• 10 Mesin Kopi Kapsul Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Mesin Kopi Kapsul Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Mesin Kopi Kapsul Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Mesin Kopi Kapsul Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Mesin Kopi Kapsul Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Mesin Kopi Kapsul Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)

Kini, Anda dapat membuat berbagai jenis kopi kualitas kafe dengan menggunakan mesin kopi kapsul. Mesin pembuat kopi yang dirancang untuk pemakaian di rumah ini memiliki cara pengoperasian yang cukup mudah. Ada beberapa produk dari merek terkenal yang bagus, seperti Excelso, Illyi, dan Nescafé Dolce Gusto yang dapat Anda temukan.


Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilihnya. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk mesin kopi kapsul terbaik khusus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
  • Pembaharuan terakhir: 19 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Mesin kopi kapsul, cara modern menyeduh kopi dengan rasa autentik

Mesin kopi kapsul, cara modern menyeduh kopi dengan rasa autentik
Mesin espresso pertama kali dibuat dan dipatenkan di Turin, Italia oleh Angelo Moriondo. Mesin kopi kapsul merupakan variasi dari mesin espreso tradisional yang menawarkan kepraktisan dan kecepatan dalam membuat espreso.

Secara sederhana, mesin espreso menyeduh kopi dengan mendorong air bertekanan dengan suhu tinggi melewati bubuk kopi dan filter. Proses ini menghasilkan konsentrat kopi yang disebut espreso.


Pada mesin espreso tradisional, bubuk kopi ditempatkan di porta terlebih dahulu lalu dipadatkan dengan tamper. Setelah itu, bubuk kopi baru bisa diseduh dengan mesin espreso. Sementara itu, di mesin kopi kapsul, fungsi porta dan pemadatan kopi digantikan oleh kapsul sekali pakai. Kapsul tersebut berisi kopi yang siap diseduh.


Mesin kopi kapsul mengurangi waktu persiapan pembuatan espreso serta memudahkan membersihkan mesin karena tidak ada porta yang harus dicuci. Meski praktis, salah satu kekurangan dari mesin kopi kapsul adalah tidak fleksibel dengan merek. Beberapa mesin hanya bisa menggunakan kopi kapsul dari merek yang sama.


Bubuk kopi yang dikemas dalam kapsul umumnya dilengkapi segel sehingga kualitas aroma kopi tetap terjaga. Berkat bubuk kopi yang terbungkus dengan rapi, mesin pun menjadi lebih mudah dibersihkan. Beberapa tipe mesin kopi kapsul bahkan dilengkapi wadah penyimpanan sampah bekas kopi kapsul. Meski begitu, harga kopi kapsul relatif lebih mahal daripada coffee bean atau bubuk kopi biasa.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mesin kopi kapsul

Takaran dan cara pembuatan yang tepat akan memberikan rasa kopi yang nikmat serta aroma yang menggoda. Untuk mendapatkan cita rasa terbaik, perhatikan beberapa poin cara memilih yang akan kami paparkan berikut ini. Jangan sampai terlewat, ya!

Pilih spesifikasi produk yang sesuai kebutuhan

Varian mesin kopi kapsul memang tidak sebanyak mesin pembuat kopi espresso atau moka pot. Meski begitu, beberapa produsen telah mengembangkan mesin kopi kapsul dengan spesifikasi yang beragam. Untuk itu, hal pertama yang perlu Anda tahu adalah spesifikasi yang dibutuhkan.

Untuk kopi dengan cita rasa terbaik, pilih mesin dengan tekanan ekstraksi yang tepat

Untuk kopi dengan cita rasa terbaik, pilih mesin dengan tekanan ekstraksi yang tepat

Untuk menikmati cita rasa kopi yang sempurna, Anda perlu memeriksa kapasitas tekanan pada mesin kopi. Tekanan standar yang dibutuhkan untuk menghasilkan crema dengan ketebalan pas seperti kopi buatan kafe adalah 9 bar. Crema merupakan cairan kuning kecokelatan dari lapisan kopi paling atas yang memengaruhi aroma dan rasa kopi. Lapisan tersebut akan terlihat jelas saat pembuatan espresso.


Sementara itu, mesin kopi kapsul yang dirancang untuk digunakan di rumah umumnya memiliki tekanan 15 bar. Mengapa berbeda? Pada dasarnya, perbedaan terjadi pada kecanggihan mesin kopi. Pada mesin kopi rumahan, tekanan ekstraksi yang mencapai kepala brew umumnya berkurang. Karena itu, diperlukan ukuran yang lebih besar supaya tekanan yang mencapai kepala brew sesuai dengan standar.

Sesuaikan kapasitas tangki dengan jumlah orang dan jumlah kopi yang dihasilkan

Sesuaikan kapasitas tangki dengan jumlah orang dan jumlah kopi yang dihasilkan

Kapasitas tangki air yang dimiliki tiap mesin kopi kapsul bervariasi. Hal ini tergantung pada ukuran mesin dan juga modelnya. Ada mesin kopi kapsul yang hanya berkapasitas 500 ml, tetapi ada juga yang lebih dari 1.000 ml. Karena itu, pastikan jumlah orang yang akan menikmati kopi. Satu shot espresso umumnya berukuran 25–45 ml. Artinya, tiap 100 ml air di dalam tangki bisa membuat dua hingga empat shot espresso.


Jika Anda tinggal sendiri atau berdua dan hanya menyukai espresso untuk menemani hari, pertimbangkanlah produk berkapasitas kurang dari 100 ml. Selain praktis, dimensi mesin yang kecil membuat penyimpanan menjadi lebih fleksibel.


Apabila Anda tinggal bersama tiga orang atau lebih, pilih mesin kopi kapsul berkapasitas sedang, yaitu antara 100–1.000 ml. Anda hanya perlu satu kali mengisi tangki air untuk membuat tiga cangkir kopi. Mesin kopi kapsul berkapasitas sedang biasanya sudah dilengkapi wadah untuk susu. Jadi, Anda juga bisa membuat cappucino, macchiato, atau lainnya.


Hal ini juga berlaku jika Anda memilih mesin kopi kapsul berkapasitas lebih dari 1.000 ml. Mesin kopi kapsul yang berkapasitas besar tentu sangat praktis untuk keluarga besar yang sering menyambut tamu. Tak hanya mampu membuat lebih dari lima cangkir kopi, Anda juga dapat membuat varian kopi yang beragam. Untuk Anda yang memiliki usaha kopi rumahan, mesin kopi kapsul berkapasitas besar juga cocok untuk dipilih.

Pertimbangkan ukuran dengan ruang penyimpanan

Pertimbangkan ukuran dengan ruang penyimpanan

Selain mempertimbangkan jumlah cangkir yang ingin dihasilkan dalam satu kali pembuatan, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran mesin kopi. Makin besar kapasitas tangki air, makin besar pula ruang yang diperlukan untuk menyimpannya.


Anda juga perlu memperhatikan desainnya supaya cocok dengan interior ruangan dan ruang penyimpanan. Beberapa mesin kopi kapsul yang ada di pasaran kebanyakan didesain modern, elegan, dan compact. Pilihlah desain yang paling cocok untuk mempermanis rumah Anda.

Untuk kepraktisan, pilih mesin kopi kapsul yang mudah digunakan dan dibersihkan

Untuk kepraktisan, pilih mesin kopi kapsul yang mudah digunakan dan dibersihkan

Daripada mesin kopi jenis lainnya, mesin kopi kapsul lebih mudah dipakai. Anda hanya perlu memasukkan kopi kapsul ke dalam wadah yang telah disediakan tanpa perlu bingung dengan takaran. Meski demikian, tak ada salahnya Anda memeriksa cara pengoperasian mesin kopi kapsul yang diinginkan. Anda bisa mencari review pengguna atau iklan produk.


Poin selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah kemudahan pembersihan. Mesin yang mudah dibersihkan tentu akan lebih menghemat waktu Anda. Untuk itu, cek secara teliti spesifikasi serta fitur tambahan yang ditawarkan. Akan lebih baik jika Anda memilih produk yang menyediakan tempat sampah untuk kemasan kopi kapsul. Anda juga bisa memilih produk yang dilengkapi dengan fitur pembersihan otomatis.

Pastikan daya listrik yang dibutuhkan

Pastikan daya listrik yang dibutuhkan

Bahan pertimbangan selanjutnya adalah energi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin. Mesin kopi kapsul umumnya membutuhkan daya sebesar 900 watt atau lebih. Karena itu, pastikan daya listrik yang diperlukan supaya Anda bisa menggunakan mesin kopi kapsul dengan lebih nyaman.


Selain itu, perhatikan juga ketersediaan fitur pengaturan waktu otomatis, power on-off otomatis, dan mode hemat energi untuk kenyamanan lebih.

Periksa fitur tambahan yang diperlukan

Setelah membaca ulasan di atas, Anda tentu bisa menyimpulkan bahwa mesin kopi kapsul lebih simpel daripada mesin kopi espresso. Untuk makin mempermudah Anda dalam memilih, jangan lupa untuk memperhatikan fitur tambahan yang ada di tiap produk.

Untuk pencinta latte, pilih mesin kopi kapsul yang dilengkapi dengan tangki penyimpanan susu

Untuk pencinta latte, pilih mesin kopi kapsul yang dilengkapi dengan tangki penyimpanan susu

Fitur ini dibuat bagi Anda yang suka mencoba berbagai varian kopi, termasuk kopi yang mengandung susu. Sayangnya, tidak semua produk dilengkapi dengan wadah untuk mengekstraksi susu. Karena itu, perhatikan dengan saksama daftar fitur produk yang Anda inginkan, ya. Selain itu, perhatikan pula waktu tunggunya dalam menyiapkan susu hingga siap digunakan.

Untuk penikmat segala jenis kopi, pertimbangkan menu pembuat kopi yang beragam

Untuk penikmat segala jenis kopi, pertimbangkan menu pembuat kopi yang beragam

Kopi kapsul sudah tersedia dalam beragam varian. Jadi, tak ada salahnya bila Anda memilih mesin yang memiliki fitur menu. Selain ketersediaan wadah penyimpan susu, perhatikan pula fitur pre-set function. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam membuat beberapa varian kopi. Dengan begitu, Anda bisa membuat cappucino, flat white, latte macchiato, atau caffè latte hanya dengan sekali sentuh.

10 Rekomendasi mesin kopi kapsul terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin kopi kapsul terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

10

IndracoSupresso Kraton Coffee Capsule Machine

Mulai dari Rp 1.299.000,00

Dimensi10,2 cm x 33,7 cm x 22,0 cm
Bobot2,6 kg
Daya listrik1.200 watt
Kapasitas tangki air550 ml
Kapasitas kontainer kapsul6 kapsul
Sistem pemanasOtomatis
Tekanan ekstraksi20 bar
9
Dimensi25,9 cm x 29 cm x 32 cm
Bobot5 kg
Daya listrik1.200 watt
Kapasitas tangki air1.183 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak disebutkan
Sistem pemanasTidak disebutkan
Tekanan ekstraksi15 bar
8

Santos Jaya AbadiExcelso Unakaffe Ventura Evo White

CCEXC00003

Mulai dari Rp 1.200.000,00

Dimensi22,5 cm x 39,5 cm x 39 cm
Bobot6,5 kg
Daya listrik1.300 watt
Kapasitas tangki air1.500 ml
Kapasitas kontainer kapsul12–15 kapsul
Sistem pemanasSemiotomatis
Tekanan ekstraksi19 bar
7
Dimensi17,3 cm x 32 cm x 25,8 cm
Bobot4,5 kg
Daya listrik1.400 watt
Kapasitas tangki air900 ml
Kapasitas kontainer kapsul9–11 kapsul
Sistem pemanasOtomatis
Tekanan ekstraksi19 bar
6

Santos Jaya AbadiExcelso Unakaffe Ventura Acala Black

CCEXC00023

Mulai dari Rp 1.500.000,00

Dimensi12,5 cm x 38,7 cm x 26,1 cm
Bobot4,5 kg
Daya listrik900 watt
Kapasitas tangki air650 ml
Kapasitas kontainer kapsul10 kapsul
Sistem pemanasOtomatis
Tekanan ekstraksi15 bar
5

XiaomiScishare Capsule Coffee Machine White

Mulai dari Rp 1.750.000,00

Dimensi10 cm x 34 cm x 26 cm
Bobot3,2 kg
Daya listrik1.200 watt
Kapasitas tangki air580 ml
Kapasitas kontainer kapsul5 kapsul
Sistem pemanasOtomatis
Tekanan ekstraksi19 bar
4
Dimensi25,4 cm x 25,4 cm x 10,9 cm
Bobot3,2 kg
Daya listrik1.450 watt
Kapasitas tangki air600 ml
Kapasitas kontainer kapsulTidak disebutkan
Sistem pemanasOtomatis
Tekanan ekstraksi19 bar
3

WacacoMinipresso NS Portable Espresso Machine

Mulai dari Rp 795.000,00

Dimensi17,5 cm x 7 cm x 6 cm
Bobot350 gram
Daya listrik-
Kapasitas tangki air70 ml
Kapasitas kontainer kapsul1 kapsul
Sistem pemanas-
Tekanan ekstraksi8 bar
2

Nescafé Dolce GustoPiccolo XS

Mulai dari Rp 1.399.000,00

Dimensi14 cm x 28 cm x 27 cm
Bobot2,4 kg
Daya listrik1.500 watt
Kapasitas tangki air800 ml
Kapasitas kontainer kapsul1 kapsul
Sistem pemanasManual
Tekanan ekstraksi15 bar
1

NespressoGran Lattissima

Mulai dari Rp 8.999.000,00

Dimensi20,3 cm x 36,7 cm x 27,6 cm
Bobot5,2 kg
Daya listrik1.400 watt
Kapasitas tangki air1.300 ml
Kapasitas kontainer kapsul14 kapsul
Sistem pemanasOtomatis
Tekanan ekstraksi19 bar

Tabel perbandingan produk mesin kopi kapsul terbaik

Gambar produk
1
Nespresso Gran Lattissima 1

Nespresso

2
Nescafé Dolce Gusto Piccolo XS 1

Nescafé Dolce Gusto

3
Wacaco Minipresso NS Portable Espresso Machine 1

Wacaco

4
HiBREW  3-in-1 Multi-Function Espresso Machine 1

HiBREW

5
Xiaomi Scishare Capsule Coffee Machine White 1

Xiaomi

6
Santos Jaya Abadi Excelso Unakaffe Ventura Acala Black 1

Santos Jaya Abadi

7
Nespresso  Lattissima Touch  1

Nespresso

8
Santos Jaya Abadi Excelso Unakaffe Ventura Evo White 1

Santos Jaya Abadi

9
Illy X7.1 iperEspresso Machine 1

Illy

10
Indraco Supresso Kraton Coffee Capsule Machine  1

Indraco

Nama produk

Gran Lattissima

Piccolo XS

Minipresso NS Portable Espresso Machine

3-in-1 Multi-Function Espresso Machine

Scishare Capsule Coffee Machine White

Excelso Unakaffe Ventura Acala Black

Lattissima Touch

Excelso Unakaffe Ventura Evo White

X7.1 iperEspresso Machine

Supresso Kraton Coffee Capsule Machine

Keunggulan

Sajikan beragam varian kopi berbeda tanpa khawatir kontaminasi rasa

Tak hanya membuat kopi panas, kopi dingin pun bisa!

Portabel! Tetap bisa menikmati seduhan kopi ala kafe saat bepergian

Bisa untuk menikmati kopi kapsul dan ground coffee

Kopi siap dinikmati dalam waktu yang singkat

Lebih hemat dengan mesin kopi kapsul low watt

Mesinnya para pencinta kopi susu

Kapasitasnya besar, cocok digunakan saat menjamu tamu

Meski desainnya vintage, fiturnya canggih!

Nikmati kopi cita rasa Indonesia dengan penyajian yang modern

Harga mulai dariRp 8.999.000,00Rp 1.399.000,00Rp 795.000,00Rp 1.859.900,00Rp 1.750.000,00Rp 1.500.000,00Rp 7.699.000,00Rp 1.200.000,00Rp 5.000.000,00Rp 1.299.000,00
Dimensi20,3 cm x 36,7 cm x 27,6 cm14 cm x 28 cm x 27 cm17,5 cm x 7 cm x 6 cm25,4 cm x 25,4 cm x 10,9 cm10 cm x 34 cm x 26 cm12,5 cm x 38,7 cm x 26,1 cm17,3 cm x 32 cm x 25,8 cm22,5 cm x 39,5 cm x 39 cm25,9 cm x 29 cm x 32 cm10,2 cm x 33,7 cm x 22,0 cm
Bobot5,2 kg2,4 kg350 gram3,2 kg3,2 kg4,5 kg4,5 kg6,5 kg5 kg2,6 kg
Daya listrik1.400 watt1.500 watt-1.450 watt1.200 watt900 watt1.400 watt1.300 watt1.200 watt1.200 watt
Kapasitas tangki air1.300 ml800 ml70 ml600 ml580 ml650 ml900 ml1.500 ml1.183 ml550 ml
Kapasitas kontainer kapsul14 kapsul1 kapsul1 kapsulTidak disebutkan5 kapsul10 kapsul9–11 kapsul12–15 kapsulTidak disebutkan6 kapsul
Sistem pemanasOtomatisManual-OtomatisOtomatisOtomatisOtomatisSemiotomatisTidak disebutkanOtomatis
Tekanan ekstraksi19 bar15 bar8 bar19 bar19 bar15 bar19 bar19 bar15 bar20 bar
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar mesin kopi kapsul

Pertanyaan umum seputar mesin kopi kapsul

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar mesin kopi kapsul. Jika Anda masih penasaran dengan mesin kopi kapsul, simak jawabannya di bawah ini!

Mana yang lebih unggul, mesin kopi biasa atau mesin kopi kapsul?

Tujuan penggunaan mesin espreso tradisional dan mesin kopi kapsul sama. Tujuan tersebut adalah menghasilkan espreso yang baik, kaya rasa, separasi rasa yang jelas, dan body yang tebal.


Dari segi rasa, mesin espreso tradisional lebih unggul. Ekstraksi espreso akan menghasilkan rasa yang kaya, separasi rasa yang jelas, intens, dan body yang tebal. Dengan kopi yang sama, mesin kopi kapsul akan menghasilkan espreso yang kurang intens dan karakter rasa yang kurang terdefinisi. 


Namun, perbedaan tersebut bergantung pada kebutuhan peminum kopi. Apabila Anda adalah peminum kopi yang butuh kepraktisan, tentu saja mesin kopi kapsul lebih bisa diandalkan. Akan tetapi, apabila Anda adalah coffee enthusiast, mesin espreso tradisional akan lebih cocok.


Mesin espreso tradisional memberi kesempatan bereksperimen kalibrasi espreso. Caranya yaitu dengan mengubah variabel-variabel yang memengaruhi ekstraksi dan rasa espresso. 

Bagaimana cara pengoperasian mesin kopi kapsul?

Cara pengoperasian mesin ini tergolong mudah. Anda hanya perlu memasukkan kopi kapsul pada wadah yang telah disediakan, lalu memencet tombol start. Pada saat itu, mesin akan memompa air panas dari reservoir dan melewati wadah kapsul. Anda pun bisa langsung menikmati kopi nikmat dari cangkir.


Bagi Anda yang ingin menikmati kopi enak, tetapi memiliki waktu yang terbatas, mesin kopi kapsul sempurna untuk dimiliki. Anda tak perlu waktu lama untuk menyiapkan, membuat, dan membersihkan mesin pembuat kopi tiap hari. 

Baca juga rekomendasi perlengkapan pembuat kopi lainnya di sini

Bagaimana? Cukup menarik bukan artikel kami tentang mesin kopi kapsul yang sangat praktis ini? Jika Anda ingin menikmati proses pembuatan kopi sebelum menikmati cita rasanya, kami telah menyiapkan beberapa artikel berikut. Temukan sensasi menikmati kopi yang paling Anda suka!

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan mesin kopi kapsul yang diinginkan? Memiliki mesin kopi kapsul adalah alternatif terbaik bila Anda ingin menikmati kopi yang lezat tanpa membutuhkan waktu yang lama.


Terutama untuk Anda yang sibuk bekerja, me time dengan minum kopi sebelum beraktivitas tentu dapat meningkatkan mood. Pastikan Anda memilih mesin kopi kapsul yang sesuai keinginan dan lifestyle Anda. Namun, jangan lupa siapkan juga anggarannya. Ngopi, yuk!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak tahu dispenser? Peralatan dapur yang satu ini sangat berguna menyediakan air panas dan dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah yang lebih praktis pemasangan airnya pun sudah banyak dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti SHARP, Polytron, dan Electrolux. Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah? Baca artikel ini sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah salah satu contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori