• 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ada banyak cara untuk belajar bahasa Korea. Jika Anda menginginkan metode belajar yang praktis, mudah, dan gratis, aplikasi belajar bahasa Korea adalah solusinya. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel Android dan iOS. Beberapa aplikasi bahasa Korea bahkan memungkinkan Anda untuk mengaksesnya secara offline atau tanpa koneksi internet.


Pada kesempatan ini, kami akan menyajikan tips memilih aplikasi belajar bahasa Korea terbaik untuk Anda. Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus, seperti Eggbun, Drops, LingoDeer, dan Duolingo juga telah kami siapkan. Bagi Anda yang membutuhkan, jangan sampai melewatkan ulasan lengkapnya, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keuntungan mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online

Keuntungan mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online

Ada beragam alasan yang memicu seseorang untuk mempelajari bahasa Korea, misalnya untuk keperluan bisnis, pendidikan, atau sebagai hobi. Dari beberapa metode yang tersedia, mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online adalah salah satu yang paling populer.


Kebanyakan orang memilih aplikasi belajar bahasa Korea karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Hal ini tentunya menjadi nilai plus, terutama untuk Anda yang sibuk dan tak memiliki banyak waktu luang. Anda pun bisa bebas mengatur jadwal, target belajar, serta materi apa saja yang ingin dipelajari.


Selain itu, belajar menggunakan aplikasi online relatif lebih terjangkau dibandingkan mengikuti program les atau kursus bahasa. Ilustrasi atau desainnya yang menarik juga akan membuat Anda makin mudah mengingat materi yang sedang dipelajari.

Cara memilih aplikasi belajar bahasa Korea

Di bawah ini kami menuliskan empat hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi belajar bahasa Korea. Materi yang diajarkan, metode pembelajaran, fitur penunjang, dan ketersediaan akses premium adalah poin utamanya. Mari simak ulasan lengkapnya untuk mendapatkan aplikasi yang tepat!

Pilih berdasarkan materi yang ingin dipelajari

Hangeul, kosakata, tata bahasa (grammar), dan contoh percakapan adalah materi yang bisa Anda pelajari melalui aplikasi belajar bahasa Korea. Beberapa aplikasi ada yang dikhususkan memuat materi tertentu saja, tetapi ada pula yang memuat seluruhnya. Oleh karena itu, perhatikan materi yang tersedia dalam aplikasi tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Hangeul, mempelajari cara menulis dan pelafalannya

Hangeul, mempelajari cara menulis dan pelafalannya

Serupa dengan Jepang dan Cina, negara Korea memiliki abjad tersendiri untuk menuliskan bahasa mereka. Abjad yang diciptakan oleh Raja Sejong pada tahun 1443 tersebut dikenal dengan sebutan Hangeul. Secara keseluruhan, Hangeul terdiri dari 40 karakter dengan huruf dasar sebanyak 24 karakter.


Huruf dasar tersebut terbagi menjadi 10 huruf vokal dan 14 konsonan. Sisanya adalah huruf rangkap yang terdiri dari 11 vokal dan 16 konsonan. Untuk para pemula, pilihlah aplikasi bahasa Korea yang membahas tentang cara penulisan dan pelafalan Hangeul. Dengan dasar tersebut, Anda akan lebih mudah mempelajari materi bahasa Korea pada level-level selanjutnya. 

Kosakata, biasanya disusun berdasarkan tema

Kosakata, biasanya disusun berdasarkan tema

Apabila Anda sudah mengetahui cara menulis dan melafalkan Hangeul, kini saat mempelajari kosakata dalam bahasa Korea. Pada aplikasi belajar bahasa Korea, kosakata tersebut biasanya disusun berdasarkan tema untuk memudahkan Anda saat menghafalnya.


Sebagai contoh, tema "orang" akan memuat tentang nama kewarganegaraan, anggota tubuh, dan anggota keluarga. Contoh tema lain yang sering ditemukan adalah pekerjaan, makanan, pariwisata, pendidikan, dan warna. 

Tata bahasa, mempelajari penyusunan kalimat dalam bahasa Korea

Tata bahasa, mempelajari penyusunan kalimat dalam bahasa Korea

Susunan kalimat dalam bahasa Korea sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia. Pada bahasa Indonesia, sebuah kalimat minimal terdiri dari unsur subjek, predikat, dan objek secara berurutan (SPO). Sementara itu, posisi predikat dalam bahasa Korea berada di urutan terakhir atau bertukar tempat dengan objek (SOP).


