• 10 Toner Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Toner Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Toner Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Toner Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Toner Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Toner Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Toner merupakan salah satu rangkaian basic skincare yang penting bagi remaja. Penggunaan toner dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit yang dialami remaja, seperti kulit berminyak, kulit kering, kusam, hingga berjerawat. Saat ini, sudah banyak brand perawatan wajah yang memproduksi toner. Namun, toner seperti apa yang bagus untuk remaja?


Kali ini, kami akan menyajikan informasi mengenai cara memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari beberapa merek, seperti Emina, Wardah, hingga Raiku. Jangan lupa, simak juga informasi tambahan dari dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Mutia Ulfa G.U
  • Pembaharuan terakhir: 03 September 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Dokter Mutia adalah seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha. Dokter yang telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018 ini mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Tidak hanya itu, saat ini dokter Mutia juga sedang mengambil pendidikan magister di jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine. Anda dapat mengenal dokter Mutia lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih toner untuk remaja

Agar dapat menemukan produk yang tepat, terdapat beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih toner untuk remaja. Di bawah ini, kami akan menyajikan uraian mengenai poin-poin tersebut. Simak baik-baik, ya!

Sesuaikan jenis toner dengan kebutuhan kulit Anda

Setiap remaja memiliki kondisi kulit yang berbeda. Karena itu, masalah kulit yang dialami setiap remaja juga beragam. Agar manfaat toner dapat dirasakan secara optimal, tentu dibutuhkan jenis toner yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit.


Secara umum, terdapat tiga jenis toner yang tersedia di pasaran, di antaranya adalah refreshing toner, hydrating toner, dan exfoliating tonerUntuk membantu Anda dalam memilih jenis toner yang tepat, berikut ini telah kami siapkan penjelasan mengenai ketiganya. 

Refreshing toner, mengontrol produksi sebum pada kulit remaja

Refreshing toner, mengontrol produksi sebum pada kulit remaja

Dilansir dari laman Halodoc, saat memasuki usia remaja, terjadi pelonjakan hormon yang memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum secara berlebihan. Hal ini membuat kulit remaja rentan mengalami beragam masalah, seperti kulit berminyak, kusam, beruntusan, hingga berjerawat. Dalam kondisi seperti ini, jenis toner yang dibutuhkan oleh remaja adalah refreshing toner. 


Sesuai dengan sebutannya, toner ini memberikan sensasi yang menyegarkan bagi kulit. Pada umumnya, refreshing toner memiliki kandungan natural herbs yang bersifat menenangkan, mengontrol produksi sebum, mengatasi masalah jerawat, bersifat antibakteri, dan anti-inflamasi. Toner jenis ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Remaja memiliki tantangan tersendiri untuk memilih produk skincare. Lonjakan hormon pada usia remaja yang menyebabkan pembesaran kelenjar minyak membuat kulit remaja lebih berminyak daripada orang dewasa. Produksi minyak atau sebum berlebih dapat mengakibatkan pori-pori membesar, komedo, dan timbulnya jerawat. 


Jika kulit Anda berminyak atau cenderung berjerawat, pilih toner dengan kandungan yang bisa mengontrol minyak seperti salicylic acid. Anda juga dapat memilih kandungan lain seperti Aloe vera yang memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini bisa membantu menenangkan kulit saat kulit mengalami peradangan atau berjerawat.

Hydrating toner, kulit tetap lembap saat beraktivitas di luar

Hydrating toner, kulit tetap lembap saat beraktivitas di luar

Hydrating toner merupakan toner yang bersifat menghidrasi. Sebagaimana yang disebutkan dalam situs Alodokter, toner jenis ini mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai agen pelembap, seperti hyaluronic acid, glycerin, vitamin E, dan bahan aktif lainnya yang memiliki manfaat serupa. 


Bagi remaja yang sering melakukan aktivitas di luar rumah atau di luar ruangan, penggunaan hydrating toner akan membantu menjaga kulit tetap lembap selama beraktivitas.


Selain itu, toner jenis ini juga berfungsi sebagai skin preparation untuk mengoptimalkan penyerapan produk perawatan wajah yang lainnya. Toner ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit kering atau sensitif.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Hydrating toner mengandung bahan pengikat air yang berfungsi menahan air sehingga air tidak cepat menguap. Toner juga mengandung humektan tinggi dan bahan pelembap lainnya sehingga dapat menghidrasi kulit.


Kandungan humektan yang umum terdapat dalam hydrating toner adalah:


  • Hyaluronic acid (sodium hyaluronate)

  • Butylene glycol

  • Propylene glycol (dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitif)

  • Sodium PCA

  • Urea

  • Glycerin

  • Amino acids

  • Ekstrak algae

Exfoliating toner, cocok untuk menghilangkan sel kulit mati

Exfoliating toner, cocok untuk menghilangkan sel kulit mati

Mengutip dari situs Hellosehat, exfoliating toner merupakan toner yang memiliki fungsi eksfoliasi. Toner jenis ini bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah yang diakibatkan oleh tumpukan sel-sel kulit mati, seperti warna kulit yang tidak merata, kusam, pori-pori tersumbat, munculnya komedo dan jerawat, serta regenerasi kulit yang terhambat. 


Berbeda dengan jenis toner lain, sebagian exfoliating toner direkomendasikan untuk digunakan dua sampai tiga kali dalam seminggu. Lalu, semua jenis kulit dapat menggunakan toner ini, tetapi harus disesuaikan dengan bahan aktifnya sebagaimana berikut ini:

  • Apha hydroxy acid  (AHA) direkomendasikan untuk kulit normal
  • Glycolic acid cocok untuk kulit kering dan kulit kombinasi
  • Salicylic acid disarankan untuk kulit berminyak serta kulit kombinasi
  • Lactic acid baik untuk kulit kering atau kulit sensitif. 
dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Kondisi kulit remaja yang dinilai masih prima tidak membatasi penggunaan skincare, termasuk exfoliating toner. Pada dasarnya, proses regenerasi kulit pada remaja masih dalam tahap yang cukup baik. Namun, perhatikan frekuensi pemakaian dan konsentrasi kandungan bahan aktif pada exfoliating toner.


Untuk remaja atau pemula, disarankan memilih produk dengan konsentrasi yang rendah. Hal ini bertujuan untuk pengenalan kandungan terhadap kulit sehingga dapat meminimalkan terjadinya reaksi seperti iritasi. Begitu pula dengan frekuensi pemakaian, exfoliating toner dapat digunakan seminggu sekali saja. Hal ini mengingat proses pengelupasan kulit pada usia remaja yang masih terbilang normal.

Ketahui reaksi produk pada kulit remaja

Ketahui reaksi produk pada kulit remaja

Kulit setiap remaja memiliki reaksi yang berbeda dalam menerima suatu produk. Produk yang terlihat aman digunakan oleh remaja tertentu, mungkin saja menimbulkan reaksi negatif ketika digunakan oleh remaja lain. Karena itu, saat memilih toner untuk remaja, selalu pastikan bahwa toner tersebut tidak menimbulkan reaksi yang buruk, seperti iritasi atau alergi pada kulit remaja. 


Cara mudah untuk mengetahui reaksi kulit pada suatu produk adalah dengan melakukan patch test atau uji tempelSebagaimana yang dimuat dalam CNNIndonesia, dr. Sari Choirunnisa menjelaskan bahwa tes tersebut dapat dilakukan dengan mengoleskan produk di belakang telinga atau punggung tangan selama tiga hari berturut-turut.


Jika timbul rasa panas, perih, atau ruam pada kulit, tandanya produk tidak cocok untuk kulit. Dalam melakukan tes ini, Anda dapat membeli produk dalam ukuran kecil terlebih dahulu, seperti produk dalam kemasan share in jar atau trial kit. 


Bagi remaja yang memiliki kulit sensitif, Anda juga dapat memilih produk yang memiliki label sebagai berikut:

  • Nonalcohol
  • Nonfragrance
  • SLS free
  • Paraben free
dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Toner yang aman untuk remaja adalah toner yang bebas dari paraben, pewangi, dan zat aditif lainnya. Karena itu, perhatikan reaksi negatif dari skincare yang baru pertama kali Anda pakai


Jika timbul reaksi, seperti kemerahan, iritasi, alergi, gatal, bahkan sampai pengelupasan, sebaiknya penggunaannya dihentikan saja. Bisa jadi, kulit Anda terlalu sensitif atau kandungan bahan aktifnya terlalu kuat untuk kulit remaja yang masih sehat.

Pastikan formulanya ringan dan aman bagi remaja

Pastikan formulanya ringan dan aman bagi remaja

Remaja belum membutuhkan produk perawatan kulit dengan formula yang berat. Hal ini karena permasalahan kulit yang dialami remaja belum terlalu kompleks. 


Dalam mencari toner yang bagus untuk remaja, Anda bisa memilih produk dengan bahan aktif alami, seperti ekstrak buah-buahan, ekstrak bunga, maupun ekstak tumbuh-tumbuhan. Untuk remaja dengan tipe kulit berminyak, pertimbangkan formula yang bersifat noncomedogenic atau fungal acne safe.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Sebagai seorang remaja, kulit Anda masih mengalami perubahan hormonal. Karena itu, penting untuk Anda menjaga rutinitas perawatan kulit yang sederhana, tetapi efektif. Gunakan produk dari bahan alami untuk meminimalkan risiko kulit yang rusak akibat penggunaan produk berbahan sintetis dalam jangka panjang.

Pilih produk dengan kadar pH seimbang

Pilih produk dengan kadar pH seimbang

Menurut dr. Rininta di situs Alodokter, kulit memiliki lapisan asam atau acid mantle yang berfungsi untuk melindungi dari virus, bakteri, polusi, dan berbagai hal yang dapat merusak kulit. Lapisan ini dapat berfungsi dengan baik ketika kulit memiliki kadar pH seimbang yang berkisar antara 4,5 sampai 5,5. 


Namun, pada kenyataannya, beberapa produk skincare memiliki kadar pH yang tidak sesuai dengan kadar pH alami kulit. Hal ini tentu dapat mengganggu fungsi lapisan acid mantle sehingga kulit akan lebih rentan mengalami masalah. Oleh karena itu, saat memilih toner untuk remaja, selalu pastikan bahwa produk yang Anda pilih memiliki kadar pH seimbang.

10 Rekomendasi toner terbaik untuk remaja

Setelah membaca uraian di atas, Anda tentu sudah mengetahui poin-poin penting yang dapat dipertimbangkan dalam memilih toner untuk remaja. Selanjutnya, kami akan mengulas beberapa rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Baca dengan saksama dan temukan produk yang tepat untuk Anda!


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami.

10

Pond'sWhite Beauty Lightening Toner

Mulai dari Rp 24.200,00

Jenis TonerRefreshing toner
Bahan aktifPearl nutrients, AHA, dan vitamin B3
RekomendasiKulit berminyak dan kulit kusam
KlaimMencerahkan, mengecilkan pori, mengangkat minyak berlebih
9
Jenis TonerExfoliating toner
Bahan aktifGlycolic acid, niacinamide, glycerine, dan allantoin
RekomendasiKulit normal dan kulit kering
KlaimMencerahkan, menyegarkan, dan mengembalikan pH kulit
8
Jenis TonerRefreshing toner
Bahan aktifLemon Extract
RekomendasiKulit berminyak dan berjerawat
KlaimMenyegarkan, menjaga pH kulit, mengontrol minyak, dan mencegah timbulnya jerawat
7
Jenis TonerRefreshing toner
Bahan aktifTea tree oil, hydra solution SA, silver active, pro vitamin B3
RekomendasiKulit berminyak dan berjerawat
KlaimMembantu wajah bebas dari jerawat
6
Jenis TonerHydrating toner
Bahan aktifSeaweed extract, allantoin, vitamin E
RekomendasiKulit normal
KlaimMenyeimbangkan pH kulit, melembapkan, dan mengecilkan pori
5
Jenis TonerRefreshing toner
Bahan aktifHamamelis virginiana leaf extract, allantoin, glycyrrhiza glabra root extract, grape seed extract, glutathione
RekomendasiKulit normal, kulit berjerawat, dan kulit berminyak
KlaimMenyegarkan, mengurangi produksi minyak berlebih, mencerahkan, dan menyamarkan noda bekas jerawat
4
Jenis TonerExfoliating toner
Bahan aktifSalicylic acid, allantoin, dan panthenol
RekomendasiKulit normal, kulit berminyak, berkomedo, dan berjerawat
KlaimMembersihkan komedo dan minyak berlebih, menyegarkan kulit
3
Jenis TonerMild exfoliating toner
Bahan aktifLactic acid, citrus lemon fruit extract, gardenia florida fruit extract, royal jelly extract
RekomendasiSemua jenis kulit
KlaimMelembapkan kulit, menyeimbangkan pH kulit, dan mencerahkan kulit
2

Harlette BeautyWaterymelon Deep Hydration Toner

Mulai dari Rp 210.000,00

Jenis TonerHydrating toner
Bahan aktifWatermelon extract, niacinamide, Centella asiatica, sodium hyaluronate
RekomendasiSemua jenis kulit
KlaimMenghidrasi kulit, menenangkan kulit, memperbaiki skin barrier, dan fungal acne safe
1
Jenis TonerRefreshing toner
Bahan aktifKakadu plum extract, hydroxyacetophenone, AHA, dan BHA
RekomendasiSemua jenis kulit
KlaimMenetralkan radikal bebas, meratakan warna kulit, menjaga kekencangan dan elastisitas kulit

Tabel perbandingan produk toner terbaik untuk remaja

Gambar produk
1
Raiku Beauty Antioxidant Toner 1

Raiku Beauty

2
Harlette Beauty Waterymelon Deep Hydration Toner 1

Harlette Beauty

3
Joylab Citrus Comb Facial Toner 1

Joylab

4
Clean & Clear Clean & Clear Oil Control Toner 1

Clean & Clear

5
Mineral Botanica First Defense Toner 1

Mineral Botanica

6
Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Toner 1

Wardah

7
Fanbo Fanbo Acne Solution Toner 1

Fanbo

8
Viva Cosmetics Face Tonic Lemon 1

Viva Cosmetics

9
Emina Bright Stuff Face Toner 1

Emina

10
Pond's White Beauty Lightening Toner 1

Pond's

Nama produk

Antioxidant Toner

Waterymelon Deep Hydration Toner

Citrus Comb Facial Toner

Clean & Clear Oil Control Toner

First Defense Toner

Nature Daily Seaweed Balancing Toner

Fanbo Acne Solution Toner

Face Tonic Lemon

Bright Stuff Face Toner

White Beauty Lightening Toner

Keunggulan

Formulanya ringan, cocok untuk kulit remaja

Manjakan kulit dengan manfaat alami dari buah semangka

Semakin percaya diri dengan warna kulit yang lebih merata

Hempaskan komedo dengan salicylic acid!

Siap beraktivitas dengan kulit yang cerah dan segar!

Bantu jaga kesehatan kulit dengan formula pH balance

Solusi untuk masalah jerawat pada remaja

Toner legendaris dengan harga terjangkau!

Dilengkapi dengan niacinamide! Kandungan yang populer di kalangan remaja

Bisa digunakan untuk membersihkan make up juga, loh!

Harga mulai dariRp 128.000,00Rp 210.000,00Rp 170.000,00Rp 16.300,00Rp 28.900,00Rp 25.500,00Rp 27.200,00Rp 6.590,00Rp 27.500,00Rp 24.200,00
Jenis TonerRefreshing tonerHydrating tonerMild exfoliating tonerExfoliating tonerRefreshing tonerHydrating tonerRefreshing tonerRefreshing tonerExfoliating tonerRefreshing toner
Bahan aktifKakadu plum extract, hydroxyacetophenone, AHA, dan BHAWatermelon extract, niacinamide, Centella asiatica, sodium hyaluronateLactic acid, citrus lemon fruit extract, gardenia florida fruit extract, royal jelly extractSalicylic acid, allantoin, dan panthenolHamamelis virginiana leaf extract, allantoin, glycyrrhiza glabra root extract, grape seed extract, glutathioneSeaweed extract, allantoin, vitamin ETea tree oil, hydra solution SA, silver active, pro vitamin B3Lemon ExtractGlycolic acid, niacinamide, glycerine, dan allantoinPearl nutrients, AHA, dan vitamin B3
RekomendasiSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit normal, kulit berminyak, berkomedo, dan berjerawatKulit normal, kulit berjerawat, dan kulit berminyakKulit normalKulit berminyak dan berjerawatKulit berminyak dan berjerawatKulit normal dan kulit keringKulit berminyak dan kulit kusam
KlaimMenetralkan radikal bebas, meratakan warna kulit, menjaga kekencangan dan elastisitas kulitMenghidrasi kulit, menenangkan kulit, memperbaiki skin barrier, dan fungal acne safeMelembapkan kulit, menyeimbangkan pH kulit, dan mencerahkan kulitMembersihkan komedo dan minyak berlebih, menyegarkan kulitMenyegarkan, mengurangi produksi minyak berlebih, mencerahkan, dan menyamarkan noda bekas jerawatMenyeimbangkan pH kulit, melembapkan, dan mengecilkan poriMembantu wajah bebas dari jerawatMenyegarkan, menjaga pH kulit, mengontrol minyak, dan mencegah timbulnya jerawatMencerahkan, menyegarkan, dan mengembalikan pH kulitMencerahkan, mengecilkan pori, mengangkat minyak berlebih
Tautan produk

Baca juga rekomendasi toner lainnya di sini

Toner menjadi salah satu produk perawatan wajah yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya bagi remaja, toner juga sangat penting bagi Anda yang berusia dewasa. Nah, kami telah menyediakan rekomendasi toner lainnya yang dapat disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan kulit Anda. Silahkan cek ulasannya melalui tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Memilih toner untuk remaja memang tidak bisa sembarangan. Jika produk yang digunakan tidak tepat, toner dapat memperburuk kondisi kulit remaja. 


Agar tidak salah pilih, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan dalam memilih toner terbaik untuk remaja. Semoga Anda segera menemukan produk yang cocok, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Skincare Korea Terbaik untuk Wanita Usia 40-an - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Memasuki usia 40 tahun menandakan sudah saatnya Anda berfokus menggunakan produk skincare dengan manfaat utama anti-aging. Berkaitan dengan itu, kini skincare anti-aging Korea mulai menjadi tren yang sangat diminati. Sebut saja produk keluaran LANEIGE, Innisfree, COSRX, Somebymi, dan lainnya. Kali ini kami akan memberikan tips memilih skincare Korea terbaik untuk wanita usia 40-an. Tidak sampai situ, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Tidak lupa, komentar dari dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, juga akan menambah informasi pada artikel ini.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori