1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Komedi Thailand Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Thailand Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Thailand Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Thailand Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Thailand Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Thailand Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Komedi Thailand Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kini makin banyak film komedi Thailand yang bisa ditonton melalui situs streaming legal sehingga pilihan Anda makin melimpah. Ceritanya yang unik dan menghibur merupakan daya tarik film komedi Thailand. Namun, film manakah yang bagus untuk ditonton?


Kali ini kami akan memandu Anda memilih film komedi Thailand terbaru. Sepuluh rekomendasi film komedi Thailand terbaik juga sudah kami siapkan untuk Anda. Anda akan menemukan film komedi Thailand dengan kisah yang paling lucu, seperti Suddenly 20, Pee Mak, dan The Con-Heartist. Rekomendasi kami bisa Anda tonton di Netflix, Viu, atau Vidio. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih film komedi Thailand

Sebelum memutuskan untuk menonton film komedi Thailand, ada baiknya Anda menyimak tips di bawah ini. Dengan begitu, Anda akan menemukan film komedi terbaik sehingga pengalaman menonton Anda menjadi makin menghibur!

① Pilih berdasarkan subgenre-nya

Film komedi memiliki sejumlah subgenre dengan karakteristik yang berbeda. Karena itu, mari simak sejumlah subgenre yang populer dalam film komedi Thailand. 

Romansa, tema klasik yang populer

Romansa, tema klasik yang populer

Film romansa biasanya memiliki adegan romantis dan melankolis dengan bumbu-bumbu drama. Namun, komedi romantis atau yang lebih sering disebut romcom menawarkan nuansa humor sepanjang cerita. Nah, film Thailand yang populer juga kebanyakan berasal dari tema romcom


Pada umumnya, tema ini mengangkat kelucuan dalam sebuah hubungan, misalnya pertengkaran antarpasangan hingga orang ketiga. Jadi, penonton tidak selalu disuguhi adegan manis atau mengharukan khas film romantis. Alur ceritanya yang tidak mudah ditebak, ditambah akting konyol pemerannya, dijamin tidak akan membuat bosan.

Remaja dan penggalan kehidupan, ceritanya lekat dengan keseharian penonton

Remaja dan penggalan kehidupan, ceritanya lekat dengan keseharian penonton

Teen comedy atau komedi remaja juga termasuk subgenre yang banyak disukai penonton. Tema ini biasanya mengambil latar sekolah dengan alur cerita yang ringan. Pengambilan gambarnya pun biasanya tampak cerah, penuh warna, dan dinamis. Tak jarang genre ini dimainkan oleh pemeran baru sebagai debutnya di dunia akting. 


Ada pula komedi dengan subgenre slice of life atau penggalan kehidupan. Sesuai namanya, tema ini biasanya dibuat berdasarkan realita dan keseharian yang akrab dengan penonton. Film slice of life sering kali menampilkan suasana nyata, misalnya karakter yang sehari-harinya bersekolah atau bekerja. Unsur kelucuan dan humor dalam film ini lebih ditonjolkan untuk menghibur penonton.

Musikal, diiringi musik asyik yang membangkitkan suasana

Musikal, diiringi musik asyik yang membangkitkan suasana

Subgenre musikal juga menarik untuk Anda tonton. Musik dan lagu dalam film komedi musikal dinyanyikan oleh para karakter yang terlibat dalam narasi. Adanya elemen musik dan lagu menjadikan film makin hidup dan mengasyikkan.


Tidak hanya cerita, lagu dan aransemen yang ear catchy sangat penting dalam pembuatan film musikal. Dalam film komedi, elemen musikal menjadi unsur kuat pengembangan humor, misalnya dari lirik yang kocak.

Horor komedi yang tidak kalah menghibur

Horor komedi yang tidak kalah menghibur

Selain tema yang sudah dibahas di atas, masih banyak subgenre film komedi Thailand yang patut untuk disaksikan. Ada subgenre horor yang alih-alih menakutkan, malah lebih sering membuat penontonnya tergelak. Meskipun menampakkan hantu, komedi horor diselingi cerita lucu yang lebih dominan


Film horor komedi Thailand banyak disukai karena memiliki warna yang khas dan selalu sukses menggelitik penontonnya. Film Thailand dengan subgenre ini juga cukup populer di Indonesia karena memadukan cerita seram, jumpscare, dan kekonyolan para pemainnya. 

② Pertimbangkan production house yang membuat filmnya

Pertimbangkan production house yang membuat filmnya
Sumber: gdh559.com

Anda juga bisa memilih film komedi Thailand beradasarkan production house-nya. Di Thailand ada dua produsen film yang terkenal dalam membuat film-film komedi berkualitas yaitu GTH dan GDH.


GTH merupakan perusahan gabungan tiga perusahaan media paling terkenal di Thailand. GTH atau GMM Tai Hub diluncurkan pada Mei 2004 oleh GMM Grammy (pemegang 51% saham), Tai Entertainment (30% saham), dan Hub Ho Hin Bangkok (19% saham). Sayangnya, tanggal 13 November 2015 GMM Tai Hub mengumumkan bahwa GTH akan dibubarkan pada 31 Desember 2015. Hal tersebut disebabkan oleh konflik internal.


Gross Domestic Happiness atau GDH merupakan anak perusahaan studio film besar di Thailand yaitu GMM Grammy. GDH sendiri didirikan pada 5 Januari 2016 dan disebut sebagai penerus GTH yang telah bubar. GDH telah merilis film dari berbagai genre, seperti romansa, komedi, horor, dan drama. Salah satu film terkenal yang dibuatnya adalah Bad Genius.

③ Perhatikan kategori usia dan sinopsis film yang akan ditonton

Perhatikan kategori usia dan sinopsis film yang akan ditonton

Agar memudahkan dalam menemukan film yang paling sesuai dengan selera, Anda bisa mengecek sinopsisnya terlebih dahulu. Melalui sinopsis, Anda dapat memperkirakan isi dan alur cerita film. Cara tersebut akan mempersingkat waktu untuk menyortir film yang paling tepat. 


Poin lain yang juga tidak kalah penting adalah memeriksa kategori usia yang disarankan. Sejumlah film komedi Thailand mengandung unsur humor yang kurang cocok untuk penonton di bawah umur. Karena itu, Anda perlu lebih cermat dalam memilih film komedi Thailand, terutama bila akan ditonton bersama keluarga.

④ Cek review dari penonton lain melalui website atau media sosial

Cek review dari penonton lain melalui website atau media sosial

Masih kebingungan menemukan film komedi Thailand yang ingin ditonton? Cobalah untuk membaca ulasan dari penonton lainnya. Anda yang baru ingin mulai menikmati film Thailand tentu akan sangat terbantu dengan review penonton terdahulu.


Kini Anda bisa dengan mudah membaca review melalui berbagai situs web atau media sosial, baik lokal maupun internasional. Namun, berhati-hatilah agar tidak melihat spoiler yang umum ditemukan pada ulasan. Anda cukup membaca review secara sekilas untuk mendapatkan gambaran singkat tentang film yang akan ditonton.

10 Rekomendasi film komedi Thailand terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film komedi Thailand terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Jor Kwang Films, GTH

The Teacher's Diary

Jor Kwang Films, GTH The Teacher's Diary 1枚目

Kisah pasangan guru yang lucu, romantis, dan inspiratif

2

Jor Kwang Films, GDH 559

Bad Genius

Jor Kwang Films, GDH 559 Bad Genius 1枚目

Aksi contek menyontek siswa SMA dengan triknya yang mindblowing

3

Jor Kwang Films, GTH

Pee Mak

Jor Kwang Films, GTH Pee Mak 1枚目

Film horor komedi tentang sekelompok pria yang menghadapi hantu cantik

4

CJ Major Entertainment

Suddenly 20

CJ Major Entertainment Suddenly 20 1枚目

Ajaib! Seorang nenek kembali menjadi gadis berusia 20 tahun!

5

Jor Kwang Films, GDH 559

The Con-Heartist

Jor Kwang Films, GDH 559 The Con-Heartist 1枚目

Dunia tipu menipu dengan bumbu cinta yang romantis dan mengocok perut

6

Jor Kwang Films, GDH 559

Brother of the Year

Jor Kwang Films, GDH 559 Brother of the Year 1枚目

Tampilkan love-hate relationship antara kakak dengan adik

7

Transformation Films

Single Lady

Transformation Films Single Lady 1枚目

Bisa membuat Anda tertawa sekaligus sedih, serta punya banyak pesan moral

8

GDH 559

Tootsies & The Fake

GDH 559 Tootsies & The Fake 1枚目

Kocaknya perjuangan mencari kembaran aktris terkenal

9

iAM Films

Thibaan × BNK48

iAM Films Thibaan × BNK48 1枚目

Cerita penuh tawa saat grup idola harus tinggal di desa

10

Transformation Films

My God! Father

Transformation Films My God! Father 1枚目

Kisah seru dan menghibur dari pertemuan tak terduga antara anak dengan ayah

Perincian produk
Close
No.1

Jor Kwang Films, GTHThe Teacher's Diary

Kisah pasangan guru yang lucu, romantis, dan inspiratif

The Teacher's Diary menceritakan kisah dua orang guru yaitu Song dan Ann yang mengajar di pedalaman. Song, yang banting setir dari pegulat menjadi guru, mengajar di sekolah yang dahulu merupakan tempat Ann bekerja. Song tak sengaja menemukan buku harian milik Ann yang ditulis tiga tahun lalu. Semua curahan hatinya tertulis dalam buku itu, termasuk saat-saat Ann mengajar di sekolah serta masalah percintaannya.


Banyak kisah lucu yang diungkapkan dalam buku harian Ann yang dapat menghibur Anda. Film ini juga termasuk sukses dan amat populer karena kisah cinta yang tak terduga dari pemeran utamanya. Anda yang suka dengan film romantis dengan banyak pesan edukatif, silakan tonton film ini. Siap-siap baper, ya!

No.2

Jor Kwang Films, GDH 559Bad Genius

Aksi contek menyontek siswa SMA dengan triknya yang mindblowing

Lynn adalah seorang siswa SMA jenius yang menghasilkan uang dengan menjual kunci jawaban soal ujian pada pelajar lain. Bisnis haram ini berawal dari pertemanannya dengan Grace, gadis cantik yang ramah, tetapi lemah dalam pelajaran. Lynn sering memberi contekan kepada Grace saat ujian. Akhirnya ide bisnis kunci jawaban pun muncul dan ia kembangkan.


Film ini dapat membuat Anda tertawa sekaligus tegang saat berbagai trik menyontek ditampilkan dengan sangat apik. Anda dapat memilih film ini jika ingin menonton film dengan alur cerita yang out of the box. Meski ceritanya unik, trik menyontek yang diperlihatkan tidak untuk ditiru, ya!

No.3

Jor Kwang Films, GTHPee Mak

Film horor komedi tentang sekelompok pria yang menghadapi hantu cantik

Film ini dibuat berdasarkan urban legend terkenal di Thailand yaitu Mae Nak Phra Khanong. Mak dan Nak adalah pasutri yang bahagia. Namun, Mak harus meninggalkan istrinya yang sangat cantik dan sedang hamil ke medan perang. Nahas, Nak dan bayinya meninggal dunia, lalu Nak menjelma menjadi hantu cantik. 


Beberapa bulan kemudian, Mak bisa kembali ke kampung halamannya dan bertemu dengan istri dan anaknya. Mak memperkenalkan keempat temannya dari perang kepada sang istri. Keempat teman Mak menyadari keanehan pada Nak, tetapi Mak tidak mempercayainya. Film komedi horor ini dapat ditonton siapa saja, bahkan oleh Anda yang penakut.

No.4

CJ Major EntertainmentSuddenly 20

Ajaib! Seorang nenek kembali menjadi gadis berusia 20 tahun!

Suddenly Twenty merupakan hasil remake film laris Korea berjudul Miss Granny. Kesuksesan film Miss Granny juga dibuat remake di sejumlah negara selain Thailand, yaitu Cina, Jepang, Vietnam, Filipina, bahkan Indonesia.  Film ini menceritakan seorang nenek berusia 70 tahun yang dikenal cerewet dan kolot.


Pada suatu waktu, nenek tersebut mengunjungi studio foto misterius dan ingin tampil cantik di foto tersebut. Namun, si nenek secara ajaib menjadi muda kembali bagaikan gadis berusia 20 tahun. Apabila Anda mencari romcom dengan sentuhan cerita keluarga yang menghangatkan hati, tontonlah film ini. 

No.5

Jor Kwang Films, GDH 559The Con-Heartist

Dunia tipu menipu dengan bumbu cinta yang romantis dan mengocok perut

The Con-Heartist adalah film komedi Thailand yang bercerita tentang banker bernama Ina. Dengan kepribadian polosnya, Ina mudah ditipu oleh banyak orang, termasuk pacarnya, Petch. Ina bahkan harus terlilit utang gara-gara selalu diminta untuk meminjamkan uang pada Petch. 


Suatu hari Ina hampir kembali tertipu oleh seseorang bernama Tower. Namun, Ina tidak lantas melaporkan Tower ke polisi. Sebaliknya, Ina mengajaknya kerja sama untuk balas dendam pada Petch. Karena tak mau tertangkap polisi, Tower menerima ajakan Ina untuk menjalankan misi tersebut. Tanpa diduga, benih-benih cinta pun timbul. Film ini cocok untuk Anda yang tidak ingin berpikir keras karena alurnya yang mudah diikuti.

No.6

Jor Kwang Films, GDH 559Brother of the Year

Tampilkan love-hate relationship antara kakak dengan adik

Anda sedang mencari tontonan yang ringan dengan tema keluarga? Mungkin film ini bisa mengisi waktu luang Anda. Brother of the Year merupakan film komedi romantis Thailand tentang kehidupan kakak dengan adik yang tak pernah akur. Sang kakak dikenal tampan, tetapi selalu membuat adik wanitanya yang pintar merasa kesal.


Sejak kecil hingga dewasa, keduanya selalu bertengkar. Bahkan, saat sang kakak mengetahui adiknya mempunyai pacar, ia melakukan segala cara untuk memisahkan mereka. Meski begitu, keduanya ternyata menyimpan rasa sayang yang jarang diungkapkan dan dapat menyentuh hati penontonnya.

No.7

Transformation FilmsSingle Lady

Bisa membuat Anda tertawa sekaligus sedih, serta punya banyak pesan moral

Film Single Lady menceritakan tentang seorang wanita bernama Bright yang mantap dengan pilihannya untuk hidup tanpa pasangan. Ia pun sukses menghasilkan sebuah buku hingga menjadikan dirinya sebagai idola wanita single. Namun, sebuah ramalan menghantuinya karena ia diramal tidak akan bahagia jika tidak menolong dan dimaafkan mantan pacarnya.


Apa yang akan dilakukan Bright agar bisa meraih kebahagiaannya kembali? Pastikan Anda tidak melewatkan film ini untuk mengetahui jawabannya! Single Lady juga dapat Anda tonton jika Anda mencari film yang menginspirasi, tetapi dikemas dengan cara yang menghibur.

No.8

GDH 559Tootsies & The Fake

Kocaknya perjuangan mencari kembaran aktris terkenal

Tootsies & The Fake adalah pilihan tepat bila Anda menyukai humor slapstick yang mengocok perut. Film ini merupakan pecahan dari serial Diary of Tootsies yang cukup populer di Thailand. Geng Tootsies sendiri terdiri dari para pria feminin yang heboh, yaitu Golf, Kim, Gus, dan Natty. 


Kehidupan mereka kacau balau ketika Golf membuat aktris terkenal yang bernama Cathy pingsan dan cedera sebelum syuting iklan. Mereka harus membayar denda jutaan Baht jika Cathy tidak muncul saat syuting minggu depan. Akhirnya mereka memutuskan mencari sosok yang mirip dengan Cathy untuk menggantikannya. 

No.9

iAM FilmsThibaan × BNK48

Cerita penuh tawa saat grup idola harus tinggal di desa

Untuk menciptakan musik baru, sebuah girl group idola di Thailand harus tinggal di pedesaan. Harapannya, suasana desa yang jauh dari kehidupan modern dapat menghasilkan lagu yang fresh dan menginspirasi.


Film ini akan membuat Anda terhibur dengan tingkah lucu para anggota grup idola yang terpaksa hidup sederhana. Jika Anda mencari film komedi yang ringan dan menyenangkan, film ini wajib Anda tonton!

No.10

Transformation FilmsMy God! Father

Kisah seru dan menghibur dari pertemuan tak terduga antara anak dengan ayah

My God! Father mengisahkan tentang Got (Tanawat Wattanaputi) yang bertualang ke masa lalu setelah kecelakaan bersama ayahnya. Ia mengalami koma dan tiba-tiba berada pada tahun 1998 saat Got belum dilahirkan. Pada masa tersebut, Got bertemu Prem sosok ayahnya saat masih muda. 


Cerita ini makin menarik saat Got bergabung dengan Geng Hot Rod yang diketuai sang ayah. Got ingin mengetahui sosok ayahnya dan berusaha mengubah nasib ayah ibunya agar masa depan kehidupannya lebih baik. Jika Anda suka dengan film bertema time travel yang seru dan menghibur, film ini cocok untuk Anda tonton.

Baca juga rekomendasi tontonan lainnya di sini

Seiring dengan menjamurnya layanan streaming di Indonesia, menonton film kini makin mudah dan menyenangkan. Selain film komedi Thailand, masih banyak alternatif tontonan lain untuk mengisi waktu luang. Silakan baca artikel mengenai rekomendasi tontonan lainnya di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda terkait artikel ini? Apakah Anda sudah menemukan judul film komedi Thailand yang paling menarik hati? Film-film di atas kini bisa dengan mudah disaksikan di sejumlah situs dan aplikasi streaming legal kesayangan Anda.


Selain sepuluh judul di atas, masih ada film lain yang menarik untuk dilirik, lho. Pastikan Anda mengecek subgenre, production house, rating, sinopsis, serta reviews sebelum memilih. Selamat memilih dan semoga Anda berhasil menemukan yang cocok!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer