10 Rekomendasi Teko Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teko Teh Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda penggemar teh sejati? Apakah Anda mengetahui bahwa teko teh, atau tea pots, sangat diperlukan untuk menyeduh daun teh secara fresh? Inovasi bentuk teko teh yang dijual saat ini semakin berkembang, mulai dari varian bentuk pegangan hingga bahan pembuatannya. Produk teko yang semakin populer saat ini pada umumnya menggunakan bahan resin, dan kaca tahan panas.

Saat ini kami akan membantu Anda memilih teko teh dengan tepat. Selain itu kami juga akan merekomendasikan beberapa teko teh yang berkualitas serta memberikan tips tentang perawatannya. Simak ulasan berikut ini ya!

Daftar isi

Cara memilih teko teh

Pada dasarnya ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat pemilihan teko teh. Antara lain kapasitas, material teko yang digunakan, dan cara menggunakannya. Artikel berikut akan mencakup mulai dari cara pemilihan teko hingga perawatannya.

Pilihlah ukuran sesuai dengan jumlah teh yang akan diseduh

Pilihlah ukuran sesuai dengan jumlah teh yang akan diseduh

Jika Anda sudah mengetahui berapa jumlah orang yang akan ikut acara minum teh, maka dijamin Anda bisa duduk dengan nyaman sambil menyeduh teh sesuai perhitungan. Jika jumlah teh terlalu berlebihan, maka rasa pahit akan Anda dapatkan. Sebaliknya, jika memasukkan teh terlalu sedikit, maka Anda harus menambahkannya hingga berkali-kali.

Berikut perkiraan ukuran teko berdasarkan jumlah orang :

■ Untuk 2-3 orang : 200 ml – 340 ml

■ Untuk 3-4 orang : 340 ml – 480 ml

■ Untuk 4-5 orang : 480 ml – 600 ml

Jika Anda ingin menyeduh teh beras merah, dan Hojicha, maka dianjurkan untuk menyeduh teh tersebut di teko berkapasitas 800 ml. Dengan komposisi ini maka aroma serta kualitas teh yang dihasilkan akan lebih baik.

Pilihlah teko teh yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah orang yang akan menikmati teh tersebut bersama Anda. Demikian juga jenis pegangan, dan berat teko yang cocok dengan Anda pastinya.

Periksalah keserasian tutup teko

Periksalah keserasian tutup teko

Bila ingin memilih teko yang berkualitas, maka perhatikan terlebih dahulu tutup tekonya. Pilihlah yang tidak ada celah di antaranya sehingga uap teh tidak akan keluar memperlambat proses penyeduhan teh.

Pastikan teko teh Anda dalam kondisi baik, serasi antara tutup dengan bagian utama teko sehingga Anda bisa membuat teh yang berkualitas. Jadi mari kita mulai memperhatikan tutup teko dengan detail saat membeli.

Pilihlah berdasarkan acara minum teh

Anda minum teh setiap hari, atau hanya pada acara tertentu? Frekuensi, dan jenis teh yang Anda pilih tentu akan mempengaruhi pemilihan teko yang akan digunakan. Berikut kami akan menjelaskan tentang jaring teko teh untuk Anda, disimak ya!

Jaring teko keramik

Jaring teko keramik

Teko berbahan keramik, pada umumnya memiliki jaring penyaringan teh permanen yang berlubang besar. Daun teh kemungkinan bisa keluar secara bersamaan saat kita menuangkan minuman ke dalam cangkir.

Memang kita akan membutuhkan waktu tambahan pada saat akan membersihkan teko, namun akan sepadan dengan kualitas teh yang diperoleh. Oleh karena itu kami merekomendasikan teko ini bagi Anda yang menginginkan rasa teh yang kuat, karena daun teh akan mengendap di cangkir minum kita.

Jaring stainless steel untuk penggunaan setiap hari

Jaring stainless steel untuk penggunaan setiap hari

Kelebihan dari teko dengan bahan berlapis besi ini adalah tetap menjaga suhu isi teko dalam kondisi panas dalam waktu yang lama. Teko juga bisa digunakan untuk menyeduh berbagai jenis teh dalam waktu yang berbeda.

Keranjang penyaring teh yang bisa diangkat, menjadikan daun teh akan tetap tertinggal serta sangat mudah dibersihkan. Dengan semua alasan tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai peralatan minum teh setiap hari.

Pilihlah teko berdasarkan material, dan cita rasa

Anda tentu mengetahui bahwa material untuk membuat teko teh terdiri dari berbagai jenis. Berikut berbagai teko berdasarkan bahan pembuatnya. Tiap jenis teko tentu akan menciptakan rasa teh yang berbeda saat diminum. Kita simak bersama ya!

Keramik untuk mendapatkan rasa teh yang kuat

Keramik untuk mendapatkan rasa teh yang kuat

Teko keramik terbukti lebih unggul dalam hal penyerapan air, retensi panas, dan kemampuan mengekstrak astringen teh secara seimbang. Aroma, dan rasa teh yang diseduh memang akan mudah berpindah ke bagian utama teko, sehingga kami merekomendasikan teko jenis ini bagi mereka yang ingin menikmati satu jenis daun teh saja.

Porselin untuk berbagai macam jenis teh

Porselin untuk berbagai macam jenis teh

Porselin sendiri terbentuk dalam proses pembuatan dalam suhu lebih dari 1300 derajat, yang ditandai dengan timbulnya warna putih. Daya serap/retensi panas bahan ini memang lebih rendah daripada keramik, sehingga Anda bisa menikmati berbagai jenis teh. Aroma teh tidak akan mengedap dalam teko dalam waktu lama jika menggunakan teko bahan porselin.

Teko kaca tahan panas

Teko kaca tahan panas

Bila kita menuangkan air panas ke teko yang berbahan kaca biasa, maka kemungkinan besar teko akan retak. Solusinya adalah menggunakan kaca tahan panas yang telah diolah khusus untuk menahan suhu tinggi. Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana proses penyeduhan teh secara bertahap di dalam teko.

Pada suhu yang sesuai, juga memungkinkan untuk melakukan pemanasan dengan microwave, sehingga bisa dikatakan teko serba guna. Kami merekomendasikan teko jenis ini bagi mereka yang ingin mencicipi berbagai teh dengan satu teko teh.

Teko berbahan besi

Teko berbahan besi

Saat air panas dituangkan, maka lapisan besi teko akan menyatu dengan teh serta menciptakan rasa yang khas. Teko dengan material ini sempurna bagi mereka yang rutin minum teh setiap hari dengan rasa khas dari bahan besi.

Meski teko berbahan besi sangat baik dalam fungsinya menahan panas, namun perawatan detail setelah penggunaan sangat diperlukan. Kami akan memberikan tips lengkapnya nanti. Tunggu ya!

Teko berbahan resin

Teko berbahan resin

Teko dengan bahan transparan seperti akrilik, atau polikarbonat memiliki manfaat yang besar sehingga sulit ditandingi selain dari teko yang terbuat dari kaca tahan panas. Harganya juga lebih terjangkau, dan mudah dibersihkan, sehingga disebut jenis teko yang sempurna untuk pemakaian sehari-hari.

Teko ini pada dasarnya memang tidak bisa dimasukan ke microwave, namun kami rekomendasikan bagi Anda yang memiliki buah hati. Material teko ini tahan pecah sehingga Anda tidak perlu khawatir ada yang terluka saat mereka menjatuhkan teko.

Bentuk teko yang indah

Poin pertama saat memilih teko adalah pada pilihan bentuk. Mari kita perhatikan bersama detail penjelasannya!

Bentuk teko sederhana

Bentuk teko sederhana

Penting bagi kita untuk memilih teko teh dengan bentuk yang sederhana, namun menghasilkan rasa yang kuat. Untuk itu cobalah lebih dahulu dengan memasukan air panas, lalu tebarkan daun teh ke dalam teko, dan biarkan teko teh mulai mengekstraknya.

Teko dengan bentuk sederhana, biasanya mempunyai tutup teko yang lebar. Tentu memerlukan perlu banyak perawatan sesudahnya. Bagi Anda yang menyukai teko dengan desain khas oriental, maka teko dengan jenis ini akan cocok.

Corong teko kecil untuk cangkir kecil

Corong teko kecil untuk cangkir kecil

Jika Anda memilih teko dengan corong kecil, tentu air teh yang dituangkan yang keluar akan sedikit. Demikian juga sebaliknya jika menggunakan teko dengan corong besar.

Jamak adanya kita akan salah memilih antara teko air panas dengan teko teh, namun Anda akan tahu perbedaannya saat melihat dengan lebih teliti.

10 Rekomendasi teko teh terbaik

Sekarang waktunya kami akan memperkenalkan teko teh yang terbaik. Silakan mulai memilih teko teh yang akan Anda gunakan!

10. Maspion Teko Collan Hello Kitty

10. Maspion Teko Collan Hello Kitty

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 74.000

Ringan dan warnanya menarik

Bukan hanya tidak mudah pecah, namun beratnya cocok untuk semua anggota keluarga, termasuk anak-anak. Di samping ringan, Anda juga dengan mudah membersihkan daun teh yang tersisa di dalam. Cocok bagi pasangan suami istri yang sama-sama bekerja sehingga acara minum teh di pagi hari tidak akan menyita waktu.

Pink, atau merah muda terkenal sebagai ciri khas dari icon Hello Kitty, demikian juga dengan teko teh lucu tersebut. Dapat dipastikan putri Anda akan jatuh cinta dengan teko teh berkapasitas 2 liter. Anda jangan terkejut jika suatu hari buah hati akan serta mempergunakannya untuk acara masak-memasak.

9. 555 SA Stainless Stell Kettle

9. 555 SA Stainless Stell Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 65.000

Tutup teko tidak akan rusak

Apakah Anda mempunyai pengalaman tidak bisa menyeduh teh karena tak sengaja memecahkan tutup teko? Jika demikian maka produk ini bisa memecahkan masalah Anda dengan cepat. Anda hanya perlu membeli produk ini sekali untuk seumur hidup. Anda bisa berhemat banyak bukan?

Dengan tutup teko terbuat dari stainless steel, maka dijamin tidak akan retak maupun pecah. Anda juga tidak perlu khawatir terjadi kebocoran suhu isi teko saat menyeduh atau menuangkannya. Saat Anda sudah membeli produk ini, maka bisa mulai mengucapkan selamat tinggal pada lem porselen!

8. Miniso Tea Pot 900ml

8. Miniso Tea Pot 900ml

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 87.500

Kaca tahan panas dengan pegangan kuat

Apakah perhatian Anda langsung tertuju pada bentuk pegangan yang melekat pada teko teh tersebut? Sebenarnya ini adalah fitur penting, sama seperti warna pegangan yang selaras dengan jernihnya kaca tahan panas. Pegangan teko memang didesain khusus sesuai struktur tangan manusia saat memegang. Silakan Anda mencobanya sendiri.

Dengan berkapasitas 900 ml, menjadikan teko ini lebih dari cukup untuk acara minum teh bersama teman arisan. Anda tentu juga akan bisa melihat proses penyeduhan secara langsung saat air panas mulai dimasukan dalam teko. Produk ini sesuai bagi Anda yang memiliki frekuensi acara minum teh tinggi. Anda sependapat?

7. Mitra Loka Teko Blurik Enamel

7. Mitra Loka Teko Blurik Enamel

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 69.000

Teko antik berbahan enamel

Anda merasa tidak asing saat melihat teko ini? Mungkin sebagian kita pernah melihat produk serupa saat berkunjung di rumah nenek. Produk ini memang tergolong vintage, dan sering kali dibeli sebagai koleksi pribadi. Bahan teko tersebut adalah porselin enamel yang merupakan perpaduan kaca (silica), dan mempunyai desain yang sama sejak awal diproduksi.

Dengan berkapasitas 1800 ml, maka cocok untuk menjamu banyak tamu. Bahan enamel juga dipastikan bisa menjaga semua jenis suhu isi teko, sehingga Anda tetap bisa menikmati dinginnya es teh walau matahari sedang terik. Teko Blurik Enamel ini sesuai bagi Anda yang menyukai produk-produk vintage.

6. Mini Gooseneck Kettle (250ml)

6. Mini Gooseneck Kettle (250ml)

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 340.000

Corong teko kecil dengan warna elegan

Teko teh dengan corong kecil akan memudahkan kita pada saat harus menuangkan ke cangkir kecil. Bila dibandingkan dengan produk yang lain, maka desain teko ini terkesan lebih elegan serta cocok dalam segala suasana acara minum teh. Produk ini sudah sering digunakan di cafe maupun hotel.

Selain teko ini selain mudah dibersihkan dan diproduksi dengan bahan berkualitas, teko ini dijual dengan harga yang sepadan. Jadi kami merekomendasikan Anda memasukannya dalam daftar pilihan belanja. Produk ini cocok bagi Anda yang mempunyai waktu lebih untuk acara minum teh.

5. OEM Kaca Tahan Panas TeamTop-SKU273364

 5. OEM Kaca Tahan Panas TeamTop-SKU273364

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 101.000

Harga terjangkau, saringan besar

Dengan kapasitas 350 ml, harga terjangkau, kaca tahan panas, dan berbahan stainless steel adalah alasan yang cukup untuk memilih produk ini. Tentu kita bisa dengan bebas melihat isi teko yang sedang mengalami proses ekstraksi. Putra-putri Anda tentu akan ikut menikmati acara minum teh jika bisa melihat proses tersebut.

Dengan tinggi saringan teh 8 cm, dan diameter 5 cm, maka air teh yang diseduh akan lebih banyak. Demikian juga dengan pegangan teko yang kuat serta mudah dipegang, tentu akan memudahkan kita saat menuangkan teh. Produk ini cocok untuk Anda yang menyukai produk modern.

 4. Uchii Teko dan Cangkir Keramik

 4. Uchii Teko dan Cangkir Keramik 

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 275.000

Kado cantik untuk keluarga kecil

Teko cantik ini kami rekomendasikan tidak hanya untuk keluarga kecil, namun juga bagi mereka yang tinggal sendiri. Jika rumah Anda kedatangan beberapa tamu yang datang mendadak pada tengah malam, atau pagi buta, maka teko ini akan sangat berguna. Anda tetap bisa menyajikan teh walau untuk tamu terbatas dengan cangkir kecil.

Anda juga tak perlu khawatir tentang pengiriman barang, karena produk ini dikemas dengan rapi serta teliti di kotak kayu yang kuat. Direkomendasikan juga sebagai hadiah pada hari istimewa bagi kerabat maupun istri tercinta. Bentuk yang mungil, serta warna cerah akan mencerahkan acara minum teh Anda sekalipun dalam perbincangan serius.

3. OEM Kaca Borosilikat Infuser Teko Set 800ml

3. OEM Kaca Borosilikat Infuser Teko Set 800ml 

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 429.000

Kapasitas besar dengan bonus enam cangkir

Satu set teko cantik dengan bonus enam cangkir ini terbuat dari kaca tahan panas. Sudah terbukti sebagai penahan suhu tinggi yang baik di samping mempunyai kapasitas besar yaitu 800 ml. Bonus enam cangkir kaca tentu saja membuat Anda tidak perlu membeli cangkir tambahan.

Produk bukan hanya mempunyai keuntungan secara fungsional namun juga estetika. Dengan desain teko bulat jernih, sehingga terkesan bagus saat digunakan dalam segala suasana. Produk cantik ini termasuk barang yang populer sebagai hadiah, maupun koleksi pribadi. Tentu Anda harus menjaga dengan hati-hati jika buah hati juga mengikuti acara minum teh.

2. Yixing Teapot

2. Yixing Teapot

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.167.000

Teko tembikar untuk Anda yang setia

Pada pandangan pertama, mungkin teko teh ini tampak seperti desain yang sederhana, namun sebenarnya menjadi ciri khas tersendiri. Desain produk ini terlihat elegan, dan cocok di segala suasana acara minum teh. Keunggulan yang lain adalah material yang digunakan, yaitu tembikar.

Jika Anda memperhatikan poin-poin di teks sebelumnya, maka Anda mengetahui tentang keunggulan bahan tembikar. Rasa teh akan berangsur-angsur menumpuk di teko teh dan meninggalkan cita rasa khas yang dihasilkan teko berbahan tembikar. Kami merekomendasikan teko ini bagi Anda yang termasuk pribadi setia dengan penggunaan satu jenis produk, dan cita rasa teh yang kuat.

1. Kamjove Glass Gongfu Teapress Art

1. Kamjove Glass Gongfu Teapress Art  

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.250.000

Dilengkapi alat penekan daun teh

Seperti yang Anda lihat di foto, terdapat pegangan teko ini tampak  kuat sehingga bisa diangkat dengan tangan kiri baik oleh pria, atau wanita. Yang terpenting tentu saja adanya alat penekan daun teh, sehingga Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari seduhan teh di dalamnya.  Anda juga bisa memasukan irisan buah lime ataupun daun mint untuk menambah variasi rasa teh.

Tentu Anda tetap bisa melihat isi proses saat teh berekstrasi karena teko terbuat dari kaca tahan panas. Bila isi teko sudah dingin, maka masukanlah teko ini ke dalam microwave untuk dipanaskan. Kami merekomedasikan produk dengan kapasitas yang besar ini sebagai pilihan utama untuk acara minum teh skala besar. Anda setuju?

Cara mencuci teko yang benar

Bahkan mereka yang menggunakan teko teh setiap hari, ternyata terkadang tidak selalu mengetahui bagaimana cara membersihkan teko dengan baik. Sekarang sudah waktunya kami akan memberikan tips bagaimana cara mencuci teko yang benar. Simak ya !

Gunakan air panas dan jangan gunakan detergen

Gunakan air panas dan jangan gunakan detergen

Gumpalan daun teh akan mudah luruh, jika Anda mencuci dengan air panas bukan menggunakan air biasa. Tentu juga tergantung material teko yang digunakan seperti penjelasan mengenai bahan teko di atas. Jika aroma teh mudah mengendap lama pada teko, maka lebih baik Anda tidak menggunakan deterjen. Jika Anda harus menggunakannya, maka gunakanlah seminimal mungkin. Saat mulai mencuci, tuangkanlah air langsung ke corongnya juga, lalu cuci bersih dengan air mengalir.

Saat Anda akan mengeringkannya, maka letakan ke dalam keranjang cuci dengan posisi mengarah ke bawah. Dengan metode ini maka Anda tentu bisa mengeringkan teko sampai bagian dalam.

Campuran soda, dan pemutih efektif untuk noda teh yang membandel

Campuran soda, dan pemutih efektif untuk noda teh yang membandel

Untuk noda lengket, maka gunakanlah sodium bikarbonat untuk mencuci. Pertama-tama, taruh dua sendok makan sodium bikarbonat melalui corong tuang teko, masukkan kertas koran, lalu tutupi corongnya. Anda bisa memasukkan air panas ke dalam panci berukuran besar yang bisa menampung seluruh teko teh. Ketika sudah dingin maka Anda bisa mulai mencuci teko tersebut.

Pada saat ini terdapat pelarangan menggunakan sodium bikarbonat untuk mencuci pot aluminium, ataupun perkakas bahan teflon. Jadi jika teko Anda menguning, atau ada noda membandel, mulai gunakanlah pemutih. Tentu jangan lupa membilas dengan kuat untuk menghilangkan bau pemutihnya.

Kesimpulan

Teko teh memang sangat diperlukan untuk acara minum teh. Meski sudah produk lama, namun desainnya sekarang jauh lebih fashionable sekaligus fungsional. Tentu saja, proses penyeduhan teh juga menjadi faktor penting. Bagaimana menurut Anda? Apakah puas dengan ulasan kami?

Bila Anda sibuk, maka menyempatkan diri untuk ikut acara menikmati teh dengan teko favorit menjadi penting. Anda bisa mempunyai waktu santai dengan ditemani aroma, dan rasa teh berkualitas. Jadi mulailah memilih teko teh yang sesuai selera Anda. Selamat berbelanja!