• 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Ada banyak cara untuk belajar bahasa Korea. Jika Anda menginginkan metode belajar yang praktis, mudah, dan gratis, aplikasi belajar bahasa Korea adalah solusinya. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel Android dan iOS. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan Anda untuk mengaksesnya secara offline atau tanpa koneksi internet.


Pada kesempatan ini, kami akan menyajikan tips memilih aplikasi belajar bahasa Korea terbaik untuk Anda. Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus, seperti Eggbun, Drops, LingoDeer, dan Duolingo juga telah kami siapkan. Bagi Anda yang membutuhkan, jangan sampai melewatkan ulasan lengkapnya, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 21 September 2021
  • 976 Views
Daftar isi

Keuntungan mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online

Keuntungan mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online

Ada beragam alasan yang memicu seseorang untuk mempelajari bahasa Korea, misalnya untuk keperluan bisnis, pendidikan, atau sebagai hobi. Dari beberapa metode yang tersedia, mempelajari bahasa Korea menggunakan aplikasi online adalah salah satu yang paling populer.


Kebanyakan orang memilih aplikasi belajar bahasa Korea karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Hal ini tentunya menjadi nilai plus, terutama untuk Anda yang sibuk dan tak memiliki banyak waktu luang. Anda pun bisa bebas mengatur jadwal, target belajar, serta materi apa saja yang ingin dipelajari.


Selain itu, belajar menggunakan aplikasi online relatif lebih terjangkau dibandingkan mengikuti program les atau kursus bahasa. Ilustrasi atau desainnya yang menarik juga akan membuat Anda makin mudah mengingat materi yang sedang dipelajari.

Cara memilih aplikasi belajar bahasa Korea

Di bawah ini kami menuliskan empat hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi belajar bahasa Korea. Materi yang diajarkan, metode pembelajaran, fitur penunjang, dan ketersediaan akses premium adalah poin utamanya. Mari simak ulasan lengkapnya untuk mendapatkan aplikasi yang tepat!

Pilih berdasarkan materi yang ingin dipelajari

Hangeul, kosakata, tata bahasa (grammar), dan contoh percakapan adalah materi yang bisa Anda pelajari melalui aplikasi belajar bahasa Korea. Beberapa aplikasi ada yang dikhususkan memuat materi tertentu saja, tetapi ada pula yang memuat seluruhnya. Oleh karena itu, perhatikan materi yang tersedia dalam aplikasi tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Hangeul, mempelajari cara menulis dan pelafalannya

Hangeul, mempelajari cara menulis dan pelafalannya

Serupa dengan Jepang dan Cina, negara Korea memiliki abjad tersendiri untuk menuliskan bahasa mereka. Abjad yang diciptakan oleh Raja Sejong pada tahun 1443 tersebut dikenal dengan sebutan Hangeul. Secara keseluruhan, Hangeul terdiri dari 40 karakter dengan huruf dasar sebanyak 24 karakter.


Huruf dasar tersebut terbagi menjadi 10 huruf vokal dan 14 konsonan. Sisanya adalah huruf rangkap yang terdiri dari 11 vokal dan 16 konsonan. Untuk para pemula, pilihlah aplikasi bahasa Korea yang membahas tentang cara penulisan dan pelafalan Hangeul. Dengan dasar tersebut, Anda akan lebih mudah mempelajari materi bahasa Korea pada level-level selanjutnya. 

Kosakata, biasanya disusun berdasarkan tema

Kosakata, biasanya disusun berdasarkan tema

Apabila Anda sudah mengetahui cara menulis dan melafalkan Hangeul, kini saat mempelajari kosakata dalam bahasa Korea. Pada aplikasi belajar bahasa Korea, kosakata tersebut biasanya disusun berdasarkan tema untuk memudahkan Anda saat menghafalnya.


Sebagai contoh, tema "orang" akan memuat tentang nama kewarganegaraan, anggota tubuh, dan anggota keluarga. Contoh tema lain yang sering ditemukan adalah pekerjaan, makanan, pariwisata, pendidikan, dan warna. 

Tata bahasa, mempelajari penyusunan kalimat dalam bahasa Korea

Tata bahasa, mempelajari penyusunan kalimat dalam bahasa Korea

Susunan kalimat dalam bahasa Korea sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia. Pada bahasa Indonesia, sebuah kalimat minimal terdiri dari unsur subjek, predikat, dan objek secara berurutan (SPO). Sementara itu, posisi predikat dalam bahasa Korea berada di urutan terakhir atau bertukar tempat dengan objek (SOP).


Kemudian, masing-masing unsur tersebut biasanya diikuti partikel penanda di bagian akhirnya. Partikel penanda ini juga menjadi salah satu tolok ukur apakah kalimat tersebut bersifat formal atau informal.


Aplikasi belajar bahasa Korea umumnya berisikan materi tentang tata bahasa formal. Meski begitu, ada juga aplikasi yang mengajarkan keduanya. Tata bahasa formal digunakan untuk berbicara kepada orang yang usianya lebih tua atau orang yang tidak terlalu akrab. Sementara itu, bahasa informal digunakan kepada orang yang usianya setara atau lebih muda dari Anda.

Percakapan, contoh penerapan kosakata dan tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari

Percakapan, contoh penerapan kosakata dan tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari

Setelah mengetahui cara menyusun kalimat sesuai grammar yang benar, saatnya Anda mempraktikkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, pilihlah aplikasi belajar bahasa Korea yang dilengkapi materi percakapan. Serupa dengan materi kosakata, contoh percakapan juga biasanya dikelompokkan berdasarkan tema atau tempat.


Sebagai contoh, terdapat aplikasi yang memuat percakapan ketika Anda hendak berkenalan dengan orang baru, membayar belanjaan, atau menanyakan waktu. Contoh-contoh percakapan ini akan sangat berguna ketika Anda berlibur ke Korea atau ingin mengobrol bersama orang Korea.

Kuis, untuk menguji pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari

Kuis, untuk menguji pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari

Aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus biasanya dilengkapi kuis pada bagian akhir dari materi yang diajarkan. Kuis ini bisa berupa mencocokkan kosakata dan terjemahannya, melengkapi kalimat, hingga tes pelafalan.


Kuis-kuis tersebut berfungsi sebagai tolak ukur untuk menguji sejauh mana pemahaman Anda tentang materi yang telah dipelajari. Melalui kuis ini, Anda juga bisa mengetahui kekurangan dan materi apa saja yang belum Anda kuasai.

Ketahui metode pembelajarannya

Ketahui metode pembelajarannya

Ada empat metode untuk belajar bahasa Korea, yaitu dengan cara menulis (writing), membaca (reading), mendengarkan (listening), dan berbicara (speaking). Metode belajar yang tepat untuk tiap orang pasti berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi belajar bahasa Korea dengan metode pembelajaran yang paling efektif untuk Anda.


  • Writing
Aplikasi yang menerapkan metode writing biasanya akan meminta Anda untuk mengetik menggunakan Hangeul dengan ejaan yang benar. Metodenya bisa berupa melengkapi kalimat, menerjemahkan kosakata, menyusun huruf, hingga menyusun kalimat atau membuat cerita dalam bahasa Korea.

  • Reading
Semua aplikasi untuk belajar bahasa Korea pasti akan mengajarkan Anda cara membaca Hangeul. Meski begitu, terdapat aplikasi yang dilengkapi pelafalan Hangeul untuk memudahkan para pemula, tetapi ada juga yang tanpa pelafalannya. Terdapat pula aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengatur ketersediaan tampilan pelafalan tersebut.

  • Listening
Pada metode belajar listening, Anda akan diminta untuk mendengarkan penutur asli (native speaker) berbicara dalam bahasa Korea. Selanjutnya, Anda perlu memilih atau menuliskan jawaban yang sesuai dengan topik yang dibicarakan atau ditanyakan. Metode ini ditujukan untuk melatih kemampuan Anda dalam menyimak hal yang sedang disampaikan oleh orang lain.

  • Speaking
Bagian ini berguna untuk melatih Anda berbicara bahasa Korea sesuai logat (dialek) penutur asli. Biasanya, Anda akan diminta untuk merekam suara Anda saat mengucapkan kalimat dalam bahasa Korea. Pada aplikasi tertentu, Anda juga dapat meminta orang lain untuk mengoreksi pelafalan Anda secara langsung.

Cek fitur penunjang lainnya

Cek fitur penunjang lainnya

Aplikasi untuk belajar bahasa Korea makin efektif apabila dilengkapi fitur yang bisa menunjang proses belajar. Setiap aplikasi menawarkan fitur penunjang yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh fitur penunjang yang tersedia pada aplikasi belajar bahasa Korea.


  • Kumpulan kosakata: Fitur penunjang ini berisi daftar kosakata penting yang telah Anda pelajari. Fitur kumpulan kosakata biasanya dilabeli dengan nama "Library", "Collection", atau "Vocabulary".
  • Grafis kemajuan belajar: Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat sejauh mana kemajuan skill bahasa Korea yang telah Anda pelajari tiap harinya. Anda juga dapat menentukan target belajar Anda menggunakan fitur ini.
  • Bahasa lain: Beberapa aplikasi bahasa populer tak hanya memuat materi tentang bahasa Korea, melainkan juga bahasa negara lainnya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari beberapa bahasa sekaligus, pilihlah aplikasi yang dilengkapi fitur bahasa lain ini.
  • Pengaturan bahasa aplikasi: Kebanyakan aplikasi belajar bahasa Korea dibuat oleh perusahaan atau lembaga luar negeri. Karenanya, bahasa default pada aplikasi tersebut biasanya menggunakan bahasa Inggris. Bagi Anda yang kurang menguasai bahasa Inggris, pilihlah aplikasi bahasa Korea dengan opsi bahasa Indonesia untuk tampilannya. 

Pertimbangkan membeli akses premium untuk kemudahan penggunaan

Pertimbangkan membeli akses premium untuk kemudahan penggunaan

Sebagian besar aplikasi belajar bahasa Korea dapat Anda unduh secara gratis. Meski begitu, Anda mungkin akan mengalami keterbatasan akses terhadap sebagian materi atau fitur yang ditawarkan. Agar makin nyaman saat belajar, Anda dapat membeli akses premium (premium access) pada aplikasi yang dipakai. 


Kabar baiknya, beberapa aplikasi menawarkan trial akses premium gratis agar Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membeli akses premium, yaitu materi pembelajaran dan fitur penunjang yang lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa belajar lebih lancar tanpa gangguan iklan dan dapat mengakses aplikasi secara offline.

10 Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi belajar bahasa Korea terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.

10

King Sejong Institute FoundationSejong Korean Grammar - Basic

MateriContoh percakapan
Metode pembelajaranReading dan listening
Akses premium×
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play3,9 dari 5
Rating di App Store×
Fitur penunjangQnA
9
MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, dan percakapan
Metode pembelajaranWriting, listening, reading, dan speaking
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
Fitur penunjangCommunity dan Weekly Goals
8

LingoDeerLingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More

MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, contoh percakapan, dan kuis
Metode pembelajaranReading dan listening
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia×
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Fitur penunjangReview (5-Min Quiz, Vocabulary, Grammar, dan Knowledge Cards) dan bahasa lain
7
MateriHangeul, kosakata, dan tata bahasa
Metode pembelajaranReading, writing, listening, dan speaking
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,7 dari 5
Fitur penunjangStatistics, Friends, Achievements, Leaderboards, Shop, dan bahasa lain
6
MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, percakapan, dan kuis
Metode pembelajaranWriting, listening, reading, dan speaking
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,5 dari 5
Rating di App Store5,0 dari 5
Fitur penunjangVocabulary dan Library
5
MateriHangeul
Metode pembelajaranWriting dan listening
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia×
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Fitur penunjangReview dan Progress
4

PORO HANGUGEOKorean Vocabulary - 6000 Essential Words

MateriKosakata
Metode pembelajaranReading dan listening
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
Fitur penunjangTidak ada
3

Language DropsLearn Korean language & Hangul alphabet with Drops

MateriHangeul dan kosakata
Metode pembelajaranReading, listening, dan writing
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia✔︎
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App store4,8 dari 5
Fitur penunjangCollection dan Achievements
2
MateriContoh kalimat percakapan dalam kehidupan sehari-hari dan kuis
Metode pembelajaranReading dan listening
Akses premium✔︎
Bahasa Indonesia×
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store5,0 dari 5
Fitur penunjangReview dan Favorites
1

Awesome Koreanpodo - made by a Korean language teacher

MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, contoh kalimat/percakapan, dan kuis
Metode pembelajaranReading, writing, dan listening
Akses premiumMenggunakan sistem poin
Bahasa Indonesia×
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store×
Fitur penunjangWriting Your Story, Collection

Tabel perbandingan aplikasi belajar bahasa Korea terbaik

Gambar produk
1
Awesome Korean podo - made by a Korean language teacher 1

Awesome Korean

2
Simya Solutions Simply Learn Korean 1

Simya Solutions

3
Language Drops Learn Korean language & Hangul alphabet with Drops 1

Language Drops

4
PORO HANGUGEO Korean Vocabulary - 6000 Essential Words 1

PORO HANGUGEO

5
Jernung Write It! Korean 1

Jernung

6
Lingory Lingory - Learn Korean 1

Lingory

7
duolingo Duolingo - Learn Languages Free 1

duolingo

8
LingoDeer LingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More 1

LingoDeer

9
Eggbun Education Eggbun: Learn Korean Fun 1

Eggbun Education

10
King Sejong Institute Foundation Sejong Korean Grammar - Basic 1

King Sejong Institute Foundation

Nama produk

podo - made by a Korean language teacher

Simply Learn Korean

Learn Korean language & Hangul alphabet with Drops

Korean Vocabulary - 6000 Essential Words

Write It! Korean

Lingory - Learn Korean

Duolingo - Learn Languages Free

LingoDeer: Learn Languages - Japanese, Korean & More

Eggbun: Learn Korean Fun

Sejong Korean Grammar - Basic

Keunggulan

Latih kemampuan Anda dengan menulis cerita dan mendapatkan feedback langsung dari ahlinya

Memuat lebih dari 1.000 kalimat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari

Hemat waktu, hanya butuh 5 menit per hari untuk kuasai bahasa Korea

Cepat menghafal kosakata dengan bantuan flashcard

Kuasai cara menulis Hangeul berdasarkan urutan yang tepat

Pelajari masing-masing topik dengan intens selama 5 hari

Mengadopsi gaya permainan online yang akan membuat Anda makin semangat belajar

Pelajari bahasa Korea sesuai kemampuan, mulai dari level pemula sampai fluent

Belajar bahasa Korea makin asyik dengan mengobrol bersama Lanny

Tampilannya menggemaskan, membuat Anda makin semangat belajar

MateriHangeul, kosakata, tata bahasa, contoh kalimat/percakapan, dan kuisContoh kalimat percakapan dalam kehidupan sehari-hari dan kuisHangeul dan kosakata KosakataHangeulHangeul, kosakata, tata bahasa, percakapan, dan kuisHangeul, kosakata, dan tata bahasaHangeul, kosakata, tata bahasa, contoh percakapan, dan kuisHangeul, kosakata, tata bahasa, dan percakapanContoh percakapan
Metode pembelajaranReading, writing, dan listeningReading dan listeningReading, listening, dan writingReading dan listeningWriting dan listeningWriting, listening, reading, dan speakingReading, writing, listening, dan speakingReading dan listeningWriting, listening, reading, dan speakingReading dan listening
Akses premiumMenggunakan sistem poin✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎×
Bahasa Indonesia××✔︎✔︎×✔︎✔︎×✔︎✔︎
Rating di Google Play4,8 dari 54,6 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,5 dari 54,7 dari 54,6 dari 54,7 dari 53,9 dari 5
Rating di App Store×5,0 dari 54,8 dari 54,8 dari 54,8 dari 55,0 dari 54,7 dari 54,8 dari 54,6 dari 5×
Fitur penunjangWriting Your Story, CollectionReview dan FavoritesCollection dan AchievementsTidak adaReview dan ProgressVocabulary dan LibraryStatistics, Friends, Achievements, Leaderboards, Shop, dan bahasa lainReview (5-Min Quiz, Vocabulary, Grammar, dan Knowledge Cards) dan bahasa lainCommunity dan Weekly GoalsQnA
Tautan produk

Baca juga rekomendasi buku dan kamus bahasa lainnya di sini

Di samping bahasa Korea, bahasa dari negara lain, seperti Inggris, Cina, Jepang, dan Jerman juga layak untuk dipelajari. Apabila Anda sedang mencari media untuk mempelajari bahasa tersebut, tautan artikel di bawah ini bisa dijadikan referensi.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah menjelaskan tips memilih aplikasi untuk belajar bahasa Korea beserta keuntungan menggunakannya. Dengan mempelajari bahasanya, peluang Anda untuk bekerja atau menempuh pendidikan di Korea pun makin besar. 


Agar lebih leluasa saat belajar, kami merekomendasikan Anda untuk membeli akses premium pada aplikasi yang dipilih. Untuk menambah wawasan, Anda juga bisa belajar bahasa Korea melalui buku cetak, e-book, film atau drama, hingga lagu. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kemajuan teknologi membuat apa saja menjadi lebih mudah, termasuk untuk belajar. Anda sekarang bisa belajar hanya dengan menggunakan smartphone. Ada banyak aplikasi belajar online untuk murid SD sampai mahasiswa, bahkan ada aplikasi belajar online gratis.Kini sudah ada banyak aplikasi belajar online terbaik, seperti RuangGuru, Zenius, dan Quipper. Harga yang ditetapkan pun berbeda-beda untuk tiap aplikasinya. Selain harga, masih ada poin lainnya yang penting untuk Anda perhatikan. Yuk, langsung saja simak ulasan kami untuk menemukan aplikasi belajar online yang bagus!
    Aplikasi
    479 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memesan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot menghabiskan pulsa untuk menelepon hotel untuk mengecek harga dan ketersediaan kamar. Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami rekomendasikan untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus, seperti Traveloka, Agoda, Booking.com, dan lainnya. Namun, sebelumnya simak dahulu tips cara memilih aplikasi booking hotel terbaik di bawah ini.
    Aplikasi
    2.703 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika dahulu mendesain rumah hanya bisa dilakukan di PC ataupun laptop, kini Anda bisa melakukannya melalui smartphone. Anda bisa menemukan banyak aplikasi desain rumah yang bagus, yakni Houzz, Magicplan, Homestyler, dan Planner 5D dengan tampilan 3D. Semuanya bisa Anda download untuk Android ataupun iOS, bahkan bisa terkoneksi dengan PC.Beragam fitur menarik ditawarkan dalam sebuah aplikasi desain rumah, seperti floor plan dan interior design, bisa didapatkan gratis. Sebelum memilih, ada poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Yuk, langsung simak artikel ini agar Anda bisa menemukan aplikasi yang bagus!
    Aplikasi
    338 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Kemajuan teknologi memudahkan para ibu hamil untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan. Bahkan, sekarang ini banyak tersedia aplikasi untuk ibu hamil yang bagus, seperti Pregnancy+, Ovia Pregnancy Tracker, dan Hallobumil. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda download melalui Google Play dan App Store. Namun, dari banyaknya pilihan aplikasi, aplikasi mana yang tepat untuk Anda? Pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar aplikasi untuk ibu hamil. Berbagai tips memilih aplikasi hingga review rekomendasi aplikasi untuk ibu hamil akan kami sajikan untuk Anda. Jadi, silakan Anda baca artikel ini sampai habis. 
    Aplikasi
    1.346 Views
  • 10 Rekomendasi Game Dress Up Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Dress Up Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika dahulu ada paper doll ataupun Barbie girl yang bisa Anda gonta-ganti bajunya, kini ada dress up games yang lebih praktis di smartphone. Secara keseluruhan, game dress up bisa Anda download secara free di Google Play ataupun App Store. Dalam game ini Anda bisa melakukan styling pakaian lengkap dan membuat karakter.Anda bisa menemukan beberapa game dress up yang bagus, seperti Love Nikki, Covet Fashion, bahkan game dress up hijab. Game sederhana ini cocok dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa untuk mengisi waktu luang. Langsung saja simak artikel ini, ya.
    Aplikasi
    1.613 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Novel Gratis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Novel Gratis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi penggemar novel, Anda sekarang bisa membacanya melalui aplikasi novel gratis di tablet atau smartphone. Berbagai genre novel bisa didapatkan di aplikasi ini, baik itu romance, misteri, maupun islami. Koleksi novel yang diberikan oleh aplikasi novel gratis juga sangat beragam dan menghibur.Tiap-tiap aplikasi memberikan kenyamanan membaca yang berbeda-beda. Untuk mengetahui rekomendasi aplikasi novel gratis yang bagus, sebaiknya lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai. Kami akan mengulas aplikasi novel gratis yang ada di Google Store dan App Store, seperti Wattpad, NovelToon, Storial, dan sebagainya. Baca artikel ini hingga selesai, ya!
    Aplikasi
    561 Views
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Mengasah Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Mengasah Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang mengisi waktu senggangnya dengan bermain game di smartphone. Namun, selain mengisi waktu, ternyata beberapa game juga mampu mengasah kemampuan otak Anda. Peak, 2048, dan Brain Dots adalah beberapa contoh game asah otak yang bagus. Selain ketiga game tersebut, Anda ratusan game asah otak lainnya yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Agar Anda tidak kebingungan menentukan game asah otak yang recommended untuk diunduh, simaklah artikel ini. Kami akan memberikan tips memilih game yang bagus beserta rekomendasi game seru untuk mengasah otak. Selamat membaca!
    Aplikasi
    306 Views
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
    3.217 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi TV Online Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi TV Online Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tak punya televisi tak lagi menjadi masalah karena sekarang sudah banyak aplikasi TV online. Aplikasi TV online bisa Anda download secara gratis di Android ataupun iOS. Beberapa aplikasi TV online Indonesia bahkan juga bisa ditonton melalui laptop ataupun PC. Anda bisa mengakses siaran RCTI sampai ANTV tanpa antena.Vidio, Kompas TV, RCTI+, dan Vision+ adalah beberapa aplikasi TV online Indonesia yang bagus. Selain itu, ada juga HBO GO yang menyediakan siaran luar negeri. Sebelum download aplikasi TV online, simak dahulu tips dari kami, ya. Selamat membaca!
    Aplikasi
    311 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi GPS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi GPS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    GPS atau global positioning system merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang dimanfaatkan untuk melacak lokasi. Salah satu aplikasi GPS pada smartphone yang cukup populer adalah Google Maps. Namun, selain Google Maps masih banyak aplikasi GPS lain yang memiliki akurasi tinggi. Sebut saja Waze, Locus Map, MapFactor, dan aplikasi lain yang dapat di-download secara gratis ataupun berbayar. Nah, kali ini kami akan mengulas sepuluh rekomendasi aplikasi GPS koordinat terbaik untuk Android dan iOS. Kami juga akan menjelaskan cara memilih aplikasi GPS yang bagus untuk kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Aplikasi
    60 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
    3.217 Views
  • 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2021)
    Role-playing game atau RPG adalah game di mana Anda berperan menjadi karakter di dalamnya. Cerita yang ditawarkan di dalam game RPG membuat permainan menjadi lebih seru. Ada banyak game RPG bagus, baik gratis maupun berbayar, yang bisa Anda download di Android.Kali ini kami akan berbagi informasi tips memilih game RPG terbaik di Android. Anda juga bisa menemukan game RPG terbaik yang bisa dimainkan secara online dan offline. Stardew Valley, Citampi Stories, Pokemon Masters EX, dan Eternium ada dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, langsung saja simak artikelnya!
    Aplikasi
    4.111 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2021)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
    2.915 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memesan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot menghabiskan pulsa untuk menelepon hotel untuk mengecek harga dan ketersediaan kamar. Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami rekomendasikan untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus, seperti Traveloka, Agoda, Booking.com, dan lainnya. Namun, sebelumnya simak dahulu tips cara memilih aplikasi booking hotel terbaik di bawah ini.
    Aplikasi
    2.703 Views
  • 10 Rekomendasi Game Simulator Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Simulator Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain genre RPG, game simulator juga memiliki banyak penggemar. Ada berbagai game simulator bagus yang bisa Anda download untuk Android ataupun iOS. Bus Simulator Indonesia, Truck Simulator : Ultimate, Simcity BuildIt, The Sims FreePlay, dan Disney Magic Kingdom adalah sederet game simulator yang seru untuk dimainkan.Game simulator bus dan truck serta simulator kehidupan memang banyak dimainkan. Pada artikel kali ini kami merekomendasikan berbagai permainan simulasi terbaik lainnya. Anda bisa memainkannya secara offline ataupun online. Kenali keunikan tiap-tiap game simulator dan pastikan smartphone Anda mendukung, ya. Selamat membaca!
    Aplikasi
    1.735 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2021)
    Komik berasal dari kata comic dalam bahasa Inggris yang berarti sesuatu yang menghibur. Ada juga yang menyatakan bahwa komik berasal dari bahasa Yunani kuno, yakni komos yang berarti bercanda. Namun, sekarang komik lebih dikenal sebagai media mengekspresikan ide dalam gambar yang dikombinasikan dengan tulisan.Di zaman yang serba digital ini, komik hadir dalam bentuk komik online yang bisa Anda baca lewat aplikasi. Webtoon, Kakaopage, dan Mangatoon adalah beberapa contoh aplikasi baca komik terbaik. Jika Anda ingin tahu lebih jauh soal aplikasi baca komik yang bagus, silakan baca artikel ini sampai habis. 
    Aplikasi
    2.775 Views
  • 10 Rekomendasi Game Strategi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Strategi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyusun strategi untuk memenangkan permainan menjadi hal yang seru bagi sebagian orang. Jika Anda adalah salah satunya, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Kali ini kami akan membahas game strategi yang bisa Anda mainkan secara online ataupun offline di Android dan iOS. Plants vs. Zombies, Mobile Legends, dan Clash of Clans adalah beberapa game strategi yang seru dan bagus. Game strategi perang mungkin menjadi jenis game yang banyak dimainkan. Namun, masih banyak game strategi lainnya yang tak kalah seru. Yuk, langsung saja simak artikelnya sampai habis!
    Aplikasi
    872 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori