1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Rekomendasi HP Snapdragon 888 Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi HP Snapdragon 888 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi HP Snapdragon 888 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi HP Snapdragon 888 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi HP Snapdragon 888 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi HP Snapdragon 888 Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi HP Snapdragon 888 Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Snapdragon 888 hadir memenuhi kebutuhan HP berprosesor tinggi. Chipset ini merupakan penerus Snapdragon 845. Tidak heran bila HP Snapdragon 888 punya performa yang tinggi. Produknya didesain untuk beragam kebutuhan, seperti gaming, fotografi, dan kemudahan komunikasi. Bahkan, prosesornya punya koneksi 5G.

 
Kali ini kami akan mengupas tips memilih HP Snapdragon 888 terbaik serta berbagi rekomendasi produknya. Beberapa produk dari merek HP yang bagus menggunakan chipset Snapdragon 888, seperti Xiaomi, OPPO, dan Samsung. Harga dan kelebihannya tentu berbeda-beda. Agar Anda tak salah pilih, simak ulasannya di bawah ini dengan saksama!

Diperbaharui 11-04-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gigih Prayitno

Gigih Prayitno merupakan lulusan Program Studi Jepang, Universitas Diponegoro. Sejak kuliah, outdoor enthusiast ini suka naik gunung, city walking, dan solo traveling. Setelah lulus, ia bekerja sebagai travel reporter di salah satu kantor berita online di Indonesia selama dua tahun. Tidak hanya menyukai dunia traveling, Gigih juga seorang tech savvy. Ia senang sekali mencari update tentang peralatan elektronik, khususnya handphone, komputer, serta aksesorinya. Kini ia banyak menulis dengan niche teknologi, perlengkapan outdoor, dan perlengkapan sport di website mybest Indonesia.

Profil Gigih Prayitno
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keunggulan chipset Snapdragon 888

Keunggulan chipset Snapdragon 888
Sumber: rog.asus.com

Jika Snapdragon 845 berfokus pada kebutuhan gaming, Snapdragon 888 dikembangkan untuk kebutuhan yang lebih besar. Chipset ini mumpuni untuk kebutuhan entertainment, gaming, dan fotografi. Tak heran jika HP Snapdragon 888 mampu menjalankan aplikasi dengan loading data yang sangat besar. Berikut kelebihan lain dari produknya.


  • Chipset ini dibekali CPU Kryo 680 dengan kinerja yang cepat hingga 3,0 GHz. Membuka aplikasi yang berat jadi lebih mudah dan lebih hemat daya dengan HP Snapdragon 888. Produknya ideal untuk bermain game dan membuat konten.

  • HP Snapdragon 888 menggunakan GPU Qualcomm Adreno yang membuat gaming jadi terasa lebih kaya. GPU-nya mampu melakukan rendering grafik lebih cepat sebanyak 35%. Sentuhan layarnya pun lebih responsif sebanyak 20%. Kemampuan ini akan memanjakan mata Anda saat bermain game.

Cara memilih HP Snapdragon 888

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Snapdragon 888, tak heran bila Anda makin tertarik untuk memilikinya. Nah, agar Anda menemukan handphone yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan, simaklah terlebih dahulu tips memilih berikut.

① Perhatikan kapasitas RAM dan ROM produk

Pertama-tama, periksalah kapasitas RAM dan ROM dari HP Snapdragon 888. Dua poin ini punya pengaruh penting terhadap performa dan kenyamanan penggunaan dari HP yang Anda pilih. Mari simak pembahasannya!

RAM, memengaruhi performa HP saat membuat aplikasi

RAM, memengaruhi performa HP saat membuat aplikasi

Random Access Memory (RAM) merupakan memori yang menyimpan data-data program yang dibutuhkan aplikasi saat berjalan. Sistem dan aplikasi dapat berjalan lancar serta merespons perintah pengguna dengan cepat berkat bantuan RAM. Makin besar kapasitas RAM, makin bagus juga performanya.


Sebenarnya, HP Snapdragon 888 memiliki RAM minimal 8 GB. Kapasitas tersebut tergolong besar. HP dengan RAM 8 GB mampu menjalankan aplikasi yang berat dengan mudah. Namun, pilihlah produk dengan RAM di atas 8 GB jika Anda melakukan multitasking dengan beban data yang besar.

ROM, untuk menyimpan banyak file foto dan video di HP

ROM, untuk menyimpan banyak file foto dan video di HP

Read Only Memory (ROM) adalah memori yang digunakan untuk menyimpan dan membaca data yang bersifat permanen. Mengingat HP Snapdragon 888 tidak mempunyai slot memori eksternal, sesuaikanlah kapasitas ROM dengan kebutuhan Anda.


Jika Anda tidak menyimpan banyak foto dan video, ROM 128 GB sudah cukup. Sebaliknya, HP dengan ROM 256 perlu dipilih untuk kebutuhan merekam banyak foto dan video.

② Cek kemampuan kameranya dengan teliti

HP dengan chipset Snapdragon biasanya memiliki kualitas kamera layaknya kamera profesional. Meskipun demikian, tetaplah periksa kemampuan dan fitur kamera yang ditawarkannya. Kami akan menjelaskan hal-hal yang penting terkait kamera di poin ini.

Resolusi dan tipe kamera foto, menentukan kualitas hingga kreativitas

Resolusi dan tipe kamera foto, menentukan kualitas hingga kreativitas

Karena masuk dalam kelas flagship, HP Snapdragon 888 menawarkan kualitas kamera yang tidak main-main. Pertama, periksalah resolusi serta jenis kamera yang dimiliki produknya. Makin besar angka megapiksel pada kamera, makin tajam dan rapat pula piksel dari gambar yang dihasilkan


Periksa juga tipe kamera yang dimiliki. HP Snapdragon biasanya memiliki lebih dari satu kamera. Ada jenis kamera lain yang disediakan selain wide dan ultrawide, seperti telephoto, macro, dan B/W. Tiap-tiap tipe kamera ini menghasilkan tipe gambar yang berbeda-beda.

Resolusi dan frame rate kamera video, berpengaruh pada tingkat ketajaman hingga kehalusan

Resolusi dan frame rate kamera video, berpengaruh pada tingkat ketajaman hingga kehalusan

Untuk melihat performa kamera video pada HP, periksalah resolusi dan frame rate-nya. Resolusi video memengaruhi kualitas tampilan. Makin besar resolusinya, makin tajam dan bersih juga gambarnya. HP Snapdragon 888 saat ini mampu merekam di resolusi 720p hingga 8K. Nilai resolusi tersebut sudah sangat mumpuni untuk merekam menggunakan HP.


Di sisi lain, frame rate memengaruhi kehalusan video. Frame rate mengindikasikan berapa banyak gambar/frame per satu detiknya. Makin besar nilainya, gambar video yang direkam makin halus. Kami merekomendasikan HP Snapdragon 888 yang mampu merekam di resolusi minimal 1.080p dan 60 fps. Nilai resolusi dan frame rate ini dinilai sudah dapat menghasilkan video yang stabil dan jelas.

③ Pertimbangkan HP yang punya fitur khusus gaming

Pertimbangkan HP yang punya fitur khusus gaming

Jika Anda mencari HP Snapdragon 888 untuk gaming, pilihlah produk dengan fitur yang mendukung. Beberapa HP Snapdragon 888 didesain untuk kebutuhan gaming, seperti ROG Phone 5s, RedMagic 6, dan Black Shark 4 Pro. Tentu saja HP tersebut punya fitur-fitur khusus untuk gaming.


Ada beberapa contoh fitur gaming pada HP, seperti gaming mode, cooling system, hingga triggerGaming mode berguna agar Anda dapat fokus gaming tanpa ada notifikasi yang mengganggu. Sementara itu, cooling system berfungsi mendinginkan mesin HP yang panas. Terakhir, trigger memungkinkan Anda bermain seperti menggunakan gamepad.

④ Cek kapasitas baterai untuk penggunaan yang lebih lama

Cek kapasitas baterai untuk penggunaan yang lebih lama

Pilihlah produk dengan kapasitas baterai minimal 3.000 mAh. Kapasitas tersebut memungkinkan HP menyala antara 8–11 jam. Perlu diingat bahwa konsumsi daya baterai dipengaruhi jenis aplikasi yang dibuka. Makin besar loading data aplikasinya, makin besar juga konsumsi dayanya. Jika Anda sering menggunakan aplikasi berat, pilihlah HP dengan kapasitas baterai yang besar.

⑤ Lihat IP rating yang menunjukkan tingkat ketahanan HP

Lihat IP rating yang menunjukkan tingkat ketahanan HP

Nilai IP (ingress protection) menunjukkan daya tahan HP. Standar penulisannya berupa huruf IP yang diikuti dua digit angka. Digit pertama menunjukkan proteksi terhadap benda padat dan digit kedua menunjukkan proteksi terhadap air.


Makin tinggi IP ratingnya, makin baik proteksi handphone tersebut. Meskipun demikian, ada juga HP dengan rating IPX yang hanya memberikan proteksi dari benda cair. Saat ini rating IP tertinggi dari smartphone adalah IP68 yang berarti tahan air dan tahan banting.

10 Rekomendasi HP Snapdragon 888 terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk HP Snapdragon 888 terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Xiaomi

11T Pro

Xiaomi  11T Pro 1枚目

Charging supercepat, hanya butuh 17 menit!

2

HUAWEI

P50 Pro

HUAWEI  P50 Pro 1枚目

Sistem kameranya modern, lebih baik untuk menangkap gambar

3

ASUS

ROG Phone 5s

ASUS ROG Phone 5s 1枚目

Kapasitas baterai besar untuk penggunaan yang lama

4

Samsung

Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G 1枚目

Penggunaan HP jadi makin menarik dengan sistem flip

5

Samsung

Galaxy Z Fold3

Samsung Galaxy Z Fold3  1枚目

Menonton jadi makin seru dengan layarnya yang lebar

6

Xiaomi

Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra 1枚目

Fitur kameranya memudahkan membuat konten video sinematik

7

ASUS

Zenfone 8

ASUS Zenfone 8 1枚目

Ukurannya compact, tetap nyaman untuk tangan kecil

8

OPPO

Find X3 Pro 5G

OPPO  Find X3 Pro 5G 1枚目

Jadikan tampilan smartphone sesuai dengan karakteristik Anda!

9

Black Shark

4 Pro

Black Shark  4 Pro 1枚目

Sensasi gaming seperti menggunakan gamepad

10

ZTE Nubia

RedMagic 6

ZTE Nubia RedMagic 6 1枚目

Sistem pendinginnya juara untuk mencegah mesin panas

Perincian produk
Close
No.1

Charging supercepat, hanya butuh 17 menit!

Kelebihan:

  • Harganya affordable untuk kelas HP Snapdragon 888

  • Speaker HP menggunakan teknologi Harman Kardon yang berkualitas


Kekurangan:

  • Ada isu overheating jika Anda memainkan game yang berat


Untuk Anda yang punya mobilitas tinggi dan banyak berada di lapangan, inilah HP Snapdragon 888 terbaik yang bisa dipilih. Xiaomi 11T Pro punya fitur HyperCharge yang mampu mengisi daya hingga penuh dalam waktu 17 menit saja. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama hingga baterainya penuh.


Kualitas kamera HP ini juga tidak main-main dengan resolusi kamera utama 108 MP. Ada juga lensa ultrawide dan telemacro untuk Anda yang ingin mengeksplorasi angle foto yang bervariasi. Kelebihan lain produk ini adalah harganya yang cukup terjangkau untuk HP Snapdragon 888.

No.2

Sistem kameranya modern, lebih baik untuk menangkap gambar

Kelebihan:

    • Pengisian daya cepat, baik kabel maupun wireless
    • Material premium dengan bobot ringan yang nyaman di tangan


    Kekurangan:

    • HP tidak memiliki layanan Google, kurang cocok untuk Anda yang belum terbiasa


    Huawei P50 Pro hadir sebagai salah satu HP Snapdragon 888 terbaik untuk memenuhi kebutuhan penggemar fotografi. Jenis lensa HP ini lengkap, mulai dari lensa wide, periscope telephoto, ultrawide, hingga B/W. Resolusi kamera yang tinggi dengan sensor yang andal membuatnya mampu menangkap gambar dengan warna yang detail.


    Fitur-fiturnya juga memudahkan Anda memotret lebih cepat dan merekam lebih stabil. Ada fitur True-Focus Fast Capture yang membantu Anda menangkap objek bergerak dengan mudah. Sementara itu, fitur AIS Pro True-Steady Shot memudahkan Anda merekam pemandangan dari jendela mobil dengan hasil minim guncangan.

    No.3

    Kapasitas baterai besar untuk penggunaan yang lama

    Kelebihan:

    • Ada AeroActive Cooler 5 dalam paket penjualannya
    • Mendukung teknologi Hi-Res Audio untuk speaker yang berkualitas

    Kekurangan:

    • Manajemen panas kurang bagus sehingga harus didukung dengan cooler tambahan

    ROG Phone memang merupakan seri khusus dari ASUS untuk memenuhi kebutuhan mobile gaming. Namun, HP Snapdragon 888 ini juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang tidak ingin bolak-balik melakukan charging. Dengan kapasitas 6.000 mAh, daya tahan baterainya jadi lebih lama. Ada juga sistem fast-charging untuk mempersingkat pengisian dayanya.


    Anda pun tidak perlu meragukan fitur gaming yang dimiliki ASUS ROG Phone 5s. Aktivitas gaming Anda akan dimanjakan dengan beragam fitur menarik, mulai dari GameFX, AirTrigger 5, hingga Aura RGB. Ada juga teknologi Hi-Res Audio yang membuat permainan Anda jadi lebih seru.

    No.4

    SamsungGalaxy Z Flip3 5G

    Mulai dari Rp11.999.000,00

    Penggunaan HP jadi makin menarik dengan sistem flip

    Kelebihan:

    • Desainnya menarik dengan performa tinggi

    • Ada layar mini untuk menunjukkan notifikasi

    • Ukuran kecil yang ringkas saat dilipat, nyaman ditaruh di saku


    Kekurangan:

    • Kapasitas baterai cukup kecil untuk kelas HP flagship


    Samsung Galaxy Z Flip3 5G hadir dengan desain yang antimainstream. Seperti namanya, smartphone ini diberi sistem flip yang memungkinkan layarnya untuk dilipat. Jadi, Anda dapat menyimpannya di saku celana yang kecil. Layar produk juga bisa dilipat 90 derajat, lho. Dengan desainnya yang sangat mewah, HP Snapdragon 888 ini cocok digunakan untuk hang out bersama teman-teman sosialita Anda.

    No.5

    SamsungGalaxy Z Fold3

    Mulai dari Rp21.999.000,00

    Menonton jadi makin seru dengan layarnya yang lebar

    Kelebihan:

    • Layar HP lebih besar untuk beragam kebutuhan
    • Ada S Pen dalam paket pembeliannya

    Kekurangan:

    • Ada review yang menyebutkan bahwa performa HP menurun saat RAM mencapai 6 GB

    • Kualitas kameranya standar untuk kelas flagship


    Bagi Anda yang butuh rekomendasi HP Snapdragon 888 untuk kebutuhan menonton video, Galaxy Z Fold3 menjadi pilihan yang tepat. Dengan sistem foldable, layarnya bisa jadi lebih besar saat dibuka. Alhasil menonton film, video di internet, hingga rekaman pribadi jadi lebih memuaskan. Anda pun akan mendapatkan S-Pen dalam paket pembeliannya. HP ini tentu cocok juga untuk Anda yang senang menggambar.

    No.6

    Fitur kameranya memudahkan membuat konten video sinematik

    Kelebihan:

    • Kualitas kameranya videonya mumpuni

    • Daya terisi cepat dengan fitur super-fast charging


    Kekurangan:

    • Ada isu overheating saat menjalankan aplikasi yang berat

    • Untuk fitur yang ditawarkan, harganya cukup tinggi


    Apakah Anda seorang content creator? Kalau begitu, Xiaomi Mi 11 Ultra bisa menjadi pilihan yang pas. Produk ini memiliki fitur-fitur perekaman yang menarik. Salah satunya adalah mampu merekam dengan resolusi 8K yang jernih dan detail.


    Fitur lainnya dari HP Snapdragon 888 ini adalah End-to-end HDR10+, dual camera recording, zoom audio, dan ultra night video. Berkat fitur-fitur kameranya tersebut, Anda bisa membuat konten di mana pun dan dalam situasi apa pun.

    No.7

    Ukurannya compact, tetap nyaman untuk tangan kecil

    Kelebihan:

    • Desain compact dengan build quality yang premium 

    • Kualitas speaker sangat baik dengan teknologi Hi-Res Audio


    Kekurangan:

    • Resolusi kamera depan standar, kurang bagus untuk selfie


    Pada umumnya, HP snapdragon 888 memiliki ukuran yang besar sehingga kurang nyaman untuk orang yang bertangan kecil. Kami merekomendasikan produk ini jika Anda punya masalah tersebut, tetapi menginginkan HP kelas atas.


    ASUS Zenfone 8 merupakan HP dengan spesifikasi kelas atas yang desainnya compact. Meski Anda memiliki tangan yang kecil, menggenggam HP ini dalam waktu lama tetap akan nyaman.

    No.8

    OPPO Find X3 Pro 5G

    Mulai dari Rp15.999.000,00

    Jadikan tampilan smartphone sesuai dengan karakteristik Anda!

    Kelebihan:
    • Borderless design dengan tampilan mewah

    • Kualitas hasil tangkapan kameranya sangat bagus


    Kekurangan:

    • Ada review yang menyebutkan bahwa battery life dari HP cukup pendek


    Anda senang mengutak-atik tampilan HP sesuai dengan preferensi? Jika iya, OPPO Find X3 Pro sepertinya cocok untuk Anda. Tidak hanya memiliki widget, wallpaper, dan transisi menu, smartphone ini memungkinkan Anda melakukan penyesuaian tata letak menu tingkat lanjut. Anda juga dapat mengubah ikon aplikasi sesuai dengan keinginan. Desain HP Snapdragon 888 ini pun mewah dan terlihat sangat premium.

    No.9

    Sensasi gaming seperti menggunakan gamepad

    Kelebihan:

    • Harganya cukup terjangkau untuk kelas Snapdragon 888

    • Fitur gaming yang disediakan sangat kaya


    Kekurangan:

    • Daya charging 120 watt dinilai membuat HP overheat

    • Desain HP cukup bulky, pengguna bertangan kecil mungkin kurang nyaman


    Black Shark 4 Pro hadir dengan fitur gaming yang antimainstream, yakni Magnetic Pop-up Triggers. Fitur ini memunculkan tombol tambahan di dua sisi HP seperti tombol L1 dan R1 di gamepad.


    Masih ada fitur gaming lainnya selain tombol tersebut, seperti Smart Signal Switching dan Sandwich Liquid Cooling System. Berkat fitur-fiturnya, produk ini menjadi salah satu HP Snapdragon 888 terbaik untuk gamer.

    No.10

    ZTE NubiaRedMagic 6

    Mulai dari Rp9.999.000,00

    Sistem pendinginnya juara untuk mencegah mesin panas

    Kelebihan:

    • Bodi solid agar nyaman digenggam berlama-lama

    • Ada fitur adaptive refresh rate untuk disesuaikan dengan kebutuhan


    Kekurangan:

    • Suara kipas internal HP cukup berisik, jika dimatikan mesin HP cepat panas


    HP yang panas bisa menyebabkan aplikasi menjadi lag hingga kurang nyaman diakses. Untuk Anda yang ingin menghindari kemungkinan tersebut, inilah HP Snapdragon 888 yang tepat. Produk ini diberi fitur ICE 6.0 Multi-dimensional Cooling System yang menggabungkan tujuh metode perpindahan panas dan pendinginan yang berbeda. Dengan begitu, risiko mesin panas dapat diminimalkan.


    HP ini juga memiliki fitur adaptive refresh rate dengan nilai 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, dan 165 Hz. Anda dapat menyesuaikan kecepatan refresh layar sesuai dengan kebutuhan. Selain jaringan 5G, ZTE Nubia RedMagic 6 dilengkapi koneksi Wi-Fi 6E. Bodinya pun nyaman digenggam untuk sesi pemakaian yang lama.

    Baca juga rekomendasi aksesori handphone di sini

    Kami juga telah mengulas beberapa rekomendasi aksesori smartphone, lho. Beberapa di antaranya adalah wireless earbuds, power bank, dan game controller. Jika Anda juga sedang mencari perlengkapan tersebut, silakan kunjungi tautan-tautan di bawah ini.

    Kesimpulan

    Setelah membaca ulasan cara memilih serta rekomendasi HP Snapdragon 888, apakah Anda sudah menemukan produk yang dibutuhkan? Handphone dengan chipset ini dikenal dengan performanya yang tangguh. Tak heran jika harganya cukup tinggi.


    Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih produk, mulai dari kapasitas RAM/ROM, baterai, hingga tingkat ketahanannya. Cek juga fitur-fitur pendukung yang disediakan. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan memilih HP Snapdragon 888 terbaik. Selamat berbelanja!

    Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
    Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

    Artikel terkait

    Artikel populer

    Favlist populer