Kemudian, masing-masing unsur tersebut biasanya diikuti partikel penanda di bagian akhirnya. Partikel penanda ini juga menjadi salah satu tolok ukur apakah kalimat tersebut bersifat formal atau informal.


Aplikasi belajar bahasa Korea umumnya berisikan materi tentang tata bahasa formal. Meski begitu, ada juga aplikasi yang mengajarkan keduanya. Tata bahasa formal digunakan untuk berbicara kepada orang yang usianya lebih tua atau orang yang tidak terlalu akrab. Sementara itu, bahasa informal digunakan kepada orang yang usianya setara atau lebih muda dari Anda.

Percakapan, contoh penerapan kosakata dan tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari

Percakapan, contoh penerapan kosakata dan tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari

Setelah mengetahui cara menyusun kalimat sesuai grammar yang benar, saatnya Anda mempraktikkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, pilihlah aplikasi belajar bahasa Korea yang dilengkapi materi percakapan. Serupa dengan materi kosakata, contoh percakapan juga biasanya dikelompokkan berdasarkan tema atau tempat.


Sebagai contoh, terdapat aplikasi yang memuat percakapan ketika Anda hendak berkenalan dengan orang baru, membayar belanjaan, atau menanyakan waktu. Contoh-contoh percakapan ini akan sangat berguna ketika Anda berlibur ke Korea atau ingin mengobrol bersama orang Korea.

Kuis, untuk menguji pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari

Kuis, untuk menguji pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari

Aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus biasanya dilengkapi kuis pada bagian akhir dari materi yang diajarkan. Kuis ini bisa berupa mencocokkan kosakata dan terjemahannya, melengkapi kalimat, hingga tes pelafalan.


Kuis-kuis tersebut berfungsi sebagai tolak ukur untuk menguji sejauh mana pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari. Melalui kuis ini, Anda juga bisa mengetahui kekurangan dan materi apa saja yang belum Anda kuasai.

Ketahui metode pembelajarannya

Ketahui metode pembelajarannya

Ada empat metode untuk belajar bahasa Korea, yaitu dengan cara menulis (writing), membaca (reading), mendengarkan (listening), dan berbicara (speaking). Metode belajar yang tepat untuk tiap orang pasti berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi belajar bahasa Korea dengan metode pembelajaran yang paling efektif untuk Anda.


  • Writing
Aplikasi yang menerapkan metode writing biasanya akan meminta Anda untuk mengetik menggunakan Hangeul dengan ejaan yang benar. Metodenya bisa berupa melengkapi kalimat, menerjemahkan kosakata, menyusun huruf, hingga menyusun kalimat atau membuat cerita dalam bahasa Korea.

  • Reading
Semua aplikasi untuk belajar bahasa Korea pasti akan mengajarkan Anda cara membaca Hangeul. Meski begitu, terdapat aplikasi yang dilengkapi pelafalan Hangeul untuk memudahkan para pemula, tetapi ada juga yang tanpa pelafalannya. Terdapat pula aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengatur ketersediaan tampilan pelafalan tersebut.

  • Listening
Pada metode belajar listening, Anda akan diminta untuk mendengarkan penutur asli (native speaker) berbicara dalam bahasa Korea. Selanjutnya, Anda perlu memilih atau menuliskan jawaban yang sesuai dengan topik yang dibicarakan atau ditanyakan. Metode ini ditujukan untuk melatih kemampuan Anda dalam menyimak hal yang sedang disampaikan oleh orang lain.

  • Speaking
Bagian ini berguna untuk melatih Anda berbicara bahasa Korea sesuai logat (dialek) penutur asli. Biasanya, Anda akan diminta untuk merekam suara Anda saat mengucapkan kalimat dalam bahasa Korea. Pada aplikasi tertentu, Anda juga dapat meminta orang lain untuk mengoreksi pelafalan Anda secara langsung.

Cek fitur penunjang lainnya

Cek fitur penunjang lainnya

Aplikasi untuk belajar bahasa Korea makin efektif apabila dilengkapi fitur yang bisa menunjang proses belajar. Setiap aplikasi menawarkan fitur penunjang yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh fitur penunjang yang tersedia pada aplikasi belajar bahasa Korea.


  • Kumpulan kosakata: Fitur penunjang ini berisi daftar kosakata penting yang telah Anda pelajari. Fitur kumpulan kosakata biasanya dilabeli dengan nama "Library", "Collection", atau "Vocabulary".
  • Grafis kemajuan belajar: Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat sejauh mana kemajuan skill bahasa Korea yang telah Anda pelajari tiap harinya. Anda juga dapat menentukan target belajar Anda menggunakan fitur ini.
  • Bahasa lain: Beberapa aplikasi bahasa populer tak hanya memuat materi tentang bahasa Korea, melainkan juga bahasa negara lainnya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari beberapa bahasa sekaligus, pilihlah aplikasi yang dilengkapi fitur bahasa lain ini.
  • Pengaturan bahasa aplikasi: Kebanyakan aplikasi belajar bahasa Korea dibuat oleh perusahaan atau lembaga luar negeri. Karenanya, bahasa default pada aplikasi tersebut biasanya menggunakan bahasa Inggris. Bagi Anda yang kurang menguasai bahasa Inggris, pilihlah aplikasi bahasa Korea dengan opsi bahasa Indonesia untuk tampilannya. 

Pertimbangkan membeli akses premium untuk kemudahan penggunaan

Pertimbangkan membeli akses premium untuk kemudahan penggunaan

Sebagian besar aplikasi belajar bahasa Korea dapat Anda unduh secara gratis. Meski begitu, Anda mungkin akan mengalami keterbatasan akses terhadap sebagian materi atau fitur yang ditawarkan. Agar makin nyaman saat belajar, Anda dapat membeli akses premium (premium access) pada aplikasi yang dipakai. 


Kabar baiknya, beberapa aplikasi menawarkan trial akses premium gratis agar Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membeli akses premium, yaitu materi pembelajaran dan fitur penunjang yang lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa belajar lebih lancar tanpa gangguan iklan dan dapat mengakses aplikasi secara offline.

10 Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi belajar bahasa Korea terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.

10

King Sejong Institute FoundationSejong Korean Grammar - Basic

MateriContoh percakapan
Metode pembelajaranReading dan listening
Akses premium×
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play3,9 dari 5
Rating di App Store×
Fitur penunjangQnA
9
MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, dan percakapan
Metode pembelajaranWriting, listening, reading, dan speaking
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
Fitur penunjangCommunity dan Weekly Goals
8

LingoDeerLingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More

MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, contoh percakapan, dan kuis
Metode pembelajaranReading dan listening
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia×
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Fitur penunjangReview (5-Min Quiz, Vocabulary, Grammar, dan Knowledge Cards) dan bahasa lain
7
MateriHangeul, kosakata, dan tata bahasa
Metode pembelajaranReading, writing, listening, dan speaking
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,7 dari 5
Fitur penunjangStatistics, Friends, Achievements, Leaderboards, Shop, dan bahasa lain
6
MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, percakapan, dan kuis
Metode pembelajaranWriting, listening, reading, dan speaking
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,5 dari 5
Rating di App Store5,0 dari 5
Fitur penunjangVocabulary dan Library
5
MateriHangeul
Metode pembelajaranWriting dan listening
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia×
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Fitur penunjangReview dan Progress
4

PORO HANGUGEOKorean Vocabulary - 6000 Essential Words

MateriKosakata
Metode pembelajaranReading dan listening
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Fitur penunjangTidak ada
3

Language DropsLearn Korean language & Hangul alphabet with Drops

MateriHangeul dan kosakata
Metode pembelajaranReading, listening, dan writing
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App store4,8 dari 5
Fitur penunjangCollection dan Achievements
2
MateriContoh kalimat percakapan dalam kehidupan sehari-hari dan kuis
Metode pembelajaranReading dan listening
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia×
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store5,0 dari 5
Fitur penunjangReview dan Favorites
1

Awesome Koreanpodo - made by a Korean language teacher

MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, contoh kalimat/percakapan, dan kuis
Metode pembelajaranReading, writing, dan listening
Akses premiumMenggunakan sistem poin
Bahasa Indonesia×
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store×
Fitur penunjangWriting Your Story, Collection

Tabel perbandingan aplikasi belajar bahasa Korea terbaik

Gambar produk
1
Awesome Korean podo - made by a Korean language teacher 1

Awesome Korean

2
Simya Solutions Simply Learn Korean 1

Simya Solutions

3
Language Drops Learn Korean language & Hangul alphabet with Drops 1

Language Drops

4
PORO HANGUGEO Korean Vocabulary - 6000 Essential Words 1

PORO HANGUGEO

5
Jernung Write It! Korean 1

Jernung

6
Lingory Lingory - Learn Korean 1

Lingory

7
duolingo Duolingo - Learn Languages Free 1

duolingo

8
LingoDeer LingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More 1

LingoDeer

9
Eggbun Education Eggbun: Learn Korean Fun 1

Eggbun Education

10
King Sejong Institute Foundation Sejong Korean Grammar - Basic 1

King Sejong Institute Foundation

Nama produk

podo - made by a Korean language teacher

Simply Learn Korean

Learn Korean language & Hangul alphabet with Drops

Korean Vocabulary - 6000 Essential Words

Write It! Korean

Lingory - Learn Korean

Duolingo - Learn Languages Free

LingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More

Eggbun: Learn Korean Fun

Sejong Korean Grammar - Basic

Keunggulan

Latih kemampuan Anda dengan menulis cerita dan mendapatkan feedback langsung dari ahlinya

Memuat lebih dari 1.000 kalimat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari

Hemat waktu, hanya butuh 5 menit per hari untuk kuasai bahasa Korea

Cepat menghafal kosakata dengan bantuan flashcard

Kuasai cara menulis Hangeul berdasarkan urutan yang tepat

Pelajari masing-masing topik dengan intens selama 5 hari

Mengadopsi gaya permainan online yang akan membuat Anda makin semangat belajar

Pelajari bahasa Korea sesuai kemampuan, mulai dari level pemula sampai fluent

Belajar bahasa Korea makin asyik dengan mengobrol bersama Lanny

Tampilannya menggemaskan, membuat Anda makin semangat belajar

MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, contoh kalimat/percakapan, dan kuisContoh kalimat percakapan dalam kehidupan sehari-hari dan kuisHangeul dan kosakata KosakataHangeulHangeul, kosakata, tata bahasa, percakapan, dan kuisHangeul, kosakata, dan tata bahasaHangeul, kosakata, tata bahasa, contoh percakapan, dan kuisHangeul, kosakata, tata bahasa, dan percakapanContoh percakapan
Metode pembelajaranReading, writing, dan listeningReading dan listeningReading, listening, dan writingReading dan listeningWriting dan listeningWriting, listening, reading, dan speakingReading, writing, listening, dan speakingReading dan listeningWriting, listening, reading, dan speakingReading dan listening
Akses premiumMenggunakan sistem poin✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎×
Bahasa Indonesia××✔︎✔︎×✔︎✔︎×✔︎✔︎
Rating di Google Play4,8 dari 54,6 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,5 dari 54,7 dari 54,6 dari 54,7 dari 53,9 dari 5
Rating di App Store×5,0 dari 54,8 dari 54,8 dari 54,8 dari 55,0 dari 54,7 dari 54,8 dari 54,6 dari 5×
Fitur penunjangWriting Your Story, CollectionReview dan FavoritesCollection dan AchievementsTidak adaReview dan ProgressVocabulary dan LibraryStatistics, Friends, Achievements, Leaderboards, Shop, dan bahasa lainReview (5-Min Quiz, Vocabulary, Grammar, dan Knowledge Cards) dan bahasa lainCommunity dan Weekly GoalsQnA
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kamus bahasa lainnya di sini

Di samping bahasa Korea, bahasa dari negara lain, seperti Inggris, Cina, dan Jepang, juga layak untuk dipelajari. Apabila Anda sedang mencari media untuk mempelajari bahasa tersebut, tautan artikel di bawah ini bisa dijadikan referensi.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah menjelaskan tips memilih aplikasi untuk belajar bahasa Korea beserta keuntungan menggunakannya. Dengan mempelajari bahasanya, peluang Anda untuk bekerja atau menempuh pendidikan di Korea pun makin besar. 


Agar lebih leluasa saat belajar, kami merekomendasikan Anda untuk membeli akses premium pada aplikasi yang dipilih. Untuk menambah wawasan, Anda juga bisa belajar bahasa Korea melalui buku cetak, e-book, film atau drama, hingga lagu. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Game Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu game yang memberikan kepuasan tersendiri adalah game desain rumah. Detail grafisnya pun menarik untuk dinikmati. Anda bisa menemukan banyak game desain rumah yang bagus dan bisa Anda download di Android ataupun iOS. Sebut saja game House Flipper, My Home, dan Kawaii Home Design.Sebelumnya, ketahuilah beberapa tips memilih aplikasi game desain rumah terbaik yang bisa Anda mainkan. Anda bisa memilih game desain rumah offline ataupun online, serta yang gratis tanpa koin. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis untuk menemukan game desain rumah terbaik versi Anda!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Cari Jodoh (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Cari Jodoh (Terbaru Tahun 2022)
    Mencari pasangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, berkat aplikasi cari jodoh, berselancar menemukan tambatan hati kini bisa dalam genggaman. App cari jodoh makin digemari berkat kemudahan dan kepraktisannya. Tak sedikit pula orang yang memang menemukan pasangan hidupnya melalui aplikasi cari jodoh.Ada banyak aplikasi cari jodoh di App Store dan Play Store, seperti Tinder, OkCupid, dan Bumble. Pada artikel ini, kami akan membahas tips memilih aplikasi yang bagus untuk mencari jodoh. Sepuluh rekomendasi aplikasi terbaik untuk cari jodoh juga akan kami ulas untuk Anda. Selamat membaca dan berselancar!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dahulu, orang-orang lebih suka mendengarkan siaran radio untuk menemani macet di jalan. Sekarang, trennya bergeser sedikit ke podcast. Salah satu keunikan podcast adalah siapa saja bisa menjadi penyiar atau podcaster, mulai dari orang biasa hingga profesional. Imbasnya, konten podcast jadi sangat bervariasi, misalnya seputar obrolan ringan, cinta, kesehatan mental, bisnis, hingga kisah horor.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih podcast Indonesia dengan konten yang bagus. Kami juga akan memilihkan sepuluh rekomendasi podcast Indonesia terbaik, seperti Makna Talks, Rapot, atau Podkesmas. Sedang mencari podcast untuk didengarkan di Spotify? Simak artikelnya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Tembak-tembakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Tembak-tembakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tak asing lagi dengan shooter game seperti game jadul yang menembak burung-burung. Kini sudah banyak game tembak-tembakan seru yang bisa Anda download di Android dan iOS. Anda pun bisa memainkan game tembak-tembakan secara online dan offline.Free Fire, Call of Duty, dan PUBG adalah beberapa game tembak-tembakan terbaik dan terpopuler yang bisa Anda download di smartphone. Anda bisa memilih game tembak-tembakan berdasarkan point of view, seperti first person shooter ataupun third person shooter. Yuk, langsung saja simak ulasan seru kali ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Survival Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Survival Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game survival adalah game yang mengharuskan Anda untuk bertahan hidup dalam permainan. Game yang satu ini tergolong genre game action dan adventure (pertualangan). Genre game yang sangat memacu adrenalin ini dapat Anda download di PC, Android, ataupun iOS. Kali ini kami akan membahas game survival untuk smartphone.State of Survival, LifeAfter, dan Last Day on Earth adalah beberapa contoh game survival multiplayer terbaik. Game survival bertema zombie juga paling banyak disukai. Anda juga bisa menemukan game survival offline yang bagus. Yuk, langsung saja simak ulasan kami kali ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Diet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet adalah pola makan atau aturan makan khusus untuk menjaga kesehatan. Jadi, diet tak hanya sekadar menurunkan berat badan, ya. Agar bisa melacak apa yang Anda makan dan aktivitas sehari-hari dengan baik, gunakanlah aplikasi diet. Ada banyak aplikasi diet yang dapat Anda download di Android ataupun iOS.Aplikasi diet tak hanya sekadar untuk menghitung kalori, tetapi juga membantu Anda menjalani gaya hidup yang lebih sehat. FatSecret, Lifesum, 8fit, dan MyFitnessPal adalah beberapa aplikasi diet yang bagus. Anda juga bisa memilih aplikasi diet untuk puasa dan lainnya. Simak artikelnya sampai habis!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Maps Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Maps Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada era serba teknologi seperti sekarang tersesat bukan lagi perkara mengkhawatirkan. Masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah karena adanya aplikasi maps atau peta yang terpasang di gawai. Selain itu, aplikasi maps bisa digunakan untuk menentukan rute tempat dari berbagai belahan dunia yang belum pernah dikunjungi.Pada artikel ini kami akan membahas cara memilih aplikasi maps yang bisa Anda jadikan panduan. Kami juga akan membahas aplikasi maps yang bagus untuk Anda pilih, seperti Google Maps, Waze, dan Naver Map, Navigation. Untuk itu, jangan sampai terlewat untuk membaca artikel ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Wallpaper Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Wallpaper Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bosan melihat wallpaper yang begitu-begitu saja? Yuk, buat tampilan gadget lebih menarik dengan beragam gambar yang tersedia dalam aplikasi wallpaper. Anda memang bisa mencarinya sendiri melalui mesin pencarian. Namun, saat dipasang, gambar sering kali terlihat pecah karena beresolusi rendah.Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menginstal aplikasi wallpaper. Namun, ada begitu banyak pilihan yang tersedia sehingga Anda mungkin sedikit bingung. Jangan khawatir! Kami punya beberapa rekomendasi aplikasi wallpaper yang bagus, seperti ZEDGE, Wallcraft, dan Kappboom. Namun, sebelum itu, mari simak hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih aplikasi wallpaper.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beraktivitas sembari mendengarkan podcast telah menjadi pemandangan yang umum dewasa ini. Topik konten podcast yang beragam membuat banyak orang beralih dari mendengarkan radio ke podcast. Tak hanya mendengarkan, banyak juga orang yang berminat membuat program podcast mereka sendiri. Apakah Anda salah satunya?Untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat mendengarkan ataupun membuat podcast, Anda membutuhkan aplikasi yang dapat diandalkan. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi podcast terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi aplikasi podcast yang bagus seperti Spotify dan Anchor. Yuk, baca artikelnya sampai habis.
    Aplikasi
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot menghabiskan pulsa untuk menelepon hotel untuk mengecek harga dan ketersediaan kamar.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami rekomendasikan untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Traveloka, Agoda, Booking.com, dan lainnya. Namun, sebelum memesan kamar hotel, simak dahulu tips cara memilih aplikasi booking hotel terbaik di bawah ini.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sepatutnya dikuasai pada era globalisasi ini. Untuk membantu Anda menguasi bahasa Inggris, tempat kursus bahasa Inggris bisa diandalkan. Di tempat kursus, Anda akan difasilitasi tenaga profesional yang membantu Anda memahami materi. Namun, apakah setiap tempat kursus bahasa Inggris sama? Manakah tempat kursus bahasa Inggris yang bagus untuk menjembatani tujuan belajar Anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan membahas cara memilih tempat les bahasa Inggris terbaik dan sepuluh rekomendasinya. British Council, EF, dan English Today juga masuk dalam review kami!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makin maraknya pembayaran nontunai, makin marak pula perbankan yang menerapkan branchless banking. Hadirnya bank-bank digital membuat kantor cabang kurang dibutuhkan lagi. Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur jadwal atau antre lama di bank. Semua kegiatan perbankan bisa Anda lakukan secara online di HP Anda.Akan tetapi, banyaknya bank digital di Indonesia mungkin membuat Anda bingung memilih mana yang tepat. Kami akan membagikan cara memilih bank digital yang bagus. Bank digital terbaik seperti Jago dan Jenius ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Simulator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Simulator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain genre RPG, game simulator juga memiliki banyak penggemar. Ada berbagai game simulator bagus yang bisa Anda download untuk Android ataupun iOS. Bus Simulator Indonesia, Truck Simulator : Ultimate, Simcity BuildIt, The Sims FreePlay, dan Disney Magic Kingdom adalah sederet game simulator yang seru untuk dimainkan.Game simulator bus dan truck serta simulator kehidupan memang banyak dimainkan. Pada artikel kali ini kami merekomendasikan berbagai permainan simulasi terbaik lainnya. Anda bisa memainkannya secara offline ataupun online. Kenali keunikan tiap-tiap game simulator dan pastikan smartphone Anda mendukung, ya. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan secara berkala merupakan sesuatu yang penting. Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan. Tenang! Anda tidak perlu pusing melakukan kegiatan tersebut secara manual karena sekarang sudah ada aplikasi pengatur keuangan.Tersedia banyak aplikasi pengatur keuangan dengan beragam tujuan mulai dari melacak pengeluaran hingga perencanaan pensiun. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang bagus, seperti Mint atau PocketGuard. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips dalam menentukan aplikasi pengatur keuangan terbaik. Pastikan jangan salah pilih, ya!
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori