1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ada banyak cara untuk belajar bahasa Korea. Jika Anda menginginkan metode belajar yang praktis, mudah, dan gratis, aplikasi belajar bahasa Korea adalah solusinya. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel Android dan iOS. Beberapa aplikasi bahasa Korea bahkan memungkinkan Anda untuk mengaksesnya secara offline atau tanpa koneksi internet.


Pada kesempatan ini, kami akan menyajikan tips memilih aplikasi belajar bahasa Korea terbaik untuk Anda. Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus, seperti Eggbun, Drops, LingoDeer, dan Duolingo juga telah kami siapkan. Bagi Anda yang membutuhkan, jangan sampai melewatkan ulasan lengkapnya, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keuntungan mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online

Keuntungan mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online

Ada beragam alasan yang memicu seseorang untuk mempelajari bahasa Korea, misalnya untuk keperluan bisnis, pendidikan, atau sebagai hobi. Dari beberapa metode yang tersedia, mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online adalah salah satu yang paling populer.


Kebanyakan orang memilih aplikasi belajar bahasa Korea karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Hal ini tentunya menjadi nilai plus, terutama untuk Anda yang sibuk dan tak memiliki banyak waktu luang. Anda pun bisa bebas mengatur jadwal, target belajar, serta materi apa saja yang ingin dipelajari.


Selain itu, belajar menggunakan aplikasi online relatif lebih terjangkau dibandingkan mengikuti program les atau kursus bahasa. Ilustrasi atau desainnya yang menarik juga akan membuat Anda makin mudah mengingat materi yang sedang dipelajari.

Cara memilih aplikasi belajar bahasa Korea

Di bawah ini kami menuliskan empat hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi belajar bahasa Korea. Materi yang diajarkan, metode pembelajaran, fitur penunjang, dan ketersediaan akses premium adalah poin utamanya. Mari simak ulasan lengkapnya untuk mendapatkan aplikasi yang tepat!

① Pilih berdasarkan materi yang ingin dipelajari

Hangeul, kosakata, tata bahasa (grammar), dan contoh percakapan adalah materi yang bisa Anda pelajari melalui aplikasi belajar bahasa Korea. Beberapa aplikasi ada yang dikhususkan memuat materi tertentu saja, tetapi ada pula yang memuat seluruhnya. Oleh karena itu, perhatikan materi yang tersedia dalam aplikasi tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Hangeul, mempelajari cara menulis dan pelafalannya

Hangeul, mempelajari cara menulis dan pelafalannya

Serupa dengan Jepang dan Cina, negara Korea memiliki abjad tersendiri untuk menuliskan bahasa mereka. Abjad yang diciptakan oleh Raja Sejong pada tahun 1443 tersebut dikenal dengan sebutan Hangeul. Secara keseluruhan, Hangeul terdiri dari 40 karakter dengan huruf dasar sebanyak 24 karakter.


Huruf dasar tersebut terbagi menjadi 10 huruf vokal dan 14 konsonan. Sisanya adalah huruf rangkap yang terdiri dari 11 vokal dan 16 konsonan. Untuk para pemula, pilihlah aplikasi bahasa Korea yang membahas tentang cara penulisan dan pelafalan Hangeul. Dengan dasar tersebut, Anda akan lebih mudah mempelajari materi bahasa Korea pada level-level selanjutnya. 

Kosakata, biasanya disusun berdasarkan tema

Kosakata, biasanya disusun berdasarkan tema

Apabila Anda sudah mengetahui cara menulis dan melafalkan Hangeul, kini saat mempelajari kosakata dalam bahasa Korea. Pada aplikasi belajar bahasa Korea, kosakata tersebut biasanya disusun berdasarkan tema untuk memudahkan Anda saat menghafalnya.


Sebagai contoh, tema "orang" akan memuat tentang nama kewarganegaraan, anggota tubuh, dan anggota keluarga. Contoh tema lain yang sering ditemukan adalah pekerjaan, makanan, pariwisata, pendidikan, dan warna. 

Tata bahasa, mempelajari penyusunan kalimat dalam bahasa Korea

Tata bahasa, mempelajari penyusunan kalimat dalam bahasa Korea

Susunan kalimat dalam bahasa Korea sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia. Pada bahasa Indonesia, sebuah kalimat minimal terdiri dari unsur subjek, predikat, dan objek secara berurutan (SPO). Sementara itu, posisi predikat dalam bahasa Korea berada di urutan terakhir atau bertukar tempat dengan objek (SOP).


Kemudian, masing-masing unsur tersebut biasanya diikuti partikel penanda di bagian akhirnya. Partikel penanda ini juga menjadi salah satu tolok ukur apakah kalimat tersebut bersifat formal atau informal.


Aplikasi belajar bahasa Korea umumnya berisikan materi tentang tata bahasa formal. Meski begitu, ada juga aplikasi yang mengajarkan keduanya. Tata bahasa formal digunakan untuk berbicara kepada orang yang usianya lebih tua atau orang yang tidak terlalu akrab. Sementara itu, bahasa informal digunakan kepada orang yang usianya setara atau lebih muda dari Anda.

Percakapan, contoh penerapan kosakata dan tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari

Percakapan, contoh penerapan kosakata dan tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari

Setelah mengetahui cara menyusun kalimat sesuai grammar yang benar, saatnya Anda mempraktikkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, pilihlah aplikasi belajar bahasa Korea yang dilengkapi materi percakapan. Serupa dengan materi kosakata, contoh percakapan juga biasanya dikelompokkan berdasarkan tema atau tempat.


Sebagai contoh, terdapat aplikasi yang memuat percakapan ketika Anda hendak berkenalan dengan orang baru, membayar belanjaan, atau menanyakan waktu. Contoh-contoh percakapan ini akan sangat berguna ketika Anda berlibur ke Korea atau ingin mengobrol bersama orang Korea.

Kuis, untuk menguji pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari

Kuis, untuk menguji pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari

Aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus biasanya dilengkapi kuis pada bagian akhir dari materi yang diajarkan. Kuis ini bisa berupa mencocokkan kosakata dan terjemahannya, melengkapi kalimat, hingga tes pelafalan.


Kuis-kuis tersebut berfungsi sebagai tolak ukur untuk menguji sejauh mana pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari. Melalui kuis ini, Anda juga bisa mengetahui kekurangan dan materi apa saja yang belum Anda kuasai.

② Ketahui metode pembelajarannya

Ketahui metode pembelajarannya

Ada empat metode untuk belajar bahasa Korea, yaitu dengan cara menulis (writing), membaca (reading), mendengarkan (listening), dan berbicara (speaking). Metode belajar yang tepat untuk tiap orang pasti berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi belajar bahasa Korea dengan metode pembelajaran yang paling efektif untuk Anda.


  • Writing
Aplikasi yang menerapkan metode writing biasanya akan meminta Anda untuk mengetik menggunakan Hangeul dengan ejaan yang benar. Metodenya bisa berupa melengkapi kalimat, menerjemahkan kosakata, menyusun huruf, hingga menyusun kalimat atau membuat cerita dalam bahasa Korea.

  • Reading
Semua aplikasi untuk belajar bahasa Korea pasti akan mengajarkan Anda cara membaca Hangeul. Meski begitu, terdapat aplikasi yang dilengkapi pelafalan Hangeul untuk memudahkan para pemula, tetapi ada juga yang tanpa pelafalannya. Terdapat pula aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengatur ketersediaan tampilan pelafalan tersebut.

  • Listening
Pada metode belajar listening, Anda akan diminta untuk mendengarkan penutur asli (native speaker) berbicara dalam bahasa Korea. Selanjutnya, Anda perlu memilih atau menuliskan jawaban yang sesuai dengan topik yang dibicarakan atau ditanyakan. Metode ini ditujukan untuk melatih kemampuan Anda dalam menyimak hal yang sedang disampaikan oleh orang lain.

  • Speaking
Bagian ini berguna untuk melatih Anda berbicara bahasa Korea sesuai logat (dialek) penutur asli. Biasanya, Anda akan diminta untuk merekam suara Anda saat mengucapkan kalimat dalam bahasa Korea. Pada aplikasi tertentu, Anda juga dapat meminta orang lain untuk mengoreksi pelafalan Anda secara langsung.

③ Cek fitur penunjang lainnya

Cek fitur penunjang lainnya

Aplikasi untuk belajar bahasa Korea makin efektif apabila dilengkapi fitur yang bisa menunjang proses belajar. Setiap aplikasi menawarkan fitur penunjang yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh fitur penunjang yang tersedia pada aplikasi belajar bahasa Korea.


  • Kumpulan kosakata: Fitur penunjang ini berisi daftar kosakata penting yang telah Anda pelajari. Fitur kumpulan kosakata biasanya dilabeli dengan nama "Library", "Collection", atau "Vocabulary".
  • Grafis kemajuan belajar: Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat sejauh mana kemajuan skill bahasa Korea yang telah Anda pelajari tiap harinya. Anda juga dapat menentukan target belajar Anda menggunakan fitur ini.
  • Bahasa lain: Beberapa aplikasi bahasa populer tak hanya memuat materi tentang bahasa Korea, melainkan juga bahasa negara lainnya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari beberapa bahasa sekaligus, pilihlah aplikasi yang dilengkapi fitur bahasa lain ini.
  • Pengaturan bahasa aplikasi: Kebanyakan aplikasi belajar bahasa Korea dibuat oleh perusahaan atau lembaga luar negeri. Karenanya, bahasa default pada aplikasi tersebut biasanya menggunakan bahasa Inggris. Bagi Anda yang kurang menguasai bahasa Inggris, pilihlah aplikasi bahasa Korea dengan opsi bahasa Indonesia untuk tampilannya. 

④ Pertimbangkan membeli akses premium untuk kemudahan penggunaan

Pertimbangkan membeli akses premium untuk kemudahan penggunaan

Sebagian besar aplikasi belajar bahasa Korea dapat Anda unduh secara gratis. Meski begitu, Anda mungkin akan mengalami keterbatasan akses terhadap sebagian materi atau fitur yang ditawarkan. Agar makin nyaman saat belajar, Anda dapat membeli akses premium (premium access) pada aplikasi yang dipakai. 


Kabar baiknya, beberapa aplikasi menawarkan trial akses premium gratis agar Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membeli akses premium, yaitu materi pembelajaran dan fitur penunjang yang lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa belajar lebih lancar tanpa gangguan iklan dan dapat mengakses aplikasi secara offline.

10 Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi belajar bahasa Korea terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Awesome Korean

podo - made by a Korean language teacher

Awesome Korean podo - made by a Korean language teacher 1枚目

Latih kemampuan Anda dengan menulis cerita dan mendapatkan feedback langsung dari ahlinya

2

Simya Solutions

Simply Learn Korean

Simya Solutions Simply Learn Korean 1枚目

Memuat lebih dari 1.000 kalimat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari

3

Language Drops

Learn Korean language & Hangul alphabet with Drops

Language Drops Learn Korean language & Hangul alphabet with Drops 1枚目

Hemat waktu, hanya butuh 5 menit per hari untuk kuasai bahasa Korea

4

PORO HANGUGEO

Korean Vocabulary - 6000 Essential Words

PORO HANGUGEO Korean Vocabulary - 6000 Essential Words 1枚目

Cepat menghafal kosakata dengan bantuan flashcard

5

Jernung

Write It! Korean

Jernung Write It! Korean 1枚目

Kuasai cara menulis Hangeul berdasarkan urutan yang tepat

6

Lingory

Lingory - Learn Korean

Lingory Lingory - Learn Korean 1枚目

Pelajari masing-masing topik dengan intens selama 5 hari

7

duolingo

Duolingo - Learn Languages Free

duolingo Duolingo - Learn Languages Free 1枚目

Mengadopsi gaya permainan online yang akan membuat Anda makin semangat belajar

8

LingoDeer

LingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More

LingoDeer LingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More 1枚目

Pelajari bahasa Korea sesuai kemampuan, mulai dari level pemula sampai fluent

9

Eggbun Education

Eggbun: Learn Korean Fun

Eggbun Education Eggbun: Learn Korean Fun 1枚目

Belajar bahasa Korea makin asyik dengan mengobrol bersama Lanny

10

King Sejong Institute Foundation

Sejong Korean Grammar - Basic

King Sejong Institute Foundation Sejong Korean Grammar - Basic 1枚目

Tampilannya menggemaskan, membuat Anda makin semangat belajar

Perincian produk
Close
No.1

Awesome Koreanpodo - made by a Korean language teacher

Latih kemampuan Anda dengan menulis cerita dan mendapatkan feedback langsung dari ahlinya

Aplikasi podo dibuat oleh seorang guru bahasa Korea bernama Danny Park. Berbeda dari kebanyakan aplikasi lain, aplikasi ini menggunakan sistem poin untuk mengakses materi yang dikunci. Caranya, Anda perlu membeli sejumlah poin yang dibutuhkan, lalu memakai poin tersebut untuk membuka materi yang ingin dipelajari. 


Aplikasi belajar bahasa Korea ini pasti disukai oleh Anda yang ingin mendapatkan pengalaman belajar bersama guru bahasa. Pasalnya, Anda bisa berlatih menulis cerita dan mendapatkan feedback atau koreksi langsung dari guru bahasa Korea. Sangat menarik, bukan?

No.2

Memuat lebih dari 1.000 kalimat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari

Simply Learn Korean dikhususkan untuk Anda yang ingin menguasai percakapan dalam bahasa Korea layaknya orang lokal. Memuat sekitar 33 kategori, aplikasi ini akan mengajarkan Anda lebih dari 1.000 kalimat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. 


Beberapa kategori yang diajarkan adalah tentang directions, shopping, accommodation, hingga romance dan business. Aplikasi ini sangat berguna untuk Anda yang akan berlibur atau melakukan perjalanan bisnis ke Korea.

No.3

Language DropsLearn Korean language & Hangul alphabet with Drops

Hemat waktu, hanya butuh 5 menit per hari untuk kuasai bahasa Korea

Strategi pembelajaran Drops bersifat visual dan berbasis kosakata. Pada tiap modul, Anda akan mempelajari serangkaian kata atau frasa disertai ilustrasi gambar terkait. Sembari belajar, Anda akan diminta untuk mencocokkan gambar dengan frasa yang tepat. Kelebihannya, Anda dibebaskan untuk memilih materi mana yang ingin dipelajari dan tak perlu berurutan.


Anda juga hanya perlu menyisihkan waktu selama 5 menit per hari untuk belajar bahasa Korea menggunakan aplikasi ini. Karenanya, produk ini sangat tepat untuk Anda yang sudah bekerja dan tak mempunyai banyak waktu untuk belajar. Anda juga dapat meningkatkannya ke akses premium jika ingin belajar lebih lama.

No.4

PORO HANGUGEOKorean Vocabulary - 6000 Essential Words

Cepat menghafal kosakata dengan bantuan flashcard

Aplikasi buatan PORO HANGUGEO ini memuat lebih dari 6.000 kosakata yang didesain berbentuk flashcard. Ilustrasi pada flashcard tersebut akan memudahkan Anda dalam mempelajari dan menghafalkan kosakata baru.


Di dalamnya terdapat 10 topik utama, seperti orang-orang, tempat tinggal, kesehatan, perbelanjaan, makanan, pendidikan, penampilan, pekerjaan, dan transportasi. Aplikasi ini adalah solusi untuk Anda yang ingin menambah hafalan kosakata dengan cara yang mudah.

No.5

Kuasai cara menulis Hangeul berdasarkan urutan yang tepat

Write it! Korean merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang dirancang untuk pemula. Aplikasi ini ideal untuk Anda yang ingin belajar bahasa Korea dengan mengenal Hangeul terlebih dahulu. Secara keseluruhan, aplikasi ini memiliki 20 materi tentang masing-masing karakter Hangeul


Tiap materinya memuat cara menulis Hangeul sesuai urutan atau langkah yang benar disertai pelafalannya. Terdapat pula bagian latihan di mana Anda bisa memilih versi romanisasi dari Hangeul tersebut.

No.6

Pelajari masing-masing topik dengan intens selama 5 hari

Lingory adalah aplikasi belajar bahasa Korea berbasis percakapan penutur asli. Aplikasi ini terdiri dari 16 topik utama yang tiap topiknya harus Anda pelajari selama 5 hari. Per harinya, Anda akan mendapatkan sepaket kosakata, tata bahasa, dan tes atau kuis. Setelah 5 hari, Anda bisa melakukan review dengan dua cara, yaitu melalui video percakapan dan tes komprehensif. 

Aplikasi ini ideal untuk Anda yang menyukai segala hal yang terstruktur dan rapi. Anda juga dapat memeriksa informasi grammar-nya dengan menekan huruf berwarna merah. Jika Anda kesulitan menghafal kosakata atau grammar, Anda dapat menyimpannya di library dengan menekan tombol bookmark.

No.7

duolingoDuolingo - Learn Languages Free

Mengadopsi gaya permainan online yang akan membuat Anda makin semangat belajar

Metode belajar bahasa Korea melalui aplikasi Duolingo sebenarnya mirip dengan Drops. Bedanya, Anda diharuskan mempelajari tiap materi secara berurutan dan tidak bisa acak. Aplikasi ini mengadopsi gaya mobile game untuk menarik minat penggunanya. Anda bisa memperoleh mata uang virtual, yakni Lingots dan Germ untuk membeli karakter burung yang disukai. 


Anda juga bisa mendapatkan dan menaikkan level XP (experience point) dan badges (lencana) yang menunjukkan tingkat keahlian Anda. Elemen-elemen tersebut diterapkan agar Anda makin termotivasi untuk belajar bahasa Korea tiap hari. Aplikasi ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin belajar bahasa Korea layaknya bermain game online.

No.8

LingoDeerLingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More

Pelajari bahasa Korea sesuai kemampuan, mulai dari level pemula sampai fluent

LingoDeer memiliki lebih dari 100 course mengenai tata bahasa yang dibahas secara terperinci. Di dalamnya tersedia empat pilihan, yaitu Korean 1, Korean 2, Fluent Korean, dan Travel Phrasebook. Korean 1 cocok untuk pemula dan Anda yang ingin menguasai TOPIK 1 dan 2. Selanjutnya, Korean 2 dirancang untuk level pre-intermediate sesuai kriteria TOPIK 2 dan 3.


Sementara itu, Fluent Korean ideal bagi Anda yang ingin meningkatkan conversation skill (TOPIK 1 sampai 3). Di sisi lain, Travel Phrasebook praktis untuk Anda yang akan berkunjung ke Korea. Aplikasi ini adalah pilihan sempurna untuk Anda yang ingin belajar bahasa Korea sesuai level kemampuannya.

No.9

Eggbun EducationEggbun: Learn Korean Fun

Belajar bahasa Korea makin asyik dengan mengobrol bersama Lanny

Eggbun memuat lebih dari 550 materi pelajaran yang diatur dalam format obrolan bersama "Lanny". Lanny sendiri adalah pre-programmed tutor berbentuk karakter telur menggemaskan yang akan mengajari Anda bahasa Korea secara interaktif. Aplikasi ini juga akan mengajarkan Anda tentang bahasa Korea formal, semiformal, dan informal.


Aplikasi ini ideal untuk Anda yang tak hanya ingin mempelajari bahasa Korea, tetapi juga budaya mereka. Pasalnya, Eggbun menawarkan materi tambahan berupa Culture Notes yang memuat beragam informasi. Anda pun dapat mengetahui kumpulan kalimat populer di drama Korea, slang, budaya Korea, tempat-tempat hits, hingga lirik lagu K-pop.

No.10

King Sejong Institute FoundationSejong Korean Grammar - Basic

Tampilannya menggemaskan, membuat Anda makin semangat belajar

Aplikasi belajar bahasa Korea ini memiliki tampilan yang menggemaskan dan colorful. Sebelum memulai belajar, Anda akan diminta untuk membuat avatar atau karakter yang mencerminkan pribadi Anda. Aplikasi ini memuat 120 pola tata bahasa yang didasarkan pada buku Sejong Hakdang Grammar.


Baiknya lagi, seluruh konten dalam aplikasi ini dapat Anda akses tanpa perlu membayar biaya apa pun. Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi belajar bahasa Korea gratis, jatuhkanlah pilihan pada aplikasi ini!

Baca juga rekomendasi kamus bahasa lainnya di sini

Di samping bahasa Korea, bahasa dari negara lain, seperti Inggris, Cina, dan Jepang, juga layak untuk dipelajari. Apabila Anda sedang mencari media untuk mempelajari bahasa tersebut, tautan artikel di bawah ini bisa dijadikan referensi.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah menjelaskan tips memilih aplikasi untuk belajar bahasa Korea beserta keuntungan menggunakannya. Dengan mempelajari bahasanya, peluang Anda untuk bekerja atau menempuh pendidikan di Korea pun makin besar. 


Agar lebih leluasa saat belajar, kami merekomendasikan Anda untuk membeli akses premium pada aplikasi yang dipilih. Untuk menambah wawasan, Anda juga bisa belajar bahasa Korea melalui buku cetak, e-book, film atau drama, hingga lagu. Selamat mencoba!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer