu pada standar pola lubang yang dimiliki TV dan bracket TV untuk proses pemasangan. VESA sering juga disebut dengan mount pattern. Ukurannya cukup beragam, mulai dari 7,5 cm x 7,5 cm, 10 cm x 10 cm, hingga ukuran di atasnya.

Pertimbangkan fleksibilitas bracket TV

Pertimbangkan fleksibilitas bracket TV

Produk bracket TV didesain dalam berbagai macam model dan fleksibilitas. Ada produk bracket TV yang hanya bisa menghadap lurus ke depan. Namun, tidak sedikit produk yang posisi dan sudut kemiringannya dapat diubah.


Bahkan, ada produk yang memungkinkan Anda untuk memiringkan TV ke atas, bawah, kanan, atau kiri. Beberapa jenis bracket TV juga dapat diatur tinggi dan rendahnya seperti bracket TV standing dan bracket TV gantung. Oleh karena itu, untuk kenyamanan Anda saat menonton, pertimbangkan fleksibilitas bracket TV, ya!

Sesuaikan dengan ukuran TV

Sesuaikan dengan ukuran TV

Saat mencari produk bracket TV, Anda pasti akan menemukan keterangan ukuran TV yang cocok. Hal itu karena tidak semua bracket TV mendukung beragam ukuran TV.


Ukuran TV ditunjukkan dengan satuan inch. Ada produk bracket TV yang hanya bisa digunakan pada TV berukuran 13–15 inch saja. Namun, ada juga yang rentang ukurannya cukup panjang, seperti 24–43 inch atau bahkan 70–120 inch. Oleh karena itu, pastikan bracket TV sesuai ukuran TV yang Anda miliki.

Periksa beban maksimal yang bisa ditopang

Periksa beban maksimal yang bisa ditopang

Anda juga perlu memeriksa beban maksimal yang bisa ditopang oleh bracket TV. Jangan sampai berat TV melebihi kekuatan bracket TV yang Anda beli. Bila hal itu terjadi, mungkin saja bracket TV patah dan TV pun rusak akibat terjatuh.


Memang benar, TV yang sama ukurannya pun tetap bisa memiliki perbedaan bobot satu sama lain. Meski begitu, secara umum bracket dengan kapasitas beban tertentu cocok digunakan untuk TV dengan ukuran di kisaran berikut:


  • Bracket berkapasitas beban ±10 kg untuk TV berukuran <25 inch

  • Bracket berkapasitas beban ±25 kg untuk TV berukuran 26–35 inch

  • Bracket berkapasitas beban >40 kg untuk TV berukuran >36 inch

10 Rekomendasi bracket TV terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bracket TV yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Looktech Bracket Standing 65S menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Bracket TV LED LCD 14 - 37 Inch Waterpas memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Bracket TV LED LCD 14 - 37 Inch Waterpas 1

2
Bracket tv Standing LED LCD 24" s/d 65" PAKAI RODA 1

3
Hisense  Wall Metal Bracket  1

Hisense

4
OXIMUS  Dual Arm Gas Spring LED/LCD TV Monitor Desk Mount 1

OXIMUS

5
NORTH BAYOU  Bracket Monitor 1

NORTH BAYOU

6
Bracket Standing TV Adjustable 180 cm 1

7
Krisbow  Bracket Tv 32-55 Inci 1

Krisbow

8
Jumbo  Bracket TV LED Gantung 1

Jumbo

9
Oximus  LED/LCD/Plasma TV Mount Stand 1

Oximus

10
Kenzo Bracket Ceiling TV 1

Kenzo

Nama produk

Bracket TV LED LCD 14 - 37 Inch Waterpas

Bracket tv Standing LED LCD 24" s/d 65" PAKAI RODA

Wall Metal Bracket

Dual Arm Gas Spring LED/LCD TV Monitor Desk Mount

Bracket Monitor

Bracket Standing TV Adjustable 180 cm

Bracket Tv 32-55 Inci

Bracket TV LED Gantung

LED/LCD/Plasma TV Mount Stand

Bracket Ceiling TV

Keunggulan

Dilengkapi waterpass untuk indikator kemiringan

Mudah digeser dan dipindahkan dengan roda pada kakinya

Makin kuat berkat bahan metal

Satu bracket untuk dua TV? Bisa, dong!

Menawarkan kenyamanan dengan desain yang ergonomis

Bebas atur tinggi tripod hingga 1,8 meter

Adjustable! Mudah diatur sesuai ukuran TV

Kombinasi pas ketahanan plus fleksibilitas

Simpel dan mudah dipasang!

Bracket gantung berkapasitas beban 60 kg

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 530.000,00Rp 299.000,00Rp 453.000,00Rp 319.900,00Rp 299.000,00Rp 99.900,00Rp 173.250,00Rp 84.900,00Rp 450.000,00
JenisBracket TV dindingBracket TV standingBracket TV dindingBracket TV mejaBracket TV mejaBracket standingBracket TV dindingBracket TV gantungBracket TV mejaBracket TV gantung
Ukuran VESA20 cm x 20 cm7,5 cm x 7,5 cm, 25 cm x 30 cm, 10 cm x 10 cm, 40 cm x 40 cmTidak disebutkan7,5 cm x 7,5 cm, 10 cm x 10 cm7,5 cm x 7,5 cm, 10 cm x 10 cm10 cm x 10 cm, 20 cm x 10 cm, 20 cm x 20 cm, 30 cm x 20 cm, 30 cm x 30 cm, 40 cm x 20 cm, 40 cm x 40 cmTidak disebutkan10 cm x 10 cm, 20 cm x 10 cm, 20 cm x 20 cm, 40 cm x 20 cm, 40 cm x 40 cm20 cm x 20 cm, 30 cm x 30 cmMaksimal: 65 cm x 40 cm
FleksibilitasTilt up/tilt down 18°Pengaturan ketinggian: 140–180 cmTidak disebutkanTilt: -45° / +90°, Swivel: 180°, Rotate: 360°Tilt: +85°/ -30°, Swivel: -90°/ +90°, Rotation: 360°Pengaturan ketinggian: 100–180 cmTidak disebutkanFull motion (memiringkan, memanjangkan, atau melipat TV)Tidak disebutkanKemiringan: ±15 derajat
Ukuran TV14-37 inch24–65 inch32–43 inch19–27 inch22–35 inch32–50 inch32–55 inch13–55 inch26–37 inch32–65 inch
Beban maksimalTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan2–9 kg2–12 kg25 kg35 kg30 kg45 kg60 kg
Tautan produk
10
JenisBracket TV gantung
Ukuran VESAMaksimal: 65 cm x 40 cm
FleksibilitasKemiringan: ±15 derajat
Ukuran TV32–65 inch
Beban maksimal60 kg
9

Oximus LED/LCD/Plasma TV Mount Stand

EV-64

Mulai dari Rp 84.900,00

JenisBracket TV meja
Ukuran VESA20 cm x 20 cm, 30 cm x 30 cm
FleksibilitasTidak disebutkan
Ukuran TV26–37 inch
Beban maksimal45 kg
8

Jumbo Bracket TV LED Gantung

JA88-68FM

Mulai dari Rp 173.250,00

JenisBracket TV gantung
Ukuran VESA10 cm x 10 cm, 20 cm x 10 cm, 20 cm x 20 cm, 40 cm x 20 cm, 40 cm x 40 cm
FleksibilitasFull motion (memiringkan, memanjangkan, atau melipat TV)
Ukuran TV13–55 inch
Beban maksimal30 kg
7
JenisBracket TV dinding
Ukuran VESATidak disebutkan
FleksibilitasTidak disebutkan
Ukuran TV32–55 inch
Beban maksimal35 kg
6

Bracket Standing TV Adjustable 180 cm

Mulai dari Rp 299.000,00

JenisBracket standing
Ukuran VESA10 cm x 10 cm, 20 cm x 10 cm, 20 cm x 20 cm, 30 cm x 20 cm, 30 cm x 30 cm, 40 cm x 20 cm, 40 cm x 40 cm
FleksibilitasPengaturan ketinggian: 100–180 cm
Ukuran TV32–50 inch
Beban maksimal25 kg
5

NORTH BAYOU Bracket Monitor

NB H100

Mulai dari Rp 319.900,00

JenisBracket TV meja
Ukuran VESA7,5 cm x 7,5 cm, 10 cm x 10 cm
FleksibilitasTilt: +85°/ -30°, Swivel: -90°/ +90°, Rotation: 360°
Ukuran TV22–35 inch
Beban maksimal2–12 kg
4

OXIMUS Dual Arm Gas Spring LED/LCD TV Monitor Desk Mount

ZD-P1128

Mulai dari Rp 453.000,00

JenisBracket TV meja
Ukuran VESA7,5 cm x 7,5 cm, 10 cm x 10 cm
FleksibilitasTilt: -45° / +90°, Swivel: 180°, Rotate: 360°
Ukuran TV19–27 inch
Beban maksimal2–9 kg
3

Hisense Wall Metal Bracket

LG100301B

Mulai dari Rp 299.000,00

JenisBracket TV dinding
Ukuran VESATidak disebutkan
FleksibilitasTidak disebutkan
Ukuran TV32–43 inch
Beban maksimalTidak disebutkan
2

Bracket tv Standing LED LCD 24" s/d 65" PAKAI RODA

Mulai dari Rp 530.000,00

JenisBracket TV standing
Ukuran VESA7,5 cm x 7,5 cm, 25 cm x 30 cm, 10 cm x 10 cm, 40 cm x 40 cm
FleksibilitasPengaturan ketinggian: 140–180 cm
Ukuran TV24–65 inch
Beban maksimalTidak disebutkan
1

Bracket TV LED LCD 14 - 37 Inch Waterpas

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisBracket TV dinding
Ukuran VESA20 cm x 20 cm
FleksibilitasTilt up/tilt down 18°
Ukuran TV14-37 inch
Beban maksimalTidak disebutkan

Baca juga rekomendasi berbagai produk TV di sini

Bagaimana? Apakah Anda sudah memasukkan salah satu produk bracket TV di atas ke dalam keranjang belanja Anda? Selain produk bracket TV, kami juga punya banyak rekomendasi produk TV, lho. Anda bisa membaca info selengkapnya di tautan berikut ini. 

Kesimpulan

Ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membeli bracket TV, ya! Jangan sampai Anda terlanjur membeli bracket TV yang akhirnya tidak terpakai karena tidak cocok. Dengan tips yang telah kami berikan, semoga Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai.


Tentu menyenangkan bila Anda bisa meletakkan TV pada posisi yang sesuai dengan kebutuhan, bukan? Selain bisa menonton dengan nyaman, keindahan visual yang ditampilkan pun bisa Anda nikmati sepenuhnya. Selamat menonton TV!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.Set-top box kini sudah dijual di toko offline dan online. Kami akan menunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Selain itu, kami juga memiliki rekomendasi berbagai merek set-top box terbaik, seperti EVERCOSS, AKARI, dan POLYTRON. Simaklah dari awal hingga akhir!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belum lama ini pemerintah Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, Sanex, PX, OASE, atau lainnya?Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penguat sinyal TV yang juga dikenal sebagai amplifier atau booster sinyal TV berguna untuk menguatkan gelombang radio yang lemah. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati gambar jernih pada TV digital ataupun analog. Namun, memilih produk yang bagus bukan hanya soal frekuensi siarannya, seperti UHF, VHF, atau digital terestrial. Memperhatikan spesifikasinya juga penting.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih penguat sinyal TV terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan. Ada produk dari merek Toyosaki, Tanaka, dan lainnya. Untuk TV LED, LCD, plasma, atau tabung? Semuanya ada!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Antena TV Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antena TV Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang ini, televisi menjadi perlengkapan elektronik yang wajib tersedia di dalam rumah. Untuk menikmati program televisi, Anda dapat memasang layanan TV kabel, parabola, atau menggunakan antena TV. Di pasaran, terdapat banyak sekali produk antena TV yang bagus, baik antena TV indoor maupun outdoor. Kali ini, kami akan lebih spesifik membahas tips memilih antena TV indoor terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek antena TV digital indoor terbaik, seperti PX, Aoki, Taffware, dan Olike. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak dari Anda yang menggunakan antena parabola untuk menangkap sinyal TV atau menonton acara dari channel luar negeri. Supaya berfungsi, parabola membutuhkan alat untuk mengirimkan sinyal dari dish ke televisi atau yang disebut receiver parabola. Agar bisa menonton acara favorit, Anda membutuhkan receiver yang sesuai dengan antena parabola yang dimiliki.Supaya tak salah pilih, kami akan memandu Anda memilih receiver parabola serta menjelaskan fungsi dan cara kerjanya. Kami juga menyiapkan rekomendasi merek receiver parabola yang bagus, seperti Nex Parabola, Matrix, K-Vision, Venus, dan Tanaka. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merek smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV murah juga bervariasi, mulai 24 inch, 32 inch, hingga 50 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Blu-ray Player Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blu-ray Player Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Konten video di internet sudah banyak yang tersedia dalam kualitas HD (high definition). Meskipun begitu, Anda pasti tetap ingin menikmati film dengan kualitas terbaik menggunakan Blu-ray player, bukan? Ada bermacam Blu-ray player dari berbagai merk, seperti Pioneer, Sony, dan Samsung.Ada yang memilih Blu-ray player karena harganya murah, tetapi ada juga yang memilih karena fiturnya yang bagus. Berdasarkan fitur dan harganya ini, pilihan Blu-ray player pun menjadi sangat beragam. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih Blu-ray player serta memberikan sepuluh rekomendasi Blu-ray player yang bagus untuk Anda.
    TV & perangkat video
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori