• 10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)

Skincare AHA BHA direkomendasikan untuk eksfoliasi kulit. Kedua senyawa asam tersebut dikenal sebagai chemical exfoliator yang mampu mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Kali ini kami akan membahas skincare AHA, BHA, dan PHA, seperti serum atau toner yang bagus.


Tidak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk yang cocok untuk remaja, dewasa, bahkan ibu hamil dan menyusui. Rekomendasi produk, dari skincare lokal Avoskin dan Somethinc sampai merek internasional COSRX dan Some by Mi juga ada. Agar makin lengkap, dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, juga akan memberikan informasi tambahan.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Mutia Ulfa G.U
Citta Yowati
  • Pembaharuan terakhir: 10 Januari 2023
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Dokter Mutia adalah seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha. Dokter yang telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018 ini mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Tidak hanya itu, saat ini dokter Mutia juga sedang mengambil pendidikan magister di jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine. Anda dapat mengenal dokter Mutia lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Sekilas tentang AHA dan BHA

Maraknya skincare yang mengandung AHA dan BHA mungkin membuat Anda penasaran untuk menggunakannya. Sebelum mengetahui cara memilih dan rekomendasi produknya, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenal lebih jauh tentang dua kandungan ini. 

Nama lain AHA dan BHA

Alpha hydroxy acids (AHA) atau asam alfa hidroksi merupakan senyawa asam yang bersifat hydrophilic (mampu berikatan dengan air). Kandungan AHA yang sering digunakan dalam skincare antara lain glycolic acid (dari tebu), lactic acid (dari karbohidrat), dan mandelic acid (dari buah-buahan). Ketiganya diperoleh dari tumbuhan alami sehingga cenderung aman dan jarang menyebabkan iritasi jika kadarnya ˂10%. 


Beberapa waktu terakhir, senyawa turunan dari AHA, yaitu poly hydroxy acids (PHA) juga kerap digunakan sebagai perawatan kulit. PHA memiliki molekul yang lebih besar dan cenderung lebih ramah di kulit, terutama kulit sensitif. Jenis PHA yang paling umum ditemukan sebagai kandungan skincare adalah gluconolactone dan galactose.


Beta hydroxy acids (BHA) atau asam beta hidroksi adalah senyawa asam yang bersifat lipophilic atau oil-soluble (larut terhadap minyak). Kandungan BHA alami dapat diperoleh dari kulit pohon willow, kayu manis, atau daun wintergreen. Senyawa BHA yang umum digunakan sebagai bahan skincare adalah salicylic acid atau asam salisilat. BHA akan bekerja lebih efektif bila konsentratnya berkisar 1–4%.
dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Alpha hydroxy acid (AHA) atau asam alfa hidroksi adalah sekelompok asam alami yang banyak ditemukan dalam makanan. Asam alfa hidroksi meliputi:


  • Asam sitrat (citric acid) ditemukan dalam buah jeruk

  • Asam glikolat (glycolic acid) ditemukan dalam tebu

  • Asam laktat (lactic acid) ditemukan dalam susu asam dan jus tomat

  • Asam malat (malic acid) ditemukan dalam apel

  • Asam tartarat (tartaric acid) ditemukan dalam anggur


Beta hydroxy acid (BHA) atau asam beta hidroksi terdaftar sebagai:


  • Salicylic acid (atau zat terkait, seperti salicylate, sodium salicylate, atau willow extract)
  • Tropic acid

  • Beta hydroxybutanoic acid

  • Trethocanic acid


Turunan AHA yang disebut asam polihidroksi (PHA) dipercaya memberikan efek yang sama seperti AHA. Namun, kandungan ini lebih tidak menimbulkan respons iritasi pada kulit. PHA yang paling umum digunakan untuk skincare adalah gluconolactone, galactose, dan lactobionic acid.

Manfaat AHA dan BHA untuk kulit

Dalam industri perawatan kulit, senyawa AHA, BHA, dan PHA sering dimanfaatkan sebagai chemical exfoliator. Chemical exfoliator diklaim memiliki risiko yang lebih minim bila dibandingkan dengan physical exfoliator seperti scrub. Skincare dengan kandungan AHA, BHA, serta PHA akan mengeksfoliasi kulit dari kotoran, minyak, sebum, serta sel-sel kulit mati secara lembut. 


  • Manfaat AHA

Senyawa AHA juga memiliki sejumlah manfaat bagi kulit seperti meratakan rona kulit, mengecilkan pori-pori, dan menyamarkan noda hitam. Selain tampak lebih cerah, kulit akan terasa lebih halus dan kenyal. Namun, kandungan AHA dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari sehingga penggunanya perlu dikombinasikan dengan pemakaian tabir surya. 


  • Manfaat PHA
Di sisi lain, PHA dapat menjadi pilihan bila kulit Anda cenderung sensitif dan rentan terhadap sinar matahari. PHA membantu proses eksfoliasi lapisan kulit terluar tanpa membuat kulit menjadi kering. 

  • Manfaat BHA

Sementara itu, BHA dipercaya dapat mengeringkan jerawat serta mencegah munculnya komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). BHA juga mampu mengurangi produksi sebum yang berlebih serta mengurangi kemerahan di kulit.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Chemical exfoliator berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan tersedia dalam berbagai dosis konsentrasi. Formula dengan konsentrasi rendah (<10%) biasanya dapat dibeli secara bebas seperti skincare pada umumnya. Produknya pun dapat digunakan seminggu sekali. 


Sementara itu, produk dengan konsentrasi yang lebih tinggi biasanya digunakan oleh dokter kulit dalam bentuk chemical peel. Untuk produk ini penggunaannya hanya sebulan sekali. 


  • AHA paling sering digunakan untuk kondisi kulit kering, kulit yang menua, atau berjerawat.
  • PHA diketahui bekerja dengan baik pada kulit sensitif secara klinis, termasuk rosacea dan dermatitis atopik. PHA memberikan sifat humektan dibandingkan dengan AHA dan dapat meningkatkan fungsi skin barrier kulit. Kebanyakan PHA juga memiliki sifat antioksidan.
  • BHA efektif dalam mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Ia juga bisa memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan dan menenangkan kulit yang kemerahan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare AHA BHA

Setelah mengetahui manfaat dari kandungan AHA dan BHA, pastinya Anda makin penasaran untuk mencoba produknya. Agar Anda dapat menemukan skincare AHA BHA terbaik, ada sejumlah poin yang perlu dipertimbangkan. 

Ketahui fungsi skincare AHA BHA

Seperti yang sudah dibahas di atas, senyawa AHA dan BHA sering digunakan sebagai campuran skincare dengan manfaat eksfoliasi. Umumnya, terdapat dua tipe skincare yang sering menggunakan AHA BHA, yaitu peeling serum dan exfoliating toner

Peeling serum, mengeksfoliasi tanpa perlu bantuan kapas

Peeling serum merupakan skincare yang biasanya berbentuk cairan kental dengan fungsi utama mengangkat sel kulit mati. Anda dapat meneteskannya lalu mengusapkannya langsung ke kulit tanpa perlu menggunakan kapas atau aplikator lain. Ada peeling serum yang harus dibilas setelah pemakaian, tetapi ada juga produk yang tidak perlu dibilas


Peeling serum idealnya digunakan setelah wajah dibersihkan atau usai tahapan double cleansing. Karena mengandung sejumlah senyawa asam, biasanya peeling serum menghasilkan sensasi tingling atau menggelitik di kulit. Namun, bila sensasi tersebut tidak hilang dalam beberapa waktu atau malah menyebabkan iritasi, segera hentikan pemakaian produk. 

Exfoliating toner, menyegarkan tanpa perlu dibilas

Berbeda dengan peeling serum, exfoliating toner biasanya hadir dalam bentuk cairan sehingga lebih menyegarkan dan terasa cepat diserap kulit. Karena berbentuk cair, Anda memerlukan bantuan kapas untuk mengusapkan toner ke wajah agar kotoran dapat terangkat. Umumnya, usai menggunakan exfoliating toner, Anda dapat melanjutkan rangkaian perawatan kulit tanpa perlu membilasnya


Jangan lupa untuk memantau reaksi kulit setelah menggunakan exfoliating toner. Sejumlah exfoliating toner juga memunculkan sensasi tingling saat bekerja. Hentikan pemakaian produk saat kulit tampak terkelupas dan iritasi. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Exfoliating toner biasanya mengandung AHA, BHA, atau PHA. Karena itu, ia secara lembut dapat menghaluskan permukaan kulit dengan cara meningkatkan pergantian sel atau pengelupasan sel kulit mati. Tidak hanya itu, exfoliating toner umumnya juga bisa mengurangi minyak dan bakteri pada pori-pori serta melapisi kulit kembali.


Sesudah menggunakan exfoliating toner, Anda bisa melanjutkan perawatan dengan menggunakan hydrating toner atau hydrating serum. Hal ini bertujuan untuk menenangkan sekaligus menghidrasi kulit. 


Rata-rata, para ahli merekomendasikan penggunakan exfoliating toner satu hingga tiga kali seminggu untuk kulit berminyak. Untuk kulit normal, Anda bisa menggunakannya sekali atau dua kali seminggu. Jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif, Anda mungkin hanya perlu menggunakannya seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Perhatikan kandungan lain dalam produk

Karena proses eksfoliasi sering membuat kulit terasa kering, Anda perlu memeriksa kandungan pelembap pada produk. Anda dapat memilih produk dengan tambahan ekstrak lidah buaya atau semangka, air mawar, hyaluronic acid, glycerin, serta niacinamide. Dengan begitu, hidrasi kulit akan tetap terjaga bahkan seusai eksfoliasi.


Selain kandungan pelembap, Anda yang bermasalah dengan jerawat juga bisa mempertimbangkan sejumlah kandungan khusus. Cobalah produk yang dilengkapi ekstrak Centella asiatica, witch hazel, atau tea tree oil. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan jerawat yang sedang meradang serta mencegahnya kembali lagi.

Pilih berdasarkan tipe kulit Anda

Poin lain yang tidak kalah penting adalah memilih produk yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Dengan begitu, hasilnya akan lebih efektif dan tepat sasaran. 

Kulit berminyak dan rentan berjerawat: Produk dengan oil control

Produksi minyak berlebih di kulit dapat membuat wajah tampak mengilap dan rentan berjerawat. Jika dibiarkan, pori-pori dapat tersumbat sehingga mengundang kemunculan jerawat dan komedo. Karena itu, Anda memerlukan produk yang mampu mengangkat sebum dan mengontrol produksinya. Kandungan BHA berupa salicylic acid dikenal dapat membantu mengeksfoliasi kulit berminyak secara maksimal.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Untuk kulit yang berminyak dan cenderung acne-prone, kandungan salicylic acid adalah pilihan yang tepat. Kandungan ini dapat mengurangi komedo (blackheads dan whiteheads), jerawat, dan milia


Salicylic acid bersifat komedolitik dan ia merupakan pembersih pori yang sangat baik. Sebab, kandungan ini akan mengelupas bagian terluar permukaan kulit dan menembus ke dalam pori-pori untuk menghilangkan sebum.

Kulit kering dan kusam: Produk yang melembapkan sekaligus mencerahkan

Kulit yang kering biasanya mudah terkelupas sehingga permukaan kulit terasa kasar. Anda bisa menghaluskan kulit dengan produk eksfoliator yang lembut dan mengandung pelembap. Jika pelembap dalam produk eksfoliasi tidak cukup melembapkan kulit, tambahkan moisturizer dalam rangkaian skincare Anda. 


Pilih produk yang berkhasiat mencerahkan bila kulit Anda tampak kusam. Kandungan AHA, seperti glycolic acid, lactic acid, dan mandelic acid ampuh dalam meratakan rona kulit yang tidak merata

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Sebagai AHA, lactic acid bersifat unik karena memiliki sifat humektan. Karena dapat menghidrasi kulit dan mengeksfoliasi secara bersamaan, kandungan ini bagus untuk kulit yang kering. Lactic acid juga dapat dikombinasikan dengan AHA lainnya untuk manfaat tambahan seperti mencerahkan.

Kulit sensitif: Produk yang gentle dan minim zat aditif

Jika kulit Anda termasuk sensitif, coba produk dengan kandungan PHA. Pertimbangkan juga produk dengan formula yang mild atau gentle. Anda bisa mengecek komposisi produk untuk memilih skincare yang minim zat aditif seperti pewangi atau pengawet buatan. 


Sebelum menggunakan secara menyeluruh di wajah, sebaiknya Anda melakukan patch test terlebih dahulu. Oleskan sedikit produk di bagian belakang telinga atau dalam lengan untuk melihat kecocokannya di kulit Anda. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

PHA memiliki molekul yang lebih besar sehingga tidak menembus jauh ke dalam kulit. PHA secara lembut akan membantu pengelupasan kulit di permukaan dan merangsang produksi kolagen. 


Selain itu, PHA juga bisa memulihkan skin barrier dan mencegah pemecahan kolagen dan elastin sehingga cocok untuk kulit sensitif. Kandungan BHA pun dianggap sesuai untuk kulit sensitif karena memiliki sifat anti-inflamasi, menenangkan kulit, dan memiliki sifat nonfotosensitisasi.

Cek saran penggunaannya

Jangan lupa untuk memeriksa saran penggunaan produk karena tiap merek memiliki karakteristik yang berbeda. Sejumlah produk perlu dibilas setelah didiamkan selama beberapa menit, ada pula produk yang perlu dibilas dengan air hangat. Di sisi lain, terdapat pula produk yang bisa ditinggal tidur sebelum dibilas di pagi hari. 


Salah satu persamaan skincare yang mengandung AHA adalah anjuran aplikasi sunscreen sebelum beraktivitas bagi penggunanya. Umumnya, Anda juga diminta untuk menghindari produk dengan kandungan vitamin C, menthol, serta retinol selama 24 jam. Selain itu, hindari mengeksfoliasi kulit setiap hari. Pakailah produk AHA BHA antara dua hingga tiga kali seminggu agar epidermis kulit tetap terjaga. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Hal yang perlu Anda ingat sesudah penggunaan chemical exfoliator adalah pentingnya pemakaian moisturizer dan sunscreen. Terutama AHA dan BHA, bahan ini dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari. Alternatifnya, jika Anda berencana untuk beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, lebih baik gunakan pada malam hari saja.

10 Rekomendasi skincare AHA BHA terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare AHA BHA terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 3 Januari 2023:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Avoskin Miraculous Refining Serum yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami.

Gambar produk
1
Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution 1

Somethinc

2
Somethinc GLOW MAKER AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner 1

Somethinc

3
Whitelab Peeling Serum AHA BHA PHA 1

Whitelab

4
Azarine Daily Beginner Exfoliating Toner 1

Azarine

5
Avoskin Miraculous Refining Serum 1

Avoskin

6
Skintific Skin Exfoliating Toner 1

Skintific

7
COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 1

COSRX

8
Some by Mi AHA-BHA-PHA 30DAYS MIRACLE TONER 1

Some by Mi

9
The Originote H-llow Clarifying Toner 1

The Originote

10
NACIFIC Pink AHABHA Toner 1

NACIFIC

Nama produk

AHA BHA PHA Peeling Solution

GLOW MAKER AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Peeling Serum AHA BHA PHA

Daily Beginner Exfoliating Toner

Miraculous Refining Serum

Skin Exfoliating Toner

AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

AHA-BHA-PHA 30DAYS MIRACLE TONER

H-llow Clarifying Toner

Pink AHABHA Toner

Keunggulan

Hempaskan pori-pori tersumbat tanpa membuat kulit kering

Memberantas permasalahan wajah kusam dalam 30 hari!

Menggunakan bahan premium yang meminimalkan risiko iritasi

Diformulasikan tanpa zat aditif, bisa digunakan oleh ibu hamil dan menyusui

Kulit cerah bebas jerawat bukan lagi impian!

Bantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas sehingga skin barrier terjaga

Formulanya ringan dan terasa lembut di kulit

Bantu atasi minyak berlebih dengan toner ber-pH rendah

Bisa digunakan oleh remaja mulai dari usia 14 tahun

Kulit lebih segar dan glowing berkat ekstrak semangka

Harga mulai dariRp 115.500,00Rp 59.000,00Rp 76.000,00Rp 69.000,00Rp 249.000,00Rp 159.000,00Rp 200.000,00Rp 457.143,00Rp 65.000,00Rp 369.000,00
Tipe produkPeeling serumExfoliating tonerPeeling serumExfoliating tonerPeeling serumExfoliating tonerExfoliating tonerExfoliating tonerExfoliating tonerExfoliating toner
Kandungan lainPHA, niacinamide, Daucus carota leaf extract, Hibiscus sabdariffa extract, panthenolPHA, arginine, squalane, chamomile, caffeine, betainePHA, niacinamidePHA, Azeclair, KeratolineNiacinamide, ceramidePHA, probiotic complex, niacinamideMineral water, Pyrus malus (apple) fruit water, Salix alba (willow) bark waterPHA, witch hazel, adenosine, niacinamide, tea tree extractPHA, willow barkWatermelon extract, tea tree extract, Centella asiatica extract, Lactobacillus/soybean ferment extract
Rekomendasi kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit sensitif, kulit kusam, kasar dan noda bekas jerawatSemua jenis kulitKulit remaja, kulit kusam, kulit berjerawatSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulit, kulit rentan berjerawatSemua jenis kulit Kulit sensitif, kulit kering
Saran penggunaanDiusapkan ke wajah, biarkan selama maksimal 10 menit, bilas dengan air hangatDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilasDiusapkan ke wajah, biarkan selama maksimal 10 menit, lalu dibilasDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilasDiusapkan ke wajah, lalu dibilas keesokan harinyaDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilasDisemprotkan di kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilasDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilasDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilasDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilas
Ukuran20 ml40 ml, 100 ml15 ml90 ml30 ml80 ml150 ml150 ml80 ml150 ml
Tautan produk
10
Tipe produkExfoliating toner
Kandungan lainWatermelon extract, tea tree extract, Centella asiatica extract, Lactobacillus/soybean ferment extract
Rekomendasi kulit Kulit sensitif, kulit kering
Saran penggunaanDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilas
Ukuran150 ml
9
Tipe produkExfoliating toner
Kandungan lainPHA, willow bark
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Saran penggunaanDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilas
Ukuran80 ml
8

Some by MiAHA-BHA-PHA 30DAYS MIRACLE TONER

Mulai dari Rp 457.143,00

Tipe produkExfoliating toner
Kandungan lainPHA, witch hazel, adenosine, niacinamide, tea tree extract
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit, kulit rentan berjerawat
Saran penggunaanDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilas
Ukuran150 ml
7

COSRXAHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Mulai dari Rp 200.000,00

Tipe produkExfoliating toner
Kandungan lainMineral water, Pyrus malus (apple) fruit water, Salix alba (willow) bark water
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Saran penggunaanDisemprotkan di kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilas
Ukuran150 ml
6

SkintificSkin Exfoliating Toner

Mulai dari Rp 159.000,00

Tipe produkExfoliating toner
Kandungan lainPHA, probiotic complex, niacinamide
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Saran penggunaanDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilas
Ukuran80 ml
5

AvoskinMiraculous Refining Serum

Mulai dari Rp 249.000,00

Tipe produkPeeling serum
Kandungan lainNiacinamide, ceramide
Rekomendasi kulitKulit remaja, kulit kusam, kulit berjerawat
Saran penggunaanDiusapkan ke wajah, lalu dibilas keesokan harinya
Ukuran30 ml
4
Tipe produkExfoliating toner
Kandungan lainPHA, Azeclair, Keratoline
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Saran penggunaanDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilas
Ukuran90 ml
3

WhitelabPeeling Serum AHA BHA PHA

Mulai dari Rp 76.000,00

Tipe produkPeeling serum
Kandungan lainPHA, niacinamide
Rekomendasi kulitKulit sensitif, kulit kusam, kasar dan noda bekas jerawat
Saran penggunaanDiusapkan ke wajah, biarkan selama maksimal 10 menit, lalu dibilas
Ukuran15 ml
2

SomethincGLOW MAKER AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Mulai dari Rp 59.000,00

Tipe produkExfoliating toner
Kandungan lainPHA, arginine, squalane, chamomile, caffeine, betaine
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Saran penggunaanDiteteskan ke kapas, lalu diusap ke wajah tanpa dibilas
Ukuran40 ml, 100 ml
1

SomethincAHA BHA PHA Peeling Solution

Mulai dari Rp 115.500,00

Tipe produkPeeling serum
Kandungan lainPHA, niacinamide, Daucus carota leaf extract, Hibiscus sabdariffa extract, panthenol
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Saran penggunaanDiusapkan ke wajah, biarkan selama maksimal 10 menit, bilas dengan air hangat
Ukuran20 ml

Baca juga rekomendasi skincare lainnya di sini

Agar wajah tidak terasa kering, aplikasikan skincare yang melembapkan dan menghidrasi setelah penggunaan skincare AHA BHA. Beberapa produk seperti hydrating toner, pelembap, dan serum hyaluronic acid dapat membantu menjaga kelembapan wajah Anda. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan produk hidrasi yang tepat.

Kesimpulan

Skincare dengan senyawa AHA dan BHA menyimpan banyak manfaat baik untuk kulit. Dengan pemakaian teratur, skincare ini akan mampu mengangkat sisa kotoran dan sel kulit mati, mencerahkan, serta membuat kulit mulus. Namun, kesalahan dalam pemilihan produk dapat menyebabkan iritasi atau breakout


Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan poin-poin dalam cara memilih skincare AHA BHA sebelum mencoba produknya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan skincare AHA BHA terbaik, ya. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Pelembap Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelembap Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah buaya atau Aloe vera tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Tanaman ini populer karena membawa banyak manfaat untuk kulit. Tidak heran, banyak produk skincare yang menggunakannya sebagai bahan baku utama. Namun, manakah produk yang terbaik untuk Anda?Berbagai merek, seperti Nature Republic, Wardah, Y.O.U, dan The Body Shop mengeluarkan pelembab Aloe vera dengan kualitas yang bagus. Kali ini, kami akan membahas cara memilihnya dan merangkum rekomendasi sepuluh produk terbaik untuk Anda. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori