1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Apakah Anda sedang mencari ide untuk membuat rumah lebih nyaman? Memasang karpet bulu bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Karpet bulu cenderung tebal, hangat, lembut, dan bisa meredam suara. Ruang keluarga bisa lebih nyaman ditempati dan ramah untuk anak-anak kecil jika ada karpet bulunya. 


Anda juga bisa memasangnya di kamar tidur, ruang makan, atau ruang tamu. Kami akan mengulas tips memilih karpet bulu serta merekomendasikan karpet bulu yang bagus. Merek ternama seperti IKEA, Informa, dan 109 Pillow pun kami bahas, lho! Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

Diperbaharui 09-02-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Desy Rachma

Desy Rachma adalah lulusan UNY jurusan Sastra Indonesia yang akrab dipanggil Desy. Setelah lulus, ia bekerja selama 3,5 tahun di bidang penerbitan. Desy menjadi redaktur naskah yang bertugas mengawasi penulis, editor, serta memantau proses terbitnya naskah. Ia kemudian bekerja sebagai SEO & content specialist selama 2 tahun di salah satu perusahaan furnitur. Berbekal pengetahuan dan pengalaman selama studi maupun bekerja, Desy bergabung dengan mybest dan menjadi penulis pada tahun 2022. Di waktu senggangnya, Desy suka membaca novel dan membuat konten kreatif. Untuk meningkatkan mood, Desy biasanya menonton drama dan MV. Desy juga sudah memiliki beberapa karya buku yang telah diterbitkan.

Profil Desy Rachma
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih karpet bulu

Anda baru pertama kali membeli karpet bulu? Simak dahulu tips berikut ini agar produk yang dipilih sesuai keinginan Anda.

① Kenali beberapa bahan karpet bulu

Bahan pembuat karpet bulu ada bermacam-macam. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah wol, rasfur, dan polipropilena. Bagaimana perbedaan ketiganya?

Wol: Supernyaman dan memberikan kehangatan ekstra

Wol: Supernyaman dan memberikan kehangatan ekstra

Karpet berbahan wol dapat memberikan ketebalan dan kehangatan yang sangat baik. Kain yang dibuat dari bulu domba ini juga dikenal sebagai bahan yang premium. Namun, apakah karpet berbahan wol cocok untuk dipakai di negara tropis seperti Indonesia?


Untuk karpet berbahan wol, Anda bisa memasangnya di ruangan yang AC-nya dingin, misalnya kamar tidur. Namun, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan karpet bulu wol.

Rasfur: Karpet berbulu panjang yang mudah didapatkan di pasaran

Rasfur: Karpet berbulu panjang yang mudah didapatkan di pasaran

Bahan rasfur sering digunakan sebagai bahan pembuat boneka. Karakteristiknya lembut dan nyaman saat terkena kulit sehingga karpet bulu berbahan rasfur termasuk yang paling banyak dicari. Selain karena kualitasnya yang apik, karpet jenis ini memiliki harga yang masih terbilang wajar. 


Biasanya, harga karpet tipe ini ditentukan dari panjang bulu dan kualitas bahan rasfur-nya. Makin panjang kain rasfur, makin tinggi pula harganya. Anda bisa memasangnya di ruang tidur atau ruang keluarga untuk menambah kenyamanan. 

Polipropilena: Lebih mudah dibersihkan dan tidak berbau

Polipropilena: Lebih mudah dibersihkan dan tidak berbau

Karpet polipropilena sangat berbeda dengan bahan wol atau rasfur yang bulunya cenderung panjang dan lembut. Bulu-bulu yang terbuat dari bahan polipropilena cenderung pendek, kaku, tetapi tetap nyaman saat diinjak. Karpet bulu ini juga tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Biasanya karpet-karpet premium menggunakan bahan ini karena tampilannya lebih elegan. 


Bulunya yang pendek ini membuat karpet polipropilena lebih banyak motifnya. Karpet ini lebih cocok untuk alas di ruang tamu atau ruang kerja. Kelebihan lainnya, kotoran lebih mudah terlihat karena bulu-bulunya yang pendek. Anda juga jadi lebih mudah membersihkannya.

② Pertimbangkan ukuran serta ketebalannya

Pertimbangkan ukuran serta ketebalannya

Poin yang tidak kalah penting dalam memilih karpet bulu adalah ukuran dan ketebalannya. Sesuaikan ukuran karpet bulu dengan ruangan yang Anda sediakan. Setiap rumah memiliki luas yang berbeda-beda sehingga tidak ada patokan ukuran karpet bulu yang ideal. Anda bisa menyesuaikannya tergantung tempat peletakannya.


  • Ruang makan
Biasanya karpet bulu diletakkan di bawah meja makan. Pilihlah karpet bulu dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari meja makan rumah Anda.

  • Kamar tidur
Tujuan peletakan karpet bulu di kamar tidur adalah memberikan kenyamanan. Selain itu, karpet bulu juga bisa digunakan untuk membuat ruang belajar atau space main tambahan di kamar Anda. Pilihlah ukuran karpet sepanjang ukuran kasur Anda, tetapi lebar karpet cukup setengahnya. Anda bisa meletakkannya di sisi samping kiri atau kanan ranjang.

  • Ruang keluarga
Pilihlah karpet bulu berukuran luas yang bisa menampung setidaknya 75% anggota keluarga Anda. Jadi, keluarga bisa berkumpul dengan nyaman, baik duduk di atas sofa maupun lesehan di karpet bulu. Sebagai panduan, Anda bisa memilih karpet berukuran 250 cm x 150 cm atau 250 cm x 200 cm.

  • Ruang tamu
Karpet bulu di ruang tamu tujuannya untuk mempercantik ruangan. Biasanya, karpet diletakkan di bawah meja tamu. Pilihlah yang ukurannya tidak terlalu besar agar tidak cepat kotor atau setidaknya seukuran meja tamu. 

Di lain sisi, kenyamanan karpet bulu juga ditentukan oleh ketebalannya. Idealnya, karpet bulu yang beredar di pasaran memiliki ketebalan 2–2,5 cm. Jika Anda butuh karpet bulu yang supernyaman, pilihlah yang ketebalannya 3 cm atau lebih. Sebaliknya, jika tujuan penggunaannya adalah untuk estetika semata, Anda tidak butuh karpet bulu yang terlalu tebal.

③ Sesuaikan motifnya dengan desain interior rumah

Ada berbagai motif karpet bulu yang bisa Anda pilih, misalnya corak bunga, karakter kartun, atau polos. Pilihlah yang sesuai dengan tema interior rumah Anda.

Corak polos: Memberikan nuansa homey

Corak polos: Memberikan nuansa homey

Karpet bulu berwarna polos menjadi salah satu favorit pilihan keluarga. Corak ini memberikan suasana yang lebih clean dan tenang. Anda bisa memasangnya di ruang keluarga atau kamar tidur. 


Karpet bulu polos yang bulunya tebal dan panjang lebih cocok dipasang di kamar tidur. Sayangnya, karpet bulu tipe ini lebih mudah memerangkap kotoran sehingga kurang pas untuk Anda yang alergi debu. Untuk ruang keluarga, gunakan karpet polos yang bulunya pendek. Tujuannya untuk menghangatkan suasana ruangan saja dan agar lebih mudah dibersihkan.

Corak karakter: Cocok untuk kamar anak kecil

Corak karakter: Cocok untuk kamar anak kecil

Karpet bulu ada juga yang bergambar karakter kartun, misalnya beruang. Karakter-karakter lucu ini membuat suasana ruangan jadi lebih cheerful. Anda bisa memasangnya di kamar tidur anak-anak. Anda juga bisa memilih warna yang lebih mencolok untuk membuatnya lebih fun dan tidak monoton.

Motif atau pattern tertentu: Membuat ruangan lebih berkarakter

Motif atau pattern tertentu: Membuat ruangan lebih berkarakter

Karpet bulu dengan motif bunga paling banyak ditemui di rumah-rumah model klasik. Opa, oma, dan orang tua Anda mungkin akan menyukai motif bunga ini. Bunga melambangkan keindahan dan kedamaian di dalam rumah. Ruangan juga jadi lebih hidup dan berkarakter dengan karpet yang tidak polos. Karpet bulu bermotif bunga bisa Anda letakkan di ruang makan atau ruang tamu.


Selain bunga, karpet dengan motif oriental juga banyak disukai, terutama di kalangan para orang tua. Karpet ini sering disebut juga karpet Turki. Jika Anda ingin membuat suasana ruangan lebih modern, pilihlah motif yang nyentrik. Pattern abstrak atau gelombang juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

10 Rekomendasi karpet bulu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk karpet bulu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

109 Pillow

Karpet Bulu Rasfur Jumbo

109 Pillow Karpet Bulu Rasfur Jumbo  1枚目

Nyaman untuk santai bersama keluarga di ruang keluarga

2

Karpet Bulat Bulu dan Lembut

 Karpet Bulat Bulu dan Lembut 1枚目

Teman terbaik untuk me time seru di kamar

3

Uniland

Sherinna Kasur Karpet Bulu Cokelat

Uniland Sherinna Kasur Karpet Bulu Cokelat 1枚目

Karpet bulu multifungsi, lengkap dengan bantal empuk

4

Bright Crown

Karpet Lantai Bulu

Bright Crown Karpet Lantai Bulu  1枚目

Lembut, mudah dibersihkan, dan motif garisnya sangat estetik

5

Informa

Jacquard Mr

Informa Jacquard Mr 1枚目

Karpet bulu Informa, tidak panas dan cocok untuk rebahan seharian

6

Bright Crown

Karpet Bulat Karakter

Bright Crown Karpet Bulat Karakter 1枚目

Karpet bulu antiselip, motifnya lucu dan tidak mudah luntur

7

Maroc

Karpet Lantai Monokrom

Maroc Karpet Lantai Monokrom 1枚目

Ruangan di rumah jadi bernuansa elegan

8

Jaya Abadi MAS

JAMAS Karpet Permadani Klasik Eksklusif

Jaya Abadi MAS JAMAS Karpet Permadani Klasik Eksklusif 1枚目

Lebih eksklusif dan mewah dengan karpet bulu permadani

9

Jaya Abadi MAS

JAMAS Karpet Bulu Wisteria

Jaya Abadi MAS JAMAS Karpet Bulu Wisteria 1枚目

Karpet bulu ruang tamu, cocok untuk ruang minimalis di rumah Anda

10

IKEA

FARDRUP

IKEA FARDRUP 1枚目

Berikan kaki Anda sentuhan lembut dengan karpet berbahan wol sintetis ini

Perincian produk
Close
No.1

109 PillowKarpet Bulu Rasfur Jumbo

Mulai dari Rp412.800,00

Nyaman untuk santai bersama keluarga di ruang keluarga

Ingin menciptakan kenyamanan di ruang keluarga? Jika iya, Anda bisa meletakkan karpet bulu berbahan rasfur dari 109 Pillow ini di ruang keluarga. Bayangkan saja, karpet bulu ini memiliki ketebalan hingga 5,5 cm! Ketebalannya akan memberikan kenyamanan dan kehangatan untuk Anda sekeluarga.


Hebatnya lagi, karpet bulu ini juga memiliki fungsi antibakteri hingga hypoallergenic sehingga aman untuk Anda gunakan. Selain itu, perawatan karpet ini juga mudah karena busanya bisa dilepaskan saat Anda ingin mencucinya. 

No.2

Karpet Bulat Bulu dan Lembut

Mulai dari Rp130.000,00

Teman terbaik untuk me time seru di kamar

Karpet bulu biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi panjang, tetapi ada juga yang berbentuk bulat. Karpet bulu berbentuk bulat yang satu ini sangat cocok untuk ruang kamar di rumah Anda. Saat ingin refreshing atau mengistirahatkan tubuh, Anda bisa bersantai dengan duduk di atas karpet bulu ini.


Karpet bulu berbahan rasfur ini memiliki ketebalan 2,5 cm sehingga Anda bisa duduk nyaman sembari membaca buku favorit. Selain itu, karpet ini juga memiliki ritsleting yang mudah dibuka. Dengan begitu, Anda bisa melepas busanya untuk mencuci karpetnya. Menariknya lagi, Anda bisa mendapatkan karpet ini dengan harga yang ramah di kantong, lho!

No.3

UnilandSherinna Kasur Karpet Bulu Cokelat

Mulai dari Rp768.400,00

Karpet bulu multifungsi, lengkap dengan bantal empuk

Uniland adalah salah satu brand lokal yang terkenal dengan produk springbed-nya. Namun, tahukah Anda ternyata Uniland juga memiliki produk berupa surpet alias kasur karpet bulu. Produk ini memiliki fungsi ganda, yakni bisa Anda jadikan alas duduk maupun tempat tidur.


Karpet bulu dari Uniland ini memiliki ketebalan 6 cm sehingga sangat empuk saat digunakan. Lebih menariknya lagi, Uniland menawarkan bonus dua bantal empuk untuk setiap pembelian produk ini. Menarik, bukan? Nah, jika Anda ingin kenyamanan yang maksimal, produk ini bisa menjadi pilihan tepat.

No.4

Bright CrownKarpet Lantai Bulu

Mulai dari Rp255.000,00

Lembut, mudah dibersihkan, dan motif garisnya sangat estetik

Apakah Anda termasuk pencinta suasana yang estetik? Kalau iya, pilihlah produk karpet bulu dari Bright Crown ini. Produk ini memiliki motif garis yang sangat estetik. Terdapat pilihan enam motif garis yang bisa Anda pilih.


Terbuat dari bahan bulu poliester, karpet ini memiliki bobot yang ringan dan tentunya tidak panas saat digunakan. Selain itu, karpet ini memiliki daya serap air yang tinggi sehingga mampu menyerap air lebih banyak. Bagian bawah karpet ini juga dilengkapi lapisan karet putih yang dapat menahan agar karpet tidak selip saat digunakan.

No.5

Karpet bulu Informa, tidak panas dan cocok untuk rebahan seharian

Informa sudah terkenal sebagai salah satu brand yang menyediakan berbagai perabotan rumah tangga. Karpet dengan bahan bulu poliester ini mampu memberikan kenyamanan untuk penggunanya.


Bahannya antipanas dengan bagian atasnya yang lembut sehingga sangat cocok untuk menemani waktu santai Anda. Ukuran karpet ini cukup luas, yakni sekitar 130 cm x 180 cm. Dengan ukuran yang luas tersebut, Anda bisa rebahan bersama keluarga tercinta.

No.6

Bright CrownKarpet Bulat Karakter

Mulai dari Rp255.000,00

Karpet bulu antiselip, motifnya lucu dan tidak mudah luntur

Ingin menciptakan suasana ruang yang lebih ramah anak dan nyaman? Anda bisa memilih karpet bulu berbentuk bulat dari Bright Crown. Karpet berbahan bulu serat poliester ini memiliki berbagai pilihan motif karakter kartun hewan yang lucu. Anda bisa menempatkan karpet bulat ini di kamar anak.


Lebih menarik lagi, karpet bulu karakter ini memiliki fitur antiselip sehingga tidak akan mudah berpindah-pindah. Warna pada karpet ini juga tidak mudah luntur sehingga gambar karakternya tetap terjaga bagus. Selain cocok untuk menghias ruang, ternyata karpet ini juga sangat lucu untuk hadiah ke teman. Menarik, bukan?

No.7

MarocKarpet Lantai MonokromBW15

Mulai dari Rp300.000,00

Ruangan di rumah jadi bernuansa elegan

Untuk Anda yang menginginkan nuansa elegan di rumah, karpet dari Maroc ini adalah pilihan yang tepat. Karpet ini memiliki motif abstrak dengan warna monokrom. Dengan motif abstrak dan warna monokrom, karpet ini cocok untuk ruangan minimalis di ruang tamu Anda.


Sayangnya, karpet bulu polipropilena ini hanya memiliki ketebalan sekitar 0,8 cm. Meski begitu, karpet bulu ini tetap nyaman untuk Anda gunakan bersantai karena memiliki bulu yang cukup padat.

No.8

Jaya Abadi MASJAMAS Karpet Permadani Klasik Eksklusif

Mulai dari Rp495.000,00

Lebih eksklusif dan mewah dengan karpet bulu permadani

Karpet bulu permadani dari JAMAS ini akan menciptakan tampilan lebih eksklusif dan mewah di rumah Anda. Karpet ini memiliki enam motif oriental klasik yang bisa Anda pilih. Anda pun bisa memasang karpet ini di ruang tamu. 


Tekstur karpet bulu ini sangat nyaman dan tebal sehingga membuat kaki Anda hangat saat berpijak di atasnya. Selain itu, bahan polipropilena yang digunakan juga berkualitas tinggi. Jika Anda sedang mencari karpet untuk rumah baru, sekalian saja beli permadani ini.

No.9

Jaya Abadi MASJAMAS Karpet Bulu Wisteria

Mulai dari Rp455.000,00

Karpet bulu ruang tamu, cocok untuk ruang minimalis di rumah Anda

Punya ruang tamu dengan ukuran minimalis? Anda bisa memasang karpet berbahan polipropilena ini di ruang tamu rumah. Karpet bulu dari JAMAS Carpet ini akan membuat ruang tamu di rumah Anda tampil menawan dan lebih nyaman. Saat berjalan di ruang tamu, kaki Anda juga akan merasa hangat karena bulunya yang tebal dan lembut.


Selain itu, karpet ini tidak akan menimbulkan bau tak sedap meski sering diinjak oleh banyak orang. Motifnya yang polos cocok Anda padankan dengan berbagai desain interior ruang tamu. Tenang, ada banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan karpet bulu ini, ya.

No.10

Berikan kaki Anda sentuhan lembut dengan karpet berbahan wol sintetis ini

Karpet bulu berbahan wol sintetis dari IKEA ini akan memberikan sentuhan lembut pada kaki Anda. Anda dapat memasangnya di ruang tamu, ruang keluarga, ruang kerja, maupun kamar tidur.


Selain lembut, karpet bulu ini hadir dengan warna netral sehingga mudah disesuaikan dengan interior ruangan Anda. Nah, agar karpet awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya cuci dengan tangan dan jangan menggunakan pemutih, ya.

Baca juga rekomendasi dekorasi ruangan lainnya di sini

Beberapa produk di bawah ini mungkin bisa menambah kecantikan dan keserasian interior rumah Anda. Silakan klik tautannya agar Anda bisa melihat rekomendasi produk yang bagus dari kami.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan karpet bulu yang cocok untuk rumah Anda? Karpet bulu membuat suasana rumah lebih nyaman untuk rebahan atau bermain bersama anak. Selain itu, rumah Anda juga terkesan lebih rapi dan cantik. 


Karpet berbahan bulu wol memang sangat nyaman, tetapi kain rasfur atau polipropilena juga bisa menjadi alternatif yang menarik. Makin cantik lagi jika motif karpet bulunya matching dengan desain interior rumah Anda. Selamat memilih, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer