• 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Dewasa ini, skincare yang mengandung niacinamide diketahui memiliki banyak manfaat baik bagi kulit. Niacinamide sering dipadukan dengan bahan lain untuk menghasilkan efek lebih sinergis di kulit. Ceramide, salicylic acid, retinol, dan alpha arbutin merupakan beberapa contohnya.


Banyak merek skincare, memproduksi skincare ber-niacinamide. Sebut saja Avoskin, The Ordinary, Wardah, hingga Garnier. Harganya bervariasi, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Kali ini, kami akan membahas tips memilih skincare yang mengandung niacinamide. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.


Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Keunggulan skincare yang mengandung niacinamide

Keunggulan skincare yang mengandung niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3 yang memiliki sifat mudah larut dalam air. Niacinamide populer akan manfaatnya yang sangat baik bagi kulit. Tak heran jika niacinamide, atau dikenal juga sebagai nicotinamide, sering dianggap sebagai bahan aktif yang serbaguna.


Menurut Journal of Cosmetic Dermatologyniacinamide efektif untuk meningkatkan kondisi skin barrier, merangsang pertumbuhan keratin, hingga menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit. Selain itu, niacinamide juga bermanfaat sebagai bahan anti-inflamasi sehingga ampuh untuk meredakan jerawat, rosacea, serta efektif untuk masalah pigmentasi.


Karena beragam manfaat tersebut, banyak produsen berlomba-lomba menggunakan niacinamide dalam skincare produksinya. Terlebih, niacinamide tergolong aman untuk semua jenis kulit, serta mudah dipadukan dengan bahan aktif lainnya. Dibanding bahan aktif yang memiliki manfaat serupa, niacinamide memiliki keunggulan toleransi yang baik. Niacinamide tidak bersifat fotosensitif, dan tidak mudah teroksidasi.


Sekarang Anda tentu sudah tidak sabar ingin mencoba skincare yang mengandung niacinamide, bukan? Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu tips memilih produk yang bagus di bawah ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare yang mengandung niacinamide

Ada beragam jenis skincare yang mengandung niacinamide di pasaran, mulai dari facial wash, toner, serum, hingga sunscreen. Karena banyaknya pilihan, Anda mungkin jadi bingung memilih. Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli skincare yang mengandung niacinamide. Silakan perhatikan dengan saksama!

Perhatikan konsentrasi niacinamide-nya

Perhatikan konsentrasi niacinamide-nya

Tiap-tiap skincare memiliki kandungan niacinamide yang sangat beragam. Persentase kandungan niacinamide dalam skincare yang beredar saat ini sangatlah bervariasi, mulai dari 0,0001% hingga 20%. Penelitian mendapatkan bahwa kadar yang efektif berkisar antara 2% sampai 10%.


Perbedaan konsentrasi kandungan niacinamide memengaruhi efektivitas suatu produk dalam menunjukkan hasil pemakaian terhadap kulit. Makin tinggi persentase niacinamide dalam skincare, makin kompleks masalah kulit yang dapat diatasi.


Efektivitas niacinamide semakin baik pada dosis yang lebih tinggi (untuk kadar 2% vs 5%). Namun, para ahli sepakat bahwa kadar yang terlalu tinggi belum tentu berarti lebih baik. Hingga saat ini, kadar niacinamide tertinggi yang pernah diuji untuk potensi iritasi adalah 20%. Kadar yang terlalu tinggi tidak disarankan untuk jenis kulit sensitif karena berisiko menyebabkan efek samping yang tidak diharapkan.


Berdasarkan The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, skincare yang mengandung niacinamide 2,5% sudah cukup untuk membuat permukaan kulit terasa lebih halus. Sementara itu, kandungan niacinamide 5% dipercaya mampu mengatasi hiperpigmentasi sekaligus menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit.


Untuk pemilik kulit sensitif, penggunaan skincare yang mengandung niacinamide 2% juga lebih disarankan. Persentase tersebut dinilai lebih aman sehingga tidak akan merangsang terjadinya iritasi pada kulit.

Cek kandungan bahan lain agar sesuai dengan kebutuhan kulit

Selain niacinamide, biasanya skincare juga diperkaya dengan bahan aktif lain supaya dapat mengatasi permasalahan kulit lebih maksimal. Karena itu, penting untuk mengidentifikasi masalah kulit yang dialami sebelum memilih skincare. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan skincare dengan kandungan bahan yang sesuai kebutuhan.

Tingkatkan hidrasi kulit dengan bahan pelembap tinggi

Tingkatkan hidrasi kulit dengan bahan pelembap tinggi

Kulit yang kehilangan kelembapannya memiliki ciri terasa kering dan kaku. Alhasil, masalah kulit pun mudah bermunculan, mulai dari terkelupas, iritasi, jerawat, hingga terdapat tanda-tanda penuaan. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kadar kelembapan kulit agar tetap seimbang.


Untuk menghidrasi kulit, kami sangat menyarankan penggunaan skincare yang mengandung niacinamide dan hyaluronic acid. Selain itu, perpaduan niacinamide dan ceramide juga sangat ampuh untuk melembapkan kulit. Kedua jenis bahan tersebut merupakan bahan berpelembap tinggi yang efektif menghidrasi sekaligus mengunci kelembapan kulit.

Ratakan warna kulit dan hilangkan noda hitam dengan bahan pencerah

Ratakan warna kulit dan hilangkan noda hitam dengan bahan pencerah

Tingginya paparan sinar matahari di Indonesia tentu akan memengaruhi kondisi kulit. Warna kulit biasanya akan menjadi tidak merata, serta tampak kusam. Selain itu, bisa muncul bintik hitam di wajah. Karena itu, Anda memerlukan skincare yang mengandung niacinamide sekaligus bahan pencerah. Beberapa contoh bahan pencerah yang sering dipadukan dengan niacinamide antara lain vitamin C dan alpha arbutin.

Atasi jerawat dengan kandungan bahan exfoliator

Atasi jerawat dengan kandungan bahan exfoliator

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh wanita Indonesia. Selain pubertas, jerawat biasanya muncul akibat menumpuknya kotoran dan sebum di kulit. Saat kulit berjerawat, penggunaan skincare yang mengandung niacinamide sekaligus bahan exfoliator sangat diperlukan. Dengan begitu, kotoran dan minyak yang menutup pori-pori kulit bisa diangkat dengan lebih maksimal.


Penggunaan bahan exfoliator sering menimbulkan iritasi pada kulit. Dalam kondisi ini, peran niacinamide sangat dibutuhkan karena dapat menekan kemungkinan terjadinya iritasi. Karena itu, perpaduan antara niacinamide dengan salicylic acid atau retinol akan sangat bermanfaat bagi pemilik kulit berjerawat.

Hindari keberadaan bahan iritan untuk mengurangi risiko ketidakcocokan

Hindari keberadaan bahan iritan untuk mengurangi risiko ketidakcocokan

Selain memeriksa kandungan bahan aktif dalam skincare, Anda juga perlu memastikan ketiadaan bahan iritan di dalamnya. Beberapa bahan iritan yang biasanya terkandung dalam skincare antara lain pengawet, pewangi, pewarna, paraben, alkohol, sulfat, hingga silikon.


Meski biasanya kadar bahan iritan yang terkandung dalam skincare masih dalam batas normal, tak ada salahnya untuk menghindarinya. Hal tersebut terlebih perlu dilakukan oleh pemilik kulit sensitif yang kulitnya mudah bereaksi saat terpapar bahan iritan.

10 Rekomendasi skincare terbaik yang mengandung niacinamide

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare terbaik yang mengandung niacinamide yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10

GarnierSakura White Pinkish Radiance Whitening Cream (SPF30/PA+++)

Mulai dari Rp 70.000,00

Konsenstrasi niacinamideTidak disebutkan
Bahan aktif utamaSodium hyaluronate, salicylic acid
Bahan iritanPewangi, silikon
Varian isi20 ml, 50 ml
9
Konsenstrasi niacinamideTidak disebutkan
Bahan aktif utamaNiacinamide, licorice root extract
Bahan iritanPewangi
Varian isi50 ml, 100 ml
8
Konsenstrasi niacinamideTidak disebutkan
Bahan aktif utamaNiacinamide, retinol, ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOP
Bahan iritanSilikon, alkohol
Varian isi30 ml
7

DECIEMThe Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Mulai dari Rp 197.000,00

Konsenstrasi niacinamide10%
Bahan aktif utamaNiacinamide, zinc PCA
Bahan iritanX
Varian isi30 ml, 60 ml
6

For Skin's SakeWeightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 190.000,00

Konsenstrasi niacinamideTidak disebutkan
Bahan aktif utamaNiacinamide, Centella asiatica extract
Bahan iritanX
Varian isi7 ml, 45 ml
5

Mitra Kreasi NaturalThe Bath Box Bloomka Calendula + Vitamin B3 Whitening Facial Toner

Mulai dari Rp 92.000,00

Konsenstrasi niacinamide5%
Bahan aktif utamaNiacinamide, calendula officinalis flower extract, Calendula officinalis flower
Bahan iritanX
Varian isi100 ml
4

Royal Pesona IndonesiaSomethinc 5% Niacinamide Barrier Serum

Mulai dari Rp 89.000,00

Konsenstrasi niacinamide5%
Bahan aktif utamaNiacinamide, rose water, ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOP, zinc PCA, hydrolyzed algae extract, beet root extract
Bahan iritanX
Varian isi20 ml, 40 ml
3

SK-IIR.N.A.Power Eye Cream Radical New Age

Mulai dari Rp 1.025.000,00

Konsenstrasi niacinamideTidak disebutkan
Bahan aktif utamaNiacinamide, galactomyces ferment filtrate, hydrolyzed yeast protein, hydrolyzed lupine protein
Bahan iritanPewangi, paraben, silikon
Varian isi15 gr
2

Some by MiYuja Niacin 30 Days Miracle Brightening Sleeping Mask

Mulai dari Rp 442.143,00

Konsenstrasi niacinamide5%
Bahan aktif utamaNiacinamide, citrus junos fruit extract, Citrus junos peel oil, alpha arbutin
Bahan iritanX
Varian isi60 gr
1

AvoskinYour Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Mulai dari Rp 139.000,00

Konsenstrasi niacinamide12%
Bahan aktif utamaNiacinamide, Centella asiatica
Bahan iritanX
Varian isi30 ml

Tabel perbandingan produk skincare terbaik yang mengandung niacinamide

Gambar produk
1
Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica 1

Avoskin

2
Some by Mi Yuja Niacin 30 Days Miracle Brightening Sleeping Mask 1

Some by Mi

3
SK-II R.N.A.Power Eye Cream Radical New Age 1

SK-II

4
Royal Pesona Indonesia Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum 1

Royal Pesona Indonesia

5
Mitra Kreasi Natural The Bath Box Bloomka Calendula + Vitamin B3 Whitening Facial Toner 1

Mitra Kreasi Natural

6
For Skin's Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

For Skin's Sake

7
DECIEM The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% 1

DECIEM

8
Cerave Resurfacing Retinol Serum 1

Cerave

9
Wardah Lightening Whip Facial Foam 1

Wardah

10
Garnier Sakura White Pinkish Radiance Whitening Cream (SPF30/PA+++) 1

Garnier

Nama produk

Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Yuja Niacin 30 Days Miracle Brightening Sleeping Mask

R.N.A.Power Eye Cream Radical New Age

Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum

The Bath Box Bloomka Calendula + Vitamin B3 Whitening Facial Toner

Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Resurfacing Retinol Serum

Lightening Whip Facial Foam

Sakura White Pinkish Radiance Whitening Cream (SPF30/PA+++)

Keunggulan

Dapatkan kulit lebih bersinar dan bebas jerawat

Tidur lebih nyenyak, wajah pun lebih cerah

Kaya protein untuk menghilangkan garis halus di mata

Cegah masalah kulit dengan memperkuat skin barrier

Segarkan kulit dalam sekali usap

Cegah terjadinya kulit terbakar sinar matahari

Tekan produksi minyak berlebih pada wajah

Ratakan tekstur kulit dan bekas jerawat

Hasilkan busa hingga lima kali lebih lembut

Paling multifungsi, tiga manfaat dalam satu produk!

Harga mulai dariRp 139.000,00Rp 442.143,00Rp 1.025.000,00Rp 89.000,00Rp 92.000,00Rp 190.000,00Rp 197.000,00Rp 345.000,00Rp 29.000,00Rp 70.000,00
Konsenstrasi niacinamide12%5%Tidak disebutkan5%5%Tidak disebutkan10%Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Bahan aktif utamaNiacinamide, Centella asiaticaNiacinamide, citrus junos fruit extract, Citrus junos peel oil, alpha arbutinNiacinamide, galactomyces ferment filtrate, hydrolyzed yeast protein, hydrolyzed lupine proteinNiacinamide, rose water, ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOP, zinc PCA, hydrolyzed algae extract, beet root extractNiacinamide, calendula officinalis flower extract, Calendula officinalis flowerNiacinamide, Centella asiatica extractNiacinamide, zinc PCANiacinamide, retinol, ceramide NP, ceramide AP, ceramide EOPNiacinamide, licorice root extractSodium hyaluronate, salicylic acid
Bahan iritanXXPewangi, paraben, silikonXXXXSilikon, alkoholPewangiPewangi, silikon
Varian isi30 ml60 gr15 gr20 ml, 40 ml100 ml7 ml, 45 ml30 ml, 60 ml30 ml50 ml, 100 ml20 ml, 50 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar skincare yang mengandung niacinamide

Pertanyaan umum seputar skincare yang mengandung niacinamide

Selain menyajikan tips dan rekomendasi produk, kami juga punya informasi menarik lainnya. Berikut ini, pertanyaan umum seputar niacinamide.

Berapa kandungan niacinamide yang pas untuk kulit?

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan secara terperinci masing-masing kadar niacinamide dan peruntukannya. Hanya saja, disebutkan bahwa kandungan niacinamide yang efektif pada skincare adalah 2% hingga 10%.


Hal yang terpenting adalah menggunakan niacinamide sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit sensitif sebaiknya memakai niacinamide mulai dari kadar yang rendah, yaitu 2%.

Skincare dengan kandungan apa saja yang cocok digunakan bersama dengan niacinamide?

Niacinamide dapat dipadukan pemakaiannya dengan berbagai bahan aktif lain dalam skincare. Pemilihan bahan aktif apa yang cocok sebaiknya disesuaikan dengan masalah kulit yang dimiliki.


Tidak ada bahan aktif yang secara khusus harus dihindari untuk digunakan bersama niacinamide. Informasi yang menyebutkan bahwa skincare yang mengandung vitamin C sebaiknya tidak digunakan bersama niacinamide terbukti tidak benar


Kedua kandungan tersebut dapat digunakan bersamaan dan bekerja baik untuk masalah pigmentasi. Apabila masih ragu, keduanya dapat digunakan terpisah di waktu yang berbeda, misalnya pagi dan malam.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa niacinamide topikal jarang menyebabkan alergi dan iritasi. Meski demikian, dapat terjadi efek samping ringan, seperti rasa terbakar, gatal, kemerahan, dan iritasi pada individu yang sensitif. Ingatlah untuk selalu melakukan patch test saat mencoba suatu bahan baru.

Baca juga rekomendasi produk skincare lainnya di sini

Selain niacinamide, ada bahan aktif lain yang juga bermanfaat untuk kulit, contohnya retinolhyaluronic acid, dan ceramide. Fungsinya pun beragam seperti memperbaiki skin barrier sampai mencegah munculnya jerawat akibat pemakaian masker. Jika Anda penasaran dengan kehebatan produk-produk yang mengandung bahan tersebut, segera kunjungi artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga setelah membaca ulasan kami, Anda bisa memilih skincare yang mengandung niacinamide dengan lebih tepat.


Skincare yang mengandung niacinamide memang sangat bermanfaat bagi kulit. Terlebih lagi jika di dalamnya terdapat kandungan bahan aktif lain yang dapat menjadi booster bagi niacinamide. Namun, tetap perhatikan konsentrasi niacinamide di dalamnya, ya. Jangan sampai produk yang digunakan justru menimbulkan iritasi kulit. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Skincare Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Skincare Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat hamil, ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah pemilihan skincare. Anda tidak bisa menggunakan skincare seperti sebelumnya karena terdapat beberapa kandungan yang harus dihindari. Bahkan, pengobatan kulit wajah untuk ibu hamil berjerawat pun harus lebih berhati-hati.Tenang saja, sepuluh skincare yang aman untuk ibu hamil juga sudah kami siapkan sebagai rekomendasi. Beberapa merek skincare yang bagus, seperti Cetaphil, Avoskin, dan Mama's Choice tersedia di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati. Simak dengan saksama review kami, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori